Kamis, 24 Mei 2012 | 22:32 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kolesterol Rendah Cegah Kanker Prostat
Headline
istimewa
Oleh: Liana Garcia
web - Kamis, 5 November 2009 | 13:45 WIB
INILAH.COM, California - Pria yang mampu menjaga kolesterolnya tetap rendah, dapat terlindungi dari penyakit jantung dan kanker prostat.

Studi penelitian terbaru menemukan fakta bahwa pria yang kolesterolnya berada dalam rentang sehat - yakni di bawah 200 - memiliki risiko lebih rendah mendapat kanker prostat dibanding pria dengan kolesterol tinggi.

Sementara penelitian lain juga menemukan pria dengan banyak HDL, atau 'kolesterol baik', tidak memiliki risiko terkena kanker prostat dibandingkan laki-laki dengan HDL sangat rendah.

Kedua studi itu dipublikasikan oleh Lembaga Pencegahan Kanker dan Epidemiology, sebagai bagian dari jurnal penelitian American Association for Cancer Research.

Kedua studi penelitian ini tidak definitif dan memiliki beberapa kelemahan. Namun para peneliti sepakat banyak ilmu lain yang menyatakan bahwa membatasi lemak dalam aliran darah dapat mengurangi resiko kanker.

"Mungkin ada manfaat tambahan ini untuk menjaga kolesterol rendah," kata Elizabeth Platz dari Universitas Johns Hopkins.

Elizabeth Platz, melakukan penelitian pada 1990, terhadap 5.586 pria berusia 55 dan lebih yang berada di kelompok plasebo besar. Kadar kolesterol tidak membuat perbedaan dalam kemungkinan mendapatkan kanker prostat kecuali untuk 60 orang yang mengembangkan kelas tinggi tumor, jenis yang tumbuh dan menyebar cepat. Kesempatan untuk mengembangkan salah satu tumor agresif ini ada dengan jumlah 59% lebih rendah di antara laki-laki dengan kolesterol di bawah 200.
Sejauh ini para peneliti tidak tahu berapa banyak laki-laki dalam penelitian ini memakai obat-obatan statin seperti Lipitor, Zocor atau Crestor. Itu berarti beberapa mengurangi risiko kanker bisa berasal dari obat penurun kolesterol, bukan dari rendah kolesterol dengan sendirinya.
Laporan sebelumnya juga menyatakan bahwa statin dapat mengurangi risiko kanker, tapi terlalu dini untuk menyatakan bahwa obat itu dapat mengurangi risiko kanker. Statin telah lama dikenal untuk mencegah penyakit jantung, dan tidak ada penelitian tentang perubahan-perubahan yang baru.
Studi kedua melibatkan lebih dari 29.000 pria Finlandia. Para pria, semua perokok, sedang menguji apakah berbagai vitamin dan nutrisi dapat menurunkan risiko kanker.
"Mereka yang memiliki tingkat tertinggi HDL sebanyak 11%, diyakini mampu mengembangkan kanker prostat dibandingkan dengan tingkat terendah," kata pemimpin studi Dr Demetrius Albanes dari National Cancer Institute.
Kanker prostat adalah kanker paling umum pada pria AS. Lebih dari 192.000 kasus baru terjadi di AS tahun ini, sementara jumlah kematian dari penyakit ini sebanyak 27.360 kematian. [mor]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.