Inilah.com - Metropolitan http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Sun, 28 May 2017 09:47:41 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/metropolitan http://www.inilah.com/ Inilah.com - Metropolitan http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Siang Ini Hujan Basahi Sejumlah Wilayah Jakarta http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381580/siang-ini-hujan-basahi-sejumlah-wilayah-jakarta INILAHCOM, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatogi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan awan tebal akan membungkus langit Jakarta pagi ini, Minggu (28/5/2017).

Sedangkan pada siang hari, hujan akan membasahi ‎sejumlah wilayah di Jakarta serta daerah penyangga seperti Bogor, Depok dan Tangerang. Di daerah ini hujan akan turun dengan intensitas ringan.

Pada malam hari, hampir seluruh wilayah Jakarta akan kembali berawan. Adapun suhu untuk Jakarta pada hari ini, berkisar 25 sampai 33 derajat celcius dengan tingkat kelembaban diantara 65%-95%.  [hpy]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381580/siang-ini-hujan-basahi-sejumlah-wilayah-jakarta Sun, 28 May 2017 08:02:00 +0700 Siang Ini Hujan Basahi Sejumlah Wilayah Jakarta Siang Ini Hujan Basahi Sejumlah Wilayah Jakarta Siang Ini Hujan Basahi Sejumlah Wilayah Jakarta Siang Ini Hujan Basahi Sejumlah Wilayah Jakarta
Tim Sinkronisasi Bentuk Pokja Kajian Harga Sembako http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381492/tim-sinkronisasi-bentuk-pokja-kajian-harga-sembako INILAHCOM, Jakarta - Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2017/1438 Hijriah, fenomena gejolak harga barang kebutuhan pokok mulai mewarnai kehidupan masyarakat. Kondisi tersebut berulang setiap tahun yang disebabkan kelemahan upaya antisipasi dan kekurang-tepatan kebijakan instansi terkait.

Untuk mengkaji permasalahan dan mencari solusi atas kondisi tahunan tersebut, Tim Sinkronisasi Program Pasangan Gubernur-Wakil Gubernur terpilih Anies-Sandi membentuk "Pokja Kajian Harga Kebutuhan Pokok Ramadhan 2017".

Pokja Kajian Harga Sembako Ramadhan ini diketuai oleh HMBC Rikrik Rizkiyana, salah seorang anggota Tim Sinkronisasi Program. Pokja Kajian Harga Sembako ini juga didukung oleh para anggota Tim Pakar yang terdiri dari para ekonom dan ahli di bidang perdagangan antara lain Sunarsip, Gilang Satrya Adhi Utama, Haris Fradilla Harahap, dan Berly Martawardaya.

Menurut Rikrik, pengalaman tahun 2016, berdasarkan data harga Kementerian Perdagangan tahun 2016, harga gula pasir mengalami kenaikan 8% satu bulan sebelum Ramadhan. Harga itu terus merangkak naik sampai dengan Idul Fitri di pasar eceran DKI Jakarta tahun 2016. Pangan hasil industri lainnya seperti beras dan tepung terigu juga mengalami kenaikan 1%-3%.

Kenaikan juga terjadi pada komoditas hasil peternakan yang naik 3%-9% menjelang Ramadhan. Sedangkan untuk komoditas hasil hortikultura meliputi cabai merah, cabai merah keriting, dan bawang merah mengalami kenaikan 20%-60% di Pasar Eceran DKI Jakarta. Berdasarkan sumber yang sama, saat ini harga beberapa komoditas sudah menunjukkan fenomena kenaikan, seperti bawang merah naik 42%, cabai merah besar naik 4%, telur ayam naik 13%, dan daging ayam naik 7%.

"Kajian akan dilakukan secara pragmatis dan melihat langkah-langkah antisipatif yang sudah ada, baik dari pelaku pasar mau pun instansi terkait, sehingga akan didapatkan gambaran dari kondisi pasar menjelang hari besar," kata Rikrik, kemarin.

Rikrik menambahkan, kajian juga akan mencakup data terkini mengenai ketersediaan dan gejolak harga barang kebutuhan pokok, serta faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan pada jumlah penyediaan, lama terjadinya perubahan, dan pola perubahan penyediaan beberapa barang kebutuhan pokok menjelang dan saat Ramadhan dan Idul Fitri  berlangsung.

Kajian ini, sambung Rikrik, diharapkan dapat menghasilkan referensi  (lesson learnt) termasuk dalam bentuk formulasi model keterkaitan antar variabel yang terlibat dalam menentukan tingkat kebutuhan dan kondisi pasar pada saat Ramadhan 2017. Selain itu, kajian juga diharapkan dapat merumuskan rekomendasi terbaik untuk membuat langkah-langkah strategis dalam mengantisipasi ketersediaan dan gejolak harga barang kebutuhan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2018 atau pun hari besar lain pada saat Anies - Sandi mulai memimpin DKI nanti.

Rikrik menjelaskan, kajian akan dilakukan selama 1,5 bulan, yaitu selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2017/1438 H dan 2 minggu setelahnya. Pada kurun waktu tersebut tim akan melakukan Value Mapping di beberapa pasar di DKI Jakarta dan daerah penyangga (Bogor, Tangerang dan Bekasi). Pasar-pasar ini meliput pasar induk, pasar eceran tradisional, dan pasar ritel modern.

Di pasar tersebut tim akan melakukan survey langsung kepada pelaku pasar yang berdagang komoditas barang kebutuhan pokok yang meliputi komoditas hasil pertanian (beras, cabai, dan bawang merah), komoditas hasil industri (gula pasir, minyak goreng, dan tepung terigu), dan komoditas peternakan (daging sapi, daging ayam, dan telur). Selain para pedagang pasar tersebut, akan juga dilakukan survey kepada stakeholder lain yang terkait dalam rantai nilai barang kebutuhan pokok di DKI Jakarta, dan untuk melengkapi kebutuhan analisis tim pengkajian juga akan melakukan pengumpulan data-data sekunder dari instansi terkait.

Dalam menjalankan tugasnya, ujar Rikrik, Pokja Kajian Harga Sembako Ramadhan Pokja ini juga akan dibantu oleh narasumber lain yang terdiri praktisi, akademisi, dan asosiasi yang memahami masalah komoditas barang kebutuhan pokok. [*]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381492/tim-sinkronisasi-bentuk-pokja-kajian-harga-sembako Sat, 27 May 2017 14:23:00 +0700 Tim Sinkronisasi Bentuk Pokja Kajian Harga Sembako Tim Sinkronisasi Bentuk Pokja Kajian Harga Sembako Tim Sinkronisasi Bentuk Pokja Kajian Harga Sembako Tim Sinkronisasi Bentuk Pokja Kajian Harga Sembako
Polres Jakpus Dirikan Pos Pantau di Titik Rawan http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381467/polres-jakpus-dirikan-pos-pantau-di-titik-rawan INILAHCOM, Jakarta - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Suyudi Ario Seto mengatakan dalam rangka mengantisipasi terdinya kejahatan di bulan suci Ramadan. Pihaknya telah mendirikan sejumlah pos pantau di sejumlah titik yang masuk dalam kategori rawan.

"Di titik yang kita anggap rawan, kurang lebih ada 50 pos pantau. Karena biasanya bulan Ramadan itu ada peningkatan baik itu gangguan  sifatnya kejahatan jalanan kemudian tauran," kata Suyudi, Sabtu (27/5/2017).

Menurut Suyudi, di sejumlah pos pantau tersebut bakal  ditempatkan personel kepolisian yang bersinergi dengan TNI, Pemerintah Kota Jakarta Pusat, dan segenap elemen masyarakat.

"Kita akan lakukan penjagaan dan pengamanan mulai dari sore hingga dini hari, jam-jam rawan biasanya di jam-jam kecil mulai mulai dari jam 12 sampai subuh, untuk itu kita lakukan pemantauan," pungkasnya.  [rok]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381467/polres-jakpus-dirikan-pos-pantau-di-titik-rawan Sat, 27 May 2017 10:38:00 +0700 Polres Jakpus Dirikan Pos Pantau di Titik Rawan Polres Jakpus Dirikan Pos Pantau di Titik Rawan Polres Jakpus Dirikan Pos Pantau di Titik Rawan Polres Jakpus Dirikan Pos Pantau di Titik Rawan
Awal Puasa, Langit Pagi Jakarta Cerah Berawan http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381452/awal-puasa-langit-pagi-jakarta-cerah-berawan INILAHCOM, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan langit di seluruh wilayah Jakarta akan cerah berawan pada hari pertama puasa, Sabtu (27/5/2017).

Berdasarkan situs resminya diketahui pada siang hari, hujan lokal akan mengguyur Bekasi, Depok, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Sedangkan untuk wilayah Bogor akan mengalami hujan disertai dengan petir. Namun untuk Jakarta Utara dan Kepualaun Seribu hanya mengalami berawan.

Untuk malam hari, hampir seluruh wilayah DKI Jakarta diprediksi akan berawan tebal. Sedangkan untuk kawasan Bogor dan Tangerang berbeda, BMKG memprediksi hujan lokal akan hadir. Adapun suhu mencapai 24-33 derajat celcius dan tingkat kelembapan hingga 65-95 c. [hpy]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381452/awal-puasa-langit-pagi-jakarta-cerah-berawan Sat, 27 May 2017 05:17:00 +0700 Awal Puasa, Langit Pagi Jakarta Cerah Berawan Awal Puasa, Langit Pagi Jakarta Cerah Berawan Awal Puasa, Langit Pagi Jakarta Cerah Berawan Awal Puasa, Langit Pagi Jakarta Cerah Berawan
Anggota Sabhara Gelar Tahlil di Mapolda Metro http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381385/anggota-sabhara-gelar-tahlil-di-mapolda-metro INILAHCOM, Jakarta - Ratusan anggota Sabhara Polda Metro Jaya menggelar acara tahlilan mengenang tewasnya tiga rekan mereka akibat bom bunuh diri yang terjadi di Kampung Melayu, Jakarta Timur pada Rabu (24/5/2017) malam.

Dalam doa bersama yang digelar di Mapolda Metro Jaya ini terlihat para anggota Sabhara duduk di karpet sambil melantunkan ayat suci Al Quran mendoakan, mengingat ketiga sahabat mereka, Briptu (Anumerta) Taufan, Briptu (Anumerta) Ridho Setiawan dan Briptu (Anumerta) Gilang Anumerta.

Kendati demikian, para petugas dari Korps Bhayangkara tersebut berlum merelakan kematian Taufan Cs lantaran tewas dengan cara menyakitkan.

"Memang sudah resiko pekerjaan tetapi kami masih gak terima," kata Bripda Agung (21), salah satu anggota Sabhara, Jumat (26/5/2017).

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menyatakan kegiatan dilakukan untuk mendoakan petugas yang tewas dalam peristiwa bom di Kampung Melayu.

Diketahui, ledakan keras terjadi di kawasan Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5/2017) pukul 21.00 WIB. Adapun ledakan tersebut menyebabkan Halte Transjakarta di tempat kejadian perkara rusak parah. Di sampin itu, akibat teror ini menewaskan lima orang yang terdiri dari dua pelaku Ihwan dan Ahmad Sukri, dan tiga orang polisi, Bripda Ridho Setiawan, Bripda Taufan Tsunami, dan Bripda Imam Gilang Adinata. [ton]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381385/anggota-sabhara-gelar-tahlil-di-mapolda-metro Fri, 26 May 2017 19:30:00 +0700 Anggota Sabhara Gelar Tahlil di Mapolda Metro Anggota Sabhara Gelar Tahlil di Mapolda Metro Anggota Sabhara Gelar Tahlil di Mapolda Metro Anggota Sabhara Gelar Tahlil di Mapolda Metro
Djarot Minta Warga Peka Tehadap Orang Mencurigakan http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381341/djarot-minta-warga-peka-tehadap-orang-mencurigakan INILAHCOM, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat meminta jajaran walikota dan seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan deteksi dini.

Hal itu disampaikan pasca aksi teror bom yang terjadi di Kampung Melayu dan memakan puluhan korban.

"Bila ada yang mencurigakan di lingkungan masing-masing harus dilakukan tindakan preventif dan antisipatif," ujar Djarot, Jumat (26/5/2017).

Pascabom, Djarot mengajak seluruh pejabat tingkat bawah untuk bahu membahu meyakinkan warga bahwa lingkungannya aman dari aksi teror.

Lanjutnya, dia mengatakan saat ini di setiap halte bus Transjakarta juga sudah terpasang closed circuit television (cctv).

"Kita punya alat deteksi, ini bagian untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga," pungkasnya.

Teror bom pada Rabu (24/5/2017) malam mengguncang Jakarta. Tiga orang meninggal dan puluhan orang mengalami luka akibat ledakan bom bunuh diri dari dua orang teroris.[jat]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381341/djarot-minta-warga-peka-tehadap-orang-mencurigakan Fri, 26 May 2017 16:29:00 +0700 Djarot Minta Warga Peka Tehadap Orang Mencurigakan Djarot Minta Warga Peka Tehadap Orang Mencurigakan Djarot Minta Warga Peka Tehadap Orang Mencurigakan Djarot Minta Warga Peka Tehadap Orang Mencurigakan
Djarot Minta DPRD Bantu Jaga Keamanan Ibu Kota http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381301/djarot-minta-dprd-bantu-jaga-keamanan-ibu-kota INILAHCOM, Jakarta - Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyatakan warga Jakarta tidak takut dengan berbagai aksi terorisme seperti yang terjadi di Kampung Melayu, Jakarta Timur.

"Kita enggak akan pernah takut dengan teror seperti itu. Kami akan lawan bersama-sama," ujar Djarot saat menyampaikan kata sambutan di acara Koordinasi Dirjen Otda Kemendagri RI dengan Ekskutif dan Legislatif Provinsi DKI Jakarta, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (26/5/2017)

Djarot menegaskan bahwa pelaku terorisme tidak pantas tinggal di Indonesia."Kurang ajar orang-orang seperti itu, enggak pantas tinggal di Indonesia," tegasnya

Mantan Wali Kota Blitar itu pun meminta seluruh anggota DPRD DKI Jakarta untuk mensosialisasikan pentingnya menjaga kenyamanan dan keamanan. Apalagi menjelang bulan suci Ramadan.

"DPRD bantu kami dalam menjaga di masing-masing wilayah, agar kita bisa ciptakan suasana bulan suci Ramadan yang dami untuk warga Jakarta," tandasnya. [ton]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381301/djarot-minta-dprd-bantu-jaga-keamanan-ibu-kota Fri, 26 May 2017 14:36:00 +0700 Djarot Minta DPRD Bantu Jaga Keamanan Ibu Kota Djarot Minta DPRD Bantu Jaga Keamanan Ibu Kota Djarot Minta DPRD Bantu Jaga Keamanan Ibu Kota Djarot Minta DPRD Bantu Jaga Keamanan Ibu Kota
Mundur Terhormat, Ahok Bakal Dapat Dana Pensiun http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381292/mundur-terhormat-ahok-bakal-dapat-dana-pensiun INILAHCOM, Jakarta - Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri 'Soni' Sumarsono mengatakan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bakal mendapat dana pensiun usai tak lagi menjabat sebagai Gubernur Jakarta.

"Kalau mengundurkan diri, SK keluar dan diberhentikan dengan hormat ya dapat. Tapi pensiun kan sebagai kepala daerah. Kecil itu enggak besar, enggak sampai Rp10 juta," kata Soni di Balaikota, Jumat (26/5/2017).

Meski tersandung kasus pidana, Ahok masih dikategorikan mengundurkan diri secara hormat pada 23 Mei lalu melalui surat yang ditulisnya kepada presiden.

"Kalau mengundurkan diri berarti dengan hormat. Kalau kasus OTT korupsi itu pemberhentian enggak hormat," jelasnya.

Soni memastikan Biaya Penunjang Operasional (BPO) sudah tak berlaku lagi untuk Ahok.

"Sementara administasi penanggungjawab BOP itu kan total, otomatis dikembalikan. Uang kembali ke kas daerah, kalau enggak dikembalikan dia harus kembalikan uang setelah di audit BPK," pungkasnya. [rok]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381292/mundur-terhormat-ahok-bakal-dapat-dana-pensiun Fri, 26 May 2017 14:16:00 +0700 Mundur Terhormat, Ahok Bakal Dapat Dana Pensiun Mundur Terhormat, Ahok Bakal Dapat Dana Pensiun Mundur Terhormat, Ahok Bakal Dapat Dana Pensiun Mundur Terhormat, Ahok Bakal Dapat Dana Pensiun
Dana BPO Ahok Bakal jadi Milik Djarot http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381278/dana-bpo-ahok-bakal-jadi-milik-djarot INILAHCOM, Jakarta - Biaya Penunjang Operasional (BPO) Gubernur non aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan dimasukkan ke BPO Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat.
 
Kepala Biro Kerjasama Daerah dan Luar Negeri Provinsi DKI Jakarta, Muhamad Mawardi, mengatakan, total dana BOP bulan Mei 2017 yang dialihkan dari Ahok melalui Bank DKI sebesar Rp1.287.096.775.
 
"Sudah diterima masuk ke bendahara. Karena itu masih berjalan keuangan yang digunakan oleh kepala daerah," kata Mawardi di Balai Kota, Jumat (26/5/2017).

Sebelumnya, Ahok mengembalikan BPO sebesar Rp1,2 miliar. Dana tersebut sudah diterima DKI melalui bendahara pengguna anggaran di Biro Administrasi.

"Tapi sampai sekarang pak Plt belum menentukan bakal menggunakan anggaran yang mana," katanya.
 
Seperti diketahui, selama menjadi gubernur DKI Jakarta, Ahok menerima BPO sebanyak Rp2,1 miliar per bulan atau sekitar Rp24 miliar per tahun. Sementara BPO yang diterima Djarot sebagai Wagub adalah senilai Rp1,4 miliar.
 
Ahok sudah menandatangani surat pengunduran diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Hal itu dibenarkan Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono. Status Ahok sudah diberhentikan sementara pada 12 Mei lalu usai Ahok ditahan karena kasus penodaan agama.
 
Pemberhentian Ahok secara tetap tinggal menunggu surat dari Mendagri Tjahjo Kumolo. Setelah ini, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat diangkat sebagai gubernur definitif.[jat]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381278/dana-bpo-ahok-bakal-jadi-milik-djarot Fri, 26 May 2017 13:56:00 +0700 Dana BPO Ahok Bakal jadi Milik Djarot Dana BPO Ahok Bakal jadi Milik Djarot Dana BPO Ahok Bakal jadi Milik Djarot Dana BPO Ahok Bakal jadi Milik Djarot
DPRD Segera Paripurnakan Djarot Sebagai Gubernur http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381270/dprd-segera-paripurnakan-djarot-sebagai-gubernur INILAHCOM, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta segera mengelar rapat paripurna terkait pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sebagai gubernur definitif.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik menjelaskan sesuai undang-undang, jika seorang Kepala Daerah mengundurkan diri, maka DPRD wajib mengumumkan pengunduran diri tersebut dan juga mengusulkan pengangkatan Plt gubernur menjadi gubernur definitif kepada Presiden RI melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Karena itu ada waktu ya, dibatasi bila 10 hari DPRD enggak melakukan itu (pengangkatan) maka Mendagri bisa melakukannya. Kami berpikir kita (DPRD) akan lakukan paripurna Selasa (30/5/2017)," ujar Taufik di Balaikota DKI, Jumat (26/5/2017).

Setelah resmi disetujui oleh DPRD, barulah nama Djarot sebagai Gubernr Jakarta diserahkan kepada Kemendagri untuk kemudian diteruskan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Insya Allah tergantung jadwal dan kesibukan pak Presiden, karena pelantikan oleh pak Presiden. Kita menunggu informasi lebih lanjut dari pihak istana," ungkapnya

Diketahui, terpidana penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah mengundurkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta yang otomatis jabatan Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan menjadi Gubernur definitif tanpa wakil gubernur karena batas waktu kurang dari 18 bulan. [rok]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381270/dprd-segera-paripurnakan-djarot-sebagai-gubernur Fri, 26 May 2017 13:35:00 +0700 DPRD Segera Paripurnakan Djarot Sebagai Gubernur DPRD Segera Paripurnakan Djarot Sebagai Gubernur DPRD Segera Paripurnakan Djarot Sebagai Gubernur DPRD Segera Paripurnakan Djarot Sebagai Gubernur