Inilah.com - Sehat http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Mon, 20 Nov 2017 20:47:05 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/sehat http://www.inilah.com/ Inilah.com - Sehat http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Ternyata Ada Sunat Tanpa Jarum Suntik http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2418239/ternyata-ada-sunat-tanpa-jarum-suntik INILAHCOM, Jakarta - Adanya phobia jarum suntik yang kerap dirasakan banyak orang, sangat melekat di otak. Karena itu, saat ini terdapat inovasi yang menarik untuk sunat tanpa jarum suntik. Seperti apa?

Hal itu bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk anak - anak yang phobia dengan jarum suntik. Sejak ditemukannya jarum suntik sekitar tahun 1850an, pemberian obat melalui suntikan menjadi bagian utama tindakan medis, untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan baik yang bersifat akut maupun kronik.

Dokter maupun petugas kesehatan di seluruh dunia hampir pasti telah menggunakan alat ini. Meski manfaat jarum suntik cukup banyak, ada kalanya pasien memiliki ketakutan akan jarum suntik yang terbuat dari logam dengan lubang di tengahnya dan tajam diujung tersebut.

”Bayangan akan rasa nyeri atau phobia ketika jarum menembus kuiit, menjadi saiah satu keluhan utama,” jeias Firesta Farizal, M.Psi., selaku Psikolog Anak saat ditemui di acara Rumah Sunat, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Pada mereka kelompok individu yang demikian, tentunya kepatuhan seseorang untuk menerima pengobatan yang memang harus diberikan melalui media Jarumm suntik menjadi menurun. Disisi lain, cost yang dikeiuarkan untuk pembiayaan jarum Suntik sekali pakai juga cukup besar.

Lebih lanjut the American Psychiatric Association mengatakan phobia jarum suntik mempengaruhi sekitar 10 persen populasi orang di dunia. Besarnya populasi ini menjadikan beberapa perusahaan alat kesehatan berlomba-Iomba meiakukan inovasi muiai dari memperkecii ukuran jarum suntik untuk menggurangi nyeri, hingga teknoiogi terkini suntikan tanpa jarum.

Rumah Sunatan, sebagai jaringan kiinik sunat terbesar di Indonesia yang saat ini sudah memiliki 4O cabang, mencoba memanfaatkan teknoiogi mutahir tersebut untuk tujuan anastesi Sirkumsisi.

Dr. Mahdian Nur Nasution, Spas, selaku pendiri Rumah Sunatan, berharap dengan menghilangkan penggunaan jarum suntik, yang dikombinasikan dengan teknologi Sirkumsisi modern (Mahdian Kiem) anak-anak menjadi lebih nyaman, bebas nyeri ketika di sunat.

Rumah Sunatan lndonesia mengadobe teknologi needle-free injection asal Korea. Alat ini terdiri atas 3 komponen utama yaitu alat semprot cairan anastesi yang terbuat dari kaca dengan ukuran, injektor, dan pompa injektor. lnjektor, menggunakan tenaga pegas yang dapat disesuaikan kekuatan penetrasi ke kulit sesuai kebutuhan.

Menggunakan bantuan pompa injektor alat ini akan memberikan tekanan pada alat penyemprot yang berisi cairan anastesi. Obat anastesi akan lebih mudah diserap dan menyebar Iebih baik menggunakan teknologi needle-free injection dibandingkan penggunaan jarum suntik konvensional.

”Dengan teknologi ini waktu capai analgesia pasien sunat menjadi lebih cepat, tanpa menimbulkan cidera jaringan dan tanpa rasa sakit,” ujar dr. Mahdian.

Dengan teknologi ini kenyamanan proses sunat baik pada anak atau dewasa juga menjadi Iebih baik. Teknologi needle-free injection juga digunakan saat melepaskan klem yang merupakan teknologi modern sirkumsisu. Kombinasi keduanya menghasilkan perpaduan Iuar biasa, sunat terbebas dari nyeri, dapat langsung beraktivitas, proses penyembuhan cepat, tanpa jahitan, dengan hasil estetik paska sunat yang indah.

”Revolusi Teknologi Sunat ini hanya bisa ,Anda dapatkan di jaringan Klinik Rumah Sunatan,” ujar Achmad Syarif Kurniawan, Kepala Divisi Operasional Rumah Sunatan.

Sunat merupakan proses memorable yang insya allah hanya dilakukan sekali dalam hidup, dan harus dilewati anak.

"Jadi sebisa mungkin pengalaman sunat ini bukan menjadi pengalaman yang buruk bagi anak," jelas Firesta.

Lebih lanjut orang tua akan Iebih mudah menyiapkan anak untuk menjalani proses sirkumsisi ini. Seperti kita ketahui, sunat di Indonesia dilakukan pada usia sekolah, pada usia ini anak umumnya sudah pernah mengalami di suntik dokter (vaksin, dll). Teknologi needle-free circumcision ini tentunya akan meningkatkan kenyamanan anak menjalani proses sirkumsisi.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2418239/ternyata-ada-sunat-tanpa-jarum-suntik Wed, 15 Nov 2017 12:50:00 +0700 Ternyata Ada Sunat Tanpa Jarum Suntik Ternyata Ada Sunat Tanpa Jarum Suntik Ternyata Ada Sunat Tanpa Jarum Suntik Ternyata Ada Sunat Tanpa Jarum Suntik
Apoteker Berperan Kendalikan Resistensi Antibiotik http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2417962/apoteker-berperan-kendalikan-resistensi-antibiotik INILAHCOM, Jakarta - Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi bakteri. Terkadang, masyarakat kerap membeli antibiotik untuk menyembuhkan penyakit langsung ke apotek tanpa resep dokter.

"Pada dasarnya, apoteker punya peran penting untuk kendalikan resistensi penggunaan antibiotik yang tidak tepat. Terkadang, masyarakat kerap membeli antibiotik tanpa resep dokter dan langsung ke apotek," papar Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Dra. Maura Linda Sitanggang, PhD saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Secara umum, antibiotik digunakan pada infeksi selain bakteri, misalnya virus, jamur, atau penyakit lain yang non infeksi. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat selain menjadi pemborosan secara ekonomi juga berbahaya secara klinis yaitu terjadinya resisten bakteri terhadap antibiotik. Resisten terjadi saat bakteri mengalami kekebalan dalam merespons antibiotik yang awalnya sensitif dalam pengobatan.

Bakteri resisten ini dapat menginfeksi manusia dan hewan. Hal yang sama menyebabkan infeksi lebih sulit diobati. Resistensi antibiotik menyebabkan biaya pengobatan lebih tinggi, pasien lebih lama tinggi di rumah sakit, serta meningkatkan angka kematian.

Menurut WHO pada tahun 2015, bakteri resisten yaitu kondisi dimana bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik yang awalnya efektif untuk pengobatan infeksi yang disebabkan oleh bakteri tersebut. Angka kematian akibat resistensi antimikroba sampai tahun 2014 sekitar 700.000 orang per tahun.

Dengan cepatnya perkembangan dan penyebaran infeksi akibat mikroorganisme resisten, pada tahun 2050 diperkirakan kematian akibat resistensi antimikroba lebih besar dibanding kematian akibat kanker.

Bila hal ini tidak segera diantisipasi, akan mengakibatkan dampak negatif pada kesehatan, ekonomi, ketahanan pangan, dan pembangunan global, termasuk membebani keuangan negara.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2417962/apoteker-berperan-kendalikan-resistensi-antibiotik Tue, 14 Nov 2017 12:30:00 +0700 Apoteker Berperan Kendalikan Resistensi Antibiotik Apoteker Berperan Kendalikan Resistensi Antibiotik Apoteker Berperan Kendalikan Resistensi Antibiotik Apoteker Berperan Kendalikan Resistensi Antibiotik
Konsumsi Antibiotik Harus dengan Resep Dokter http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2417949/konsumsi-antibiotik-harus-dengan-resep-dokter INILAHCOM, Jakarta - Tidak jarang kita menemui masyarakat yang mengkonsumsi antibiotik tidak tuntas. Hal ini akan menimbulkan resistensi atau kebal dalam tubuh.

Menurut Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Dra. Maura Linda Sitanggang, PhD, gunakanlah antibiotik secara bijaksana dengan resep dokter. Hal tersebut mengandung pengertian bahwa, konsumsi antibiotik benar - benar harus sesuai dengan anjuran dan sesuai dengan resep yang diberikan dokter.

"Para apoteker juga tidak boleh sembarangan memberikan antibiotik tanpa resep dokter. Ini adalah salah satu langkah bijak untuk konsumsi antibiotik agar tidak sembarangan," paparnya saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Dia menambahkan, yang paling ditekankan adalah antibiotik bukan menjadi obat cadangan, atau obat persediaan di rumah. Karena, pada dasarnya, antibiotik diberikan oleh dokter kepada pasien dan harus dihabiskan.

"Penyimpanan obat dan cara mengamankan obat serta kepatuhan konsumsi harus diperhatikan," tambahnya.

Kemudian, antibiotik digunakan untuk infeksi bakteri bukan virus, patuh dengan aturan pakai termasuk durasi dan dosis adalah kunci penting agar tidak timbul resistensi dalam tubuh. Karena, masih menurutnya, jika tidak tuntas, bakteri dalam tubuh akan tetap timbul dan berkembang karena tidak dibasmi secara tuntas.

Terkadang, berkembang di masyarakat ketika mengalami sakit yang disebabkan oleh virus, harus mengkonsumsi antibiotik. Padahal anggapan itu sangat salah.

"Virus itu tidak ada obatnya, bukan diobati dengan antibiotik. Antibiotik termasuk kategori obat keras, karena itu harus dengan resep dokter. Contoh penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri adalah TBC, Gonorrhea, Typhus, Disentri. Contoh penyakit yang sering keliru dengan infeksi  bakteri adalah batuk pilek, muntah dan diare," katanya.

Apa yang terjadi ketika konsumsi antibiotik? Ini akan menimbulkan sifat resistensi atau kebal ditularkan ke bakteri sejenis, atau populasi bakteri resisten akan semakin banyak menyebar. Karena itu, cegah dengan penggunaan antimikroba yang bijak dan menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Contoh simple adalah dengan rajin cuci tangan. Ini dapat mencegah perpindahan virus, istirahat yang cukup dan konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Namun ketika sakit yang disebabkan oleh adanya bakteri, maka harus diobati dengan tepat sehingga mendapatkan resep dokter yang benar," ungkapnya.

Karena banyaknya kesalahpahaman dalam menggunakan antibiotik, menyebabkan bertambahnya kematian akibat dari resistensi terhadap obat. Ironisnya, penemuan antibiotik hingga kini semakin menurun, tetapi tingkat resistensi pada manusia semakin meningkat.

"Ini menjadi sebuah hal yang sangat sulit. Kematian semakin meningkat karena mengalami resistensi antibiotik. Karena itu, pemerintah menggencarkan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema CerMat) untuk mengkampanyekan kepada masyarakat agar cerdas dalam menggunakan obat dan selalu ingat antibiotik hanya dapat diperoleh dengan resep dokter," ujarnya.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2417949/konsumsi-antibiotik-harus-dengan-resep-dokter Tue, 14 Nov 2017 11:45:00 +0700 Konsumsi Antibiotik Harus dengan Resep Dokter Konsumsi Antibiotik Harus dengan Resep Dokter Konsumsi Antibiotik Harus dengan Resep Dokter Konsumsi Antibiotik Harus dengan Resep Dokter
Cegah dan Lawan Penyakit Diabetes http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2417852/cegah-dan-lawan-penyakit-diabetes INILAHCOM, Jakarta - Penyakit diabetes kerap disebut silent killer. Karena itu, setiap orang harus bisa mencegah dan melawan penyakit tersebut sejak dini.

Tahun ini, peringatan World Diabetes Day juga spesifik mengarah pada tema “Wanita dan Diabetes”.Berdasarkan WHO diabetes country profiles tahun 2016, penderita diabetes wanita di Indonesia (prevalensi: 7,3 persen) sedikit lebih banyak daripada pria (6,6 persen). Angka kematian wanita akibat diabetes pun lebih tinggi daripada pria.

Menurut Dr. dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka penderita diabetes yang semakin bertambah setiap tahunnya. Berdasarkan International Diabetes Federation tahun 2015, penderita diabetes di Indonesia mencapai 10 juta orang, menjadikan Diabetes sebagai pembunuh no 3 di Indonesia.

"Dalam hal ini, peran Ibu menjadi krusial sebagai sebagai pilar nutrisi keluarga atau nutritional gatekeeper, karena Ibu menjadi penentu makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk keluarganya," papar Dr. dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo di acara #Hands4Diabetes oleh Tropicana Slim di area Car Free Day, Jakarta, Minggu (12/11/2017).

Noviana Halim, Tropicana Slim Brand Manager menyampaikan, menurut anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas maksimum konsumsi gula seseorang hanya 4 sendok makan.

"Namun, banyak masyarakat Indonesia yang mengkonsumsinya lebih dari itu, dengan semakin menjamurnya makanan dan minuman manis kekinian yang ada saat ini. Sebagai alternatif, Tropicana Slim hadir sebagai pemanis rendah kalori, yang mampu menjadi alternatif pemberi rasa manis yang lebih sehat," kata Noviana Halim.

Dr. dr. Em Yunir, SpPD-KEMD menambahkan, pemanis rendah kalori sebagai pengganti gula pasir sudah lazim dipakai sebagai alternatif penggganti gula, apalagi sudah mendapatkan izin edar dari BPOM, sehingga sudah terbukti aman dikonsumsi.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2417852/cegah-dan-lawan-penyakit-diabetes Mon, 13 Nov 2017 19:30:00 +0700 Cegah dan Lawan Penyakit Diabetes Cegah dan Lawan Penyakit Diabetes Cegah dan Lawan Penyakit Diabetes Cegah dan Lawan Penyakit Diabetes
Produk Kesehatan Watsons Hadir Via Toko Daring http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2417652/produk-kesehatan-watsons-hadir-via-toko-daring INILAH.COM, Jakarta-Retailer produk kesehatan dan kecantikan Watsons berusaha memanjakan pelanggan dalam menemukan beragam produk. Kali ini Watsons bekerja sama dengan toko daring (online) Lazada.

Head of Department E-Commerce Watsons, Radhiant Siregar mengatakan, Lazada telah menjadi mitra e-commerce perusahaan selama lebih dari setahun. Sejauh ini Lazada dinilai berhasil mengadakan hari belanja online dengan tema-tema unik dan barbagai promo menggiurkan masyarakat.

"Salah satunya adalah Online Revolution," kata Radhiant dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/11/2017).

Radhiant menambahkan, selain memberikan berbagai penawaran menarik, Watsons telah melakukan persiapan maksimal mulai dari tim internal hingga persediaan barang. Tujuannya agar dapat memenuhi setiap pesanan yang akan diterima sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.

"Hal ini kami lakukan agar Watsons senantiasa dapat memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap produk-produk kecantikan dan kesehatan yang berkualitas dengan cara yang mudah," ujar Radhiant.

Dalam kerja sama dengan Lazada, Watsons juga memberikan gratis ongkos kirim dan sistem pembayaran yang mudah dengan kualitas barang yang terjamin.

"Kami berharap agar manfaat kehadiran Watsons khususnya di channel e-commerce semakin memperluas jangkauan bisnis dan membuat Watsons menjadi lebih dekat dan menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan terhadap produk kesehatan dan kecantikan" kata Radhiant.

Berbagai promo menarik dari Watsons pun dapat dinikmati pelanggan via Lazada yang berlangsung sejak Sabtu, 11 November 2017 - Senin, 14 Desember 2017. [adc]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2417652/produk-kesehatan-watsons-hadir-via-toko-daring Sun, 12 Nov 2017 21:40:00 +0700 Produk Kesehatan Watsons Hadir Via Toko Daring Produk Kesehatan Watsons Hadir Via Toko Daring Produk Kesehatan Watsons Hadir Via Toko Daring Produk Kesehatan Watsons Hadir Via Toko Daring
Kemenkes Gelar Senam Perenggangan 10.000 orang http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2416773/kemenkes-gelar-senam-perenggangan-10000-orang INILAHCOM, Jakarta - Akan ada lebih dari 30 provinsi akan bersama - sama menyelenggarakan senam perenggangan tidak hanya di Jakarta.

Hal tersebut menjadi bagian acara puncak Hari Kesehatan Nasional yang ke 53. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di daerah Car Free Day di area Bundaran HI hingga Monas.

"Tema yang diangkat adalah Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku. Pada program GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) kami mendorong masyarakat untuk melakukan aktivitas fisik. Kemudian konsumsi makanan sehat yang penting. Memperbanyak makan sayur dan buah, dan sekarang ditambah lagi konsumsi ikan," papar Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan drg. Usman Sumantri,M.Sc, di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (08/11/2017).

Berbeda dengan tahun lalu, Usman menambahkan, tahun ini keistimewaan yang ditampilkan adalah melalui pendekatan keluarga untuk meningkatkan kesehatan. Hal ini sejalan dengan GERMAS.

"Memang kita dorong pelayanan primer dengan melalui pendekatan keluarga. Kami selalu support gerakan masyarakat hidup sehat. Kami ingin keluarga itu sehat karena itu temanya Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku. Tahun ini kami mengajak seluruh jajaran lainnya, sampai ke daerah - daerah. Mereka sangat baik merespon ini. Kami mengajak sekitar 60 kementrian dan lembaga apapun kesehatan dikaitkan dalam kegiatan kesehatan. Gubernur dan Bupati kalau ke daerah - daerah membicarakan kesehatan. Misalnya tentang diabetes. Untuk mengatur pola makan dan lainnya," tambahnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menarik animo masyarakat tidak hanya di Jakarta tetapi juga di luar daerah.

"Tidak hanya di Jakarta, tapi di Provinsi dan kota besar lainnya yang juga menyelenggarakan kegiatan Car Free Day. Diharapkan kegiatan ini akan masuk dalam catatan rekor MURI," papar Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Kuwat Sri Hudoyo, MS.

Selain itu, untuk tetap meningkatkan kesehatan masyarakat, Kementerian kesehatan juga menyediakan tes kesehatan untuk penyakit tidak menular. Setidaknya, ada sekitar tiga tes kesehatan.

"Kemungkinan ada tiga tes kesehatan yang ditujukan untuk menekan penyakit tidak menular. Diantaranya adalah tes tekanan darah, tes gula darah, dan tes kolesterol," tambahnya.

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2416773/kemenkes-gelar-senam-perenggangan-10000-orang Wed, 08 Nov 2017 14:30:00 +0700 Kemenkes Gelar Senam Perenggangan 10.000 orang Kemenkes Gelar Senam Perenggangan 10.000 orang Kemenkes Gelar Senam Perenggangan 10.000 orang Kemenkes Gelar Senam Perenggangan 10.000 orang
Mengenal Teknologi Minimal Invasif untuk Kanker http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2416576/mengenal-teknologi-minimal-invasif-untuk-kanker INILAH.COM, Jakarta-Teknologi Minimal Invasif bagi penderita kanker yang selama ini dikenal di St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, Tiongkok akan hadir di Indonesia.

Rumah sakit khusus pengobatan kanker ini siap membuka cabang di Indonesia dengan fasilitas 10 teknologi terbaru standar internasional, seperti Intervensi, Cryosurgery, 3D Printed Template Assisted Seed Implantation dan metode lainnya.

"Metode-metode ini gabungan pengobatan Timur-Barat dan dapat mendatangkan harapan baru bagi pasien kanker," kata Prof. Liu Luguang, Chinese Elderly Cancer Association (CECA) di Jakarta, Senin (6/11/2017).

Liu menyoroti bahwa penyakit kanker payudara yang menyerang para kaum hawa tak lepas dari tingkat deteksi dini yang masih rendah.

"Saat ini, masih banyak wanita yang memiliki tingkat kesadaran terhadap penyakit dan pemeriksaan payudara yang rendah," ujarnya.

Selama ini banyak orang menderita kanker, tetapi tidak tahu bagaimana mencari solusi pengobatannya, lanjut Liu. Untuk itu, hadirnya teknologi minimal invasif memberi harapan baru bagi para pengindap kanker.

"Banyak di antara mereka, tidak tahu pengobatannya. Bahkan, tertunda hingga tidak terselamatkan karena tidak menemukan metode pengobatan yang sesuai," kata Liu, yang juga menjadi salah satu pendiri tim MDT, International Technical Exchange Director St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, Tiongkok.

Sementara itu, Wu Jin Guo, general manager St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou untuk Jakarta, mengatakan pengobatan dari rumah sakit tersebut membuka harapan baru bagi penderita kanker di Tanah Air.

"Mereka secara aktif menjalani pengobatan ilmiah dan efektif, sekaligus menjaga sikap percaya diri dan optimis, dan akhirnya menang melawan penyakit ini, mewujudkan kehidupan baru," kata Wu Jin Guo. [adc]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2416576/mengenal-teknologi-minimal-invasif-untuk-kanker Tue, 07 Nov 2017 19:35:00 +0700 Mengenal Teknologi Minimal Invasif untuk Kanker Mengenal Teknologi Minimal Invasif untuk Kanker Mengenal Teknologi Minimal Invasif untuk Kanker Mengenal Teknologi Minimal Invasif untuk Kanker
Lari Sambil Beramal http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2415959/lari-sambil-beramal INILAHCOM, Tanggerang Selatan - Menjalankan hidup sehat sangat penting bagi siapapun. Salah satu kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh adalah berlari.

Kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat saat ini terus menjadi tren tidak hanya untuk para manula, namun juga usia muda. Tidak jarang, terlihat belakangan olahraga yang paling banyak diminati adalah lari. Selain simple, lari juga menjadi olahraga yang sangat fun terlebih jika dijalani dengan anggota keluarga.

Karena itu, bertepatan dengan momen 12 tahun berdirinya, CT ARSA (Chairul Tanjung, Anita Ratnasari) Foundation mengajak penyandang tuna netra yang tergabung dalam yayasan Mitra Netra, komunitas lari dan masyarakat umum pecinta olahraga lari bersama - sama berbagi keceriaan sekaligus kepedulian terhadap saudara - saudara kita yang membutuhkan melalui event CT ARSA Foundation Charity Fun Run 2017 dengan bertajuk Berlari dan Berbagi.

"Kami sangat senang melihat antusiasme dari pada peserta, terlihat dari jumlah peserta mencapai sekitar 15.000 orang yang secara otomatis telah menjadi donatur untuk CT ARSA Foundation,  karena hasil dari pendaftaran peserta akan didonasikan melalui kegiatan sosial CT ARSA Foundation yang memiliki visi memutus mata rantai kemiskinan melalui pendidikan berkualitas serta mengoptimalkan kesehstan bagi masyarakat Indonesia yang kurang mampu," kata Anita Ratnasari Tanjung selaku Ketua Yayasan CT ARSA Foundation, Tanggerang Selatan, Sabtu (04/11/2017).

Melihat respon dari masyarakat sangat positif, Anita berharap akan menggelar acara serupa di daerah lain.

"Mungkin kami akan menggelar acara serupa di daerah lainnya setelah melihat antusias banyak orang," tambahnya.

Kegiatan lari yang digelar di lapangan Sunburst BSD City tersebut berjarak 5 KM. Terdapat beberapa kejutan yang ada pada tiga zona. Antara lain, Bubble Zone, Zombi, dan Color Zone.

Secara konsisten bantuan yang mengalir dari CT ARSA Foundation terus dipantau dan dikawal. Mulai dari proses, hasil, manfaat yang diberikan, hingga keberlangsungan. Dengan begitu, masih menurut Anita, terlihat jelas manfaat yang dapat dirasakan masyarakat sehingga berdampak positif bagi banyak orang.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2415959/lari-sambil-beramal Sat, 04 Nov 2017 23:45:00 +0700 Lari Sambil Beramal Lari Sambil Beramal Lari Sambil Beramal Lari Sambil Beramal
Memahami Manfaat Baik Nuklir untuk Kehidupan http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2415829/memahami-manfaat-baik-nuklir-untuk-kehidupan INILAH.COM, Jakarta-Anggapan di kalangan masyarakat bahwa teknologi nuklir berdampak buruk dan berbahaya sepertinya perlu diluruskan. Nuklir rupanya juga dapat diaplikasikan di bidang kesehatan.

Menurut Direktur Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI Ali Gufron Mukti, ilmu pengetahuan saat ini berkembang begitu pesat. Sayangnya masyarakat banyak yang belum siap menerima gelombang besar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya nuklir.

"Indonesia ini kan bangsa yang besar. Dengan sumber daya manusia yang dikelilingi oleh sumber daya alam yang sangat berpotensi, kita harus menjadi bangsa yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi," katanya dalam seminar bertajuk "Membangun Masyarakat Berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Science Communication" di Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Kepala Bidang Pengembangan Teknologi Daur Bahan Nuklir dan Rekayasa di Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Djarot S Wisnubroto memaparkan, energi nuklir merupakan satu-satunya sumber listrik yang tidak memancarkan gas rumah kaca. Sehingga secara efektif bisa mengganti bahan bakar fosil.

"Selain itu, energi nuklir juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia atas peran pentingnya dalam memasok listrik dunia. Bahkan saat ini, tercatat ada 439 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang beroperasi di 32 negara," ujarnya.

"Iptek nuklir juga digunakan bagi bidang kesehatan, semisal terapi penyakit kanker," imbuhnya.

Saat ini, Indonesia telah melakukan pengembangan teknologi nuklir oleh Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) dengan hasil yang telah terbukti membantu meningkatkan kehidupan rakyat di berbagai bidang. Diantaranya, bidang peternakan, pertanian, pertambangan, dan kedokteran. [adc]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2415829/memahami-manfaat-baik-nuklir-untuk-kehidupan Fri, 03 Nov 2017 21:40:00 +0700 Memahami Manfaat Baik Nuklir untuk Kehidupan Memahami Manfaat Baik Nuklir untuk Kehidupan Memahami Manfaat Baik Nuklir untuk Kehidupan Memahami Manfaat Baik Nuklir untuk Kehidupan
Tentra Pak Kemas Makanan dan Minuman Lebih Aman http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2415705/tentra-pak-kemas-makanan-dan-minuman-lebih-aman INILAHCOM, Jakarta -Pengemasan makanan dan minuman yang baik adalah kunci para konsumen memilih beragam makanan yang sehat. Karena itu, Tentra Pak terus meningkatkan kualitas dengan melakukan inovasi terbaru.

Mengusung tema Your Success, Our Passion pada pameran All Pak 2017, yang diselenggarakan tanggal 1 – 4 November 2017 di JIExpo Kemayoran, Tetra Pak berambisi untuk mendukung pertumbuhan bisnis para pemilik brand di Indonesia dengan menghadirkan rangkaian inovasi dan teknologi terbaru.

“Setiap harinya di belahan dunia, miliaran produk air, susu, jus, dan produk minuman lainnya telah dikonsumsi. Di Tetra Pak, kami telah mengembangkan lini kemasan untuk melindungi nilai nutrisi yang baik dan cita rasa produk di dalamnya. Tetra Pak Indonesia sangat bangga dapat menghadirkan beberapa teknologi kami untuk mengemas dan mendistribusikan produk makanan dan minuman kemasan kepada seluruh konsumen di Indonesia.” ujar Paolo Maggi, Managing Director Tetra Pack Indonesia seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Jumat (03/11/2017).

Tahun ini merupakan pertama kalinya Tetra Pak Indonesia mengikuti pameran All Pack 2017 yang berlokasi di Hall D2, dimana booth Tetra Pak Indonesia dengan bangga menghadirkan Microsoft HoloLens. Teknologi ini mampu menghadirkan kombinasi antara realita dengan dunia virtual sehingga memungkinkan pelanggan untuk mentransformasikan operasi bisnis dan meningkatkan kapabiltas layanan teknisi mereka.

Tidak hanya itu saja, komitmen Tetra Pak Indonesia untuk kesuksesan pelanggannya terlihat dari proses otomatisasi yang dikenal dengan Tetra Pak® Plantmaster – solusi otomatisasi dan informasi yang dirancang khusus untuk mencakup keseluruhan produksi makanan, dari penerimaan bahan baku hingga konsumsi di meja makan.

Terobosan lainnya oleh Tetra Pak Indonesia pada pameran ini adalah menghadirkan kemasan karton inovatif untuk produk air mineral yang sesuai dengan tingginya minat konsumen akan gaya hidup sehat. Selain itu, kemasan ini turut memberikan diferensiasi tampilan produk bagi para produsen air mineral serta memudahkan proses daur ulang kemasan yang tidak terpakai sehingga menjadikannya ramah lingkungan.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2415705/tentra-pak-kemas-makanan-dan-minuman-lebih-aman Fri, 03 Nov 2017 15:00:00 +0700 Tentra Pak Kemas Makanan dan Minuman Lebih Aman Tentra Pak Kemas Makanan dan Minuman Lebih Aman Tentra Pak Kemas Makanan dan Minuman Lebih Aman Tentra Pak Kemas Makanan dan Minuman Lebih Aman
Waspadai Kebiasaan Buruk Jajan Anak di Sekolah http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2415203/waspadai-kebiasaan-buruk-jajan-anak-di-sekolah INILAH.COM, Jakarta-Kebiasaan jajan pada anak-anak rupanya berdampak buruk pada kesehatan dan obesitas. Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 menunjukkan, 1 dari 3 anak usia 5-12 tahun menderita masalah gizi jajan kurang higienis dan sehat.

"Selain itu, fakta menunjukkan bahwa 40 persen anak masih belum membiasakan sarapan, semakin mendorong anak untuk jajan di sekolah. Kondisi tersebut perlu diatasi melalui upaya dari seluruh masyarakat sekolah untuk memperbaiki pola makan termasuk jajan yang sehat, aman, dan bergizi," kata Dr. Ir. Sri Anna Marliyati, MS, Sekretaris Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB dalam keterangan tertulis, Rabu (1/11/2017).

Hal senada diungkapkan oleh Talitha Andini Prameswari, Project Manager Warung Anak Sehat (WAS) Sarihusada. Menurutnya anak-anak di atas usia 5 tahun umumnya sudah memiliki kemampuan membuat keputusan yang bisa memengaruhi keputusan orangtua agar mengikuti apa yang mereka inginkan, seperti kebiasaan memilih jajanan.

"Anak usia lima tahun ke atas bisa melewatkan makanan pokok mereka dan lebih memilih jajan, sehingga makanan mereka tidak lengkap," kata Anna.

Sementara itu, berdasarkan Laporan Aksi Nasional Pangan dan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) tahun 2014, sebanyak 23,82 persen jajanan anak sekolah yang diuji oleh BPOM masih tidak memenuhi syarat akibat cemaran biologi. Inilah pentingnya edukasi gizi yang tepat, tidak hanya pada anak-anak, tapi juga kepada orangtua serta lingkungan sekolah.

Edukasi gizi ini kemudian diwujudkan Sarihusada melalui program Warung Anak Sehat (WAS). Talitha menjelaskan, WAS memiliki tujuan untuk mengurangi angka malnutrisi pada anak-anak usia 5-12 tahun. WAS memberikan akses jajajan sehat kepada anak-anak sekolah dengan cara melatih para ibu membuat jajanan bernutrisi dan aman.

Hingga 2017, WAS sudah menjangkau empat kota di Indonesia yaitu Bogor, Bandung, Yogyakarta, dan Ambon, dengan jumlah 350 ibu WAS. Program ini berfokus pada pemenuhan gizi sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang dan pemberdayaan perempuan melalui usaha mikro.

Selain itu, dengan menggandeng IPB, WAS melakukan edukasi gizi yang menyasar para guru, orangtua, dan penjual jajanan di lingkungan sekolah, khususnya kantin sekolah atau disebut dengan Ibu Warung Anak Sehat. [adc]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2415203/waspadai-kebiasaan-buruk-jajan-anak-di-sekolah Wed, 01 Nov 2017 15:20:00 +0700 Waspadai Kebiasaan Buruk Jajan Anak di Sekolah Waspadai Kebiasaan Buruk Jajan Anak di Sekolah Waspadai Kebiasaan Buruk Jajan Anak di Sekolah Waspadai Kebiasaan Buruk Jajan Anak di Sekolah
Ini yang Terjadi Jika Kekurangan Zat Gizi Mikro http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2415147/ini-yang-terjadi-jika-kekurangan-zat-gizi-mikro INILAHCOM,Jakarta - Kekurangan zat gizi mikro (micronutrient) mempengaruhi metabolisme pada tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan. Lantas apa saja?

Menurut Dirjen Farmasi dan Alat Kesehatan Kemenkes, Maura Linda Sitanggang, micronutrient yang dimaksud adalah vitamin dan mineral. Masalah kesehatan yang timbul jika kekurangan zat gizi tersebut adalah terjadi gangguan jantung dan penyakit lainnya.

"Konsumsi makanan yang lengkap belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan zat gizi mikro. Banyak kasus di mana orang tidak sadar bahwa mereka menderita kekurangan zat gizi mikro," papar  Dirjen Farmasi dan Alat Kesehatan Kemenkes, Maura Linda Sitanggang di acara konfrensi pers Eat Asia Pasific Food Forum, Selasa (31/10/2017).

Karena itu, lanjutnya, ada berbagai intervensi yang bisa dilakukan sesuai dengan status nutrisi dan permasalahan kesehatan. Mulai dari suplementasi, fortifikasi dan biofortifikasi, pendidikan nutrisi, modifikasi/diversifikasi pangan, dan penyediaan pangan.

Intervensi kesehatan masyarakat seperti pengendalian penyakit infeksi, perubahan prilaku menuju kebutuhan kesehatan juga harus dipertimbangkan secara simultan.

Salah satu cara untuk memenuhi zat gizi adalah dengan memasukan makanan yang memiliki kategori makanan tinggi gizi. Bisa dilihat dari makanan lokal yang ada. Misalnya, salah satu makanan khas Jawa adalah gatot.

"Kalau dipelajari, makanan itu adalah jenis prebiotik. Makanan yang kalau dimakan akan menumbuhkan bakteri baik dan tumbuh di tubuh," papar Siswanto Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2415147/ini-yang-terjadi-jika-kekurangan-zat-gizi-mikro Wed, 01 Nov 2017 12:40:00 +0700 Ini yang Terjadi Jika Kekurangan Zat Gizi Mikro Ini yang Terjadi Jika Kekurangan Zat Gizi Mikro Ini yang Terjadi Jika Kekurangan Zat Gizi Mikro Ini yang Terjadi Jika Kekurangan Zat Gizi Mikro
Kesehatan Reproduksi Penting untuk Wanita http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2414653/kesehatan-reproduksi-penting-untuk-wanita INILAHCOM, Jakarta - Para remaja sangat penting bisa mengakses beragam informasi tentang kehidupan berkeluarga. Hal ini agar para remaja tidak salah jalan dan juga mengetahui lebih dalam tentang kesehatan reproduksi.

Keberhasilan tingkatkan kualitas remaja dengan akses informasi, pendidikan, konseling, dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga melalui Program Ketahanan Remaja salah satunya diukur dengan Indeks pegetahuan Remaja tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR).

"Indeks Pengetahuan KRR mengukur pengetahuan tentang: (1) masa subur, (2) umur sebaiknya menikah dan melahirkan, (3) penyakit anemia dan HIV/AIDS, dan (4) narkoba. Harapannya, setelah mengetahui keempat aspek tersebut, remaja tidak melakukan aktivitas seksual sebelum menikah yang menjadi penyebab kehamilan yang tidak diinginkan dan pernikahan di usia yang belum ideal yang akan menambah daftar panjang jumlah kelahiran di kelompok usia remaja," jelas Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Oleh karena itu, keberhasilan program ini juga ditentukan oleh ranah perilaku remaja melalui: (1) usia kawin pertama (UKP) dan (2) kelahiran pada perempuan kelompok usia 15 – 19 tahun.

Sejak tahun 2012, pencapaian Indeks Pengetahuan KRR mengalami tren kenaikan: 50,5 (2012), 46,9 (2013), 48,4 (2014), 49,0 (2015), 51,1 (2016), dan 52,4 (2017). Rata-rata pencapaiannya selalu melebihi 1,5 point dari target yang telah ditetapkan pada Rencana Strategis. Namun di antara keempat pengetahuan tersebut, dua pengetahuan yang menjadi core business BKKBN, yaitu (1) masa subur dan (2) umur sebaiknya menikah dan melahirkan, justru selalu jauh lebih rendah dibanding dua pengetahuan lainnya (anemia dan HIV/AIDS serta narkoba).

Tidak heran jika banyak perilaku berisiko seperti aktivitas pacaran berujung pada hubungan seksual yang mengakibatkan terjadinya kehamilan. Pada survei RPJMN 2017 ini, baik remaja laki-laki maupun perempuan mengaku pertama kali punya pacar di usia 16 tahun. Mereka yang punya pacar kebanyakan mengaku pernah melakukan hubungan seksual dibanding remaja pada umumnya.

Meskipun kelahiran pada perempuan kelompok usia 15 – 19 tahun di dua periode survei berhasil diturunkan melebihi target (33 dari 42 yang ditargetkan pada 2016 dan 38 dari 44 yang ditargetkan pada 2015), namun umur kawin pertama stagnan pada angka 20 tahun pada survei RPJMN dua tahun terakhir.

"BKKBN melalui Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja sebagai salah satu sumber informasi bagi remaja tentang pengetahuan KRR harus terus dikembangkan," ujar Surya.

PIK Remaja tidak hanya dibentuk, namun harus dikelola sehingga fungsi utamanya berjalan dengan baik, yaitu sebagai wadah untuk: (1) berbagi informasi, (2) melakukan aktivitas yang inovatif, (3) melakukan konseling, dan (4) rujukan bagi remaja-remaja yang memerlukan.

Program Ketahanan Remaja menempatkan remaja (usia 10 – 24 tahun dan belum menikah) sebagai sasaran utama, tanpa kecuali. Namun hingga saat ini belum secara khusus menempatkan remaja penyandang disabilitas dalam program dan kegiatan. Padahal perundang-undangan menjamin bahwa penyandang disabilitas memiliki hak memperoleh pendidikan, ketenagakerjaan, kesetaraan dalam pembangunan dan dalam menikmati hasil pembangunan, aksesibilitas, rehabilitasi dan kesejahteraan sosial, serta pengembangan bakat dan kehidupan sosial secara setara, akses informasi, pendidikan, konseling, dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga.

Pada kenyataannya pun semua remaja, tanpa kecuali, sama-sama memiliki risiko dalam hal yang berkaitan dengan kesehatan reproduksinya seperti melakukan dan atau dipaksa melakukan pernikahan dini, seks pra nikah, dan penyalahgunaan napza. Dalam praktik di lapangan, remaja GenRe yang tergabung dalam PIK Remaja sudah melakukan fungsi-fungsinya dengan menyasar remaja penyandang disabilitas.

Pada momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017 ini, sesuai dengan hashtag-nya, yaitu #BeraniBersatu, sudah saatnya remaja-remaja GenRe menggandeng remaja-remaja penyandang disabilitas untuk bersama-sama memperjuangkan hak-haknya, terutama akses terhadap informasi dan layanan kesehatan reproduksi sebagaimana yang di atur dalam undang-undang.

"Pada akhirnya menjadi momentum juga bagi BKKBN untuk memperluas jangkauan sasaran Program Ketahanan Remaja kepada remaja-remaja penyandang disabilitas. Ke depan, semua sumber informasi terkait kesehatan reproduksi remaja, baik wadah PIK Remajanya, materi maupun medianya, dapat diakses dengan baik oleh semua remaja, tanpa kecuali, tambah Surya.

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2414653/kesehatan-reproduksi-penting-untuk-wanita Mon, 30 Oct 2017 15:30:00 +0700 Kesehatan Reproduksi Penting untuk Wanita Kesehatan Reproduksi Penting untuk Wanita Kesehatan Reproduksi Penting untuk Wanita Kesehatan Reproduksi Penting untuk Wanita
Penting, Ketahui Jarak Kehamilan Ideal http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2414650/penting-ketahui-jarak-kehamilan-ideal INILAHCOM, Padang - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty terus mensosialisasikan tentang pentingnya mengetahui jarak kehamilan ideal.

Kali ini dia mengadakan sosialisasi dan advokasi tentang program keluarga berencana ke Pondok Pesantren Ar-Risalah Kota Tangah Padang, baru - baru ini. Dengan kegiatan tersebut, dia berharap program - program BKKBN dapat dipahami para santri dan bisa menekan angka kelahiran bayi di Sumatera Barat.

"Usia paling idela melahirkan secara biologis, sosial, dan ekonomi paling rendah 21 tahun. Jarak kehamilan ideal anak pertama dan kedua minimal 3 sampai 5 tahun," kata Surya.

Kemudian, untuk keamanan kesehatan para wanita, batas maksimal melahirkan adalah pada usia 35 tahun. Hal tersebut dilihat dari kesehatan rahim para wanita karena jika melahirkan diatas 35 tahun, sangat mengkhawatirkan nyawa sang ibu.

"Apabila dirata - rata, setiap 1,5 jam ibu hamil melahirkan. Maka itu, angka harus ditekan, agar tidak terjadi ledakan penduduk di Indonesia," tambahnya.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2414650/penting-ketahui-jarak-kehamilan-ideal Mon, 30 Oct 2017 14:45:00 +0700 Penting, Ketahui Jarak Kehamilan Ideal Penting, Ketahui Jarak Kehamilan Ideal Penting, Ketahui Jarak Kehamilan Ideal Penting, Ketahui Jarak Kehamilan Ideal
Peserta Paperun Charity Fun Run Ini Curi Perhatian http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2413462/peserta-paperun-charity-fun-run-ini-curi-perhatian INILAH.COM, Jakarta-Kegiatan olah raga sambil beramal, Paperun Charity Fun Run berlangsung meriah di kawasan Q-Big BSD City, Tangerang Selatan, Minggu (22/10/2017). Kegiatan ini diikuti peserta dari usia muda sampai tua, pria maupun wanita.

Berdasarkan siaran pers yang diterima redaksi, Selasa (24/10/2017), diantara peserta ada yang mengenakan atribut unik. Ada yang berpakaian bak petugas kebersihan, berumbai potongan koran bekas, sampai dengan berdandan ala burung merak, lengkap dengan hiasan bulu-bulunya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kompas dan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas ini diikuti sekitar 1200 peserta dengan jarak tempuh lari sepanjang 5 kilometer. Tidak hanya mengajak peserta mengolah raga dengan berlari, Paperun juga mengusung misi sosial, yakni membangkitkan minat baca dan tulis atau literasi. Sebuah studi yang dilakukan oleh menguak bahwa Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 61 negara yang disurvei tingkat literasinya. Sebuah kabar yang tidak menggembirakan memang.

Peserta dipungut sejumlah biaya, yang hasilnya dikumpulkan untuk mendorong kegiatan literasi melalui pembelian buku bacaan yang akan disalurkan melalui Rumah Baca di berbagai daerah yang masih membutuhkan bahan bacaan. Selain itu, para peserta juga dipersilahkan untuk membawa buku, baik baru maupun bekas untuk disumbangkan.

Salah satu peserta berpenampilan ganjil untuk mengikuti lomba lari itu bernama Arnendra. Sosok belia berusia 18 tahun itu mengaku mengetahui event Paperun dari media sosial. Salah satu bagian dari rangkaian perhelatan Paperun adalah pemilihan Best Costume. Untuk itulah, Arnendra mengaku rela berhari-hari memotong koran bekas berbentuk persegi panjang menjuntai, untuk kemudian disematkan di sekujur tubuhnya. Ia menyebut dirinya dengan Paper Man.

"Kapan lagi bisa ikut lomba lari sambil berpenampilan nyeleneh seperti ini...," katanya yang juga mengapresiasi Paperun karena peduli akan isu literasi.

Lain halnya dengan Desy (48 tahun). Ia tampil dengan karakter Sailor Moon mengenakan atribut warna-warni terang berbahan kertas minyak. Perempuan yang berprofesi sebagai wirausahawan di bidang kuliber itu dengan antusias bercerita persiapannya menyusun busana kebanggannya itu.

"Suami saya ikut bantu-bantu juga lho," ucapnya antusias.

"Saya salut dengan inisiatif pihak penyelenggara yang mengingatkan pentingnya menumbuhkan minat baca dan tulis," tambahnya.

Selain itu para peserta dapat mengunjungi berbagai stand beraneka rupa. Diantaranya, Paper Art, di mana hiasan origami warna-warni bergelantungan bersanding dengan sebuah lorong yang terbuat dari koran bekas. Kemudian Wishing Wall, satu dinding khusus berbentuk hati yang disediakan untuk menempel kertas.

Para pesera diminta untuk menuangkan ide di atas secarik kertas tersebut, apapun yang ada di benak mereka terkait pengembangan literasi. Peserta dapat mengunggah hasil kreasi ide mereka ke Instagram, untuk kemudian dilombakan. [adc]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2413462/peserta-paperun-charity-fun-run-ini-curi-perhatian Tue, 24 Oct 2017 23:02:00 +0700 Peserta Paperun Charity Fun Run Ini Curi Perhatian Peserta Paperun Charity Fun Run Ini Curi Perhatian Peserta Paperun Charity Fun Run Ini Curi Perhatian Peserta Paperun Charity Fun Run Ini Curi Perhatian
Mulai Gaya Hidup Sehat dengan Sayur-Buah Organik http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2413206/mulai-gaya-hidup-sehat-dengan-sayur-buah-organik INILAH.COM, Jakarta-Kementerian Pertanian (Kementan) RI menyelenggarakan program Farm To Table untuk memasarkan buah dan sayuran lokal organik. Program ini untuk mendukung gaya hidup sehat bagi masyarakat.

Dalam menyelenggarakan program tersebut, Kementan menggandeng pusat perbelanjaan AEON Mall agar memudahkan masyarakat dalam mencari buah dan sayur lokal segar organik. Melalui program ini diharapkan masyarakat secara perlahan mulai beralih pada hidup sehat yang diawali dengan sayur dan buah organik dan berkualitas.

"Kita ingin masyarakat menjadi berkualitas dengan asupan gizi yang juga berkualitas. Maka, penting menjaga konsumsi makanan bergizi tinggi melalui produk pertanian yang berkualitas terutama yang organik," kata Kasubdit Pascapanen Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Aminudin Azis kepada wartawan di AEON Mall Farm To Table di BSD City, Tangerang Selatan, Senin (23/10/2017).

Farm To Table menyajikan sekitar 30 hingga 40 jenis buah dan sayur organik. Semua produk tersebut merupakan hasil para petani lokal. Gerai ini juga menyediakan buah langka sebanyak 12 item yang berasal dari Indonesia, seperti alkesa, gohok, matoa, abiu, duren pelangi, buah tin, buah namnam dan sebagainya.

"Jumlah ragamnya banyak dan yang pasti produk dari petani lokal. Harganya mulai dari Rp15 ribu per kilogram karena kita menjual dengan harga petani, bukan pedagang," paparnya.

Dalam menyelenggarakan program ini, Kementan menggandeng 22 petani lokal yang tergabung dalam Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA) dan Asosiasi Pasar Tani (ASPARTAN). Mereka berasal dari Jabodetabek serta daerah lain di Indonesia seperti Sukabumi, Cianjur, Yogya, Lembang dan sebagainya yang turut menjadi pemasok Farm To Table.

"Kami mengundang lebih dari 20 petani untuk berpartisipasi sebagai bentuk pada masyarakat bahwa produk unggulan lokal juga berkualitas dan tidak kalah dari produk impor," kata Direktur PT. AMSL Indonesia, Alphonzus Widjaja dalam kesempatan itu. [adc]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2413206/mulai-gaya-hidup-sehat-dengan-sayur-buah-organik Tue, 24 Oct 2017 01:10:00 +0700 Mulai Gaya Hidup Sehat dengan Sayur-Buah Organik Mulai Gaya Hidup Sehat dengan Sayur-Buah Organik Mulai Gaya Hidup Sehat dengan Sayur-Buah Organik Mulai Gaya Hidup Sehat dengan Sayur-Buah Organik
Perhatikan, Ini Tanda Anak Berkembang http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2412999/perhatikan-ini-tanda-anak-berkembang INILAHCOM, Jakarta - Kenapa penting harus menjaga anak sehat di 1000 hari pertama kehidupan? Karena, ini dapat mempengaruh tumbuh kembang anak.

Dr Trully Kusumawardhani, SpA dari RS Hermina Kemayoran Klinik Terapi RHE menjelaskan, menurut penelitian, saat di dalam kandungan hingga usia tiga tahun, otak anak dapat tumbuh dengan cepat.

"Masih di dalam kandungan itu berat otak ada 100 gram, lahir 400 gram, 18 bulan 800 gram, usia 3 tahun sekitar 1100 gram. Untuk orang dewasa adalah 1300 - 1400. Saat lima tahun itu sudah 90 persen berkembang dengan baik otaknya. Kemudian, 10 persen otak berkembang setelah usia lima tahun," papar Dr Trully Kusumawardhani, SpA saat ditemui di acara Forum Ngobras, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Masih menurutnya, perkembangan otak anak adalah dari awal sensori awal saat di dalam kandungan hingga lima tahun. Periode kritis perkembangan otak terjadi di usia dini terutama di 1000 hari pertama. Hal ini merupakan penentu kualitas tumbuh kembang anak jangka panjang.

"Orangtua harus memperhatikan dengan baik tumbuh kembang anak. Tandanya adalah, misalnya saat bayi lahir berat badan 3 kg, dalam setahun paling tidak harus bertambah berat badan paling tidak tiga kali dari berat badan. Kemudian, panjang anak 50 cm, paling tidak bertambah sekitar 25 cm dalam usia 1 tahun," tambahnya.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2412999/perhatikan-ini-tanda-anak-berkembang Mon, 23 Oct 2017 12:30:00 +0700 Perhatikan, Ini Tanda Anak Berkembang Perhatikan, Ini Tanda Anak Berkembang Perhatikan, Ini Tanda Anak Berkembang Perhatikan, Ini Tanda Anak Berkembang
Yuk Makin Rajin Konsumsi Sayur Segar http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2412981/yuk-makin-rajin-konsumsi-sayur-segar INILAHCOM, Jakarta - Menjalankan gaya hidup sehat saat ini tidak sulit. Karena banyak sekali akses untuk mendapatkan makanan sehat dan bernilai gizi tinggi.

Salah satu makanan yang dibutuhkan oleh manusia adalah sayur - sayuran. tidak jarang, saat ini banyak orang yang menjalankan gaya hidup sehat dengan hanya mengkonsumsi sayur - sayuran.

Mencari sayur yang sehat dan segar memang tidak mudah. Namun, ternyata saat ini semakin banyak wadah yang menyediakan aneka sayur yang segar langsung dari petaninya. Melalui aplikasi regopantes, dapat menghubungkan konsumen pecinta sayur ke petani langsung untuk membeli hasil pertanian yang segar dan terpercaya. Aneka sayuran yang dapat Anda pesan adalah kentang, kol, lobak, terong, cabai, hingga beras dan masih banyak lagi.

"Setiap petani akan menawarkan sayuran sesuai dengan jadwal panen. Sayuran yang dapat dibeli adalah yang terdapat di website sesuai dengan gambar dan jadwal panen yang ada," papar Wim Prihanto Founder RegoPantes, di Jakarta, Senin (23/10/2017).

Sekitar 850 terdapat petani yang sudah mengakses RegoPantes. Kemudian, terdapat 350 petani percontohan yang terdapat di Magelang dan ikut serta menyalurkan hasil panennya ke dalam website regopantes.

Dengan begitu, para pecinta sayur dan aneka kebutuhan pokok lainnya dapat mengakses dengan mudah untuk mendapatkan bahan pangan yang  segar dan sehat. Hal ini tidak hanya membuat Anda lebih hemat karena membeli dari petaninya langsung tetapi juga dapat membuat Anda lebih mudah untuk menjalankan gaya hidup sehat dengan sering mengkonsumsi sayur - sayuran setiap hari.

"Untuk kualitas, setiap petani menjaga semua hasil panen yang berkualitas. Karena yang dijual adalah sayuran organik dan non organik yang benar - benar memiliki kualitas yang terjamin dan baik," tambahnya.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2412981/yuk-makin-rajin-konsumsi-sayur-segar Mon, 23 Oct 2017 11:00:00 +0700 Yuk Makin Rajin Konsumsi Sayur Segar Yuk Makin Rajin Konsumsi Sayur Segar Yuk Makin Rajin Konsumsi Sayur Segar Yuk Makin Rajin Konsumsi Sayur Segar
Paperun, Charity Fun Run 5K Berlari Sambil Beramal http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2412915/paperun-charity-fun-run-5k-berlari-sambil-beramal INILAH.COM, Jakarta-Kegiatan olah raga lari bertajuk Paperun, Charity Fun Run 5K digelar di QBIG, BSD City, Tangerang Selatan. Acara ini bertujuan untuk membantu meningkatkan minat baca dan tulis di Indonesia.

Melalui acara tersebut, Harian Kompas dan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas selaku pihak penyelenggara ingin mengajak peserta mendonasikan buku-buku favorit mereka untuk disalurkan ke daerah yang membutuhkan.

"Melalui kegiatan ini, kita harapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan minat baca dan tulis di masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang tingkat literasinya masih rendah," kata Managing Director Sinar Mas, G. Sulistyanto melalui keterangan tertulisnya, Minggu (22/10/2017).

Olah raga amal ini diikuti sekitar 1200-an peserta yang tercatat dalam pedaftaran. Para peserta diajak berlari sejauh 5 kilometer. Meskipun jarak tempuh lari tidak terlalu jauh, namun para peserta mendapatkan beberapa kejutan di sepanjang rute lari, seperti rintangan-ritangan seru yang harus dilewati peserta untuk menuju garis finish.

Salah satu peserta, Aulia (33 tahun) menilai event Paperun ini unik, karena menggabungkan unsur charity untuk meningkatkan kesadaran literasi.

"Kita semua tahu, minat baca buku kita masih kurang, bahkan di kalangan terdidik sekalipun. Untuk itu saya kira acara semacam ini sangat penting. Unsur fun-nya ada, charity-nya juga dapat," ujarnya.

"Kegiatan ini sangat mendidik, terutama buat generasi muda agar mereka makin cerdas dan maju," kata Nuni (41 tahun), peserta lain yang turut dalam Paperun.

Aulia maupun Nuni merupakan peserta dengan tampilan busana yang mencuri perhatian. Aulia mengenakan pakaian Petugas Kebersihan, lengkap dengan caping dan kantong plastik besar. Sementara Nuni berhasil tampil mencolok dengan kostum burung merak, sebagian tersusun dari koran bekas, lengkap dengan hiasan bulu.

Melengkapi rangkaian Paperun, diadakan juga Instagram Photo Contest, salah satunya melalui stand Wishing Wall, di mana peserta diminta menuangkan idenya terkait pengembangan literasi pada secarik kertas yang ditempel di tempel di dinding khusus, serta penghargaan untuk Best Costume di penghujung acara.

Seluruh biaya pendaftaran peserta Paperun akan didonasikan untuk pengembangan literasi melalui pembelian buku bacaan yang akan disalurkan ke Rumah Baca di berbagai daerah yang masih membutuhkan bahan bacaan, total donasi terkumpul sejumlah lebih dari 120 juta rupiah. Peserta juga dapat menyumbangkan buku, baik baru ataupun bekas di acara ini. [adc]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2412915/paperun-charity-fun-run-5k-berlari-sambil-beramal Sun, 22 Oct 2017 22:15:00 +0700 Paperun, Charity Fun Run 5K Berlari Sambil Beramal Paperun, Charity Fun Run 5K Berlari Sambil Beramal Paperun, Charity Fun Run 5K Berlari Sambil Beramal Paperun, Charity Fun Run 5K Berlari Sambil Beramal
Pentingnya Menjaga Diri Saat di Jalan Raya http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2412771/pentingnya-menjaga-diri-saat-di-jalan-raya INILAHCOM, Jakarta - Kesehatan adalah segala dalam hidup. Karena itu, kesehatan sangat berharga.

Kesehatan sangat erat kaitannya dengan keamanan dan kenyamanan. Setiap orang tentunya berhak mendapatkan rasa nyaman dan aman. Terlebih ketika berada di jalanan. Saat ini, semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya di jalan raya untuk mencari uang.

Untuk mempersingkat waktu dan menghindari kemacetan, saat ini banyak sekali para pengguna motor. Pengendara motor sangat rentan dengan kecelakaan. Karena itu, agar memiliki rasa aman dan nyaman saat melakukan aktivitas di luar rumah, para pengendara motor bisa memilih perlindungan diri dengan menggunakan asuransi.

Perkembangan kendaraan bermotor itu tidak sebanding dengan infrastruktur yang ada. Tidak jarang, kecelakaan masih mewarnai lalu lintas jalan di Indonesia. Dampak kecelakaan di tanah air masih memilukan yaitu merenggut tiga jiwa setiap jam.  

Menurut Data Korlantas Mabes Polri tahun 2016, menunjukkan bahwa rata - rata 372 kecelakaan per hari. Hal ini melonjak 23 persen dibandingkan 2015 yang mencapai 303 kecelakaan setiap hari. Sekitar 71 persen kendaraan yang terlibat adalah sepeda motor.

Melihat kondisi tersebut, kesehatan dan keselamatan setiap jiwa sangat penting. Untuk menjaga dan melindungi diri para pengendara motor, maka asuranai JAGADIRI mempersembahkan Jaga Motorku (JM). Khusus asuransi ini, memberikan fasilitas asuransi dua perlindungan yaitu personal accident terhadap jiwa dan perlindungan bagi pengendara sepeda motor.

"Kami berkolaborasi dengan Allianz Utama    Indonesia merancang perlindungan untuk kendaraan dan pengemudi," kata CEO PT. Central Asia Financial, Reginald J. Hamdani, di Jakarta Selatan, baru - baru ini.

Menurut AKBP Budianto menjelaskan, faktor - faktor penyebab kecelakaan lalu lintas sangat banyak. Faktor manusia, faktor kendaraan, faktor jalan beserta sarana dan prasarana, dan faktor lingkungan. Karena itu lanjutnya, sebelum melakukan perjalanan para pengendara motor harus memeriksa kendaraan terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas.

Selain itu terdapat permasalahan pokok lalu lintas lainnya. Pertama kemacetan, pelanggaran, dan terakhir disiplin. Terlihat disiplin masyarakat sangat minim saat ini. Karena itu, sangat penting setiap orang memiliki kesadaran dalam berlalu lintas.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2412771/pentingnya-menjaga-diri-saat-di-jalan-raya Sat, 21 Oct 2017 22:00:00 +0700 Pentingnya Menjaga Diri Saat di Jalan Raya Pentingnya Menjaga Diri Saat di Jalan Raya Pentingnya Menjaga Diri Saat di Jalan Raya Pentingnya Menjaga Diri Saat di Jalan Raya