Inilah.com - Ekonomi http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Tue, 26 Sep 2017 01:55:23 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/ekonomi http://www.inilah.com/ Inilah.com - Ekonomi http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Eks-Bos BKPM Jadi Komut Taspen http://ini.la/2406816 INILAHCOM, Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno mengangkat Franky Sibarani sebagai Komisaris Utama PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) Persero menggantikan pejabat sebelumnya Eddy Abdurachman.

Surat pengangkatan Franky Sibarani itu diserahkan Asisten Deputi Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan I Kementerian BUMN Bandung Pardede di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/9/2017).

Pengangkatan itu didasarkan pada SK -207/MBU/09/2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Komisaris Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri.

Melalui SK-207/MBU/09/2017 itu Menteri BUMN juga memberhentikan dengan hormat Eddy Abdurachman yang telah menjabat Komut Taspen sejak 17 November 2013.

"Terima kasih atas sumbangan tenaga dan pikirannya (Eddy Abdurachman) dan mengangkat Franky Sibarani sebagai Komisaris Utama Taspen," ujar Bandung.

Dengan momentum ini, kata Bandung, diharapkan dapat membawa Taspen kembali kepada maksud dan tujuan didirikannya perusahaan ini, yaitu pelayanan.

"Semoga menjadi lebih baik lagi ke depannya" ujarnya.

Profil Franky Sibarani adalah seorang pengusaha nasional. Sebelumnya, Franky adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modla (BKPM) periode 27 November 2014 - 27 Juli 2016.

Selama menjadi Kepala BKPM terobosan yang dilakukan Franky Sibarani di antaranya perizinan online atau Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi berbasis Elektronik (SPIPISE) pada 15 Desember 2014, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada 26 Januari 2015, Layanan 3 Jam Perizinan Investasi pada 11 Januari 2016.

Selanjutnya, layanan Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) pada 22 Februari 2016, dan Fasilitas Percepatan Jalur Hijau diluncurkan 11 Januari yang lalu hingga 18 Juli 2016.

Alumni Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) ini juga malang melintang di Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kadin Indonesia.

Menjabat sebagai Ketua bidang Regulasi Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) sejak 2004. Kemudian menduduki posisi sebagai Wakil Ketua Komite Tetap Pengembangan Pasar Pangan dan Agribisnis Kamar Dagang dan Industri.

Setahun berselang dia menjadi anggota Dewan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Nasional Apindo.

Jauh sebelumnya, Franky juga sudah berkarir di sederet perusahaan swasta nasional, seperti Operational Senior Manager Astra Agro Niaga Group pada 1989-1999.

Kemudian menjabat sebagai Direktur Bedugul Corporation pada 1999-2000, selanjutnya menjabat sebagai Deputy Business Development Director Inter Sarana Globalindo Group tahun 2000-2002.

Dari tahun 2002-2004, Franky menjabat sebagai General Manager PT Bumi Mekar Tani. Selanjutnya menjabat sebagai Corporate Secretary Head Division Garuda Food Group dan Chief of Corporate Affairs Division PT Tudung. [tar]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2406816 Tue, 26 Sep 2017 01:05:00 +0700 Eks-Bos BKPM Jadi Komut Taspen Eks-Bos BKPM Jadi Komut Taspen Eks-Bos BKPM Jadi Komut Taspen Eks-Bos BKPM Jadi Komut Taspen
Luhut Terus Cari Dana Proyek LRT http://ini.la/2406815 INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan pencairan dana dari perbankan untuk proyek kereta ringan Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) dapat dilakukan November mendatang.

Luhut mengatakan target tersebut dipatok lantaran sejumlah rincian seperti kepastian trase yang bersilangan di Dukuh Atas dengan proyek LRT Jakarta garapan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Pencairan dana targetnya November ini, banknya dari BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI dan CIMB Niaga," kata Luhut di Kantornya, Jakarta, Senin (25/9/2017).

Dengan target demikian, mantan Menko Polhukam itu berharap kesepakatan pembiayaan (financial closing) dapat dilakukan segera.

"Kita juga sepakat segera studi untuk pembangunan rute Cibubur-Bogor," tambahnya.

Menurut Luhut, jumlah pinjaman dari lima perbankan itu bernilai sekitar Rp19 triliun namun angka terssbut belum final.

"Ini belum final, kalau sudah final kita harap swasta melihat strukturnya bagus dan mereka akan masuk," ujarnya.

Proyek LRT Jabodebek dikerjakan oleh PT Adhi Karya Tbk (Persero) sebagai kontraktor dan PT KAI (Persero) sebagai investor sekaligus operator. Dana yang dibutuhkan untuk proyek tersebut mencapai Rp26,7 triliun yang terdiri atas anggaran negara melalui penyertaan modal negara (PMN) dan kredit perbankan.

Pemerintah menanggung sekitar Rp9 triliun dan sisanya didapatkan dari kredit perbankan dari Bank Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga dan BCA. [tar]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2406815 Tue, 26 Sep 2017 00:05:00 +0700 Luhut Terus Cari Dana Proyek LRT Luhut Terus Cari Dana Proyek LRT Luhut Terus Cari Dana Proyek LRT Luhut Terus Cari Dana Proyek LRT
YLKI dan ASPEK Satu Suara Soal Kebijakan GNNT http://ini.la/2406828 INILAHCOM, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia memiliki pemahaman yang sama bahwa Gerakan Nasional Nontunai (GNNT), yang diawali dengan penggunaan uang elektronik di jalan to, harus lebih mengutamakan kepentingan publik.

"Perhatian YLKI jelas berfokus pada pemberian pilihan kepada konsumen. Konsumen tidak boleh dipaksa menggunakan uang elektronik. Harus tetap ada pilihan untuk membayar secara tunai," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Abadi Tulus saat menerima kunjungan ASPEK Indonesia di kantor YLKI di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (25/9/2017).

Tulus mengatakan konsumen tidak boleh dirugikan dengan penggunaan uang elektronik di jalan tol, atau secara lebih luas dalam kebijakan GNNT. Bahkan, YLKI sudah sempat beraudiensi dengan Bank Indonesia untuk membicarakan aspek perlindungan konsumen.

"Kami menyoroti tentang rencana pengenaan biaya isi ulang, saldo mengendap pada kartu uang elektronik yang tidak bisa diuangkan, termasuk perlindungan dana konsumen terhadap kartu yang hilang," tuturnya.

Presiden ASPEK Indonesia Mirah Sumirat mengatakan yang paling terdampak terhadap penggunaan uang elektronik secara total di jalan tol adalah pekerja jalan tol, khususnya para pengumpul tol.

Menurut Mirah, satu gerbang tol biasanya ditangani lima orang yang bekerja secara bergantian secara terjadwal. Bila seluruh gerbang tol diotomatisasi, dia menyebut kurang lebih 20.000 pekerja akan terdampak.

"Beberapa kali pihak Jasa Marga menyatakan tidak akan ada pemutusan hubungan kerja. Pekerja akan dialihkan atau diberdayakan di tempat lain. Janji itu selalu kami tanyakan tetapi tidak pernah mendapat jawaban," katanya.

Alih-alih dialihkan atau diberdayakan di tempat kerja lain, Mirah mengatakan kemungkinan pemutusan hubungan kerja lebih terbuka lebar. Apalagi, para pengumpul tol selama ini hanya dilatih melayani konsumen di gerbang tol yang tidak bersinggungan dengan teknologi. [tar]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2406828 Mon, 25 Sep 2017 20:00:00 +0700 YLKI dan ASPEK Satu Suara Soal Kebijakan GNNT YLKI dan ASPEK Satu Suara Soal Kebijakan GNNT YLKI dan ASPEK Satu Suara Soal Kebijakan GNNT YLKI dan ASPEK Satu Suara Soal Kebijakan GNNT
Festival Lembeh Diharapkan Jaring Wisatawan http://ini.la/2406818 INILAHCOM, Jakarta - Festival Pesona Selat Lembeh 2017 diharapkan mampu menjaring lebih banyak wisatawan ke Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut).

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuty dalam jumpa pers persiapan penyelenggaraan Festival Pesona Selat Lembeh 2017 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, mengatakan pihaknya mendukung digelarnya festival yang diharapkan bisa menjadi daya tarik Kota Bitung.

Festival Pesona Selat Lembeh 2017 akan berlangsung di Kota Bitung pada 6-10 Oktober 2017.

"Festival ini dapat menjadi upaya untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Bitung yang ditetapkan sebagai international hub sea port, Kawasan Ekonomi Khusus, menjadi kawasan industri dan perdagangan, kota pelabuhan internasional, kota perikanan, kota konservasi alam, serta kota pariwisata dunia," tutur Esthy di kantornya, Jakarta, Senin (25/9/2017).

Acara itu kata dia, sekaligus untuk mendukung pemerintah mencapai target kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 265 juta pergerakan wisatawan nusanatara (wisnus) ke Indonesia sepanjang tahun ini.

Esthy Reko Astuty menjelaskan, posisi Kota Bitung yang strategis sebagai international hub sea port menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Bitung.

Tercatat pada 2016 sebanyak 13.019 wisman dan 20.133 wisnus berkunjung ke kota itu, sedangkan wisatawan yang berkunjung ke Sulut secara umum sebanyak 1,8 juta wisnus dan 30 ribu wisman.

Sisi lain yakni semakin mudahnya aksesibilitas ke Bitung yang berjarak hanya 40 kilometer atau sekitar 1 jam dengan berkendara dari Bandara Sam Ratulangi, membuat wisman yang datang ke Manado dari China, Makau, dan Hong Kong, atau pun Davao dan Cebu, Filipina semakin mudah.

Sejumlah maskapai yang melayani di antaranya Lion Air, Citilink, dan Sriwijaya Air.

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban mengatakan, Selat Lembeh memiliki potensi pariwisata kelas dunia berupa pesona bahari, persona flora, pesona fauna, pesona industri, pesona budaya, dan pesona sejarah yang kesemuanya gencar dipromosikan di tingkat nasional dan mancanegara.

"Lembeh itu ibarat putri cantik yang sedang tidur dan saatnya kita bangunkan dengan 'event' FPSL ini," ujar Maximiliaan Jonas Lomban.

Maximiliaan menjelaskan, sebagai kota bahari Selat Lembeh memiliki 95 titik selam dan ekowisata mangrove yang akan melengkapi destinasi wisata bahari Bunaken Manado yang sudah mendunia.

Sedangkan pesona flora dan fauna Lembeh memiliki daya tarik taman Nasional Tangkoko yang di dalamnya terdapat 233 spesies burung, mamalia, reptil, amfibi, serta binatang langka lainnya, termasuk primata langka tarsius.

"Keragaman obyek dan daya tarik wisata menjadi keunggulan pariwisata Bitung," ucap Maximiliaan.

Untuk wisata leisure Kota Bitung memiliki keindahan pantai, resort, hotel berbintang, serta "homestay" yang dikelola masyarakat dan pemandangan memukau dari Gunung Dua Sudara.

"Begitu juga untuk pesona bawah laut Selat Lembeh yang memiliki 95 titik selam dengan aneka biota langka berukuran kecil atau endemik dan tidak ditemukan di tempat lain seperti pigmy seahorse, hairy frogfish, dan mimic octopus," paparnya.

Oleh karena biota langka dan endemik inilah, kata dia, membuat Selat Lembeh mulai populer sebagai surga "macro photography" bagi para "divers" atau penyelam.

Kota Bitung juga menjadi tujuan wisata petualangan dengan mengandalkan Cagar Alam Nasional Tangkoko sebagai rumah bagi ratusan mamalia, burung, reptil, serta amfibi termasuk dua jenis primata endemik Sulut yang terancam punah yaitu Yaki dan Tarsius, serta tiga kawasan ekowisata yakni Ekowisata Pintu Kota, Ekowisata Kareko, dan Ekowisata Pasir Panjang dengan menyusuri hutan mangrove.

FPSL 2017 sendiri merupakan event unggulan Kota Bitung yang akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan antara lain lari 10K, lomba/pentas seni budaya, kontes fotografi bawah air dan landscape, festival kuliner, lomba renang Selat Lembeh, parade/lomba perahu hias, rekor MURI menari manekin terbanyak (kabasaran pato), parade yacht, festival tuna, dan perayaan menyambut HUT Kota Bitung sebagai puncak acara. [tar]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2406818 Mon, 25 Sep 2017 19:00:00 +0700 Festival Lembeh Diharapkan Jaring Wisatawan Festival Lembeh Diharapkan Jaring Wisatawan Festival Lembeh Diharapkan Jaring Wisatawan Festival Lembeh Diharapkan Jaring Wisatawan
12.888 Ha Lahan di Bangka Terlantar http://ini.la/2406785 INILAHCOM, Pangkalpinang, - Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Kepulauan Bangka Belitung menyebutkan 12.888 hektare lahan telantar dan tidak dimanfaatkan masyarakat untuk mengembangkan usaha pertanian dan perkebunan.

"Saat ini ada 14 titik lahan terindikai telantar dengan luas 12.888 hektare," kata Kepala Kanwil BPN Kepulauan Babel Iwan Taruna Isa, di Pangkalpinang, Senin (25/9/2017).

Ia menjelaskan berdasarkan data Kementerian Agraria/BPN sebanyak 14 titik tanah telantar tersebut tersebar di kabupaten/kota dengan rincian Kabupaten Belitung ada 3 titik, Belitung Timur 2 titik, Bangka Tengah 1 titik, Bangka 3 titik, Bangka Selatan 1 titik, Bangka Barat 1 titik, dan Kota Pangkalpinang ada 3 titik.

"Kami belum melakukan survei lapangan untuk melihat kondisi lahan telantar tersebut," katanya pula.

Pihaknya akan melakukan pemutakhiran data kembali untuk memastikan apakah hingga saat ini tanah tersebut masih telantar atau tidak.

"Kami akan lakukan pemutakhiran data untuk melihat benar tidak lahan itu masih telantar atau sudah diberdayakan. Langkah awal akan memanggil pemegang hak lahan tersebut dan meminta mereka memanfaatkan lahannya. Jika tidak ditanggapi, kami akan menyurati mereka dan menurunkan tim. Jika masih tidak ditanggapi, maka kami akan mengeluarkan SK penertiban," ujarnya.

Ia mengatakan lahan masuk dalam kategori tanah telantar di kawasan Kota Pangkalpinang yaitu lahan HGU Kramayudha.

"Kami akan lakukan upaya penertiban agar lahan-lahan yang telantar ini bisa diberdayakan untuk kemakmuran masyarakat," ujarnya pula. [tar]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2406785 Mon, 25 Sep 2017 18:36:00 +0700 12.888 Ha Lahan di Bangka Terlantar 12.888 Ha Lahan di Bangka Terlantar 12.888 Ha Lahan di Bangka Terlantar 12.888 Ha Lahan di Bangka Terlantar
Pengembang Kakap Asia Akuisisi Lahan CBD Jakarta http://ini.la/2406805 INILAHCOM, Jakarta - Keppel Land Limited (Keppel Land), melalui anak usahanya PT Sukses Manis Tangguh, meneken kesepakatan jual beli dengan Bank Central Asia, mengakuisisi lahan di CBD Jakarta, senilai Rp586 miliar.

Selanjutnya, pengembang kondang di Asia ini, berencana membangun hunian bertingkat kelas premium yang menyediakan 400 unit apartemen mewah. Total investasinya diperkirakan mencapai Rp 1,6 triliun, atau setara 170 juta dolar Singapura.

Ang Wee Gee, CEO Keppel Land, mengatakan, Indonesia merupakan salah satu pasar yang dibidik. Saat ini, Keppel Land ingin memperkuat keberadaannya di DKI Jakarta. "Kami akan memanfaatkankeahlian sebagai pengembang berpengalaman di mancanegara khususnya di Asia untuk membangun hunian bertingkat dengan kualitas premium, demi memenuhi kebutuhan para ekspatriat serta komunitas pengusahalokal yang terus bertambah dan mencari apartemen terbaik di tengah kota," papar Ang melalui rilis kepada media di Jakarta, Senin (25/9/2017).

Terkait dengan rencana pembangunan hunian premium di CBD itu, luas lahannya mencapai 7.700 meter-persegi dan luas semi gross 36.000 meter-persegi. Lokasinya berdekatan dengan jalan protokol Jenderal Sudirman, berdampingan dengan gedung perkantoran milik Keppel Land, International Financial Centre Jakarta.

"Lahan ini berdampingan dengan International Financial Center Jakarta dan berada di sebuah kawasan paling strategis di Jakarta. Kedua project kami akan bersinergi untuk menciptakan suatu destinasi hunian-bisnis-rekreasi," papar Ang.

Hunian di kawasan segitiga emas Jakarta ini, nantinya berdekatan dengan berbagai pusat perbelanjaan, kuliner, dan pusat hiburan. Di mana, akses transportasi begitu mudah dengan adanya stasiun MRT Setiabudi yang diperkirakan beroperasi pada 2019.

Dengan adanya transaksi ini, kata Ang, diharapkan tidak berdampak material  erhadap pendapatan nilai per saham, serta nilai aset Keppel Corporation Limited di tahun finansial yang sedang berjalan. [tar]

Sekedar informasi saja, Keppel Land telah beroperasi di Asia, dengan Singapura dan Cina sebagai pasar utama, dan Vietnam dan Indonesia sebagai pasar pertumbuhannya.

Saat ini, Keppel Land telah membangun 60 ribu rumah di Singapura dan negara lainnya. Selain itu, perusahaan ini berhasil membangun sejumlah pencakar langit yang menjadi ikon Singapura, semisal Marina Bay Financial Centre, Ocean Financial Centre dan One Raffles Quay. [tar]
 

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2406805 Mon, 25 Sep 2017 18:09:00 +0700 Pengembang Kakap Asia Akuisisi Lahan CBD Jakarta Pengembang Kakap Asia Akuisisi Lahan CBD Jakarta Pengembang Kakap Asia Akuisisi Lahan CBD Jakarta Pengembang Kakap Asia Akuisisi Lahan CBD Jakarta
RI Siap Kirim 8 Juta Ton Sawit Lestari ke Eropa http://ini.la/2406786 INILAHCOM, Jakarta - Uni Eropa kemungkinan menerapkan syarat ketat yakni standar keberlanjutan untuk produk minyak sawit yang masuk. Peluang pasarnya sangat menggiurkan. Hingga 2020, Eropa perlu 6juta ton minyak sawit.

Togar Sitanggang, Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) bilang, certified sustainable palm oil (minyak sawit berkelanjutan yang telah tersertifikasi) yang disyaratkan Uni Eropa, bukanlah masalah bagi produk sawit Indonesia.

"Kami siap memasok, bukan saja 6 juta ton, tapi 8 juta ton minyak sawit lestari ke pasar Eropa," kata Togar dalam Festival Colorful Indonesia di Paris Prancis, rilis kepada media di Jakarta, Senin (25/9/2017).

Selain Togar, hadir pula sebagai pembicara dalam kegiatan yang digagas Kedutaan Besar RI di Paris ini, Sekjen Apkasindo (Asosiasi Petani Kelap Sawit Indonesia) Rino Afrino.

Togar mengatakan, Indonesia mampu memenuhi permintan pasar Eropa tersebut. Dengan catatan, minyak sawit yang tersertifikasi ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) juga bisa diterima oleh negara-negara Uni Eropa. "Menerima sertifikasi ISPO berarti mengakui kredibilitas pemerintah Indonesia. Karena sertifikasi ISPO adalah standar wajib yang diberlakukan oleh pemerintah RI," kata Togar.

Saat ini, kata Togar, Uni Eropa yang terdiri dari 27 negara, merupakan pasar minyak sawit terbesar kedua setelah India. Berdasarkan data GAPKI (2016), penjualan minyak sawit ke Uni Eropa mencapai 6,6juta ton. Pasar terbesar minyak sawit terbesar dunia adalah India sebesar 10,25juta ton.

"Sedangkan China di peringkat ketiga sebesar 5,15juta ton. "Dan Indonesia tetap mengukuhkan diri sebagai produsen minyak sawit terbesar dunia dengan produksi tahun lalu 33,4 juta ton," kata Togar.

Dalam kesempatan tersebut, Togar juga menjelaskan isu deforestasi yang dialamatkan kepada sektor perkebunan kelapa sawit Indonesia. "Deforestasi yang dilakukan oleh  kelapa sawit Indonesia adalah deforestasi status. Mengubah status hutan menjadi APL (area penggunaan lain), di mana areal hutan tersebut kebanyakan sudah tidak punya pohon lagi. Pohon-pohon sudah ditebang oleh pemegang izin HPH sebelumnya," katanya.

Togar juga memaparkan, ekspansi perkebunan soyabean juga lebih masif dibandingkan kelapa sawit. Dalam tiga tahun terakhir, ekspansi perkebunan soyabean di dunia mencapai 8 juta hektar. Sedangkan, ekspansi perkebunan kelapa sawit hanya 6,4 juta hektar.

"Dan di Indonesia sudah tidak ada lagi ekspansi perkebunan kelapa sawit karena pemerintah masih memberlakukan kebijakan moratorium yang sudah berjalan lima tahun lebih," kata Togar. [tar]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2406786 Mon, 25 Sep 2017 17:50:00 +0700 RI Siap Kirim 8 Juta Ton Sawit Lestari ke Eropa RI Siap Kirim 8 Juta Ton Sawit Lestari ke Eropa RI Siap Kirim 8 Juta Ton Sawit Lestari ke Eropa RI Siap Kirim 8 Juta Ton Sawit Lestari ke Eropa
Perkuat Kapasitas Pemeriksaan, BPK Gaet BPK Korea http://ini.la/2406783 INILAHCOM, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia memperkuat kapasitas pemeriksaan "investigatif" dan "quality assurance" dengan "The Board of Audit and Inspection of Korea" (BAI Korea).

Dalam seminar bilateral di Kantor BPK RI, Jakarta, Senin (25/9/2017), yang juga merupakan tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman bilateral kedua pihak sebelumnya, delegasi BAI Korea yang diketuai Jong Nam Yoo, selaku Senior Director of Social and Welfare Audit Division, diterima oleh Wakil Ketua BPK RI, Bahrullah Akbar yang didampingi oleh Auditor Utama Investigasi I Nyoman Wara dan Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional R. Yudi Ramdan Budiman.

Pada seminar bilateral tersebut, kedua supreme audit institution (SAI) saling berbagi pengetahuan dan bertukar pengalaman mengenai pemeriksaan investigasi dan quality assurance.

"Untuk memperbaiki kualitas audit dan meningkatkan dampak dari hasil pemeriksaan, maka quality assurance sangatlah penting," ujar Bahrullah Akbar.

Pertemuan kedua SAI akan menelaah lebih lanjut isu-isu yang berkenaan dengan quality assurance khususnya dari perspektif sembilan pilar kerangka quality assurance danthree line of defense.

Selanjutnya disampaikan bahwa BPK RI memiliki unit audit investigasi sebagai bentuk komitmen BPK RI dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Melalui pertemuan ini diharapkan bahwa kedua SAI dapat memperoleh perspektif baru sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan khususnya di bidang sektor publik," kata Bahrullah. [tar]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2406783 Mon, 25 Sep 2017 17:35:00 +0700 Perkuat Kapasitas Pemeriksaan, BPK Gaet BPK Korea Perkuat Kapasitas Pemeriksaan, BPK Gaet BPK Korea Perkuat Kapasitas Pemeriksaan, BPK Gaet BPK Korea Perkuat Kapasitas Pemeriksaan, BPK Gaet BPK Korea
2020, Bisnis Ekonomi Digital RI Bakal Nomor Wahid http://ini.la/2406769 INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah terus konsisten mempercepat implementasi peta jalan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik.

Melalui diterbitkannya Paket Kebijakan Ekonomi XIV, pemerintah menargetkan Indonesia menempati posisi pertama se-Asia Tenggara sebagai negara ekonomi digital pada tahun 2020.

“Kita perlu optimis bahwa perubahan perilaku masyarakat di era digital ini dapat menjadi peluang ekonomi baru untuk Indonesia. Ini momentum yang sangat spesial di mana dari sisi teknologi dan lingkungan. Secara global pun, ekonomi digital ini berkembang dengan sangat cepat,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution seperti dikutip dari laman resmi Kemenko Ekonomi, Senin (25/9/2017).

Dikutip dari situs tersebut, pada tahun 2020, nilai e-commerce di Indonesia diprediksi mampu mencapai USD 130 miliar. Untuk itu, pemerintah terus berusaha membangun ekosistem perniagaan yang lebih efisien.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan ada beberapa isu besar yang menjadi fokus pemerintah untuk mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

Pertama, peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM). Kedua, mempermudah dan memperluas akses pendanaan. Ketiga, peningkatan Sistem Logistik Nasional. Selanjutnya adalah insentif perpajakan; perlindungan konsumen; keamanan siber; infrastruktur komunikasi; dan manajemen pelaksana.

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya juga mengingatkan pemerintah untuk terus memangkas regulasi-regulasi yang tumpang tindih dan menghambat inovasi masyarakat. “Start up itu jangan dicekik dengan regulasi yang berlebihan. Jangan terlalu diatur, nanti inovasinya justru tidak muncul. Berikan ruang sehingga mereka bisa lebih lincah dan fleksibel untuk berkembang,” tegas Presiden.

Darmin juga kembali mengingatkan pentingnya inklusi keuangan. “Ini sebenarnya juga peluang besar dari sisi transaksi keuangan. Terus terang ini juga menjadi tantangan sekaligus kesempatan bagi perbankan," katanya. [fdl]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2406769 Mon, 25 Sep 2017 17:00:00 +0700 2020, Bisnis Ekonomi Digital RI Bakal Nomor Wahid 2020, Bisnis Ekonomi Digital RI Bakal Nomor Wahid 2020, Bisnis Ekonomi Digital RI Bakal Nomor Wahid 2020, Bisnis Ekonomi Digital RI Bakal Nomor Wahid
Pemkab Lebak Punya Cara Jitu Rayu Investor http://ini.la/2406765 INILAHCOM, Lebak - Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Lebak, Banten, mengoptimalkan promosi untuk menarik investasi sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyerap lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

"Kami berharap melalui promosi itu dapat mendongkrak investor yang menanamkan modalnya di Lebak," kata Kepala Bidang Promosi BPMPPT Kabupaten Lebak Dewi di Lebak, Senin (25/9/2017)

Pemerintah daerah terus meningkatkan promosi baik ke luar negeri maupun dalam negeri sendiri.

Selama ini investasi di Kabupaten Lebak tumbuh dan berkembang karena pemerintah daerah memberikan kemudahan perizinan.

Pada 2017 sekitar sepuluh negara akan berinvestasi dengan rencana investasi sekitar Rp8,5 triliun atau US$658.767.300 miliar.

Kesepuluh negara yang siap berinvestasi itu Singapure, Korea Selatan, China, Thailand, Malaysia, Australia, Islandia, Hongkong, Italia, dan Jepang.

Mereka membuka memproduksi bidang industri kulit, industri kertas, industri mineral non logam, pengelolaan ikan dan industri logam dasar.

Karena itu, pihaknya terus mengoptimalkan promosi-promosi potensi kekayaan SDA agar dilirik oleh sejumlah negara lain.

"Kami berharap Lebak menjadikan daerah investasi di Provinsi Banten itu," ujar dia.

Menurut dia, saat ini potensi SDA yang melimpah antara lain bidang pertambangan, perikanan, pertanian, perkebunan, agroindustri dan peternakan.

Bahkan, jumlah potensi objek wisata di Lebak tercatat 25 lokasi wisata tersebar di 28 kecamatan.

Dari 25 lokasi wisata itu, di antaranya objek wisata pesisir laut, pemandian air panas, situs, budaya Baduy, air terjun, budaya kaolotan dan lainnya."Kami terus mendorong potensi wisata itu dilirik investor dipastikan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya. [tar]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2406765 Mon, 25 Sep 2017 16:45:00 +0700 Pemkab Lebak Punya Cara Jitu Rayu Investor Pemkab Lebak Punya Cara Jitu Rayu Investor Pemkab Lebak Punya Cara Jitu Rayu Investor Pemkab Lebak Punya Cara Jitu Rayu Investor