Inilah.com - Duniahariini http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Sun, 28 May 2017 09:46:44 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/duniahariini http://www.inilah.com/ Inilah.com - Duniahariini http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Filipina Stop Perundingan Damai dengan Pemberontak http://dunia.inilah.com/read/detail/2381571/filipina-stop-perundingan-damai-dengan-pemberontak INILAHCOM, Den Haag - Pemerintah Filipina membatalkan perundingan perdamaian dengan pemberontak pimpinan Maois di Belanda pada Sabtu (27/5/2017) sesudah Tentara Rakyat Baru (NPA) meningkatkan serangan di pedesaan.

Kedua pihak terlibat dalam pembicaraan perdamaian, yang ditengahi Norwegia untuk mengakhiri perang hampir lima dasawarsa, yang menewaskan lebih dari 40.000 orang.

Pada putaran terakhir pembicaraan dengan Kubu Demokratiik Bangsa, lengan politik NPA, penasihat presiden Jesus Dureza menyatakan pemerintah menunda perundingan karena pemberontak tidak membalas upaya perdamaian Presiden Rodrigo Duterte.

Dengan membaca pernyataan, Dureza mengatakan pembicaraan akan dilanjutkan hanya bila ada 'tanda jelas, yang memungkinkan lingkungan dapat mencapai perdamaian adil dan berkelanjutan di negeri itu melalui perundingan perdamaian'.

Dureza menyatakan keputusan itu diambil saat pemimpin pemberontak memerintahkan gerilyawan 'meningkatkan serangan' sesudah keadaan darurat diberlakukan pada Selasa malam di pulau selatan, sebagai tanggapan atas perebutan kota oleh gerilyawan kelompok keras Maute, yang tidak terhubung dengan NDF.

Itu adalah kedua kali pemerintah Filipina menghentikan pembicaraan perdamaian dengan pemberontak komunis atas serangan gerilya terhadap tentara dan usaha, seperti, pertambangan dan perkebunan.

Duterte sangat ingin mengadakan kesepakatan perdamaian dengan komunis tapi marah karena kelompok itu terus melakukan kekerasan. Ia menyatakan tuntutan mereka berlebihan dan ia sudah memberi konsesi.

Penangguhan tersebut muncul saat ketakutan tumbuh seiring dengan kemunculan radikalisme di wilayah Moro di Filipina selatan.

Perunding utama pemberontak, Luis Jalandoni, menyatakan tuntutan pemerintah untuk menghentikan serangan gerilya 'konyol' dan 'tidak dapat diterima' karena tentara menyerang masyarakat pedesaan tempat pemberontak itu berada.

"Tentara harus menghentikan pelanggaran hak asasi manusia dan hukum kemanusiaan internasional. Itu tidak dapat kami terima," kata Jalandoni kepada wartawan.

Namun, Dureza menyatakan Duterte berusaha keras menciptakan perdamaian dengan membebaskan lebih dari 20 pemimpin pemberontak dan memberlakukan gencatan senjata sepihak.

Ia menyebut pemerintah terbuka untuk mengadakan 'perundingan perdamaian daerah' karena pemimpin pemberontak, beberapa di antaranya tinggal di pengasingan di luar negeri, menyatakan kehilangan kendali atas gerilya di lapangan, demikian laporan Reuters.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://dunia.inilah.com/read/detail/2381571/filipina-stop-perundingan-damai-dengan-pemberontak Sun, 28 May 2017 05:05:00 +0700 Filipina Stop Perundingan Damai dengan Pemberontak Filipina Stop Perundingan Damai dengan Pemberontak Filipina Stop Perundingan Damai dengan Pemberontak Filipina Stop Perundingan Damai dengan Pemberontak
Tahanan Palestina di Israel Akhiri Mogok Makan http://dunia.inilah.com/read/detail/2381570/tahanan-palestina-di-israel-akhiri-mogok-makan INILAHCOM, Yerusalem - Lebih dari 1.000 warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel mengakhiri aksi mogok makan massal yang dilancarkan untuk memprotes kondisi tahanan.

Pejabat Israel mengatakan langkah yang disepakati di awal Bulan Suci Ramadan itu terjadi menyusul kesepakatan bahwa para tahanan berhak atas dua kunjungan keluarga per bulan, tidak hanya satu kunjungan saja.

Aksi mogok makan dipimpin oleh Marwan Barghouti, seorang pemimpin Palestina yang dihukum penjara seumur hidup oleh Israel terkait lima dakwaan pembunuhan. Barghouti disebut-sebut merupakan calon penerus Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas.

Menurut dinas penjara Israel, aksi mogok makan diikuti 1.187 tahanan Palestina, demikian laporan BBC.

Mogok makan dimulai pada 17 April lalu, yang merupakan Hari Tahanan Palestina yang digelar setiap tahun oleh Palestina untuk mengingat sanak saudara yang ditahan.

Penahanan orang-orang Palestina di penjara-penjara Israel merupakan sumber ketegangan yang terus berlanjut antara kedua belah pihak.

Orang-orang Palestina menganggap mereka sebagai tahanan politik. Banyak yang divonis untuk dakwaan melakukan serangan terhadap orang Israel, selain berbagai tindak pidana lainnya.

Ada pula yang ditahan di bawah apa yang disebut Penahanan Administratif, yang memungkinkan tersangka ditahan tanpa dakwaan selama enam bulan.

Menurut kelompok-kelompok Palestina, hingga akhir tahun lalu, terdapat sekitar 7.000 warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://dunia.inilah.com/read/detail/2381570/tahanan-palestina-di-israel-akhiri-mogok-makan Sun, 28 May 2017 04:30:00 +0700 Tahanan Palestina di Israel Akhiri Mogok Makan Tahanan Palestina di Israel Akhiri Mogok Makan Tahanan Palestina di Israel Akhiri Mogok Makan Tahanan Palestina di Israel Akhiri Mogok Makan
Hari Pertama Puasa, 50 Orang Tewas di Afghanistan http://dunia.inilah.com/read/detail/2381568/hari-pertama-puasa-50-orang-tewas-di-afghanistan INILAHCOM, Kabul - Sebuah bom bunuh diri menewaskan sedikitnya 14 orang di Afghanistan pada hari pertama Ramadan, Sabtu (27/5/2017). Di hari yang sama, pertempuran pemberontak dengan pasukan keamanan dilaporkan telah menewaskan 36 orang.

Di provinsi Khost timur, seorang penyerang meledakkan bom mobil di dekat lapangan sepak bola di dekat pangkalan militer, kata beberapa pejabat.

Di rumah sakit setempat, dokter menerima setidaknya 14 jenazah dan delapan korban luka, kata Gul Mohammaddin Mangal, kepala departemen kesehatan masyarakat di Khost.

"Jenazah itu tidak dikenali dan sulit memastikan apakah mereka warga atau petugas keamanan," katanya.

Sementara itu, di provinsi Badghis, para gerilyawan menyerang pasukan keamanan di distrik Qadis, memicu pertempuran yang menewaskan 22 gerilyawan, enam pasukan keamanan, dan delapan warga sipil, kata Zahir Bahand seorang juru bicara gubernur provinsi.

Pertempuran tersebut juga menewaskan 33 gerilyawan dan melukai 17 warga sipil, katanya.

Pemerintah Afghanistan yang didukung Barat sedang berjuang melawan dua kelompok pemberontak yaitu Taliban dan kelompok ISIS di seluruh negeri.

Pasukan Taliban telah meningkatkan serangan mereka dalam beberapa minggu sebelum Ramadan, dengan serangkaian serangan terutama di Kandahar, Paktia, dan Helmand, di antara provinsi provinsi lainnya.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://dunia.inilah.com/read/detail/2381568/hari-pertama-puasa-50-orang-tewas-di-afghanistan Sun, 28 May 2017 04:15:00 +0700 Hari Pertama Puasa, 50 Orang Tewas di Afghanistan Hari Pertama Puasa, 50 Orang Tewas di Afghanistan Hari Pertama Puasa, 50 Orang Tewas di Afghanistan Hari Pertama Puasa, 50 Orang Tewas di Afghanistan
India Resmikan Jembatan di Perbatasan China http://dunia.inilah.com/read/detail/2381567/india-resmikan-jembatan-di-perbatasan-china INILAHCOM, New Delhi - India telah meresmikan jembatan Dhola Sadiya sepanjang 9,15 kilometer yang melintasi Sungai Lohit, menjadikannya jembatan terpanjang, yang menghubungkan negara bagian Arunachal Pradesh dengan negara bagian di utara Assam.

China mengklaim Arunachal Pradesh sebagai bagian dari negaranya, dan menyebut area itu sebagai 'Tibet di selatan'.

Beijing baru-baru ini menentang keras keputusan India untuk mengijinkan pemimpin spitritual Tibet Dalai Lama mengunjungi negara bagian itu serta protes akan pembangunan infrastruktur militer di sana. Namun, India membela hak mereka untuk melakukannya.

"Dengan China semakin agresif, sekarang waktunya untuk memperkuat infrastruktur untuk mempertahankan teritori kami", kata Wakil Menteri Dalam Negeri India Khiren Rijiju, yang berasal dari Arunachal Pradesh, kepada para jurnalis.

Rijiju sebelumnya mengatakan bahwa Arunachal Pradesh adalah bagian dari India dan kenyataan itu tidak akan berubah, terlepas siapa yang menyukainya atau yang tidak.

Pembangunan jembatan Dhola Sadiya dimulai pada 2011 lalu. Seorang insinyur militer berkata ke BBC bahwa jembatan Dhola-Sadiya mampu menahan tank tempur seberat 60 ton.



"Itu adalah pekerjaan yang sulit, sebuah tantangan teknik yang besar, dan kecepatan pengerjaan sedikit dipengaruhi oleh permasalahan kompensasi," kata seorang pejabat di Navayuga Engineering, perusahaan yang membangun jembatan.

Terlepas dari jembatan, India sedang membangun jalan raya dua lajur trans-Arunachal, memperbaiki sebuah jalan tua dari jaman Perang Dunia II dan melakukan empat proyek lanjutan untuk memperlebar jalanan.

Proyek yang lain, untuk memperbaiki sebuah rantai landasan pendaratan untuk pesawat terbang yang mengangkat peralatan berat, juga sedang dikerjakan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengangkutan udara strategis India.

"Kami butuh infrastruktur untuk menggerakkan pasukan dan pasokan jika kami harus melawan China dan jembatan ini menjadi sesuatu yang baik," kata Mayor Jenderal Gaganjit Singh, yang pernah meminpin sebuah divisi di negara bagian itu, kepada BBC.

"India tidak membangun infrastruktur fisik apapun di Arunachal Pradesh selama dua dekade setelah Perang 1962 karena banyak yang dengan bodohnya berpikir bahwa orang China akan menggunakan jalanan jika mereka menyerang kembali. Namun sekarang kami kembali ke jalan yang benar," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri India Rajnath Singh juga telah menekankan pentingnya membangun infrastruktur di negara bagian itu, sebagai usaha untuk mempertahankan perbatasan yang panjang dengan China.

"Kami menginginkan perdamaian, namun perdamaian dengan hormat. Kami ingin mampu menghalangi siapapun yang menganggap kami lemah," Singh berkata kepada anggota Polisi Perbatasan Indo-Tibetan yang menjaga bagian perbatasan dengan China.

Pidato tersebut diberikan setelah protes keras dari Beijing terhadap 'pembangunan infrastruktur militer di provinsi yang bersengketa'.

India telah membuat dua divisi gunung dan akan membuat korps serangan untuk memperkuat pertahanannya melawan China.

Penduduk lokal juga senang dengan peresmian jembatan itu.

"Tak dapat dibayangkan bahwa jembatan ini dapat menghubungkan titik pertemuan enam sungai, semua mengalir ke sungai Brahmaputra yang sangat besar," kata Gunjan Saharia, seorang penduduk lokal kepada BBC.

"Saya berjanji ini tidak hanya akan menjadi urusan militer, ini juga akan membantu mengembangkan ekonomi di area terpencil di Assam dan Arunachal, dan akan menarik turis dalam jumlah besar," kata Kepala Menteri Assam Sarbananda Sonowal.

Jembatan ini juga akan mengurangi waktu perjalanan hingga delapan jam untuk komunitas-komunias yang berada di masing-masing ujung sungai.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://dunia.inilah.com/read/detail/2381567/india-resmikan-jembatan-di-perbatasan-china Sun, 28 May 2017 04:00:00 +0700 India Resmikan Jembatan di Perbatasan China India Resmikan Jembatan di Perbatasan China India Resmikan Jembatan di Perbatasan China India Resmikan Jembatan di Perbatasan China
AS-Jepang Sepakat Tingkatkan Sanksi pada Korut http://dunia.inilah.com/read/detail/2381565/as-jepang-sepakat-tingkatkan-sanksi-pada-korut INILAHCOM, Taormina - Presiden AS Donald Trump dan PM Jepang Shinzo Abe sepakat memperpanjang sanksi terhadap Korea Utara karena terus membangun senjata nuklir dan peluru kendali.

Menurut pernyataan Gedung Putih, setelah bertemu di sela-sela KTT G7 di Sisilia, Trump dan Abe sepakat jika tim masing-masing akan bekerja sama untuk meningkatkan sanksi bagi Korea Utara, termasuk identifikasi dan penerapan sanksi menyeluruh kepada semua bentuk dukungan program nuklir dan senjata rudal Korea Utara.

"Kedua kepala negara juga sepakat mempererat persekutuan AS-Jepang untuk meningkatkan kapasitas masing-masing negara dalam menghalangi dan mempertahankan diri atas ancaman dari Korea Utara," kata pernyataan Gedung Putih.

Ancaman dari program nuklir dan senjata Korea Utara merupakan tantangan keamanan yang terpenting bagi Trump dan Abe.

Trump sudah bersumpah untuk mencegah Korea Utara menghantam AS dengan senjata nuklirnya, yang menurut para pakar hal tersebut kemungkinan dapat dilakukan oleh Pyongyang di tahun 2020 mendatang.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://dunia.inilah.com/read/detail/2381565/as-jepang-sepakat-tingkatkan-sanksi-pada-korut Sun, 28 May 2017 03:25:00 +0700 AS-Jepang Sepakat Tingkatkan Sanksi pada Korut AS-Jepang Sepakat Tingkatkan Sanksi pada Korut AS-Jepang Sepakat Tingkatkan Sanksi pada Korut AS-Jepang Sepakat Tingkatkan Sanksi pada Korut
Banjir dan Longsor Landa Sri Lanka, 91 Tewas http://dunia.inilah.com/read/detail/2381564/banjir-dan-longsor-landa-sri-lanka-91-tewas INILAHCOM, Kolombo - Hujan lebat yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor di Sri Lanka menewaskan sedikitnya 91 orang, sementara lebih dari 100 lainnya hilang, demikian kata beberapa pejabat negara itu.

Pemerintah Sri Lanka pun mengaku telah mengerahkan perahu dan helikopter militer untuk membantu operasi penyelamatan.

"Setidaknya ada lima bencana longsor yang dilaporkan terjadi di beberapa tempat di wilayah Kalutara. Operasi penyelamatan masih berlangsung," kata juru bicara kepolisian Priyantha Jayakody.

Selain menyebut 91 orang tewas dan 110 lainnya hilang, pusat penanggulangan bencana negara itu juga mengatakan bahwa 38 laporan kematian terjadi di Kalutara dan 46 lainnya dilaporkan di distrik Ratnapura.

Juru bicara militer Roshan Senevirathne mengatakan, sekitar 400 anggota militer telah dikerahkan dengan dilengkapi kapal dan helikopter untuk membantu polisi dan agen sipil.

Musim penghujan tahunan di selatan Sri Lanka biasanya terjadi selama bertiupnya angin muson selatan, sekitar Mei hingga September. Negara pulau itu juga mengalami hujan deras di saat musim angin muson barat laut bertiup sekitar November hingga Februari.

Pejabat meteorologi Sri Lanka mengatakan bahwa hujan lebat yang terjadi Kamis dan Jumat itu adalah yang terburuk sejak 2003 dan mereka memperkirakan akan lebih banyak hujan yang terjadi dalam beberapa hari ke depan mengingat kondisi angin muson yang telah menyelimuti wilayah negara itu.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://dunia.inilah.com/read/detail/2381564/banjir-dan-longsor-landa-sri-lanka-91-tewas Sun, 28 May 2017 03:15:00 +0700 Banjir dan Longsor Landa Sri Lanka, 91 Tewas Banjir dan Longsor Landa Sri Lanka, 91 Tewas Banjir dan Longsor Landa Sri Lanka, 91 Tewas Banjir dan Longsor Landa Sri Lanka, 91 Tewas
Kanselir Jerman Serang Balik Kritikan Trump http://dunia.inilah.com/read/detail/2381562/kanselir-jerman-serang-balik-kritikan-trump INILAHCOM, Taormina - Kanselir Jerman Angela Merkel menyerang balik kritik keras Presiden AS Donald Trump soal surplus perdagangan Jerman setelah Trump berkata kepada Uni Eropa bahwa Jerman sangat buruk dalam perdagangan karena kelewat banyak menjual mobil ke AS.

Kepada wartawan, Merkel mengatakan bahwa dia sudah menjelaskan kepada Trump pada KTT G7 di Sisilia bahwa surplus itu sebagian karena faktor-faktor di luar kuasa Jerman, selain menitikberatkan penciptaan lapangan kerja di AS berkat sumbangsing investasi langsung Jerman.

Kedua pemimpin sudah sepakat membentuk kelompok kerja yang akan bertukar informasi dalam masalah-masalah hubungan bilateral. Kelompok kerja ini dirancang Jerman untuk mencegah Washington mengenakan hukuman kepada Jerman tanpa didasari gambaran yang utuh mengenai hubungan kedua negara.

Balas membalas kritik antara Trump dan Merkel terungkap setelah media massa Jerman melaporkan bahwa Trump mengkritik keras Jerman dalam pertemuan khusus dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk.

Media Jerman melaporkan bahwa Trump telah berkata kepada Juncker dan Tusk, "Lihatlah jutaan kendaraan yang mereka jual ke AS. Mengerikan. Kita harus menghentikan itu."

]]>
Duniahariini Inilahcom http://dunia.inilah.com/read/detail/2381562/kanselir-jerman-serang-balik-kritikan-trump Sun, 28 May 2017 03:00:00 +0700 Kanselir Jerman Serang Balik Kritikan Trump Kanselir Jerman Serang Balik Kritikan Trump Kanselir Jerman Serang Balik Kritikan Trump Kanselir Jerman Serang Balik Kritikan Trump
PM Malaysia Bantah Rekrut Bekas Tim Kampanye Trump http://dunia.inilah.com/read/detail/2381561/pm-malaysia-bantah-rekrut-bekas-tim-kampanye-trump INILAHCOM, Kuala Lumpur - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak membantah memiliki kaitan dengan seorang bekas pekerja kampanye Presiden AS Donald Trump.

Bantahan itu dikeluarkan oleh PM Najib setelah laporan bermunculan bahwa kantor perdana menteri telah mempekerjakan perusahaan orang itu untuk melakukan pendekatan kepada pemerintah AS.

Pengarsipan Departemen Kehakiman AS di bawah Undang-undang Pendaftaran Badan-badan Asing (FARA) pekan lalu menunjukkan bahwa sebuah perusahaan bernama The 45 Group akan mendapat bayaran sebesar US$25.000 atau sekitar Rp333 juta setiap bulan untuk mengatur pertemuan antara para pejabat kedua negara.

"The 45 Group juga akan membantu Republik Malaysia melalui Godfrey Group, Ltd. dengan menjalankan hubungan masyarakat terkoordinasi," kata FARA dalam situs resminya.

Kelompok yang berpusat di West Virginia, AS itu dibentuk oleh Healy Baumgardner-Nardone, seorang bekas pekerja kampanye Presiden Trump, yang keluar dari tim kampanye pada September.

Arsip FARA tertanggal 19 Mei 2017 itu menyebutkan The 45 Group akan dibayar oleh sebuah perusahaan yang terdaftar di Kepulauan Virgin Britania Raya bernama Godfrey Group Ltd, yang memiliki kantor di Johor Bahru, Malaysia. Perusahaan The 45 Group akan langsung berhubungan dengan PM Najib dan kantornya.

"Berlawanan dengan laporan media baru-baru ini dan pernyataan pendaftaran, baik Kantor Perdana Menteri maupun Pemerintah Malaysia tidak memerintahkan, menunjuk atau menyewa dalam bentuk apa pun Godfrey Group Ltd, the 45 Group atau Healy Baumgardner-Nardone," kata Tengku Sarifuddin, juru bicara PM Najib, dalam pernyataan tertulis.

Baumgardner belum berkomentar, sementara Godfrey Group tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Laman baru Daily Beast pertama kali melaporkan soal kesepakatan itu dengan mengutip arsip FARA.

Hubungan Malaysia dan AS memburuk tahun lalu ketika Departemen Kehakiman mengajukan tuntutan hukum terkait skandal korupsi multimiliar dolar dana investasi negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Tuntutan itu menyebutkan bahwa dana sebesar lebih dari US$700 juta atau sekitar Rp9,3 triliun yang diselewengkan dari 1MDB mengalir ke rekening 'Pejabat Malaysia Nomor 1' yang diidentifikasi oleh para pejabat AS dan Malaysia sebagai PM Najib.

Putra tiri PM Najib adalah salah satu tergugat dalam tuntutan hukum Departemen Kehakiman, yang berupaya mengumpulkan kembali aset-aset yang diduga dicuri dari dana investasi itu.

Namun, PM Najib telah menyatakan tidak melakukan kesalahan dan dibersihkan oleh kepala kejaksaan Malaysia.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://dunia.inilah.com/read/detail/2381561/pm-malaysia-bantah-rekrut-bekas-tim-kampanye-trump Sun, 28 May 2017 02:50:00 +0700 PM Malaysia Bantah Rekrut Bekas Tim Kampanye Trump PM Malaysia Bantah Rekrut Bekas Tim Kampanye Trump PM Malaysia Bantah Rekrut Bekas Tim Kampanye Trump PM Malaysia Bantah Rekrut Bekas Tim Kampanye Trump
Pembatalan Penerbangan Juga Terjadi di Negara Lain http://dunia.inilah.com/read/detail/2381556/pembatalan-penerbangan-juga-terjadi-di-negara-lain INILAHCOM, London - Kerusakan pada sistem komputer yang menimpa British Airways menyebabkan jadwal penerbangan maskapai itu bermasalah di dua bandara London. Namun, ternyata pembatalan dan penundaan penerbangan pesawat British Airways bukan hanya terjadi di Inggris, namun di sejumlah negara lainnya.

BBC melaporkan bahwa ratusan penumpang British Airways terlantar di Bandara Heathrow dan Bandara Gatwick, di London, Inggris. Para penumpang bahkan harus terjebak antrean panjang saat hendak meninggalkan bandara, atau ketika mencoba meminta klarifikasi ke pusat penerangan atau call center British Airways.

Baca juga: British Airways Batalkan Semua Penerbangan di London

Rasa kecewa calon penumpang pun tertumpah melalui berbagai media sosial. Salah satunya lewat Twitter. Kekacauan juga terlihat melalui sejumlah video yang diposting BBC dari netizen.

"Saya sudah tiga jam berada di antrean hanya untuk meninggalkan terminal @British_Airways. Betul, hanya untuk keluar. Ada banyak orang di sini. Tidak ada supervisi," cuit Dan Abrams di Twitter.

Seorang penumpang menyampaikan bahwa penundaan penerbangan juga terjadi di Hong Kong. Selain itu menurut BBC, penerbangan British Airways yang bermasalah juga terjadi di Roma (Italia), Praha (Republik Ceko), Milan (Italia), Stockholm (Swedia), dan Malaga (Spanyol) karena kegagalan sistem komputer itu.

"Masih berada di sini! 4,5 jam di atas pesawat di gate yang berada di Stockholm. Bawa aku ke London!" tulis seorang penumpang British Airways, Rachel Hogan, yang memposting sebuah foto para penumpang yang menunggu di dalam pesawat.

Sementara itu wartawan BBC Martyn Kent yang berada di Bandara Heathrow mengaku telah duduk di atas pesawat selama 90 menit namun belum ada kepastian kapan pesawatnya akan terbang. Menurut dia, sang kapten pesawat menyatakan kepada penumpang ada masalah pada sistem komputer di British Airways yang dia sebut sebagai bencana besar.

Pihak British Airways melalui pernyataan tertulisnya telah meminta maaf atas kejadian ini.

"Kami meminta maaf atas 'pemadaman sistem secara global'. Kami akan terus berusaha memecahkan masalah ini. Kegagalan sistem IT utama menyebabkan gangguan yang sangat parah terhadap operasi penerbangan kami di seluruh dunia," kata British Airways.

Maskapai asal Inggris itu sebelumnya mengatakan jika jadwal penerbangan mereka di Inggris akan dibatalkan sampai Sabtu sore (27/5/2017) pukul 18.00 waktu setempat.

Namun, akhirnya maskapai tersebut membatalkan semua penerbangan sepanjang hari Sabtu dan menawarkan penumpang melakukan penjadwalan ulang atau mereka akan mengembalikan uang pembelian tiket.

Hanya jadwal penerbangan British Airways saja yang bermasalah. Pesawat-pesawat dari maskapai penerbangan lain bisa terbang atau pun mendarat dari Heathrow dan Gatwick seperti biasa.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://dunia.inilah.com/read/detail/2381556/pembatalan-penerbangan-juga-terjadi-di-negara-lain Sun, 28 May 2017 02:15:00 +0700 Pembatalan Penerbangan Juga Terjadi di Negara Lain Pembatalan Penerbangan Juga Terjadi di Negara Lain Pembatalan Penerbangan Juga Terjadi di Negara Lain Pembatalan Penerbangan Juga Terjadi di Negara Lain
British Airways Batalkan Semua Penerbangan London http://dunia.inilah.com/read/detail/2381555/british-airways-batalkan-semua-penerbangan-london INILAHCOM, London - Maskapai penerbangan Inggris British Airways terpaksa membatalkan seluruh penerbangannya dari dua bandara utama di London hingga Sabtu petang (27/5/2017) waktu setempat setelah sistem komputer global yang mati menyebabkan penundaan besar-besaran dan pesawat-pesawat terjebak di landasan pacu.

Meski demikian, pihak British Airways menyatakan bahwa belum ada bukti bahwa masalah tersebut diakibatkan serangan dunia maya.

Maskapai penerbangan itu mengatakan terminal-terminal di bandara Heathrow dan Gatwick telah menjadi sangat padat karena kegagalan sistem teknologi informasi. Semua pesawat British Airways yang dijadwalkan berangkat sebelum pukul 17.00 GMT telah dibatalkan.

"Tolong jangan datang ke bandara. Kami sedang mengalami kegagalan sistem teknologi informasi yang parah pada penerbangan kami di seluruh dunia," kata pihak British Airways dalam pernyataan.

"Kami meminta maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada para pelanggan kami dan kami sedang bekerja untuk menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin," lanjut mereka.

Masalah itu, yang menurut para penumpang telah berdampak pada penerbangan-penerbangan di seluruh Inggris, muncul terutama pada akhir pekan yang sibuk. Senin (29/5/2017) adalah hari libur nasional dan banyak anak sekolah mulai menjalani liburan tengah semester.

British Airways merupakan perusahaan penerbangan terbaru yang dilanda masalah komputer. Bulan lalu, sistem global maskapai Jerman Lufthansa dan perusahaan penerbangan Prancis Air France mati sehingga para penumpang tidak dapat naik ke pesawat.

Para penumpang yang berupaya menggunakan pesawat-pesawat lainnya di Inggris pada Sabtu melaporkan bahwa penundaan dengan waktu lama terjadi pada loket pendaftaran sementara pesawat-pesawat juga tertahan di landasan pacu.

"Masih di landasan pacu di Leeds. #britishairways memperhitungkan bahwa Heathrow sudah sangat penuh, jadi kita belum bisa berangkat. Sudah pasti kita tidak bisa mengejar penerbangan ke Vegas," cuit salah satu penumpang, David Raine, di Twitter.

Seorang wartawan bernama Martyn Kent menulis, "Sudah duduk di pesawat di Heathrow selama satu jam setengah. Kapten @British_Airways menggambarkan masalah teknologi informasi sebagai bencana."

Heathrow International Airport yang merupakan salah satu bandara paling sibuk di dunia, mengatakan bahwa mereka sedang bekerja sama dengan British Airways.

Penumpang bernama Roshni Burt, yang akan terbang dari Heathrow ke Bahrain bersama putranya, mengatakan tidak ada kabar soal kapan pesawatnya akan berangkat.

"Waktu kami meninggalkan area pendaftaran, ada orang-orang yang marah, menjadi frustrasi ketika pesawat mereka seharusnya sudah hampir berangkat, orang-orang ditolak... staf British Airways pada dasarnya mengatakan kalau Anda tidak mendaftar melalui internet, Anda akan ketinggalan pesawat," ujarnya kepada Sky News seperti dilansir Reuters.

]]>
Duniahariini Inilahcom http://dunia.inilah.com/read/detail/2381555/british-airways-batalkan-semua-penerbangan-london Sun, 28 May 2017 01:55:00 +0700 British Airways Batalkan Semua Penerbangan London British Airways Batalkan Semua Penerbangan London British Airways Batalkan Semua Penerbangan London British Airways Batalkan Semua Penerbangan London