Inilah.com - Artis http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Thu, 17 Aug 2017 13:00:30 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/artis http://www.inilah.com/ Inilah.com - Artis http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 MUI: Umat Islam Harus Syukuri Pancasila & UUD'45 http://ini.la/2397964 BELA negara yang tengah dikampanyekan pemerintah mendapat masukan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Apa saja masukannya?

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Nazaruddin Umar menyampaikan amanat bela negara sebagai pedoman umat Muslim Indonesia:

1. Umat Muslim Indonesia wajib bersyukur atas berkat rahmat Allah atas negeri yang indah, makmur dan telah menjadikan agama sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Umat Muslim juga sepatutnya bersyukur dengan tetap lestarinya Pancasila dan UUD 1945 menjadi dasar negara dan tata aturan kehidupan berbangsa dan bernegara yang menjamin kemerdekaan umat Muslim Indonesia dalam menjalankan syariat dan tuntunan agamanya.

2. Umat Muslim Indonesia wajib mempertahankan, melanjutkan, merawat, mengawal dan menjadi garda terdepan. Umat Muslim Indonesia harus menyadari bahwa komitmen berbangsa dan bernegara sebagai karakter dan jati diri Islam Indonesia dari segala rongrongan dan ancaman ideologi ekstrem agama dan sekuler, maupun non ideologis seperti ancaman disintegrasi nasional. Umat Muslim Indonesia hendaknya juga mempertahankan kedaulatan negara baik kedaulatan kultural, politik dan teritorial.

3. Umat Muslim Indonesia hendaknya terus mempertahankan dan menempatkan prinsip religiusitas sebagai ruh dasar negara dalam sila pertama Pancasila, dan tidak terus disibukkan memperdebatkan hubungan agama dan negara. Umat Muslim Indonesia mari meningkatkan produktivitas membangun negara dan mengisinya sebagai implementasi baldah thayyibah wa rabbun ghafur.

4. Umat Muslim Indonesia hendaknya mengawal dan terus melakukan amar ma'ruf nahi munkar terhadap praktik kekuasaan yang jauh dari amanah UUD 1945 dan tuntunan agama, dengan tetap teguh berpegang kepada konstitusi dan prinsip-prinsip religius sebagai bentuk implementasi bela negara.

5. Umat Muslim Indonesia wajib membela negara dan mempertahankan segenap kekayaan sumber daya alam Indonesia dari penguasaan asing dan tetap dikuasai oleh negara untuk kesejahteraan rakyat sesuai pasal 33 UUD 1945. Karena apa yang dinikmati oleh rakyat dan umat Muslim Indonesia saat ini adalah 'pinjaman' dari generasi rakyat dan umat Muslim masa depan.

Masukan Dewan Pertimbangan MUI ini diberikan kepada pemerintah. []

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2397964 Thu, 17 Aug 2017 13:00:00 +0700 MUI: Umat Islam Harus Syukuri Pancasila & UUD'45 MUI: Umat Islam Harus Syukuri Pancasila & UUD'45 MUI: Umat Islam Harus Syukuri Pancasila & UUD'45 MUI: Umat Islam Harus Syukuri Pancasila & UUD'45
Cadangan AS Gagal Kerek Harga Minyak Dunia http://ini.la/2398438 INILAHCOM, New York - Bisnis minyak dunia masih memasuki masa-masa sulit. Harganya longsor pada Rabu (Kamis pagi WIB). Padahal, data cadangan minyak di Amerika Serikat (AS) menurun sejak pekan lalu.

Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan dalam laporan mingguannya pada Rabu (16/8/2017), persediaan minyak mentah turun sebesar 8,95juta barel pada pekan yang berakhir 11 Agustus.

Penurunan tersebut hampir tiga kali lebih besar dari ekspektasi para analis yang menetapkan penurunan 3,1juta barel. Sementara itu, data menunjukkan bahwa persediaan bensin dan distilat meningkat.

Para analis mengatakan harga minyak telah mendapat tekanan baru-baru ini, karena investor khawatir bahwa kelebihan minyak global akan terus bertahan, setelah kepatuhan para produsen minyak utama untuk memangkas produksi mereka tidak membaik. Produsen-produsen minyak utama telah sepakat untuk mengurangi pasokan sebesar 1,8juta barel per hari sampai Maret mendatang.

Tujuannya adalah untuk mengurangi stok global, menyeimbangkan pasar yang telah mengalami kelebihan pasokan yang bertahan selama sekitar tiga tahun, dan akhirnya menaikkan harga minyak.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September, turun US$0,77 menjadi US$46,78 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober, berkurang US$0,53 ditutup US$50,27 per barel di London ICE Futures Exchange, demikian dilaporkan Xinhua. [tar]
 

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2398438 Thu, 17 Aug 2017 12:13:00 +0700 Cadangan AS Gagal Kerek Harga Minyak Dunia Cadangan AS Gagal Kerek Harga Minyak Dunia Cadangan AS Gagal Kerek Harga Minyak Dunia Cadangan AS Gagal Kerek Harga Minyak Dunia
Real Madrid Dekati Rekor Dunia Milik Santos http://ini.la/2398403 INILAHCOM, Madrid - Kemenangan Real Madrid di leg kedua Piala Super Eropa mendekatkan mereka pada rekor sensasional yang pernah dibuat klub Brasil, Santos. Apa itu?

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis (17/8/2017) dini hari WIB, Madrid yang bermain tanpa Cristiano Ronaldo mampu tampil agresif sepanjang laga. Hasilnya, mereka menang 2-0 berkat gol spektakuler Marco Asensio di menit keempat serta Karim Benzema di menit ke-34.

El Real keluar sebagai juara Piala Super Spanyol 2017 dengan keunggulan agregat 5-1 setelah di pertemuan pertama mereka menang 1-3 di Nou Camp.

Dari catatan Marca, Madrid sejauh ini selalu bisa mencetak gol dalam 68 pertandingan di semua kompetisi sejak musim 2016-17 lalu. Mereka mendekati rekor yang dibuat Santos yaitu 74 laga selalu membuat gol saat masih diperkuat legenda Brasil, Pele.

Dari 74 laga tersebut, Santos mengemas 51 kemenangan, 14 imbang serta sembilan kali kekalahan. Sedangkan Los Blancos mencatat 51 kemenangan, 12 imbang serta lima kali kekalahan.

Perbedaan paling mencolok dari kedua tim adalah jumlah gol, dimana Madrid sejauh ini mencetak 186 gol atau rata-rata 2,7 gol dalam satu pertandingan, sedangkan Santos membuat 245 gol dengan rataan 3,3 gol per laga.

Musim lalu, Madrid memecahkan rekor kompetisi Eropa dengan mencetak selalu mencetak gol dalam 62 laga. Memasuki musim baru, skuad asuhan Zinedine Zidane kini membidik rekor dunia yang masih dipegang Santos.

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2398403 Thu, 17 Aug 2017 12:13:00 +0700 Real Madrid Dekati Rekor Dunia Milik Santos Real Madrid Dekati Rekor Dunia Milik Santos Real Madrid Dekati Rekor Dunia Milik Santos Real Madrid Dekati Rekor Dunia Milik Santos
Bos Komisi XI Masih Ragukan Pertumbuhan 2018 http://ini.la/2398380 INILAHCOM, Jakarta - Ketua Komisi XI DPR Melchias Markus Mekeng, mempertanyakan sumber penerimaan negara untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,4%.

"Sampai akhir tahun pemerintah harus mengejar pertumbuhan ekonomi 5,2 persen (APBN-P 2017). Harus ada penambahan 0,2 dikalikan sekitar Rp13 ribu triliun. Pemerintah harus tahu, ke mana mencari tambahnya. Itu dari mana," kata Melchi sapaan akrabnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Politisi Golkar ini menyebutkan sejumlah peluang penerimaan negara di 2018. Semisal, investasi, belanja modal BUMN, atau penerimaan pajak setelah implementasi pertukaran informasi otomatis (AEOI). "Itu yang membuat kita punya PDB (produk domestik bruto) ekspansi," kata Melchi.

Melchi mengatakan, DPR masih akan membahas lebih lanjut bersama pemerintah terkait sejumlah asumsi dalam RAPBN 2018. Termasuk parameter dan indikator ekonomi makro yang dijadikan patokan RAPBN 2018.

"Ini kan masih rancangan. Tentunya, DPR akan challenge dulu. Saat pembicaraan pendahuluan (pertumbuhan) 5,2%-5,6%, dan pemerintah ambil moderat di 5,4%. Penaikan 0,2% (dibanding 2017) itu dari mana," tanya Melchi.

Sekedar mengingatkan saja, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan noka keungan RAPBN 2018. Di mana, pertumbuhan ekonomi ditargetkan 5,4%.

Jokowi mengatakan, pertumbuhan ekonomi tersebut bisa dicapai, melalui dukungan konsumsi masyarakat yang terjaga, peningkatan investasi, dan perbaikan kinerja ekspor dan impor.

Asumsi dasar makro-ekonomi yang ditetapkan itu, didasarkan kepada kondisi perekonomian terkini, serta memerhatikan proyeksi perekonomian di 2018. Dan diyakini mencerminkan kondisi riil di tahun depan. [tar]

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2398380 Thu, 17 Aug 2017 12:13:00 +0700 Bos Komisi XI Masih Ragukan Pertumbuhan 2018 Bos Komisi XI Masih Ragukan Pertumbuhan 2018 Bos Komisi XI Masih Ragukan Pertumbuhan 2018 Bos Komisi XI Masih Ragukan Pertumbuhan 2018
Toyota Luncurkan New HiAce Luxury dan New Dyna http://ini.la/2398420 INILAHCOM, Tangerang - Tak hanya di segmen penumpang, dalam semangat Let's Go Beyond, Toyota juga terus meningkatkan Total Ownership Experience bagi pelanggan segmen komersial.

Di ajang pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Toyota turut memperkenalkan line-up terbaru kendaraan komersial di segmen Commercial Van, yaitu New HiAce Luxury dan New Toyota Dyna di segmen Truk 2 Ton atau sering disebut truk engkel dengan enam line-up terbaru.
 
"Kehadiran New HiAce Luxury dan New Dyna adalah bagian dari apresiasi sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam meningkatkan kinerja usaha mereka masing-masing. Sebagai mitra, kami berharap dengan dukungan performa New HiAce Luxury dan New Dyna yang lebih baik dan efisien, kinerja usaha pelanggan akan semakin menguntungkan," kata Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM).
 
New HiAce Luxury

Pasar segmen Commercial Van mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2016 lalu, total penjualan di segmen ini mencapai 2.472 unit atau tumbuh sekitar 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya 1.924 unit.

Untuk tahun 2017, hingga Juli lalu, pasar di segmen ini sudah membukukan penjualan 1.474 unit, dimana 94,3 persen berasal dari penjualan Toyota HiAce sebagai market leader.
 
"Terima kasih atas apresiasi pelanggan yang tinggi terhadap mobil komersial Toyota Hiace. Sejalan dengan semangat Let's Go Beyond, HiAce hadir untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan, terutama korporasi," kata Soerjopranoto.
 
Dengan peluncuran line-up terbaru ini, HiAce kini hadir semakin lengkap, yaitu HiAce 2.5 Standard, HiAce 2.5 Commuter, dan HiAce 2.5 Luxury.

Kehadiran HiAce Luxury dilatarbelakangi untuk memenuhi ekspektasi pelanggan terhadap segmen Commercial Van sebagai kendaraan yang lebih lega, mewah, dan menyenangkan.
 
Sebagai kendaraan komersial, kehadiran varian ini diharapkan semakin menunjang kegiatan usaha pelanggan terutama yang bergerak di sektor transportasi dan pariwisata yang kian berkembang.

Kendaraan ini andal untuk perjalanan jarak jauh, baik antar kota maupun untuk kebutuhan transportasi dalam kota. Ekspektasi pelanggan terhadap HiAce semakin meningkat, mereka menghendaki kendaraan yang lebih lega dan luxury dengan tingkat fitur keselamatan yang lebih lengkap.


 
Sementara itu, desain eksterior dan interior New HiAce Luxury dikembangkan dalam konsep kendaraan yang lebih mewah dan menyenangkan. Eksterior dirancang lebih menarik dengan chrome package pada bagian radiator grille, kaca spion, dengan tulisan emblem Luxury yang lebih menonjol pada bagian belakang.

Adapun velg menggunakan Alloy Wheel dengan ukuran ban 195/R15 yang membuat penampilan kendaraan ini terlihat lebih kokoh.

Untuk memberikan kenyamanan lebih baik kepada penumpang, interior New Hiace Luxury dirancang untuk kapasitas 11 bangku, dimana row pertama dan kedua menggunakan desain Captain Seat nan mewah dibuat dari bahan kulit dan dilengkapi dengan Ottoman dan Sliding empat arah. Bangkunya juga dilengkapi Folding Table dengan Cup Holder.



Head Unit New HiAce Luxury ini menggunakan AVX 6" lebih mewah dibandingkan varian yang lain serta bahan material lantai yang lebih berkualitas. Tak kalah dengan mobil penumpang, fitur keselamatan mobil ini juga dilengkapi Parking Sensor, sistem pengereman ABS, dan Dual SRS Airbags.
 
Seperti varian lainnya, New Hiace Luxury tetap menggunakan mesin tipe 2KD-FTV Turbocharged dengan 4-silinder yang sudah teruji kemampuannya. Mesin yang dipadu transmisi manual 5-percepatan ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 102 PS dan torsi maksimum 26,5 Kgm.
 
New Dyna

Untuk memperkuat dukungan terhadap usaha pelanggan, Toyota terus melakukan penyegaran terhadap Dyna baik dari sisi eksterior maupun interior Dyna, termasuk performa mesin.

Sejalan dengan perkembangan kebutuhan transportasi di dunia usaha saat ini, penyegaran dilakukan untuk memperkuat kinerja New Dyna agar kapasitas beban (loading capacity) dan kapasitas muatan (payload capacity) yang lebih besar, serta efisiensi pemakaian bahan bakar yang lebih tinggi.
 
"Toyota juga memperkenalkan enam line-up baru untuk memperkuat jajaran New Dyna, untuk menggantikan 11 line-up sebelumnya agar semakin sesuai untuk mendukung kebutuhan usaha pelanggan. Kami hanya menawarkan line-up Dyna yang terbaik untuk mendukung kinerja usaha pelanggan agar lebih optimal," kata Soerjopranoto.
 
Saat ini, Toyota Dyna hadir dalam 18 pilihan line-up. Enam line-up terbaru New Toyota Dyna, yaitu 130 HT Ekspedisi Std, 130 HT Ekspedisi High Gear, 130 HT Ekspedisi LWB, untuk truk dengan beban berat (Heavy Duty),  Kemudian untuk pemakaian beban sedang (Medium Duty), 130 XT LWB, 130 XT BUS LWB, dan 110FT LWB.
 
New Toyota Dyna 130 HT, 110 ET dengan enam ban ini diposisikan sebagai truk untuk mengangkut beban berat dengan performa yang lebih tangguh untuk jalanan tanah atau berbatu (off road), khusus untuk 130 HT Off Road, sudah menggunakan teknologi Torse LSD yang membagi momen puntir ke setiap roda sesuai kebutuhan. Teknologi ini mencegah terjadinya slip saat melalui jalan tanah, berbatu atau berlubang.
 
Truk enam ban 130 HT Ekspedisi diposisikan sebagai truk untuk mengangkut beban berat di jalan raya (on road) dengan kapasitas muatan lebih besar. Bagian belakang (Rear Over Hang) ditingkatkan sehingga kapasitas muatan (Payload Capacity) menjadi lebih besar.
 
Sementara itu, 130 XT dan 110 FT yang juga menggunakan enam ban diposisikan untuk truk dengan beban sedang (Medium Duty) dengan kapasitas muatan lebih besar dengan Rear Over Hang yang lebih panjang dengan gear ratio juga lebih ditingkatkan agar kapasitas beban bisa lebih besar. Penggunaan bahan bakar lebih hemat karena menggunakan transmisi manual teknologi terbaru.
 
Sedangkan Dyna 110 ST adalah truk empat ban diposisikan untuk mengangkut beban ringan (Light Duty) dengan Rear Over Hang yang lebih panjang untuk meningkatkan volume dan kapasitas beban yang lebih besar.



Tak sebatas mesin dan sasis, eksterior dan interior New Dyna juga mengalami penyegaran.

"Penyegaran didasarkan masukkan pelanggan dan tidak hanya dilakukan pada line-up terbaru, tapi juga untuk line-up Toyota Dyna yang lain. Semua line-up Dyna kini dilengkapi dengan manual sliding control dan sebagian besar juga hadir dengan Rear Over Hang," kata Soerjopranoto.
 
Untuk mesin, New Dyna masih tetap mempertahan dua pilihan, yaitu mesin WO4D-TR dengan kapasitas 4.000 cc yang mampu menghasikan tenaga maksimal 130 PS dan torsi maksimal 38 Nm dan mesin WO4D-TP yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 110 PS dan torsi 29 Nm.

 

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2398420 Thu, 17 Aug 2017 12:12:00 +0700 Toyota Luncurkan New HiAce Luxury dan New Dyna Toyota Luncurkan New HiAce Luxury dan New Dyna Toyota Luncurkan New HiAce Luxury dan New Dyna Toyota Luncurkan New HiAce Luxury dan New Dyna
Jokowi Bagikan 5 Sepeda untuk Pakaian Adat Terbaik http://ini.la/2398437 INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan lima buah sepeda untuk tamu undangan yang mengenakan pakaian adat terbaik dalam upacara peringatan Republik Indonesia ke-72, Kamis (17/8/2017).

Jokowi memanggil lima nama pemenangnya ke atas panggung untuk langsung menerima hadiah sepeda gunung berwarna biru darinya.

"Saya dan Bapak Wakil Presiden telah memutuskan untuk melihat seluruh tamu undangan yang hadir dan pada kesempatan yang baik ini telah diputuskan oleh dewan juri yang terbaik untuk lima yang terbaik," kata Jokowi, Kamis (17/8/2017).

Adapun tamu yang mendapatkan sepeda dari Jokowi, pemenang pertama pakaian adat terbaik adalah Menkumham Yasonna Laoly yang mengenakan baju adat Nias.

Pemenang kedua adalah Ketua DPD Osman Sapta Odang (OSO). ‎Pemenang ketiga Ibu Bhayangkara Tri Suswati‎ kemudian ajudan Presiden Jokowi Syarief dan terakhir tamu undangan bernama Agati. [rok]

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2398437 Thu, 17 Aug 2017 12:00:00 +0700 Jokowi Bagikan 5 Sepeda untuk Pakaian Adat Terbaik Jokowi Bagikan 5 Sepeda untuk Pakaian Adat Terbaik Jokowi Bagikan 5 Sepeda untuk Pakaian Adat Terbaik Jokowi Bagikan 5 Sepeda untuk Pakaian Adat Terbaik
DPP PKS Juga Gelar Upacara HUT RI ke-72 http://ini.la/2398435 INILAHCOM, Jakarta - DPP PKS ikut merayakan HUT RI ke-72. PKS menggelar upacara di kantor DPP, Jl. TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Upacara digelar di halaman MD Building, DPP berkantor, Kamis (17/8/2017). Upacara itu langsung dipimpin oleh Presiden PKS Sohibul Iman.

Tampak juga hadir sejumlah petinggi PKS seperti Ketua Majelis Syuro Habib Salim Segaf Al-Jufri, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini dan lain-lain.

Selain PKS, partai lain juga melakukan hal yang sama. Seperti PDIP yang menggelar upacara HUT RI di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Kemudian Partai Demokrat juga menggelar upacara di Cikeas, Bogor. [rok]

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2398435 Thu, 17 Aug 2017 11:37:00 +0700 DPP PKS Juga Gelar Upacara HUT RI ke-72 DPP PKS Juga Gelar Upacara HUT RI ke-72 DPP PKS Juga Gelar Upacara HUT RI ke-72 DPP PKS Juga Gelar Upacara HUT RI ke-72
Atraksi Pesawat TNI Meriahkan HUT RI Ke-72 http://ini.la/2398433 INILAHCOM, Jakarta - Atraksi pesawat tempur milik TNI matra udara memeriahkan peringatan detik-detik proklamasi ke-72 Indonesia di langit Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2017) pagi.

Keenam pesawat tempur itu terdiri dua jenis yakni F-16 Fighting Falcon dan Sukhoi SU-30MK. Pesawat yang dikemudikan prajurit TNI AU itu terbang di ketinggian 600 kaki di atas permukaan tanah.

Sebelum melintasi langit Istana Negara, salah seorang prajurit sempat mengucapkan 'Dirgarahayu Republik Indonesia' dari atas pesawat dan ditampilkan di layar LCD yang terpasang di Istana.

"Kami anak-anak muda angkatan udara TNI mengucapkan Dirgarahayu Republik Indonesia ke-72 tahun," ujar salah seorang pilot sambil mengemudikan pesawat.

Adapun pertunjukkan pesawat tempur ini dilakukan dalam dua sesi. Pertama empat pesawat melewati langit Istana kemudian dua pesawat lainnya terbang dari arah berlawanan.

Pertunjukan pesawat fly pass ini berlangsung kurang lebih selama sepuluh detik dengan diiringi tepuk tangan para hadirin. [rok]

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2398433 Thu, 17 Aug 2017 11:34:00 +0700 Atraksi Pesawat TNI Meriahkan HUT RI Ke-72 Atraksi Pesawat TNI Meriahkan HUT RI Ke-72 Atraksi Pesawat TNI Meriahkan HUT RI Ke-72 Atraksi Pesawat TNI Meriahkan HUT RI Ke-72
Bersarung, Upacara HUT Kemerdekaan ala Santri http://ini.la/2398432 INILAHCOM, Jember - Ratusan orang santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember melakukan upacara bendera dengan memakai sarung dan kopiah, di halaman asrama pesantren, Kamis (17/8/2017).

Kendati tak seperti layaknya upacara formal, para santri ini mengikuti dengan serius. "Ini kegiatan penting. Kami ingin menanamkan nilai patriotisme dan kecintaan tanah air," kata pengasuh pondok, M. Anas,

Menurutnya, para santri harus ingat bahwa kemerdekaan Indonesia diperjuangkan dengan nyawa oleh kalangam pesantren. "Jadi santri tidak hanya belajar kitab kuning," kata Anas.

Jadi, lanjut Anas, para santri tak perlu malu untuk melaksanakan upacara bendera. "Kalau malu justru harus dipertanyakan," katanya. Upacara ditutup dengan tahlil dan doa bersama. [beritajatim]

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2398432 Thu, 17 Aug 2017 11:31:00 +0700 Bersarung, Upacara HUT Kemerdekaan ala Santri Bersarung, Upacara HUT Kemerdekaan ala Santri Bersarung, Upacara HUT Kemerdekaan ala Santri Bersarung, Upacara HUT Kemerdekaan ala Santri
Pajak Naik Rp137T, Sri Mulyani Tenangkan Pengusaha http://ini.la/2398379 INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bilang, target pajak dalam RAPBN 2018 sebesar Rp1.609,4 triliun merupakan proyeksi yang lebih moderat. Sesuai kondisi saat ini.

"Ini lebih moderat dibandingkan proyeksi pertumbuhan perpajakan tahun ini yang ditarget 14 persen," kata Sri Mulyani dalam jumpa pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2018 di Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Sri Mulyani mengatakan, target penerimaan perpajakan, ditetapkan agar tidak menimbulkan tekanan yang kuat terhadap perekonomian. Serta menimbulkan keresahan kepada pelaku usaha. "Kalau kita membuat target terlalu tinggi maka yang akan tertekan adalah sektor-sektor yang selama ini membayar pajak seperti industri perdagangan," kata Sri Mulyani.

Untuk itu, pemerintah akan terus berkomunikasi kepada para pengusaha agar persoalan perpajakan tidak menyebabkan kekhawatiran yang berlebihan. "Kita akan berkomunikasi terus dengan para pengusaha melalui Kadin dan Apindo untuk bisa memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya mengenai target dan perencanaan kita," ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga memastikan otoritas pajak akan meneruskan proses bisnis maupun reformasi perpajakan pada 2018, yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

Hal ini diupayakan karena langkah pelonggaran ikut dilakukan melalui pemberian insentif perpajakan yaitu tax holiday dan tax allowance serta mengkaji kebijakan exemption tax pada beberapa barang kena PPN.

Salah satu sektor yang terkena penghapusan pajak adalah industri pertanian yang selama ini berkontribusi menyumbang pertumbuhan ekonomi dari sisi lapangan usaha.

"Ini bisa menimbulkan distorsi, tapi kami berupaya pajak ini bisa dikontribusikan lebih merata, namun pada saat yang sama bisa memberikan ruang bagi ekonomi untuk tetap tumbuh," kata Sri Mulyani.

Pemerintah dalam RAPBN 2018 menetapkan target pajak sebesar Rp1.609,4 triliun. terbagi atas target pajak nonmigas Rp1.379,4 triliun, kepabeanan dan cukai Rp194,1 triliun dan PPh migas Rp35,9 triliun.

Ya, Sri Mulyani menyebut bahwa target pajak dalam RAPBN 2018 sebesar Rp1.609,4 triliun, cukup realistis dan sesuai kondisi perekonomian. Jelas-jelas angka tersebut naik ketimbang target APBN Perubahan 2017 sebesar Rp1.472,7 triliun. [tar]

]]>
Artis Inilahcom http://ini.la/2398379 Thu, 17 Aug 2017 11:12:00 +0700 Pajak Naik Rp137T, Sri Mulyani Tenangkan Pengusaha Pajak Naik Rp137T, Sri Mulyani Tenangkan Pengusaha Pajak Naik Rp137T, Sri Mulyani Tenangkan Pengusaha Pajak Naik Rp137T, Sri Mulyani Tenangkan Pengusaha