Inilah.com - Metropolitan http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Tue, 25 Jul 2017 23:59:17 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/metropolitan http://www.inilah.com/ Inilah.com - Metropolitan http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Bekasi Diharap Jadi Tempat Ramah Perempuan-Anak http://ini.la/2393460 INILAHCOM, Jakarta - Kota Bekasi diharapkan bisa menjadi kota ramah anak dan perempuan. Hal ini diungkapkan oleh bakal calon Wali Kota Bekasi dari Partai Gerindra Dial Hasan.

"Pemimpin Bekasi ke depan harus bisa mengutamakan perempuan dan anak," ujarnya, Selasa (25/7/2017).

Menurut dia, hingga kini tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak terus meningkat, termasuk di Kota Bekasi. Karena itulah dirinya berniat maju dalam Pilkada Kota Bekasi untuk memerangi kekerasan terhadap perempuan dan anak di kota tersebut.

"Saya ingin membangun Kota Bekasi dan merubah stigma Bekasi menjadi kota yang ramah terhadap perempuan dan anak," katanya.

Dirinya mengaku telah mendapatkan dukungan dari Wakil Gubernur DKI terpilih, Sandiaga Uno. Terlebih lagi dengan visi misinya untuk membangu Kota Bekasi sebagai kota ramah anak dan perempuan.

Diketahui, DPC Partai Gerindra Kota Bekasi menetapkan 6 kandidat calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada 2018 mendatang.

Selain Dial, ada Ketua DPC Gerindra Kota Bekasi, Ibnu Hajar Tanjung, Dewan  Penasehat Gerindra, Mustofa, Kader Gerindra, Bambang Sunaryo, Anggawira dan Haikal. [ton]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2393460 Tue, 25 Jul 2017 20:49:00 +0700 Bekasi Diharap Jadi Tempat Ramah Perempuan-Anak Bekasi Diharap Jadi Tempat Ramah Perempuan-Anak Bekasi Diharap Jadi Tempat Ramah Perempuan-Anak Bekasi Diharap Jadi Tempat Ramah Perempuan-Anak
Kata Djarot Soal PPSU yang Malas http://ini.la/2393401 INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengklaim kinerja Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) menurun tidak dapat digeneralisir.

“Apa yang disampaikan oleh Pak Ketua DPRD tentunya gak bisa digeneralisir ya bahwa semua PPSU tidak baik. Yang penting adalah keberadaan PPSU dan pasukan yang lain sangat membantu DKI,” ujarnya di Balai Kota, Selasa  (25/7/2017).

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (DPRD) DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi menyatakan terjadi penurunan kinerja anggota PPSU saat ini. Hal tersebut disampaikan Prasetyo kepada jajaran pejabat Pemprov DKI Jakarta dalam rapat pimpinan bersama Djarot.

Meski demikian, Djarot menganggap kritikan dari teman separtainya di PDI Perjuangan itu akan dijadikan bahan evaluasi. Menurutnya, evaluasi akan menjadi daya dorong bagi anggota PPSU untuk meningkatkan kinerjanya melayani warga Jakarta.

”Ini jadi pemacu dan pendorong bagi para PPSU untuk rajin bekerja. Dan PPSU dievaluasi terus oleh kelurahan, kecamatan. Kelurahan atau kecamatan bisa berikan hasil evaluasinya,” imbuh Djarot.

Lebih lanjut, mantan Walikota Blitar ini menegaskan akan memberhentikan anggota PPSU yang dalam hasil evaluasi dinyatakan tidak memiliki kinerja baik.

“Apabila dia tidak bersungguh-sungguh ‎dia bisa diganti oleh yang lain. Tapi selama ini saya melihat mereka masih oke kok, mungkin ada di beberapa titik,” pungkasnya.[jat]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2393401 Tue, 25 Jul 2017 17:47:00 +0700 Kata Djarot Soal PPSU yang Malas Kata Djarot Soal PPSU yang Malas Kata Djarot Soal PPSU yang Malas Kata Djarot Soal PPSU yang Malas
Sebuah Motor Terbakar di Flyover Jembatan Lima http://ini.la/2393392 INILAHCOM, Jakarta - Sebuah sepeda motor Yamaha Vega R warna hitam bernopol B 6833 PME yang dikendarai Phang Djong Tjong (54) tiba-tiba terbakar saat melintas di flyover Jembatan Lima, Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat.

Penyebab kebakaran masih belum diketahui, namun saat ini kobaran api sudah dipadamkan oleh petugas bersama warga serta pengendara yang melintas.

Kapolsek Tambora Kompol Muhammad Syafi'i menjelaskan kejadian tersebut berawal saat Phang ingin pergi ke Pasar Mitra Jembatan Lima untuk berbelanja sayuran.

"Sebelumnya ia ngambil sepeda motornya dulu dari bengkel setelah diservis. Setelah itu baru pergi ke Pasar Mitra Jembatan Lima untuk belanja sayuran dengan menggunakan sepeda motor miliknya tersebut," kata Syafi'i di Jakarta Barat, Selasa (25/7/2017).

Syafi'i menambahkan, saat dirinya melintas di flyover tersebut, tiba-tiba kunci kontak sepeda motornya mengeluarkan percikan api.

''Karena api semakin membesar, ia pun ketakutan dan meninggalkan sepeda motornya. Setelah itu personel Polsubsektor Jembatan Lima langsung membantu memadamkan api serta mengatur lalin," ungkapnya. [ton]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2393392 Tue, 25 Jul 2017 17:21:00 +0700 Sebuah Motor Terbakar di Flyover Jembatan Lima Sebuah Motor Terbakar di Flyover Jembatan Lima Sebuah Motor Terbakar di Flyover Jembatan Lima Sebuah Motor Terbakar di Flyover Jembatan Lima
Sandi Optimistis UMKM Bisa Bersaing di Era Digital http://ini.la/2393373 INILAHCOM, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno, meminta UMKM agar menyesuaikan diri. Terutama dengan perkembangan teknologi agar bisa bersaing di pasar bebas.

"Jadi teman-teman dari koperasi dan UMKM, launching peta dan informasi UMKM yang baru. Ini lagi menyedot data-data dari mereka, dan informasinya sangat bermanfaat. Jika kita bisa memetakan tren-tren baru ekonomi digital," ujar Sandiaga, di Aston Hotel Rasuna Said, Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (25//2017).

Seminar tersebut dibuka dengan sambutan dari Staf Ahli Kementrian Koperasi dan UMKM, M. Taufik. Sandiaga menjelaskan dalam sambutannya, bahwa di Pemprov DKI sudah ada pilar digital ekonomi, dalam sebuah revolusi industri. Hal ini berlaku bagi kaum muda yang ingin berdikari, untuk mencoba ciptakan lapangan kerja baru.

“Jika mereka (anak muda diberi kesempatan akes usaha maka akan lahir regenerasi baru. Biasanya UMKM ada tiga masalah inti yang berulang terjadi. Pertama akses usaha, akses managerial, lalu akses permodalan," tandas Sandiaga.

"Di sinilah kemudian program OK OCE kita munculkan agar keberpihakan kepada masyarakat menegah kebawah, yang justru bisa diwujudkan sebelum menjabat. OK OCE adalah kolaborasi baru dalam dunia usaha masyarakat," sambung politisi Gerindra tersebut.

Ia menambahkan bahwa UMKM saat ini perlu pantauan khusus, karena di era digital ini umur eksistensi sebuah produk, sangat pendek dan dinamis. Hal tersebut bisa dilihat dari dunia, yang sudah berubah karena eksistensi e-commerce. 

"Anak muda sekarang belanja dengan online. Oleh karena itu Pemrov bisa memberikan kebijakan-kebijakan yang cocok untuk memastikan terciptanya lapangan kerja akan terjadi dalam lima tahun kedepan," imbuh Sandiaga.

Ke depannya, Wakil Gubernur terpilih tersebut berharap dengan kebijakan apa yang diperlukan nantinya, harus ada kesiapan Pemrov untuk mewujudkan pilar yang sudah terpetakan seperti; Jakarta Smart City, dan ada dinas UMKM Perdagangan.

"Nanti kita akan kolaborasi dengan sistem sharing dan platform. Dan ini yang diharapkan dari launching peta informasi UMKM yang sedang dilakukan saat ini," ucap Sandiaga. [*]

 

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2393373 Tue, 25 Jul 2017 16:35:00 +0700 Sandi Optimistis UMKM Bisa Bersaing di Era Digital Sandi Optimistis UMKM Bisa Bersaing di Era Digital Sandi Optimistis UMKM Bisa Bersaing di Era Digital Sandi Optimistis UMKM Bisa Bersaing di Era Digital
Kata Dishub Soal Persiapan Transjakarta Koridor 13 http://ini.la/2393345 INILAHCOM, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah meminta Transjakarta memaksimalkan persiapan prasarana penunjang jalur Transjakarta Koridor 13.

Rencana pengoperasian tiga (3) halte hingga Agustus mendatang dianggap terlalu sedikit.

"Saya sih minta lima deh jangan tiga. Nah sambil beroperasi, PT Transportasi Jakarta segera fungsikan 7 halte lainnya berikut fasilitasnya," kata Andri kepada wartawan, Selasa (25/7/2017).

Menurut Andri, operasional pada 17 Agustus nanti termasuk sebagai sosialisasi dan sebagai percepatan membangun dan memperbaiki fasilitas pendukung seperti Lift dan sebagainya.

Koridor 13 dapat beroperasi dengan baik dan mengangkut 40.000 orang dalam sehari bilamana sosialisasi dan kelengkapan fasilitas pendukung dibangun setelah 17 Agustus nantii.

"Sejak awal Juli sudah ujicoba koridor 13 dengan 20 bus. Hasilnya sudah memenuhi target tempuh koridor 13 yakni 35 menit," ungkapnya.

Disisi lain, pemasangan lampu serta marka jalan diharap bisa selesai tepat waktu. Sementara sambil menunggu persiapan prasarana, seleksi pengemudi terus dilakukan.

"Tes pengemudi akan terus dilakukan. Pada tahap pertama kami operasikan 20 bus dan bertahap sampai 100 bus perhari," tandasnya.

Sebelumnya, rencana softlaunching koridor 13 tanggal 22 Juni atau bertepatan dengan Hari Jadi Kota Jakarta terpaksa ditunda lantaran dinyatakan belum siap. Selain itu, Transjakarta juga menunggu terbitnya Surat Layak Fungsi dari Kementerian terkait untuk masalah keamanan dan keselamatan.[jat]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2393345 Tue, 25 Jul 2017 14:51:00 +0700 Kata Dishub Soal Persiapan Transjakarta Koridor 13 Kata Dishub Soal Persiapan Transjakarta Koridor 13 Kata Dishub Soal Persiapan Transjakarta Koridor 13 Kata Dishub Soal Persiapan Transjakarta Koridor 13
Reaksi Djarot Soal Rencana Polisi Rekrut Pak Ogah http://ini.la/2393329 INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta ada kajian terlebih dahulu terkait wacana kepolisian yang akan merekrut Pak 'Ogah' atau tukang parkir untuk membantu mengatur kesemrawutan lalu lintas.

"Perlu dievaluasi dan kita bicarakan. Jangan kemudian setelah itu wah nanti orang ramai ramai jadi Pak Ogah," kata Djarot di Balai Kota, Selasa (25/7/2017).

Jika melihat tujuannya untuk membantu mengatur arus lalulintas dikala macet, Djarot setuju. Namun nantinya, aturan yang mengatur ruang gerak Pak 'Ogah' juga harus dicermati. Sebab bisa disalahgunakan.

"Sepanjang kita masih macet seperti ini, keberadaan Pak Ogah itu membantu, karena keterbatasan tenaga kepolisian dan dinas perhubungan," ungkapnya.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Halim Pagarra mengatakan para Pak 'Ogah' akan diberi nama resmi Supertas atau sukarelawan pengatur lalu lintas.

Nantinya, Supertas akan disebar ke beberapa titik rawan kemacetan di Ibu Kota. Supertas juga akan diberikan seragam saat bertugas di jalan raya. Nantinya polisi meminta perusahaan swasta untuk membayar gaji mereka.[jat]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2393329 Tue, 25 Jul 2017 14:16:00 +0700 Reaksi Djarot Soal Rencana Polisi Rekrut Pak Ogah Reaksi Djarot Soal Rencana Polisi Rekrut Pak Ogah Reaksi Djarot Soal Rencana Polisi Rekrut Pak Ogah Reaksi Djarot Soal Rencana Polisi Rekrut Pak Ogah
Pemprov Harus Cari Solusi Soal Flyover Casablanca http://ini.la/2393328 INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, William Yani menilai maraknya pengendara motor yang nekat melintas di jalan layang Casablanca-Tanah Abang akibat kurang tepatnya pembangunan.

"Jalan layang Casablanca itu karena tidak ada jalan turun di kawasan Kuningan yang merupakan pusat titik keramaian," katanya, Selasa (25/7/2017).

William menyebut, tindakan tegas yang diterapkan seperti menilang pemotor saat turun di Tanah Abang justru membuat pemotor nekat memutar balik dan melawan arah hingga membahayakan pengguna jalan lain.

Menurut dia, sebagai regulator, Pemprov DKI seharusnya memfasilitasi mobilitas masyarakat dengan aman, nyaman dan tepat waktu.

"Jadi pembangunan di Jakarta selama ini cuma berbebtuk fisik, sama seperti koridor 13 (Ciledug-Tendean) dan simpang susun semanggi," ungkapnya.

Hal itu, kata Willy bisa dicapai apabila pembangunan jalan direncnakan berbarengan dengan penambahan moda transportasi, perbaikan angkutan umum dan membatasi kendaraan. Sehingga, efektifitas pembangunan jalan untuk mengurai kemacetan dapat terwujud.[jat]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2393328 Tue, 25 Jul 2017 14:11:00 +0700 Pemprov Harus Cari Solusi Soal Flyover Casablanca Pemprov Harus Cari Solusi Soal Flyover Casablanca Pemprov Harus Cari Solusi Soal Flyover Casablanca Pemprov Harus Cari Solusi Soal Flyover Casablanca
Leornardo Bersimbah Darah di Percetakan Negara http://ini.la/2393289 INILAHCOM, Jakarta - Warga dikagetkan dengan temuan jasad seorang pria lantaran tewas bersimbah darah di Jl. Percetakan Negara 3 RT02/ 01, Kelurahan Rawasari, Senen Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2017) dini hari.

Saat ditemukan pria itu mengenakan celana pendek dan kaos hitam serta mangalami luka di kedua kaki kiri dan kanannya. Diketahui bernama Leonardo dan bertempat tinggal di Jl Bango, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Di depan rumah Bu Hj. Titi nemunya," ucap Romy, salah satu warga kepada wartawan.

Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Asep Guntur Rahayu membenarkan peristiwa tersebut. Namun, belum dapat menceritakan kronologi dan penyebab kematian korban lantaran masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dan menungggu hasil visum.

"Kita belum tahu pembunuhan atau bukan, lukanya bisa saja apakah itu dari benda tumpul atau tidak kita masih melakukan penyelidikan dan tunggu hasil visum," tandasnya. [rok]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2393289 Tue, 25 Jul 2017 12:08:00 +0700 Leornardo Bersimbah Darah di Percetakan Negara Leornardo Bersimbah Darah di Percetakan Negara Leornardo Bersimbah Darah di Percetakan Negara Leornardo Bersimbah Darah di Percetakan Negara
Hari Ini Jakarta Diprediksi Cerah Berawan http://ini.la/2393236 INILAHCOM, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa wilayah DKI Jakarta pada Selasa (25/7/2017) pagi cerah berawan.

Sedangkan pada siang hari, Bekasi, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur hujan,Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Depok, Tangerang dan Kepulauan Seribu cerah berawan.

Hanya Bogor pada malam hari diprediksi hujan ringan.

Pada malam harinya, Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara berawan.

Kemudian, Kepulauan Seribu dan Tangerang juga cerah berawan. [ind]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2393236 Tue, 25 Jul 2017 04:54:00 +0700 Hari Ini Jakarta Diprediksi Cerah Berawan Hari Ini Jakarta Diprediksi Cerah Berawan Hari Ini Jakarta Diprediksi Cerah Berawan Hari Ini Jakarta Diprediksi Cerah Berawan
Dishub Siapkan Bajaj Roda Empat Pengganti Bemo http://ini.la/2393200 INILAHCOM, Jakarta - Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengungkapkan pihaknya sudah melakukan pendataan angkutan Bemo yang bakal 'dimuseumkan' sejak tanggal 6 Juli lalu.

Nantinya, pemilik Bemo akan diarahkan untuk mengganti armadanya denga bajaj keluaran terbaru, bajaj roda empat.

"Ada 50 unit. Prosedurnya pemilik yang lama lapor ke dishub," katanya di Balai Kota, Senin (24/7/2017).

Bajaj roda empat, kata Sigit, sudah mulai diujicobakan sejak beberapa hari lalu disekitaran wilayah Pademangan, Jakarta Utara.

Selain daya angkutnya lebih banyak daripada bajaj roda tiga, Sigit juga memastikan harga bajaj roda empat tidak mencekik para pemilik bemo yang ingin beralih kepemilikan.

"Kalau kita bicara harga yang sangat kompetitif dengan bentuk dimensi baru yang menarik. Jadi mereka hadir hanya untuk mengisi kuota dari bemo yg beroperasi," ungkapnya.

Namun Sigit mengakui hingga saat ini, bajaj roda empat masih menggunakan bahan bakar bensin. Belum seperti pendahulunya, bajaj roda tiga yagn sudah menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG).

Dengan kemudahan yang ditawarkan, Sigit berharap para pemilik bemo segera 'menukar' kendaraanya menjadi bajaj rekomendasi pemerintah. Sebab jika tidak, Dishub akan melakukan tindakan tegas bagi bemo yang masih 'berkeliaran' di Jakarta.

"Pokoknya sejak tanggal 6 kita tangkap dankandangkan. Kan jelas aturannya," tandasnya.[jat]

]]>
Metropolitan Inilahcom http://ini.la/2393200 Mon, 24 Jul 2017 22:34:00 +0700 Dishub Siapkan Bajaj Roda Empat Pengganti Bemo Dishub Siapkan Bajaj Roda Empat Pengganti Bemo Dishub Siapkan Bajaj Roda Empat Pengganti Bemo Dishub Siapkan Bajaj Roda Empat Pengganti Bemo