Inilah.com - Fokus http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Mon, 27 Mar 2017 19:40:51 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/fokus http://www.inilah.com/ Inilah.com - Fokus http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 IHSG Masih dalam Tren Positif http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2368630/ihsg-masih-dalam-tren-positif INILAHCOM, Jakarta - IHSG pada awal pekan ini akan cenderung sepi dan bergerak dalam rentang terbatas di kisaran 5.540-5.585.

Menurut praktisi pasar modal, Stefanus Mulyadi Handoko, hal ini dikarenakan pada hari Senin ini merupakan harpitnas. Sebab hari Selasa bursa libur memperingati Hari Raya Nyepi. "Peluang IHSG melanjutkan penguatannya akan kembali terbuka jelang akhir pekan yang merupakan akhir perdagangan kuartal pertama tahun ini," katanya Minggu (26/3/2017).

Seiring dengan sentimen positif yang membayangi pasar modal domestik, IHSG diperkirakan masih akan terus melaju. Secara teknikal, kondisi IHSG masih terlihat kondusif dengan kecenderungan untuk bergerak positif. Stochastic kembali golden cross diarea overbought, sedangkan MACD masih bergerak naik diatas centreline.

Dari kondisi ini menunjukan bahwa IHSG masih dalam trend pergerakan menguat. IHSG berpotensi menembus keatas level 5.600 pada pekan ini, dengan resisten di 5.613. Sementara untuk level supportnya berada di 5.486.

Walaupun IHSG telah masuk fase uptrend, namun tetap perlu hati-hati dalam menerapkan strategi trading jangka pendek. Sebab tidak semua saham akan naik serempak, karena ada giliran kenaikan dari tiap-tiap saham.

Untuk itu dibutuhkan pengalaman dalam memilih saham mana yang akan bergerak naik. Tetap kontrol resiko dan lakukan safe trading sesuai dengan trading plans yang telah dibuat. Sementara bagi investor jika terjadi koreksi bisa dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi kembali, terutama pada saham-saham yang telah merilis laporan kinerja keuangan FY 2016 yang positif.

Pada pekan ini tidak ada data dan agenda ekonomi penting dari dalam negeri, selain menunggu rilis sisa laporan keuangan FY 2016 dari beberapa emiten yang belum di publish jelang batas akhir waktu pelaporan pada bulan Maret. Sementara dari dari luar negeri, beberapa data dan agenda kejadian ekonomi penting yang diperkirakan akan menjadi perhatian para investor.

Pada hari Senin, Rilis data iklim bisnis Jerman. Hari Selasa, Rilis data keyakinan konsumen AS. Hari Rabu, Rilis data persediaan minyak AS. Hari Kamis:, Rilis data kepercayaan konsumen Inggris, Rilis data inflasi Jerman, Rilis data GDP dan klaim penganguran AS. Hari Jum’at, Rilis data inflasi dan tingkat pengangguran Jepang, Rilis data manufaktur China, Rilis data neraca perdagangan dan GDP Inggris, Rilis tingkat pengangguran Jerman.

]]>
Fokus Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2368630/ihsg-masih-dalam-tren-positif Mon, 27 Mar 2017 05:58:00 +0700 IHSG Masih dalam Tren Positif IHSG Masih dalam Tren Positif IHSG Masih dalam Tren Positif IHSG Masih dalam Tren Positif
Sampai Kapankah Kita Berjuang? http://mozaik.inilah.com/read/detail/2368323/sampai-kapankah-kita-berjuang "HIDUP adalah perjuangan." Demikian kalimat yang kita sering dengar. Rata-rata kita setuju dengan kalimat itu. Namun ada pertanyaan sampai kapankah kita berjuang? Kapankah kita bisa menikmati hasil perjuangan? Pertanyaan seperti wajar sekali dan menarik untuk dijawab agar tak lahir rasa putus harapan. Pagi tadi, pertanyaan itu menjadi tema perbincangan di sela sarapan buah bersama istri.

Perjuangan untuk menjadi manusia pilihan tidaklah mengenal akhir kecuali telah sampai pada titik akhir bernama kematian. Menjadi manusia adalah perjuangan karena persyaratan menjadi manusia adalah menggunakan akal dan rasa dalam berucap dan berprilaku.

Tidak semua orang adalah manusia dalam definisi ini. Lihatlah mereka yang tega berbahagia di atas derita orang lain. Lihatlah betapa banyak mereka yang mau untung sendiri walau lainnya harus buntung.

Akal dan rasa sangat sering berseteru dengan nafsu. Sungguh sebuah perjuangan berat untuk memenangkan akal dan rasa.  Maka lahirlah kata "gelap mata" dan "mati hati" serta "akal tertutup." Ini masih perjuangan menjadi manusia. Betapa berat sekali. Sampai kapan perjuangan ini? Jawabannya adalah sampai kita tak mau lagi disebut manusia.

Bagaimana dengan berjuang menjadi manusia pilihan? Sungguh lebih dahsyat lagi. Aqidah (keyakinan) yang benar, ketundukan yang tulus serta ibadah (pengabdian) yang lurus menjadi syarat utama. Sampai kapan kita berjuang untuk tunduk dan beribadah? Jawabannya adalah sampai kita berani menjadi manusia durhaka calon menghuni neraka.

Ayo kita berjuang bersama. Mari kita saling mengingatkan dan menasehati. Teruslah saling mendoakan untuk kemerdekaan yang hakiki. Salam, AIM. [*]

]]>
Fokus Inilahcom http://mozaik.inilah.com/read/detail/2368323/sampai-kapankah-kita-berjuang Sun, 26 Mar 2017 00:08:00 +0700 Sampai Kapankah Kita Berjuang? Sampai Kapankah Kita Berjuang? Sampai Kapankah Kita Berjuang? Sampai Kapankah Kita Berjuang?
Sikap Atasan pada Bawahan http://mozaik.inilah.com/read/detail/2368362/sikap-atasan-pada-bawahan TADI siang setelah shalat Jum'at saya diundang Pemprop Jawa Timur untuk berbicara di hadapan para atasan agar supaya bersedia dan mampu mengajak bawahannya untuk memiliki karakter shalih ritual dan shalih sosial. Ada kesadaran memuncak di kalangan pejabat teras bahwa mengubah perilaku yang kurang aktif dan produktif menjadi aktif dan produktif tak akan berhasil sempurna tanpa perbaikan modal dasar bernama potensi spiritual.

Sudah banyak kajian ilmiah yang menyimpulkan bahwa pembinaan dan pengembangan spiritual merupakan sarana paling cepat memulihkan segala jenis penyimpangan prilaku baik secara personal ataupun komunal dalam sebuah institusi, organisasi atau apapun namanya. Sayangnya, selama ini, urusan spiritual seringkali dipinggirkan. Kebanyakan orang adalah menuhankan kemampuan non-spiritual saja.

Mengawali presentasi saya, saya sampaikan bahwa tak perlu sombong, arogan, merasa jumawa karena menjadi atasan. Toh sesungguhnya atasan itu adalah bawahan dari yang lebih atas. Bersikaplah ramah dengan bawahan karena tanpa bawahan maka tak akan ada atasan. Menariknya, orang yang hanya memakai baju atasan tanpa bawahan akan dianggap porno dan saru. Sementara orang yang memakai pakaian bawagan tanpa atasan masih bisa dianggap normal.

Lalu, apa yang membenarkan atasan merasa lebih hebat dari bawahan? Apalagi jika semua bawahan melakukan class action ptotes dan menolak kebijakan atasan. Apa yang bisa dilakukan? Memecat? Ah, itu bukan cara bijak dan jantan. Cara terbijak dan terjantan adalah mampu menemukan solusi damai menyejukkan semua pihak.

Ini tentu saja membutuhkan seni memimpin, the art of leadership. Itu yang saya sampaikan tadi dengan merujuk pada penelitian dari Harvard, Cambridge, Chicago dan Sydney. Panjang sekali jika harus diposting di sini. Copy slide tersedia.

Seorang Bapak di pelosok Madura kaget ditelpon anaknya yang sudah lama tinggal di Jakarta tanpa kabar. Si anak berkata dengan bangga: "Bapak, maaf lama tidak telpon. Memang saya niat tak akan telpon sebelum menjadi siapa-siapa. Sekarang saya tak lagi menjadi bawahan. Sekarang sudah jadi atasan." Dengan nada sedih lesu si Bapak menjawab: "Jangan bangga jadi atasan. Kamu tak tahukah bahwa harga bawahan lebih mahal ketimbang atasan?" Salam, AIM. [*]

]]>
Fokus Inilahcom http://mozaik.inilah.com/read/detail/2368362/sikap-atasan-pada-bawahan Sat, 25 Mar 2017 00:13:00 +0700 Sikap Atasan pada Bawahan Sikap Atasan pada Bawahan Sikap Atasan pada Bawahan Sikap Atasan pada Bawahan
Meneropong Cerahnya Budi Daya Perikanan http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2368270/meneropong-cerahnya-budi-daya-perikanan INILAHCOM, Jakarta - Budi daya perikanan yang sedang digalakkan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dinilai sedang menunjukkan potensi masa depan yang cerah yang terlihat dari sejumlah indikasi statistik nasional.

Direktur Jenderal Budi daya Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto mengatakan keuntungan usaha perikanan di bidang budi daya secara nasional terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

"Berdasarkan data BPS, usaha perikanan budi daya semakin menunjukkan margin keuntungan yang menaik," kata Slamet Soebjakto dalam diskusi di Gedung Mina Bahari IV KKP, Jakarta, Senin (20/3).

Slamet mengungkapkan, BPS menuturkan bahwa NTUPI (nilai tukar usaha pembudidaya ikan) meningkat dari sekitar 105,8 pada Februari 2014 kemudian bertambah hingga mencapai 109,8 pada Februari 2017.

Menurut dia, meningkatnya nilai tukar usaha pembudidaya ikan merupakan hal yang menggembirakan.

Dampak positif melonjaknya NTUPI, ujar dia, antara lain karena adanya program bantuan benih yang mencapai 181,97 juta ekor pada tahun 2016.

"Bantuan benih nasional ini kita berikan kepada pembudidaya. Ada yang diberikan kepada mereka yang musibah atau mengalami kekurangan permodalan," ucapnya.

Selain itu, ia juga mengemukakan pihaknya juga menggalakkan gerakan pakan ikan mandiri untuk menekan harga pangan, yang biasanya berupa 70-80 persen dari keseluruhan produksi.

Hasilnya, lanjutnya, produksi pakan mandiri 16.800 ton pada 2015 dan mencapai 62.160 ton pada 2016.

"Ini ada kenaikan hingga 300 persen, yang berdampak kepada margin keuntungan pembudidaya rata-rata naik 40 persen dari sebelumnya," ujarnya.

Dirjen Budi daya juga mengingatkan bahwa dampak positif kenaikan NTUPI juga diakibatkan menurunnya impor tepung ikan.

Slamet menjabarkan, rata-rata tingkat penurunan dalam empat tahun terakhir adalah sebesar 21 persen, sebaliknya produksi dalam negeri meningkat sehingga memicu efisiensi produksi.

Sebelumnya, KKP pada 2017 juga menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk program asuransi perikanan budi daya.

Direktur Pakan dan Obat Ikan, Ditjen Perikanan Budi daya KKP Sarifin di Jakarta, Selasa (28/2) mengatakan, asuransi tersebut untuk tahap awal diperuntukkan di sentra-sentra pembudidaya udang.

"Nantinya asuransi ini untuk melindungi usaha budi daya udang dari bencana banjir, tsunami, gempa bumi dan lainnya," katanya pada kegiatan "Outlook Perikanan 2017".

Menurut dia, besaran asuransi yang diberikan pada pembudidaya yang mengalami kerugian usaha akibat bencana tersebut yakni Rp37 juta per hektare.

Sedangkan usaha budi daya udang yang dapat memperoleh asuransi, tambahnya, yakni dengan luasan tambak 2 hektare per orang.

Lahan-pasar Selain itu, KKP juga berencana meningkatkan potensi lahan budi daya perikanan laut saat ini dinilai masih belum termanfaatkan secara optimal, padahal memiliki potensi pasar tujuan yang cukup besar.

"Potensi lahan budi daya laut mencapai 12,1 juta hektare dari total potensi lahan budi daya, namun baru termanfaatkan 325 ribu hektare atau 2,69 persen," kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto.

Menurut dia, rencana KKP untuk meningkatkan potensi lahan budi daya laut sesuai dengan semangat pemerintah yang fokus dalam mewujudkan Republik Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Slamet memaparkan, jenis ikan yang paling besar dikembangkan KKP antara lain adalah komoditas kerapu dan kakap putih.

Terkait kakap putih, ujar dia, KKP juga fokus mengembangkan komoditas tersebut dalam melaksanakan program Keramba Jaring Apung (KJA) "offshore" atau lepas pantai yang bakal dilaksanakan pada tahun 2017 ini.

"Untuk KJA offshore itu komoditasnya yang akan kita pilih adalah kakap putih karena pasarnya lebih luas," kata Slamet.

Selain memiliki pasar sasaran negara tujuan yang lebih luas dibandingkan beragam komoditas lainnya, Slamet juga menyatakan bahwa keunggulan kakap putih adalah pengolahannya tidak harus hidup, tetapi bisa berupa daging fillet dan olahan lainnya.

Menurut dia, penguasaan teknologi pengembangan kakap putih juga sudah dikuasai dan pemeliharaannya juga dinilai nisbi lebih mudah.

"Ke depan sistem pembudidaya ikan tentu saja tidak menggunakan bahan antibiotik sedikitpun, kita akan menggunakan vaksin seperti yang dilakukan Norwegia dengan pembudidayaan ikan salmon di negaranya," tuturnya.

Untuk itu, ia juga mengemukakan bahwa pihaknya juga akan bekerja sama dengan Norwegia.

Rencananya, ada sebanyak tiga lokasi yang akan dikembangkan KJA lepas pantai pada tahun 2017 ini, yaitu di Sabang, Karimun Jawa, dan Cilacap-Pangandaran.

Pengembangan program tersebut, lanjutnya, memiliki beragam manfaat antara lain menyerap 1.450 tenaga kerja, hanya untuk bagian penggelondongan, serta pemanfaatan tambak hingga sekitar 290 hektare.

Revitalisasi Keramba KKP, ujar Slamet, juga akan memberikan bantuan revitalisasi keramba jaring apung kepada masyarakat sebagai upaya untuk menggerakkan kembali motivasi dari para pembudidaya agar mereka dapat kembali beroperasi.

Sejumlah kriteria penerima bantuan revitalisasi KJA antara lain diutamakan yang berbadan hukum (namun memiliki kondisi teknis yang tidak operasional), memiliki pengalaman usaha di bidang pembesaran ikan laut di KJA atau minimal telah mengikuti pelatihan.

Pada tahun 2017 ini, revitalisasi KJA sudah mulai berjalan antara lain di Bintan 30 paket, Kepulauan Natuna 20 paket, Batam 25 tahun, Lampung Selatan 16 paket, Kepulauan Seribu 40 paket, Lombok Tengah 30 paket, dan Lombok Timur 30 paket.

Pemerintah, ujar dia, juga menggerakkan semua pemangku kepentingan seperti asosiasi dan BUMN bidang perikanan seperti Perindo.

Dirjen Budidaya KKP juga menyoroti bahwa sebelum moratorium perizinan kapal ikan ada sebanyak 28 unit kapal pengangkut ikan hidup asli pembudidayaan, tetapi setelah moratorium hanya 23 unit kapal ikan.

Untuk itu, Slamet mengutarakan harapannya agar jumlah kapal pengangkut tersebut dapat bertambah banyak pada masa mendatang.

Sementara itu, Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan menginginkan peningkatan rata-rata pendapatan yang diperoleh usaha budi daya perikanan secara nasional harus disebarkan secara merata agar tidak terjadi ketimpangan.

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan Abdul Halim sepakat bahwa selama ini tingkat pendapatan yang meningkat di kalangan pembudidaya dalam negeri masih belum terbagi secara merata.

"Persentasenya 15-25 persen untuk pembudidaya, sisanya dibagi rata pengepul dan perusahaan pengolah atau pemasar yang berorientasi ekspor," kata Abdul Halim.

Untuk itu, ujar dia, mesti diperiksa kembali rantai nilai per komoditas budidaya perikanan agar manfaat kenaikan produksi tersebut juga dirasakan oleh pembudidaya dan pembenih ikan skala kecil.

Bila penyebaran kesejahteraan juga dapat dilakukan dengan lebih merata kepada berbagai kalangan pembudidaya baik yang besar hingga yang kecil, maka masa depan budidaya nasional juga akan semakin cerah. [tar]

]]>
Fokus Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2368270/meneropong-cerahnya-budi-daya-perikanan Fri, 24 Mar 2017 15:05:00 +0700 Meneropong Cerahnya Budi Daya Perikanan Meneropong Cerahnya Budi Daya Perikanan Meneropong Cerahnya Budi Daya Perikanan Meneropong Cerahnya Budi Daya Perikanan
Inilah Saham Pilihan Jumat (24/3/2017) http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2368136/inilah-saham-pilihan-jumat-2432017 INILAHCOM, Jakarta--Secara teknikal, support IHSG berada dalam kisaran 5.538-5.513 dan resisten 5.582.-5.601. Inilah saham-saham pilihan sebagai bahan pertimbangan para trader akhir pekan ini. Apa saja?

Pada perdagangan Kamis (23/3/2017), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 29,666 poin (0,54%) ke posisi 5.563,759.

Sepanjang perdagangan, indeks mencapai level tertingginya di 5.576,668 atau menguat 42 poin dan mencapai level terendahnya di angka 5.532,648 atau melemah 1,445 poin.

Kepada INILAHCOM, Reza Priyambada, analis senior Binaartha Sekuritas  memberikan rincian penjelasannya berikut ini:

]]>
Fokus Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2368136/inilah-saham-pilihan-jumat-2432017 Fri, 24 Mar 2017 03:15:00 +0700 Inilah Saham Pilihan Jumat (24/3/2017) Inilah Saham Pilihan Jumat (24/3/2017) Inilah Saham Pilihan Jumat (24/3/2017) Inilah Saham Pilihan Jumat (24/3/2017)
Perluaslah Akalmu Agar Semua Masuk Akal http://mozaik.inilah.com/read/detail/2368052/perluaslah-akalmu-agar-semua-masuk-akal LELAKI itu kelihatan sedih terus dan gelisah. Tak seorangpun tahu apa yang menjadi penyebabnya karena dia tidak pernah cerita kepada siapapun tentang masalah yang sesungguhnya tengah dihadapi. Orang itu tak pernah percaya pada siapapun setelah beberapa kali dibohongi dan dikhianati.

Celakanya, orang lain juga tak percaya padanya karena setiap dipercaya melakukan suatu tugas selalu saja tak diselesaikannya karena terlalu sibuk mengelus dada dan mengusap airmata. Benar juga kata orang Afrika bahwa sesedih apapun kita tak boleh lupa bernafas. Lakukan banyak hal dan jangan fokus pada kesedihan.

Mungkin saja sudah sampai pada titik puncak, culminating point kata orang Inggris atau nuqthah kharijiyah kata orang Arab atau poncana urusan kata orang Madura. Lelaki itu akhirnya mencari nasehat. Dipilihlah orang paling tua yang tak mungkin lagi mengkritik dan memarahi kesalahan orang lain karena sudah sibuk mengkritik ditinya sendiri agar aman menuju alam peristirahatan sebelum alam akhirat. Lelaki itu menyampaikan semua kisah hidup yang dilaluinya yang katanya banyak tidak masuk akal.

Usaha sungguh-sungguh yang dilakukannya ternyata berujung gagal. Ketulusan cinta yang dipersembahkannya kepada wanita pilihannya ternyata bertepuk sebelah tangan. Kejujurannya ternyata berujung petaka. Dan banyak kasus lain yang dihadapinya yang menurutnya keluar dari kaidah nalar sehat. Lalu dia bertanya pada kakek tua itu: "Apa yang harus saya lakukan? Mengapa semua kejadian hidupku tidak masuk akal?"

Jawaban kakek itu singkat, padat, lugas dan jelas: "Anakku, perluas akalmu biar semua masalah bisa masuk. Akalmu terlalu sempit untuk memahami semua peristiwa itu karena akalmu tidak pernah engkau latih berfungsi dengan benar." Lelaki itu terdiam dan menunggu petuah berikutnya tentang cara melatih akal supaya luas.

Kakek tua itu diam sejenak dan tatapannya menembus atap pesanggrahan kunonya. Lalu beliau berkata lirih: "Banyak cara yang harus engkau lakukan. Namun sebagai langkah awal, mengajilah di pondok pesantren kota Alif Laam Miim ya." Salam, AIM. [*]

]]>
Fokus Inilahcom http://mozaik.inilah.com/read/detail/2368052/perluaslah-akalmu-agar-semua-masuk-akal Fri, 24 Mar 2017 00:09:00 +0700 Perluaslah Akalmu Agar Semua Masuk Akal Perluaslah Akalmu Agar Semua Masuk Akal Perluaslah Akalmu Agar Semua Masuk Akal Perluaslah Akalmu Agar Semua Masuk Akal
Waspadai Efek Negatif Penggaturan Taksi Online http://nasional.inilah.com/read/detail/2368047/waspadai-efek-negatif-penggaturan-taksi-online INILAHCOM, Jakarta - Komitmen pemerintah untuk mengatur keberadaan taksi online dinilai belum bisa menyelesaikan masalah. Kendati melempar persoalan ke pemerintah daerah, bukan berarti pemerintah pusat lepas kendali atas persoalan ini. Sebab, ada dampak negatif yang potensial akan muncul.

Ketua Fraksi PPP DPR RI Reni Marlinawati mengingatkan tentang efek buruk yang bakal muncul dengan kebijakan pemerintah terhadap taksi online tersebut. Menurut dia, kenaikan tarif taksi online akan berimbas pada penurunan penghasilan bagi pengemudi taksi online. Padahal, Reni menyitir data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2016 lalu, pengangguran menurun salah satunya berkat keberadaan taksi online.

"BPS mencatat, sebanyak 500 ribu tenaga kerja terserap di sektor transportasi, pergudangan dan komunikasi. Harus diakui, menjamurnya transportasi berbasis online telah mampu mengurangi angka pengangguran," sebut Reni di gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Oleh karenanya, Reni menyarankan agar pemerintah melakukan kajian yang komprehensif terhadap rencana kebijakan kenaikan tarif taksi online tersebut. Dia menyebutkan metode analisis dampak penerapan peraturan (regulatory impact assessment) dapat dilakukan pemerintah untuk mengetahui apa dampak dari penerapan perubahan Permenhub No 32 Tahun 2016.

"Analisa dampak penerapan peraturan (regulatory impact assessment) harus dilakukan pemerintah. Jangan sampai kebijakan tersebut justru membuat masalah sosial baru, salah satunya dengan bertambahnya pengangguran karena omset transportasi online turun," papar Wakil Ketua Umum DPP PPP ini.

Reni mengaku heran dengan kebijakan pemerintah yang akan menaikkan tarif taksi online. Padahal, kata Reni, keberadaan taksi online diminati publik lantaran harganya murah dan nyaman serta aman. "Pertanyaannya, mengapa tidak didorong menjadikan transportasi konvensional dibuat lebih murah, aman dan nyaman?  Bukan justru membuat kebijakan dengan menjadikan tarif taksi online menjadi naik," gugat anggota Komisi X DPR RI ini.

Sementara terpisah anggota Komisi III DPR RI Aboe Bakar Al-Habsy menyoroti aksi kekerasan yang terjadi antara pengemudi taksi online dan moda transportasi konvensional. Menurut dia, semestinya aparat kepolisian dapat bertindak lebih sigap dengan melakukan langkah preventif. "Ajak mereka duduk bersama agar sama-sama mencari nafkah dengan baik dan benar, tak perlu saling sikut," ujar Aboe.

Selain langkah preventif, Aboe juga meminta aparat kepolisian melakukan penindakan yang tegas terhadap siapapun yang melakukan aksi kekerasan seperti yang terjadi di Tangerang yang telah menjadi viral di media sosial. "Polisi harus melakukan penegakan hukum secara tegas. Tidak ada kompromi atas tindakan sadis seperti ini. Jika tida akan dapat menjadi presenden buruk untuk yang lain," ingat Aboe.

Sebelumnya dari kalangan akademisi mengingatkan efektivitas Permenhub No 32 Tahun 2016 tersebut. Karena dari sisi prosedural pembentukan Permenhub, diduga kuat melanggar prinsip pembentukan peraturan perundang-undangan yang baik.

Salah satu yang mengemuka soal nomenklatur "kendaraan bermotor non trayek" yang diidentikkan dengan taksi online. Padahal dalam UU Lalu Lintas, tidak ditemui istilah tersebut. "Ini menabrak prinsip hukum lex superiori derogat legi inferiori, peraturan di bawah tidak boleh bertentangan dengan peraturan di atasnya," ingat dosen Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Rahmat Saputra. [mdr]

]]>
Fokus Inilahcom http://nasional.inilah.com/read/detail/2368047/waspadai-efek-negatif-penggaturan-taksi-online Thu, 23 Mar 2017 17:25:00 +0700 Waspadai Efek Negatif Penggaturan Taksi Online Waspadai Efek Negatif Penggaturan Taksi Online Waspadai Efek Negatif Penggaturan Taksi Online Waspadai Efek Negatif Penggaturan Taksi Online
Yang Sudah Diketahui dari Serangan London Saat Ini http://dunia.inilah.com/read/detail/2367986/yang-sudah-diketahui-dari-serangan-london-saat-ini TERCATAT lima orang tewas dan sedikitnya 40 orang terluka dalam serangan teror di dekat Gedung Parlemen Inggris di Kota London, Rabu siang (22/3/2017) waktu setempat.

Berikut adalah apa yang sudah diketahui sejauh ini tentang insiden tersebut, seperti dikutip dari BBC:

Apa yang terjadi?

Pada Rabu pukul 14.40 GMT (21.40 WIB) seorang lelaki melakukan serangan dengan menabrakkan mobil di Jembatan Westminster, dekat Gedung Parlemen di pusat kota London, menewaskan sedikitnya dua pejalan kaki dan melukai sejumlah orang.

Mobil itu kemudian menabrak pagar luar Gedung Parlemen.

baca juga: Serangan Teroris di London Tewaskan 5 Orang

Penyerang yang bersenjatakan pisau, berlari ke arah Parlemen, dan berhadapan dengan polisi. Salah seorang petugas kepolisian yang tidak bersenjata ditikam dan dibunuh. Penyerang akhirnya ditembak mati oleh petugas bersenjata.



Bagaimana keadaannya?

Para saksi menggambarkan bagaimana suasana yang jadi penuh kekacauan dan kepanikan.

Richard Tice, mengatakan dia keluar dari stasiun kereta bawah tanah Westminster pada sekitar pukul 14:45 dan digiring oleh polisi ke Westminster Bridge.

Dia melihat orang tergeletak di atas jembatan. Dia dikabari bahwa sebuah mobil naik ke trotoar dan melaju dari selatan ke utara, melintasi jembatan, menabraki orang-orang.

"Saya menghitung, ada delapan orang di sepanjang jembatan, dari selatan ke utara - setidaknya delapan," ujar Tice.



Siapa yang menjadi korban?

Sejauh ini, hanya seorang polisi yang telah disebutkan identitasnya. Yakni Keith Palmer, 48 tahun, petugas di Komando Perlindungan Parlemen dan Diplomatik. Dia sudah berdinas selama 15 tahun dan seorang suami dan ayah.

Yang terluka antara lain tiga petugas polisi yang sedang berjalan melintasi jembatan dalam perjalanan mereka kembali dari sebuah upacara. Dua orang disebutkan dalam kondisi serius.

Polisi mengatakan bahwa orang-orang yang cedera terdiri dari 'berbagai kebangsaan'.

baca juga: 'Tak Ada WNI Jadi Korban Serangan di London'

Tiga dari sekelompok anak sekolah Prancis yang berada di jembatan mengalami luka-luka dalam insiden itu. Empat mahasiswa dari Edge Hill University, Lancashire, juga terluka.



Dinas Ambulans London mengatakan telah menangani 12 orang yang menderita luka serius, dan semuanya dibawa ke rumah sakit. Mereka juga merawat delapan orang yang mengalami cedera ringan di tempat kejadian.

Rumah Sakit Kings College mengatakan delapan pasien dirawat di sana --enam laki-laki, dan dua perempuan. Dua digambarkan dalam keadaan kritis dan dua stabil.

Rumah Sakit St Thomas menyebut, dua pasien yang mereka tangani dalam keadaan stabil.

Seorang pasien dirawat di Rumah Sakit Royal London, namun tidak ada rincian tentang pasien ini.

Lewat pukul 17:00 GMT (Kamis 00:00 WIB), seorang perempuan ditarik dari Sungai Thames. Ia selamat kendati mengalami cedera.

Siapa pelakunya? Apakah hanya seorang saja?

Perdana Menteri Theresa May mengatakan, 'penyerangnya satu orang'.

Pelaku itu belum disebutkan namanya. Polisi mengatakan mereka tahu siapa dia, dan 'sedang berusaha mencari kawanannya'.

Mark Rowley, seorang perwira antiteror kepolisian London, mendesak agar semua pihak menahan diri dari 'jurnalisme investigasi proaktif' dalam mencari identitas pelaku.

Rowley mengatakan dugaan sejauh ini adalah bahwa penyerang itu 'terinspirasi oleh terorisme internasional,' tetapi ia tidak bersedia mengungkapkan kebangsaannya atau rincian lainnya.

Dia mengatakan polisi berfokus pada 'motivasi, persiapan dan rekan' tersangka pelaku itu.

Apa langkah keamanan yang telah diambil?

Kegiatan parlemen ditunda, dan selama lima jam politisi, wartawan, serta pengunjung yang berada di dalam gedung tidak bisa keluar.

Ratusan orang dievakuasi dari Parlemen ke Westminster Abbey untuk langkah keselamatan.

Majelis Rendah dan Majelis Tinggi Parlemen Inggris akan bersidang pada Kamis (23/3/2017) ini sesuai jadwal normal.

Polisi dan walikota London mengatakan petugas polisi bersenjata dan tak bersenjata akan dikerahkan lebih banyak di jalanan.

Tingkat siaga Inggris telah ditetapkan di tingkat 'siaga merah' --yang berarti serangan sangat mungkin terjadi-- untuk beberapa waktu dan status ini akan terus begitu, kata Perdana Menteri May.



Bagaimana bepergian di kawasan itu?

Stasiun bawah tanah Westminster ditutup dan hanya difungsikan untuk pergantian kereta saja.

Polisi meminta warga untuk menghindari daerah-daerah berikut: Alun-alun Parliamen. Whitehall, Jembatan Westminster. Jembatan Lambeth; Victoria Street hingga ke persimpangan dengan Broadway, dan Victoria Embankment hingga stasiun bawah tanah Embankment.

]]>
Fokus Inilahcom http://dunia.inilah.com/read/detail/2367986/yang-sudah-diketahui-dari-serangan-london-saat-ini Thu, 23 Mar 2017 13:30:00 +0700 Yang Sudah Diketahui dari Serangan London Saat Ini Yang Sudah Diketahui dari Serangan London Saat Ini Yang Sudah Diketahui dari Serangan London Saat Ini Yang Sudah Diketahui dari Serangan London Saat Ini
Inilah Saham Pilihan Kamis (23/3/2017) http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2367895/inilah-saham-pilihan-kamis-2332017 INILAHCOM, Jakarta-Secara teknikal, support IHSG berada dalam kisaran 5.502-5.471 dan resisten 5.549-5.565. Inilah saham-saham pilihan sebagai bahan pertimbangan para pemodal untuk trading Kamis ini.

Pada perdagangan Rabu (22/3/2017), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 9 poin (0,16%) ke posisi 5.534,093.

Sepanjang perdagangan, indeks mencapai level tertingginya di level penutupan tersebut dan mencapai level terendahnya di posisi 5.486,851 atau melemah 56,242 poin.

Kepada INILAHCOM, Reza Priyambada, analis senior Binaartha Sekuritas  memberikan rincian penjelasannya berikut ini:

]]>
Fokus Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2367895/inilah-saham-pilihan-kamis-2332017 Thu, 23 Mar 2017 03:10:00 +0700 Inilah Saham Pilihan Kamis (23/3/2017) Inilah Saham Pilihan Kamis (23/3/2017) Inilah Saham Pilihan Kamis (23/3/2017) Inilah Saham Pilihan Kamis (23/3/2017)
Di Mana Cinta dan Penghormatan? http://mozaik.inilah.com/read/detail/2367844/di-mana-cinta-dan-penghormatan SAYA terenyuh membaca tulisan sahabat saya dari Yaman tentang kehangatan kehidupan keluarga, sebuah hal yang tak banyak mendapatkan perhatian dalam keluarga supersibuk yang berlomba mencari kehangatan yang lain. Kehangatan yang lain yang saya maksud adalah hangatnya saku dan dompet dengan jejalan kertas bergambar bernama uang. Ada uang hubungan jadi hangat, tak ada uang hubungan menjadi beku.

Bagaimana isi tulisan sahabat itu? Dalam bahasa Indonesianya begini: "Wahai para bapak dan para suami, kalau kedatanganmu di rumahmu sepulang kerja tak disambut hangat oleh anak dan atau istrimu, janganlah dianggap sebagai peristiwa remeh. Itu bukan masalah biasa. Itu tanda-tanda ada yang tak beres dengan hati para penghuni rumah." Membaca alinia pertama ini saja membuat kita bertanya kepada diri kita sendiri.

Kalimat berikutnya: "Kalau mereka tidak menyambutmu dengan bahagia karena mereka sibuk dengan game atau hape atau alat elektronik lainnya, maka sungguh adanya game, hape dan lainnya itu telah mencuri cinta dan penghormatan yang keberadaannya adalah sebuah keharusan dalam keluarga. Atur mereka atau singkirkan pencuri cinta dan penghormatan itu."

Dahsyat sekali pengamatan sahabat saya itu. Sepertinya banyak sekali kasus seperti itu. Kehidupan keluarga menjadi kering. Ini adalah tanda-tanda kematian pohon cinta. Tak ada lagi daun dan buah yang menaungi dan menyegarkan rasa semua anggota keluarga. Kalimat sahabat saya belum berakhir. Masih ada lanjutannya.

"Bisa jadi mereka tak menyambutmu karena engkau memang tak berbuat apa-apa untuk mereka. Adàmu adalah derita bagi mereka. Kalau begini kasusnya, cepatlah berubah sebelum segalanya terlambat. Tatalah rasa, tatalah akal, tatalah kata dan tatalah sikapmu." Sungguh tepat nasehat ini, bukan?

Masih ada kalumat berikutnya, untuk kaum ibu dan para isteri. Kalau ingat dan ada waktu, nanti akan disambung. Salam, AIM. [*]

]]>
Fokus Inilahcom http://mozaik.inilah.com/read/detail/2367844/di-mana-cinta-dan-penghormatan Thu, 23 Mar 2017 00:38:00 +0700 Di Mana Cinta dan Penghormatan? Di Mana Cinta dan Penghormatan? Di Mana Cinta dan Penghormatan? Di Mana Cinta dan Penghormatan?