Inilah.com - Artis http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Fri, 20 Oct 2017 06:46:56 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/artis http://www.inilah.com/ Inilah.com - Artis http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Wamen ESDM Kunjungi FSRU Nusantara Regas http://ini.la/2412399 INILAHCOM, Jakarta – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menegaskan pentingnya posisi LNG sebagai sumber energi Indonesia masa depan.

Archandra dengan didampingi Dirjen Migas Ego Syahrial dan Wakil Kepala SKK Migas Sukandar mengunjungi sarfas Liquid Natural Gas (LNG) milik PT Nusantara Regas yaitu Floating Storage Regasification Unit (FSRU) di Teluk Jakarta (19/10/2017).
 
"Teknologi FSRU ke depan adalah sebuah kebutuhan untuk Indonesia. Kita akan mengkaji lebih dalam bagaimana kebutuhan di Indonesia untuk merencanakan pasokannya ke depan," ujarnya.
 
Direktur Utama Nusantara Regas Tammy Meidharma menyampaikan bahwa FSRU Nusantara Regas ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara. Sebagai Pioneer pengoperasian FSRU, Nusantara Regas terus berkomitmen untuk mendukung pemenuhan kebutuhan gas nasional tidak hanya untuk sektor kelistrikan, namun juga untuk sektor industri.
 
“Customer terbesar kami saat ini adalah PLN dan kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam penyaluran Gas ke pembangkit-pembangkit PLN, khususnya untuk mendukung pencapaian proyek 35.000 Megawatt. Selain itu kami juga mempersiapkan diri untuk mendukung pemenuhan gas sektor industry khususnya untuk wilayah Jawa bagian Barat ” tegas Tammy.
 
FSRU Nusantara Regas sejak dioperasikan tahun 2012 mampu memasok gas sebesar maksimum 500 juta kaki kubik per hari (MMCFD) untuk 3 (tiga) pembangkit listrik yaitu PJB Muara Karang, IP Tanjung Priuk dan PJB Muara Tawar. Pasokan Gas FSRU didapatkan dari Kilang LNG Bontang dan Tangguh LNG dengan suhu minus 160 C yang dibawa dengan kapal LNG untuk kemudian disimpan dalam FSRU dan diregasifikasi dengan media Propane sampai menjadi gas.
 
Pada tahun 2017, Nusantara Regas memperkirakan penyaluran LNG hingga 28 kargo atau setara 225 BBTUD untuk memenuhi kebutuhan Pembangkit Listrik PLN di Teluk Jakarta dan industri di area Jawa bagian Barat. Jumlah ini 4% di atas target tahun 2017.

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2412399 Fri, 20 Oct 2017 06:43:00 +0700 Wamen ESDM Kunjungi FSRU Nusantara Regas Wamen ESDM Kunjungi FSRU Nusantara Regas Wamen ESDM Kunjungi FSRU Nusantara Regas Wamen ESDM Kunjungi FSRU Nusantara Regas
Hasil Lengkap Matchday Tiga Liga Europa http://ini.la/2412403 INILAHCOM, Jakarta - Liga Europa merampungkan pertandingan matchday tiga, Jumat (20/10/2017) dini hari WIB. Arsenal melanjutkan tren positif, sedangkan AC Milan dan Everton gagal meraih poin sempurna.

AC Milan 0-0 AEK Athens


Menjamu AEK Athens di San Siro, Milan mendominasi jalannya pertandingan. Meski memiliki sejumlah peluang bagus untuk mencetak gol, skuad asuhan Vincenzo Montella tak mampu mengonversinya jadi gol.

AEK Athens yang mengandalkan serangan balik, sempat dua kali mengancam gawang Milan, tetapi mampu diantisipasi oleh kiper Gianluigi Donnarumma. Hasil imbang terseut belum mengubah posisi kedua tim, Milan di posisi teratas Grup D dengan nilai tujuh unggul dua poin dari AEK di posisi dua.

Atalanta 3-1 Apollon Limassol

Atalanta meraih kemenangan kedua usai menekuk Apollon Limassol 3-1 di Stadion Citta del Tricolore. Josip Ilicic membuka keunggulan di menit ke-11, tim tamu mampu menyamakan skor di menit ke-59 lewat upaya Andre Schembri.

Gol Andrea Petagna di menit ke-64 kembali membuat Atalanta unggul. Dua menit berselang, tuan rumah menjadikan skor 3-1 berkat gol Remo Freuler. Dengan tambahan tiga poin, Atalanta berada di posisi teratas Grup E dengan nilai tujuh, sedangkan Appolon di peringkat tiga dengan dua poin.

Everton 1-2 Lyon

Bermain di depan pendukungnya sendiri di Goodison Park, Everton harus menelan pil pahit dikalahkan Lyon 1-2. Tim tamu membuka skor saat laga baru berjalan enam menit, Nabil Fekir mencetak gol dari titik penalti menyusul pelanggaran Mason Holgate kepada Fernando Marcal.

Everton baru bisa membalas gol selepas rehat, Ashley Williams menyamakan skor jadi 1-1 di menit ke-69 usai menerima umpan Gylfi Sigurdsson. Namun, Lyon mampu kembali unggul di menit ke-75 lewat gol Bertrand Traore.

Kemenangan tersebut menempatkan Lyon di posisi dua dengan nilai lima sedangkan Everton di dasar klasemen Grup E dengan nilai satu.

FK Crvena Zvezda 0-1 Arsenal

Arsenal melanjutkan kesempurnaan mereka di fase grup dengan memetik poin penuh saat bertamu ke kandang FK Crvena Zvezda, Stadion Rajko Mitic. Laga berjalan keras, ini terlihat dari tujuh kartu kuning plus satu kartu merah yang harus dikeluarkan wasit.

Tuan rumah harus bermain dengan 10 orang setelah Milan Rodic menerima kartu merah di menit ke-80. Unggul jumlah pemain mampu dimaksimalkan dengan baik oleh The Gunners. Adalah Olivier Giroud yang mencetak gol semata wayang Arsenal, menerima umpan sundulan Theo Walcott di area penalti, Giroud melakukan tendangan membelakangi gawang.

Dengan kemenangan tersebut, Arsenal mengemas nilai sembilan dan berada di posisi pertama Grup H, sedangkan Crvena di posisi kedua dengan selisih lima poin.

Nice 1-3 Lazio

Hasil sempurna juga dibuat Lazio saat bertamu ke Nice. Publik Allianz Arena sempat bergemuruh di menit keempat menyambut gol Mario Balotelli. Sayang, keunggulan tuan rumah hanya bertahan satu menit setelah Felipe Caicedo menyamakan skor.

I Biancoceleste berbalik unggul di menit ke-65 berkat gol Sergej Milinkovic-Savic yang juga mencetak gol ketiga di menit ke-89.

Lazio masih berada di posisi pertama Grup K dengan nilai sembilan, unggul tiga poin dari Nice di urutan kedua.

Hasil Lengkap Matchday Tiga Liga Europa:
 


 

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2412403 Fri, 20 Oct 2017 06:30:00 +0700 Hasil Lengkap Matchday Tiga Liga Europa Hasil Lengkap Matchday Tiga Liga Europa Hasil Lengkap Matchday Tiga Liga Europa Hasil Lengkap Matchday Tiga Liga Europa
Krisis Catalan Tekan Dolar AS http://ini.la/2412404 INILAHCOM, New York - Dolar AS melemah terhadap pesaingnya pada perdaganan Kamis (19/10/2017). Investor menunggu tenggat waktu utama dalam krisis yang sedang berjalan antara Spanyol dan Catalonia mengenai kemerdekaan untuk wilayah timur laut yang kaya.

Euro naik, menambahkan tekanan pada dolar, meskipun ketidakpastian di zona euro, namun dolar memangkas kerugiannya setelah rilis data AS yang lebih baik dari perkiraan.

Indeks Dolar AS A.E., DXI -0,28% yang mengukur dolar terhadap enam mata uang lainnya, turun 0,3% di 93,093. Indeks Dolar WSJ BUXX, + 0,03% ukuran yang lebih luas dari greenback terhadap sekeranjang 16 saingan, turun 0,3% menjadi 86,46.

Euro EURUSD, -0,0337% bergerak lebih tinggi terhadap dolar ke US$1,1856, dibandingkan dengan US$1,1787 akhir Rabu. Pasangan ini memegang level tertinggi sejak minggu lalu Jumat. Terhadap yen USDJPY, + 0,04% dolar mengambil ¥ 112,47 versus ¥ 112,92, dalam sebuah pembalikan rally hari Rabu.

Pound Inggris GBPUSD, -0,0304% membeli US$1,3166, dibandingkan dengan $ 1,3204 akhir Rabu di New York. Greenback mereda terhadap franc Swiss USDFF, -0,0102% jatuh ke 0,9751 franc dari 0,9817 franc. Sementara itu, uang tersebut sedikit berubah terhadap dolar Kanada USDCAD, -0,0080% membeli C $ 1,2470, dibandingkan dengan C $ 1,2468 akhir Rabu.

Di bawah, dolar Selandia Baru NZDUSD, -0,0427% juga dikenal sebagai kiwi, turun ke $ 0,70131 dari $ 0,7153 pada akhir Rabu setelah berita tentang koalisi baru kemungkinan Selandia Baru, yang terdiri dari Partai Buruh, Selandia Baru Pertama - keduanya ingin mengekang imigrasi - dan Partai Hijau.

Rebound dolar AS yang sederhana dari level intradaynya rendah terjadi setelah data ekonomi beragam, termasuk data Philly Fed yang lebih baik dari perkiraan dan klaim pengangguran mingguan pertama kali yang masuk di bawah perkiraan.

Euro mengabaikan berita utama dari Spanyol setelah kemerosotan singkat dan berlanjut di jalur apresiasi yang dimulai pada hari Rabu, namun tetap rentan terhadap risiko penurunan, kata pelaku pasar. Batas waktu pemerintah Spanyol untuk pemerintah Catalan, yang dipimpin oleh Presiden Carles Puigdemont, untuk menjauh dari dorongan untuk kemerdekaan berakhir lebih awal, dan Madrid bergerak untuk meminta sebuah artikel konstitusi Spanyol yang memungkinkan pemerintah pusat untuk menguasai wilayah tersebut lagi.

Ada kekhawatiran bahwa langkah tersebut akan memicu protes di wilayah Catalan. Pada hari Kamis, Reuters melaporkan bahwa Catalonia dapat secara formal mendeklarasikan kemerdekaan sebagai tanggapan.

Untuk sterling, investor cenderung menonton pertemuan dua hari di KTT Eropa di Brussels. Pejabat Eropa diharapkan mengatakan bahwa perundingan Brexit telah gagal memenuhi perundingan perundingan perdagangan yang harus dimulai, menurut laporan media.

"Dolar AS mengupas beberapa kenaikan baru-baru ini seiring dengan kenaikan yield obligasi Treasury, yang merupakan penggerak kinerja positif dolar yang lebih luas, berhenti semalam," kata Omer Esiner, analis pasar utama di Commonwealth Currency Exchange. Treasurys dua tahun TMUBMUSD02Y, -1,55% yang dianggap sebagai indikator ekspektasi untuk Federal Reserve, terakhir diperdagangkan pada yield 1,533%, turun 0,03 basis poin dari hari Rabu.

"Saya berharap untuk melihat [euro] melemah sedikit hari ini hanya berdasarkan reaksi spontan, tapi saya pikir efeknya kemungkinan akan diredam dan tidak tahan lama," kata Marshall Gittler, kepala strategi ACLS Global, seperti mengutip marketwatch.com.

"Jika kita melihat orang-orang berbaris di Belgia atau Italia Utara dengan bendera [Catalan] meneriakkan 'kita berikutnya', itu akan menjadi cerita yang berbeda. Tapi sejauh ini tampaknya bahwa krisis itu terbatas pada Catalonia, dan bahkan tampaknya tidak akan benar-benar mengganggu bahkan Spanyol, apalagi anggota UE lainnya. Jadi untuk saat ini, itu hanya akan memiliki efek psikologis, yang menurut saya mungkin sementara-kecuali jika krisis memburuk," kata Gittler.
 
Klaim pengangguran awal untuk pekan yang berakhir 14 Oktober masuk di 222.000, yang merupakan angka terendah sejak 1973, dibandingkan dengan perkiraan konsensus 240.000.

Indeks manufaktur Philly Fed untuk bulan Oktober naik menjadi 27,9, tertinggi lima bulan, dari 23,8 di bulan September. Kedua laporan ekonomi menyoroti kekuatan lanjutan di ekonomi AS.

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2412404 Fri, 20 Oct 2017 06:11:00 +0700 Krisis Catalan Tekan Dolar AS Krisis Catalan Tekan Dolar AS Krisis Catalan Tekan Dolar AS Krisis Catalan Tekan Dolar AS
Gerrard Favoritkan City Menangkan Liga Champions http://ini.la/2412359 INILAHCOM, London - Legenda Liverpool, Steven Gerrard memiliki prediksi siapa yang akan menjuarai Liga Champions musim 2017-18. Menurutnya Manchester City nampak kuat untuk menjadi kampiun kompetisi antar klub Eropa musim ini.

Gerrard memiliki melihat bahwa kiprah klub-klub Inggris di Liga Champions musim ini lebih baik daripada musim-musim sebelumnya. Melihat dari tiga matchday pertama, Gerrard yakin akan bangkitnya kejayaan Inggris di kompetisi antar klub Benua Biru.

Mantan gelandang Liverpool melihat City sebagai favorit untuk menjadi juara Liga Champions musim ini. Kemenangan melawan Napoli, Kamis (19/10/2017) dijadikan bukti kekuatan skuad asuhan Pep Guardiola.

"Beberapa klub Inggris berada di grup yang cukup mudah dan diperkirakan akan lolos, tetapi secara umum mereka telah tampil dengan baik," komentar Gerrard di BT Sport tentang klub-klub Inggris.

"Kemenangan City atas tim kuat seperti Napoli menjadi bukti. City terlihat sangat bagus untuk jadi favorit juara di kompetisi ini," sambung Gerrard.

Lima klub Inggris tampil di babak grup Liga Champions musim ini, selain City diantaranya adalah Chelsea, Liverpool, Manchester United dan Tottenham Hotspurs. Kelimanya sama-sama memuncaki klasemen sementara grup masing-masing.


Sumber: Metro

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2412359 Fri, 20 Oct 2017 06:09:00 +0700 Gerrard Favoritkan City Menangkan Liga Champions Gerrard Favoritkan City Menangkan Liga Champions Gerrard Favoritkan City Menangkan Liga Champions Gerrard Favoritkan City Menangkan Liga Champions
Harapan Jonan untuk Industri Motor Listrik http://ini.la/2412333 INILAHCOM, Jakarta - Menteri ESDM Ignasius Jonan meminta pabrikan motor listrik untuk membanderol produknya dengan harga yang kompetitif. Ya, jangan mahal-mahal amatlah.

Jonan mengatakan itu saat menerima tim produsen motor "Gesits" di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Kamis (19/10/2017).
Mungkin karena penasaran, Jonan menyempatkan untuk berkeliling halaman Kantor KESDM dengan sepeda motor listrik. "Prototipe motor listrik produk WIKA dan Tim ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) ini sudah bagus. Saya menyarankan jika sudah diproduksi secara massal nanti kalau bisa harga jualnya itu dapat bersaing dengan motor yang menggunakan bahan bakar minyak," kata Jonan.

Jonan menuturkan, emisi yang dikeluarkan motor listrik ini sangat rendah. "Enggak ada mesinnya, hanya ada battery dan sistem transmisinya saja, pengapian enggak ada jadi perawatannya pasti murah sekali," jelas Jonan.

Motor listrik merk Gesits yang diuji coba langsung Jonan dan Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar ini, kandungan lokalnya mencapai 90%. Sehingga harganya bisa setara dengan motor berbahan bakar minyak. Atau berada di kisaran Rp15 hingga Rp20 juta.

Sementara itu, CEO PT Gesit Teknologies Indo, Muhammad Al Abdullah mengatakan siap bersaing di pasaran. "Kami tidak memerlukan insentif-insentif yang aneh-aneh, biarkan kami bersaing di pasar secara independen karena kami yakin bahwa edukasi masyarakat Indonesia sudah cukup luas untuk masalah teknologi dan mereka juga memahami bahwa kendaraan listrik sudah menjadi suatu kebutuhan yang mutlak," ujar Abdullah. [ipe]
 

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2412333 Fri, 20 Oct 2017 06:09:00 +0700 Harapan Jonan untuk Industri Motor Listrik Harapan Jonan untuk Industri Motor Listrik Harapan Jonan untuk Industri Motor Listrik Harapan Jonan untuk Industri Motor Listrik
Toyota Sora, Konsep Bus Bertenaga Fuel Cell http://ini.la/2412225 INILAHCOM, Tokyo - Toyota Motor Corporation mengungkapkan sebuah konsep bus bertenaga fuel cell yang diberi nama Sora.

Teknologi fuel cell menggunakan alat konversi energi elektrokimia yang mengubah hidrogen dan oksigen menjadi air, serta secara bersamaan menghasilkan energi listrik dan panas dalam prosesnya.

Dalam keterangan tertulisnya, Toyota mengatakan bahwa mereka berencana akan mulai menjual versi produksi massal dari Sora pada 2018 dengan target menghadirkan tak kurang dari 100 unit Sora, terutama untuk area metropolitan Tokyo, menyambut penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade 2020 di ibu kota Jepang itu.

Konsep Sora dikembangkan dari visi menghadirkan 'ikon kota abadi' dengan dua ide utama, yakni mengoptimalkan karakter kendaraan bertenaga fuel cell dan meningkatkan kenyamanan penumpang yang mengandalkan moda bus.

Sora akan mengadopsi teknologi Toyota Fuel Cell System (TFCS) yang dikembangkan untuk kendaraan bertenaga fuel cell, Mirai, guna menghadirkan performa ramah lingkungan tanpa emisi gas buang karbondioksida ataupun zat berbahaya lainnya.

Bus tersebut juga akan dilengkapi sistem suplai daya eksternal berkapasitas besar, guna menghasilkan keluaran tenaga besar maksimal 9 kW sekaligus suplai listrik besar 235 kWh2 yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya darurat dalam keadaan bencana.

Dari segi kenyamanan penumpang, Sora akan dilengkapi empat teknologi terbaru yang diklaim pertama kali dipakai di Jepang yakni kursi horizontal yang bisa terlipat otomatis untuk menambah ruang serta fungsi pengawasan periperal yang meningkatkan keselamatan.

Kemudian fungsi kendali akselerasi untuk meningkatkan keamanan dan teknologi otomatis pintu berjarak 3-6 sentimeter dari halte untuk memudahkan pengguna kursi roda.

Selain itu penyematan teknologi informatika mutakhri bakal memudahkan operasional bus tersebut.

Rencananya Sora akan turut dipamerkan di booth Toyota di ajang pameran otomotif Tokyo Motor Show 2017 di Tokyo Big Sight, Jepang, 25 Oktober-5 November 2017.

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2412225 Fri, 20 Oct 2017 06:07:00 +0700 Toyota Sora, Konsep Bus Bertenaga Fuel Cell Toyota Sora, Konsep Bus Bertenaga Fuel Cell Toyota Sora, Konsep Bus Bertenaga Fuel Cell Toyota Sora, Konsep Bus Bertenaga Fuel Cell
Pendamping Khofifah, AHY Masuk Radar PPP http://ini.la/2412365 INILAHCOM, Jakarta - Wasekjen PPP Achmad Baidowi mengatakan pihaknya berpeluang usung Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim 2018. Ini bisa terjadi karena Khofifah disebut sudah menjalani komunikasi serius dengan pihak PPP.

"KIP membutuhkan PPP dan serius ngajak rembuk terkait Cawagub yang akan mendampinginya," bebernya kepada INILAHCOM, Kamis (19/10/2017).

Ia menyatakan jika nanti dibutuhkan, pihaknya sudah menyiapkan nama untuk diusulkan untuk mendampingi Khofifah bertarung di Pilgub Jatim 2018 nanti. Salah satu nama yang muncul dari eksternal adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari Partai Demokrat.

"Kalau dari internal, Ketua DPW Musyafa Nur. Kalau dari eksternal yang masuk radar AHY," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, malam ini beredar kabar rapat tertutup untuk penentuan calon wakil gubernur pendamping Khofifah Indar Parawansa. Rapat tertutup tersebut dilakukkan di rumah pengasuh pondok pesantren Amanatul Ummah, KH Asep Saifudin Chalim, di jalan Siwalankerto Utara I Surabaya, Kamis (19/12/2017) malam. [hpy]

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2412365 Fri, 20 Oct 2017 06:03:00 +0700 Pendamping Khofifah, AHY Masuk Radar PPP Pendamping Khofifah, AHY Masuk Radar PPP Pendamping Khofifah, AHY Masuk Radar PPP Pendamping Khofifah, AHY Masuk Radar PPP
Totalitas Rasulullah Sang Pengemban Risalah http://ini.la/2412169 PADA kesempatan kali ini kita bahas mengenai apa itu kekuatan tekad yang ternyata kaitannya sangat erat dalam melahirkan kesungguhan dan keberanian dalam diri kita untuk memperjuangkan target tujuan dalam kehidupan.

Ada sebuah kisah yang cukup melegenda khususnya di kalangan kita, Umat Islam. Ingin tahu ceritanya? Saya yakin semua pernah mendengar kisahnya, tapi tak mengapa kalau diulang kembali.

Ketika itu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menghadapi berbagai marabahaya dan malapetaka secara sekaligus. Semua terkait aktifitas dakwah beliau di Mekkah. Diantara meningkatnya eskalasi perlawanan dan kecaman dari kaum kafir Quraisy, maka Abu Thalib, berbicara kepada kemenakannya Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

"Tidak bisakah kau berhenti dari semua ini?"
"Yakini saja semuanya untuk dirimu sendiri, tapi jangan usik orang lain!"
"Jangan kau buat murka para penguasa dan membahayakan dirimu serta kita semua dengan menyebarkannya!"

Dengan penuh keberanian dan percaya diri Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, "Demi Allah, kalaupun mereka meletakkan matahari di tangan kananku dan bulan di tangan kiriku, lalu menyuruhku untuk meninggalkan tugas ini, aku tidak akan meninggalkannya!"

Jawaban yang diungkapkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam terhadap paman beliau yang sangat beliau cintai ini menunjukkan kekuatan Ilahiyyah yang dimiliki beliau. Ungkapan tersebut pun menunjukkan bahwa beliau tidak pernah menunjukkan kelemahan dalam memperjuangkan tugas yang beliau emban.

Dengan penuh totalitas, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjalankan misi sebagai pengemban Risalah dengan kesungguhan dan sepenuh kekuatan tekad.

[Ustaz Noorahmat Abu Mubarak]

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2412169 Fri, 20 Oct 2017 06:00:00 +0700 Totalitas Rasulullah Sang Pengemban Risalah Totalitas Rasulullah Sang Pengemban Risalah Totalitas Rasulullah Sang Pengemban Risalah Totalitas Rasulullah Sang Pengemban Risalah
2018, LPDB Siapkan Rp100 M Untuk Bisnis Start Up http://ini.la/2412397 INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram mengungkapkan bahwa mulai tahun 2018 Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM akan menyiapkan dana sebesar Rp100 miliar untuk permodalan wirausaha pemula (WP) dan bisnis start up.

"Dengan bunga yang sangat murah, yaitu 4,5% per tahun", tandas Agus pada acara Temu Mitra Nasional Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM, di Jakarta, Kamis (19/10).

Di acara yang dihadiri sekitar 1000 orang yang terdiri dari para Kepala Dinas Koperasi dan UKM seluruh Indonesia dan pelaku koperasi dan UKM, serta anggota Komisi VI DPR RI Rike Diah Pitaloka, Agus mengatakan, penyaluran kredit dari LPDB kepada WP dan bisnis start up semakin membuktikan keseriusan pemerintah untuk membuka akses pembiayaan bagi kalangan wirausaha di Indonesia.

"Sebelumnya kita sudah memiliki kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga 9%, yang akan turun menjadi 7%. Juga sudah ada kredit KITE, yaitu kemudahan impor tujuan ekspor. Sinergi dengan Kemenkeu melalui PIP, sudah disiapkan juga sebesar Rp1,5 triliun untuk kredit ultra mikro," terang Agus.

Agus juga berharap agar LPDB KUMKM dan para mitra seluruh Indonesia agar memperhatikan 5 Sukses. Yaitu, sukses dalam penyaluran (memenuhi peraturan), sukses pemanfaatan (sesuai business plan), sukses pengembalian (membayar kewajiban tepat waktu), sukses peningkatan usaha (aset dan omset meningkat sehingga bisa naik kelas), dan sukses pengembangan usaha. "Yang lebih penting lagi, lima sukses tadi bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," imbuh Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut LPDB KUMKM Braman Setyo menambahkan, dana sebesar Rp 100 miliar itu merupakan kredit untuk pengembangan usaha bagi WP dan bisnis start up. "Mereka butuh dukungan LPDB untuk pengembangan usahanya dan kita hadir memfasilitasi. Dan ini sifatnya bukan dana bergulir, melainkan kredit," ucap Braman.

Braman menjelaskan, dengan plafon kredit maksimal Rp25 juta tanpa agunan maka akan ada sekitar 4000 WP atau bisnis start up yang akan bisa menikmati layanan kredit dari LPDB. Bunganya pun terbilang rendah, hanya 4,5% pertahun. "Saya yakin, kredit ini akan banyak direspon kalangan WP dan bisnis start up di seluruh Indonesia. Selain cara konvensional, kita juga membuka pengajuan proposal business plan dari para WP dan bisnis start up secara paperless atau online," tandas Braman lagi.

Untuk itu, kata Braman, pihaknya akan secara ketat memverifikasi pemohon kredit WP dan bisnis start up. "Yang jelas, para WP dan bisnis start up harus sudah punya rintisan usaha yang akan kita verifikasi melalui sistem online yang ada di LPDB. Kita akan bisa melihat jelas bagaimana karakter dari para WP dan bisnis start up tersebut," jelas dia.

Di samping itu, lanjut Braman, mulai 2018, dalam menyalurkan  dana bergulir pihaknya akan menerapkan teknologi digital dalam penyaluran dan memonitor pemanfaatannya. "Kita bisa melihat dan monitor semuanya melalui sistem online. Yang pasti, saat ini tidak akan sulit lagi untuk mengakses dana bergulir di LPDB,"  tegas Braman.

Selama periode 2008-2017, kata Braman, pihaknya sudah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp8,49 triliun kepada 4000 lebih mitra, dan mampu menciptakan penyerapan tenaga kerja lebih dari 1,5 juta orang. "Selain itu, hasil monitoring pasca penyaluran 2008-2017, terdapat 892 mitra yang memberikan laporan perkembangan pembiayaan. Berdasarkan data tersebut, 17 mitra mengalami perubahan status dari usaha kecil menjadi usaha menengah. Sementara yang 866 mitra, juga mengalami perubahan namun belum mencapai perubahan kategori yang lebih tinggi," papar Braman.

Braman juga berharap, Temu Nasional ini bisa memberikan kesempatan kepada mitra untuk saling mengenal dan bersinergi satu sama lain. Ajang ini juga sebagai sarana sosialisasi guna meningkatkan akses UMKM terhadap pembiayaan yang murah, efisien, dan tepat guna melalui dana bergulir yang dikelola LPDB KUMKM. "Tujuan lainnya adalah melakukan sinergi antara LPDB KUMKM dengan mitra guna melakukan upaya-upaya preventif untuk memecahkan segala permasalahan terkait penyaluran dana bergulir di daerah," jelas Braman.

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2412397 Fri, 20 Oct 2017 05:48:00 +0700 2018, LPDB Siapkan Rp100 M Untuk Bisnis Start Up 2018, LPDB Siapkan Rp100 M Untuk Bisnis Start Up 2018, LPDB Siapkan Rp100 M Untuk Bisnis Start Up 2018, LPDB Siapkan Rp100 M Untuk Bisnis Start Up
Owi/Butet dan Kevin/Marcus Melaju ke Perempatfinal http://ini.la/2412401 INILAHCOM, Odense - Pasangan ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, melaju ke babak perempatfinal usai mengalahkan wakil tuan rumah. Hasil serupa juga diraih Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Dalam pertandingan babak kedua Denmark Open Super Series 2017 di Odense Sports Center, Jumat (20/10/2017) dini hari WIB, Owi/Butet menghadapi pasangan Andres Skaarup Rasmusen/Line Hojmark Kjaersfeldt. Ganda campuran Indonesia menang dua set langsung 21-16 dan 21-14.

Di babak perempatfinal, Owi/Butet yang tampil sebagai unggulan ketiga akan berjumpa pasangan ganda campuran Tiongkok, Zhang Nan/Li Yinhui. Ini akan jadi perjumpaan kedua, sebelumnya mereka pernah berhadapan di final Tiongkok Terbuka 2016 yang dimenangi Tontowi/Liliyana.

Langkah Tontowi/Liliyana diikuti pasangan ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Berhadapan dengan wakil Denmar, Mathias Christiansen/David Daugaard, wakil Indonesia tanpa kesulitan menang dua set 21-14 dan 21-16.

Kevin/Marcus menunggu lawannya di babak perempatfinal yang merupakan pemenang antara Huang Kaixiang/Wang Yilyu menghadapi Lee Jhe-Huei/Lee Yang.

Dengan demikian, Indonesia memiliki empat wakil untuk berebut tiket ke semifinal. Ganda putra Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan ganda putri Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta lebih dulu memastikan kelolosannya.

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2412401 Fri, 20 Oct 2017 05:46:00 +0700 Owi/Butet dan Kevin/Marcus Melaju ke Perempatfinal Owi/Butet dan Kevin/Marcus Melaju ke Perempatfinal Owi/Butet dan Kevin/Marcus Melaju ke Perempatfinal Owi/Butet dan Kevin/Marcus Melaju ke Perempatfinal