INILAH.COM, Jakarta - Mengkonsumsi daging merah bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Demikiah hasil studi terbaru para ahli.
Perempuan yang makan lebih dari 1,5 porsi daging merah tiap hari, nyaris berisiko dua kali mengembangkan hormone yang berkaitan dengan kanker payudara.
Penelitian tentang daging ini, dipublikasikan di Monday`s Archive of International Medicine. Observasi dilakukan pada lebih dari 90.000 perempuan berusia 26-46 tahun.
Para perempuan ini dibagi menjadi tiga kelompok dan mengisi lembar lembar pertanyaan mulai dari 1991, 1995 dan 1999 yang berisikan tentang berapa banyak daging merah yang mereka makan sehari. Para peneliti ini memeriksa kesehatan mereka selama 12 tahun dan rata-rata yang mengkonsumsi daging.
Konsumsi daging ini, juga terkait dengan perkembangan tumor yang perkembangannya dipicu oleh estrogen dan progesterone. [L1]