Inilah.com - Duniahariini http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Mon, 20 Nov 2017 20:47:56 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/duniahariini http://www.inilah.com/ Inilah.com - Duniahariini http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 UE Segera Bahas Krisis Rohingya dengan Suu Kyi http://ini.la/2419257 INILAHCOM, Cox's Bazar - Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini menyatakan akan membahas upaya mengakhiri krisis Rohingya dengan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dalam pertemuan di Yangon hari ini.

Mogherini dan para menteri luar negeri sejumlah negara Asia dan Eropa mengunjungi kamp-kamp pengungsi di sepanjang perbatasan Bangladesh-Myanmar dan mendengarkan kesaksian mengerikan dari para pengungsi Rohingya di sana pada akhir pekan lalu, sebelum mereka bertemu dengan Suu Kyi, hari ini.

Pemimpin sipil Myanmar itu menuai kecaman masyarakat dunia atas operasi militer negaranya yang memaksa sekitar 620 ribu warga Muslim Rohingya mengungsi dari Negara Bagian Rakhine di negara berpenduduk mayoritas Buddha itu, ke Bangladesh.

Militer Myanmar berdalih hanya menyerang pemberontak Rohingya menyusul serangan ke pos polisi akhir Agustus silam. Namun, para pengungsi yang berdesak-desakkan di kamp-kamp pengungsi di Bangladesh memberikan kesaksian memilukan mengenai maraknya pembunuhan, pemerkosaan, dan pembakaran oleh aparat keamanan Myanmar.

Mogherini mengatakan kunjungan selama dua hari ke Yangon dan pertemuan dengan Suu Kyi adalah peluang untuk berdialog.

"Hal itu akan menjadi kesempatan untuk bertukar pandangan dengan Aung San Suu Kyi dan pemerintah Myanmar mengenai upaya penanganan krisis ini," ujar Mogherini kepada awak media di Cox’s Bazar, Bangladesh.  

"Ketimbang memberikan tekanan, kami selalu memilih pendekatan berupa negosiasi," imbuhnya.

Mogherini menyebut para pengungsi Rohingya di Bangladesh 'membawa kisah memilukan'.  

"Sebagai seorang ibu, melihat begitu banyak anak kecil merawat anak-anak yang lebih kecil amat memilukan di hati saya," lanjutnya.

Mogherini mengunjungi kamp-kamp pengungsi Rohingya bersama menteri luar negeri Bangladesh, Jepang, Swedia, dan Jerman sebelum bertolak ke Myanmar untuk menghadiri KTT menteri Asia-Eropa (ASEM) pada Senin dan Selasa, demikian laporan AFP.
 

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2419257 Mon, 20 Nov 2017 13:10:00 +0700 UE Segera Bahas Krisis Rohingya dengan Suu Kyi UE Segera Bahas Krisis Rohingya dengan Suu Kyi UE Segera Bahas Krisis Rohingya dengan Suu Kyi UE Segera Bahas Krisis Rohingya dengan Suu Kyi
Ratu Inggris Rayakan Ultah Pernikahan ke-70 http://ini.la/2419256 INILAHCOM, London - Ratu Inggris, Elizabeth II, dan suaminya, Pangeran Philip, merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-70 pada Senin (20/11/2017), menjadi pasangan penguasa pertama di Inggris yang merayakan pernikahan platinum.

Pernikahan Baginda Ratu --dengan periode kekuasaan terlama-- melampaui semua anggota kerajaan Inggris sebelumnya.

Pasangan kerajaan itu tidak akan menggelar acara publik, namun mengundang keluarga dan kerabat ke Windsor Castle untuk jamuan makan malam pribadi pada Senin malam waktu setempat, demikian menurut sejumlah laporan media Inggris yang dikutip AFP.

Sebelumnya lonceng di Westminster Abbey, tempat Ratu Elizabeth II menikah dengan pangeran bergelar Duke of Edinburgh pada 20 November 1947, akan dibunyikan untuk mengumandangkan perayaan tersebut.

Petugas lonceng di Abbey yang beranggotakan 10 orang akan menyampaikan penghormatan itu selama 3 jam 20 menit tanpa terputus mulai pukul 1300 GMT.  

Selain itu, untuk menghormati persitiwa tersebut, Istana Buckingham pada Sabtu lalu (18/11/2017) merilis sejumlah potret Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip yang diambil sebelumnya pada bulan ini di White Drawing Room di Windsor Castle.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2419256 Mon, 20 Nov 2017 12:54:00 +0700 Ratu Inggris Rayakan Ultah Pernikahan ke-70 Ratu Inggris Rayakan Ultah Pernikahan ke-70 Ratu Inggris Rayakan Ultah Pernikahan ke-70 Ratu Inggris Rayakan Ultah Pernikahan ke-70
Pilot Jet AS Melukis Kelamin Pria di Angkasa http://ini.la/2419029 INILAHCOM, Washington - Seorang pilot pesawat Angkatan Laut AS melakukan atraksi udara dan melukis angkasa dengan gambar kelamin pria di langit biru.

CNN melaporkan Kamis (17/11/2017), gambar yang dilukis dari asap pesawat F/A-18 Growler atau pesawat penyerang elektronik itu, cukup mengejutkan warga Okanogan County, Washington. Beberapa di antaranya mengunggah potretnya di linimasa. Seorang ibu mengaku kesal dan marah. “Saya tidak tahu bagaimana menjelaskannya pada anak-anak, gambar apa itu,” tuturnya kepada stasiun radio KREM 2. Sedangkan Anahi Torres, memasang gambar itu disertai kata-kata: “Gambar monumental terjadi di Omak. Kelamin pria di angkasa!”

Pihak Angkatan Laut AS menyadari hal itu, setelah mendapat pengaduan dari warga Okanogan County. Menurut mereka, pelakunya adalah seorang awak pesawat udara di Skuadron Penyerangan Elektronik 130,  basis militer Pulau Whidbey, negara bagian Washington. “Dia terbang dan menggambar pola yang bentuknya tidak senonoh di atas angkasa Okanogan County,” tutur Letnan Leslie Hubbeli, Juru Bicara AL.

Sementara itu, Laksamana Laut Shoemaker, Kepala Satuan Udara Angkatan Laut AS mengeluarkan teguran keras kepada anak buahnya yang dianggap bandel. “Tindakan yang dilakukan pelaku berlawanan dengan disiplin dan profesionalisme yang dijunjung tinggi jajaran angkatan laut AS,” tutur Laksamana Shoemaker.

Sementara itu, pihak angkatan laut AS juga mengeluarkan pernyataan resmi. “Angkatan Laut dan awak prajuritnya memiliki standar tinggi. Tindakan seperti itu tidak dapat diterima,” bunyi pernyataan resminya.

Tidak dijelaskan, siapa pilot penggambar angkasa itu. Tapi, setidaknya, ia adalah pilot andalan yang mampu berakrobat dan berhasil menciptakan gambar itu dengan jelas. “Butuh persiapan dan latihan cukup lama, agar bisa menggambar angkasa,” kata sebuah sumber.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2419029 Sat, 18 Nov 2017 22:29:00 +0700 Pilot Jet AS Melukis Kelamin Pria di Angkasa Pilot Jet AS Melukis Kelamin Pria di Angkasa Pilot Jet AS Melukis Kelamin Pria di Angkasa Pilot Jet AS Melukis Kelamin Pria di Angkasa
Kisah Pemilik Truk Dengan Stiker Anti-Trump http://ini.la/2419028 INILAHCOM, Texas - Karen Fonseca, seorang ibu dari Fort Bend County, Texas ditangkap polisi karena memasang stiker anti-Trump dan pengikutnya di bagian belakang mobil truknya.

Fox News mengabarkan Jumat (17/11/2017), stiker yang dipasang di kaca belakang mobilnya berbunyi: “F*** TRUMP AND F*** YOU FOR VOTING HIM”. Tak cuma itu, sebuah gambar jari tengah diselipkan di antara kata-kata itu sehingga menambah kesal para pendukung Trump di Texas, negara bagian yang dihuni pendukung Partai Republik.

Dalam beberapa hari, pihak kepolisian Fort Bend County menerima banyak keluhan yang keberatan melihat tempelan stiker itu. “Malah banyak yang melihat truk putih itu melewati jalur bebas hambatan FM 359, jalur utama antar negara bagian,” tulis Sheriff Troy E Nehls, kepala polisi Fort Bend County.

Dari beberapa tips yang didapatnya, diketahui bahwa pemilik truk berstiker itu adalah seorang ibu bernama Karen Fonseca. Pemilik truk putih itu langsung diperintahkan mencopot tempelan stiker yang dinilai mengganggu banyak pihak.

Namun Karen bersikeras tak bersedia mencopotnya. “Kami sudah memasang sejak 11 bulan lalu. Itu stiker lama dan tidak menimbulkan masalah,” kata Karen didampingi suaminya Cook Fonseca. “Kami ingin agar aspirasi kami tersalurkan. Tulisan itu mencerminkan pikiran kami,” sambung Karen yang juga dikecam para ibu di sekolah anaknya. “Saya tidak akan mencopotnya, karena saya tidak melanggar hukum,” kata Karen menegaskan.

Hal itu mendorong Sheriff Troy E. Nehls menggelar diskusi yang mengundang komentar dari dua kubu di Facebook. Hasilnya? Banyak yang menyarankan 'Tempelan di belakang Truk Putih' itu tetap dipasang karena sesuai dengan Amandemen Ke-1 Konstitusi AS yang memberikan kebebasan berpendapat bagi setiap warganya. “Amandemen itu jelas isinya. Dan anda keliru!” bunyi tulisan Jason Weinman, memberi komentar.

Bahkan, organisasi pembela hak-hak warga AS, The American Civil Liberties Union of Texas meminta Karen Fonseca mengontak mereka dan menawarkan memberi pengajaran hukum bagi polisi. “Konstitusi 101 berbunyi: Kalian tidak boleh melarang seseorang berbicara hanya karena menggunakan kata: F**CK” tulis organisasi itu. Hingga kini Karen Fonseca masih berkeliling dengan truk putihnya dengan tulisan dan jari tengah.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2419028 Sat, 18 Nov 2017 22:03:00 +0700 Kisah Pemilik Truk Dengan Stiker Anti-Trump Kisah Pemilik Truk Dengan Stiker Anti-Trump Kisah Pemilik Truk Dengan Stiker Anti-Trump Kisah Pemilik Truk Dengan Stiker Anti-Trump
Pentagon Keliru Kirim Twitter Minta Trump Lengser http://ini.la/2419021 INILAHCOM, Pentagon - Departemen Pertahanan AS secara tak sengaja mengedarkan Twitter yang isinya menuntut agar Presiden Donald Trump mengundurkan diri.

Global News mengabarkan, sebuah cuitan beredar Kamis sore (16/11/2017). Isinya mempertanyakan tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan kandidat Senator Roy Moore dan Senator Al Franklen, keduanya dari Partai Republik. “Jalan keluarnya mudah: Roy Moore mundur dari pencalonan; Al Franken mundur; Donald Trump mundur; GOP: Hentikan kasus seksual jadi isu menjatuhkan lawan. Itu tindak kriminal, wahai kalian yang hipokrit!”

Belakangan twitter yang dikeluarkan @Proud Resister diulang dan diedarkan oleh @deptofdefense, akun Twitter resmi milik Departemen Pertahanan AS, Pentagon. Melihat ini, Dana White, jurubicara Pentagon menjelaskan: “Twitter yang diedarkan operator kami tersebut keliru, dan tidak didukung oleh Departemen Pertahanan”. Dana White menambahkan, “Operator kami mendapati kekeliruan itu dan langsung menghapusnya,” tulisnya.

Belum ada komentar dari Gedung Putih. Namun, salah ngetwit seperti itu pernah dilakukan Presiden Trump pekan ini, pada waktu mengucapkan ikut belasungkawa bagi para korban salah tembak di California. Trump bukannya menyebut Tehama County, California tempat terjadinya salah tembak, melainkan mengulang lagi penembakan di Sutherland Springs, Texas yang terjadi awal bulan November lalu. “Semoga Tuhan bersama warga Sutherland Springs. Petugas FBI dan penegak hukum telah tiba di sana,” tulis Trump. Twitter keliru itu dihapus keesokan harinya.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2419021 Sat, 18 Nov 2017 21:34:00 +0700 Pentagon Keliru Kirim Twitter Minta Trump Lengser Pentagon Keliru Kirim Twitter Minta Trump Lengser Pentagon Keliru Kirim Twitter Minta Trump Lengser Pentagon Keliru Kirim Twitter Minta Trump Lengser
Model Remaja Tawarkan Kegadisan Jutaan Dolar http://ini.la/2418804 INILAHCOM, Hamburg - Seorang model remaja berusia 19 tahun menawarkan kegadisannya seharga US$2,9 juta kepada para lelaki yang bersedia memberikan tawaran tertinggi.

International Business Times mengabarkan Kamis (16/11/2017), model remaja Amerika itu menggunakan nama samaran Gissele. Dari sejumlah pria yang tertarik dengan tawaran itu, ada seorang jutawan dari Abu Dhabi, UAE yang harus bersaing dengan seorang politikus Rusia dan seorang aktor Hollywood dari Los Angeles. Mereka bertiga akan menawarkan harga tertinggi dalam sebuah lelang yang digelar oleh Cinderella Escorts di Jerman. Tentu saja, aksi lelang kegadisan itu dihadiri oleh Giselle, yang konon dijaga ketat oleh sejumlah pengawal.

“Saya tidak pernah bermimpi bahwa tawarannya begitu tinggi, hingga mencapai hampir US$3 juta,” kata Giselle seperti ditulis Harian Mirror. “Seperti mimpi jadi kenyataan. Saya pikir kecenderungan menjual kegadisan merupakan bentuk emansipasi wanita,” tambah Giselle.

“Saya juga kaget, kenapa banyak orang yang menentang seorang perempuan menjual kegadisannya,”  tutur Giselle. Model remaja berwajah cantik itu tak lupa menegaskan, bila ada yang mempertanyakan kenapa bersedia tidur dengan lelaki yang tidak dia cintai, maka “Itu adalah keputusanku sendiri. Bukan pihak lain,” ujarnya.

Dalam penjelasannya, Giselle memilih laman pemandu cinta 'Cinderella Escorts' untuk menawarkan dirinya karena “Saya merasa aman untuk menawarkan diri di laman ini,” kata model berparas cantik itu. Menurut Giselle, dana penjualan kegadisannya akan digunakan untuk membiayai kuliahnya dan bertamasya keliling dunia.

Cinderella Escorts dikenal sebagai perusahaan layanan sangat terkenal di dunia. Perusahaan yang didirikan Jan Zakobielski, 27 ini, sering dikritik karena dituduh memanfaatkan para gadis remaja untuk menjual kegadisannya. Namun hal itu dibantah pihak Cinderella Escorts. “Kami mengatur transaksi para gadis itu di hotel dan kami juga punya pengawas yang akan turun tangan apabila ada masalah. Dan gadis tersebut dapat membatalkan transaksinya setiap saat,” kata juru bicaranya.

Cinderella Escorts pernah mencatat sejarah tahun 2016 lalu. Yakni, ketika seorang model Rusia berusia 18 tahun bernama Allexandra Khefren berhasil menjual kegadisannya kepada seorang pengusaha Hong Kong dengan nilai US$2,6 juta atau sekitar Rp35 miliar.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2418804 Fri, 17 Nov 2017 15:29:00 +0700 Model Remaja Tawarkan Kegadisan Jutaan Dolar Model Remaja Tawarkan Kegadisan Jutaan Dolar Model Remaja Tawarkan Kegadisan Jutaan Dolar Model Remaja Tawarkan Kegadisan Jutaan Dolar
Koruptor Saudi Bebas Jika Serahkan 70% Kekayaannya http://ini.la/2418802 INILAHCOM, Riyadh - Pemerintahan Arab Saudi berjanji akan membebaskan para pangeran dan pejabat tinggi lainnya yang ditangkap karena kasus korupsi, asalkan mengembalikan 70% kekayaannya.

Seperti dikabarkan The Guardian Kamis (16/11/2017), hal itu ditawarkan kepada 200 pejabat tinggi yang terdiri dari para pangeran, pejabat militer serta sejumlah menteri Arab Saudi. Sejumlah saksi mata yang dikutip harian Financial Times mengungkapkan para pejabat yang ditahan itu diminta menyerahkan kekayaannya, dan menanda tangani kesepakatan serta kesetiaan kepada Pangeran Mohammad bin Salman, putra mahkota Kerajaan Saudi.

Seorang saksi mata menuturkan, hampir seluruh tahanan elite itu ingin dibebaskan dan bersedia menanda tangani kesediannya menyerahkan kekayaannya. “Mereka melakukan kesepakatan di atas kertas, di Hotel Ritz-Carlton di Riyadh, saat itu juga,” tutur seorang saksi mata. “Serahkan uang tunai dan anda langsung bisa pulang,” sambungnya.

Di antara yang ditahan termasuk Pangeran Alwaleed bin Talal, miliarder yang memiliki saham di sejumlah perusahaan dunia seperti Citigroup dan Twitter. Juga Waleed al-Ibrahim, pendiri Middle East Broadcasting Center, yang memiliki satelit saluran televisi Al Arabiya. Dan Bakr bin Laden, Direktur utama kelompok pembangun Saudi Bin Ladin Construction group.

Perlu diketahui, keluarga kerajaan Saudi menerima tunjangan berjumlah cukup besar setiap bulan, selama harga minyak dunia masih tinggi. Sementara itu, kejaksaan agung Saudi telah membekukan 1.700 akun bank milik sejumlah pejabat tinggi, dan kini tengah melakukan investigasi tuduhan adanya dana simpanan bernilai US$100 miliar.

Bila mayoritas dana yang dimiliki para tahanan dapat diambil alih, maka Pemerintah Saudi dapat menutup defisit anggaran belanja sebesar US$79 miliar tahun lalu. Sementara itu, 7% penduduk Saudi di bawah usia 30 tahun. Dalam satu dekade mendatang, sedikitnya 5 juta warga Saudi memasuki usia bekerja, dan hal ini menjadi ancaman besar bagi Pemerintah Saudi yang hingga kini tidak memilik lapangan kerja yang bisa ditawarkan kepada warganya.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2418802 Fri, 17 Nov 2017 14:57:00 +0700 Koruptor Saudi Bebas Jika Serahkan 70% Kekayaannya Koruptor Saudi Bebas Jika Serahkan 70% Kekayaannya Koruptor Saudi Bebas Jika Serahkan 70% Kekayaannya Koruptor Saudi Bebas Jika Serahkan 70% Kekayaannya
Diplomat Muda Aussy Jatuh di Apartemen New York http://ini.la/2418800 INILAHCOM, New York - Julian Simpson, seorang diplomat Australia tewas gara-gara bermain 'Trust Fall' dari tingkat tujuh gedung apartemennya di Lower East Side, New York.

International Business Times mengabarkan Kamis (16/11/2017), kepolisian New York, NYPD menemukan jasadnya tergeletak di teras lantai dua apartemennya sekitar pukul 1.15 pagi buta waktu setempat. Setelah makan malam dan minum-minum bersama istri dan teman-temannya, Julian diplomat Australia di PBB itu, menghabiskan malamnya di atap apartemennya. Mereka menyaksikan Empire State Building disinari warna pelangi, untuk merayakan lolosnya UU pernikahan sejenis di Australia.

Entah karena bosan, Julian mengajak adiknya, James Waugh ke tingkat lebih tinggi dan menggoda serta menakut-nakuti saudari iparnya, dengan berdiri dan pura-pura jatuh dari atas tembok pembatas. Merasa kurang puas, Julian berdiri di tepi tembok pembatas itu dan saat jatuh, ia meraih tangan James Waugh adiknya. “Ayo kita main Fall Trust,” ajaknya sambil menantang bahwa ia mempercayai adiknya bakal menggaetnya bila ia jatuh. Namun sayang, saat ia pura-pura jatuh ke bawah, James Waugh kaget dan tak sempat meraih lengannya, sehingga Julian jatuh terjerembab ke teras lantai dua.

Julian sempat dibawa ke Rumah Sakit Mount Sinai Beth Israel, tapi nyawanya tak tertolong. ''Ini merupakan tragedi. Kami bersama keluarga yang ditinggalkan,'' kata PM Australia Malcolm Turnbull kepada stasiun televisi Seven Network. ''Saya tidak dapat mengungkap secara detil. Tragedi yang mengejutkan. Seorang diplomat muda harus kehilangan nyawa,'' sambungnya.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2418800 Fri, 17 Nov 2017 14:31:00 +0700 Diplomat Muda Aussy Jatuh di Apartemen New York Diplomat Muda Aussy Jatuh di Apartemen New York Diplomat Muda Aussy Jatuh di Apartemen New York Diplomat Muda Aussy Jatuh di Apartemen New York
Rusia Beri Cap VOA dan 8 Media 'Agen Asing' http://ini.la/2418798 INILAHCOM, Moskow - Pemerintah Rusia memberikan sembilan nama media massa elektronik sebagai 'Agen Asing' di bawah UU baru yang baru saja diloloskan majelis rendah Rusia, Kamis (16/11/2017).

Kantor berita Reuters mengabarkan, dua di antaranya adalah media AS yakni, Voice of America dan Radio Free Europe/Radio Liberty, RFE/RL. Sedangkan tujuh media elektronik lainnya adalah radio yang meliput kawasan Crimea, Siberia, juga sebuah media yang meliput kawasan provinsi di Rusia serta sebuah stasiun televisi online, dan satu lagi media yang meliput kawasan Muslim Tartarstan, serta portal berita yang senantiasa mengecek pernyataan-pernyataan resmi pejabat Rusia.

Dalam UU yang bakal disahkan oleh majelis tinggi itu, Pemerintah Rusia berhak memberikan stempel 'Agen Asing'. Konsekuensinya, media massa itu harus mematuhi peraturan yang diterapkan bagi media massa yang didanai pemerintah asing sesuai dengan UU tahun 2012.

Sebagai Agen Asing, mereka juga diharuskan melaporkan informasi apa saja yang akan disiarkan, dan melaporkan tujuan mereka, serta mengungkap sumber-sumber keuangannya, termasuk bagaimana mereka menggunakan dana asing itu, dan cara mengelolanya.

Peraturan baru itu ditetapkan Pemerintah Moskow, tampaknya sebagai balasan atas perlakuan AS terhadap media massa Rusia. Pekan ini, Washington mengharuskan seluruh penyiar dan karyawan stasion televisi Russia Televisi, RT mendaftarkan diri sebagai 'Agen Asing'.

Pendaftaran itu diwajibkan setelah badan intelijen AS menuduh Rusia menggunakan organisasi media massa untuk mempengaruhi Pilpres 2016. Pemerintah Moskow menolak tuduhan itu dan menyatakan pendaftaran awak medianya, sama halnya membatasi kebebasan berpendapat.

Pihak RFE/RL tak mau berspekulasi menghadapi peraturan baru Rusia itu, dan tetap menjalankan tugasnya sebagai wartawan. Sedangkan VOA, menyatakan tetap pada prinsipnya. “Kami tetap berkomitmen memberikan berita yang independen kepada pendengar dan pemirsa dunia,” kata Amanda Bennett, Direktur VOA.

 

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2418798 Fri, 17 Nov 2017 13:58:00 +0700 Rusia Beri Cap VOA dan 8 Media 'Agen Asing' Rusia Beri Cap VOA dan 8 Media 'Agen Asing' Rusia Beri Cap VOA dan 8 Media 'Agen Asing' Rusia Beri Cap VOA dan 8 Media 'Agen Asing'
PBB: Hentikan Operasi Militer Terhadap Rohingya http://ini.la/2418799 INILAHCOM, New York - Negara-negara anggota PBB mendesak pemerintah Myanmar untuk mengakhiri operasi militer terhadap Muslim Rohingya. Hal tersebut termaktub dalam sebuah resolusi yang diterapkan meskipun mendapat oposisi dari China, Rusia, dan beberapa negara lainnya.

Komite HAM Majelis Umum PBB sepakat mendukung langkah yang diajukan negara-negara Muslim dengan 135 suara melawan 10, dengan 26 negara abstain.

Negara-negara PBB mengatakan mereka 'sangat terkejut' dengan kekerasan dan 'semakin terkejut dengan penggunaan kekuatan yang tidak sepadan oleh pasukan Myanmar' terhadap Rohingya.

Resolusi yang dirancang Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) meminta pemerintah memberikan akses kepada petugas bantuan, menjamin kepulangan semua pengungsi dan memberikan status kependudukan penuh kepada Rohingya.

Mereka meminta agar Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menunjuk seorang utusan khusus ke Myanmar.

Selain Rusia dan China, Kamboja, Filipina, Laos, dan Vietnam menolak langkah tersebut, begitu juga halnya dengan Suriah, Zimbabwe, Belarusia, dan juga Myanmar.

Langkah tidak mengikat itu saat ini diserahkan kepada Majelis Umum PBB untuk disidangkan bulan depan, demikian laporan AFP.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://ini.la/2418799 Fri, 17 Nov 2017 13:45:00 +0700 PBB: Hentikan Operasi Militer Terhadap Rohingya PBB: Hentikan Operasi Militer Terhadap Rohingya PBB: Hentikan Operasi Militer Terhadap Rohingya PBB: Hentikan Operasi Militer Terhadap Rohingya