Inilah.com - Fokus http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Mon, 20 Nov 2017 20:48:18 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/fokus http://www.inilah.com/ Inilah.com - Fokus http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Kalau Allah Berkehendak, Jadi Populer itu Gampang http://ini.la/2419293 ADA pepatah Arab yang sangat terkenal berhubungan dengan upaya menjadi terkenal: "Kencingi air zamzam, maka kamu akan terkenal." Nasehat itu tentu efektif sekali, semua media seluruh dunia akan meliput keberanian pelaku. Pelakunya akan terkenal walau dengan risiko besar, misalnya dengan risiko dipukuli banyak orang sampai kepala dan dahinya benjol sebesar kue bakpao.

Tapi ada juga menjadi terkenal dengan tanpa upaya sendiri menjadi terkenal, yakni dengan menjadi korban orang terkenal. Ada juga risikonya, walau tak parah. TIANG LISTRIK yang ditabrak orang terkenal contoh kasusnya. Tiang listrik tak benjol-benjol dan tak digotong ke rumah sakit.

Betapa populernya tiang listrik kini. PLN dapat efek positifnya, yakni keberhasilannya menanam tiang dengan kekuatan yang bagus, tak mudah roboh. Orang Jawa juga mendapat hikmahnya karena bahasa Jawanya orang adalah TIANG.

Saya punya sahabat seorang muallaf yang kuliah di Fakultas Syariah IAIN Sunan Ampel bersama saya. Namanya Andreas Banu asal NTT. Beliau menjadi hakim, dan meninggal saat menjadi hakim itu karena tertabrak mobil. Semoga Allah merahmatinya. Sebagai orang NTT beliau tak paham bahasa Jawa.

Saat KKN di Bojonegoro beliau dan beberapa  teman lainnya ditugasi untuk ke pasar naik angkutan desa. Supir bertanya kepada Mas Andreas: "Tiang pinten Mas"  (Orang berapa Mas). Mas Andreas tak langsung menjawab, dia menghitung jumlah tiang listrik yang berjejer di pinggir jalan itu. Saat itu, tiang listrik tak populer seperti saat ini.

Ketika tiba waktunya, yang tak populer bisa saja menjadi populer. Mau jadi populer? Jadilah "korban" orang terkenal. Salam, AIM. [*]

]]>
Fokus Inilahcom http://ini.la/2419293 Mon, 20 Nov 2017 15:27:00 +0700 Kalau Allah Berkehendak, Jadi Populer itu Gampang Kalau Allah Berkehendak, Jadi Populer itu Gampang Kalau Allah Berkehendak, Jadi Populer itu Gampang Kalau Allah Berkehendak, Jadi Populer itu Gampang
Inilah Faktor Kekalahan Euro di Pasar Asia http://ini.la/2419274 Euro jatuh pada hari Senin di Asia setelah upaya Kanselir Angela Merkel untuk membentuk sebuah pemerintahan di Jerman ambruk dalam semalam. Sentimen positif meninggalkan ekonomi terbesar zona euro dalam limbo politik hampir dua bulan setelah pemilihan umum.

Mata uang tersebut turun sebanyak 0,6% terhadap EURUSD dolar AS, -0,4749%, meskipun sejak itu telah menutup beberapa kerugiannya. Dalam aksi terakhir, euro turun 0,4% pada US$1,1743. Euro juga kehilangan 0,5% terhadap yen Jepang EURJPY, -0,54% dan 0,3% terhadap pound Inggris EURGBP, -0,3923%.

Aliansi konservatif Merkel memenangkan pemilihan bulan September lalu, namun selesai dengan hasil terburuknya sejak 1949. Hal ini memaksa pemimpin Jerman tersebut untuk mencoba menggabungkan koalisi dengan mayoritas di Parlemen.

Upaya itu menghantam penghalang jalan pada hari Minggu yang lalu di Jerman setelah ketua Partai Demokrasi Bebas pro-bisnis kecil mengakhiri pembicaraan dengan kamp konservatif Merkel dan kaum kiri tengah Greens.

"Ini sangat memprihatinkan, dan menciptakan ketidakpastian besar di zona euro ini," kata Kisoo Park, manajer obligasi global Manulife Asset Management di Hong Kong seperti mengutip cnbc.com. Dia menambahkan bahwa dia memperkirakan euro akan jatuh lebih dalam dalam jangka pendek.

Runtuhnya pembicaraan koalisi di Jerman merupakan episode terbaru kekacauan politik yang melanda kawasan ini. Spanyol telah membobol wilayah Catalonia setelah mengumumkan kemerdekaan setelah referendum yang dianggap dianggap ilegal oleh pemerintah Madrid.

Sementara itu, Inggris telah membuat sedikit kemajuan dalam proses perceraiannya dari Uni Eropa, yang memiliki implikasi besar bagi perdagangan dan mata uang bersama.

Prospek ketidakpastian politik yang berkepanjangan di Jerman sangat mengkhawatirkan pasar. Merkel telah lama dipandang sebagai pemimpin politik unggulan Eropa, setelah membawa Jerman melalui krisis keuangan global dan krisis berikutnya di Yunani.

Keputusannya untuk membiarkan ratusan ribu pengungsi dan migran dari Suriah dan negara-negara lain pada tahun 2015 memicu oposisi domestik yang kuat. Partai anti-imigrasi Alternatif untuk Jerman tampil kuat dalam pemilihan bulan September, memenangkan sekitar 13% suara.

"Jerman telah menjadi negara yang lebih stabil di kawasan ini dan secara global, namun jika hal itu terjadi, maka hal itu dapat menyebabkan turunnya kejatuhan," kata Park, mengutip kemungkinan dampak pada perundingan Brexit dan pemilihan parlemen tahun depan di Italia.

Merkel akan terus memimpin pemerintahan sementara di Jerman untuk saat ini. Kanselir bisa mencoba lagi untuk merayu cukup banyak pihak untuk membentuk koalisi yang berkuasa, atau mencoba menjalankan pemerintahan minoritas. Pilihan selanjutnya adalah agar Jerman memiliki pemilihan umum yang baru.

Meskipun mengalami masalah politik secara berkala di Eropa tahun ini, euro telah melonjak hampir 12% terhadap dolar A.S. Mata uang bersama juga menguat sekitar 7% terhadap yen dan 4,4% terhadap pound Inggris sejauh 2017.

"Apa yang telah kita lihat secara global adalah pergeseran ke partai yang lebih ekstrem. Euro telah berhasil mengatasinya, dan reaksi di euro [tahun ini] telah jauh lebih bergantung pada pertumbuhan, "kata Mitul Kotecha, kepala strategi pertukaran dan kurs tukar Asia di Barclays di Singapura.

Perekonomian zona euro berada di jalur untuk tahun terkuatnya sejak 2007, meskipun pertumbuhan melambat pada kuartal ketiga dan inflasi turun. Kombinasi pertumbuhan ekonomi yang membaik dan inflasi yang rendah harus memastikan bahwa Bank Sentral Eropa akan mulai mengurangi pembelian obligasi bulanannya secara perlahan, seperti Federal Reserve, karena ia mulai melepaskan kebijakan moneternya yang mudah.

Kotecha mengatakan dia masih memperkirakan euro akan berakhir 2017 pada level $ 1,17, mendekati level saat ini, dan dia memperkirakan euro akan meningkat lebih jauh tahun depan, didorong oleh peningkatan pertumbuhan dan melemahnya dolar.

Indeks Dolar WSJ BUXX, + 0,15% naik 0,2% pada hari Senin di Asia, dibantu oleh penurunan euro. Investor terus fokus pada kemungkinan tagihan pajak yang disahkan di Senat, yang dijadwalkan untuk memberikan suara setelah Thanksgiving.

]]>
Fokus Inilahcom http://ini.la/2419274 Mon, 20 Nov 2017 14:01:00 +0700 Inilah Faktor Kekalahan Euro di Pasar Asia Inilah Faktor Kekalahan Euro di Pasar Asia Inilah Faktor Kekalahan Euro di Pasar Asia Inilah Faktor Kekalahan Euro di Pasar Asia
Lima Saham untuk Sepekan ke Depan http://ini.la/2419147 INILAHCOM, Jakarta - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam sepekan ke depan diperkirakan berada pada kisaran level support 5.960-6.012 dan resisten 6.077-6.093. Lima saham disodorkan sebagai bahan pertimbangan.

Kepada INILAHCOM, Reza Priyambada, analis senior Binaartha Sekuritas  memberikan rincian penjelasannya berikut ini:

]]>
Fokus Inilahcom http://ini.la/2419147 Mon, 20 Nov 2017 03:45:00 +0700 Lima Saham untuk Sepekan ke Depan Lima Saham untuk Sepekan ke Depan Lima Saham untuk Sepekan ke Depan Lima Saham untuk Sepekan ke Depan
Inilah Saham Pilihan Senin (20/11/2017) http://ini.la/2419128 INILAHCOM, Jakarta - Secara teknikal, analis menemukan indikasi koreksi sehat pada pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Senin (20/11/2017). Inilah saham-saham pilihannya.

Kepada INILAHCOM, Reza Priyambada, analis senior Binaartha Sekuritas  memberikan rincian penjelasannya berikut ini:

]]>
Fokus Inilahcom http://ini.la/2419128 Mon, 20 Nov 2017 03:05:00 +0700 Inilah Saham Pilihan Senin (20/11/2017) Inilah Saham Pilihan Senin (20/11/2017) Inilah Saham Pilihan Senin (20/11/2017) Inilah Saham Pilihan Senin (20/11/2017)
Wall Street Harapkan Berkah Thanksgiving http://ini.la/2419158 INILAHCOM, New York - Saham memiliki kesempatan yang baik untuk diperdagangkan lebih tinggi pada pekan depan, jika pola liburan minggu Thanksgiving yang khas mengambil alih.

S & P 500 memiliki rata-rata kenaikan 0,6 persen selama minggu Thanksgiving, dan telah meningkat 75 persen sejak 1945. Pada tahun-tahun ketika pasar sudah naik 10 persen atau lebih, minggu Thanksgiving bahkan lebih kuat, menguat hampir 0,8 persen rata-rata, menurut Bespoke.

Dalam sepekan terakhir, S & P 500 dan Dow berakhir sedikit lebih rendah, mengakhiri kenaikan terburuk dua minggu sejak Agustus. Nasdaq, bagaimanapun berada di area hijau, naik setengah persen dalam minggu ketujuh positif di delapan. Ketiganya berada di sekitar 1 persen dari rekor tertinggi mereka.

Perdagangan berombak dengan fokus pada reformasi pajak, dan mengawasi pasar kredit. Utang hasil tinggi terjual untuk sebagian minggu ini, dan kurva imbal hasil yang merata, fenomena teknis di pasar Treasury terus menyebabkan kegelisahan.

Pedagang saham takut kurva datar berarti ekonomi yang lebih lemah berada di cakrawala. Dalam hal ini, yield 2 tahun meningkat mendekati yield 10 tahun. Pada 62 basis poin, jarak di antara mereka mencapai level terendah 10 tahun. Perhatian sebenarnya akan terjadi jika kurva terbalik, dengan kenaikan 2 tahun lebih tinggi dari pada yield 10 tahun.

"Saya tidak akan membaca terlalu banyak dalam satu minggu. Tren historis adalah pasar saham yang kuat sepanjang tahun, cenderung untuk bertahan kuat," kata Paul Hickey, salah satu pendiri Bespoke seperti mengutip cnbc.com.

Dia mengatakan S & P, dari harga penutupan pada hari Rabu sebelum Thanksgiving sampai akhir tahun, memiliki rata-rata kenaikan sekitar 2 persen.

Imbal hasil 2 tahun naik menjadi 1,71 persen pada akhir Jumat dan mencerminkan harapan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga saat bertemu di bulan Desember. Pasar akan mengawasi Ketua Fed Janet Yellen, saat dia berbicara di New York pada Selasa malam, dan juga risalah dari pertemuan Fed terakhir, yang dirilis pada Rabu sore, untuk mengetahui suku bunga.

Ada sedikit data, namun ada penjualan rumah yang dilaporkan Selasa dan barang tahan lama dirilis Rabu. Penghasilan diharapkan dari beberapa pengecer, termasuk Urban Outfitters Senin. HP dan Campbell Soup melaporkan pada hari Selasa, dan Deere melaporkan pada hari Rabu.

"Musim penghasilan telah turun, sekarang apa katalis berikutnya? Anda sekarang orang berpikir untuk maju, apa yang akan dilakukan Fed?" kata Hickey. "Kami masih harus menjelaskan perbedaan antara apa yang dipikirkan pasar yang akan dilakukan Fed dan di mana Fed memperkirakan akan terjadi."

The Fed meramalkan tiga kenaikan suku bunga untuk 2018, namun pasar mengharapkan dua paling banyak. Dilema ini tampaknya muncul dalam kurva imbal hasil, dengan imbal hasil 10 tahun yang lebih rendah mencerminkan pelonggaran bank sentral global dan kurangnya tekanan inflasi untuk mendorong the Fed menaikkan suku bunga lebih cepat.

"Kurva hasil datar tidak pernah menjadi pendahulu resesi, tidak sampai kurva membesar," kata Hickey, menambahkan bahwa hal itu mungkin tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Peter Boockvar, analis pasar utama di Lindsey Group, mengatakan pasar saham dapat mulai menunjukkan lebih banyak reaksi terhadap kenaikan suku bunga AS, dan bank sentral mengurangi pembelian obligasi mereka dalam beberapa bulan mendatang.

"Kami semua sangat fokus di pasar AS, namun pasar saham Eropa belum diperdagangkan dengan baik sama sekali," katanya. "Setiap hari yang kita jalani semakin dekat dengan pelonggaran kuantitatif di Eropa yang terbelah dua. Kami memiliki kenaikan suku bunga lain bulan depan, ini bukan hanya tentang reformasi pajak."

Pedagang telah berfokus pada setiap tajuk utama dari Washington mengenai reformasi pajak, karena Kongres memindahkan tagihan House and Senate ke depan. DPR menyetujui versinya pada hari Kamis, dan RUU Senat akan dipilih sebelum sebelum keduanya dapat didamaikan.

"Saya pikir mereka menganggap mereka akan melewati beberapa reformasi pajak Mungkin mereka mempertanyakan seperti apa keadaannya. Kami telah mengisinya dengan harga sudah masuk sejak pemilihan," kata Boockvar.

Art Hogan, kepala strategi pasar di Wunderlich Securities, mengatakan fokus dalam minggu depan akan tetap pada setiap detail rencana pajak. "Kami akan melihat bagaimana sosis dibuat dan kami akan terus bereaksi dan bereaksi berlebihan terhadap setiap headline," katanya.

Pekan depan juga membawa Black Friday, awal tradisional musim liburan, namun para analis mengatakan bahwa hal itu kehilangan kepentingannya dengan belanja online yang menimbulkan malapetaka pada ritel tradisional.

"Karena internet dan toko mengubah jam kerja mereka, Senin lebih relevan sekarang karena semua orang kembali bekerja dan online," kata Boockvar. "Saat itulah kesepakatan benar-benar menendang."

]]>
Fokus Inilahcom http://ini.la/2419158 Mon, 20 Nov 2017 01:16:00 +0700 Wall Street Harapkan Berkah Thanksgiving Wall Street Harapkan Berkah Thanksgiving Wall Street Harapkan Berkah Thanksgiving Wall Street Harapkan Berkah Thanksgiving
Orang yang Kikir http://ini.la/2418355 ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt, Dzat Yang Maha Mendengar segala bisikan meski yang paling rahasia di dalam hati sekalipun. Hanya kepada Allah kita memohon dan hanya kepada-Nya kita akan kembali. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, “Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui.” (QS. Al Baqoroh [2] : 268)

Orang yang kikir itu jikalau digambarkan seperti Laut Mati yang terdapat di Jordania. Banyak sungai yang mengalirkan air kepadanya, ia pun memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. Akan tetapi, ia tidak bisa memberikan manfaat, bahkan ikan pun tidak bisa hidup di sana.

Kenapa seseorang bisa menjadi kikir? Orang kikir itu pasti karena kurang iman. Karena orang yang yakin kepada Allah tidak akan kikir. Orang kikir itu seperti sedang memakai baju besi, yang setiap kali akan mengeluarkan harta, tangan dan tubuhnya malah semakin berat terhimpit oleh lapisan besi. Sedangkan orang dermawan setiap kali mengeluarkan harta, maka ia seperti sedang memakai baju besi yang nyaman dan menjadi perlindungan bagi tubuhnya.

Orang yang bebas dari kebakhilan, dia akan nyaman hidupnya. Sedangkan orang yang kikir walaupun harta berlimpah, maka ia akan menderita. Hartanya hanya dikumpul-kumpulkan, dihitung-hitung lalu ditimbun. Untuk apa? Seperti air yang tergenang tidak mengalir kemana-mana, meski awanya jernih namun tidak akan lama lagi dia akan keruh dan menjadi sumber penyakit. Rasa takut kehilangan, takut dicuri, takut berkurang adalah siksaan yang seringkali tidak disadari oleh orang yang kikir. Betapa menderita orang yang demikian.

Semoga Allah Swt. senantiasa melimpahkan petunjuk kepada kita sehingga kita terhindar dari penyakit kikir.Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[smstauhiid]

]]>
Fokus Inilahcom http://ini.la/2418355 Mon, 20 Nov 2017 01:11:00 +0700 Orang yang Kikir Orang yang Kikir Orang yang Kikir Orang yang Kikir
Risalah Ilahi Memenangkan Mereka yang Terdzalimi http://ini.la/2418856 SAHABAT dekat saya berkomentar atas tulisan saya yang mengajak menghapus kebencian dan dendam kepada orang yang mendzalimi. Beliau berkata jujur: "Saya belum mampu. Saya ingin melihat dia ditegur Allah." Saya senang dengan kejujurannya, namun saya ingin mempertegas kalimat saya dengan hal berikut ini.

Kisah kedzaliman Raja Namrud yang mendzalimi Nabi Ibrahim itu ternyata berakhir dengan kematian Raja Namrud dengan sebab nyamuk. Kisah kedzaliman Raja Fir'aun yang memusuhi Nabi Musa itu ternyata harus berakhir dengan kematiannya dengan sebab air. Kisah bangsa 'Ad yang arogan itu juga ternyata berakhir dengan kehancurannya karena angin.

Ternyata, kalau Allah berkenan, tak butuh hal besar untuk "menghabisi" orang-orang dzalim. Karenanya, tenangkan hati dan damaikan pikiran dengan tak usah berpikir adzab apa yang bakal ditimpakan kepada orang yang mendzalimi kita. Buang-buang waktu saja. Karena, rencana Allah seringkali tidak bisa ditebak.

Lantas apa yang harus kita lakukan? Yakinkan saja bahwa kita berada di posisi yang benar dan bahwa kita senantiasa membela kebenaran. Selanjutnya, biarlah Allah yang mengantarkan kita ke mana Dia berkehendak. Pastinya, destinasi orang benar dan baik adalah stasiun kebahagiaan. Salam, AIM. [*]

]]>
Fokus Inilahcom http://ini.la/2418856 Mon, 20 Nov 2017 00:04:00 +0700 Risalah Ilahi Memenangkan Mereka yang Terdzalimi Risalah Ilahi Memenangkan Mereka yang Terdzalimi Risalah Ilahi Memenangkan Mereka yang Terdzalimi Risalah Ilahi Memenangkan Mereka yang Terdzalimi
Kekayaan yang Sejati http://ini.la/2418354 ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Menatap, memberkahi hidup kita, memberkahi sisa jatah usia kita di dunia. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, tidak ada seorang pun manusia yang mau hidup sengasara. Setiap orang pasti ingin hidup bahagia. Banyak orang yang mengira bahwa sumber kebahagiaan itu adalah harta kekayaan, sehingga mereka pontang-panting mengumpulkan kekayaan. Padahal ternyata harta kekayaan itu seperti minum air laut, semakin diminum bukannya menghilangkan haus tetapi malah semakin menambah haus.

Maka tidak heran, orang yang silau dengan kemegahan dunia, semakin ia kaya raya semakin ia merasa berambisi untuk menambah kekayaannya. Para pejabat yang korupsi itu bukan karena kecil gajinya, tapi karena miskin hatinya. Mereka tidak pernah puas dengan kekayaan yang sudah dimiliki, tetap saja bernafsu untuk menguasai lebih banyak lagi walau dengan jalan mencuri.

Rasulullah Saw bersabda, “Kekayaan bukanlah banyaknya harta benda, akan tetapi kekayaan adalah kekayaan hati.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Jadi saudaraku, kekayaan sejati itu bukanlah kekayaan harta, tapi kekayaan hati. Orang sukses itu bukan kaya harta, melainkan orang yang qonaah, yang kaya hatinya. Memang tidak salah memiliki keinginan untuk kaya raya, tapi yang salah itu jikalau kita diperbudak dengan keinginan. Betul, tidak salah jika kaya raya, tapi yang salah itu jika diperbudak dengan kekayaan sehingga lupa bahwa kekayaan hanya ladang untuk beramal sholeh dan beribadah kepada Allah Swt.

Kaya harta tanpa kaya hati, maka akan celaka. Kaya harta dan kaya hati, maka akan selamat. Miskin harta namun kaya hati, maka itulah kekayaan yang sesungguhnya. Semoga kita termasuk orang-orang yang memiliki kekayaan yang sejati. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin. [smstauhiid]

 

]]>
Fokus Inilahcom http://ini.la/2418354 Sun, 19 Nov 2017 01:11:00 +0700 Kekayaan yang Sejati Kekayaan yang Sejati Kekayaan yang Sejati Kekayaan yang Sejati
Kursi Bisa Lebih Mulia dari yang Mendudukinya http://ini.la/2418839 ALKISAH dari negeri seberang tentang seorang pejabat yang lihai sekali memanjatkan karirnya dan menggerakkan ke kanan dan ke kiri tanpa ada yang mampu menyingkirkannya. Entah sudah berapa kursi jabatan yang didudukinya. Kursi jabatan terakhirnya tinggi sekali. Rakyat hapal sekali dengan namanya yang selalu menghiasi media.

Salah seorang pembantunya meninggal dunia karena tabrakan yang tidak begitu serius sebenarnya. Sepeda motor yang dinaikinya menabrak pagar bambu tetangga sebelah rumahnya. Maut memang bisa dengan berbagai cara tak terduga, walau kadang tak masuk akal. Lukanya tak serius, cuma ujung hidungnya yang luka, namun bisa menyebabkan kematiannya. Dugaannya adalah karena kain perban lukanya menutupi kedua lubang hidung.

Saat pembantunya meninggal, begitu banyak yang melayat, berta'ziyah. Karangan bunga menumpuk di halaman rumah pejabat itu. Pejabat-pejabat yang eselonnya di bawah dirinya mayoritas datang. Luar biasa ramai.

Enam bulan setelah kematian pembantunya, pejabat ini pun mati. Ternyata tak banyak yang melayatnya, cuma saudara dan tetangga dekat. Para pejabat malah banyak yang datang berkunjung ke rumah calon penggantinya, yang akan mengisi kursi jabatan yang ditinggalkannya.

Bacalah kembali dan renungkan betapa kursi itu mulia melebihi derajat yang mendudukinya. Orang mulia yang sesungguhnya adalah orang mulia karena dirinya sendiri, karena ilmunya, agamanya dan akhlaknya sendiri. Jangan tertipu. Salam, AIM. [*]

]]>
Fokus Inilahcom http://ini.la/2418839 Sun, 19 Nov 2017 00:05:00 +0700 Kursi Bisa Lebih Mulia dari yang Mendudukinya Kursi Bisa Lebih Mulia dari yang Mendudukinya Kursi Bisa Lebih Mulia dari yang Mendudukinya Kursi Bisa Lebih Mulia dari yang Mendudukinya
Mengambil Hikmah dari Tanah http://ini.la/2418540 SAAT saya masuk gapura kampus UINSA, saya agak bingung mencari tempat parkir untuk mobil karena tempat parkir biasanya dikosongkan dari mobil. Ya, ditutup. Sementara tempat lainnya full dengan sepeda motor. Saya bertanya kepada Satpam, ada apa gerangan kok ditutup. Jawabnya adalah karena ada kegiatan penghijauan, penanaman ribuan pohon di tanah kampus ini. Sayapun mengangguk paham dan berpikir tentang tanah.

Tanah kadang menjadi mulia karena harganya mahal, tapi seringkali disia-siakan dan dihina saat tak ada yang butuh. Yang jelas, tanah bernasib selalu diinjak-injak. Meski demikian, tanah begitu sabar dan "lapang dada." Bagaimanakah dengan kita yang "dicipta" dari tanah? Sudah sesabar tanahkah?

Mungkin kita akan berkata bahwa kalau kita sesabar tanah maka kita akan selalu terinjak-injak. Saya tak mau berdebat. Saya hanya ingin berkata bahwa Allah yang mengatur skenario kehidupan tidaklah lalai, lupa dan tidur. Namun marilah kita mengambil hikmah lain dari tanah.

Tanah tidaklah selembut lempung tapi juga tidak sekeras batu. Andai tanah itu selembut lempung yang berair itu, bagaimana mungkin bisa dibangunkan rumah tinggal di atasnya. Tentu tak akan kokoh dan bahkan tak bisa berdiri. Andai tanah sekeras batu yang padat dan kering sekali itu, tentu tak mungkin menumbuhkan tanaman dan bunga-bunga yang menghibur manusia. Tanah bertabiat moderat, tengah-tengah di antara keduanya. Subhanallah, maha suci Allah yang mencipta dan mengaturnya. Sudahkah kita semoderat tanah?

Andai kita bisa sesabar tanah dan andai kita bisa semoderat ia, tentu hidup akan damai bahagia bertaburkan bunga-bunga cinta. Jangan remehkan tanah karena Anda memiliki emas berlian. Emas berlian Anda tak kan mampu menumbuhkan tanaman dan bunga seperti yang dipersembahkan tanah kepada kita. Jangan remehkan orang "rendahan" karena Anda bersahabat dengan para "petinggi." Jangan-jangan yang mempersembahkan bunga kehidupan adalah yang "rendahan" tadi. Salam, AIM. [*]

]]>
Fokus Inilahcom http://ini.la/2418540 Sat, 18 Nov 2017 02:26:00 +0700 Mengambil Hikmah dari Tanah Mengambil Hikmah dari Tanah Mengambil Hikmah dari Tanah Mengambil Hikmah dari Tanah