Inilah.com - Ekonomi http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Tue, 25 Jul 2017 23:59:19 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/ekonomi http://www.inilah.com/ Inilah.com - Ekonomi http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Baru 10 PLUT KUMKM Berbentuk Lembaga UPTD http://ini.la/2393444 INILAHCOM, Jakarta - Untuk status kelembagaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM, dari 49 PLUT KUMKM yang sudah beroperasi, baru 10 buah yang sudah memiliki bentuk kelembagaan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

Sementara yang dalam proses pembentukan UPTD sebanyak 14 PLUT KUMKM dan satu PLUT KUMKM dalam proses pembentukan kelembagaan BLUD. Sedangkan 24 PLUT KUMKM belum melakukan proses pembentukan kelembagaan. Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementrian Koperasi dan UKM, Yuana Sutyowati, pada acara koordinasi optimalisasi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM di Jakarta, Selasa (25/7).

Di acara yang dihadiri 49 Kepala Dinas yang membidangi koperasi dan UMKM, Yuana mengatakan fokus bahasan pada koordinasi kali ini, selain tentang kelembagaan, juga terkait pendayagunaan  gedung PLUT KUMKM, kinerja konsultan pendamping, sinergitas dengan K/L dan instansi setempat, progres hibah, dan pemaketan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) bidang pendampingan KUMKM. "Beberapa gedung PLUT KUMKM beralih fungsi menjadi gedung kantor dinas terkait. Padahal, seharusnya sebagai tempat Konsultan Pendamping dalam melayani KUMKM," ungkap Yuana.

Di samping itu, lanjut Yuana, belum seluruhnya gedung PLUT KUMKM mempunyai galeri yang berfungsi sebagai display produk unggulan daerah. "Untuk itu, perlu didorong agar merealisasikan fungsi galeri. Dalam rangka optimalisasi galeri PLUT KUMKM akan dilakukan kerjasama dengan LLP KUMKM. Sebagai pilot project, akan dilakukan di tiga PLUT KUMKM terpilih, yang selanjutnya akan diduplikasikan di seluruh PLUT KUMKM," papar Yuana.

Sedangkan mengenai program Kampung UKM Digital hasil kerjasama dengan PT Telkom Indonesia Tbk, Yuana menyebutkan bahwa telah terealisasi di 23 PLUT KUMKM. Sisanya, 20 PLUT KUMKM sedang dalan proses dan enam PLUT KUMKM belum ada jaringan. "Dilakukan juga kerjasama dengan Kadin untum pemasaran online melalui ukmmarket.co.id telah terealisasi 1.274 UKM difasilitasi sosialisasi pemasaran online dan 2.280 produk UMKM difasilitasi pemasaran online," kata Yuana lagi.

Yuana menambahkan, paket SKKNI bidang pendampingan UMKM meliputi SKKNI, KKNI, Module, telah mendapat persetujuan Menteri Tenaga Kerja Nomor 181 Tahun 2017 tentang penetapan standar  kompetensi kerja nasional Indonesia kategori aktifitas profesional, ilmiah dan teknis golongan pokok aktifitas kantor pusat dan konsultasi manajemen bidang pendampingan UMKM.

"Untuk solusi terhadap kebutuhan program pendampingan PLUT KUMKM di daerah, kami mencanangkan program PLUT KUMKM Mandiri yang merupaka  replikasi program secara swadaya dari pemerintah daerah diantaranya provinsi, kabupaten, dan kota. Dengan menggunakan sarana dan prasarana aset gedung yang tersedia milik pemda, akan difungsikan sebagai PLUT KUMKM," jelas Yuana.

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2393444 Tue, 25 Jul 2017 19:58:00 +0700 Baru 10 PLUT KUMKM Berbentuk Lembaga UPTD Baru 10 PLUT KUMKM Berbentuk Lembaga UPTD Baru 10 PLUT KUMKM Berbentuk Lembaga UPTD Baru 10 PLUT KUMKM Berbentuk Lembaga UPTD
Tumbuh di Atas 8%, Pertamina Fokus Genjot Produksi http://ini.la/2393389 INILAHCOM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) masih mampu mempertahankan pertumbuhan produksi di atas 8% di tengah kondisi bisnis Migas yang belum pulih sepenuhnya. Pertumbuhan kinerja operasional ini menunjukkan Pertamina tetap ingin fokus meningkatkan produksi secara maksimal.

“Produksi migas Pertamina yang tumbuh signifikan di atas 8%, menunjukkan kuatnya komitmen perusahaan untuk terus mendukung ketahanan energi nasional,” kata Vice President Corporate Communication Adiatma Sardjito, dalam keterangannya, Selasa (27/7/2017).

Sampai Juni (semester Pertama)  2017, Pertamina berhasil membukukan produksi Migas sebesar 692 ribu BOEPD atau naik 8,12% jika dibanding realisasi periode yang sama tahun lalu sebesar 640 ribu BOEPD. Dari produksi semester Pertama sebesar 692 ribu BOEPD, Adiatma merinci, produksi minyak mencapai 343 ribu BOEPD naik 12,45%  dari realisasi periode yang sama tahun lalu 305 ribu BOEPD. Sementara gas produksinya 2.022 mmscfd atau naik tipis 4,33% dari periode yang sama tahun lalu sebesar 1.938 mmscfd.

Jika dibanding produksi Januari-Maret 2016 sebesar 649 ribu BOEPD,  produksi semester Pertama 2017 ada tren kenaikan yang cukup signifikan. “Tren ini diharapkan terus berlanjut di semester II 2017,” tuturnya.

Untuk meningkatkan produksi Migas 2017, Pertamina telah menganggarkan US$ 3,44 miliar guna mendanai berbagai kegiatan produksi. Pertamina akan melakukan pengeboran di 28 sumur eksplorasi dan 129 sumur pengembangan, melaksanakan kerja ulang 31 sumur, serta menjalankan 5.000 pekerjaan perawatan sumur. Beberapa pekerjaan sedang berlangsung, seperti pengeboran development, reaktivasi sumur, dan lainnya.

Menurut Adiatma, dari data kenaikan produksi 2017, sumbangan produksi terbesar berasal dari blok Migas di luar negeri yang dikelola Pertamina Internasional E&P (PIEP). Pertamina yang memiliki blok Migas di 12 negara mampu meningkatkan produksinya menjadi 152 ribu BOEPD atau naik 28,81% dari tahun sebelumnya 118 BOEPD.

Rincian produksi blok migas di luar negeri sebesar 152 ribu BOEPD terdiri minyak sebesar 104 ribu BOEPD dan gas 291 mmscfd. Sebuah tren kenaikan produksi yang sangat signifikan, karena produksi Migas semester I tahun 2016 untuk minyak 84 ribu BOEPD dan gas 197 mmscfd.

Kenaikan produksi yang cukup signifikan, berasal dari produksi Maurel & Prom yang akhir tahun 2016 berhasil diakuisisi Pertamina sebesar 72,65%. Perusahaan Migas dari Perancis ini memiliki Blok Migas di Gabon, Nigeria, Tanzania, Namibia, Kolombia, Kanada, Myanmar, Italia, dan Negara lainya. Aset utama yang telah berproduksi di Gabon, Nigeria dan Tanzania. Produksi Maurel & Prom ditargetkan 30 ribu BOEPD.

Ditopang Produksi Aljazair dan Irak, Produksi Migas Pertamina di luar negeri menjadi andalan untuk mengejar target produksi Migas 1,9 juta BOEPD pada 2025. Blok di luar negeri ditargetkan mampu menyumbang produksi 650 ribu BOEPD atau, sepertiga dari produksi total Pertamina.

Selain dari blok luar negeri, kenaikan produksi Pertamina juga ditopang oleh produksi dalam negeri, khususnya dari blok Offshore North West Java (ONWJ) dan Blok Cepu. “ONWJ sekarang menjadi sepenuhnya milik Pertamina setelah diperpanjang terminasinya PI Pertamina 100%. Blok Cepu juga jadi andalan Pertamina untuk produksi 2017,” tegas Adiatma. [*]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2393389 Tue, 25 Jul 2017 17:07:00 +0700 Tumbuh di Atas 8%, Pertamina Fokus Genjot Produksi Tumbuh di Atas 8%, Pertamina Fokus Genjot Produksi Tumbuh di Atas 8%, Pertamina Fokus Genjot Produksi Tumbuh di Atas 8%, Pertamina Fokus Genjot Produksi
Kemendag Minta PT IBU Buktikan di Pengadilan http://ini.la/2393378 INILAHCOM, Jakarta - PKemendag meminta PT Indo Beras Unggul (IBU), untuk membuktikan jika pihaknya mengaku tak bersalah atas tuduhan Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang melakukan pengerebegan gudang beras miliknya di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Boleh saja orang berbeda pendapat, nanti buktikan saja melalui hukum di pengadilan," kata Karyanto Suprih, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, di Gedung DPR Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Kata Karyanto, Indonesia menganut asas praduga tak bersalah, sah-sah saja bila PT IBU melakukan bantahan terhadap tuduhan bareskrim.

Akan tetapi, kata dia, aparat hukum juga tidak bertindak semena-mena. Pastinya ada dasar hukum atas penggerebegan gudang itu. "Tapi aparat tidak semena-mena dong. Pasti ada dasarnya melakukan kegiatan seperti itu dan itu yang bisa menjawab satgas pangan," jelasnya.

Dia menuturkan, satgas pangan sudah melakukan pengintaian sejak berbulan-bulan kepada PT IBU. "Mereka itu kan sudah lama, bukan saat itu, dan sudah bulan-bulan sbelumnya menurut informasi untuk melakukan sidak itu," ujarnya. [hid]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2393378 Tue, 25 Jul 2017 16:51:00 +0700 Kemendag Minta PT IBU Buktikan di Pengadilan Kemendag Minta PT IBU Buktikan di Pengadilan Kemendag Minta PT IBU Buktikan di Pengadilan Kemendag Minta PT IBU Buktikan di Pengadilan
Bea Cukai Amankan 4.280 Burung Murai dari Malaysia http://ini.la/2393372 INILAHCOM, Batam - Tim patroli laut, bersama Pangkalan Sarana Operasi, dan Coastal Surveillance System (CSS) Bea Cukai Batam berhasil menggagalkan penyeludupan 4.280 ekor burung murai dari Malaysia ke Batam, Kamis (20/7/2017).

Satwa yang dilindungi itu diangkut dari pelabuhan liar Malaysia, menggunakan speedboat yang dimasukkan ke dalam 214 keranjang, dengan muatan masing-masing 20 ekor, kemudian ditutup dengan terpal agar tidak ketahuan petugas.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Batam, Raden Evy Suhartantyo mengatakan saat melakukan patroli rutin pihaknya melihat speedboat pembawa burung murai tersebut.

"Kami melihat speedboat sarat muatan melaju di tengah laut menuju Batam. Curiga melihat kapal tersebut, patroli mencoba mendekat. Ternyata mereka malah tancap gas dari kejaran petugas. Karena diburu, mereka kabur ke perairan Batam, di wilayah Tiban Mentarau, Kelurahan Tiban Indah, hingga kandas dekat bibir pantai. Sementara itu, lima anak buah kapal (ABK) tersebut langsung terjun dari speedboat untuk berusaha melarikan diri," ungkap Evy, Jumat (21/7/2017).

Evy menambahkan, penangkapan ini berhasil berkat kerja sama patroli gabungan Bea Cukai yang terdiri dari Satuan Tugas kapal patroli BC 20007, BC 1001, BC 15028, dan BC 1501. Saat ini, petugas Bea Cukai telah melakukan koordinasi dengan pihak Karantina Hewan Kota Batam untuk mengamankan burung murai tersebut.  [*]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2393372 Tue, 25 Jul 2017 16:27:00 +0700 Bea Cukai Amankan 4.280 Burung Murai dari Malaysia Bea Cukai Amankan 4.280 Burung Murai dari Malaysia Bea Cukai Amankan 4.280 Burung Murai dari Malaysia Bea Cukai Amankan 4.280 Burung Murai dari Malaysia
Menkeu Tegaskan Saatnya Bangun Infrastruktur http://ini.la/2393347 INILAHCOM, Jakarta - Menkeu Sri Mulyani Indrawati menjelaskan saat ini Indonesia tertinggal jauh dalam membangun infrastruktur. Peran swasta menjadi sangat penting untuk dapat mengembangkan infrstruktur.

"Mengejar ketertinggalan infrastruktur bukanlah hal yang mudah karena jika kita over doing it kita bisa menjatuhkan banyak keberlanjutan keuangan publik. Inilah mengapa peran private sector menjadi sangat penting," jelas Menkeu acara Indonesia Infrastruktur Finance Forum 2017 di hotel Fairmont (25/7/2017).

Ketertinggalan sektor infrastruktur karena para pemimpin terdahulu sejak krisis di tahun 1997-1998 berusaha untuk menstabilkan kondisi ekonomi, mengembalikan kepercayaan publik, mengurangi utang serta membuat keuangan negara kembali sehat dan kuat. Namun dengan kondisi Indonesia yang sudah lebih baik, rate utang terhadap GDP sudah cukup rendah, maka sekarang saatnya Indonesia mengejar ketertinggalan sektor insfrstruktur.

Menkeu menambahkan, Indonesia akan menggabungkan berbagai macam alternatif dalam skema pembiayaan. Tujuannya agar masyarakat tidak hanya dapat menikmati hasil pembangunan infrastruktur dalam jangka waktu yang tidak lama tetapi Pemerintah juga mampu mendapatkan skema pembiayaan yang lebih bertanggung jawab.

Pemerintah sudah memiliki bekal yang positif karena Indonesia berada pada tingkat pertama dalam hal Trust and Confidence in National Government berdasarkan Gallup Polling pada publikasi Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

Level kepercayaan publik merupakan hal yang sangat penting bagi Pemerintah untuk meyakinkan masyarakat bahwa Pemerintah memiliki integritas serta kemampuan yang baik dalam menjalankan tugas-tugasnya.

"Level kepercayaan publik pada pemerintah Indonesia tahun 2016 mencapai 80%. Angka ini sangat tinggi dibandingkan dengan negara-negara OECD lainnya seperti US, UK, Jerman, bahkan Perancis. Kami bahkan mengalahkan Swiss yang selalu dikatakan tidak dapat dikalahkan," katanya. [hid]
 
 

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2393347 Tue, 25 Jul 2017 15:06:00 +0700 Menkeu Tegaskan Saatnya Bangun Infrastruktur Menkeu Tegaskan Saatnya Bangun Infrastruktur Menkeu Tegaskan Saatnya Bangun Infrastruktur Menkeu Tegaskan Saatnya Bangun Infrastruktur
BCA Life Punya Bos Baru http://ini.la/2393315 INILAHCOM, Jakarta - PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) memiliki bos baru yakni Rio C Winardi yang menggantikan Christine Setyabudhi.

Rio sendiri resmi menjabat sebagai bos BCA Life sejak 24 Mei 2017. Di bawah kepemimpinannya dirinya berjanji akan membawa perseroan meningkatkan kinerja bisnis dengan berkolaborasi dengan induk usaha, yakni PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Rio mengungkapkan, fokus BCA Life ke depan ialah perluasan dan pendalaman pasar, yang direalisasikan melalui peluncuran beragam produk asuransi jiwa yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah BCA. “Kita ingin menjadikan BCA Life menjadi perusahaan perasuransian yang terkemuka di Indonesia, selama semester I 2017 ini kinerja perusahaan cukup bagus ketimbang dengan perusahaan industri asuransi lainnya," kata Rio di kawasan Kuningan, Jakarta Selasa (25/7/2017).

Rio Winardi menambahkan, bahwa menginjak usia ketiga, BCA Life semakin berakselerasi dengan strategi product & service differentiation serta market & channel expansions. Hal ini dilakukan melalui sinergi dengan layanan customer service Halo BCA 1400888 (24 jam sehari 7 hari seminggu), layanan BCA Live V-Chat, yaitu layanan video call online untuk para nasabah di gerai myBCA di beberapa mal di Jakarta dan Surabaya, serta akun Facebook & Twitter BCA Life di @MyBCALife.

Selain menjalankan rencana bisnis dengan cermat, BCA Life juga konsisten menggelar kegitan sosial dan literasi edukasi asuransi. Salah satu kegiatan sosial yang secara konsiten telah dilakukan dalam rangka ulang tahun BCA Life adalah bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta mengadakan kegiatan donor darah di lingkungan Kantor Pusat BCA Life, Chase Plaza, Jakarta yang tahun ini akan diadakan pada hari Jumat, (28/7/2017) besok.

Tercatat hingga semester I-2017, BCA Life mencatatkan perolehan premi sebesar Rp269,529 miliar dengan nasabah aktif sebanyak 378.733.

"Pencapaian yang telah diraih BCA Life meyakinkan kita untuk lebih optimis dalam mewujudkan misinya sebagai perusahaan asuransi jiwa nasional yang terkemuka di Indonesia," harapnya. [hid]
    

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2393315 Tue, 25 Jul 2017 14:09:00 +0700 BCA Life Punya Bos Baru BCA Life Punya Bos Baru BCA Life Punya Bos Baru BCA Life Punya Bos Baru
Kemendag Bantah Sengaja Revisi Aturan HET http://ini.la/2393325 INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah membantah jika revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 27 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Tingkat Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen diputuskan mendadak.

Hal ini berkaitan dengan adanya isu keluarnya Permendag Nomor 47 Tahun 2017 yang merupakan revisi Permendag Nomor 27 Tahun 2017 dua hari sebelum pengerebegan gudang beras milik PT Indo Beras Unggul (IBU) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Karyanto Suprih, menuturkan pihaknya beleid yang direvisi itu belum resmi diundangkan. "Setiap SOP-nya kalau ada permendag atau permen harus diundangkan, kan belum diundangkan, maka masih berlaku permen 27 tahun 2017," ujarnya di DPR, Selasa (25/7/2017).

Karyanto menjelaskan, Permendag Nomor 47 Tahun 2017 itu belum diundangkan alias belum ditandatangani oleh Kementerian Hukum dan HAM. Hal ini lantaran dalam menerbitkan aturan baru, perlu ada harmonisasi dan sosialisasi. "Jadi sekarang masih berlaku permendag 27, jadi (penggerebegan gudang PT IBU) ga mengacu pada revisinya, kan belum diundangkan," ujarnya.

Dalam beleid Nomor 27 Tahun 2017, harga acuan tingkat konsumen ditetapkan sebesar Rp9.500/kg sementara dalam revisinya diubah menjadi Rp9.000/kg.

Sebelumnya, Direktur Tindak Pidana Khusus, Brigjen Agung Prasetya, mengatakan harga penjualan di tingkat konsumen terhadap beras produk PT IBU jauh dari harga yang ditetapkan pemerintah yaitu sebesar Rp9.500/kg.

Pelaku usaha yang terkait pangan, kata Agung, harus mengikuti harga acuan bahan pangan yang diatur pemerintah. "Saat ini aturan tersebut telah diperbaharui melalui Permendag 47 Tahun 2017 yang ditetapkan tanggal 18 Juli 2017," kata Agung beberapa waktu lalu. [hid]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2393325 Tue, 25 Jul 2017 13:55:00 +0700 Kemendag Bantah Sengaja Revisi Aturan HET Kemendag Bantah Sengaja Revisi Aturan HET Kemendag Bantah Sengaja Revisi Aturan HET Kemendag Bantah Sengaja Revisi Aturan HET
Pertamina Bahas Teknologi Hulu, Kejar 2.045 MBOE http://ini.la/2393301 INILAHCOM, Jakarta - Pekerja Migas di lingkungan Direktorat Hulu PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan Forum Sharing Teknologi Hulu (FSHT) ke-4 untuk menghasilkan temuan baru di bidang teknologi hulu yang bisa dimplementasikan secara praktis di blok-blok Migas Pertamina.

Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana sosialisasi kebijakan dan rencana implementasi aspirasi hulu Pertamina tahun 2030, di antaranya meningkatkan Produksi Migas menuju 2.045 MBOE  dan Geothermal Road to 2.300 MW.

Direktur utama PT Pertamina (Persero) Elia  Massa Manik di Makassar, Senin (24/7/2017)  berharap FSHT dapat mendukung peningkatan produksi dan cadangan migas. Dengan menciptakan sinergi  Direktorat Hulu, Anak Perusahaan Hulu (APH) serta Direktorat lainnya untuk  mewujudkan visi dan misi Pertamina menjadi perusahaan energi nasional berkelas dunia.

Menurutnya, angka cadangan P1 sampai tahun 2016 sebesar 2.7 BBOE. Pada awal 2017 kegiatan eksplorasi Pertamina Hulu berhasil menemukan cadangan baru dari sumur Parang-1 (PHE Nunukan) sebesar 126 MMBOE (2C), dan Haur Geulis dari Sumur Haur Gede-1 dengan estimasi cadangan 14 MMBO (2C). 

“Forum semacam ini akan mempercepat peningkatan kemampuan dalam penerapan teknologi yang efektif dan efisien, baik dalam bisnis Migas maupun energi alternatif lainnya,” ujar Massa Manik.

Menurut Massa Manik, dengan membangun sinergi dan kolaborasi  antara anak usaha di Direktorat Hulu, yang terdiri dari 8 APH, dan didukung oleh Direktorat Pemasaran, Direktorat Pengolahan, HSSE, Universitas Pertamina serta perusahaan-perusahaan kelas dunia dalam bidang teknologi akan menjadikan FSTH sebagai muara dari seluruh aktivitas kegiatan eksplorasi dan produksi migas, energi baru dan terbarukan serta geotermal.

Direktur Hulu Syamsu Alam menambahkan, selain eksplorasi yang terbukti menghasilkan hidrokarbon pada  2017 masih akan dibor sebanyak 7 sumur oleh PHE yaitu KKX-1 (ONWJ), N-7 (WMO), Kumis-2 (Siak), Kotalama-3 (Siak), Karunia-1 (Abar), SE Sembakung-1 (Simenggaris), dan NEB Ext-1 (Jabung) dengan total perolehan 59 MMBOE (2C) dan PEP masih akan bor 6 sumur eksplorasi dan diperkirakan 4 sumur selesai dengan estimasi 80 MMBOE (2C). Beberapa kegiatan eksplorasi telah ditindaklanjuti menjadi POD seperti di Badik dan West Badik (PHE Nunukan), PHE Randugunting juga sudah beralih dari Eksplorasi ke Development.

Realisasi Produksi Migas dari 2014 s/d 2016 meningkat, dimana pada 2014 produksi migas sebesar 549 KBOEPD meningkat 11% menjadi 607 KBOEPD. Di 2016, produksi kembali meningkat 7% menjadi 650 KBOEPD. Sementara realisasi produksi migas pada semester pertama 2017 sebesar 692 KBOEPD  naik lebih 8% bila dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. “Tahun ini produksi melebihi target RKAP sebesar 685 KBOEPD. Ini menunjukkan, Pertamina berkomitmen memenuhi target produksi migas nasional,”kata Syamsu Alam.

Sedangkan untuk realisasi kapasitas terpasang Geothermal, lanjut Syamsu Alam dari 2014 s/d 2016  meningkat 15%, dimana pada 2014 sebesar 402 MW menjadi 437 MW pada  2015 dan di  2016, meningkat menjadi 532 MW. Realisasi kapasitas terpasang Geothermal pada 2017 sebesar 587 MW masih lebih rendah dari RKAP 2017 yang sebesar 617 MW.

Forum Sharing Teknologi Hulu ini sangat relevan dilaksanakan di tengah harga minyak yang belum kembali normal, banyak lapangan-lapangan di Indonesia cenderung sudah matang, membutuhkan teknologi yang tepat guna yang bisa dioperasionalkan untuk optimalisasi produksi Migas dan Geothermal.

FSTH yang mengambil tema: ‘Let’s Make Upstream Rising Up to Secure National Energy : Broader, Further and Deeper’ dimaksudkan untuk mendukung peningkatan poduksi dan cadangan Migas. Forum yang diselenggarakan Upstream Technology Center Pertamina sejak 2010 ini, dilaksanakan secara berkala setiap dua tahun sekali, pada 2017 merupakan pelaksanaan FSHT yang ke-4 yang dilaksanakan di Makassar  24 s/d 28 Juli 2017.

Dari forum semacam ini telah dihasilkan beberapa temuan teknologi, antara lain UTC  yang kini sedang dipatenkan sebagai teknologi Pertabocsy, suatu teknologi untuk mengidentifikasi keberadaan Hidrokarbon secara langsung dari Thermal Anomaly.  Selain itu, ada beberapa temuan dibidang passive seismic, Drilling Mobile Apps yang berupa aplikasi engineering bidang pemboran dalam format aplikasi mobile yang sudah dipakai di seluruh dunia, Dream well berupa drilling data base, sentralisasi data (PUDC) yang sudah memperoleh ISO 27001, pendirian Lab EOR, menerbitkan Pedoman Geohazard, Pedoman Keteknikan Reservoir dan Produksi serta Pedoman Operasi Drilling. [*]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2393301 Tue, 25 Jul 2017 13:18:00 +0700 Pertamina Bahas Teknologi Hulu, Kejar 2.045 MBOE Pertamina Bahas Teknologi Hulu, Kejar 2.045 MBOE Pertamina Bahas Teknologi Hulu, Kejar 2.045 MBOE Pertamina Bahas Teknologi Hulu, Kejar 2.045 MBOE
PGN-ASDP Siapkan Kapal Dual Fuel Merak-Bakauheni http://ini.la/2393297 INILAHCOM, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) joint study pengoperasian kapal baru berbahan bakar ganda (dual fuel) di lintasan Merak (Banten)-Bakauheni (Lampung) dengan PT ASDP Indonesia Ferry.

Disaksikan Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim dan Direktur Utama ASDP Faik Fahmi, kesepakatan kerja sama kedua BUMN tersebut ditandatangani Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan PGN Gigih Prakoso dan Direktur Teknik dan Operasional ASDP La Mane di Kantor Pusat PGN, Jalan Zainul Arifin, Jakarta Pusat, , Selasa (25/7).

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, melalui kesepakatan ini PGN dan ASDP dapat melakukan kajian bersama pengoperasian kapal baru dual fuel di Merak-Bakauheni. Dengan kerja sama ini kapal baru tersebut akan melintas di Merak-Bakauheni menggunakan dua bahan bakar dengan komposisi 70% Liquefied Natural Gas (LNG) dan 30% solar.

“Kami senang dengan kerja sama yang terus berkelanjutan antara PGN dengan ASDP. Dengan ini berarti kami juga mendukung program Nawacita Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang mendorong pembangunan di bidang kemaritiman. Di samping itu, kami terus berupaya meningkatkan pemanfaatan gas bumi dari berbagai sektor, termasuk di antaranya transportasi laut,” kata Jobi usai menyaksikan penandatanganan kerja sama PGN-ASDP tersebut.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi merespon positif kesepakatan ASDP dengan PGN terkait kajian bersama pengoperasian kapal baru dual fuel di Merak-Bakauheni tersebut. Hal ini tentu sejalan dengan Peraturan Presiden RI Nomor 5 Tahun 2006 Tentang Kebijakan Energi Nasional dan peraturan internasional terkait pengaturan bahan bakar gas untuk kapal, di antaranya International Maritime Organization (IMO), IGF Code, MARPOL Annex VI, International Organization for Standardization (ISO) dan ISO 28460:2010 – Installation and Equipment for LNG Ship to Shore Interface and Port Operations.

“Dengan kerja sama ini, diharapkan penggunaan bahan bakar dari kapal baru yang akan melintas di Merak-Bakauheni nanti akan lebih efisien dan tentunya ramah lingkungan karena  menggunakan dua bahan bakar dengan komposisi 70% Liquefied Natural Gas (LNG) dan 30% solar,” tutur Faik Fahmi.

Faik mengatakan, dengan adanya kajian bersama terkait bahan bakar ganda tersebut, ke depannya PT ASDP dapat mengoperasikan kapal Roll On-Roll Off (Ro-Ro) dengan tenaga yang lebih besar namun dengan bahan bakar yang lebih efektif dan efisien. “Kami berharap, hasil kajian bersama yang digarap PT ASDP dengan PGN dapat feasible terhadap kapal maupun di lintasan penyeberangan yang akan dioperasikannya. Tentunya, hal ini juga akan memperhitungkan fasilitas pendukung di darat serta seluruh kajian bisnis dan operasionalnya,” tutur Faik lagi.

Apalagi, lanjut Faik, tahun ini PT ASDP tengah melakukan percepatan aktivitas bisnis komersial perusahaan dalam mencapai excellent services yang ditarget perusahaan dalam lima tahun mendatang. “Kerjasama ini bukan semata sinergi antar BUMN, tetapi jauh ke depan dapat memberikan benefit tidak hanya menguntungkan kedua belah pihak, tapi juga mendukung kepentingan nasional terkait penghematan bahan bakar solar yang mulai langka dengan memaksimalkan pemanfaatan gas bumi,” tutur Faik lagi.

Jobi menjelaskan, kedua BUMN memilih lintasan Merak-Bakauheni dikarenakan lintasan tersebut menghubungkan dua pelabuhan penumpang terbesar di Indonesia. Dengan adanya kapal baru ini, PGN dan ASDP juga mendukung kebutuhan proyek dermaga eksekutif yang ditargetkan dapat beroperasi pada Agustus 2018 mendatang. “Kami berharap kapal Roll On-Roll Off (Ro-Ro) baru berbahan bakar ganda ini akan menjadi pilot project di lintasan tersebut,” kata dia.

Kerja sama PGN-ASDP bukan yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya, pada akhir Desember 2016, kedua perusahaan negara juga telah melakukan kerja sama joint study pengoperasian kapal baru berbahan bakar ganda di lintasan Ketapang-Gilimanuk.

Selain menyusun rencana, ruang lingkup kerja sama juga mencakup antara lain  kajian bersama pengadaan kapal baru yang meliputi aspek teknis, komersial, dan legal. Setelah itu, kedua pihak akan membuat laporan, rekomendasi, dan rencana tindak lanjut kerja sama tersebut. Jika dalam kesepakatan ini keduanya perlu tambahan pihak lain, proses pengadaan pun dapat dilakukan oleh pihak ketiga.

Menurut Jobi, sama seperti kerja sama sebelumnya, perjanjian antara PGN dengan ASDP memiliki jangka waktu selama 12 bulan atau satu tahun. Jangka waktu tersebut dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan tertulis antara kedua BUMN.

Sebagai BUMN Gas Bumi, PGN memiliki kegiatan usaha di bidang transmisi dan distribusi gas bumi serta melakukan pembangunan infrastruktur gas bumi, baik berupa jaringan pipa gas dan moda transportasi lainnya. Adapun ASDP bergerak dalam bidang usaha jasa angkutan penyeberangan di berbagai lintasan di Indonesia.

Karena itu, menurut Jobi, kedua BUMN akan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak untuk pelaksanaan kerja sama dengan tetap memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Kerja sama dengan ASDP merupakan bagian dari sinergi BUMN yang telah dilakukan sepanjang tahun ini. Sinergi yang dilakukan PGN dengan BUMN lai yang telah berlangsung tahun ini antara lain Kerja Sama Pemanfaatan Produk Air Mineral dengan Perum Jasa Tirta II (Persero), Proyek Pipanisasi Gas Bumi Duri-Dumai dengan PT Pertamina (Persero), serta Kerja Sama BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Lampung dengan PT Perkebunan Nusantara VII (Persero).

“Kami terus berupaya menyebarluaskan pemanfaatan gas bumi sebagai energi baik ke berbagai sektor ekonomi di Indonesia, salah satunya sektor transportasi. Kami berharap kerja sama yang terjalin dengan ASDP akan terus berlangsung dan dapat memperkuat daya saing ekonomi nasional, khususnya di sektor kemaritiman. Dengan adanya sinergi bersama BUMN berarti memaksimalkan kemampuan yang kami miliki tanpa harus membentuk perusahaan baru sehingga bisa meminimalisir pengeluaran biaya,” kata Jobi.

PGN berperan besar dalam pemenuhan gas bumi domestik. Saat ini, dengan lebih dari 7.278 kilometer pipa transmisi dan distribusi yang berhasil dibangunnya, PGN berhasil menyalurkan gas bumi untuk memenuhi kebutuhan domestik setara dengan 23 juta liter per hari. PGN menyuplai gas bumi ke pembangkit listrik, industri, usaha komersial termasuk restoran, hotel dan rumah sakit, SPBG, serta rumah tangga.  [*]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2393297 Tue, 25 Jul 2017 13:01:00 +0700 PGN-ASDP Siapkan Kapal Dual Fuel Merak-Bakauheni PGN-ASDP Siapkan Kapal Dual Fuel Merak-Bakauheni PGN-ASDP Siapkan Kapal Dual Fuel Merak-Bakauheni PGN-ASDP Siapkan Kapal Dual Fuel Merak-Bakauheni
Menkeu: Kepercayaan Rakyat ke Pemerintah Tinggi http://ini.la/2393259 INILAHCOM, Jakarta - Indonesia menduduki peringkat pertama untuk Trust and Confidence in National Government. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bukti jika seluruh elemen masyarakat percaya pada pemerintah.

Peringkat ini berdasarkan data Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dalam publikasinya Government at a Glance 2017 yang dipublikasikan pada 13 Juli 2017.

Ani mengatakan, laporan tersebut merangkum berbagai indikator pencapaian sektor publik (pemerintah) dari negara-negara yang tergabung dalam OECD serta beberapa negara lain, termasuk Indonesia.

“OECD menggunakan hasil survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei internasional yang berbasis di Amerika Serikat, yaitu Gallup World Poll (GWP),” ujar Sri Mulyani, dalam keterangan tertulis, Senin (25/7/2017).

Berdasarkan hasil survei ini, Indonesia menduduki ranking tertinggi untuk kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah bersama Swiss.

“Tingkat kepercayaan terhadap pemerintah dipengaruhi oleh apakah masyarakat menganggap pemerintah dapat diandalkan, cepat tanggap dan adil serta mampu melindungi masyarakat dari risiko-risiko dan memberikan pelayanan publik secara efektif,” ujar Sri Mulyani.

Adapun, data Gallup berasal dari Jajak Pendapat Dunia Gallup (Gallup World Poll/GWP) merupakan survei yang digunakan untuk mengukur tingkat kepercayaan terhadap pemerintah.

Survei tersebut merupakan satu-satunya yang mengumpulkan data mengenai tingkat kepercayaan kepada pemerintah di negara OECD dan negara-negara besar lainnya.

Ani menyebut tingkat kepercayaan terhadap pemerintah Indonesia merupakan angka yang tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara maju yang tergabung dalam OECD (Amerika Serikat 30 persen, Inggris 31 persen, Jerman 55 persen, Prancis 28 persen) maupun negara-negara berkembang non OECD (India 73 persen, Brazil 26 persen, Afrika Selatan 48 persen).

“Enam peringkat teratas negara-negara tersebut adalah Indonesia, Swiss, India, Luksemburg, Norwegia dan Kanada,” ujarnya.

Dia menerangkan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia tahun 2016 adalah sebesar 80 persen, meningkat dibanding tahun 2007 yang hanya mencapai 28 persen.

“Kepercayaan terhadap pemerintah adalah pendorong efektivitas pemerintah dan pembangunan ekonomi, serta merupakan ukuran dari hasil kebijakan pemerintah,” ungkap dia. [hid]

]]>
Ekonomi Inilahcom http://ini.la/2393259 Tue, 25 Jul 2017 12:04:00 +0700 Menkeu: Kepercayaan Rakyat ke Pemerintah Tinggi Menkeu: Kepercayaan Rakyat ke Pemerintah Tinggi Menkeu: Kepercayaan Rakyat ke Pemerintah Tinggi Menkeu: Kepercayaan Rakyat ke Pemerintah Tinggi