Inilah.com - Fokus http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Fri, 23 Jun 2017 15:28:44 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/fokus http://www.inilah.com/ Inilah.com - Fokus http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Mudik http://teknologi.inilah.com/read/detail/2386905/tips-menghemat-baterai-smartphone-saat-mudik MENJELANG Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, terdapat tradisi yang telah mengakar di dalam budaya masyarakat Indonesia, yakni mudik.

Saat menjalankan ritual mudik ini, sebagian dari Anda ada yang rela berdesak-desakan dalam angkutan umum atau bermacet-ria di jalanan berjam-jam lamanya, bahkan ada yang hingga berhari-hari, demi dapat merayakan Lebaran di kampung halaman bersama keluarga atau sanak saudara tercinta.

Komunikasi melalui smartphone saat perjalanan mudik tentunya tidak ingin terkendala hanya karena kehabisan daya baterai. Untuk itu tentunya Anda harus berusaha menghemat daya baterai dari smartphone Anda tersebut.

Berikut kami sajikan sembilan tips untuk memperpanjang kinerja baterai smartphone saat perjalanan mudik:

1. Matikan koneksi 4G jika tidak dibutuhkan

Sinyal 4G memang memberikan koneksi yang lebih cepat namun konsumsi baterai yang lebih banyak, apalagi bila Anda mudik ke daerah pelosok, smartphone Anda akan berusaha mencari sinyal 4G yang mengakibatkan baterai terkuras.

Saat mudik, tak ada salahnya koneksi ke jaringan 4G dimatikan jika yang lebih banyak dilakukan hanya telepon, SMS, dan sesekali memeriksa e-mail.

Koneksi 3G atau bahkan EDGE sepertinya cukup memenuhi kebutuhan komunikasi Anda. Lagipula, mungkin masih banyak jalur mudik yang belum ter-cover jaringan 4G.

2. Matikan fitur yang tidak diperlukan

Fitur-fitur seperti WiFi atau Bluetooth sebaiknya dimatikan, karena kemungkinan besar tidak terlalu diperlukan dalam aktivitas mudik.

Fitur pemetaan dengan GPS mungkin akan sangat membantu jika tersesat dan ingin mengetahui jalur. Namun GPS dapat memakan baterai dengan cepat. Jadi gunakanlah fitur tersebut dengan bijak.

3. Kunci layar dan turunkan tingkat kecerahannya

Khususnya di smartphone berlayar sentuh, mengunci layar saat tidak dipakai perlu dilakukan agar sentuhan yang tidak disengaja tidak mengaktifkan handset dan memboroskan baterai.

Turunkan juga pengaturan tingkat kecerahan layar (brightness) sampai level minimum yang masih bisa dilihat mata. Persingkat pula setting jangka waktu otomatis layar menyala. Hal ini dijamin bakal membuat baterai smartphone Anda akan lebih awet.

4. Non-aktifkan fitur getar

Fitur getaran atau vibrate biasanya memakan lebih banyak daya dibandingkan dengan ringtone. Jadi sebaiknya Anda cukup aktifkan ringtone saja sebagai penanda daripada mengaktifkan ringtone+vibrate secara bersamaan pada smartphone Anda.

5. Minimalisir bermain game dan mendengarkan musik

Bermain game dan mendengarkan musik melalui smartphone mungkin dapat mengusir kejenuhan Anda saat terjebak dalam kemacetan. Namun pada saat mudik, kegunaan smartphone yang paling utama tentunya adalah untuk tetap dapat terhubung dengan rekan atau keluarga di kampung halaman.

Maka ada baiknya untuk menahan diri tidak mengakses hiburan yang haus daya baterai seperti game atau aplikasi tertentu di smartphone.

6. Kelola aplikasi dan widget

Terkadang beberapa aplikasi tetap berjalan meskipun Anda berpikir sudah menonaktifkannya. Kunjungi toko aplikasi online untuk layanan sistem operasi smartphone Anda dan lakukan pengunduhan task manager.

Aplikasi Advanced Task Killer cukup mudah digunakan sebagai manajer agar Anda selektif mengatur aplikasi yang berjalan.

7. Unduh aplikasi penghemat baterai

Terdapat beberapa aplikasi penghemat baterai smartphone yang bisa Anda unduh sebelum melakukan mudik. Aplikasi ini dapat membantu menghemat baterai dengan praktis dan mudah.

Pengguna BlackBerry bisa mengunduh NB BattStat atau yang lain. Di iPhone ada Battery Go. Sedangkan di perangkat Android ada aplikasi Juice Defender dan sebagainya.

8. Matikan smartphone saat tidak dibutuhkan

Tidak setiap waktu para pemudik dapat menerima atau melakukan panggilan. Misalnya, saat melalui wilayah blankspot (tak ada sinyal) atau ingin lebih berkonsentrasi mengemudi hingga beristirahat di malam hari untuk memulihkan tenaga.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya pada saat-saat tersebut Anda mematikan smartphone untuk menghemat baterainya.

9. Bawalah power bank dengan kapasitas yang cukup besar

Perangkat charger portabel ini tampaknya cocok bagi Anda yang tak bisa lepas dari smartphone. Tapi perlu diingat, power bank juga membutuhkan pengisian untuk dayanya. Oleh karena itu, pilihlah power bank dengan kapasitas baterai yang besar.

Saat ini, banyak tersedia perangkat power bank dengan kapasitas di atas 10.000mAh dengan harga cukup terjangkau di pasaran. [ikh]

]]>
Fokus Inilahcom http://teknologi.inilah.com/read/detail/2386905/tips-menghemat-baterai-smartphone-saat-mudik Thu, 22 Jun 2017 17:17:00 +0700 Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Mudik Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Mudik Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Mudik Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Mudik
Mudik Aman dan Nyaman Bersama Anak http://teknologi.inilah.com/read/detail/2386904/mudik-aman-dan-nyaman-bersama-anak TRADISI mudik tentu tidak bisa dilepaskan dari hari Lebaran. Perjalanan mudik bersama anak, terutama berusia bayi atau balita, dapat menjadi pengalaman tersendiri. Apalagi jika perjalanan tersebut merupakan perjalanan panjang pertama bagi si kecil.

Masalah yang sering muncul saat mengajak anak melakukan perjalanan luar kota yang memakan waktu berjam-jam adalah mabuk darat, laut, maupun udara.

Jika Anda akan mudik Lebaran bersama anak, hendaknya diperhatikan beberapa hal supaya tetap aman dan nyaman dalam perjalanan.

Sepuluh tips berikut ini akan membantu Anda untuk melakukan perjalanan mudik bersama si kecil tanpa rasa khawatir:

1. Hindari mudik dengan sepeda motor

Dianjurkan tidak membawa anak mudik dengan sepeda motor, apalagi untuk perjalanan jauh karena sangat melelahkan untuk anak.

2. Awasi terus si kecil

Apabila anak ikut mudik dengan menggunakan angkutan umum, upayakan agar anak tidak ikut berdesak-desakan. Para orang tua harap meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap anak-anak.

3. Siapkan mainan

Siapkan mainan yang disukai anak untuk menemaninya sepanjang perjalanan.

4. Siapkan obat-ibatan dan vitamin

Siapkan obat-obatan dan vitamin yang dibutuhkan untuk anak sepanjang perjalanan.

5. Periksa kondisi kendaraan

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan mobil dalam kondisi baik. Periksa kondisi mobil seperti mesin, oli mesin, serta ban cadangan. Cek juga perlengkapan dalam mobil.

6. Bercerita di perjalanan

Sebagai edukasi, jelaskan pada anak ciri khas mengenai kota-kota yang dilalui. Selain bisa menambah pengetahuan anak, cara ini juga bisa membuang rasa jenuh mereka.

7. Sering beristirahat selama perjalanan

Sering-seringlah beristirahat di tempat-tempat yang telah disediakan. Jangan paksakan mengemudi ketika kondisi badan sudah lelah dan jangan kebut-kebutan.

8. Siapkan kebutuhan penting

Jangan lupa membawa perlengkapan dan kebutuhan dasar bagi mereka seperti popok, bedak, bantal, makanan bayi/ anak, dan lain-lain.

9. Siapkan kondisi fisik

Orang tua perlu menyiapkan fisik yang prima dan mental yang baik sebelum mudik.

10. Siapkan bekal

Siapkan perbekalan dan uang yang cukup selama melakukan perjalanan mudik. [ikh]

]]>
Fokus Inilahcom http://teknologi.inilah.com/read/detail/2386904/mudik-aman-dan-nyaman-bersama-anak Thu, 22 Jun 2017 16:16:00 +0700 Mudik Aman dan Nyaman Bersama Anak Mudik Aman dan Nyaman Bersama Anak Mudik Aman dan Nyaman Bersama Anak Mudik Aman dan Nyaman Bersama Anak
Mudik Nyaman dengan Gawai Idaman http://teknologi.inilah.com/read/detail/2386903/mudik-nyaman-dengan-gawai-idaman HARI Raya Idul Fitri tinggal menunggu hari. Banyak orang yang sudah disibukan untuk mempersiapkan momen ini. Termasuk mempersiapkan agenda mudik ke kampung halaman.

Tak bisa dipungkiri perangkat seperti smartphone atau tablet menjadi salah satu gawai yang wajib untuk dibawa. Terutama untuk mengusir kepenatan, mengabadikan suatu momen, menjadi penunjuk jalan di tempat asing, atau berinteraksi dengan kerabat saat Anda dalam perjalanan mudik dengan chat dan sosial media.

INILAHCOM mencoba sajikan tips aman dan nyaman dengan gawai saat perjalanan mudik. Apa saja?

1. Bawa gawai sesuai kebutuhan

Usahakan untuk membawa gawai seringan, seringkas, dan selengkap mungkin. Termasuk mementingkan fiturnya ketika diajak melakukan perjalanan mudik Anda.

Misalnya, sebuah smartphone yang bisa membaca GPS, menelusuri halaman web, menelepon, dual-SIM, dan berkapasitas baterai yang besar.

Smartphone ini jauh lebih ringkas dibandingkan membawa tablet atau laptop sebagai tambahan.

2. Gunakan aplikasi Maps untuk perencanaan perjalanan

Kemanapun tujuan Anda, jangan lupa untuk membuat perencanaan terlebih dahulu. Bagi Anda yang akan merencanakan perjalanan mudik tahun ini, Google Maps dapat menjadi solusi. Keandalannya akan membantu Anda untuk merencanakan perjalanan mudik menjadi lebih praktis dan efektif.

Anda hanya cukup membuka aplikasi Google Maps di perangkat Anda. Contohnya, ketik rumah Anda (misalnya: Pasar Minggu) lalu pilih destinasi (misalnya: Purwokerto), maka rute perjalanan dan jarak tempuh yang Anda butuhkan akan tampil di layar.

Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat alternatif, sehingga memiliki opsi lain untuk dipertimbangkan. Cukup dengan menarik ke bawah/ atas jalan yang telah dipilih, hingga rute alternatif langsung tampak di layar Anda. Setelah itu, simpan penemuan Anda dan sebarkan informasi tersebut ke keluarga Anda.

Untuk perangkat berbasis selain Android, Anda juga bisa menemukan aplikasi serupa seperti di iOS dengan Apple Maps dan Windows Phone dengan Bing Maps.

3. Gunakan holder untuk navigasi perjalanan

Jika Anda menggunakan aplikasi Maps untuk menavigasi perjalanan, kami sarankan Anda menggunakan holder, sehingga Anda bisa meletakkan perangkat seperti GPS, tablet, atau iPad. Ukurannya bisa mulai 5 inci sampai 10 inci dengan posisi yang dapat ditentukan sendiri.

Tentunya dengan menggunakan holder, Anda terbebas dari rasa khawatir ketika mengemudi sambil membaca arah yang ditunjukan perangkat GPS.

Holder ini biasa diletakkan dengan menempelkannya ke kaca mobil pada bagian manapun, sehingga mudah untuk melihat dan memantau gawai saat berkendara. Hal ini sangat membantu saat Anda menggunakan layanan GPS untuk memandu ke suatu tempat.

4. Perhatikan kondisi baterai gawai Anda

Saat perjalanan mudik pastinya kita ingin agar gawai tetap hidup. Selain mempermudah komunikasi, perangkat ini juga dapat membantu mengusir kejenuhan selama di perjalanan. Mendengarkan musik, bermain game, atau berselancar di internet dapat mengubah perjalanan membosankan jadi tidak terasa.

Jika perjalanan Anda panjang dan sepertinya Anda akan tertidur, lebih baik matikan gawi tersebut untuk menghemat baterainya. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan power bank untuk mengisi baterai di saat tidak ada sumber daya.

Untuk menghemat baterai gawai, Anda juga bisa melakukan cara  :

- Matikan fitur sinyal 3G
- Turunkan kecerahan layar
- Matikan fitur yang tidak perlu (WiFi, Bluetooth, NFC)
- Matikan aplikasi yang menyedot RAM banyak (seperti Facebook, Twitter, dan BBM)

5. Gunakan fitur keamanan

Di dalam smartphone atau tablet, pasti banyak tersimpan data penting yang Anda tidak ingin data tersebut jatuh ke tangan orang lain. Oleh karena itu pasanglah password pada perangkat Anda. Apabila diperlukan, unduh aplikasi tambahan untuk melapisnya.

Jadi apabila perangkat Anda hilang dicuri atau tertinggal, setidaknya Anda bisa sedikit tenang, karena data Anda kemungkinan besar masih aman.

6. Unduh aplikasi antimaling

Smartphone dan tablet adalah sasaran utama pencuri, karena barang ini kecil sehingga mudah dibawa tanpa terlihat dan memiliki harga jual yang tinggi.

Dengan keamanan tiap perangkat yang yang berbeda-beda, disarankan untuk menginstal aplikasi antimaling. Apalagi, saat ini banyak tersedia aplikasi yang sengaja didesain untuk mengantisipasi kondisi saat perangkat Anda dicuri.

Instal aplikasi tersebut pada semua perangkat yang Anda bawa saat mudik, sehingga masih bisa menelusuri keberadaannya apabila perangkat hilang atau dicuri.

7. Gunakan jaringan WiFi yang aman

Apabila Anda memanfaatkan jaringan WiFi di bandara, stasiun, terminal, tempat peristirahatan atau lobi hotel, gunakan jaringan WiFi yang terproteksi ole password. Jaringan WiFi yang menggunakan password akan lebih aman daripada jaringan yang 'open'.

Karena pada jaringan WiFi 'open', pihak lain yang tidak bertanggung jawab bisa bebas masuk dan lebih mudah untuk melakukan kegiatan peretasan pada perangkat lain yang menggunakan jaringan tersebut.

Apabila Anda ingin mengakses akun online yang penting, seperti mengakses internet banking atau melakukan pembayaran online dengan menggunakan nomor kartu kredit Anda, pastikan Anda mengakses URL yang diawali dengan 'https', bukan 'http'.

Hal ini akan lebih aman karena 'https' selalu melakukan enskripsi data pada saat pengguna mengaksesnya. [ikh]

]]>
Fokus Inilahcom http://teknologi.inilah.com/read/detail/2386903/mudik-nyaman-dengan-gawai-idaman Thu, 22 Jun 2017 15:15:00 +0700 Mudik Nyaman dengan Gawai Idaman Mudik Nyaman dengan Gawai Idaman Mudik Nyaman dengan Gawai Idaman Mudik Nyaman dengan Gawai Idaman
Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi http://teknologi.inilah.com/read/detail/2386901/tips-mudik-aman-dan-nyaman-dengan-mobil-pribadi TIDAK terasa Lebaran sebentar lagi tiba. Bagi Anda yang merencanakan mudik dengan kendaraan pribadi tentu harus melakukan persiapan matang menjelang mudik.

Berikut INILAHCOM paparkan tips mudik aman dan nyaman dengan menggunakan mobil pribadi:

1. Periksa kondisi mobil

Hal pertama yang perlu dipersiapkan yaitu cek kondisi tekanan angin ban, kemudian air radiator, wiper, dan air aki. Setelah itu, periksa juga sistem kelistrikan pastikan dalam kondisi baik.

Jangan lupa periksa juga oli mesin, power steering, dan minyak rem, serta karet-karet mobil hingga fan belt.

Ada baiknya sebelum berangkat mudik, Anda kunjungi bengkel langganan untuk servis rutin.

2. Ini perlengkapan yang harus dibawa

Untuk selalu waspada persiapkan juga ban serep, dongkrak beserta pemutarnya, berbagai kunci, obeng (plus dan minus), kunci busi, kunci inggris, segitiga pengaman, senter, dan peta perjalan.

Selain itu, Anda juga jangan melupakan surat kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK.

3. Persiapkan kondisi pengemudi

Peran pengemudi sangatlah vital, karena bertanggung jawab penuh atas penumpang yang berada di dalamnya. Pastikan kondisi tetap prima.

Jika mengantuk, jangan sekali-kali mencoba mengemudi. Begitu juga sebaliknya, saat mengemudi jangan sampai mengantuk.

4. Selalu berkendara dengan aman

Saat melakukan perjalanan, gunakan sabuk pengaman. Jangan lupa juga untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu-lintas.

Selain itu, untuk wanita hamil terutama menginjak tujuh bulan disarankan jangan menjadi pengemudi.

Hal ini dikarenakan kondisi perut yang sudah membesar, sehingga dapat membuat ibu hamil kurang gesit saat melakukan manuver, serta kurang aman dan  nyaman menginjak pedal rem dan gas.

5. Jaga jarak aman dengan kendaraan lain

Jarak aman bukan dipatok dari hitungan meter, tetap bisa dipertimbangkan selisih waktu tiga detik karena waktu tersebut merupakan selang antara respon pengemudi dengan respon mesin mobil saat melakukan pengereman.

Penting untuk diingat, respon manusia lebih lambat dibandingkan reaksi mekanik pengereman. [ikh]

]]>
Fokus Inilahcom http://teknologi.inilah.com/read/detail/2386901/tips-mudik-aman-dan-nyaman-dengan-mobil-pribadi Thu, 22 Jun 2017 14:14:00 +0700 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi
Jack Ma: Orang Hanya Bekerja 4 Jam Sehari http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2386926/jack-ma-orang-hanya-bekerja-4-jam-sehari INILAHCOM, New York - Pendiri Alibaba, Jack Ma menghabiskan 800 jam untuk berkeliling dunia tahun lalu. Untuk tahun ini dia menarketkan dapat menghabiskan 1.000 jam. Kegiatannya masih bersemangat dalam dunia e-commerce, globalisasi dan artificial intelligence yang saat ini sedang berkembang.

Miliarder asal China ini menyoroti dominasi perusahaan publik terbesar di dunia asal AS seperti Apple, Alphabet dan Amazone. Mereka sangat dominan dan membatasi monopoli.

Tapi Ma mengatakan kekuatan perusahaan raksasa tersebut mengalami penurunan karena lebih banyak usaha kecil mendapatkan eksposur dengan internet. "Skala besar adalah modelnya," kata Ma. "Personalized, custom-made adalah masa depan," katanya seperti mengutip cnbc.com.

Dalam sebuah pertemuan dengan Presiden terpilih Donald Trump pada bulan Januari 2017, Ma mengatakan Alibaba berencana untuk mendukung 1 juta pekerjaan di Amerika selama lima tahun ke depan. Terutama dengan memfasilitasi penjualan dari usaha kecil.

"Cara untuk mencari tahu penciptaan lapangan kerja, salah satu cara terbaik, adalah membantu usaha kecil untuk menjual produk lokal mereka di internet," kata Ma. "Dan kita harus mempersiapkannya sekarang, karena 30 tahun ke depan akan menyakitkan."

Benturan sistem ekonomi dan politik telah menyebabkan ketegangan antara AS dan China.

"Kami tidak bisa lagi mengalami defisit perdagangan dan kehilangan pekerjaan," Trump dalam tweet menjelang pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping tahun ini. "Perusahaan Amerika harus siap untuk melihat alternatif lain."

Namun Ma mengatakan dia yakin bahwa barang made in America, sebuah prioritas selama kampanye Trump, bisa menjadi sempurna bagi kelas menengah pembengkakan di China.

Ma menunjuk sebuah penjualan akhir pekan lalu ketika Alibaba menjual 2 juta tabung lipstik buatan Amerika dalam waktu 15 menit.

Ma mengatakan peluang yang muncul dan risiko dari kecerdasan buatan dan globalisasi adalah dua topik yang membuatnya tetap di jalan.

"Inilah mengapa saya bepergian, berbicara dengan semua pemerintah dan pemimpin negara dan mengatakan kepada mereka untuk bergerak cepat. Jika mereka tidak bergerak cepat, akan ada masalah," kata Ma. "Jadi ketika kita melihat sesuatu datang, kita harus mempersiapkan diri sekarang. Keyakinan saya adalah bahwa Anda harus memperbaiki atap saat masih berfungsi."

Mungkin ada manfaat dari kecerdasan buatan, kata Ma, karena orang dibebaskan untuk bekerja lebih sedikit dan melakukan perjalanan lebih banyak.

"Saya pikir dalam 30 tahun ke depan, orang hanya bekerja empat jam sehari dan mungkin empat hari dalam seminggu," kata Ma. "Kakek saya bekerja 16 jam sehari di tanah pertanian dan [mengira dia] sangat sibuk. Kami bekerja delapan jam, lima hari seminggu dan berpikir kami sangat sibuk."

Dia menambahkan bahwa jika orang saat ini dapat mengunjungi 30 tempat, dalam tiga dekade itu akan menjadi 300 tempat.

Meski begitu, Ma mengatakan bahwa orang kaya dan miskin, para pekerja dan atasan akan semakin ditentukan oleh data dan otomasi kecuali pemerintah menunjukkan lebih banyak kemauan untuk membuat "pilihan sulit".

"Revolusi teknologi pertama menyebabkan Perang Dunia I," katanya. "Revolusi teknologi kedua menyebabkan Perang Dunia II, ini adalah revolusi teknologi ketiga."

Dengan pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan yang menghilangkan pekerjaan, "revolusi teknologi ketiga dapat menyebabkan Perang Dunia Ketiga," katanya.

Ma, seorang guru dengan pelatihan, juga mengatakan pemimpin dunia harus memperhatikan sistem pendidikan untuk menghindari rasa sakit yang bisa datang dengan otomasi.

"Saya tidak berpikir kita harus membuat mesin seperti manusia," kata Ma. "Kita harus memastikan mesin bisa melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan manusia."

Ma mengatakan mesin tidak akan pernah mendapatkan kebijaksanaan dan pengalaman yang datang dengan menjadi manusia. "Manusia akan menang," katanya.




 

]]>
Fokus Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2386926/jack-ma-orang-hanya-bekerja-4-jam-sehari Thu, 22 Jun 2017 11:01:00 +0700 Jack Ma: Orang Hanya Bekerja 4 Jam Sehari Jack Ma: Orang Hanya Bekerja 4 Jam Sehari Jack Ma: Orang Hanya Bekerja 4 Jam Sehari Jack Ma: Orang Hanya Bekerja 4 Jam Sehari
Nikmati dan Syukuri, Gelisah Menjadi Tiada http://mozaik.inilah.com/read/detail/2386839/nikmati-dan-syukuri-gelisah-menjadi-tiada SELALU saja menjelang hari raya toko-toko dan mall dipenuhi pengunjung. Sepertinya sudah tertanam di otak bawah sadar masyarakat muslim Indonesia bahwa hari raya adalah harus dirayakan dengan baju baru, mobil baru, handphone baru dan lain-lainnya yang serba baru.

Mungkin saja alasannya adalah bahwa hari raya adalah yang paling tepat untuk membeli yang baru. Masalahnya adalah harga sedang menanjak menuju puncak karena tingginya permintaan pasar.

Kebiasaan ini memicu kecemburuan sosial dan ketimpangan sosial yang akhirnya menjadi pemicu terjadinya penyimpangan perilaku sosial. Mereka yang nasib ekonominya tak memungkinkan berbelanja tergoda untuk melakukan hal tak elok menurut agama, jika iman mereka tak cukup kuat membentengi diri dari keinginan. Penyimpangan tingkat terendah adalah mengharap pemberian orang lain, meminta-minta dan sejenisnya. Penyimpangan lebih tinggi adalah mencuri dan merampok dengan berbagai jenisnya.

Kalaulah kita termasuk orang beriman, jangan turunkan tingkat kepasrahan diri kepada Allah. Jangan lepaskan ketergantungan kita kepada Allah. Memintalah dan memohonlah terus kepada Allah. Kata para bijak: "Hanya pintu Allah yang boleh diketuk berulangkali. Pintu selain pintuNYA janganlah engkau ketuk lebih dari sekali." Yakinlah bahwa Allah akan memberikan yang terbaik pada kita. Tinggalkan penyimpangan dan tetaplah di jalan ketaatan.

Biasakan menghibur diri dengan selalu membaca nikmat yang telah kita terima agar keluhan tak menjadi suara utama hati dan mulut kita. Bukankah membaca tulisan saya adalah salah satu wujud nikmatnya memiliki mata yang sehat?

Teringatlah saya pada nasehat Syekh Abu Bakar al-Marwazi: "Kalau engkau ingin mengetahui nikmat Allah kepadamu, cobalah pejamkan matamu." Mata yang bisa terpejam adalah nikmat, bisa terbuka dan melihat kembali adalah nikmat. Lalu bagaimana dengan nikmat yang lain?

Masihkan akan mengeluh? Syukuri saja apa yang ada. Tak kuat belanja tak apa, yang penting masih bisa hidup dan melihat orang berbelanja. Tak usah iri, Allah akan tetap memberikan apa yang menjadi bagian kita. Semakin rajinlah bekerja kepada dan untuk Allah, maka "gaji" kita dari Allah akan naik dan selalu naik. Salam, AIM. [*]

]]>
Fokus Inilahcom http://mozaik.inilah.com/read/detail/2386839/nikmati-dan-syukuri-gelisah-menjadi-tiada Thu, 22 Jun 2017 00:07:00 +0700 Nikmati dan Syukuri, Gelisah Menjadi Tiada Nikmati dan Syukuri, Gelisah Menjadi Tiada Nikmati dan Syukuri, Gelisah Menjadi Tiada Nikmati dan Syukuri, Gelisah Menjadi Tiada
Inilah Sentimen Negatif Bursa Saham Asia http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2386679/inilah-sentimen-negatif-bursa-saham-asia INILAHCOM, Sydney - Bursa Asia sebagian lebih rendah pada awal perdagangan Rabu (21/6/2017). Indeks merespon keputusan MSCI untuk menambahkan saham China daratan ke indeks emerging markets secara bertahap.

Sentimen negatif lain dari harga minyak turun sekitar 2 persen semalam. Indeks Nikkei 225 turun 0,26 persen dan Kospi turun 0,71 persen.

Indeks patokan Australia,  ASX 200 anjlok 1,33 persen, diseret turun oleh sub indeks energi dan material yang masing-masing turun 2,25 persen dan 2,03 persen.

Pasar di China semakin besar tercampur menyusul keputusan MSCI untuk memasukkan saham A.

Indeks Hang Seng turun 0,93 persen, namun pasar utama membuat kenaikan moderat. Shanghai Composite naik 0,18 persen dan Shenzhen Composite naik tipis 0,12 persen.

MSCI mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya merencanakan untuk menambahkan saham China A ke indeks MSCI Emerging Markets Index patokannya. Raksasa indeks tersebut mengatakan akan menambahkan 222 saham China A Large Cap secara bertahap mulai tahun depan.

Kajian tersebut adalah tahun keempat beruntun MSCI telah mempertimbangkan untuk menambahkan saham-saham yang diperdagangkan di daratan.

Inklusi di MSCI akan memberikan "dorongan sederhana" untuk reformasi pasar modal di China, terutama di bidang hak pemegang saham dan reformasi pasar utang, namun tidak mungkin menjadi terobosan, Grup Eurasia mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Terlepas dari keputusan MSCI, pasar ekuitas China masih menderita kekurangan institusi yang serius serta pengaruh politik yang berat," kata Michael Hirson dan Christopher Beddor dari Eurasia Group, seperti mengutip cnbc.com.

Keputusan MSCI dibayangi oleh turunnya harga minyak ke posisi terendah tujuh bulan menyusul berita peningkatan produksi dari Libya dan Nigeria. Harga di Amerika Serikat West Texas Intermediate berada di wilayah beruang setelah turun lebih dari 20 persen dari puncak baru-baru ini dalam semalam.

Minyak mentah brent turun 0,04 persen pada $ 46,00 dan minyak mentah WTI A.S. memperoleh 0,05 persen untuk diperdagangkan pada $ 43,53.

Di Australia, saham energi diperdagangkan di posisi merah karena turunnya harga minyak, dengan produsen minyak dan gas Santos turun 2,85 persen. Saham perbankan utama juga mengalami tekanan, dengan National Australia Bank turun 2,14 persen dan ANZ turun 1,96 persen.

Dolar diperdagangkan pada 97.739 melawan sekeranjang mata uang saingan, setelah diperdagangkan setinggi 97,871 di sesi sebelumnya. Terhadap yen, dolar diperdagangkan pada 111,35, dari ketinggian 111,50 terlihat sebelumnya.

Pound Inggris, yang diperdagangkan serendah $ 1,2617 semalam, terakhir diperdagangkan di $ 1,2622. Pound sterling jatuh ke level terendah dua bulan setelah Gubernur Bank of England Mark Carney mengatakan bahwa bank sentral tidak akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat karena ketidakpastian seputar Brexit.

Pasar juga melakukan parsing melalui sinyal campuran dari Fed yang berbicara dalam semalam. Presiden Chicago Fed Charles Evans mengatakan kepada CNBC pada hari Selasa bahwa bank sentral dapat menunggu sampai akhir tahun sebelum membuat keputusan untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut.

Presiden Fed Boston Eric Rosengren, bagaimanapun, terdengar lebih hawkish pada sebuah konferensi pada hari Selasa, di mana dia mengatakan bahwa tingkat suku bunga rendah berarti bahwa kebijakan "tidak mampu mengimbangi kejutan negatif". Rosengren bukan anggota voting FOMC tahun ini.

Risalah Bank of Japan untuk pertemuan bulan Juni mencerminkan bahwa bank sentral mengatakan tingkat obligasi pemerintah yang ia beli bisa berfluktuasi namun ini tidak mungkin mempengaruhi pengaruhnya, kata Reuters. Risalah tersebut juga menunjukkan BOJ tetap waspada terhadap target inflasi 2 persen.

Indeks utama di Wall Street ditutup melemah karena saham energi ditekan oleh penurunan minyak.

]]>
Fokus Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2386679/inilah-sentimen-negatif-bursa-saham-asia Wed, 21 Jun 2017 11:05:00 +0700 Inilah Sentimen Negatif Bursa Saham Asia Inilah Sentimen Negatif Bursa Saham Asia Inilah Sentimen Negatif Bursa Saham Asia Inilah Sentimen Negatif Bursa Saham Asia
Inilah Saham-saham Pilihan Rabu (21/6/2017) http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2386588/inilah-saham-saham-pilihan-rabu-2162017 INILAHCOM, Jakarta-Analis melihat indikasi bullish continuation pada pergerakan IHSG Rabu (21/6/2017) menuju level resistance 5.807 dan 5.822. Inilah saham-saham pilihannya.

Pada perdagangan Selasa (20/6/2017), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 49,995 poin (0,87%) ke posisi 5.791,904.

Sepanjang perdagangan Selasa, indeks mencapai level tertingginya di 5.791,904 atau menguat 49,995 poin dan mencapai level terendahnya di angka 5.747,454 atau menguat 5,545 poin.

Kepada INILAHCOM, Reza Priyambada, analis senior Binaartha Sekuritas memberikan rincian penjelasannya berikut ini:

]]>
Fokus Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2386588/inilah-saham-saham-pilihan-rabu-2162017 Wed, 21 Jun 2017 03:10:00 +0700 Inilah Saham-saham Pilihan Rabu (21/6/2017) Inilah Saham-saham Pilihan Rabu (21/6/2017) Inilah Saham-saham Pilihan Rabu (21/6/2017) Inilah Saham-saham Pilihan Rabu (21/6/2017)
Mengenal Lebih Dekat Honda Civic Hatchback Turbo http://teknologi.inilah.com/read/detail/2386557/mengenal-lebih-dekat-honda-civic-hatchback-turbo HONDA Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan Honda Civic Hatchback Turbo di Jakarta, 9 Juni lalu. Model hatchback yang terbilang revolusioner ini merupakan pengembangan dari generasi ke-10 Honda Civic Turbo sedan yang telah hadir di Indonesia pada 2016 lalu.

Mengusung tema Drive Sexiness, Honda Civic Hatchback Turbo tampil dengan desain eksterior baru yang tampak sporty dan agresif.

"Segmen hatchback merupakan salah satu pasar yang terus memiliki potensi besar di Indonesia. Kehadiran Honda Civic Hatchback Turbo diharapkan bakal membuka pasar yang baru untuk hatchback kelas atas dan memberikan pilihan menarik bagi konsumen yang menginginkan mobil hatchback yang stylish namun dengan performa tinggi dan teknologi terkini," ujar Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM.

Honda Civic Hatchback Turbo ditawarkan dalam dua varian yakni Tipe S dan Tipe E. Untuk Tipe S dibanderol dengan harga Rp399 juta, sedangkan Tipe E dijual dengan harga Rp438 juta. Kedua harga tersebut berstatus on the road wilayah Jabodetabek.

Berikut detail dari mobil anyar besutan Honda ini:

Konsep Pengembangan Charismatic, Soulful, dan Comfortable

Honda Civic Hatchback Turbo dikembangkan dengan tiga pilar utama yaitu Charismatic, Soulful, dan Comfortable.

Konsep 'Charismatic' mengacu pada rancangan dan pengemasan yang menghasilkan desain eksterior dan interior yang premium, dengan memaksimalkan konsep 'Man Maximum Machine Minimum' untuk menambah kenyamanan berkendara.

Sementara untuk konsep 'Soulful' adalah konsep dasar untuk performa Honda Civic Hatchback yang mengusung dapur pacu baru, platform anyar, serta rasa berkendara yang semakin sporty.

Sedangkan konsep 'Comfortable' mewakili berbagai fitur dan teknologi canggih, yang memudahkan 'interface' pengemudi dan mesin, serta meningkatkan level keselamatan.

Setiap pengembangan tersebut menegaskan dominasi Honda Civic Hatchback Turbo dalam hal desain, kenyamanan, teknologi, performa dan keselamatan.



Desain Hatchback Agresif

Eksterior mobil ini dikembangkan dengan konsep 'Extremely Sporty Design With Innovative Silhouette' yang terlihat dari tampilan desainnya yang sporty, revolusioner dan advanced di setiap bagiannya.

Honda Civic Hatchback Turbo menampilkan desain bumper depan yang sporty dan agresif serta dilengkapi dengan Full LED Headlight untuk varian Tipe E dan Projector Headlamp untuk Tipe S.

Seluruh varian juga dilengkapi LED Daytime Running Light (DRL) pada bagian depan, yang terintegrasi dengan grille yang mewah dan sporty.

Penambahan LED Fog Lamp dan Side Position Lamp turut menambah kesan sporty pada bagian samping sekaligus meningkatkan keselamatan saat berkendara.

Pada bagian belakang, Rear Combi Lamp serta LED Light Bars dengan desain yang meruncing di sudut menambah kesan sporty. Dual Exhaust Pipe yang meningkatkan efisiensi pelepasan gas emisi, sehingga performa mesin lebih bertenaga dan maksimal.

Sementara, velg aluminium berukuran 17 inci yang tersemat pada kaki-kakinya menggunakan desain racing untuk meningkatkan performa berkendara.



Kabin Berteknologi Canggih

Honda Civic Hatchback mengusung konsep interior 'Daring ACE Design' yang memadukan kualitas material kelas atas, konsol tengah yang fun-to-use, serta posisi berkendara nyaman sekaligus sporty.    

Di balik roda kemudinya, Meter Cluster dengan Multi Information LCD Display memberikan berbagai informasi yang penting saat berkendara melalui layar yang informatif.

Pengaturan posisi mengemudi semakin mudah dengan sistem Tilt & Telescopic pada roda kemudi, serta sistem 8-way Driver Power Seat Adjuster untuk varian Tipe E dan 6-way Driver Manual Seat Adjuster untuk Tipe S.

Auto AC dengan panel berdesain modern secara otomatis mengatur besarnya hembusan udara dan tingkat suhu ideal dengan waktu pendinginan yang cepat. Pendinginan di dalam kabin semakin cepat dan merata dengan penambahan rear AC ventilation.

Honda Civic Hatchback Turbo mengusung berbagai teknologi canggih yang diterapkan untuk memudahkan pengemudi dan menambah kenyamanan di dalam kabin. Di konsol tengah, terdapat sistem audio video canggih dengan layar sentuh 7 inci yang telah dibekali teknologi Wireless Mirroring untuk smartphone Android dan iOS di Tipe E dan HDMI Support di Tipe S.



Sistem Audio Video ini kompatibel dengan berbagai format media audio maupun video, dan dilengkapi dengan port USB dan Aux. Penambahan tweeter speaker menghasilkan kualitas audio yang lebih jernih. Pengaturan audio juga dapat dilakukan melalui Steering Switch Control yang terdapat di roda kemudi.

Sementara fitur Hands-Free Telephone Switch yang memungkinkan pengemudi untuk menerima panggilan telepon tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.

Fitur canggih lain yang disematkan pada Civic Hatchback meliputi Smart Key, yang berfungsi mengunci, membuka, hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis sehingga kabin telah sejuk saat pengemudi memasuki kendaraan.

Adapun teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu. One Push Ignition System berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol.

Sementara, fitur Cruise Control untuk melajukan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi juga dapat mengendalikan kecepatan dengan tombol pengatur di roda kemudi.

Untuk menambah kenyamanan dan keamanan, Honda Civic Hatchback Turbo juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper untuk Tipe E, serta Rear Parking Camera.



Performa Sporty dengan Mesin Turbo

Honda Civic Hatchback Turbo menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology. Mesin ini menghasilkan tenaga dan torsi dengan tenaga maskimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 5.500 rpm, yang terbesar di kelasnya.

Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi. Sistem ini memberi akselerasi yang responsif, lebih halus dan performa mesin yang maksimal serta konsumsi bahan bakar yang efisien.  

Rasa berkendara sporty didukung dengan fitur paddle shift yang memberikan sensasi balap untuk mengatur perpindahan transmisi 7-percepatan hanya dengan menggunakan ujung jari.

Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat penambahan fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS).

Sementara efisiensi bahan bakarnya didukung fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi-fungsi lainnya untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Fitur ECO Assist membantu memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara, dimana gaya pengendaraan akan diukur dan hasilnya ditampilkan secara real time pada indikator warna yang berubah menjadi hijau sebagai indikasi konsumsi bahan bakar yang efisien.

Mesin yang lebih ringan dengan kerja yang lebih efisien menghasilkan performa yang bertenaga, efisiensi bahan bakar, sekaligus tingkat emisi bersih yang telah lulus uji standar emisi EURO 2 oleh pemerintah Indonesia, bahkan memenuhi standar EURO 4 Compliance.  



Tingkat Keselamatan Kelas Atas

Kedua varian Honda Civic Hatchback Turbo yang ditawarkan telah disemati standar keselamatan tertinggi di kelasnya lewat hadirnya berbagai fitur-fitur keselamatan pasif dan aktif.

Honda mengaplikasikan teknologi rangka orisinal G-Force Control (G-CON), dengan tujuan menjaga keutuhan struktur pada ruang penumpang dengan cara menyerap dan mengalirkan energi dari suatu benturan.

Sementara ACE memberikan perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran.

Bodi Honda Civic Hatchback juga dirancang dengan struktur Pedestrian Protection di lima bagian yang dapat meredam energi dan meminimalkan cedera pada pejalan kaki.

Ketika terjadi tabrakan keras, Pretensioner Seatbelt akan mengencang sehingga tubuh tetap berada pada posisinya dan mencegah gerakan dada ke depan.

Sedangkan Load Limiter berfungsi mengurangi tekanan yang berlebih dan mencegah cedera pada bagian dada sekaligus memastikan posisi tubuh jatuh pada airbag yang mengembang.

Honda Civic Hatchback Turbo juga dilengkapi enam buah Airbag untuk Tipe E dan Dual SRS Airbag untuk Tipe S, yang dapat mengurangi resiko cedera pada pengemudi dan penumpang. Sementara ISOFIX & Tether berfungsi untuk pengait kursi bayi di kursi belakang kendaraan dalam menunjang keselamatan.

Fitur keselamatan hatchback anyar ini juga meliputi Electric Parking Brake yang memberi kemudahan dalam melakukan parking brake cukup dengan satu sentuhan dan Auto Brake Hold untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti sempurna pada saat tanjakan atau turunan untuk menghindari mobil meluncur tanpa menginjak rem terus-menerus.

Selain itu, Honda Civic Hatchback Turbo juga telah dilengkapi dengan fitur lain seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal.

Model ini pun telah melalui rangkaian uji tabrak di Honda Motor Real World Crash Test di Tochigi, Jepang.

Pilihan Warna dan Aksesoris Modulo

Seluruh varian Honda Civic Hatchback Turbo tersedia dalam enam pilihan warna, yakni Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, White Orchid Pearl, Sonic Gray Pearl, dan Modern Steel Metallic.

Untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen, HPM juga menyediakan aksesoris Modulo yang memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih aksesoris sesuai dengan selera, untuk tampilan yang semakin sporty.



Paket Cermat dan Paket Cermat Plus

Seperti halnya pada model kendaraan Honda lainnya, Honda Civic Hatchback Turbo juga memiliki banyak keunggulan dari segi after sales.

Paket Cermat (Cerdas-Hemat) adalah paket  yang telah mencakup perawatan berkala lengkap dengan dua pilihan periode, selama 3 tahun/50.000km atau 6 tahun/100.000km.

Untuk mendapatkan seluruh manfaat Paket Cermat ini, pelanggan cukup menambah mulai dari Rp6.060.000 pada saat pembelian Honda Civic Hatchback Turbo di diler resmi Honda.

Selain itu, tersedia juga Paket Cermat Plus yaitu paket perawatan berkala lengkap seperti Paket Cermat dengan tambahan perpanjangan masa garansi yang semula 3 tahun/100.000km menjadi 5 tahun/140.000km.

Dengan tambahan masa garansi ini, pelanggan terbebas dari kekhawatiran mengenai perbaikan tak terduga pada kendaraan.

Dengan menggunakan paket ini, pelanggan akan terbebas dari kenaikan biaya perawatan yang mungkin saja terjadi di setiap tahunnya, serta biaya perawatan berkala pelanggan pun akan menjadi lebih murah.

Keuntungan lainnya adalah, Paket Cermat Plus ini juga dapat dicicil bersamaan dengan pembelian kendaraan, sehingga meringankan beban pelanggan.

Untuk mendapatkan seluruh manfaat Paket Cermat Plus, pelanggan cukup menambah mulai dari Rp14.060.000 pada saat pembelian Honda Civic Hatchback di diler resmi Honda.

Impresi Berkendara

Beberapa hari setelah resmi diluncurkan, pihak HPM memberi kesempatan awak media untuk menjajal langsung Honda Civic Hatchback Turbo. Mengambil lokasi di kawasan Senayan, 13 Juni 2017, para jurnalis otomotif dipersilakan untuk mencoba mobil ini berkeliling Kota Jakarta.

HPM menyediakan sekitar 20 unit Honda Civic Hatchback Turbo dalam media test drive ini. Jurnalis INILAHCOM mendapatkan jatah untuk menjajal Honda Civic Hatchback Turbo Tipe E berwarna Rallye Red.



Masuk ke dalam kabin, sambutan hangat tersaji dengan balutan kulit lembut pada jok. Bahkan saat duduk di balik kemudi, jok ini terasa empuk dan membekap badan dengan rileks hingga membuat posisi berkendara jadi ergonomis.

Membelah kemacetan di seputaran Senayan, Jakarta, kami tetap merasakan impresi berkendara yang menyenangkan. Penyaluran tenaga via transmisi CVT ke kedua roda depan terasa halus dan sigap di setiap putaran mesin. Tidak terasa gejala turbo lag meski beberapa kali kami terjebak kondisi macet di kondisi jalan yang stop and go.

Menariknya lagi, handling mobil ini tetap mantap seperti versi sedannya yang sempat kami jajal di Sirkuit Sentul dan Bandung pertengahan tahun lalu.

Hasil pengetesan yang kami lakukan memang membuktikan ketajaman handling setir Civic Hatchback Turbo ini. Input setir yang presisi dengan feedback yang pas, membuat mobil ini begitu jinak saat melahap tikungan.

Bantingan suspensi mobil ini memang keras khas mobil-mobil sport. Namun dengan handling yang cekatan, hal ini jelas merupakan kompensasi sebanding.

Berkendara pun terbantu dengan suguhan kaca belakang yang besar hingga membuat visibilitas dengan kendaraan lain di belakang semakin terjaga.

Meski memiliki panjang yang menyusut dibanding versi sedannya, Honda berhasil mengemas kabin baris kedua dengan Civic Hatchback Turbo dengan cukup baik. Ruang kepala di baris kedua masih terasa pas meski penumpang memiliki tinggi badan 170 cm.

Namun yang berbeda adalah suguhan ruang kaki yang lebih sempit dibanding versi sedan. Bagi kami memang masih memadai, namun ini tentu akan kurang nyaman bagi mereka yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm.

Cukup disayang juga posisi duduk yang disediakan untuk penumpang di baris kedua cenderung tegak, karena posisi jok yang tidak bisa reclining. Hal ini tentu saja akan mereduksi kenyamanan penumpang belakang saat perjalanan jarak jauh.

Secara garis besar, Honda Civic Hatchback Turbo merupakan mobil yang nyaman dikendarai, baik saat dibawa berjalan santai maupun ketika diajak berlari kencang.

]]>
Fokus Inilahcom http://teknologi.inilah.com/read/detail/2386557/mengenal-lebih-dekat-honda-civic-hatchback-turbo Wed, 21 Jun 2017 00:30:00 +0700 Mengenal Lebih Dekat Honda Civic Hatchback Turbo Mengenal Lebih Dekat Honda Civic Hatchback Turbo Mengenal Lebih Dekat Honda Civic Hatchback Turbo Mengenal Lebih Dekat Honda Civic Hatchback Turbo
Uber AS di Ambang Kehancuran? http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2386439/uber-as-di-ambang-kehancuran INILAHCOM, New York - Uber sedang mendapat tuduhan perlakuan menyimpang terhadap wanita yang sangat merugikan investor, pengendara dan pekerja.

Perusahaan pelopor transportasi online ini mendapat tuntutan hukum dan mengalami kekosongan posisi elit peruahaan. Hal ini akan menyulitkan untuk menghimpun pendapatan dan dana segar. Namun saham Luft mendadak menjadi buruan para investor.

Pada tahun lalu, Uber telah banyak menggelontorkan dana. Pada tahun 2016 saja sudah mencapai US$2,8 miliar. Dana itu untuk membiayai pengemudi mitra, pengendara yang mengunakan aplikasi.

Apa yang terjdi bila Uber tidak bisa go public, tidak bisa mengumpulkan dana lagi. Apakah akan lenyap?


Pendiri Waze dan Moovit, Uri Levine mengatkan dalam kondisi saat ini bukan saatnya mencemaskan investor. "Tetapi karyawan, supir dan pengguna Uber," seperti mengutip cnbc.com.

Uber saat ini berusia tujuh tahun dan sedang mempekerjakan sekitar 12.000 orang penuh waktu. Jutaan pengemudi mengandalkan platformnya untuk mencari tiket dan menghasilkan pendapatan sebagai kontraktor independen. Uber pun telah mengklaim ada 20 juta orang telah mendownload aplikasi pengunggahannya.

Jika Uber gagal, karyawan setidaknya akan kehilangan opsi saham mereka. Jika Uber melipat seluruhnya, karyawan dan pengemudi akan menghadapi pengangguran. Untuk pengendara akan dibiarkan menunggu layanan lain untuk mengisi kekosongan dalam transportasi.

Tech investor, Bedy Yang, managing partner dengan 500 Startups mengatakan jika Uber gagal, investor akan terluka hanya jika mereka membayar harga tinggi untuk saham mereka. Satu-satunya milik Uber yang menonjol, dana mereka.

"Tapi bukan itu yang biasa investir hadapi dalam setiap investasi. Investor umumnya belajar pelajaran di bust dotcom. Perusahaan tidak mempertaruhkan semuanya di perusahaan tunggal."

Investor Uber telah memasukkan semua orang dari raksasa teknologi seperti Google (melalui kelompok usaha GV) dan Microsoft, ke perusahaan keuangan seperti Lowercase Capital, NEA, Goldman Sachs, TPG Growth dan BlackRock, bahkan Jay-Z.

Perusahaan lain akan berlomba mengisi kekosongan itu. Seorang investor Uber, Shawn Carolan dari Menlo Ventures, tidak menganggap keruntuhan total di Uber akan memberi efek mengerikan pada modal ventura atau perjalanan dan transportasi.

"Saya tidak bisa mengatakan nasib Uber tidak akan mempengaruhi psikologi investor sama sekali," katanya. "Tapi investor melihat lanskap yang lebih besar yang mencakup semua jenis perusahaan besar dan penawaran yang membawa risiko dan penghargaan yang sangat besar." (Selain Uber, Menlo juga merupakan investor awal Warby Parker, Roku dan Siri.)

"Terutama karena saya bukan investor di Uber, saya sama sekali tidak mengkhawatirkan hal ini," kata pengusaha Levine. Dia percaya bahwa terutama jika Uber berhasil, perusahaan ventura akan melipatgandakan investasinya dalam perjalanan dan transportasi.

"Mobilitas mungkin adalah masalah infrastruktur terpenting di AS. Komunikasi sudah terpecahkan transaksi mudah dilakukan di sini Tapi mobilitasnya masih sakit!"

Perusahaan besar mungkin lebih menghindari risiko. Seorang direktur inovasi bisnis dengan Daimler Trucks Amerika Utara, Lori Heino-Royer, mengatakan jika Uber benar-benar terlipat, kekhawatiran saya adalah orang-orang di perusahaan Amerika akan memiliki alasan untuk tidak mengambil risiko lagi."

Uber mungkin telah melakukan sesuatu dengan cara yang dipertanyakan, namun membawa kompetitif yang panas sehingga terbukti telah memotivasi perusahaan di seluruh bursa. Artinya mulai dari produsen mobil besar dan agen angkutan umum hingga upstarts lain dalam perjalanan dan transportasi.

Start-up tidak akan mengabaikan SDM atau keragaman. Investor Carolan mengatakan jika tidak ada yang lain, masalah Uber menunjukkan permulaan lain bahwa mereka harus menganggap sumber daya manusia serius.

"Tidak masalah hasilnya, contoh mereka menunjukkan start up Anda tidak dapat menempatkan SDM atau keragaman pada infrsatruktur pendukung. Ini penting untuk bisnis, dan Anda tidak dapat menggunakan pertumbuhan cepat sebagai alasan untuk kecerobohan."




 

]]>
Fokus Inilahcom http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2386439/uber-as-di-ambang-kehancuran Tue, 20 Jun 2017 11:17:00 +0700 Uber AS di Ambang Kehancuran? Uber AS di Ambang Kehancuran? Uber AS di Ambang Kehancuran? Uber AS di Ambang Kehancuran?