inovasi portal berita
Minggu, 12 Februari 2012 Follow: Facebook twitter Dollar Kurs BI: 1 US Dollar = Rp.8,993.00   Mobile Mobile   Newsletter Newsletter   RSS RSS

Alkohol Picu Pertumbuhan Tujuh Kanker

Headline
Istimewa
Oleh: Liana Garcia
Selasa, 11 Agustus 2009 | 06:09 WIB
INILAH.COM, Montreal - Anda peminum minuman beralkohol? Jika ya, bersiap untuk mulai mengubah kebiasaan mengkonsumsi minuman itu. Karena rutin mengkonsumsi alkhol diyakini bisa memicu pertumbuhan tujuh jenis kanker.

Minum alkohol secara rutin ternyata tidak hanya mengganggu kesehatan jantung, tetapi juga memicu pertumbuhan dan perkembangan tujuh jenis kanker.

Hasil studi terbaru McGill University di Montreal, Kanada, menemukan, peminum berat berisiko dua kali lebih besar mengidap kanker. Risiko ini, menurut peneliti, jauh lebih buruk lagi pada peminum bir dan spiritus dibandingkan mereka yang minum anggur.

Peneliti mengklaim, peminum berat bir dan spiritus berisiko lebih besar mengalami kanker tenggorokan, liver dan paru-paru.

Tetapi, minum dalam jumlah sedang dan konsumsi anggur tidak menunjukkan efek yang sama.

"Kami membandingkan peminum berat dengan mereka yang tidak minum atau hanya minum pada acara tertentu," kata peneliti Dr Andrea Benedetti.

Peneliti juga melihat tren kelompok yang tidak minum, kelompok yang minum mingguan dan kelompok yang minum setiap hari. Di samping itu, peneliti juga memperhitungkan beberapa faktor lain seperti merokok, diet dan status sosial ekonomi.

"Hasilnya sangat mengejutkan," jelas Benedetti seperti yang dikutip INILAH.COM dari situs situs Dailymail.

Studi yang dipublikasikan pada the medical journal Cancer Detection and Prevention ini menemukan, peminum alkohol berisiko lebih besar mengidap kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker colon, kanker liver, kanker pankreas, kanker paru-paru dan kanker prostat.

"Risiko terbesar adalah kanker kerongkongan dan kanker prostat," katanya.

Dari hasil keseluruhan ditemukan, mereka yang hanya minum sedikit atau peminum ringan berisiko lebih kecil bahkan ada yang sama sekali tidak berisiko menderita kanker. Sedang mereka yang minum tiap hari atau beberapa kali sehari paling berisiko mengidap kanker.

"Hasil studi ini menambah bukti bahwa minum berat sejenis alkohol sangat tidak baik bagi kesehatan," tegas Benedetti. [L1]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !
1 Komentar
lelino @ Jumat, 18 Desember 2009 | 13:43 WIB
ckckckck, beli minum aja dah bayar mahal, apa lagi budaya kita masih menganggap bila "minum" miring, masih ada juga resiko, kena kanker.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA TERKINI
BERITA POPULER
RSS| Layanan Mobile| Tentang Kami| Disclaimer| Kontak Kami| Karir| Newsletter
Copyright 2008 - 2012 inilah.com, All rights reserved inilah.com.