Inilah.com - Ekonomi http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Wed, 29 Mar 2017 18:15:32 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/ekonomi http://www.inilah.com/ Inilah.com - Ekonomi http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Bea Cukai Amankan 2,3 Ton Bawang Merah Ilegal http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369140/bea-cukai-amankan-23-ton-bawang-merah-ilegal INILAHCOM, Dumai - Patroli darat dan laut Bea Cukai Dumai berhasil menggagalkan upaya penyelundupan bawang merah yang diduga merupakan komoditi eks impor sebanyak 117 bags seberat 2,3 ton.

Kepala Kantor Bea Cukai Dumai, Adhang Noegroho Adhi, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/3/2017) mengungkapkan bahwa pada Senin (20/3/2017) sekitar pukul 23.00 WIB tim patroli darat Bea Cukai Dumai berhasil melakukan penegahan terhadap satu unit minibus. “Berdasarkan informasi yang diperoleh dari masyarakat, kami dapat menegah minibus tersebut. Saat diperiksa, minibus tersebut kedapatan membawa 57 bags bawang merang eks impor seberat 1,1 ton,” ungkapnya.

Hanya berselang sehari dari penangkapan tersebut, tim patroli laut Bea Cukai Dumai juga berhasil melakukan penindakan terhadap satu kapal kayu yang ditinggal oleh awak kapalnya. “Kapal tersebut bermuatan 60 bags bawang merah seberat 1,2 ton,” ungkap Adhang.

Pemasukan bawang merah secara ilegal menyebabkan kerugian negara baik secara materi maupun non materi. “Bea Cukai akan terus berupaya melakukan penindakan dan meningkatkan pengawasan terhadap masuknya bawang ilegal. Bawang merah yang masuk secara ilegal tentunya tidak melewati proses karantina sehingga dapat membahayakan kesehatan dan menyebarkan hama serta penyakit terhadap masyarakat yang mengonsumsinya,” pungkas Adhang. [*]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369140/bea-cukai-amankan-23-ton-bawang-merah-ilegal Wed, 29 Mar 2017 17:10:00 +0700 Bea Cukai Amankan 2,3 Ton Bawang Merah Ilegal Bea Cukai Amankan 2,3 Ton Bawang Merah Ilegal Bea Cukai Amankan 2,3 Ton Bawang Merah Ilegal Bea Cukai Amankan 2,3 Ton Bawang Merah Ilegal
Inilah Curhatan Pengusaha Prancis ke BKPM http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369138/inilah-curhatan-pengusaha-prancis-ke-bkpm INILAHCOM, Jakarta - Sebanyak 25 Chief Executive Officer (CEO) dari perusahaan-perusahaan Perancis menyampaikan aspirasi kepada BKPM  tentang iklim investasi serta beberapa perhatian khusus seperti stabilitas regulasi dan pentingnya kebijakan perdagangan dan investasi yang saling mendukung.

Hal tersebut terungkap dalam rangkaian kunjungan 25 CEO perusahaan papan atas Perancis tersebut bresama Presiden Perancis Francois Hollande yang siang tadi bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Tamba Hutapea menyampaikan delegasi investasi dari Perancis tersebut merespons positif berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah. “Ada tiga perusahaan yang secara khusus mengemukakan mengenai pentingnya stabilitas regulasi yang ada di Indonesia,” ujarnya sesuai mewakili Kepala BKPM dalam menerima delegasi investasi dari Perancis di Kantor BKPM.

Menurut Tamba, Perancis merupakan salah satu negara Eropa yang menyumbang investasi ke Indonesia. Dalam lima tahun terakhir (periode 2012-2016) investasi dari Perancis mencapai USD 701,5 juta atau berada di peringkat 16 dari 133 negara. “Lima sektor utama investasi Perancis adalah industri makanan 18%, logam dasar 15%, elektronik 15%, listrik gas dan air 15%, industri non logam 14% dan pertambangan 10%,” paparnya.

Sedangkan untuk lokasi, mayoritas investasi Perancis berada di Jawa 65%, sementara lainnya di Sumatera 12%, Maluku 10%, Bali dan Nusa Tenggara 9% dan Kalimantan 4%.

Pemerintah melakukan berbagai langkah konkret untuk memperbaiki iklim investasi di Indonesia. Salah satu indikatornya adalah kenaikan peringkat dalam Ease of Doing Business dari posisi 106 menjadi 91 atau naik 15 peringkat. Selain itu, beberapa terobosan kebijakan seperti layanan izin investasi 3 jam, serta berbagai paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan dengan semangat deregulasi.

Sebelumnya, pada tanggal 17 Maret 2017, Kepala BKPM juga menyelenggarakan kegiatan kunjungan kerja promosi investasi di Paris, Perancis. Pada kunjungan tersebut, Kepala BKPM melakukan pertemuan dengan Mouvement des entreprises de France (MEDEF), dan berpartisipasi pada Economic Cooperation and Development (OECD) Informal Reflection Group on Indonesia. [hid]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369138/inilah-curhatan-pengusaha-prancis-ke-bkpm Wed, 29 Mar 2017 17:04:00 +0700 Inilah Curhatan Pengusaha Prancis ke BKPM Inilah Curhatan Pengusaha Prancis ke BKPM Inilah Curhatan Pengusaha Prancis ke BKPM Inilah Curhatan Pengusaha Prancis ke BKPM
Singapura Jawara Repatriasi-Deklarasi Amnesti http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369142/singapura-jawara-repatriasi-deklarasi-amnesti INILAHCOM, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menyebutkan bahwa Singapura menjadi negara asal yang memuncaki jumlah repatriasi dan deklarasi harta luar negeri warga negara Indonesia menjelang berakhirnya program pengampunan pajak pada 31 Maret mendatang.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak, Suryo Utomo dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (29/3/2017), mengatakan sekitar 57 persen repatriasi berasal dari Singapura, atau mencapai Rp84,52 triliun.

Negara asal repatriasi lainnya yaitu Cayman Islands yang mencapai Rp16,51 triliun, Hong Kong Rp16,28 triliun, British Virgin Islands Rp6,58 triliun, dan China Rp3,65 triliun.

Kemudian untuk deklarasi luar negeri, Singapura menguasai 73 persen atau mencapai Rp751,19 triliun.

Negara asal lainnya yang mendominasi deklarasi harta luar negeri WNI yaitu British Virgin Islands yang mencapai Rp76,92 triliun, Hong Kong Rp56,27 triliun, Cayman Islands Rp52,86 triliun, dan Australia Rp41,15 triliun.

Sebagaimana diketahui, dari 250 miliar dolar AS (Rp3.250 triliun) harta orang-orang dengan kekayaan sangat tinggi dari Indonesia di luar negeri, terdapat sekitar 200 miliar dolar AS (Rp2.600 triliun) disimpan di Singapura.

Dari Rp2.600 triliun kekayaan WNI di Singapura, sekitar Rp650 triliun berada dalam bentuk "non-investable assets" seperti properti.

Menurut laman resmi pengampunan pajak DJP yang diakses pukul 14.00 WIB, jumlah komposisi harta berdasarkan surat pernyataan harta mencapai Rp4679 triliun. Dari angka tersebut, jumlah deklarasi dalam negeri mencapai Rp3.505 triliun, deklarasi luar negeri Rp1.028 triliun, dan repatrasi Rp146 triliun.

Ditjen Pajak juga mengingatkan kewajiban wajib pajak yang mengikuti program pengampunan pajak untuk menyampaikan laporan penempatan harta tambahan bagi harta deklarasi dalam negeri dan laporan pengalihan dan realisasi investasi bagi harta repatriasi secara berkala setiap tahun selama tiga tahun.

Laporan pertama disampaikan paling lambat pada 31 Maret 2018 untuk wajib pajak orang pribadi, atau 30 April 2018 untuk wajib pajak badan. [tar]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369142/singapura-jawara-repatriasi-deklarasi-amnesti Wed, 29 Mar 2017 16:53:00 +0700 Singapura Jawara Repatriasi-Deklarasi Amnesti Singapura Jawara Repatriasi-Deklarasi Amnesti Singapura Jawara Repatriasi-Deklarasi Amnesti Singapura Jawara Repatriasi-Deklarasi Amnesti
Pertamina EP Salurkan Gas dari CPP Matindok http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369134/pertamina-ep-salurkan-gas-dari-cpp-matindok INILAHCOM, Jakarta - Anak perusahaan PT Pertamina (Persero), PT Pertamina EP, mulai mengalirkan gas (on stream)  dari  Central Processing Unit Plant (CPP) Matindok di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada awal April 2017.

Rencananya,pasokan gas dari CPP Matindok dialokasikan untuk kepentingan PLN dan DSLNG. “Pertamina EP memiliki dua CPP, yaitu CPP Donggi yang sudah on stream April 2016 dan CPP Matindok yang akan on stream di awal April nanti,"ujar  Development Director PT Pertamina EP, Herutama Trikoranto di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Adapun, total kapasitas kedua CPP tersebut akan menghasilkan gas sekitar 105 MMCFD dan kondesat sekitar 850 BOPD dengan investasi mencapai US$ 762 juta.

Sementara itu, pasokan gas dari dua CPP tersebut sudah terkontrak dengan PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) sebesar 85 MMSCFD hingga 2027. Sedangkan yang  satu lagi dari PT PLN (Persero) baru akan menyerap gas 20 MMSCFD mulai mid 2020.

“Kami mendapat informasi, PLN akan menyerap gas dari CPP Matindok untuk PLTGU Sulawesi Bagian Tengah berkapasitas 150 megawatt,” ujarnya.
 
Herutama mengatakan, CPP Donggi dan Matindok merupakan proyek yang penting bagi industri minyak dan gas bumi di Indonesia dan  berperan penting dalam mempertahankan dan memperkuat posisi Indonesia sebagai negara pengekspor LNG yang utama di Dunia.

Pengoperasian CPP Matindok dan CPP Donggi akan meningkatkan kontribusi sektor minyak dan gas bumi dalam menyumbangkan devisa bagi negara dan tentunya akan menambah PAD bagi Kabupaten Banggai, selain itu diharapkan sebagian dari gas yang dihasilkan dapat digunakan untuk substitusi bahan bakar minyak dalam negeri.
 
Lebih lanjut, Herutama mengatakan keberadaan proyek migas CPP Matindok dan Donggi yang dikelola Pertamina EP selain berperan dalam ketahanan energi nasional, diharapkan juga untuk  secara langsung  berkontribusi pada pembangunan daerah.

Dalam tahap awal, Pertamina EP telah merekrut putra putri terbaik dari masyarakat setempat yang lolos dari seleksi ketat untuk dapat turut berpartisipasi dalam operasional CPP Donggi dan CPP Matindok tersebut.

“Alhamdulillah, melalui  proses rekrutmen langsung oleh Pertamina EP di sejumlah sekolah menengah atas di Banggai dan menempuh pendidikan selama setahun di Cepu, banyak tenaga kerja dari warga lokal bekerja di sini,” kata dia.

CPP Matindok dan CPP Donggi mendapat pasokan gas dari Blok Matindok. Kedua CPP ini memiliki fasilitas lengkap dan mengimplementasikan  teknologi baru yang effisien dan ramah lingkungan (Green Plant), mengingat gas yang dihasilkan dari bumi Kabupaten Banggai ini memiliki impurities atau material lain dengan kandungan yang cukup tinggi sehingga perlu dilakukan proses pemurnian sebelum dapat di jual ke konsumen.
 
Berdasarkan perhitungan atas cadangan gas dan hasil  kajian kelayakan ekonomi untuk pengembangan lapangan, Blok Matindok diperkirakan akan mampu berproduksi untuk jangka waktu 20 Tahun kedepan, namun Pertamina EP berkomitmen untuk melakukan eksplorasi lanjutan dengan harapan untuk dapat menemukan cadangan gas baru agar dapat terus mendukung dan menunjang pembangunan di wilayah Sulawesi Tengah. [hid]
 

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369134/pertamina-ep-salurkan-gas-dari-cpp-matindok Wed, 29 Mar 2017 16:28:00 +0700 Pertamina EP Salurkan Gas dari CPP Matindok Pertamina EP Salurkan Gas dari CPP Matindok Pertamina EP Salurkan Gas dari CPP Matindok Pertamina EP Salurkan Gas dari CPP Matindok
Pengusaha Prancis Siap Investasi US$2,6 M http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369119/pengusaha-prancis-siap-investasi-us26-m INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyambut baik kunjungan Presiden Prancis Francois Hollande yang membawa 40 pengusaha dengan komitmen investasi baru sekitar 2,6 miliar dolar AS.

"Saya menyambut komitmen baru pengusaha Prancis sekitar 2,6 miliar dolar AS untuk meningkatkan kerja sama di bidang energi, infrastruktur, dan retail," kata Presiden saat konferensi pers bersama dengan Presiden Francois Hollande di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Menurut Presiden, kedatangan Presiden Hollande merupakan kunjungan bersejarah karena sejak 31 tahun tidak ada Presiden Prancis yang berkunjung ke Indonesia.

"Baru saja telah melakukan bilateral dengan Presiden Hollande dan kami sepakat meningkatkan komitmen hubungan baik. Indonesia dan Prancis memiliki hubungan kerjasama stratergis yang sangat baik, termasuk di bidang ekonomi," katanya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah Prancis yang telah membantu melawan tindakan diskriminatif terhadap produk sawit Indonesia.

"Saya telah jelaskan bahwa isu 'sustainability' bagi kelapa sawit merupakan prioritas bagi Indonesia," kata Presiden.

Presiden Jokowi juga mengatakan Indonesia juga menyampaikan usulan agar pola kerja sama yang sudah terjalin pada produk kayu melalui lisensi FLEGT (Forest Law Enforcement, Governance, and Trade) dapat dilakukan untuk produk kelapa sawit Indonesia.

Presiden juga menyambut baik fokus baru dalam bilateral Indonesia-Prancis, yaitu kerja sama maritim dan ekonomi kreatif.

"Indonesia telah meminta kerja sama dalam memerangi IU Fishing, termasuk menjadikan IUU (Illegal, unreported and unregulated) fishing masuk sebagai 'transnational crime organitation'," harap Presiden.

Sementara untuk bidang ekonomi kreatif, kata Jokowi, kerjasama di bidang sinematografis, perfilman, fashion dan ekonomi digital akan terus dikembangkan.

Presiden Hollande mengatakan sejak 2012 telah berkomitmen untuk meningkatkan kemitraan yang telah ditandatangani, seperti perikanan, pertanian, prasaranan, transportasi dan energi terbarukan.

Terkait minyak sawit, Hollande mengatakan Perancis menyadari pentingnya keberadaan Indonesia dan Malaysia dalam industri ini.

"Kita sadar peraturan lingkungan hidup harus ditaati, makanya kami setuju untuk proses sertifikasi minyak sawit seperti untuk kayu tropis (FLEGT). Dan ini akan menjadi peraturan Uni eropa dengan tetap melindungi konsumen, dan produsen pun tetap hidup," kata Hollande.

Dalam bidang ekonomi kreatif, Hollande mengatakan industri kreatif, film, fashion, video game harus memiliki kesanggupan produksi sendiri dengan ciri khas dengan kebudayaannya sendiri. [tar]
 

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369119/pengusaha-prancis-siap-investasi-us26-m Wed, 29 Mar 2017 16:03:00 +0700 Pengusaha Prancis Siap Investasi US$2,6 M Pengusaha Prancis Siap Investasi US$2,6 M Pengusaha Prancis Siap Investasi US$2,6 M Pengusaha Prancis Siap Investasi US$2,6 M
Jonan: Tren Baru Pelanggan Rela Tak Disubsidi http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369117/jonan-tren-baru-pelanggan-rela-tak-disubsidi INILAHCOM, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengatakan dirinya takjub atas perilaku pelanggan 900 VA.

Menteri Jonan, menuturkan pemerintah memang telah mengurangi subsidi listrik untuk pengguna 900 VA. Dari sebelumnya 46 juta pelanggan menjadi 23 juta pelanggan, sementara pengguna 450 VA tetap disubsidi dan akan terus ditambah.

Biasanya, keluhan datang dari pelanggan yang tadinya mendapatkan subsidi menjadi tidak mendapatkan subsidi. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

Menteri Jonan mengaku senang sebab ada tujuh pelanggan listrik 900 VA yang mengirimkan surat kepada Dirjen Ketenagalistrikan untuk dicabut subsidinya.

"Ada fenomena menarik, dari lapangan dirjen ketenagalistrikan bulan lalu ada tujuh pelanggan listrik 900 VA minta nama mereka dihapus dari orang yang mendapat subsidi. Ini bagus sekali," ungkap Jonan dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Artinya, lanjut Jonan, hal ini merupakan inisiatif yang baik dari masyarakat. Bahkan, Jonan berharap semoga lebih banyak lagi masyarakat yang memiliki inisiatif seperti itu.

"Saya tanya Pak Dirjen (Ketenagalistrikan), ada gak yang pegawai ESDM (minta dicabut subsidinya)? Pak Dirjen bilang nggak ada. Mungkin pegawai ESDM kebalikannya, tidak disubsidi minta disubsidi," kelakarnya. [hid]
 

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369117/jonan-tren-baru-pelanggan-rela-tak-disubsidi Wed, 29 Mar 2017 15:26:00 +0700 Jonan: Tren Baru Pelanggan Rela Tak Disubsidi Jonan: Tren Baru Pelanggan Rela Tak Disubsidi Jonan: Tren Baru Pelanggan Rela Tak Disubsidi Jonan: Tren Baru Pelanggan Rela Tak Disubsidi
Jalan Ekspor Jagung ke Malaysia Semakin Dekat http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369107/jalan-ekspor-jagung-ke-malaysia-semakin-dekat INILAHCOM, Pandeglang - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melaksanakan Gerakan Tanam dan Panen Jagung Hibrida serta Inseminasi Buatan (IB) kerbau di Desa Kadujangkung, Kecamatan Mekarjaya, Pandeglang, Banten, Rabu (29/3/2017).

Panen dan tanam jagung dilaksanakan di areal seluas 120 ha dengan produktivitas 6 ton per ha. Untuk luasan panen kabupaten Pandeglang sendiri terus meningkat setiap tahunnya. "Pada 2015 seluas 3.800 ha, tahun 2016 seluas 3.900 ha atau naik 2%, sedangkan target 2017 ini seluas 9.000 ha dengan membangun lahan tidur," ungkap Bupati Pandeglang, Irna Narulita

Mentan Amran Sulaiman memberikan bantuan untuk Kabupaten Pandeglang berupa benih kedelai 3.000 kg, benih padi hibrida 1.250 kg, benih jagung hibrida 2.850 kg, satu paket inseminasi buatan SIWAB (Sapi Indukan Wajib Bunting), satu traktor roda dua, bibit cabai sejumlah 2.000 pohon.

Mentan memaparkan, saat ini Malaysia siap menerima jagung dari Indonesia. “Dengan melihat Indonesia yang mampu menurunkan impor jagung secara drastis (sekitar 3 juta ton) atau 66 %, Malaysia siap mengimpor jagung dari Indonesia,” ungkap Amran. Untuk harga, Amran memastikan harga jagung pipil basah dapat terjaga di angka Rp 2.700/kg sesuai Perpres.

Dalam sambutannya, Amran sangat berharap Banten dapat menopang kebutuhan jagung nasional khususnya DKI Jakarta. Dengan melihat masih banyaknya lahan yang tak termanfaatkan, diharapkan Provinsi Banten dapat mengembangkan dua ratus ribu hektar lahan jagung. “Kementerian Pertanian siap membantu benih jagung sampai dengan seratus ribu hektar,” ungkap Amran.

Amran juga memberikan bantuan tambahan berupa 20 pompa serta 10 traktor roda dua. Di tempat yang sama, Amran juga merealisasikan bantuan traktor yang sebelumnya dijanjikan kepada muslimat NU Pandeglang saat menghadiri Rapat Pimpinan Nasional Muslimat NU yang dilaksanakan hari Minggu (26/3/2017).

Irna Narulita sendiri menyambut baik niat Kementerian Pertanian yang menambah luas tanam jagung seluas 3 juta ha untuk tahun ini. Dengan kondisi saat ini dimana Pandeglang menjadi lumbung padi untuk provinsi Banten, Irna optimis Pandeglang dapat membantu menyuseskan program pemerintah tersebut.

“Unggulan kita (Kabupaten Pandeglang) bukan  hanya gabah, diharapkan (juga) menjadi lumbung jagung. Kami juga meminta masyarakat bekerja keras bersama pemerintah agar swasembada berkelanjutan akan terwujud di republik ini,” jelas Irna.

Di sela-sela acara tersebut, Amran juga melaksanakan gerakan tanam cabai bersama Bupati, WaAster Kasad, Brigjen TNI Budi Sulistijono, dan Kapolda Banten, Brigjen Listyo Sigit Prabowo. Amran kembali menyatakan komitmennya bersama petani sesuai instruksi Joko Widodo. "Hadir di tengah petani, beri bantuan ke mereka, jangan biarkan mereka sendiri". [*]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369107/jalan-ekspor-jagung-ke-malaysia-semakin-dekat Wed, 29 Mar 2017 15:05:00 +0700 Jalan Ekspor Jagung ke Malaysia Semakin Dekat Jalan Ekspor Jagung ke Malaysia Semakin Dekat Jalan Ekspor Jagung ke Malaysia Semakin Dekat Jalan Ekspor Jagung ke Malaysia Semakin Dekat
Inilah Persiapan Hadapi Era Trumponomics http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369112/inilah-persiapan-hadapi-era-trumponomics INILAHCOM, Jakarta - Indonesia sudah harus siap dalam segala kemungkinan ekonomi yang mungkin menjadi kebijakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump atau yang dikenal dengan Trumponomics.

Kebijakan tersebut dapat mempengaruhi hubungan baik perdagangan maupun perindustrian negara. Trump telah membawa Amerika keluar dari perjanjian perdagangan multilateralnya dengan beberapa negara seperti TPP (Trans Pasific Partnership) dan rencananya untuk meregulasi perjanjian dengan dua negara tetangganya, Kanada dan Meksiko melalui Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA). Amerika sepertinya lebih tertarik untuk membuat perjanjian bilateral untuk membentuk tembok perdagangan dan negosiasi.

Maka dari itu Indonesia harus siap dengan perjanjian apa saja yang mungkin nanti akan dianjurkan Amerika. Sampai saat ini saja neraca perdagangan Indonesia dengan Amerika hanya mencapai Rp25 miliar saja, kalah dengan Vietnam hingga dua kali lipatnya.

"Kita harus bikin agenda apa yang akan kita promosikan dan jual kepada Amerika, apa yang bisa diekspor dan sebaiknya juga bisa menambah investasi Amerika ke Indonesia," kata Christianto Wibisono, ketua pendiri PDBI di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Saat ini Amerika hanya berada di posisi 10 dalam soal investasi. Artinya kalah dengan negara-negara ekonomi terkuat dunia lainnya. Untuk itu Indonesia harus bisa mendiversifikasikan komunikasi bisnisnya dengan negara partner lainnya seperti China, negara ASEAN dan Eropa.

"Makanya kita harus bisa mengidentifikasi produk-produk mana yang kita harus bisa bersaing," kata Christianto. [hid]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369112/inilah-persiapan-hadapi-era-trumponomics Wed, 29 Mar 2017 14:58:00 +0700 Inilah Persiapan Hadapi Era Trumponomics Inilah Persiapan Hadapi Era Trumponomics Inilah Persiapan Hadapi Era Trumponomics Inilah Persiapan Hadapi Era Trumponomics
Aktivitas Tambang Rusak Pulau-Pulau Kecil? http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369096/aktivitas-tambang-rusak-pulau-pulau-kecil INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama-sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral diminta untuk benar-benar memberantas aktivitas pertambangan yang merusak pesisir dan pulau-pulau kecil di kawasan perairan nasional.

"Langkah tegas yang harus dilakukan oleh KKP adalah berkoordinasi dengan ESDM untuk menghentikan praktek ekstraktif yang marak di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil," kata Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan, Abdul Halim di Jakarta, Rabu.

Menurut Abdul Halim, pemerintah juga sangat terbuka untuk melakukan penuntutan hingga penutupan terhadap kegiatan pertambangan yang destruktif.

Apalagi, dia mengingatkan bahwa regulasi mengenai pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil sudah sangat tegas melarang pertambangan di berbagai kawasan itu.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengingatkan kawasan pertambangan di sejumlah daerah jangan sampai merusak ekosistem di kawasan pesisir karena tempat tersebut merupakan lokasi penangkapan ikan bagi para nelayan termasuk nelayan tradisional.

"Nanti akan saya koordinasikan dengan Menteri BUMN, agar memberikan peringatan kepada perusahaan tambang, untuk bagaimana caranya agar ekosistem ikan tidak terganggu," kata Menteri Susi.

Selain itu, Susi Pudjiastuti juga berpesan untuk tidak menggunakan plastik, mengingat saat ini sudah ada jutaan ton sampah plastik yang berada di perairan Indonesia.

Sementara itu, Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) menginginkan kebijakan pemerintah dapat melindungi wilayah perikanan tangkap bagi nelayan kecil yang telah berabad-abad melaut di kawasan perairan tersebut.

"Nelayan kecil diberikan kebebasan menangkap ikan di seluruh wilayah Indonesia tetapi tidak ada upaya untuk melindungi wilayah perikanan tangkap yang telah dimanfaatkan secara turun-temurun," kata Ketua KNTI Marthin Hadiwinata.

Menurut dia, nelayan kecil pada saat ini masih kerap dihadapkan dengan rezim pengaturan yang sama yang akan kembali memarjinalkan mereka dengan pengaturan yang lemah terkait dengan tenurial.

Pada akhirnya, ujar dia, hal tersebut nelayan kecil berada dalam situasi terpaksa kompetisi dengan nelayan/perikanan skala lainnya.

Ia juga mengingatkan bahwa nelayan juga kerap dihadapkan dengan perampasan laut dan tanah melalui proyek reklamasi, infrastruktur di pesisir, dan proyek pariwisata yang meminggirkan warga. [tar]
 

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369096/aktivitas-tambang-rusak-pulau-pulau-kecil Wed, 29 Mar 2017 14:17:00 +0700 Aktivitas Tambang Rusak Pulau-Pulau Kecil? Aktivitas Tambang Rusak Pulau-Pulau Kecil? Aktivitas Tambang Rusak Pulau-Pulau Kecil? Aktivitas Tambang Rusak Pulau-Pulau Kecil?
Ditjen Pajak Akui Laporan SPT Via Online Naik http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369087/ditjen-pajak-akui-laporan-spt-via-online-naik INILAHOCOM, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menyebutkan pelaporan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak untuk tahun pajak 2016 banyak yang disampaikan dalam jaringan melalui "e-Filing".

"Jadi bagus, banyak yang migrasi dari manual ke 'e-Filing' karena praktis dan mengurangi beban kami di kantor pajak," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Hestu Yoga Saksama dalam konferensi pers di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Hestu menyebutkan jumlah SPT tahunan per Selasa (28/3) yang telah disampaikan mencapai 7,2 juta. Dari angka tersebut, 5,9 juta SPT diantaranya disampaikan dalam jaringan melalui "e-Filing".

Sementara itu, Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak DJP Yon Arsal mengatakan tingkat kepatuhan wajib pajak terkait pelaporan SPT meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Dia menyebutkan jumlah penyampaian SPT tahunan pada 28 Maret tahun lalu mencapai 5,5 juta, dan pada akhir periode pelaporan mencapai 8,6 juta SPT. "Tahun lalu 2,5 - 3,5 juta yang masuk di tiga hari terakhir," kata Yon.

Sebagaimana diketahui, DJP telah memberi relaksasi bagi seluruh wajib pajak untuk melaporkan SPT tahunan pajak penghasilan tahun pajak 2016 paling lambat 21 April 2017 untuk semua metode penyampaian.

Menurut ketentuan umum dan tata cara perpajakan, wajib pajak seharusnya menyampaikan SPT Tahunan dalam waktu tiga bulan setelah akhir tahun pajak atau pada tanggal 31 Maret.

Hestu Yoga mengatakan salah satu alasan perpanjangan pelaporan SPT terkait dengan masalah teknis, namun alasan utama adalah untuk memfokuskan pelaksanaan amnesti pajak.

Wajib pajak orang pribadi yang menyampaikan SPT tahunan 1-21 April 2017 dikecualikan dari sanksi sesuai Pasal 7 UU Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan.

Batas waktu pembayaran kurang bayar dalam SPT tahunan PPh OP Tahun Pajak 2016 tetap 31 Maret 2017.

"Kami memberi kesempatan bagi wajib pajak yang mau ikut pengampunan pajak silakan fokus ikut pengampunan pajak, tetapi SPT tahunan pembayarannya pph pasal 29 tetap harus dilakukan paling lambat 31 Maret," kata Hestu. [tar]
 

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2369087/ditjen-pajak-akui-laporan-spt-via-online-naik Wed, 29 Mar 2017 13:52:00 +0700 Ditjen Pajak Akui Laporan SPT Via Online Naik Ditjen Pajak Akui Laporan SPT Via Online Naik Ditjen Pajak Akui Laporan SPT Via Online Naik Ditjen Pajak Akui Laporan SPT Via Online Naik