Inilah.com - Fokus http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Sun, 23 Apr 2017 15:06:33 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/fokus http://www.inilah.com/ Inilah.com - Fokus http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Menjajal Performa dan Kenyamanan New Honda City http://teknologi.inilah.com/read/detail/2374530/menjajal-performa-dan-kenyamanan-new-honda-city SETELAH resmi meluncurkan New Honda City pada pertengahan Maret lalu, Honda Prospect Motor (HPM) mengajak sejumlah jurnalis untuk mencicipi langsung kenyamanan dan performa mini sedan andalannya itu.

Bertempat di kawasan Alam Sutra, Tangerang, Kamis, 20 April 2017, selama kurang lebih dua jam, para jurnalis dipersilakan mengeksplorasi New Honda City yang kini tampil semakin agresif dan sporty.

Seperti apa hasilnya? Berikut ulasannya:

Eksterior dan Interior

Mengusung konsep 'Escalate the Game', New Honda City hadir dengan berbagai penyegaran pada sisi eksterior dan interiornya. Pada bagian eksterior, mobil ini punya desain baru yang semakin tajam dan dinamis pada bumper depan, grill depan, fog lamp, serta bumper belakang.

Lampu depan New Honda City kini juga menggunakan New Full LED Headlight yang semakin mewah dan dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL) untuk menambah keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Tampilan baru juga tampak pada desain Alloy Wheel 16-inch yang semakin sporty. Sementara Auto Retractable Door Mirror dengan LED Turning Signal melengkapi tampilan eksterior New Honda City yang semakin canggih. Untuk menampilkan kesan sporty dan mewah, Honda pun telah menyematkan Shark-Fin Antenna pada mobil ini.



Begitu duduk di balik kemudi, langsung terasa ruang yang lega serta mudahnya mengatur posisi berkendara berkat fitur telescopic-tilt steering yang menjadi salah satu keunggulannya. Pengemudi pun semakin nyaman saat duduk di atas jok semi-bucket berbahan fabric.

Menghidupkan mesin mobil juga sangat mudah karena mobil ini mengaplikasi fitur One Push Ignition System. Pengemudi cukup menekan tombol START/STOP sambil menginjak pedal rem secara bersamaan untuk New Honda City tipe E CVT yang INILAHCOM kendarai.

Tombol START/STOP pada mobil ini telah dilengkapi dengan lampu kedip yang mempermudah pengemudi untuk menemukan tombol saat keadaan gelap. Suara mesin pun yang begitu halus bahkan hampir tak terdengar.

Kemewahan interior juga terlihat dengan panel dashboard yang kini menggunakan warna baru Gun Metal Garnish. Panel meter cluster pun semakin modern dengan tampilan White Illumination baru. Di dalam meter cluster ini juga terdapat Multi Information LCD Display untuk menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara.



Sistem audio dengan monitor layar sentuh 6,1 inci yang terdapat pada model sebelumnya, kini digantikan oleh monitor 8 inci dengan konsep floating yang bisa memainkan multimedia dalam berbagai format, serta dapat dihubungkan dengan perangkat smartphone dengan platform iOS dan Android (dengan kabel opsional).

Pengaturan audio yang dilengkapi dengan delapan buah speaker ini juga dapat dilakukan dengan mudah melalui Audio Steering Switch yang berada di roda kemudi.

Tombol pengaturan AC menggunakan touchscreen di Honda City versi teranyar ini. Tombol ini dilengkapi pilihan Auto, yang mempercepat pendinginan disesuaikan suhu di luar mobil. Hadir pula Rear AC Ventilation dan Rear Armrest with Cup Holder untuk memberikan kenyamanan ekstra untuk penumpang belakang.

Untuk penyimpanan barang, New Honda City memberikan ruang kargo seluas 485 liter. Kursi belakang yang dapat dilipat dengan konfigurasi 60:40 membuat kabin New Honda City semakin fleksibel untuk berbagai kebutuhan.

Performa

New Honda City juga tetap mempertahankan keunggulannya dalam hal performa. Begitu tuas perseneling berpindah ke posisi 'D' dan pedal gas diinjak, mesin 1,5 liter SOHC i-VTEC berkekuatan 120 PS pada 6.600 rpm ini langsung menunjukkan performa yang mengesankan. Tarikan mobil ini pun bertambah responsif saat tuas persneling dipindah ke posisi 'S'.

Adanya fitur paddle-shift yang berada di balik lingkar kemudi memudahkan pengendara untuk mengatur posisi gigi yang diinginkan. Kesan sporty pun begitu terasa kala menggunakan fitur ini.

New Honda City juga memiliki fitur canggih untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dengan menawarkan Cruise Control. Fitur ini memungkinkan pengendalian dalam kecepatan konstan yang dapat diatur dengan tombol akselerasi dan deselerasi pada tombol di setir.

Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) pada New Honda City telah mengaplikasikan 'Earth Dream Technology' yaitu pengembangan teknologi Honda dengan struktur transmisi terbaru dan bobot yang lebih ringan sehingga menghasilkan perpindahan gigi yang lebih halus, efisiensi dalam pemakaian bahan bakar, sekaligus performa mesin yang maksimal.

Mesin New Honda City juga dibekali dengan sistem 'Ecological-Drive Assist System' atau 'ECON System' yang membantu pengemudi untuk berkendara secara hemat.

Tak hanya hemat bahan bakar, All New Honda City juga lebih ramah lingkungan dengan emisi gas buang yang bersih dan telah memenuhi standar EURO-4, serta penggunaan komponen yang lebih ramah lingkungan. Hal ini terbukti saat INILAHCOM menjajalnya, penggunaan BBM pada mobil ini mencapai 17 liter/km.



Fitur Keamanan dan Keselamatan

New Honda City didesain dengan mengutamakan keselamatan mengemudi di beragam situasi berkendara.

Mobil ini menawarkan standar keselamatan tertinggi di kelasnya lewat fitur keselamatan seperti struktur rangka bodi dengan teknologi G-Force Control Technology (G-CON) + Advanced Compatibility Engineering (ACE), SRS Airbag penumpang depan, serta i-SRS Airbags untuk pengemudi.

Hadir pula Front 3-Point Load Limiters dengan Pretensioner ELR Seat Belt yang berfungsi menjaga tubuh tetap pada posisi serta mencegah tekanan berlebihan pada dada saat terjadi pengereman mendadak, serta ISOFIX dan Tether untuk mengunci kursi bayi pada bangku baris belakang.



New Honda City juga telah dilengkapi berbagai fitur keselamatan aktif di antaranya sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), dan Vehicle Stability Assist (VSA) yang berfungsi mencegah gejala oversteer dan understeer.

Terdapat juga fitur Hill Start Assist (HSA) yang membantu mencegah gerakan mundur sesaat ketika akan melaju kembali di tanjakan, serta Emergency Stop Signal (ESS) yang berfungsi secara otomatis menghidupkan lampu hazard ketika terjadi pengereman mendadak.

New Honda City juga disematkan fitur Brake Override System, sebuah teknologi pengereman pintar yang mendeteksi saat pedal gas dan pedal rem terinjak bersamaan dan secara otomatis memprioritaskan pada fungsi pengereman sehingga kendaraan lebih mudah dikendalikan.

Ketersediaan dan Harga

New Honda City tersedia dalam varian E, baik transmisi CVT maupun manual 5-percepatan. Terdapat pilihan warna untuk mobil ini, yaitu White Orchid Pearl, Lunar Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, dan Nocturne Night Metallic sebagai warna baru.

Honda Prospect Motor (HPM) membanderol New Honda City dengan harga Rp312 juta untuk tipe E manual dan Rp322 juta untuk tipe E CVT. Harga merupakan on the road wilayah Jabodetabek dan juga BBN Mobil Pertama.



Untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen, tersedia juga aksesoris Modulo untuk New Honda City.

Konsumen pun diberikan keleluasaan untuk memilih aksesoris Modulo sesuai dengan selera untuk tampilan New Honda City yang semakin sporty. Aksesoris Modulo tersedia melalui seluruh diler resmi Honda di Indonesia dan dapat dibeli terpisah. [ikh]

]]>
Fokus Inilahcom http://teknologi.inilah.com/read/detail/2374530/menjajal-performa-dan-kenyamanan-new-honda-city Sun, 23 Apr 2017 09:36:00 +0700 Menjajal Performa dan Kenyamanan New Honda City Menjajal Performa dan Kenyamanan New Honda City Menjajal Performa dan Kenyamanan New Honda City Menjajal Performa dan Kenyamanan New Honda City
Awasi Proyek Infrastruktur Jokowi Dibobol Koruptor http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2374362/awasi-proyek-infrastruktur-jokowi-dibobol-koruptor INILAHCOM, Jakarta - Masyarakat ingin mega proyek infrastruktur di era Presiden Joko Widodo bisa berhasil. Tidak menjadi bancakan para koruptor.

Dalam beberapa kesempatan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bilang, Indonesia sangat membutuhkan infrastruktur yang mumpuni. Demi menekan biaya logistik yang masih mahal. Kalau bisa dipermurah maka industri nasional bisa efisien. Sehingga bisa tercipta daya saing yang tinggi.

Selain itu, Sri Mulyani bilang, infrastruktur yang memadai, bakal mengurangi kesenjangan antar-daerah, menciptakan kantong-kantong ekonomi baru, dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Hanya saja, membangun infrastruktur nan mumpuni di Indonesia, menurut Ani, sapaan akrabnya, perlu dana besar. Yang penting lagi, realisasi pembangunan infrastruktur harus tepat waktu. Untuk menghindari over budget. Jadi, betul kalau dibilang jangan sampai mangkrak.

Kalau proyek infrastruktur mangkrak, bisa jadi ada korupsi dalam proyek tersebut.
“Banyak proyek yang sulit untuk tepat waktu dan biaya. Proyek infrastruktur sering mengalami cost over run. Bila penyebabnya alamiah, karena perubahan alam, saya maklumi. Namun jangan sampai ada korupsi dan mark up. Ini yang ingin ditekankan ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dalam melakukan inovasi pembiayaan,” ujar Ani.

Untuk memoles infrastruktur sesuai keinginan Presiden Jokowi, perlu dana Rp4.796 triliun hingga 2019. Dan, pemerintah melalui APBN ataupun APBD hanya menyanggupi 41,3%, atau setara Rp1.978 triliun.

Sementara, BUMN diharapkan berkontribusi 22%, atau Rp1.066 triliun. Sisanya, untuk menambal kekurangan sebesar Rp1.751 triliun, atau 36% diharapkan peran swasta.

Kata Ani, investasi di bidang infrastruktur merupakan salah satu cara menjaga pertumbuhan ekonomi, mengatasi kemiskinan dan kesenjangan, serta meningkatkan produktivitas serta daya saing industri nasional.

Tanpa infrastruktur yang memadai, Indonesia jangan pernah bermimpi bisa menjadi bangsa yang naik kelas. Dan, Presiden Jokowi yang sangat memegang teguh Nawacita, yakni membangun Indonesia dari pinggiran, hanya tinggal sejarah kelam saja.  

Wajar bila Jokowi sangat agresif untuk membangun infrastruktur dalam dua-tiga tahun pemerintahannya. Jokowi boleh dibilang tak pernah kehabisan energi untuk merancang dan meresmikan proyek-proyek infrastruktur hingga pelosok-pelosok kampung. Mulai dari jalan tol, pembangkit listrik, pelabuhan hingga bandara.
 
Namun, sejauh ini, banyak analis mempertanyakan dari mana sumber dana yang dicemplungkan untuk membangun mega proyek infrastruktur.

Mari kita buka catatan Priceater House Copper (PwC), auditor berkelas dunia, APBN 2014 menjatah pembangunan infrastruktur sebesar Rp 139 triliun. Setahun kemudian naik menjadi Rp 209 triliun. Pada 2016, alokasi dana untuk infrastruktur dikerek lagi menjadi Rp 313 triliun. Tahun ini, kembali digenjot Rp 346 triliun.

Artinya, masa Jokowi, anggaran infrastruktur dinaikkan “gila-gilaan”. Pada 2015, anggaran infrastruktur mencapai Rp 209 triliun, sedangkan 2016, angkanya ditinggikan lagi menjadi Rp 313 triliun. Bandingkan dengan era Presiden SBY, anggaran infrastruktur hanya naik rata-rata Rp 150 triliun per tahun.
 
Di lain sisi, pajak rakyat yang digelontorkan untuk membiayai mega proyek infrastruktur secara keseluruhan mencapai Rp921 triliun. Belum termasuk penyertaan modal negara melalui BUMN. Bisa jadi nilai totalnya mencapai seribuan triliun. Nah, publik pun bertanya, ke mana uang uang ini mengalir.
 
Faktanya, tidak ada infrastruktur bernilai ribuan triliun yang dibangun pemerintah. Lantaran proyek-proyek infrastruktur kelas kakap, banyak dikerjakan melalui skema swastanisasi. Sebagai contoh, proyek MRT dibangun swasta Jepang, LRT dibangun dari dana pinjaman, Monorel kontrak dengan China namun tapi gagal. Atau proyek kereta cepat rute Jakarta-Bandung dibiayai China. Belakangan tersiar kabar, mega proyek KA cepat senilai US$5,1 miliar ini molor hingga setahun.
 
‘’Jadi ke mana dana infrastruktur dari APBN ribuan triliun yang dikeluarkan oleh Pemerintahan Jokowi. Menguap ke kantong kantong penguasa? Atau menjadi keuntungan para taipan yang menguasai proyek ini? Atau ditabung untuk persiapan pemilu 2019," ujar Salamuddin Daeng, peneliti dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI).

Kuat dugaan, lantaran pemerintah menggebu-gebu menyulap infrastruktur, subsidin energi harus dipotong. Alhasil, angka kemiskinan meningkat, dan ketimpangan ekonomi terus menjulang.

Tentu saja, fenomena ini kontraproduktif dengan tujuan pembangunan infrastruktur. Muncul kekhawatirkan, pembangunan konektivitas dan pemerataan ekonomi di era Jokowi, gagal total. Lantaran sudah dimasuki praktik-praktik berbau KKN.

Oleh sebab itu, berbagai masukan dan peringatan dari analis dan civil society, agar pemerintahan Jokowi rajin melakukan cek and ricek terkait proyek-proyek infrastruktur, cukup relevan. Tujuannya untuk mencegah terjadinya praktik koruptif.

Dalam hal ini, jangan sampai proyek-proyek infrastruktur yang  mangkrak di era Presiden SBY, terulang kembali. Negara dan masyarakat madani, perlu bahu membahu mengawasi dan mengontrol agar korupsi tidak menggerus pembangunan infrastruktur era Jokowi. [ipe]

]]>
Fokus Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2374362/awasi-proyek-infrastruktur-jokowi-dibobol-koruptor Sat, 22 Apr 2017 13:14:00 +0700 Awasi Proyek Infrastruktur Jokowi Dibobol Koruptor Awasi Proyek Infrastruktur Jokowi Dibobol Koruptor Awasi Proyek Infrastruktur Jokowi Dibobol Koruptor Awasi Proyek Infrastruktur Jokowi Dibobol Koruptor
Ke Mana Ahok Pasca-Pensiun Gubernur? http://nasional.inilah.com/read/detail/2374331/ke-mana-ahok-pasca-pensiun-gubernur INILAHCOM, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama pada pertengahan Oktober 2017 mendatang bakal menanggalkan posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Spekulasi mulai bermunculan soal pos yang layak diperoleh sahabat dekat Presiden Joko Widodo ini. Percakapan warga internet, khususnya dari kalangan pendukung rupa-rupa aspirasinya. Poinnya, Ahok tidak boleh menganggur.

Nama Ahok memang telah melegenda di Ibukota Jakarta. Ahok dapat dilihat dari berbagai spektrum. Baik yang bernada positif maupun negatif. Makanya, meski dirinya gagal menjadi gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada DKI Jakarta, para pendukungnya mulai utak-atik untuk mencarikan pos ideal bagi Ahok.

Bandingkan situasi yang serupa menimpa Rano Karno, Gubernur Banten yang mengalami nasib yang sama seperti Ahok. Ia kalah dalam laga Pilkada Banten dari pasangan lainnya, Wahidin - Andhika. Rano tak masuk dalam usulan para pendukungnya untuk masuk jabatan purna tugas dari Gubernur Banten.

Hal yang sama juga menimpa Djarot, Wagub DKI Jakarta pendamping Ahok. Padahal, baik Rano dan Djarot merupakan kader PDI Perjuangan, partai yang saat ini menjadi the ruling party, partai pemenang pemilu, partai penguasa.

Kembali ke soal Ahok. Sejumlah pos muncul dibincangkan oleh warga dunia maya untuk posisi Ahok. Mulai soal posisi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diusulkan untuk posisi Ahok pascapurna tugas dari Gubernur Jakarta. Usulan ini mengemuka karena stigma Ahok dipersepsikan sebagai aktor yang paling getol melawan korupsi. Sepak terjang Ahok saat menjadi Gubernur DKI Jakarta dinilai tepat untuk menahkodai KPK.

Usul ini tentu offside. Pimpinan KPK bukanlah jabatan political appointment, yang bisa ditunjuk Presiden. Namun pimpinan KPK merupakan jabatan political elected yang harus melalui mekanisme pemilihan di DPR setelah melalui proses di Panitia Seleksi (Pansel). Pos ini tentu tidak mungkin diduduki Ahok. Karena merujuk masa jabatan pimpinan KPK, baru berakhir pada Desember 2019 mendatang.

Selain posisi Ketua KPK, posisi di eksekutif juga mencuat diusulkan oleh para pencinta Ahok. Tak kurang sejumlah pos menteri diusulkan untuk dapat dijabat Ahok. Seperti pos Menteri Dalam Negeri. Dalam percakapan warga di jejaring sosial, Ahok agar mengisi jabatan itu sebelum dirinya lengser dari jabatan Gubernur DKI Jakarta. Tujuannya, pelantikan Anies-Sandi bisa dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Basuki. Begitu setidaknya yang mencuat dalam percakapan warga net.

Pos lainnya yang juga diusulkan agar diisi Ahok yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB). Pos ini diusulkan untuk Ahok karena stigma Ahok yang dianggap bisa membereskan birokrasi Jakarta. Setidaknya itu persepsi yang dibangun oleh para pendukungnya.

Padahal bila membuka data versi Kementerian PAN dan RB kinerja Pemprov DKI tak moncer, untuk tidak menyebut tidak berprestasi. Seperti tahun 2015, dari sisi akuntabilitas pemerintahan, DKI Jakarta hanya di rangking 18 alias mendapat nilai C jauh di bawah provinsi di luar Jawa seperti Sulsel, Kalbar, Sulteng dan Kalteng. DKI tak terpaut jauh dari provinsi NTB.

Aspirasi yang muncul dari para pendukung Ahok soal pos yang layak untuk Ahok memang sekadar obrolan warga dunia maya. Karena soal posisi Ketua KPK, tentu tidak mungkin dilakukan dalam waktu dekat. Masalah lainnya, syarat dasar yang harus dimiliki pimpinan KPK, Ahok sama sekali tidak memilikinya. Ia tidak pernah berkecimpung di bidang hukum.

Adapun soal posisi menteri di Kabinet Kerja, secara logika, pos ini jauh lebih mungkin. Jamak diketahui, kedekatan antara Ahok dan Jokowi seperti dua sisi mata koin, dwi tunggal yang sulit dipisahkan. Kini Jokowi sebagai Presiden, tidaklah sulit menempatkan Ahok di pos menteri. Atas nama hak prerogatif Presiden, bisa saja Jokowi menempatkan pos yang Ahok kehendaki.

Namun, secara politik, rencana tersebut tidak mudah. Karena akan menimbulkan konsekuensi politik di internal pemerintahan. Setidaknya, jika Ahok masuk kabinet maka akan berdampak pada komposisi kabinet. Ia dipastikan bakal menggusur pos menteri. Jika yang digusur dari kalangan profesional, resistensinya kecil, nyaris tidak ada.

Namun yang jadi soal, jika Ahok menggusur menteri dari kalangan partai politik. Jika hal ini terjadi, resistensi akan muncul setidaknya dari koalisi pemerintahan. Ada yang dikurangi jatah alokasinya. Efeknya tidak sederhana, apalagi momentumnya menjelang tahun politik yang mulai terasa di tahun 2018 mendatang.

Fenomena dukungan kepada Ahok dari para pecintanya untuk mengisi masa pensiun dari Gubernur DKI Jakarta semakin menegaskan habitat Ahok sejatinya bukanlah dari partai politik. Ahok lebih kental sebagai sosok individu yang disokong oleh para relawan dan pencintanya.

Hal ini dengan mudah dilihat dengan membandingkan dua politisi PDI Perjuangan yang sama-sama gagal dalam Pilkada namun sama sekali tidak ada perbincangan soal pos yang tepat untuk Rano dan Djarot. Padahal, dua tokoh ini merupakan representasi partai politik penguasa. Kini, justru dua tokoh ini nyaris tak kuasa dalam hiruk pikuk menyiapkan masa pensiun dari posisi Gubernur/Wagub.

]]>
Fokus Inilahcom http://nasional.inilah.com/read/detail/2374331/ke-mana-ahok-pasca-pensiun-gubernur Sat, 22 Apr 2017 01:41:00 +0700 Ke Mana Ahok Pasca-Pensiun Gubernur? Ke Mana Ahok Pasca-Pensiun Gubernur? Ke Mana Ahok Pasca-Pensiun Gubernur? Ke Mana Ahok Pasca-Pensiun Gubernur?
Pilpres Prancis Sangat Penting Bagi Wall Street? http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2374317/pilpres-prancis-sangat-penting-bagi-wall-street INILAHCOM, New York - Wall Street sedang menuju penguatan untuk pekan ini dengan mengabaikan risiko pilpres di Prancis yang berpotensi memberi kejutan pada akhir pekan ini.

"Pilpres di Prancis berpotensi untuk menyeret indeks ke area negatif. Tetapi tren bullish sepertinya akan memegang kendali saat ini," kata Chris Weston dari IG seperti mengutip marketwatch.com.

Beberapa pelaku pasar memiliki ekspektasi terhadap kebijakan pemangkasan pajak. Bahkan beberapa kalangan memprediksi serangan teroris di Paris kian mendukung terwujudnya madamme President kali ini.

Namun mungkin ada masalah menghadap pergerakan indeks S&P 500. Walaupun bukan masalah untuk semua orang. Menurut analis dari Stockman, Jeff Hirsch kondisi ini seperti akurasi yang sangat misterius.

"Pola bagan bagan esoterik lama kami, pola Tiga Puncak dan Rumah Kubah Atas (3PDH), berpotensi diputar ulang," tulisnya di blog Almanac Trader.

Mayoritas kemajuan pasar telah berakhir setelah mereka mengetsa struktur grafik yang terlihat seperti 3PDH, kata Hirsch, dalam menjelaskan formasi ini yang dikembangkan oleh teknisi George Lindsay yang dihormati.

Dia mengingatkan untuk menghindari terulangnya pembantaian di pasar seperti pada akhir musim panas tahun 2015. Pada pertengahan 2011, saham kehilangan banyak poin setelah indeks Dow mengukir formasi aneh dan tidak menyenangkan ini. Tetapi kekhawatiran sudah muncul sejak enam bulan sebelum pilpres menjadi sangat berlebihan.

Futures untuk Dow YMM7, + 0,05%, S & P 500 ESM7, + 0,11% dan Nasdaq-100 NQM7, + 0,16% datar sampai sedikit lebih tinggi. Dow DJIA, + 0,85%, S & P SPX, + 0,76% dan Nasdaq Composite COMP, + 0,92% semuanya berada di jalur untuk kenaikan mingguan pertama mereka bulan ini, karena rekor terbaru dalam sejarahnya ditutup.

Saham Eropa SXXP, + 0,13% telah dikupas kerugian sebelumnya. Penjualan awal terjadi karena para analis mengatakan serangan semalam bisa menghasilkan lebih banyak suara untuk kandidat populis Marine Le Pen dalam pemilihan presiden ketat di Prancis.

Menjelang Pilpres Prancis, terjadi insiden penembakan oleh teroris pada Kamis malam kemarin. Seorang polisi tewas dan lainnya terluka setelah pria bersenjata menembaki polisi.

Insiden ini terjadi menjelang berlangsungnya pilpres negara tersebut. Pilpres diikuti calon dari independen, Emmanuel Macron dan Kandidat dari pihak konservatif, Fancois Fillon dan juga ada Marine Le Pen.

]]>
Fokus Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2374317/pilpres-prancis-sangat-penting-bagi-wall-street Fri, 21 Apr 2017 19:33:00 +0700 Pilpres Prancis Sangat Penting Bagi Wall Street? Pilpres Prancis Sangat Penting Bagi Wall Street? Pilpres Prancis Sangat Penting Bagi Wall Street? Pilpres Prancis Sangat Penting Bagi Wall Street?
Inilah Sentimen di Bursa Saham Asia Pagi Ini http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2374155/inilah-sentimen-di-bursa-saham-asia-pagi-ini

INILAHCOM, Singapura - Bursa saham Asia bergerak menguat pada perdagangan Jumat (21/4/2017) pagi. Penguatan ini seiring kenaikan tajam Wall Street pada perdagangan Kamis.

Namun investor tetap hati-hati dengan insiden penembakan tetoris di Paris mejelang putaran pertama pilpres. Seorang polisi meninggal dunia dan dua lainnya cidera setelah pria bersenjata melepaskan tembakan di pusat kota Paris pada Kamis malam (20/4/2017).

Penembakan tersebut menjelang pemilihan presiden yang sangat seru. Pilpres kali ini diikuti Emmanuel Macron  dan kandidat sayap kanan Marine Le Pen. Untuk putaran kedua akan dilakukan pada 7 Mei mendatang.

Euro / dollar terakhir diperdagangkan di US$1,0717, lebih tinggi dari level $ 1,06 yang terlihat awal pekan ini. Itu sebelumnya naik ke level tertinggi satu bulan di US$1,0777.

Seorang analis mengatakan bahwa investor seharusnya tidak mengaitkan ketahanan dalam mata uang dengan sentimen yang berubah.

"Dengan ketidakpastian politik masih berulang di Eropa, rebound luar biasa bahwa euro telah dipentaskan dapat dimanfaatkan naik untuk jangka panjang dengan mengirim harga lebih rendah," demikian kata Analis Riset FXTM Lukman Otunuga mengatakan dalam sebuah catatan.

Bagaimanapun, hasil pemilihan tersebut tidak mungkin menghasilkan Prancis yang meninggalkan Uni Eropa. Demikian ekonom Senior Bank Mizuho, Wisnu Varathan mengatakan pada sebuah catatan pada hari Jumat pagi.

"Kemenangan Le Pen putaran ini cukup jauh dari risiko 'Frexit' . jika Le Pen menjadi presiden, membuat pendukung di antara anggota parlemen bahkan mendapatkan referendum 'Frexit' dari lapangan jauh sekali. Sederhananya, 'Frexit' bukanlah sebuah risiko yang akan segera terjadi. "

Investor juga fokus pada komentar baru dari Menteri Keuangan A.S. Steven Mnuchin bahwa rencana reformasi pajak dapat segera diresmikan.

Indeks Nikkei naik 0,8%, indeks Hang Seng menguat 0,2 persen, indeks ASX maju 0,7%, indeks Shanghai berkurang 0,1 persen, indeks Kospi bertambah 0,9 persen.


Pasar di Asia relatif tidak terpengaruh oleh headline di Eropa dengan gerakan indeks yang lebih tinggi di seluruh bursa. "Risiko politik sangat banyak di garis depan, tapi pasar keuangan terus mengabaikannya. Tingkat volatilitasnya sangat rendah, bahkan jika mereka memperkirakan volatilitas yang lebih tinggi mengingat banyak risiko geopolitik ini," Direktur Eksekutif, Taurus Wealth Advisors, Michael Preiss kepada cnbc.com.

saham Samsung Electronics naik 2,43 persen menjelang peluncuran smartphone Galaxy S8 barunya di AS dan Korea Selatan. Perusahaan tersebut mengatakan pekan lalu bahwa pre-order untuk Galaxy S8 telah melampaui harga untuk S7.

Dolar diperdagangkan pada 99,803 melawan mata uang saingannya. Indeks dolar bergerak lebih tinggi dari level di sekitar 99,6 yang terlihat pada sesi sebelumnya. Greenback membuat sesi kedua berturut-turut kenaikan terhadap yen, diperdagangkan pada 109,21 dibandingkan dengan 108 pegangan pada sesi terakhir.  

Harga minyak secara hati-hati lebih tinggi karena pasar bergulat dengan produksi serpih AS. Data terakhir menunjukkan lebih tinggi. Namun diimbangi dengan komentar bahwa penurunan produksi OPEC kemungkinan akan terus berlanjut. Minyak mentah AS naik sebesar 0,12 persen pada US$50,77 per barel. Minyak mentah brent naik 0,09 persen menjadi US$ 53,04 per barel.
 

]]>
Fokus Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2374155/inilah-sentimen-di-bursa-saham-asia-pagi-ini Fri, 21 Apr 2017 10:36:00 +0700 Inilah Sentimen di Bursa Saham Asia Pagi Ini Inilah Sentimen di Bursa Saham Asia Pagi Ini Inilah Sentimen di Bursa Saham Asia Pagi Ini Inilah Sentimen di Bursa Saham Asia Pagi Ini
Inilah Saham Pilihan Jumat (21/4/2017) http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2374088/inilah-saham-pilihan-jumat-2142017 INILAHCOM, Jakarta - Analis menengarai adanya potensi bearish lanjutan pada pergerakan IHSG menuju ke level support di area 5.584 dan 5.572. Meski begitu, inilah saham-saham yang direkomendasikan.

Pada perdagangan Kamis (20/4/2017), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 11,211 poin (0,20%) ke posisi Rp5.595,306 atau melemah 11,211 poin (0,20%) ke posisi 5.595,306.

Sepanjang perdagangan, indeks mencapai level tertingginya di 5.619,361 atau menguat 12,844 poin dan mencapai level terendahnya di angka 5.590,031 atau melemah 16,486 poin.

Kepada INILAHCOM, Reza Priyambada, analis senior Binaartha Sekuritas  memberikan rincian penjelasannya berikut ini:

]]>
Fokus Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2374088/inilah-saham-pilihan-jumat-2142017 Fri, 21 Apr 2017 03:10:00 +0700 Inilah Saham Pilihan Jumat (21/4/2017) Inilah Saham Pilihan Jumat (21/4/2017) Inilah Saham Pilihan Jumat (21/4/2017) Inilah Saham Pilihan Jumat (21/4/2017)
Tiga Tempat Tersingkapnya Kepribadian Seseorang http://mozaik.inilah.com/read/detail/2373948/tiga-tempat-tersingkapnya-kepribadian-seseorang DICERITAKAN pada masa Khalifah Umar bin Khattab, ada seorang laki-laki berkata kepada Umar, “Sesungguhnya si Fulan itu orangnya baik.” Umar bertanya, “Apakah engkau pernah bersafar bersamanya?” Lelaki itu menjawab, “Belum pernah.” Umar bertanya, “Apakah engkau pernah bermuamalah (berbisnis) dengannya?” Lelaki itu menjawab, “Belum pernah.” Umar bertanya, “Apakah engkau pernah memberinya amanah?” Lelaki itu menjawab, “Belum pernah.” Umar berkata, “Kalau begitu engkau tidak memiliki ilmu tentangnya. Barangkali engkau hanya melihat dia salat di masjid.” (Mawa’idz shohabah)

Saudaraku. Jadi, kalau kita misalnya hendak merekomendasikan seseorang, ingatlah perkataan Umar tersebut. Sebab ketika kita sudah dekat dengan seseorang, Allah suka membuka sedikit atau mengizinkan terbukanya siapa seseorang itu, dalam tiga tempat seperti yang dikatakan Umar.

Satu, saat sedang dalam perjalanan. Misalkan bagi yang pelit bisa kelihatan. Seperti bekal kue yang dia bawa disimpan terus. Tetapi giliran temannya yang membuka bekal, dia ikut mengambil, dan bekalnya sendiri dibawa pulang kembali. Lalu, saat membayar ongkos atau jajan, tangannya seolah tersangkut di dalam sakunya sehingga lama mengeluarkan uang, supaya dibayari temannya.

Belum lagi keluh-kesahnya. Misalnya, “Jalan-jalan bikin capek.” Padahal dia sendiri yang ingin jalan-jalan. Hingga kalau sudah capek emosinya akan tampak, begitu juga keegoisan, keserakahan, dan lain-lainnya. Karena dalam safar itulah, misalnya, orang yang tidak sabar akan terbuka ketidaksabarannya. Sebetulnya bukan Allah yang membukanya, tapi dia yang membuka sendiri sehingga Allah mengizinkannya terbuka.

Dua, dalam muamalah (bisnis). Biasanya di sini tersingkap juga kelakuan asli seseorang. Seperti omongan palsu, keserakahan, kelicikan, ingin untung sendiri, dan banyak hal lain yang Aa yakin bagi yang sudah tahu bisnis lebih hafal perinciannya.

Orang bisnis manis di awal, pahit di tengah, dan muntah-muntah di belakang. Pernah ada sejumlah orang yang pendidikannya tinggi dan bicaranya bagus datang mengaji ke Daarut Tauhiid, lalu mengajak bisnis. Awalnya bagus, tapi setelah sebulan langsung menghilang. Kita yang ditipu tidak rugi, tapi yang pasti rugi adalah yang menipu.

Yang ketiga, ketika diberi amanah. Banyak contohnya yang telah sering dijelaskan. Seperti disuruh mengajar pukul delapan, tapi datangnya pukul sembilan kurang seperempat. Padahal lonceng akhir pelajarannya pukul sembilan, sehingga dia mengajar cuma seperempat jam. Atau, saat dititipi sesuatu, dipakai saja olehnya, dan ketika meminjam barang tidak dikembalikan.

Saudaraku. Seseorang ketahuan aslinya dalam perjalanan, muamalah, dan saat diberi amanah, karena dia membuka dirinya sendiri. Oleh sebab itu, kita harus benar-benar menjaga diri dalam tiga tempat itu. Tempat yang mudah bagi kita membuka apa saja yang telah ditutupi oleh Allah SWT. Kita pun perlu berhati-hati dalam merekomendasikan seseorang. [*]

]]>
Fokus Inilahcom http://mozaik.inilah.com/read/detail/2373948/tiga-tempat-tersingkapnya-kepribadian-seseorang Fri, 21 Apr 2017 01:05:00 +0700 Tiga Tempat Tersingkapnya Kepribadian Seseorang Tiga Tempat Tersingkapnya Kepribadian Seseorang Tiga Tempat Tersingkapnya Kepribadian Seseorang Tiga Tempat Tersingkapnya Kepribadian Seseorang
Anies Gusur Ahok, Prabowo Gusur Jokowi? http://nasional.inilah.com/read/detail/2374019/anies-gusur-ahok-prabowo-gusur-jokowi INILAHCOM, Jakarta - Hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno menempati posisi puncak. Ia mengalahkan kandidat petahana yang diusung mayoritas partai. Apakah kemenangan Anies-Sandi ini linier dengan ambisi Prabowo Subianto maju menjadi Presiden 2019?

Kampanye Pilkada DKI Jakarta putaran pertama pada Minggu (5/2/2017) di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membakar semangat peserta kampanye untuk pasangan Anies-Sandi.

Saat itu, ia berseloroh bila menginginkan dirinya menjadi Presiden RI, maka langkah yang terlebih dahulu dilakukan dengan menjadikan Anies-Sandi menjadi Gubernur DKI Jakarta. 

"Saudara-saudara, kalau kalian ingin saya jadi Presiden di 2019, kalian harus memenangkan Anies-Sandi menjadi gubernur dan wakil gubernur. Kalian harus kerja keras," ucap Prabowo kala itu.

Kini, merujuk hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, pasangan kandidat yang diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut didapuk sebagai pemenangnya. Anies-Sandi meraih dukungan mayoritas di kisaran angka 56 persen suara.

Kemenangan Anies-Sandi ini bagi Partai Gerindra dimaknai sebagai pembuka kotak pandora untuk pencapresan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 lalu. Harus diakui, kemenangan Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta banyak faktor penyebabnya. Faktor Prabowo Subianto, diyakini juga turut berkontribusi atas kemenangan ini.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon berharap kemenangan DKI Jakarta dapat menjadi tolak ukur dalam perhelatan Pilpres 2019 mendatang. Menurut dia, mengaca Pilkada DKI Jakarta, keterbatasan logistik yang dimiliki pasangan Anies-Sandi namun kenyataannya masyarakat menginginkan pimpinan yang rasional yang dianggap dapat membawa perubahan Jakarta.

"Kami mengharapkan Pak Prabowo tetap sehat dan maju untuk 2019. Kita harapkan begitu (Pilkada DKI Jadi tolak ukur)," sebut Fadli di gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Terkait posisi politik Anies Baswedan dalam Pilpres 2019 mendatang, Fadli mengatakan sejak awal Anies berkomitmen untuk tidak maju dalam Pilpres 2019 mendatang. "Dari awal kita berkomitmen begitu (Anies tidak maju dalam Pilpres 2019), dan fokus untuk Jakarta tentu bisa menuntaskan selama lima tahun untuk Jakarta. Sudah ada komitmen dari awal," cetus Fadli.

Langkah Prabowo Subianto untuk maju menjadi RI 1 tentu tidak determinan dengan rumusan "Anies Gubernur Jakarta, Prabowo Presiden RI". Ada banyak pekerjaan yang harus dituntaskan oleh Prabowo dan Partai Gerindra termasuk Anies-Sandi dalam konteks pemerintahan Jakarta lima tahun ke depan.

Bagi Prabowo Subianto dan Partai Gerindra, kemenangan jagoannya dalam Pilkada DKI Jakarta ini dapat menjadi role model bagi Prabowo dan Gerindra untuk menggarap daerah lainnya khususnya dalam Pilkada di Provinsi di Pulau Jawa yang tak lama lagi menggelar hajatan Pilkada seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Bila spirit Pilkada DKI Jakarta dapat ditularkan dan dibawa dalam menggarap sejumlah daerah yang memiliki kantung suara besar di Pulau Jawa tersebut, pekerjaan Prabowo dan Gerindra untuk maju Pilpres 2014 seperempatnya telah dilalui. Bagaimanapun, sumbangan suara pemilih di Pulau Jawa menjadi faktor penting kemenangan dalam kontestasi Pilpres.

Di luar konteks hajatan pilkada yang bakal digelar pada tahun 2018 mendatang, Prabowo Subianto dan Partai Gerindra sudah saatnya melakukan sikap politik yang deferensiasi terhadap pemerintahan Jokowi. Pemihakan politik Prabowo dan Gerindra terhadap isu publik yang dinilai diabaikan oleh pemerintahan Jokowi, semestinya direspons dengan kebijakan dan sikap politik yang tegas. Tidak ada lagi ruang abu-abu.

Dalam konteks pemerintahan DKI di tangan Anies-Sandi selama lima tahun ke depan, 33 janji pasangan ini harus dikonkretkan dengan kebijakan nyata yang harus dirasa langsung oleh publik. Anies-Sandi tak ada lagi ruang untuk politik retorika yang banyak dikritik pihak lainnya terhadap pasangan dilayangkan.

Sukses Anies-Sandi dalam memimpin Jakarta, akan memberi kontribusi konkret bagi Prabowo dan Gerindra. Dengan catatan, Anies tak mengikuti jejak Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta yang maju dalam pilpres di 2014 lalu.

Jika prasyarat pokok tersebut terpenuhi, kerja politik Prabowo dan Gerindra tak lagi berat untuk menggusur Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang yang besar kemungkinan Jokowi bakal maju untuk kali keduanya. [mdr]

]]>
Fokus Inilahcom http://nasional.inilah.com/read/detail/2374019/anies-gusur-ahok-prabowo-gusur-jokowi Thu, 20 Apr 2017 19:00:00 +0700 Anies Gusur Ahok, Prabowo Gusur Jokowi? Anies Gusur Ahok, Prabowo Gusur Jokowi? Anies Gusur Ahok, Prabowo Gusur Jokowi? Anies Gusur Ahok, Prabowo Gusur Jokowi?
Tanggapan atas Permintaan Tanggapan Soal Pilkada http://mozaik.inilah.com/read/detail/2373946/tanggapan-atas-permintaan-tanggapan-soal-pilkada SELAMA proses Pilkada DKI berlangsung, ada banyak pertanyaan dan pernyataan dikirimkan pada saya melalui berbagai media. Hampir semua pertanyaan politik yang berkaitan dengannya tidak saya jawab. Hanya beberapa saja yang saya jawab seperlunya saja. Mereka mempertanyakan mengapa dalam rajinnya saya menulis status harian terdapat malasnya saya bicara Pilkada.

Saya terus saja tidak menjawab kepada publik. Saya hanya berkata kepada diri saya sendiri bahwa saya bukan orang politik dan tidak mengerti politik kecuali teori-teorinya saja, itupun yang berkatan dengan nilai etika dan konsepsi Islam.

Lebih dari itu saya menyadari bahwa diri saya bukanlah siapa-siapa yang suaranya didengar oleh sesiapa dalam masalah Pilkada itu. Dan, yang pasti, hadirnya saya dalam diskusi Pilkada hanya akan memperlebar konflik.

Nah, muncullah tuduhan pada saya bahwa saya adalah tipe orang yang cari aman, istilah yang sering dikonotasikan sebagai negatif. Saya diam dan hanya berbicara dalam hati sendiri bahwa memang saya mencari aman dalam konotasinya yang positif. Jalan teraman menuju aman adalah dengan membuat aman diri dan membuat aman orang lain. Tentu saja dalam ruang lingkup kecil semampu saya. Maka saya sampaikan apa yang saya bisa kepada orang-orang di sekeliling saya saja, tidak untuk umum.

Lalu, masuklah telpon wartawan harian nasional meminta komentar saya akan kemenangan penghitungan quick count pasangan calon nomor 3 Pilkada DKI. Saya kembali enggan menanggapi. Tapi karena dikirimi pulsa, tak enak juga tidak komentar.

Komentar saya adalah bahwa episode paling membahagiakan hati saya dari proses Pilkada itu adalah pidato kemenangan Anies yang santun, lembut dan menghormati rival serta pidato sambutan Ahok yang legowo, penuh hormat dan gentelmen mengakui kemenangan rival.

Andai dua pasangan calon itu bersikap seperti itu sedari awal kampanye, betapa Pilkada DKI menjadi pelajaran demokrasi terbaik bagi anak bangsa. Tak ada jalan menuju damai kecuali damai. Begitu sabda para guru kebijakan. Salam, AIM. [*]

]]>
Fokus Inilahcom http://mozaik.inilah.com/read/detail/2373946/tanggapan-atas-permintaan-tanggapan-soal-pilkada Thu, 20 Apr 2017 14:40:00 +0700 Tanggapan atas Permintaan Tanggapan Soal Pilkada Tanggapan atas Permintaan Tanggapan Soal Pilkada Tanggapan atas Permintaan Tanggapan Soal Pilkada Tanggapan atas Permintaan Tanggapan Soal Pilkada
Inilah Saham Pilihan Kamis (20/4/2017) http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2373807/inilah-saham-pilihan-kamis-2042017 INILAHCOM, Jakarta - Laju IHSG Kamis (20/4/2017) diprediksi melanjutkan penguatan menuju ke level resistance di area Rp5.623 dan Rp5.639. Inilah saham-saham pilihannya sebagai bahan pertimbangan para pemodal.

Pada perdagangan Selasa (18/4/2017), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 29,030 poin (0,52%) ke posisi 5.606,517. Sepanjang perdagangan, indeks mencapai level tertingginya di 5.626,524 atau menguat 49,037 poin dan mencapai level terendahnya di angka 5.597,169 atau menguat 19,682 poin.

Kepada INILAHCOM, Reza Priyambada, analis senior Binaartha Sekuritas  memberikan rincian penjelasannya berikut ini:

]]>
Fokus Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2373807/inilah-saham-pilihan-kamis-2042017 Thu, 20 Apr 2017 03:15:00 +0700 Inilah Saham Pilihan Kamis (20/4/2017) Inilah Saham Pilihan Kamis (20/4/2017) Inilah Saham Pilihan Kamis (20/4/2017) Inilah Saham Pilihan Kamis (20/4/2017)