Inilah.com - Metropolitan http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Mon, 20 Nov 2017 20:47:33 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/metropolitan http://www.inilah.com/ Inilah.com - Metropolitan http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Anies Jangan Buat Masyarakat Terus Berharap http://ini.la/2419362 INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jawa Anies Baswedan memaparkan soal rencana penataan dan pembangunan permukiman Kampung Akuarium, Jakarta Utara.

Namun, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini tak menjelaskan secara rinci namun hanya menekankan bahwa masih dalam tahapan pengkajian.  

"Saya jelaskan bahwa saat ini pemerintah provinsi sedang mengkaji rencana tata ruang pada beberapa kawasan kampung termasuk Kampung Akuarium. Hasil kajian dimaksud akan dijadikan dasar untuk merumuskan program penataan permukiman Kampung Akuarium secara terpadu," ucap Anies, dalam rapat paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta,
Senin (20/11/2017).

Menanggapi hal di atas, anggota DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan William Yani menilai program yang dibuat Anies-Sandi terkesan hanya membuat masyarakat berharap. Mengingat, masih dalam tahapan kajian.

"Ternyata masih kajian. Menurut saya sebaiknya dikurangilah statment-statement yang buat masyarakat menjadi berharap," cetusnya.[jat]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2419362 Mon, 20 Nov 2017 20:31:00 +0700 Anies Jangan Buat Masyarakat Terus Berharap Anies Jangan Buat Masyarakat Terus Berharap Anies Jangan Buat Masyarakat Terus Berharap Anies Jangan Buat Masyarakat Terus Berharap
Anies Belum Mau Merinci Anggaran TGUPP Rp28,99 M http://ini.la/2419359 INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menjelaskan secara rinci soal lonjakan anggaran Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) di Rancangan APBD 2018 senilai Rp28,99 miliar.

"Sesudah nanti lengkap baru kita jelaskan. Sekarang masih garis besar dulu," jelas Anies, Senin (20/11/2017).

Sementara itu soal tingginya anggaran itu, Anies secara garis besar mengatakan hal itu untuk kebutuhan oleh tim.

"Jadi kita menginginkan agar seluruh anggaran yang disusun itu bisa benar-benar menopang semua kegiatan. Jangan sampai tidak ada tertopang dan kita ingin transparan," tuturnya.

Sebelumnya Sekda DKI Jakarta Saefullah membenarkan anggaran TGUPP mencapai Rp28,99 miliar di Rancangan APBD 2018. Padahal pada tahun sebelumnya hanya sebesar Rp2,35 miliar.

Adapun TGUPP ini nantinya bertugas membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam bekerja. Tim itu terdiri dari pejabat dan pegawai eselon II, III, dan IV. [ton]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2419359 Mon, 20 Nov 2017 19:43:00 +0700 Anies Belum Mau Merinci Anggaran TGUPP Rp28,99 M Anies Belum Mau Merinci Anggaran TGUPP Rp28,99 M Anies Belum Mau Merinci Anggaran TGUPP Rp28,99 M Anies Belum Mau Merinci Anggaran TGUPP Rp28,99 M
Anggaran Tim Gubernur Anies Naik Menjadi Rp28,99 M http://ini.la/2419357 INILAHCOM, Jakarta  - Sekda DKI Jakarta Saefullah membenarkan anggaran kepada Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) di Rancangan APBD kini sebesar Rp28,99 miliar.

Angka tersebut tentunya menjadi buah bibir, lantaran mengalami lonjakan yang cukup fantastis dari sebelumnya sebesar Rp2,35 miliar kini naik menjadi Rp28,99 miliar.

"Ya benar (naik Rp 28,99 miliar)," kata Sekda DKI Saefullah, Senin (20/11/2017).

Diketahui, TGUPP ini nantinya bertugas membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam bekerja. Tim itu terdiri dari pejabat dan pegawai eselon II, III, dan IV.

Kendati demikian, Saefullah menegaskan pembahasan mengenai kajian tim itu masih digodok. "Belum final, belum final," ucapnya. [ton]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2419357 Mon, 20 Nov 2017 19:28:00 +0700 Anggaran Tim Gubernur Anies Naik Menjadi Rp28,99 M Anggaran Tim Gubernur Anies Naik Menjadi Rp28,99 M Anggaran Tim Gubernur Anies Naik Menjadi Rp28,99 M Anggaran Tim Gubernur Anies Naik Menjadi Rp28,99 M
Larangan Ahok Soal Delman Segera Dihapus Sandi http://ini.la/2419338 INILAHCOM, Jakarta  - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bakal memperbolehkan delman beroperasi di Monas. Sebelumnya  mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melarang angkutan tradisional itu beroperasi.

"Kalau di New York delman itu jadi daya tarik wisata, tapi dipercantik," kata Sandi, Jakarta, Senin (20/11/2017).

Sandi menegaskan bakal segera menginstruksi jajarannya agar merealisasikan rencana-rencana di atas.

"Makanya harus diperiksa juga kesehatannya (kuda). Nanti kita akan ajak kelompok pemerhati masalah kesehatan hewan ini, khususnya kuda untuk ikut dalam pembicaraan ini. Sama Bu Tinia sama Pak Irwandi sama UPT Monas kita akan ajak bicara," tutupnya. [rok]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2419338 Mon, 20 Nov 2017 17:38:00 +0700 Larangan Ahok Soal Delman Segera Dihapus Sandi Larangan Ahok Soal Delman Segera Dihapus Sandi Larangan Ahok Soal Delman Segera Dihapus Sandi Larangan Ahok Soal Delman Segera Dihapus Sandi
DPRD DKI Pertanyakan Hasil Kerja Sudirman Said http://ini.la/2419320 INILAHCOM, Jakarta - Anggota DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan William Yani mempertanyakan hasil kerja dari tim sinkronisasi Anies-Sandi yang diketuai oleh Sudirman Said. Pasalnya, penjelasan Gubernur soal teknis pelaksanaan program Ok-Otrip tak akurat.

"Sampai hari ini, jawaban gubernur di rapat paripurna ini semuanya belum jelas mau arahnya kemana?," ujar Yani, Senin (20/11/2017).

Menurut Yani, semestinya tim sinkronisasi membuat kerja Anies-Sandi setelah menjabat lebih cepat dan maksimal. Namun harapan itu 'hilang' lantaran saat ini program yang dicanangkan Anies-Sandi belum ada yang matang.

"Jadi tim sinkronisasi berbuat apa?, apa yang dilakukan dengan tim sinkronisasi itu?, sekarang konsepnya mana? sekarang hanya kajian-kajian," tandasnya

Sebelumnya, Anies menjelaskam soal
program Ok-Otrip. Dimana, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan bahwa program itu upaya integrasi moda transportasi guna menyediakan angkutan umum yang terjangkau bagi seluruh warga DKI Jakarta.

Pada tahap awal program ini diberlakukan pada angkutan umum berbasis jalan dengan trayek tetap (angkutan dalam trayek) dengan tarif Rp5000,- (lima ribu rupiah) untuk 1 (satu) kali perjalanan, walaupun berganti kendaraan angkutan umum.

"Diharapkan melalui program OK-OTRIP masyarakat bersedia pindah moda dari kendaraan pribadi menjadi angkutan umum. Disamping itu, program ini dimaksudkan pula untuk meningkatkan aksesibilitas dan afordabilitas masyarakat terhadap layanan angkutan umum," jelas Anies.[jat]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2419320 Mon, 20 Nov 2017 16:41:00 +0700 DPRD DKI Pertanyakan Hasil Kerja Sudirman Said DPRD DKI Pertanyakan Hasil Kerja Sudirman Said DPRD DKI Pertanyakan Hasil Kerja Sudirman Said DPRD DKI Pertanyakan Hasil Kerja Sudirman Said
Konsep OK OCE Anies-Sandi Dinilai Belum Matang http://ini.la/2419315 INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjawab William Yani perwakilan dari fraksi PDIP DPRD DKI menganai teknis pelaksanaan program One Kecamatan, One Centre for Entrepreneurship (OK-OCE).

Sebagai langkah awal, Anies menyebut akan membuat puluhan pos kewirausahaan dengan para pendamping yang kompeten.

"Membangun 44 pos pengembangan kewirausahaan warga di setiap kecamatan dilengkapi dengan petugas administratif dan pendamping kewirausahaan profesional," kata Anies, dalam Rapat Paripurna yang digelar DPRD DKI Jakarta, Senin (20/11/2017).

Menurut dia program OK OCE bakal bekerjasama dengan berbagai pihak. Yakni, memberikan modal, akses pasar, mentoring bagi wirausaha baru, serta distribusi dan pemasaran produk dan jasa UMKM.

“Dilakukan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak antara lain para pelaku usaha, BUMD, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat,” jelasnya.

Namun, tanggapan dari perwakilan dari fraksi PDIP DPRD Yani, menyatakan penjelasan OK-OCE  oleh Anies masih mengambang. Bahkan, dari semua jawaban Anies dinilanya belum ada satu pun program yang  siap diterapkan.

"Setelah saya mendengar dan mengkaji ulang dari jawaban gubernur tersebut, sampai hari ini saya menilai belum ada satu pun perencanaan yang sudah matang dari gubernur," cetusnya. [ton]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2419315 Mon, 20 Nov 2017 16:16:00 +0700 Konsep OK OCE Anies-Sandi Dinilai Belum Matang Konsep OK OCE Anies-Sandi Dinilai Belum Matang Konsep OK OCE Anies-Sandi Dinilai Belum Matang Konsep OK OCE Anies-Sandi Dinilai Belum Matang
DKI Rancang Bangunan 'Boarding School' di 2 SMK http://ini.la/2419273 INILAHCOM, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta sedang merancang pembangunan Boarding School atau sekolah berasrama yang diperuntukan bagi peserta didik dari keluarga tidak mampu di dua Sekolah Menengah Kejuruaan (SMK). Yakni, SMK Negeri 61 dan SMK Negeri 63 Jakarta.

Hal ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rapat paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta, dengan agenda, penyampaian jawaban Gubernur Anies Baswedan atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang RAPBD Provinsi DKI Jakarta tahun 2018.

"Selain itu, telah disediakan 20 persen kuota bagi peserta didik dari keluarga tidak mampu pada SMA Negeri Unggulan MH. Thamrin," kata Anies, Senin (20/11/2017).

Sementara terkait alokasi anggaran bagi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sesuai kebutuhan pada beberapa SKPD.

"Pada tahun 2018, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak akan dilengkapi dengan penyediaan ruang, serta sarana prasarana Laktasi dan tempat penitipan anak di kantor-kantor pemerintah dan fasilitas publik lainnya," tuturnya.[jat]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2419273 Mon, 20 Nov 2017 13:43:00 +0700 DKI Rancang Bangunan 'Boarding School' di 2 SMK DKI Rancang Bangunan 'Boarding School' di 2 SMK DKI Rancang Bangunan 'Boarding School' di 2 SMK DKI Rancang Bangunan 'Boarding School' di 2 SMK
Anies Beberkan 3 Skema Rumah DP 0 Rupiah http://ini.la/2419271 INILAHCOM, Jakarta - DPRD Provinsi DKI Jakarta menggelar rapat paripurna dengan agenda, penyampaian jawaban Gubernur Anies Baswedan atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang RAPBD Provinsi DKI Jakarta tahun 2018, Senin (20/11/2017).

Dalam kesempatan ini Anies menangapi tanggapan yang sebelumnya disampaikan oleh sejumlah fraksi terkait dengan program rumah DP 0 rupiah.

"Terkait dengan penyediaan hunian yang layak dan terjangkau melalui program DP 0 Rupiah, dapat saya jelaskan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses kepemilikan perumahan bagi masyarakat penerima manfaat di Provinsi DKI Jakarta yang sasarannya difokuskan pada penduduk yang belum memiliki rumah, serta  memenuhi kriteria kepemilikan Rumah Susun Sederhana Milik," kata Anies, Senin (20/11/2017).

Implementasi program DP 0 rupiah, kata Anies didasarkan pada Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/16/PBI/2016 tanggal 29/10/2016 tentang Loan to Value (LTV) atas KPR dan DP Kendaraan Bermotor. Pada Pasal 17 Peraturan Bank Indonesia tersebut, telah diatur pengecualian terkait pemenuhan terhadap rasio Loan to Value untuk  pembiayaan Program Perumahan Pemerintahan  Pusat atau Pemerintah Daerah.

"Secara lengkap Pasal 17 dimaksud berbunyi :“Kredit atau Pembiayaan dalam rangka pelaksanaan Program Perumahan Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, sepanjang didukung dengan dokumen yang menyatakan bahwa kredit atau pembiayaan tersebut merupakan Program Perumahan Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah dikecualikan dari ketentuan ini dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan peraturan perundang-undangan terkait yang berlaku," jelasnya.

Lanjut Anies, adapun skema penyediaan rumah akan ditempuh melalui tiga hal. Pertama, pembangunan rusun baru dengan APBD di atas lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kedua, melibatkan pihak swasta dalam pembangunan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di atas lahan milik Pemprov DKI Jakarta, ketiga Melibatkan BUMD atau BUMN dalam penyediaan rumah yang proporsinya tergantung pada lokasi lahan, secara rata-rata 70 persen diperuntukkan bagi komersil dan 30 persen diperuntukkan bagi MBR.

"Di samping itu, saat ini sedang disiapkan kelembagaan dan mekanisme penyelenggaraan DP 0 rupiah yang didalamnya termasuk mengatur tentang asuransi kredit," pungkasnya. [rok]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2419271 Mon, 20 Nov 2017 13:32:00 +0700 Anies Beberkan 3 Skema Rumah DP 0 Rupiah Anies Beberkan 3 Skema Rumah DP 0 Rupiah Anies Beberkan 3 Skema Rumah DP 0 Rupiah Anies Beberkan 3 Skema Rumah DP 0 Rupiah
Sandi Ingin Tanah Abang Jadi Ini http://ini.la/2419269 INILAHCOM, Jakarta -  Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menilai kawasan pusat perbelanjaan Tanah Abang mirip Grand Bazaar di Istanbul, Turki.

Di  Grand Bazaar itu sekitar 400 ribu orang yang bertandang setiap hari, sedangkan di Tanah Abang sekitar 300 ribu perhari.

"Grand Bazaar di Istanbul sekitar 400 ribu saya liat ada kemiripannya (dengan  pusat perbelanjaan di Tanah Abang)," kata Sandi, Senin (20/11/2017).

Beranjak dari kondisi tersebut, Sandi menilai kawasan pusat perbelanjaan di Tanah Abang berpotensi menjadi pusat perdagangan di ASEAN.

"Saya liat Tanah Abang punya potensi sebagai pusat perdagangan di ASEAN. Pusat perdagangan terbesar dari segi jumlah pedagang dan aktivitas commercenya. Dan kalo itu dilakukan integrasi mudah-mudahan visi kita hadirkan pusat ekonomi dan perdagan di ASEAN bisa terwujud," tutupnya. [rok]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2419269 Mon, 20 Nov 2017 13:29:00 +0700 Sandi Ingin Tanah Abang Jadi Ini Sandi Ingin Tanah Abang Jadi Ini Sandi Ingin Tanah Abang Jadi Ini Sandi Ingin Tanah Abang Jadi Ini
Ini Acara Pertama Bakal Digelar Anies di Monas http://ini.la/2419267 INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dalam waktu dekat pihaknya bakal mengadakan acara keagamaan di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Adapun acara tersebut berupa tausiyah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2017 lalu.

"Sebenarnya rencananya sudah lama, sebelumnya direncanakan lebih awal tapi untuk persiapan lebih matang maka persiapan Hari Pahlawan kita selenggarakan tanggal 26," kata Anies, Senin (20/11/2017).

Menurut Anies, jasa para  pahlawan bangsa sampai hari ini masih dirasakan lantaran mereka ikut menentukan arah perjalanan Banga Indonesia. Sehingga, pentingnya memepringati Hari Pahlawan dengan memanjatkan doa kepada para pahlawan agar mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan.

"Nanti akan ada pawai, ada marching band akan ada banyak kegiatan, di sekitar mulai dari Dukuh Atas, sampai ke Monas, kemudian dilanjutkan juga malamnya dengan kegiatan tausiah," jelasnya.

Bila terealisasi kegiatan ini bakal menjadi acara keagamaan pertama di Monas setelah Anies-Sandi memimpin Pemprov DKI Jakarta. Pasalnya, era mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kawasa  Monas tak boleh digunakan untuk menggelar kegiatan keagamaan.

Kawasan yang berada di wilayah Gambir Jakarta Pusat itu merupakan zona netral. Hal ini merujuk pada Keppres Nomor 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah DKI Jakarta. [rok]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2419267 Mon, 20 Nov 2017 13:28:00 +0700 Ini Acara Pertama Bakal Digelar Anies di Monas Ini Acara Pertama Bakal Digelar Anies di Monas Ini Acara Pertama Bakal Digelar Anies di Monas Ini Acara Pertama Bakal Digelar Anies di Monas