Inilah.com - Artis http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Fri, 23 Jun 2017 15:31:50 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/artis http://www.inilah.com/ Inilah.com - Artis http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Tak Ada Upacara Kenegaraan Sambut Obama http://nasional.inilah.com/read/detail/2387213/tak-ada-upacara-kenegaraan-sambut-obama INILAHCOM, Jakarta - Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi memastikan pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Ke-44 AS Barrack Obama akan berlangsung secara informal pada pekan depan.

Sebagaimana diberitakan, Obama tengah berlibur ke Indonesia bersama keluarganya mulai hari ini, Rabu (23/6/2017).

Bali menjadi lokasi liburan yang akan dikunjungi oleh Presiden AS asal Partai Demokrat di hari pertama menginjakkan kaki d Tanah Air.

Adapun Obama diundang Jokowi untuk berkunjung ke Istana Bogor, Jawa Barat untuk makan siang bersama pada Jumat (30/6/2017) mendatang.

"Katanya hanya makan siang bersama. Tidak ada agenda khusus," ucap Johan di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2017).

Dikarenakan sifat pertemuan yang informal, lanjut Johan, maka kemungkinan tidak ada upacara kenegaraan sebagaimana yang biasanya digelar jika Jokowi menerima kunjungan formal kepala negara lain.

Tidak adanya upacara kenegaraan untuk kedatangan Obama pun wajar lantaran posisi pria berdarah Afro-Amerika itu tak lagi menjabat sebagai Presiden AS.

"Ini undangan pribadi Pak Jokowi untuk Obama. Sepertinya tidak ada upacara kenegaraan. Saya detailnya kurang paham, coba tanya Mensesneg," tandasnya. [ton]

]]>
Artis Inilahcom http://nasional.inilah.com/read/detail/2387213/tak-ada-upacara-kenegaraan-sambut-obama Fri, 23 Jun 2017 15:17:00 +0700 Tak Ada Upacara Kenegaraan Sambut Obama Tak Ada Upacara Kenegaraan Sambut Obama Tak Ada Upacara Kenegaraan Sambut Obama Tak Ada Upacara Kenegaraan Sambut Obama
Harga Daging Sapi Segar Jadi Rp140/Kg di Tebet http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2387209/harga-daging-sapi-segar-jadi-rp140kg-di-tebet INILAHCOM, Jakarta - Dua hari menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah harga daging sapi segar di sejumlah pasar tradisional terus merangkak naik, di Pasar Tebet Jakarta Selatan mencapai Rp 140 ribu/kg.

"Sudah seminggu ini naik terus sekarang sudah segini (Rp140 ribu), mungkin besok akan naik lagi," kata Rohim pedagang daging segar di Pasar Tebet Jakarta Selatan, Jumat (23/6/2017). Sebelumnya harga daging sapi di pasar ini dikisaran Rp 120 ribu/kg.

Rohim mengatakan untuk bagian depan daging sapi harganya naik menjadi Rp140 ribu/kg, sementara untuk bagian belakang harganya mencapai Rp120 ribu sampai Rp130 ribu/kg.

Saat hari biasa, harga daging sapi segar untuk bagian depan dijual Rp120 ribu/kg, dan daging sapi bagian belakang Rp110 ribu/kg. Kenaikan harga hanya terjadi pada pekan terakhir jelang Lebaran. Harga dipastikan akan turun kembali sesaat setelah Idul Fitri nanti.

Terkait stok, Rohim mengatakan untuk daging segar bisa mencukupi kebutuhan masyarakat jelang lebaran di daerahnya berjualan.

"Stok lumayan banyak, pedagang yang lain juga, cukup sampai lebaran, cuma harganya memang sedikit naik," katanya. [hid]

]]>
Artis Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2387209/harga-daging-sapi-segar-jadi-rp140kg-di-tebet Fri, 23 Jun 2017 15:15:00 +0700 Harga Daging Sapi Segar Jadi Rp140/Kg di Tebet Harga Daging Sapi Segar Jadi Rp140/Kg di Tebet Harga Daging Sapi Segar Jadi Rp140/Kg di Tebet Harga Daging Sapi Segar Jadi Rp140/Kg di Tebet
Ini Cara Memilih Beras yang Baik dan Sehat http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2387207/ini-cara-memilih-beras-yang-baik-dan-sehat INILAHCOM, Jakarta - Beras menjadi makanan pokok bagi orang Indonesia. Karena itu, memilih beras yang baik dan sehat harus benar - benar diperhatikan. Lantas, bagaimana caranya?

Memilih beras yang sehat adalah yang bermanfaat untuk kesehatan. Ini sangat erat kaitannya dengan kandungan glukosa dalam darah. Menurut Dian Wisdianawati saat ditemui di acara Etanee, Parasaya Blok M, kriteria beras yang sehat adalah yang tidak terlalu lama disimpan.

"Beras yang terlalu lama disimpan dan tidak diolah akan meningkatkan glukosa dan menimbulkan penyakit diabetes," papar Dian Wisdianawati.

Masih menurutnya, memilih beras yang sehat dan baik untuk dikonsumsi ada beberapa cara. Salah satunya adalah pilihlah beras yang tidak menggunakan pewangi. Artinya, jangan memilih beras yang terlalu menimbulkan wangi. Kemudian paling tidak, beras yang baik tidak simpan terlalu lama lebih dari dua bulan.

"Jika beras terdapat kutu, berarti beras bagus. Seperti sayuran organik yang kerap dimakan ulat," tambahnya.

Anda juga perlu curiga ketika beras terlalu lama disimpan dan tidak mempengaruhi keadaan beras tersebut, maka beras yang Anda miliki mengandung bahan pengawet.

"Begitu beras disimpan terlalu lama dan baik - baik saja, itu berarti ada pengawetnya," paparnya.(tka)

]]>
Artis Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2387207/ini-cara-memilih-beras-yang-baik-dan-sehat Fri, 23 Jun 2017 15:15:00 +0700 Ini Cara Memilih Beras yang Baik dan Sehat Ini Cara Memilih Beras yang Baik dan Sehat Ini Cara Memilih Beras yang Baik dan Sehat Ini Cara Memilih Beras yang Baik dan Sehat
Alasan Pembatalan TC Timnas U-22 ke Spanyol http://bola.inilah.com/read/detail/2387157/alasan-pembatalan-tc-timnas-u-22-ke-spanyol INILAHCOM, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 dipastikan batal mengadakan pemusatan latihan di Spanyol. Ketum PSSI, Edy Rahmayadi, mengungkapkan alasan sebenarnya.

Timnas U-22 sebelumnya dikabarkan akan melakukan training camp di Negeri Matador. Selain berlatih, Garuda Muda direncanakan beruji coba dengan sejumlah klub lokal di sana.

Namun, rencana tersebut dibatalkan. sebagai gantinya, Evan Dimas dkk akan menjalani pemusatan latihan di Bali yang akan dimulai akhir bulan ini.

Ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/6/2017) kemarin, Ketum PSSI, Edy Rahmayadi, menjelaskan batalnya timnas U-22 berlatih di Spanyol lebih dikarenakan masalah sedikitnya waktu.

"Yang pertama adalah waktu yang mepet. kalau kami berangkat ke Spanyol, berangkat dua hari, pulang dua hari. Itu sudah empat hari. Sedangkan kami hanya punya waktu 9 sampai 14 hari. Di Spanyol pun tim atau klub di sana tidak punya waktu tepat sehingga perhitungan kami sementara ini kami full kan di Bali," jelas Edy.

Dia juga membantah batalnya timnas U-22 ke Spanyol karena permasalahan dana.

"Tidak.. tidak ...finansial apapun akan kami lakukan (berikan)," ia menegaskan.
 

]]>
Artis Inilahcom http://bola.inilah.com/read/detail/2387157/alasan-pembatalan-tc-timnas-u-22-ke-spanyol Fri, 23 Jun 2017 15:11:00 +0700 Alasan Pembatalan TC Timnas U-22 ke Spanyol Alasan Pembatalan TC Timnas U-22 ke Spanyol Alasan Pembatalan TC Timnas U-22 ke Spanyol Alasan Pembatalan TC Timnas U-22 ke Spanyol
Polri Pastikan Hary Tanoe Tersangka http://nasional.inilah.com/read/detail/2387210/polri-pastikan-hary-tanoe-tersangka INILAHCOM, Jakarta - Mabes Polri memastikan Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) sudah menjadi tersangka kasus dugaan SMS ancaman kepada jaksa di Kejaksaan Agung Yulianto.

"SPDP (Surat Perintah Dimulainya Penyidikan) diterbitkan sebagai tersangka," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto, Jumat (23/6/2017).

SPDP kasus Ketua Umum Perindo itu diterbitkan penyidik Diretorat Siber Bareskrim Polri beberapa hari lalu.

"Kalau enggak salah dua hari lalu (diterbitkan)," ujarnya.

Sebelumnya status tersangka HT pertama kali diungkap oleh Jaksa Agung HM Prasetyo. Jampidum Kejagung Noor Rachmad juga menyebut, dari SPDP yang diterima pihaknya, status tersangka HT sudah sejak 15 Juni 2017.

Kasus ini berawal dari Yulianto mendapatkan sebuah pesan singkat dari orang tak dikenal berisi : "Mas Yulianto, kita buktikan siapa yang salah dan siapa yang benar. Siapa yang profesional dan siapa yang preman. Anda harus ingat kekuasaan itu tidak akan langgeng. Saya masuk ke politik antara lain salah satu penyebabnya mau memberantas oknum-oknum penegak hukum yang semena-mena, yang transaksional yang suka abuse of power. Catat kata-kata saya di sini, saya pasti jadi pimpinan negeri ini. Di situlah saatnya Indonesia dibersihkan" SMS itu diterima Yulianto pada 5 Januari 2016 sekitar pukul 16:30 WIB.

Tak hanya itu, beberapa waktu kemudian Yulianto mendapat pesan singkat dengan tulisan yang sama namun ditambah dengan kata "Kasihan rakyat yang miskin makin banyak, sementara negara lain berkembang dan semakin maju".

Usai mendapatkan pesan tersebut, Yulianto melakukan pengecekan dan meyakini pesan itu dikirim oleh Hary Tanoesoedibjo dan kemudian dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan melanggar Pasal 29 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE). [ton]

]]>
Artis Inilahcom http://nasional.inilah.com/read/detail/2387210/polri-pastikan-hary-tanoe-tersangka Fri, 23 Jun 2017 15:08:00 +0700 Polri Pastikan Hary Tanoe Tersangka Polri Pastikan Hary Tanoe Tersangka Polri Pastikan Hary Tanoe Tersangka Polri Pastikan Hary Tanoe Tersangka
Bursa Eropa Tergelincir di Awal Sesi http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2387215/bursa-eropa-tergelincir-di-awal-sesi INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa tergelincir pada awal perdagangan Jumat (23/6/2017). Pelemahan seiring dengan saham minyak dan gas dan barang konsumsi memimpin semua sektor lebih rendah.

Indeks acuan Eropa Stoxx 600 turun 0,1% pada level 388,33. Indeks acuan tersebut melihat penurunan mingguan sebesar 0,1%. Sebuah aksi jual di minyak CLQ7, + 0,12% LCOQ7, + 0,09% mendominasi arah pasar pekan ini, dan harga minyak mentah berada pada laju kerugian selama lima pekan berturut-turut.

Untuk indeks FTSE Inggris turun 0,2% menjadi 7.423,89. DAX 30 DAX Jerman turun 0,1% pada 12.779,80, dan CAC 40 Prancis turun 0,1% pada 5.253,47. Topping penyiar Stoxx 600, U.. ITV PLC ITV, + 2,49% naik 2,3%, sementara Domino's Pizza Group PLC DOM, -5,26% turun 7,5%, mengankat indeks, seperti mengutip marketwatch.com.

Investor pada hari Jumat akan menilai data untuk aktivitas manufaktur dan jasa zona euro pada bulan Juni. Investor juga mencermati para pemimpin Uni Eropa berkumpul untuk pertemuan puncak mereka di Brussels tentang perkembangan Brexit berada dalam agenda satu tahun setelah Inggris memilih untuk meninggalkan blok tersebut.

]]>
Artis Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2387215/bursa-eropa-tergelincir-di-awal-sesi Fri, 23 Jun 2017 15:05:00 +0700 Bursa Eropa Tergelincir di Awal Sesi Bursa Eropa Tergelincir di Awal Sesi Bursa Eropa Tergelincir di Awal Sesi Bursa Eropa Tergelincir di Awal Sesi
Puasa Syawal dan Senin-Kamis Digabung, Why Not? http://mozaik.inilah.com/read/detail/2386738/puasa-syawal-dan-senin-kamis-digabung-why-not ADA yang bertanya, bolehkah menggabungkan niat puasa syawal dengan puasa Senin-Kamis?

Dilihat dari latar belakang disyariatkannya ibadah, para ulama membagi ibadah menjadi dua. Pertama, ibadah yang maqsudah li dzatiha, artinya keberadaan ibadah merupakan tujuan utama disyariatkannya ibadah tersebut. Sehingga ibadah ini harus ada secara khusus. Semua ibadah wajib, shalat wajib, puasa wajib, dst, masuk jenis pertama ini. Termasuk juga ibadah yang disyariatkan secara khusus, seperti shalat witir, shalat dhuha, dst.

Termasuk jenis ibadah ini adalah ibadah yang menjadi tabi’ (pengiring) ibadah yang lain. Seperti shalat rawatib. Dan sebagian ulama memasukkan puasa 6 hari bulan syawal termasuk dalam kategori ini.

Kedua, kebalikan dari yang pertama, ibadah yang laisa maqsudah li dzatiha, artinya keberadaan ibadah itu bukan merupakan tujuan utama disyariatkannya ibadah tersebut. Tujuan utamanya adalah yang penting amalan itu ada di kesempatan tersebut, apapun bentuknya.

Satu-satunya cara untuk bisa mengetahui apakah ibadah ini termasuk maqsudah li dzatiha ataukah laisa maqsudah li dzatiha, adalah dengan memahami latar belakang dari dalil masing-masing ibadah.(Liqa’ al-Bab al-Maftuh, Ibnu Utsaimin, volume 19, no. 51).

Kita akan lihat contoh yang diberikan ulama untuk lebih mudah memahaminya.

Contoh pertama, salat tahiyatul masjid. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila kalian masuk masjid, jangan duduk sampai salat 2 rakaat.”(HR. Bukhari 1163)

Dalam hadis di atas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyarankan agar kita salat 2 rakaat setiap kali masuk masjid sebelum duduk. Artinya, yang penting jangan langsung duduk, tapi salat dulu. Tidak harus salat khusus tahyatul masjid. Bisa juga shalat qabliyah atau salat sunah lainnya. Meskipun boleh saja jika kita salat khusus tahiyatul masjid.

Dari sini, salat keberadaan ibadah salat tahiyatul masjid itu bukan merupakan tujuan utama. Tapi yang penting ada amal, yaitu salat 2 rakaat ketika masuk masjid. Apapun bentuk salat itu.

Contoh kedua, puasa Senin-Kamis. Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengapa beliau rajib puasa Senin Kamis, beliau mengatakan,

“Di dua hari ini (senin – kamis), amalan dilaporkan kepada Allah, Rab semesta alam. Dan saya ingin ketika amalku dilaporkan, saya dalam kondisi puasa. (HR. Ahmad 21753, Nasai 2358, dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Dalam hadis ini, siapapun yang melakukan puasa di hari Senin atau Kamis, apapun bentuk puasanya, dia mendapatkan keutamaan sebagaimana hadis di atas. Amalnya dilaporkan kepada Allah, dalam kondisi dia berpuasa. Baik ketika itu dia sedang puasa wajib, atau puasa sunah lainnya. Meskipun boleh saja ketika dia melakukan puasa khusus di hari Senin atau Kamis.

Menggabungkan Niat Dua Ibadah

Para ulama menyebutnya ”at-Tasyrik fin Niyah” atau ”Tadakhul an-Niyah” (menggabungkan niat). Terdapat kaidah yang diberikan para ulama dalam masalah menggabungkan niat,

“Jika ada dua ibadah yang sejenis, yang satu maqsudah li dzatiha dan satunya laisa maqsudah li dzatiha, maka dua ibadah ini memungkinkan untuk digabungkan. (’Asyru Masail fi Shaum Sitt min Syawal, Dr. Abdul Aziz ar-Rais, hlm. 17).

Dari kaidah di atas, beberapa amal bisa digabungkan niatnya jika terpenuhi 2 syarat,

Pertama, amal itu jenisnya sama. Salat dengan salat, atau puasa dengan puasa. Kedua, ibadah yang maqsudah li dzatiha tidak boleh lebih dari satu. Karena tidak boleh menggabungkan dua ibadah yang sama-sama maqsudah li dzatiha.

Dari keterangan di atas, puasa syawal termasuk ibadah maqsudah li dzatiha sementara Senin Kamis laisa maqsudah li dzatiha. Sehingga niat keduanya memungkinkan untuk digabungkan. Dan insyaaAllah mendapatkan pahala puasa syawal dan puasa Senin Kamis.

Dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya amal itu tergantung pada niat dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan.” (Muttafaq ’alaih)

Karena dia menggabungkan kedua niat ibadah itu, mendapatkan pahala sesuai dengan apa yang dia niatkan. Allahu a’lam. [Ustadz Ammi Nur Baits/konsultasisyariah]

]]>
Artis Inilahcom http://mozaik.inilah.com/read/detail/2386738/puasa-syawal-dan-senin-kamis-digabung-why-not Fri, 23 Jun 2017 15:00:00 +0700 Puasa Syawal dan Senin-Kamis Digabung, Why Not? Puasa Syawal dan Senin-Kamis Digabung, Why Not? Puasa Syawal dan Senin-Kamis Digabung, Why Not? Puasa Syawal dan Senin-Kamis Digabung, Why Not?
IFC Guyur Pinjaman US$100 Juta ke BTPN http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2387214/ifc-guyur-pinjaman-us100-juta-ke-btpn INILAHCOM, Jakarta - International Finance Corporation (IFC) menyediakan dana pinjaman senilai 100 juta dolar AS kepada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) agar dapat meningkatkan kredit bagi pengusaha kecil, menengah, dan perempuan, serta masyarakat kurang mampu.

Country Manager untuk IFC Indonesia dan Malaysia Azam Khan dalam pernyataan resmi yang diterima Antara di Jakarta, Jumat mengatakan kerja sama antara IFC dan BTPN, yang terjalin sejak 2009 itu, diharapkan memperluas akses keuangan di Indonesia.

Saat ini, hanya 39 persen dari orang dewasa Indonesia yang memiliki akses keuangan.

"BTPN adalah mitra strategis kami untuk mengurangi kesenjangan akses keuangan yang dihadapi para pengusaha kecil, pengusaha perempuan, UKM dan masyarakat kurang mampu di Indonesia," katanya.

Menurut Azam, akses keuangan yang lebih luas terhadap pelayanan perbankan, diharapkan dapat mengurangi kemiskinan dan pemerataan kesejahteraan yang lebih luas di masyarakat.

Ia menuturkan, pendanaan mikro merupakan hal penting dalam upaya memerangi kemiskinan.

Akses kepada berbagai jasa pendanaan mikro seperti tabungan, pinjaman dan pemindahan uang memberikan kesempatan bagi keluarga miskin untuk berinvestasi ke dalam badan usaha dan menyediakan nutrisi yang lebih baik, memperbaiki kondisi kehidupan, dan kesehatan serta pendidikan bagi anak-anak mereka.

"IFC memberikan masukan dan investasi kepada sektor pendanaan mikro dengan memfokuskan diri kepada institusi-institusi pendanaan mikro yang kuat yang dapat berkembang dan memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi," katanya.

Direktur BTPN Arief Harris Tandjung mengatakan pihaknya sudah mengembangkan kemitraan yang sangat kuat dan strategis dengan IFC dalam kurun waktyu hampir delapan tahun, dan ia percaya bahwa hal tersebut telah mendukung BTPN secara signifikan dalam mencapai visinya untuk menjadi bank komunitas prasejahtera produktif di Indonesia.

"Bersama, kami dapat menyediakan akses keuangan yang lebih terjangkau untuk orang Indonesia, dan juga memperluas kegiatan yang dapat memberikan fasilitas lebih baik bagi pelanggan, serta memberikan keuntungan lebih bagi nasabah. Hal ini konsisten dengan visi kami untuk memberikan perubahan dalam kehidupan jutaan orang," ujar Arief.

Pembiayaan tersebut disebut akan membantu BTPN meningkatkan kualitas produk dan layanan perbankan serta memperluas akses keuangan bagi segmen masyarakat kurang mampu di Indonesia, termasuk di dalamnya pengusaha UMKM dan pengusaha perempuan.

Tidak hanya itu, lanjut Arief, pembiayaan tersebut juga bertujuan meningkatkan kapasitas dan membuka wacana mereka melalui pelatihan, serta memberi kesempatan pada mereka untuk memperluas jaringan. Dengan demikian BTPN akan mampu mempertahankan nasabahnya. [tar]

]]>
Artis Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2387214/ifc-guyur-pinjaman-us100-juta-ke-btpn Fri, 23 Jun 2017 14:59:00 +0700 IFC Guyur Pinjaman US$100 Juta ke BTPN IFC Guyur Pinjaman US$100 Juta ke BTPN IFC Guyur Pinjaman US$100 Juta ke BTPN IFC Guyur Pinjaman US$100 Juta ke BTPN
Cuti Bersama, Kumpul Keluarga hingga Bedah Kolam http://nasional.inilah.com/read/detail/2387211/cuti-bersama-kumpul-keluarga-hingga-bedah-kolam INILAHCOM, Sumedang - Untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), cuti bersama kali ini menjadi spesial karena ruang dan waktu untuk berkumpul bersama keluarga menjadi sangat leluasa sebagaimana dituturkan Didin Rochmawan, seorang ASN di Bapeda Kabupaten Sumedang.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden. Dengan adanya Kepres, cuti bersama jadi panjang. Saya bisa silaturahmi dan leyeh-leyeh sama keluarga," ujarnya di Sumedang, Jum'at (23/6/2017).

Melalui Kepres 18 Tahun 2017 tentang Cuti Bersama Tahun 2017, pemerintah telah menambah cuti bersama 1 hari pada tanggal 23 Juni 2017, serta menegaskan 4 hari cuti bersama lainnya yang telah diatur sebelumnya dalam SKB tiga Menteri. Jumlah cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1438 H menjadi 5 hari. Kalau ditambah Hari Libur Nasional dan libur Sabtu Minggu, maka total libur kali ini menembus 10 hari.

Hal yang tidak jauh berbeda disampaikan Lolly Roliawaty, Kepala SMKN 1 Sumedang. "Alhamdulillah. Saudara-saudara dari perantauan bisa mudik dan kumpul sama keluarga di kampung. Kami akan ngabedahkeun balong (membedah kolam bersama-sama untuk diambil ikannya)," kata Lolly.

Cuti bersama yang dimanfaatkan ASN dan lapisan masyarakat lainnya untuk mudik, memiliki dampak yang begitu luas. Bukan hanya kepada urusan pribadi, tapi juga terhadap kepentingan publik di berbagai sektor terutama ekonomi, yakni menggerakan perekonomian daerah.

"Beranjak dari kultur dan fakta, cuti bersama yang dikaitkan dengan hari raya merupakan pilihan terbaik dewasa ini. Karena cuti bersama yang diikuti mobilitas orang dan barag telah menjadi pintu distribusi ekonomi dari kota ke daerah. Apalagi pelayanan dasar publik tetap dijalankan dengan pengaturan personil yang ada," tutur Idam Rahmat, ASN asal Sumedang yang bekerja di Dipenda Pemprov Jawa Barat.

Idam menyampaikan, untuk menjaga pelayanan publik agar optimal, bagi ASN yang tidak mengambil cuti bersama karena melaksanakan tugas, agar diberi insentif tertentu melalui tambahan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) sehingga motivasi dan produktivitasnya makin baik. 

Di sisi lain ada hal yang harus diwaspadai, jangan sampai cuti bersama tersebut disalahgunakan oleh ASN dengan cara nambah cuti tanpa ijin atau mangkir kerja. Untuk itu sanksi tegas harus dikenakan kepada ASN yang tidak berdisiplin. "Setelah diberikan cuti tambahan, bagi mereka yang melebihi cuti yang sudah ditentukan agar diberikan sanksi yang tegas," ungkap Nunung Julaeha, Guru SMAN 1 Sumedang. [*]

]]>
Artis Inilahcom http://nasional.inilah.com/read/detail/2387211/cuti-bersama-kumpul-keluarga-hingga-bedah-kolam Fri, 23 Jun 2017 14:51:00 +0700 Cuti Bersama, Kumpul Keluarga hingga Bedah Kolam Cuti Bersama, Kumpul Keluarga hingga Bedah Kolam Cuti Bersama, Kumpul Keluarga hingga Bedah Kolam Cuti Bersama, Kumpul Keluarga hingga Bedah Kolam
Usai Lebaran Fahd A Rafiq akan Disidang http://nasional.inilah.com/read/detail/2387208/usai-lebaran-fahd-a-rafiq-akan-disidang INILAHCOM, Jakarta - Berkas penyidikan tersangka korupsi penggiringan anggaran royek Alquran dan laboratorium madrasah Tsanawiah di Kementerian Agama, Fahd El Fouz alias Fahd A Rafiq sudah diselesaikan oleh penyidik KPK.

"Dilakukan pelimpahan tahap dua dari penyidikan ke penuntutan untuk tersangka FEF (Fahd El Fouz)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jakarta, Jumat (23/6/2017).

Dengan demikian, tidak lama lagi Fahd akan menjalani sidang dakwaan. Sebab, tim jaksa KPK punya waktu paling lama 14 hari kerja untuk menyusun surat dakwaan usai berkas itu dilimpahkan dari penyidik.

"Setelah dilakukan penyusunan dakwaan dan pelimpahan ke pengadilan. KPK akan menunggu jadwal sidang dari pengadilan," tuturnya.

Kuasa hukum Fahd, Robby Anugerah Marpaung berkata, kliennya tersebut sudah kooperatif sejak awal proses hukumnya dan akan terus berlanjut dalam persidangan. Menurut dia, seluruh keterangan Fahd dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) bakal dibeberkan.

"Pada prinsipnya Pak Fahd akan kooperatif dari awal sampai nanti di persidangan. Yang dituangkan dalam BAP akan disampaikan seluruhnya di persidangan," kata Robby.

Robby mengungkapkan, salah satu yang dituangkan Fahd dalam BAP yakni soal keterlibatan mantan Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso. Namun, Robby belum mau merinci keterlibatan politikus Partai Golkar itu dalam dugaan korupsi Alquran ini.

Robby memastikan, bahwa kliennya itu bakal membeberkan secara rinci peran-peran para pihak yang diduga terlibat dalam proyek yang ada di Kementerian Agama itu.

"Nanti di persidangan akan detail. Siapa saja yang terlibat, peran apa, siapa yang melakukan. Nanti di persidangan akan diungkap," kata dia.[jat]

]]>
Artis Inilahcom http://nasional.inilah.com/read/detail/2387208/usai-lebaran-fahd-a-rafiq-akan-disidang Fri, 23 Jun 2017 14:46:00 +0700 Usai Lebaran Fahd A Rafiq akan Disidang Usai Lebaran Fahd A Rafiq akan Disidang Usai Lebaran Fahd A Rafiq akan Disidang Usai Lebaran Fahd A Rafiq akan Disidang