Inilah.com - Duniahariini http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Tue, 26 Sep 2017 01:55:29 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/duniahariini http://www.inilah.com/ Inilah.com - Duniahariini http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Turis Prancis Selamatkan Bus Jatuh ke Jurang http://ini.la/2406768
 INILAHCOM​,  Wina - Berkat kecekatan seorang turis Prancis mencegah sebuah bus yang membawa 22 orang terjun ke jurang di Pegunungan Alpen Australia, kata polisi, Minggu (24/9/2017).

Pria berusia 65 tahun itu adalah salah satu dari 21 turis Prancis yang ada di bus tersebut saat sopir jatuh sakit dan pingsan di jalan yang terdapat di dataran tinggi di dekat Kota Schwaz di Australia barat.

Bagian dari kendaraan itu menggantung di pembatas jalan, hampir jatuh ke jurang sedalam 100 meter, saat pria tersebut melompat dari kursinya yang berada di depan dan menginjak rem di saat terakhir.

"Kami berada di ujung tanduk," kata seorang juru bicara kepolisian, menambahkan 'sungguh beruntung' bahwa refleks penumpang itu berhasil menghentikan bus.

Sebanyak sembilan orang dirawat di rumah sakit dalam kecelakaan tersebut, yang berlangsung pada Sabtu, AFP. 

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2406768 Mon, 25 Sep 2017 17:47:00 +0700 Turis Prancis Selamatkan Bus Jatuh ke Jurang Turis Prancis Selamatkan Bus Jatuh ke Jurang Turis Prancis Selamatkan Bus Jatuh ke Jurang Turis Prancis Selamatkan Bus Jatuh ke Jurang
600 Ribu Lebih Warga London Teken Petisi Bela Uber http://ini.la/2406767
 INILAHCOM​, London - Lebih dari 600.000 orang pada Minggu (24/9/2017) telah menandatangani sebuah petisi yang meminta otoritas transportasi London mencabut keputusan mereka untuk tidak memperbarui izin Uber ketika masa berlakunya habis. 

Keputusan pada Jumat untuk melarang layanan pemesanan tumpangan itu 'berdampak pada kehidupan banyak pengemudi yang jujur dan pekerja keras' dan 'menunjukkan kepada dunia bahwa London sangat tidak terbuka dan tertutup bagi perusahaan inovatif', kata isi petisi tersebut.

Transport for London (TfL) mengatakan cara kerja Uber, yang memiliki sekitar 40.000 pengemudi dan 3,5 juta pelanggan di ibu kota Inggris, menuai kekhawatiran soal keselamatan.

"TfL menyimpulkan bahwa Uber London Limited tidak pantas dan layak untuk memegang lisensi operator swasta," katanya dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilaporkan AFP.

Dalam pernyataan itu disebutkan 'pendekatan dan cara kerja Uber menunjukkan kurangnya tanggung jawab perusahaan sehubungan dengan sejumlah isu yang berpotensi mengancam keselamatan dan keamanan publik', menekankan sejumlah kekhawatiran soal pemeriksaan latar belakang para pengemudinya.

Petisi di change.org tersebut, menyebutkan bahwa Uber memberikan 'tumpangan aman, bisa diandalkan dan terjangkau', dan bahwa penggunanya merasa 'terkejut' dengan larangan itu. 

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2406767 Mon, 25 Sep 2017 17:25:00 +0700 600 Ribu Lebih Warga London Teken Petisi Bela Uber 600 Ribu Lebih Warga London Teken Petisi Bela Uber 600 Ribu Lebih Warga London Teken Petisi Bela Uber 600 Ribu Lebih Warga London Teken Petisi Bela Uber
17 Militan Tewas dalam 6 Serangan Udara AS http://ini.la/2406770
 INILAHCOM​,  Washington - Enam serangan udara AS terhadap sebuah markas kelompok ISIS di Libya menewaskan 17 pemberontak dan menghancurkan tiga kendaraan, kata militer AS pada Minggu (24/9/2017).

Sejumlah serangan tersebut merupakan yang pertama kalinya dilancarkan AS di Libya sejak Presiden Donald Trump mulai menjabat pada Januari.

Komando AS di Afrika mengatakan dalam pernyataan bahwa serangan Jumat itu menyasar sebuah markas yang berjarak sekitar 240 kilometer sebelah tenggara Sirte, sebuah kota yang dulunya adalah kubu besar kelompok ISIS di Libya.

Markas tersebut digunakan untuk memindahkan arus petempur masuk dan keluar dari Libya, merencanakan serangan dan menyimpan senjata, kata pernyataan itu.

"ISIS dan al-Qaeda telah mengambil keuntungan dari kantong kantong wilayah yang tidak dikelola di Libya untuk mendirikan tempat-tempat persembunyian yang berfungsi untuk merencanakan dan mengarahkan serangan teror," kata pernyataan tersebut, menggunakan akronim untuk kelompok ISIS.

Pejabat AS, yang memberikan keterangan dengan syarat tidak dISISebut namanya, mengatakan bahwa serangan dilakukan oleh pesawat nirawak.

Serangan terakhir AS di Libya terjadi pada 19 Januari, sehari sebelum pelantikan Trump, menewaskan lebih dari 80 petempur ISIS, beberapa diyakini tengah merencanakan serangan di Eropa, dalam serangan udara AS terhadap kedudukan pemberontak di luar Sirte.

Kelompok ISIS mengambil alih Sirte pada awal 2015, mengubahnya menjadi kubu terpenting mereka di luar Timur Tengah dan menarik sejumlah besar petempur asing ke kota itu. Kelompok tersebut memberlakukan aturan garISIS kerasnya pada penduduk dan memperpanjang daerah kekuasaannya hingga sekitar 250 kilometer garISIS pantai laut tengah Libya, demikian Reuters melaporkan.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2406770 Mon, 25 Sep 2017 17:09:00 +0700 17 Militan Tewas dalam 6 Serangan Udara AS 17 Militan Tewas dalam 6 Serangan Udara AS 17 Militan Tewas dalam 6 Serangan Udara AS 17 Militan Tewas dalam 6 Serangan Udara AS
AS Rilis Larangan Perjalanan ke Korut & Venezuela http://ini.la/2406766
 INILAHCOM​,  Washington - Korea Utara, Venezuela, dan Chad pada Minggu (24/9/2017) ditambahkan ke dalam daftar negara yang menjadi target larangan perjalanan AS karena keamanan yang buruk dan kurangnya kerja sama dengan otoritas AS.

Sudan, satu dari enam negara mayoritas Muslim yang masuk daftar awal larangan perjalanan, dihapuskan dari daftar tersebut, menyisakan delapan negara dengan blokir penuh atau sebagian untuk pergi ke AS.

Larangan perjalanan sepenuhnya diberlakukan untuk warga dari Korea Utara dan Chad, sementara larangan untuk Venezuela terbatas kepada pejabat dari sejumlah daftar badan pemerintah beserta keluarga mereka.

Sejumlah negara lain yang masuk dalam daftar itu di antaranya Iran, Libya, Suriah, Somalia and Yaman menurut warta kantor berita AFP. 

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2406766 Mon, 25 Sep 2017 16:57:00 +0700 AS Rilis Larangan Perjalanan ke Korut & Venezuela AS Rilis Larangan Perjalanan ke Korut & Venezuela AS Rilis Larangan Perjalanan ke Korut & Venezuela AS Rilis Larangan Perjalanan ke Korut & Venezuela
China Akan Batasi Ekspor Minyak ke Korea Utara http://ini.la/2406612 INILAHCOM, Beijing - China akan membatasi ekspor produk minyak sulingan ke Korea Utara mulai 1 Oktober 2017, kata kementerian perdagangan negara itu, mengonfirmasi partisipasi Beijing dalam sanksi baru PBB untuk mengendalikan negara tetangganya.

Dewan Keamanan PBB, termasuk China sebagai anggota tetap, menyetujui sanksi keras terhadap Pyongyang pekan lalu sebagai respons terhadap uji coba nuklir keenam dan paling kuat Korea Utara.

Washington awalnya berusaha menerapkan larangan minyak penuh, tetapi melunakkan sikapnya untuk mengamankan dukungan dari Rusia dan China --satu-satunya sekutu serta mitra dagang utama Korea Utara, yang bertanggung jawab atas sekitar 90 persen perdagangannya.

Dalam pernyataan di situs resminya pada Jumat (22/9/2017) malam, Kementerian Perdagangan China menegakan kembali persyaratan resolusi terbaru, menulis bahwa negara-negara anggota PBB tidak akan mengekspor lebih dari 500 ribu barel produk minyak sulingan ke Korea Utara dalam tiga bulan terakhir 2017, dan 2 juta barel setiap tahun mulai 2018.

"Otoritas pemerintah China akan mengeluarkan pemberitahuan berdasarkan situasi ekspor saat mendekati batas atas, dan berdasarkan data itu menerapkan larangan ekspor produk minyak sulingan ke Korea Utara untuk tahun tersebut," katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Kementerian menambahkan bahwa China telah mengeluarkan 'larangan menyeluruh untuk impor tekstil' dari Korea Utara, menegaskan kembali klausul lain dalam sanksi baru yang melarang perdagangan kain maupun pakaian.

China memasok bahan baku ke Korea Utara, tempat mereka membuatnya menjadi pakaian di pabrik-pabrik dengan tenaga kerja murah, dan hasilnya sering kali diekspor kembali ke China.

Para ahli mengatakan larangan impor tekstil dapat memotong sumber utama mata uang asing bagi Pyongyang, karena tekstil merupakan salah satu ekspor utama negara tersebut, yang diperkirakan para analis IHS Markit mencapai US$750 juta (sekitar Rp10 triliun) nilainya

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2406612 Mon, 25 Sep 2017 01:02:00 +0700 China Akan Batasi Ekspor Minyak ke Korea Utara China Akan Batasi Ekspor Minyak ke Korea Utara China Akan Batasi Ekspor Minyak ke Korea Utara China Akan Batasi Ekspor Minyak ke Korea Utara
Saudi Berhasil Halau Rudal dari Pemberontak Yaman http://ini.la/2406613 INILAHCOM, Riyadh - Koalisi militer Arab Saudi menyebut berhasil menyegat sebuah rudal yang ditembakan pemberontak Yaman yang mengarah ke Arab Saudi pada Sabtu (23/9/2017) malam. Hal itu terjadi di tengah perayaan nasional yang menandai berdirinya negara kerajaan tersebut.

Rudal balistik itu menarget Khamis Mushait, yang menjadi pangkalan utama koalisi pimpinan Arab Saudi untuk operasi mereka di Yaman, menurut kantor berita negara Saudi Press Agency (SPA).

Rudal tersebut dapat dicegah tanpa korban jiwa atau kerusakan, sambung kantor berita itu.

"Angkatan Udara Kerajaan Arab Saudi mengetahui peluncuran rudal balistik dari dalam wilayah Yaman. Pasukan koalisi kemudian menargetkan lokasi peluncuran itu," kata SPA.

Serangan itu terjadi saat Arab Saudi merayakan hari nasionalnya di penjuru negara kerajaan tersebut dengan menampilkan konser, tarian rakyat dan kembang api.

Serangan rudal balistik terjadi beberapa kali, serta tembakan roket jarak pendek yang lebih sering di perbatasan selatan, telah terjadi sejak beberapa waktu lalu setelah serangan koalisi menyerang pemberontak di Yaman.

Pekan lalu, kepala pemberontak mengancam akan menembakkan rudal ke Uni Emirat Arab dan menyerang kapal tanker Arab Saudi di Laut Merah, demikian lansir AFP.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2406613 Mon, 25 Sep 2017 00:07:00 +0700 Saudi Berhasil Halau Rudal dari Pemberontak Yaman Saudi Berhasil Halau Rudal dari Pemberontak Yaman Saudi Berhasil Halau Rudal dari Pemberontak Yaman Saudi Berhasil Halau Rudal dari Pemberontak Yaman
Kepolisan Kolombia Sita 7 Ton Kokain http://ini.la/2406604 INILAHCOM, Bogota - Pihak kepolisian Kolombia menyita tujuh ton kokain di perkebunan pisang di provinsi Antioquia, kata kementerian pertahanan dan polisi pada Jumat (22/9/2017).

Barang tersebut, yang dalam pengiriman dengan nilai sekitar US$200 juta, adalah milik kelompok kejahatan Keluarga Golfo. Lima orang ditangkap dalam operasi tersebut.

"Pengirimannya direncanakan menuju Amerika Tengah, dengan Amerika Serikat sebagai tujuan akhir. Barang tersebut disamarkan dalam pengiriman resmi pisang dan buah," kata kementerian pertahanan dalam pernyataan, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Keluarga Golfo pada bulan ini mengatakan bersedia menyerahkan diri kepada pemerintah. Kelompok tersebut, yang juga dikenal sebagai Keluarga Usuga, dituduh mengelola jalur menguntungkan perdagangan narkotika dalam kemitraannya dengan kartel Meksiko dan mengambil bagian dalam penambangan emas tidak resmi.

Presiden Juan Manuel Santos mengatakan bahwa pemerintahnya tidak akan berunding dengan kelompok kejahatan.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2406604 Sun, 24 Sep 2017 22:55:00 +0700 Kepolisan Kolombia Sita 7 Ton Kokain Kepolisan Kolombia Sita 7 Ton Kokain Kepolisan Kolombia Sita 7 Ton Kokain Kepolisan Kolombia Sita 7 Ton Kokain
Houthi Tembakan Rudal ke Pangkalan Militer Saudi http://ini.la/2406599 INILAHCOM, Sana'a - Milisi Syiah Yaman, Al-Houthi, Sabtu (23/9/2017), menyatakan bahwa mereka telah menembakkan satu rudal balistik ke arah pangkalan militer di satu kota perbatasan Arab Saudi.

Peluru kendali itu ditujukan ke Pangkalan Udara Raja Khaled, di Khamis Mushait, di Provinsi Asir, bagian barat-daya Arab Saudi, kata Al-Houthi di dalam satu pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita yang dikuasai milisi Syiah itu, Saba.

Namun, stasiun televisi Arab Saudi, Al Arabiya, melaporkan Pasukan Pertahanan Udara Arab Saudi mencegat rudal tersebut di atas wilayah Khamis Mushait dan membom tempat peluncurannya di dalam wilayah Yaman.

Anggota Al-Houthi telah mengincar kota besar di perbatasan Arab Saudi sejak awal perang di Yaman.

Pada 27 Juli lalu, Arab Saudi menyatakan Kerajaan itu mencegat satu rudal yang ditembakkan oleh milisi Al-Houthi ke arah Kota Suci Mekkah.

Pada Maret 2015, koalisi militer pimpinan Arab Saudi ikut-campur dalam konflik di Yaman untuk mendukung Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang diakui masyarakat internasional, melawan milisi Syiah Al-Houthi --yang menyerbu Ibu Kota Yaman, Sanaa, dan merebut sebagian besar wilayah di provinsi Yaman Utara.

Lebih dari 10.000 orang Yaman, kebanyakan warga sipil, telah tewas dalam perang yang juga membuat lebih dari tiga juta lagi warga Yaman meninggalkan tempat tinggal mereka, kata beberapa lembaga PBB.

Yaman juga telah dilanda wabah kolera, yang mematikan, dan berada di ambang kelaparan besar.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2406599 Sun, 24 Sep 2017 22:35:00 +0700 Houthi Tembakan Rudal ke Pangkalan Militer Saudi Houthi Tembakan Rudal ke Pangkalan Militer Saudi Houthi Tembakan Rudal ke Pangkalan Militer Saudi Houthi Tembakan Rudal ke Pangkalan Militer Saudi
Iran Berhasil Uji Coba Rudal Terbaru http://ini.la/2406596 INILAHCOM, Teheran - Iran pada Sabtu (23/9/2017) menyatakan telah berhasil menguji coba rudal jarak menengah baru, menentang peringatan dari Washington untuk menghentikan kesepakatan penting mengenai masalah ini.

Stasiun televisi pemerintah Iran menyiarkan rekaman peluncuran rudal Khoramshahr, yang pertama kali ditampilkan dalam sebuah parade militer di Teheran pada Jumat (22/9/2017).

Televisi pemerintah dalam siarannya tidak menyebut tanggal pasti dari uji coba itu meski para pejabat mengatakan pada Jumat bahwa rudal itu akan 'segera' diuji coba.

Peluncuran rudal Iran sebelumnya telah memicu sanksi dan tuduhan AS bahwa mereka melanggar semangat kesepakatan nuklir 2015 antara Teheran dan negara-negara kuat lainnya.

Presiden Donald Trump mengancam membatalkan kesepakatan nuklir tersebut, mengatakan bahwa program rudal Iran dapat memberikan pengetahuan teknis untuk sistem pengiriman hulu ledak nuklir ketika apa yang disebut sebagai sunset clause dalam kesepakatan itu berakhir pada 2025.

Dia akan melapor ke Kongres pada 15 Oktober mengenai apakah dia yakin Iran mematuhi kesepakatan nuklir atau tidak.

Bila dia memutuskan bahwa dia tidak yakin, maka itu bisa membuka jalan bagi sanksi baru AS dan mungkin berakhirnya kesepakatan tersebut.

Trump pada Rabu (20/9/2017) mengatakan bahwa dia sudah membuat keputusan, tetapi belum siap untuk mengungkapkannya menurut siaran kantor berita AFP.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2406596 Sun, 24 Sep 2017 22:11:00 +0700 Iran Berhasil Uji Coba Rudal Terbaru Iran Berhasil Uji Coba Rudal Terbaru Iran Berhasil Uji Coba Rudal Terbaru Iran Berhasil Uji Coba Rudal Terbaru
Kim Jong-un Sebut Donald Trump Gila http://ini.la/2406317 INILAHCOM,  Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyebut Presiden AS Donald Trump 'secara mental gila' dan 'akan membayar mahal' atas ancamannya menghancurkan Korea Utara.

Trump mengancam Korea Utara setelah menteri luar negeri Korea Utara mengungkapkan bahwa negaranya akan meledakkan bom hidrogen di Samudera Pasifik.

Dalam pernyataan tidak biasa berupa serangan pribadi yang dilontarkannya setelah AS mengumumkan sanksi lebih keras kepada Korea Utara, Kim Jong-un menyerang Trump secara pribadi setelah pada pidato pertamanya dalam Majelis Umum PBB Trump menjuluki Kim 'Manusia Roket' sambil mengancam akan 'menghancurkan secara total Korea Utara'.

"Trump menghina saya dan negara saya di depan mata dunia dan menyampaikan deklarasi perang paling ganas dalam sejarah," kata Kim seperti dikutip kantor berita KCNA.

"Saya akan membuat orang yang memegang kekuasaan prerogatif sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata di AS itu membayar mahal atas yang diancamkannya," kata Kim seraya menyebut ancaman Trump itu 'omong kosong yang kasar yang selama ini tak pernah tercetuskan (dari mulut para pemimpin AS)'.

Pernyataan itu disertai dengan sebuah foto sang pemimpin Korea Utara yang berdiri di belakang meja sembari memegang dokumen.

"Sudah pasti saya akan menghukum orang tua gila mental dari AS itu dengan membakarnya," kata Kim.

Pada Majelis Umum PBB di New York, Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-ho berkata kepada wartawan bahwa Pyongyang tengah mempertimbangkan untuk meledakkan bom hidrogen di luar wilayahnya.

"Saya kira bisa saja ada uji coba Bom-H pada level yang belum terjadi sebelumnya, kemungkinan dilakukan di Pasifik," kata Ri Yong-ho.  Tapi, sambung dia, "Itu semua tergantung kepada pemimpin kami, jadi saya tak begitu tahu."

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2406317 Sat, 23 Sep 2017 07:00:00 +0700 Kim Jong-un Sebut Donald Trump Gila Kim Jong-un Sebut Donald Trump Gila Kim Jong-un Sebut Donald Trump Gila Kim Jong-un Sebut Donald Trump Gila