Inilah.com - Artis http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Thu, 23 Mar 2017 15:12:16 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/artis http://www.inilah.com/ Inilah.com - Artis http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Kenapa Abu Bakar Terpilih jadi Khalifah Pertama? http://mozaik.inilah.com/read/detail/2367761/kenapa-abu-bakar-terpilih-jadi-khalifah-pertama KETIKA Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam sakit keras, beliau memerintahkan Abu Bakar untuk menjadi imam salat berjemaah. Dalam Shahihain, dari ‘Aisyah Radhiallahu’anha ia berkata:

“Ketika Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam sakit menjelang wafat, Bilal datang meminta idzin untuk memulai shalat. Rasulullah bersabda: ‘Perintahkan Abu Bakar untuk menjadi imam dan shalatlah’. ‘Aisyah berkata: ‘Abu Bakar itu orang yang terlalu lembut, kalau ia mengimami shalat, ia mudah menangis. Jika ia menggantikan posisimu, ia akan mudah menangis sehingga sulit menyelesaikan bacaan Qur’an. Nabi tetap berkata: ‘Perintahkan Abu Bakar untuk menjadi imam dan shalatlah’. ‘Aisyah lalu berkata hal yang sama, Rasulullah pun mengatakan hal yang sama lagi, sampai ketiga atau keempat kalinya Rasulullah berkata: ‘Sesungguhnya kalian itu (wanita) seperti para wanita pada kisah Yusuf, perintahkan Abu Bakar untuk menjadi imam dan shalatlah’”

Oleh karena itu Umar bin Khattab Radhiallahu’anhu berkata: “Apakah kalian tidak ridha kepada Abu Bakar dalam masalah dunia, padahal Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam telah ridha kepadanya dalam masalah agama?”

Juga diriwayatkan dari ‘Aisyah Radhiallahu’anha, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berkata kepadaku ketika beliau sakit, panggilah Abu Bakar dan saudaramu agar aku dapat menulis surat. Karena aku khawatir akan ada orang yang berkeinginan lain (dalam masalah khilafah) sehingga ia berkata: ‘Aku lebih berhak’. Padahal Allah dan kaum mu’minin menginginkan Abu Bakar (yang menjadi khalifah). Kemudian datang seorang perempuan kepada Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam mengatakan sesuatu, lalu Nabi memerintahkan sesuatu kepadanya. Apa pendapatmu wahai Rasulullah kalau aku tidak menemuimu? Nabi menjawab: ‘Kalau kau tidak menemuiku, Abu Bakar akan datang’” (HR. Bukhari-Muslim)

]]>
Artis Inilahcom http://mozaik.inilah.com/read/detail/2367761/kenapa-abu-bakar-terpilih-jadi-khalifah-pertama Thu, 23 Mar 2017 15:00:00 +0700 Kenapa Abu Bakar Terpilih jadi Khalifah Pertama? Kenapa Abu Bakar Terpilih jadi Khalifah Pertama? Kenapa Abu Bakar Terpilih jadi Khalifah Pertama? Kenapa Abu Bakar Terpilih jadi Khalifah Pertama?
Plt Gubernur Sebut Taksi Online di Jakarta Aman http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2368012/plt-gubernur-sebut-taksi-online-di-jakarta-aman INILAHCOM, Jakarta - Plt Gubernur DKI Jakarta, 'Soni' Sumarsono menegaskan sengkarut saling sikut antara taksi online dengan taksi konvensional tidak terjadi di Jakarta.

"Pemprov DKI sudah siap dan tidak ada masalah dengan taksi online. Karena sekarang juga sudah berjalan," kata Soni di Balai Kota, Kamis (23/3/2017).

"Kalaupun ada masalah kan didaerah lain saja," sambungnya.

Pemprov DKI, kata Soni, akan melakukan koordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terkait urusan tarif batas bawah dan atas taksi online.

"Saya kira sekarang konsultasi kiri kanan, kalau kapannya kita belum fix," ungkapnya. [ton]

]]>
Artis Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2368012/plt-gubernur-sebut-taksi-online-di-jakarta-aman Thu, 23 Mar 2017 14:57:00 +0700 Plt Gubernur Sebut Taksi Online di Jakarta Aman Plt Gubernur Sebut Taksi Online di Jakarta Aman Plt Gubernur Sebut Taksi Online di Jakarta Aman Plt Gubernur Sebut Taksi Online di Jakarta Aman
Warga Kendeng Kembali Cor Kaki Depan Gedung Istana http://nasional.inilah.com/read/detail/2368011/warga-kendeng-kembali-cor-kaki-depan-gedung-istana INILAHCOM, Jakarta - Pasca tewasnya Patmi, usai melakukan aksi cor kaki, kini para petani asal Pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah tersebut kembali menggelar aksi bersama aktifis Walhi, Mahasiswa, Buruh, serta aktivis YLBHI di depan Gedung Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat.

"Karena ada peristiwa meninggalnya ibu Patmi, kami memutuskan kembali menyuarakan tuntutan," ujar Galesh, salah satu Relawan Solidaritas untuk Masyarakat Kenden, di lokasi.

Sementara itu, pantauan INILAHCOM, massa terlihat mendirikan sebuah papan nisan bertuliskan nama Patmi binti Rustami serta memajang fotonya dan ditaburi bunga berwarna merah dan putih.

Di samping itu, terlihat juga ada 12 orang yang duduk di atas kursi dengan posisi kaki dicor sembari mendengarkan teriakan orartor mendesak pemerintah agar menghentikan pembangunan pabrik semen di Pegunungan Kendeng.[jat]

]]>
Artis Inilahcom http://nasional.inilah.com/read/detail/2368011/warga-kendeng-kembali-cor-kaki-depan-gedung-istana Thu, 23 Mar 2017 14:55:00 +0700 Warga Kendeng Kembali Cor Kaki Depan Gedung Istana Warga Kendeng Kembali Cor Kaki Depan Gedung Istana Warga Kendeng Kembali Cor Kaki Depan Gedung Istana Warga Kendeng Kembali Cor Kaki Depan Gedung Istana
Soni Sebut Aturan Soal Taksi Online Ada di Pemda http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2368009/soni-sebut-aturan-soal-taksi-online-ada-di-pemda INILAHCOM, Jakarta - Plt Gubernur DKI Jakarta 'Soni' Sumarsono menyebut aturan soal taksi online bisa diselesaikan di tingkat daerah tanpa harus menunggu intruksi dari pemerintah pusat.

Hal itu disampaikan Soni menjawab perseteruan antara taksi online dan taksi konvensional yang kembali memanas.

"Semua gubernur yang ditunjuk untuk mulai sosialsiasi mengenai taksi online memang diminta untuk mengatur. Ini memang kewenangan pemerintah pusat. Tapi pempus melalui menteri perhubungan mendelegasikan kewenangan kepada pemprov masing-masing melalui gubernur dan hanya memberikan sebuah pedoman," kata Soni di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Misalnya saja soal tarif yang dikeluhkan taksi konvensional, Soni berpendapat, memang perlu dibuat regulasi penentuan tarif.

"Mislnya tarif hanya ada batas minimum dan maksmum. Gubernur lah yang tahu persis di daerah masing-masing berapa rate yang pas," ungkapnya.

Nantinya, ada peraturan gubernur yang harus dikeluarkan untuk mengatur masalah tarif.

"Tapi akan dikonsultasikan dengan BPTJ dan juga akan berkomunikasi dengan masing-masing gubenrur di wilayahnya untuk mendisukan hal ini," tandasnya. [ton]

]]>
Artis Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2368009/soni-sebut-aturan-soal-taksi-online-ada-di-pemda Thu, 23 Mar 2017 14:50:00 +0700 Soni Sebut Aturan Soal Taksi Online Ada di Pemda Soni Sebut Aturan Soal Taksi Online Ada di Pemda Soni Sebut Aturan Soal Taksi Online Ada di Pemda Soni Sebut Aturan Soal Taksi Online Ada di Pemda
Fadli Usulkan Komisioner KPU-Bawaslu Diperpanjang http://nasional.inilah.com/read/detail/2368007/fadli-usulkan-komisioner-kpu-bawaslu-diperpanjang INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengusulkan agar pemerintah memperpanjang masa tugas komisioner Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu.

Hal ini dilakukan sambil menunggu hasil akhir Rancangan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu yang didalamnya mengatur kedudukan penyelenggara pemilu.

"Menurut saya solusi terbaiknya menunggu UU Pemilu baru terbentuk diperpanjang dahulu, bila diperlukan membuat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang sebagai payung hukum," kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Menurutnya, meski masa jabatan komisioner KPU dan Bawaslu diperpanjang, namun mereka tidak bisa mengambil kebijakan strategis.

Fadli menjelaskan Komisi II DPR telah diberikan tugas oleh Badan Musyawarah DPR setelah Presiden mengirimkan Surat Presiden terkait calon komisioner KPU-Bawaslu dan telah dibacakan dalam Rapat Paripurna DPR.

Namun persoalannya jadwal uji kelayakan komisioner KPU-Bawaslu berhimpitan dengan pembahasan RUU Pemilu sehingga kalau di RUU yang baru jumlah komisionernya berbeda maka hal itu menjadi persoalan.

"Kalau yang berkembang di RUU Pemilu jumlah komisioner lebih banyak dari sekarang, lalu bagaimana? Apakah diulang kembali, dan itu tidak mungkin," ujarnya.

Fadli mengingatkan komisioner KPU-Bawaslu yang akan dipilih untuk melaksanakan kerja di Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019 serentak sehingga perlu jumlah lebih besar.

Sebelumnya, Fraksi PAN meminta Presiden Joko Widodo memperpanjang masa kerja komisioner Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu saat ini karena menolak hasil seleksi calon komisioner kedua institusi tersebut, kata Sekretaris FPAN Yandri Susanto.

"Kemungkinan FPAN akan menunda uji kelayakan dan kepatutan calon komisioner KPU-Bawaslu dengan beberapa pertimbangan. Batas akhir masa tugas komisioner KPU-Bawaslu saat ini adalah 12 April sehingga Presiden harus memperpanjang masa tugas mereka," kata Yandri di Gedung Nusantara I, Jakarta, Senin (20/3).[jat]

]]>
Artis Inilahcom http://nasional.inilah.com/read/detail/2368007/fadli-usulkan-komisioner-kpu-bawaslu-diperpanjang Thu, 23 Mar 2017 14:48:00 +0700 Fadli Usulkan Komisioner KPU-Bawaslu Diperpanjang Fadli Usulkan Komisioner KPU-Bawaslu Diperpanjang Fadli Usulkan Komisioner KPU-Bawaslu Diperpanjang Fadli Usulkan Komisioner KPU-Bawaslu Diperpanjang
BNBR akan Tawarkan Saham Baru http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2367998/bnbr-akan-tawarkan-saham-baru INILAHCOM, Jakarta - PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) akan menerbitkan saham baru sebanyak 16.458.094.820 saham biasa seri D dengan niminal Rp50 per saham.

Perseroan telah menetapkan jadwal pelaksanaan rights issue tersebut dengan penerbitan saham baru pada 29 Maret 2017. Pencatatan saham baru PMTHMETD pada 30 Maret 2017. Pemberitahuan hasil pelaksanaan PMTHMETD pada 3 April 2017. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Kamis (23/3/2017).

Aksi korporasi ini sesuai dengan hasil RUPSLB perseroan pada 2 Juni 2016. Saat itu menyetujui pelaksanaan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD). Untuk itu perseroan akan meberitkan obligasi wajib konversi dan saham biasa seri D.

Sebelum  pelaksanaan  PMTHMETD,  jumlah modal saham  yang ditempatkan dan disetorkan Perseroan adalah sebesar 97.021.717.528 saham  dan setelah  pelaksanaan  PMTHMETD  menjadi  sebesar 113.479.812.348 saham dengan nilai nominal Rp50 per saham.

BNBR merupakan emiten bidang perdagangan umum, pembangunan, pertanian, pertambangan, industri, terutama produksi pipa baja, bahan bangunan dan bahan konstruksi lainnya, sistem telekomunikasi, barang elektronik dan elektrik serta investasi termasuk penyertaan modal pada perusahaan lain.

Pemegang saham BNBR di atas 5 persen antara lain Credit Suisse AG Singapore Branch S/A Bright Ventures Pte Ltd (Mou Facility) (21,61%) dan Mel BK NA S/A For Mackenzie Cundill Recovery FD-2039924282 (9,13%) dan Interventures Capital Pte. Ltd (5,14%).

]]>
Artis Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2367998/bnbr-akan-tawarkan-saham-baru Thu, 23 Mar 2017 14:48:00 +0700 BNBR akan Tawarkan Saham Baru BNBR akan Tawarkan Saham Baru BNBR akan Tawarkan Saham Baru BNBR akan Tawarkan Saham Baru
Mantan Gerilyawan Timor Leste Unggul di Pilpres http://dunia.inilah.com/read/detail/2367996/mantan-gerilyawan-timor-leste-unggul-di-pilpres INILAHCOM, Dili - Mantan pejuang kemerdekaan Timor Leste, Francisco 'Lu Olo' Guterres pada Selasa (21/3/2017), seperti perkiraan sebelumnya, memimpin perolehan suara pemilihan presiden negara termuda di Asia itu.

Setelah satu hari pemungutan suara, dengan hampir 60% suara yang masuk sejauh ini, Guterres mengungguli tujuh kandidat saingannya, dalam penyelenggaraan pemilihan presiden keempat sejak negara kecil itu memisahkan diri dari Indonesia pada 2002.

Sekretariat nasional untuk teknis administrasi dan pemilihan telah menghitung lebih dari 30% keseluruhan suara pada Selasa pagi. Calon membutuhkan lebih dari 50% suara untuk menang dalam pemilu dalam satu putaran.

"Saya percaya tidak akan ada putaran kedua," kata Guterres, yang didukung oleh salah satu partai politik utama Timor Leste, Fretilin, setelah hasil awal dihitung.

Komisi pemilihan umum Timor Leste diperkirakan akan mengumumkan hasilnya pada hari ini. Hasil  tersebut kemudian akan disahkan oleh pengadilan dalam waktu sekitar satu bulan.

Isu yang menjadi perhatian utama dari sekitar 1,2 juta orang penduduk Timor Leste adalah gagalnya pemerintah memanfaatkan kekayaan dari pendapatan minyak dan gas, dan tingginya angka pengangguran yang mencapai sekitar 60%.

Para analis mengatakan bahwa tantangan yang akan dihadapi oleh pemerintah yang baru adalah menghentikan ketergantungan bangsa yang didominasi umat Katolik Roma itu terhadap minyak, dan mencari alternatif pendapatan lainnya melalui sektor pertanian dan industri.

Sektor energi menyumbang sekitar 60% dari PDB di 2014 dan lebih dari 90% dari pendapatan pemerintah.

"Saya akan mendorong pemerintah untuk bekerja keras memanfaatkan semua sektor sumber daya ekonomi lainnya," kata Guterres.

Bekas jajahan Portugis ini pernah menjadi provinsi ke-27 Indonesia sejak 1975 hingga merdeka pada 2002 dan banyak dari tokoh-tokoh kunci kemerdekaan yang kini masih menonjol menjalankan negara.

Pemilu yang digelar pada Senin lalu (20/3/2017) adalah penyelenggaraan yang pertama sejak pasukan perdamaian PBB meninggalkan negara setengah pulau itu pada 2012.

]]>
Artis Inilahcom http://dunia.inilah.com/read/detail/2367996/mantan-gerilyawan-timor-leste-unggul-di-pilpres Thu, 23 Mar 2017 14:44:00 +0700 Mantan Gerilyawan Timor Leste Unggul di Pilpres Mantan Gerilyawan Timor Leste Unggul di Pilpres Mantan Gerilyawan Timor Leste Unggul di Pilpres Mantan Gerilyawan Timor Leste Unggul di Pilpres
Kapolri: Tangkap jika Mereka Bentrok http://nasional.inilah.com/read/detail/2368006/kapolri-tangkap-jika-mereka-bentrok INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta jajarannya melakukan tindakan tegas jika supir angkot dan pengemudi ojek online kembali bentrok.

“Saya perintahkan, kalau ada aksi anarkistis, maka upaya terakhir lakukan penegakkan hukum. Yang melakukan tangkap dan proses, apapun juga. Yang merusak, tangkap, proses. Sehingga ada tindakan tegas seperti itu,” kata Tito di Mabes Polri, Kamis (23/3/2017).

Tito pun meminta jajarannya membantu sosialisasi revisi Permenhub Nomor 32 Tahun 2016 tentang Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

"(Angkutan) online dengan adanya revisi itu berarti sudah diakui keberadaanya, tapi juga harus mengikuti aturan-aturan," ujarnya.

Sebelumnya, Tito menyayangkan insiden bentrok supir angkot dengan ojek online yang terjadi di Kota Bogor. Dia pun juga mengaku kecewan dengan jajarannya di Bogor.

Seperti diketahui bentrok yang terjadi di Bogor Jawa Barat buntut protes sopir angkot terhadap keberadaan ojek online. Mereka merasa pendapatan menarik angkot berkurang sejak adanya ojek online.

Setelah dimediasi oleh aparat TNI, Kepolisian dan Pemkot Bogor, supir angkot dan pengemudi ojek online pun akhirnya sepakat berdamai dengan beberapa kesepakatan bersama.[jat]

]]>
Artis Inilahcom http://nasional.inilah.com/read/detail/2368006/kapolri-tangkap-jika-mereka-bentrok Thu, 23 Mar 2017 14:39:00 +0700 Kapolri: Tangkap jika Mereka Bentrok Kapolri: Tangkap jika Mereka Bentrok Kapolri: Tangkap jika Mereka Bentrok Kapolri: Tangkap jika Mereka Bentrok
Ini Kata Darmin Soal Utang Capai Rp1.300 T http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2368004/ini-kata-darmin-soal-utang-capai-rp1300-t INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution tak menganggap masalah terkait utang Indonesia sudah mencapai Rp3.589,12 triliun per akhir Februari 2017.

Padahal kalau dilihat dalam sebulan utang RI naik Rp40 triliun, dibandingkan jumlah di Januari 2017 yang sebesar Rp3.549,17 triliun.

"Utang kita itu satu di antara sedikit negara yang rasio utangnya terhadap GDP (Gross Domestic Product) itu rendah," ungkap Darmin saat ditemui di Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Menko Darmin menjelaskan jika dilihat dari GDP rasio utang RI hanya sekitar 27 persen saja. Bagi Darmin, rasio ini termasuk yang paling kecil. Ini bila dibandingkan dengan negara lain Seperti Amerika Serikat yang mencapai rasio utang 108 persen, Jepang yang memiliki rasio utang mencapai 250 persen dan Jerman pun memiliki rasio utang terhadap GDP mencapai 70 persen.

"Kita sudah memperbaiki diri sejak krisis 1998 lalu. Jadi soal utang, negara kita termasuk yang utangnya tidak banyak dibanding perekonomiannya," jelasnya. [hid]

]]>
Artis Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2368004/ini-kata-darmin-soal-utang-capai-rp1300-t Thu, 23 Mar 2017 14:33:00 +0700 Ini Kata Darmin Soal Utang Capai Rp1.300 T Ini Kata Darmin Soal Utang Capai Rp1.300 T Ini Kata Darmin Soal Utang Capai Rp1.300 T Ini Kata Darmin Soal Utang Capai Rp1.300 T
Dokumen Sengketa Pilkada Hilang, Polisi Buka CCTV http://nasional.inilah.com/read/detail/2368002/dokumen-sengketa-pilkada-hilang-polisi-buka-cctv INILAHCOM, Jakarta - Polda Metro Jaya saat ini menganalisa rekaman CCTV Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengusut hilangnya dokumen sengketa Pilkada Dogiyai.

"Kita sedang menganalisa CCTV. Yang ada di CCTV itu nanti akan terlihat siapa-siapa yang di situ, keluar masuk di situ, sedang dianalisa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (23/3/2017).

Argo menambahkan, pihaknya berencana akan melakukan pemanggilan kepada empat orang staf MK yang telah dipecat.

"Misalnya empat orang itu berkaitan dengan kasus pencurian, kita panggil itu nanti sebagai saksi maupun sebagai tersangka, akan kita lakukan pemanggilan," ujarnya. [ton]

]]>
Artis Inilahcom http://nasional.inilah.com/read/detail/2368002/dokumen-sengketa-pilkada-hilang-polisi-buka-cctv Thu, 23 Mar 2017 14:33:00 +0700 Dokumen Sengketa Pilkada Hilang, Polisi Buka CCTV Dokumen Sengketa Pilkada Hilang, Polisi Buka CCTV Dokumen Sengketa Pilkada Hilang, Polisi Buka CCTV Dokumen Sengketa Pilkada Hilang, Polisi Buka CCTV