Inilah.com - Metropolitan http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Wed, 29 Mar 2017 18:13:41 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/metropolitan http://www.inilah.com/ Inilah.com - Metropolitan http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Anies: DKI Bisa Jadi Tempat Kumpul Batik Nasional http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369150/anies-dki-bisa-jadi-tempat-kumpul-batik-nasional INILAHCOM, Pekalongan - Berkunjung ke Pekalongan, Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyempatkan diri berbelanja batik di Pasar Grosir Setono, Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (29/3/2017).

Kunjungan Mantan Menteri Pendidikan itu langsung membuat heboh pedagang dan warga yang sedang bertransaksi di pasar tersebut. Mereka bahkan menyerbu dan berebut mengajak Anies foto bersama. Sembari melayani ajakan foto, Anies tetap memilih dan membeli sebuah kemeja batik serta kain jarik.

Lebih lanjut Anies menjelaskan maksud dari kunjungannya ke Pasar Sentono yang selain berbelanja batik, dia juga ingin melihat langsung pasar yang kabarnya menyuplai sebagian besar batik di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Kami datang kesini untuk melihat langsung bagaimana sektor industri kecil seperti batik ini dijalankan," kata Anies.

Mantan Ketua Komite Etik KPK itu juga berinteraksi dengan para pedagang yang biasa mengirimkan barangnya ke Pasar Tanah Abang. Salah satunya, Moch Taufik yang mengaku kerap mengirimkan batiknya untuk dijual di Tanah Abang.

"Di sini banyak yang ngirim batik ke tanah abang dan thamrin city, dan semoga kalau Pak Anies jadi gubernur bisa berpengaruh kepada peningkatan pengiriman batik kami ke Jakarta," ucap Taufik.

Harapan Taufik itu sejalan dengan rencana Anies untuk mengembangkan sektor industri kecil di Jakarta melalui peogram OK OCE. Bahkan Anies berencana menjadikan Jakarta sebagai tempat berkumpulnya kerajinan batik yang bukan hanya dari Pekalongan tetapi juga daerah lain di Indonesia.

"Jakarta bisa menjadi tempat berkumpulnya beragam batik nasional dan menjadi cermin kebinekaan kita. Sehingga jika ada wisatawan cukup datang ke Jakarta mereka bisa melihat keragaman budaya kita lewat batik," papar Anies.

Maka dari itu Anies akan berusaha menyambungkan terus para perajin dan penjual dengan pasar. Terlebih nanti lewat program OK OCE batik dari Pekalongan bisa diolah kembali menjadi pakaian trendi yang bukan hanya menarik bagi pembeli domeatik, melainkan juga internasional.[ris]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369150/anies-dki-bisa-jadi-tempat-kumpul-batik-nasional Wed, 29 Mar 2017 17:39:00 +0700 Anies: DKI Bisa Jadi Tempat Kumpul Batik Nasional Anies: DKI Bisa Jadi Tempat Kumpul Batik Nasional Anies: DKI Bisa Jadi Tempat Kumpul Batik Nasional Anies: DKI Bisa Jadi Tempat Kumpul Batik Nasional
Fery Baswedan Jelaskan Alur OK OCE ke Warga http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369148/fery-baswedan-jelaskan-alur-ok-oce-ke-warga INILAHCOM, Jakarta - Program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE) yang dicanangkan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Anies Baswedan-Sandiaga Uno sangat diminati warga Jakarta.

Hal ini terbukti dengan antusiasnya warga di Jalan Warakas 6 Gang 14 Rt010/013, Tanjung Priok, Jakarta Utara saat mengikuti pelatihan program OK OCE. Meski demikian, warga mengaku masih bingung mengenai alur pendaftaran mengikuti program OK OCE jika Anies-Sandi terpilih menjadi pemimpin Ibu Kota Jakarta.

"Kalau nanti sudah jadi, apakah kami daftar melalui Rt/Rw atau daftar melalui relawan Anies-Sandi," tanya Ella kepada istri Anies Baswedan, Fery Farhati Baswedan di lokasi Rabu (29/3/2017).

Mendengar pertanyaan itu, Fery menjelaskan nantinya akan ada petugas mendata warga yang ingin mengikuti program OK OCE di setiap kecamatan. Sehingga, program ini akan merata di seluruh DKI Jakarta untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

"Ada yang mengelolanya bu, mulai dari pendaftaran, memberikan pelatihan, kami juga akan berikan permodalan kepada warga yang mau membuka usaha," ujar Fery.

Selain itu, nantinya para pengusaha baru akan diberikan jaringan untuk memasarkan barang dagangannya. "Jadi itu bisa membuat usaha ibu-ibu semua maju dan berkembang," kata Fery.[ris]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369148/fery-baswedan-jelaskan-alur-ok-oce-ke-warga Wed, 29 Mar 2017 17:28:00 +0700 Fery Baswedan Jelaskan Alur OK OCE ke Warga Fery Baswedan Jelaskan Alur OK OCE ke Warga Fery Baswedan Jelaskan Alur OK OCE ke Warga Fery Baswedan Jelaskan Alur OK OCE ke Warga
Anies: Warteg Usaha Mikro yang Pas dengan OK OCE http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369147/anies-warteg-usaha-mikro-yang-pas-dengan-ok-oce INILAHCOM, Jakarta - Calon Gubernur DKI, Anies Baswedan merasakan sendiri betapa pengusaha warung Tegal (warteg)  menggantungkan hidupnya di Jakarta. Apalagi sebagian besar warga Tegal yang merantau ke Jakarta mendirikan warteg.

Bahkan, banyak diantaranya sampai tinggal berpuluh tahun dan memiliki KTP di ibu kota. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban Anies nanti apabila menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk lebih mengembangkan para wirausahawan warteg.

"Warteg itu contoh wirausaha mikro yang sangat pas dengan program kewirausahaan kami OK OCE," kata Anies di Warung Ma'Nyak, Tegal, Rabu (29/3/2017).

Anies berharap dengan mensinergikan program One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship (OK OCE) dengan warteg, maka wirausaha mikro di bidang kuliner itu akan lebih berkembang.

"Mereka (para pengusaha warteg) memiliki skill tinggal memberikan pelatihan dan kepastian usaha. Saya sakin mereka akan lebih berkembang," terangnya.

Lebih lanjut, OK OCE nantinya bukan hanya untuk pengusaha warteg saja tapi seluruh usaha mikro warga. Menurut Anies, hal itu merupakan wujud keberpihakan pemerintah kepada para pengusaha kecil. Sebab banyak pengusaha di bidang kuliner kerap kali menjadi korban penertiban, karena kurangnya lahan untuk berjualan.

"Para pengusaha kecil itu ingin kepastian usaha dan lokasi, maka dari itu kami akan berikan solusi agar mereka dapat berjualan dengan aman dan nyaman," tandasnya.[ris]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369147/anies-warteg-usaha-mikro-yang-pas-dengan-ok-oce Wed, 29 Mar 2017 17:14:00 +0700 Anies: Warteg Usaha Mikro yang Pas dengan OK OCE Anies: Warteg Usaha Mikro yang Pas dengan OK OCE Anies: Warteg Usaha Mikro yang Pas dengan OK OCE Anies: Warteg Usaha Mikro yang Pas dengan OK OCE
Kasus Ridho, Polisi Tengah Lengkapi Berkas Perkara http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369127/kasus-ridho-polisi-tengah-lengkapi-berkas-perkara INILAHCOM, Jakarta - Pihak Polres Metro Jakarta Barat hingga saat ini terus melakukan upaya penegakan hukum atas kasus yang menyeret artis dangdut Ridho Rhoma.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Suhermanto mengatakan, saat ini pihaknya tengah melengkapi berkas perkara anak raja dangdut Rhoma Irama itu.

"Kita masih melengkapi berkas perkara untuk tersangka RR dan MS," ujar Suhermanto di Mapolres Metro Jakarta Barat, Rabu (29/3/2017).

Suhermanto menambahkan, berkas perkara Ridho telah lengkap, pihaknya akan segera melimpahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU). [rok]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369127/kasus-ridho-polisi-tengah-lengkapi-berkas-perkara Wed, 29 Mar 2017 15:49:00 +0700 Kasus Ridho, Polisi Tengah Lengkapi Berkas Perkara Kasus Ridho, Polisi Tengah Lengkapi Berkas Perkara Kasus Ridho, Polisi Tengah Lengkapi Berkas Perkara Kasus Ridho, Polisi Tengah Lengkapi Berkas Perkara
Wajah Tersenyum, Ridho Kembali Digiring Ke BNN http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369123/wajah-tersenyum-ridho-kembali-digiring-ke-bnn INILAHCOM, Jakarta - Hari ini, artis dangdut Ridho Rhoma kembali meninggalkan Mapolres Jakarta Barat untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Rabu (29/3/2017), sekira pukul 14.00 WIB.

Dengan pengawalan dari pihak kepolisian, Ridho yang kala itu memakai kemeja warna hijau, celana panjang biru serta topi warna hitam langsung digiring oleh belasan aparat menuju halaman Polres.

Ridho tidak memakai penutup wajah sehingga terlihat senyum manis terpancar ke arah awak media yang tengah meliputnya.

Meski demikian, Ridho tidak mengeluarkan sepatah kata pun saat keluar dari Polres dan ia langsung menaiki mobil Kijang dengan nopol B 544 MEN warna hitam. [rok]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369123/wajah-tersenyum-ridho-kembali-digiring-ke-bnn Wed, 29 Mar 2017 15:42:00 +0700 Wajah Tersenyum, Ridho Kembali Digiring Ke BNN Wajah Tersenyum, Ridho Kembali Digiring Ke BNN Wajah Tersenyum, Ridho Kembali Digiring Ke BNN Wajah Tersenyum, Ridho Kembali Digiring Ke BNN
Curi Di Alfamart, 2 Pria Diringkus Polisi http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369032/curi-di-alfamart-2-pria-diringkus-polisi INILAHCOM, Jakarta - Dedi (26) warga Banten dan Diki (23) warga Bogor harus berurusan dengan pihak kepolisian lantaran nekat mencuri di sebuah Alfamart.

Kedua pria bertato itu ditangkap saat menjalankan aksinya di sebuah Alfamart di Jalan Angke Jaya III Rt 003/07, Angke, Tambora Jakarta Barat, Senin (27/3/2017) malam.

Kapolsek Tambora Kompol Muhammad Syafi'i menuturkan, penangkapan terhap dua pria pengangguran itu bermula saat para penjaga toko sedang bertugas menjaga toko, tiba-tiba masuk dua orang laki-laki yang tidak dikenal.

"Penjaga toko bernama Irwan (23) curiga dengan kedua orang tersebut dikarenakan saat didekati kedua orang tersebut selalu menghindar," ujar Syafi'i di Jakarta Barat, Rabu (29/3/2017).

Kemudian saat kedua pelaku tersebut hendak keluar, Irwan langsung mencegatnya dan meminta untuk membuka tas yang sedang dikenakan salah satu pelaku.

"Saat dibuka ternyata ditemukan barang dagangan tanpa ada struk pembelian. Selanjutnya Irwan dengan dibantu rekannya langsung menggeledah pelaku lainnya dan ditemukan pula barang dagangan tanpa dilengkapi struk pembelian dari saku celananya," ujarnya.

Melihat kejadian tersebut, sontak para pengunjung langsung mengerumuni kedua pelaku. Hingga diketahui para warga sekitar dan tiba-tiba para warga langsung mengarahkan bogem mentah ke arah dua pria berbadan kurus itu.

"Beruntung anggota kami segera datang ke TKP dan mengamankan keduanya usai dihubungi oleh pihak Alfamart," ucapnya.

Selain mengamankan para pelaku, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti beruapa 1 buah minuman floridina, 2 buah susu beruang,1 buah handbody Citra, 1 buah sabun citra, 2 buah coklat snickers, 1 buah bembeng maxx, 1 buah bembeng coklat, 3 buah sosis maknyus, 2 buah sosis so good, 1 buah nabati wafer
dan 1 buah tas selempang merk adidas warna merah.

Syafi'i menambahkan, saat dilakukan interogasi, kedua pelaku mengaku sering melakukan pencurian di minimarket dengan berpura-pura sebagai pembeli.

Kini dua pria berbadan kurus itu harus mendekam di balik jeruji besi. Atas perbuatannya keduanya dijerat dengan pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan. [rok]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369032/curi-di-alfamart-2-pria-diringkus-polisi Wed, 29 Mar 2017 09:41:00 +0700 Curi Di Alfamart, 2 Pria Diringkus Polisi Curi Di Alfamart, 2 Pria Diringkus Polisi Curi Di Alfamart, 2 Pria Diringkus Polisi Curi Di Alfamart, 2 Pria Diringkus Polisi
Hujan Disertai Petir Intai Jakarta Siang Ini http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369023/hujan-disertai-petir-intai-jakarta-siang-ini INILAHCOM, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan yang disertai petir akan terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jaboedetabek) pada siang hari ini, Rabu (29/3/2017).

Lewat laman resminya www.bmkg.go.id juga diketahui cuaca berawan akan menyelimuti Jabodetabek pada pagi dan malam hari‎ ini.

Untuk suhu Jakarta hari ini kemungkinan besar berada‎ diantara 24 sampai 32 derajat celcius dengan tingkat kelembaban berkisr 65 hingga 95 persen. [hpy]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2369023/hujan-disertai-petir-intai-jakarta-siang-ini Wed, 29 Mar 2017 07:00:00 +0700 Hujan Disertai Petir Intai Jakarta Siang Ini Hujan Disertai Petir Intai Jakarta Siang Ini Hujan Disertai Petir Intai Jakarta Siang Ini Hujan Disertai Petir Intai Jakarta Siang Ini
BNPB: Hujan Es di Jakarta Kejadian Alami http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2368975/bnpb-hujan-es-di-jakarta-kejadian-alami INILAHCOM, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan hujan es yang terjadi di sebagian wilayah Jakarta hari ini merupakan fenomena alami yang biasa terjadi.

Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Jakarta pernah turun hujan es pada tahun-tahun sebelumnya.

"Di daerah lain di Indonesia juga pernah terjadi seperti di Bandung, Yogyakarta, Malang dan lainnya. Biasanya terjadi pada masa transisi atau peralihan musim," katanya.

Dia mengatakan hujan es yang terjadi di Jakarta tidak mengakibatkan kerusakan. Namun hujan es ini sempat membuat masyarakat merasa heran dengan kejadian tersebut.

"Kondisi aman dan ini peristiwa alamiah saja. Bukan ada yang menjatuhkan es dari angkasa. Hanya saat kondensasi di atsmofer melewati batas level super beku," kata Sutopo.

Dia menjelaskan hujan es bisa terjadi karena saat kondensasi di dalam awan Cumulonimbus melewati batas lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di batas level beku. Istilah hujan es disebut "HAIL".

Hujan es di Jakarta ini berasal dari awan Cumulonimbus bersel tunggal berlapis-lapis dengan pertumbuhan vertikal sampai tinggi 30.000 kaki dan luasan horisontal awan sekitar 3-5 km. Kejadiannya lokal dan singkat, kurang dari 5 menit.

Sementara itu, terdapat beberapa informasi juga dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sejumlah warga Jakarta melalui dunia maya, Selasa, melaporkan hujan es melanda wilayah mereka, dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menilai sebagai fenomena alami.

Hujan es ini terjadi di beberapa wilayah di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, terjadi hujan es.[jat]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2368975/bnpb-hujan-es-di-jakarta-kejadian-alami Tue, 28 Mar 2017 18:22:00 +0700 BNPB: Hujan Es di Jakarta Kejadian Alami BNPB: Hujan Es di Jakarta Kejadian Alami BNPB: Hujan Es di Jakarta Kejadian Alami BNPB: Hujan Es di Jakarta Kejadian Alami
Dihujani Es, Warga Cilandak Panik http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2368963/dihujani-es-warga-cilandak-panik INILAHCOM, Jakarta - Sejumlah warga yang tinggal di Jl Terogong III RT 09/10 Cilandak Barat, Jakarta Selatan dibuat panik dengan turunnya hujan es di wilayahnya.

Selain hujan es yang cukup deras, warga juga panik dengan angin kencang yang terjadi pada Selasa (28/3/2017) sore.

Hal ini diakui oleh Faiz (25) salah seorang warga setempat. "Hujannya lebat, dari awal hujan dibarengi angin kencang. Tapi anehnya di atap bunyinya seperti kejatuhan batu-batu kecil, pas saya buka jendela ternyata gumpalan es berjatuhan," ujarnya.



Menurutnya hujan es di pemukimannya jatuh rata-rata sebesar biji jagung berlangsung sekitar 5 sampai dengan 10 menit.

"Saya panik takut terjadi apa-apa, tetangga juga pada panik, ada yang sampe gemeteran karena takut," lanjutnya. [ton]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2368963/dihujani-es-warga-cilandak-panik Tue, 28 Mar 2017 17:05:00 +0700 Dihujani Es, Warga Cilandak Panik Dihujani Es, Warga Cilandak Panik Dihujani Es, Warga Cilandak Panik Dihujani Es, Warga Cilandak Panik
Hujan Es Guyur Jakarta Selatan Sore Ini http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2368958/hujan-es-guyur-jakarta-selatan-sore-ini INILAHCOM, Jakarta - Fenomena hujan es melanda di sejumlah wilayah Jakarta Selatan pada sore hari ini, Selasa (28/3/2017).

Es yang turun itu jatuh seiring dengan hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah Ibukota sepanjang sore ini.

Sejumlah wilayah yang dilaporkan turun hujan es antara lain di Pasar Minggu hingga Cilandak. Es sebesar kerikil dilaporkan berserakan di sekitar wilayah yang dilanda hujan es.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab hujan es tersebut yang berlangsung singkat, sekitar satu hingga dua menit itu. [rym]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2368958/hujan-es-guyur-jakarta-selatan-sore-ini Tue, 28 Mar 2017 16:32:00 +0700 Hujan Es Guyur Jakarta Selatan Sore Ini Hujan Es Guyur Jakarta Selatan Sore Ini Hujan Es Guyur Jakarta Selatan Sore Ini Hujan Es Guyur Jakarta Selatan Sore Ini