Inilah.com - Sehat http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Sun, 28 May 2017 09:48:35 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/sehat http://www.inilah.com/ Inilah.com - Sehat http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Siswa SMA Buat Kursi Roda Listrik untuk Diabilitas http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380797/siswa-sma-buat-kursi-roda-listrik-untuk-diabilitas INILAHCOM, Jakarta - Lima orang siswa siswi yang duduk di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Sidoardjo, berhasil membuat inovasi kursi roda. Penasaran seperti apa?

Lima siswa siswi tersebut adalah Fariz, Iman Adityaresa, Rizky kurniawan, dan Tasya Tamara Putri. Kursi roda ini bukan hanya menjadi alat untuk membantu orang yang sedang sakit. Tetapi fungsinya lebih dari itu. Menurut Tasya, yang duduk di bangku SMA kelas 2, menjelaskan, kursi roda listrik yang dia buat bersama teman - temannya tersebut dikhususkan untuk membantu para penyandang disabilitas.

"Inovasi kami bernama Postwec: Power Stand Up Electric Wheelchair," kata Tasya saat ditemui di acara INDOHCF Inovation Awards 1 - 2017, Hotel Raffles, Jakarta, Selasa (23/05/2017).

Masih menurut Tasya, pada kursi roda tersebut memiliki fitur khusus untuk pengguna dapat lebih mudah berdiri secara otomatis. Hal tersebut bisa dibantu dan diaktifkan dengan mengguna joystick.

"Fitur dari kursi roda itu bisa memiliki kemampuan untuk memudahkan penggunanya berdiri. Ini dikontrol menggunakan joystick dan sangat mudah digunakan," tambahnya.

Latar belakang lahirnya inovasi itu adalah ketika para anak SMA tersebut melihat kerabat dekat yang mengalami disabilitas dan sulit untuk berdiri. Melihat hal tersebut, hati anak SMA itu terenyuh dan ingin membuat sesuatu hal yang berguna tidak hanya untuk kerabat tetapi juga para penyandang disabilitas lainnya.

"Saya melihat kerabat teman sulit untuk menjangkau tempat tinggi dan kami terenyuh untuk membantu dia. Ada pemikiran lain untuk membantu penyandang disabilitas lainnya," ujarnya.



Permasalahan yang sering terjadi pada penyandang disabilitas adalah mereka sulit berpindah tempat, sulit menjangkau tempat yang tinggi dan sulit bertemu orang lain. Karena itu, tim anak SMA tersebut ingin mensosialisasikan hal ini untuk bisa membantu pada penyandang disabilitas.

"Untuk membuat kursi roda ini ,membutuhkan riset selama satu tahun. Ini ada ekstrakulekuler di sekolah namanya rekayasa teknologi (rekto smamda) SMA Muhammadyah 2 sidoarjo yang bisa mendukung kegiatan inovasi tersebut," katanya.

Agar para penyandang disabilitas memiliki keamanan yang terjamin, kursi roda tersebut dilengkapi dengan belt agar mudah mengimbangi beban tubuh saat berdiri di atas kursi roda.

"Kami menggunakan 135 derajat tapi ini sangat menjangkau tempat tinggi. Jadi menurut kami ini cukup membantu para disablitas untuk menjangkau tempat yang tinggi ketika dari duduk kemudian berdiri sekitar 135 derajat," ungkapnya.  

Tidak hanya itu, pada awal pembuatan kursi roda tersebut, Tasya mengungkapkan ingin mengaktifkan lewat sebuah aplikasi yang dapat di download pada smartphone. Namun, mengingat penyanjang disabilitas tidak lagi pada usia muda, niat tersebut ditiadakan.

"Kami awalnya ingin menggunakan aplikasi. Namun ternyata banyak lansia (lanjut usia). Jadi kami lebih memiliki joystick seperti stick PS yang portable jadi bisa digunakan dengan mudah," tambahnya.  

Selain itu, kursi roda tersebut dilengkapi dengan obstacle detection. Ini adalah sensor utrasonik pendeteksi jarak. Jadi, ketika ada orang di belakang atau barang di belakang kursi roda bisa terdeteksi agar tidak tertabrak. Jaraknya bisa diukur, Kurang lebih 30 cm.  

Untuk memudahkan memakai kursi roda yang dibandrol harganya sekitar Rp. 10 juta tersebut, terdapat pula baterai yang menggunakan tenaga aki. Kemudian, dilengkapi dengan portable charge.   

"Kita bisa menggunakan kursi roda ini selama 60 menit. Bisa di charge disitu. Ada disediakan seperti power bank. Kalau untuk kecepatan jalan, maksimal 10 km / jam," ujarnya.

Untuk menghasilkan inovasi tersebut dibutuhkan waktu yang panjang hingga akhir sempurna, selama kurang lebih 3 bulan. Selama itu, biaya riset dan pembuatan kursi roda mencapai hampir Rp. 15 juta. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380797/siswa-sma-buat-kursi-roda-listrik-untuk-diabilitas Wed, 24 May 2017 09:00:00 +0700 Siswa SMA Buat Kursi Roda Listrik untuk Diabilitas Siswa SMA Buat Kursi Roda Listrik untuk Diabilitas Siswa SMA Buat Kursi Roda Listrik untuk Diabilitas Siswa SMA Buat Kursi Roda Listrik untuk Diabilitas
10 Rahasia Tetap Sehat di Usia Lanjut http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380574/10-rahasia-tetap-sehat-di-usia-lanjut INILAHCOM, Jakarta - Ada banyak cara  yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh ketika memasuki usia lanjut. Apa saja rahasianya?

Menurut dr. Boenjamin Setiawan, pendiri Kalbe, saat ditemui di acara Kalbe memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Jakarta, Senin (22/05/2017) ada 10 rahasia sukses saat menjalani kehidupan di usia lanjut (lansia). Berikut adalah 10 kiat sukses yang bisa dilakukan untuk tetap produktif, efektif, dan aktif di usia senja.

1. Banyak makan buah dan sayur

"Ini penting sekali. Karena di usia senja, para orangtua kerap mengalami masalah sulit buang air besar. Ini sangat penting untuk melancarkan pencernaan," ujar dr. Boenjamin Setiawan.

2. Bekerja

"Jangan berhenti bekerjanya. Untuk bapak - bapak dan ibu- ibu harus tetap aktif bergerak, kerjakan apa saja yang bisa dilakukan," tambah Boenjamin.

3. Belajar

"Duduk di depan komputer belajar. Pergunakanlah komputer untuk mencari informasi," ujarnya.

4. Berolahraga

"Paling sedikit 30 menit. Jalan kaki di pagi hari sangat penting untuk tubuh. Tidak usah olahraga yang berat, cukup dengan jalan kaki paling tidak 30 menit," paparnya.

5. Beristirahat cukup

"Istirahat cukup sangat penting untuk membuat tubuh fit dan sehat. Setidaknya, dalam sehari, Anda dapat beristirahat sekitar 8 jam," ungkapnya.

6. Bersyukur

"Setiap hari harus bersyukur. Karena masih bisa diberikan kesempatan yang baik untuk hidup dan menikmati hidup di usia lanjut," katanya.

7. Beribadah

"Beribadah adalah hal yang paling utama dilakukan. Jangan pernah melewatkan ibadah," paparnya

8. Berbagi

"Berbagi itu penting. selain dana, ide - ide juga dapat Anda bagi ke orang lain, misalnya dengan melakukan kegiatan sosial, atau di lingkungan sekitar rumah," ujarnya.

9. Bergembira

"Jangan merasa sedih. Teruslah bergembira, agar hidup lebih berwarna," katanya.

10. Bersosialisasi

"Ini sangat penting, karena dengan bersosialisasi Anda dapat mengenal orang lain dan memiliki wawasan yang lebih luas," tambahnya. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380574/10-rahasia-tetap-sehat-di-usia-lanjut Tue, 23 May 2017 13:00:00 +0700 10 Rahasia Tetap Sehat di Usia Lanjut 10 Rahasia Tetap Sehat di Usia Lanjut 10 Rahasia Tetap Sehat di Usia Lanjut 10 Rahasia Tetap Sehat di Usia Lanjut
Usia Wanita Lebih Panjang 5 Tahun Dibanding Pria? http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380526/usia-wanita-lebih-panjang-5-tahun-dibanding-pria INILAHCOM, Jakarta - Menurut dr. Boenjamin Setiawan, pendiri Kalbe, terdapat sebuah fakta bahwa para wanita ternyata usianya lebih panjang dari pada usia pria. Para wanita bisa lebih panjang 5 - 10 tahun dari usia pria.

Masih menurut Boenjamin, hingga saat ini dia belum mengetahui secara pasti apa penyebab yang bisa membuat usia para wanita lebih panjang dari pada pria. Yang jelas, menurutnya, para wanita itu sangat istimewa dalam menjalani hidup rumah tangga.

"Para ibu - ibu yang istimewa itu karena mereka dapat mengerjakan apapun lebih dari satu pekerjaan. Bisa mengerjakan 5 - 6 pekerjaan sekaligus. Antar anak sekolah, masak, bersihin rumah, mengurus suami, dll. Kalau bapak - bapak itu hanya mengerjakan satu pekerjaan saja," papar dr. Boenjamin Setiawan, pendiri Kalbe saat ditemui di acara Kalbe memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Jakarta, Senin (22/05/2017).

Hingga saat ini, usia harapan hidup di Indonesia masih mencapai lebih dari 60 tahun. Indonesia saat ini masuk ke dalam negara berstruktur penduduk tua karena memiliki proporsi lanjut usia (Lansia) 60 tahun ke atas, yang besarnya di atas tujuh persen.

Hal tersebut dapat ditunjukkan dari data Susenas tahun 2015, bahwa jumlah Lansia sebanyak 21,5 juta jiwa atau sekitar 8,43 persen dari seluruh penduduk Indonesia pada tahun 2015. Dari data penduduk tersebut menunjukkan bahwa populasi Lansia cenderung meningkat setiap tahunnya. Sehingga, hal tersebut akan diikuti pula dengan meningkatnya masalah lansia. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380526/usia-wanita-lebih-panjang-5-tahun-dibanding-pria Tue, 23 May 2017 11:00:00 +0700 Usia Wanita Lebih Panjang 5 Tahun Dibanding Pria? Usia Wanita Lebih Panjang 5 Tahun Dibanding Pria? Usia Wanita Lebih Panjang 5 Tahun Dibanding Pria? Usia Wanita Lebih Panjang 5 Tahun Dibanding Pria?
Lansia Harus Perhatikan Asupan Nutrisi http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380525/lansia-harus-perhatikan-asupan-nutrisi INILAHCOM, Jakarta - Para lanjut usia (Lansia) tetap harus memperhatikan nutrisi yang baik dan seimbang agar tetap aktif meski tidak lagi berada di usia produktif.

Menurut Prof.Dr.dr. Siti Setiati, SpPD - KGer, M.Epid, FINASIM (Ketua Umum Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia - PERGEMI), terkait nutrisi untuk Lansia, memang sangat berbeda dengan yang dibutuhkan oleh orang yang usianya di bawah 50 tahun. Untuk para orangtua atau sesepuh, protein sangat memegang peranan penting dalam tubuh.

"Konsumsi protein yang cukup adalah salah satu cara mencegah berkurangnya massa otot. Protein dari ikan. Sesuai dengan pesan Menteri Perikanan dan Kelautan ibu Susi Pudjiastuti, harus banyak makan ikan," papar Prof.Dr.dr. Siti Setiati, SpPD - KGer, M.Epid, FINASIM (Ketua Umum Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia - PERGEMI) saat ditemui di acara Kalbe memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Jakarta, Senin (22/05/2017).

Masih menurutnya, beberapa vitamin seperti kalsium, vitamin B, dan kemudian komponen mikronutrien yang lain, harus tersedia di dalam kandungan makanan pada Lansia. Kandungan tersebut bisa didapatkan dari beberapa makanan selain ikan.

"Bisa juga konsumsi putih telur, sekali - sekali kuning telur. Tahu dan tempe juga boleh. Kalau daging masih boleh tapi ini tidak boleh terlalu banyak. Ayam boleh. Ini harus lebih banyak dari pada karbohidrat dan lemaknya," tambahnya. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380525/lansia-harus-perhatikan-asupan-nutrisi Tue, 23 May 2017 09:30:00 +0700 Lansia Harus Perhatikan Asupan Nutrisi Lansia Harus Perhatikan Asupan Nutrisi Lansia Harus Perhatikan Asupan Nutrisi Lansia Harus Perhatikan Asupan Nutrisi
Masalah Kesepian Paling Banyak Dialami Lansia http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380524/masalah-kesepian-paling-banyak-dialami-lansia INILAHCOM, Jakarta - Masalah kesepian hampir banyak dialami Lansia (lanjut usia). Mengapa?

Menurut Prof.Dr.dr. Siti Setiati, SpPD - KGer, M.Epid, FINASIM (Ketua Umum Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia - PERGEMI), masalah kesepian menjadi salah satu penyebab yang kerap dirasakan oleh para lansia. Misalnya, para lansia hanya tinggal bersama suami atau istri saja dalam satu rumah atau apartment. Situasi seperti itu kerap terjadi di kota - kota besar.

"Hampir sama ini situasi yang terjadi di Jakarta. Lansia tinggal di apartement berdua suami dan istri, tetapi anak - anak sibuk sendiri dengan pekerjaan masing - masing," papar Prof.Dr.dr. Siti Setiati, SpPD - KGer, M.Epid, FINASIM (Ketua Umum Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia - PERGEMI) saat ditemui di acara Kalbe memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Jakarta, Senin (22/05/2017).

Masih menurutnya, pihaknya pernah melakukan penelitian yang sangat bervariasi. Salah satunya adalah dengan mengukur tingkat kesehatan yang dialami para Lansia.

"Ada yang sangat sehat dan ada yang sangat sakit. Yang betul - betul sehat tanpa penyakit ada sekitar 20 persen, yang sakit itu 60 persen, yang betul - betul sakit itu 20 persen," tambahnya.

Pada acara talk show yang dihadari sekitar 500 orang senior Lansia tersebut, Kalbe mewujudkan komitmennya terhadap kesehatan masyarakat dengan memberikan pelayanan dan edukasi kesehatan. Salah satunya adalah kesehatan lansia.

"Melalui kegiatan edukasi untuk lansia ini, Kalbe terus berupaya memberikan semangat kepada mereka agar tetap aktif dan produktif di usia senja agar tetap bisa berkarya dan bermanfaat bagi lingkungan masyarakat," kata Ridwan Ong, Direktur Marketing Farma PT. Kalbe Farma Tbk. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380524/masalah-kesepian-paling-banyak-dialami-lansia Tue, 23 May 2017 08:30:00 +0700 Masalah Kesepian Paling Banyak Dialami Lansia Masalah Kesepian Paling Banyak Dialami Lansia Masalah Kesepian Paling Banyak Dialami Lansia Masalah Kesepian Paling Banyak Dialami Lansia
Penting Atur Pola Hidup Sehat Bagi Penderita GERD http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380286/penting-atur-pola-hidup-sehat-bagi-penderita-gerd INILAHCOM, Jakarta - Menjalankan pola hidup sehat sangat penting bagi setiap orang. Termasuk orang yang sedang mengalami GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dengan subspesialis gastroenterologi dan hepatologi Digestive Clinic Siloam Hospital Kebon Jeruk (SHKJ), dr. Hardianto, untuk tahap awal pengobatan yang penting bagi para penderita GERD adalah dengan mengatur pola hidup sehat yang baik dan benar. Mulai dari konsumsi makanan, hingga hal - hal lain agar gangguan asam lambung tersebut tidak muncul tiba - tiba.

"Misalnya makan tidak boleh terlalu berlebihan, kemudian tidak berbaring setelah makan minimal 3 jam, selanjutnya konsumsi makanan yang rendah lemak, tidak asin dan terlalu pedas," papar dr. Hardianto di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, baru - baru ini.

Dia menambahkan, jika cara tersebut belum berhasil, lebih baik para penderita GERD konsumsi obat - obatan yang dianjurkan oleh dokter. Hal ini untuk menjaga diri dan mengatasi gejala - gejala yang timbul mendadak dirasakan oleh para pasien GERD.

Perlu diketahui, GERD adalah sebuah gangguan pencernaan akibat asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan. Ini akan menyebabkan seseorang merasakan nyeri di dada dan kebanyakan orang mengira bahwa ini adalah serangan jantung.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380286/penting-atur-pola-hidup-sehat-bagi-penderita-gerd Mon, 22 May 2017 12:30:00 +0700 Penting Atur Pola Hidup Sehat Bagi Penderita GERD Penting Atur Pola Hidup Sehat Bagi Penderita GERD Penting Atur Pola Hidup Sehat Bagi Penderita GERD Penting Atur Pola Hidup Sehat Bagi Penderita GERD
GERD Bisa Terjadi Pada Ibu Hamil http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380285/gerd-bisa-terjadi-pada-ibu-hamil INILAHCOM, Jakarta - Ada banyak faktor yang menyebabkan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Salah satunya adalah terjadi pada ibu hamil.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dengan subspesialis gastroenterologi dan hepatologi Digestive Clinic Siloam Hospital Kebon Jeruk (SHKJ), dr. Hardianto, menjelaskan GERD bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti tekanan pada perut ibu hamil yang bertambah seiring pertumbuhan janin. Hal ini akan menyebabkan arus balik isi lambung ke kerongkongan.

"Kemudian, merokok juga dapat memicu kerusakan selaput lendir, meningkatkan sekresi asam, melemahkan LES, dan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung cokelat, bawang merah, bawang putih, teh, kopi, tomat, alkohol, cabai, dan berlebihan dalam konsumsi soda," papar dr. Haridanto di Rumah Sakit Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, baru - baru ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan, GERD adalah sebuah gangguan pencernaan akibat asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan. Ini akan menyebabkan seseorang merasakan nyeri di dada dan kebanyakan orang mengira bahwa ini adalah serangan jantung.

Masih menurutnya, penyebab terjadinya GERD juga bisa jadi adanya stres yang terlalu berlebihan. Kemudian, disebabkan jugga oleh konsumsi obat anti darah tinggi, orang yang terkena diabetes, dan konsumsi obat anti diare.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380285/gerd-bisa-terjadi-pada-ibu-hamil Mon, 22 May 2017 10:30:00 +0700 GERD Bisa Terjadi Pada Ibu Hamil GERD Bisa Terjadi Pada Ibu Hamil GERD Bisa Terjadi Pada Ibu Hamil GERD Bisa Terjadi Pada Ibu Hamil
Ketahui Lebih Dalam Tentang Gejala GERD http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380283/ketahui-lebih-dalam-tentang-gejala-gerd INILAHCOM, Jakarta - GERD adalah gangguan pencernaan akibat asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan. Ini menyebabkan seseorang merasakan nyeri di dada dan kebanyakan orang mengira bahwa ini adalah serangan jantung.

Menurut  dokter spesialis penyakit dalam dengan subspesialis gastroenterologi dan hepatologi Digestive Clinic Siloam Hospital Kebon Jeruk (SHKJ), dr. Hardianto, ada beberapa gejala yang dapat Anda ketahui lebih dalam mengenai penyakit GERD. Salah satunya adalah rasa terbakar pada dada dan kadang menuju kerongkongan disertai dengan naiknya rasa asam ke mulut.

"Kemudian merasakan nyeri dada mendadak, kesulitan menelan, sakit di tenggorokan, suara serak, sering bersendawa, karang gigi belakang, sinusitis berulang, dan kembung pada lambung," papar dr. Hardianto di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurutnya, ketika para pasien mengalami GERD dan kambung secara mendadak, dihimbau agar tidak panik. Karena, hal ini bisa diatasi dengan baik dan benar. Yang terpenting adalah para pasien GERD memeriksa keadaannya dan memiliki diagnosa yang benar dari hasil pemeriksaan dokter. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380283/ketahui-lebih-dalam-tentang-gejala-gerd Mon, 22 May 2017 09:30:00 +0700 Ketahui Lebih Dalam Tentang Gejala GERD Ketahui Lebih Dalam Tentang Gejala GERD Ketahui Lebih Dalam Tentang Gejala GERD Ketahui Lebih Dalam Tentang Gejala GERD
Kunyit dan Nanas Bahan Minuman untuk Cegah Kanker http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380280/kunyit-dan-nanas-bahan-minuman-untuk-cegah-kanker INILAHCOM, Jakarta - Nanas dan kunyit adalah minuman untuk membalikkan peradangan penyebab kanker.

Mengutip dari boldsky, Senin (22/05/2017), kanker adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya dan ditakuti yang terurai dalam bentuk yang berbeda. Anda perlu memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan jumlah yang tepat nutrisi untuk mendukung tubuh dalam kasus Anda ketika didiagnosa dengan kanker.

Apakah Anda tahu bahwa hampir 70 persen dari diketahui penyebab kanker dapat dihindari dan sangat berhubungan erat dengan gaya hidup.

Kanker adalah penyakit serius yang dapat mempengaruhi siapa saja dan disebabkan oleh berbagai faktor. Penyakit ini masih terus menjadi penyebab utama kematian di dunia ini.

Ada beberapa minuman ini tidak hanya membantu dalam melawan kanker dan mengurangi peradangan tetapi juga membantu dalam revitalisasi dan meremajakan tubuh Anda.

Selain dari nanas dan kunyit, minuman ini juga terdiri dari lemon, jahe dan minyak kelapa. Masing-masing bahan ini dilengkapi dengan manfaat kesehatan mereka sendiri.

1. Lemon mengandung asam sitrat dan karenanya memecah batu ginjal dan juga mengurangi peradangan di dalam tubuh.

2. Nanas dikenal sebagai lima kali lebih efektif daripada setiap sirup batuk.

3. Kunyit mengandung kuat anti senyawa yang disebut kurkumin kanker yang membantu mengurangi risiko kanker.

4. Jahe mahir dalam membunuh sel kanker karena sifat anti kanker dan anti-inflamasi.

5. Minyak kelapa dan lada hitam bantuan dengan lebih baik penyerapan nutrisi. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380280/kunyit-dan-nanas-bahan-minuman-untuk-cegah-kanker Mon, 22 May 2017 08:30:00 +0700 Kunyit dan Nanas Bahan Minuman untuk Cegah Kanker Kunyit dan Nanas Bahan Minuman untuk Cegah Kanker Kunyit dan Nanas Bahan Minuman untuk Cegah Kanker Kunyit dan Nanas Bahan Minuman untuk Cegah Kanker
Layanan Kesehatan Polri Terus Ditingkatkan http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380122/layanan-kesehatan-polri-terus-ditingkatkan INILAHCOM, Jakarta - Markas Besar Polisi Republik  Indonesia ( Mabes Polri) melalui Pusat Kedokteran Kesehatan Polri terus meningkatkan layanan kesehatan bagi 450 ribu anggota Polri beserta seluruh keluarga besar Polri.

Hal ini dilakukan dengan cara salah satuya menggandeng pihak Siloam Hospitals Group, selaku rumah sakit swasta terbesar dan terlengkap di Indonesia.

"Ini salah satu upaya Pusdokkes Polri guna meningkatkan layanan  kesehatan bagi seluruh anggota dan keluarga besar Polri. Dengan sinergi kesehatan bersama pihak Siloam Hospitals, upaya guna memudahkan rujukan layanan, pemeriksaan dan pengobatan penyakit secara spesifik dapat kita tangani bersama sama," papar Kepala Pusat Kedokteran Kesehatan Polri, Brigadir Jenderal Polisi dr. Arthur Tampi, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurut Arthur Tampi, rujukan layanan kesehatan yang optimal diperlukan Polri dikarenakan dari 46 rumah sakit Bhayangkara milik polri, umumnya masih didominasi rumah sakit tipe D dan tipe C.

"Untuk kasus kasus emergency dan atau yang spesifik dalam perkara penyakit, misalnya Jantung, gagal ginjal dan lainnya, kami perlu rujukan rumah sakit yang lebih lengkap, seperti milik Siloam Hospitals. Rumah sakit Siloam pun telah menyebar disejumlah Propinsi," tambah Arthur.

Polri memiliki satu RS tipe satu‎ yaitu di Kramatjati dan enam tipe dua di Medan, Jabar, Jateng,  Semarang, Surabaya, Makassar, dan Kediri.

Sisanya merupakan RS tipe tiga dan empat sehingga tim medis mengalami kesulitan saat menjalani operasi. Direktur Siloam Hospitals Grup, Dokter Anang Prayudi, menyambut kerjasama ini dengan penuh bangga dan senang.
 
"Sinergi ini merupakan bentuk kepercayaan Polri kepada Siloam. Secara umum, saat ini kami akan mengkordinasikan 26 rumah sakit milik Siloam disejumlah daerah dengan 46 rumah sakit Bhayangkara, agar hal hal yang perlu ditangani bersama dapat berjalan sesuai kerja sama," papar Anang. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2380122/layanan-kesehatan-polri-terus-ditingkatkan Sun, 21 May 2017 07:50:00 +0700 Layanan Kesehatan Polri Terus Ditingkatkan Layanan Kesehatan Polri Terus Ditingkatkan Layanan Kesehatan Polri Terus Ditingkatkan Layanan Kesehatan Polri Terus Ditingkatkan
Hipertensi Jadi Faktor Risiko Penyakit Jantung http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379808/hipertensi-jadi-faktor-risiko-penyakit-jantung INILAHCOM, Jakarta - Penyakit hipertensi merupakan faktor risiko utama yang menyebabkan Cardio Cerebro Vascular Disease (CCVD).

Menurut Dokter spesialis jantung dr. Arieska Ann Soenarta, SpJP, FIHA, FAsCC mengatakan bahwa kebanyakan kematian di dunia disebabkan oleh CCVD, baik pada pria maupun perempuan. Diperkirakan akan terjadi peningkatan prevalensi CCVD di antara tahun 2000-2025, mencapai 9 persen pada pria dan 13 persen pada perempuan.

"Bagi yang sudah menderita hipertensi, pengobatan menjadi penting untuk mengendalikan penyakit ini," kata dr. Ann seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Jumat (19/05/2017).  

Untuk mencegah penyakit tersebut, ada beberapa pencegahan yang dapat dilakukan. Mulai dari menjalankan gaya hidup sehat, seperti kebiasaan makan yang sehat, berolahraga secara teratur.

Kemudian, jangan lupa menjaga berat badan tetap sehat dan tidak merokok, didukung oleh pemeriksaan rutin untuk memantau tekanan darah, kadar kolesterol dan glukosa.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379808/hipertensi-jadi-faktor-risiko-penyakit-jantung Fri, 19 May 2017 15:15:00 +0700 Hipertensi Jadi Faktor Risiko Penyakit Jantung Hipertensi Jadi Faktor Risiko Penyakit Jantung Hipertensi Jadi Faktor Risiko Penyakit Jantung Hipertensi Jadi Faktor Risiko Penyakit Jantung
Hipertensi Jadi Penyebab Kematian Paling Tinggi http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379807/hipertensi-jadi-penyebab-kematian-paling-tinggi INILAHCOM, Jakarta - Hipertensi adalah salah satu penyakit yang dikenal sebagai the silent killer.

Berdasarkan data WHO yang dipublikasikan pada bulan Mei 2014, hipertensi menempati urutan ke-7 pada 20 penyebab kematian paling tinggi di Indonesia dengan tingkat kematian mencapai 42.226 atau 3,02 persen dari total kematian.

Hal tersebut karena gejalanya yang seringkali tidak disadari, hipertensi dapat menyebabkan sejmlah penyakit mematikan seperti stroke yang berada di urutan pertama dalam daftar yang sama, serta penyakit jantung dan pembuluh darah.

Sebagai perusahaan yang berfokus kepada kesehatan, Philips ingin mengajak masyarakat untuk mengadopsi gaya hidup sehat dan menyadari pentingnya deteksi dini.

Hipertensi dapat berdampak pada otak dan merupakan salah satu penyebab utama atas sebagian besar tingkat kesakitan dan kematian dari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan otak.

Tidak hanya itu, hipertensi merupakan faktor risiko utama dari stroke dan merupakan penyebab utama penurunan kognitif dan demensia. Sekarang sudah menjadi rahasia umum bahwa ada hubungan linier antara tekanan darah dan tingkat kematian akibat stroke.

Secara umum, ada asumsi bahwa hipertensi biasanya diderita laki-laki. Namun, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menerbitkan bahwa pada usia 65 ke atas, prevalensi hipertensi pada wanita adalah 28,8, lebih tinggi daripada pria yang prevalensinya mencapai 22,8 persen.

"Semakin tua seseorang, wajar apabila tekanan darah meningkat. Peningkatan tekanan darah juga dapat terjadi pada saat kehamilan," kata Dokter spesialis jantung dr. Arieska Ann Soenarta, SpJP, FIHA, FAsCC, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Jumat (19/05/2017).

Hormon estrogen memegang peranan penting dalam naiknya tekanan darah pada fase menopause yang menyebabkan hormon estrogen menurun, risiko hipertensi pun meningkat.

"Ketika seorang perempuan berhenti menstruasi, hormon estrogennya akan menurun secara signifikan. Hal ini dapat merusak sel endotel yang memicu plak di pembuluh darah. Plak di pembuluh darah dapat memicu tekanan darah tinggi yang menyebabkan penyakit kardiovaskular (Cardio Vascular Disease- CVD) dan bahkan stroke,” papar Dr. Ann.

"Hal ini bukan menjadi masalah bagi pria. Penurunan hormon testosteron tidak terlalu berdampak pada risiko hipertensi, kecuali bila disertai gaya hidup tidak sehat, merokok maupun obesitas," tambahnya. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379807/hipertensi-jadi-penyebab-kematian-paling-tinggi Fri, 19 May 2017 14:00:00 +0700 Hipertensi Jadi Penyebab Kematian Paling Tinggi Hipertensi Jadi Penyebab Kematian Paling Tinggi Hipertensi Jadi Penyebab Kematian Paling Tinggi Hipertensi Jadi Penyebab Kematian Paling Tinggi
Intip Peran Vitamin C untuk Tubuh http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379564/intip-peran-vitamin-c-untuk-tubuh INILAHCOM, Jakarta - Peran vitamin C bagi kesehatan sangat penting. Apa saja?

Menurut DR. Dr. Yustina Anie Indriastuti MSc, SpGK, Wakil Ketua, PP-PDGMI (Pengurus Pusat-Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia), peran suplementasi vitamin C di masa kini, sangat penting.

Dr. Yustina Anie, SpGK mengatakan bahwa manfaat mengonsumsi vitamin C sebagai food supplement untuk meningkatkan daya tahan tubuh, bersifat supplementary, atau sebagai tambahan yang dibutuhkan untuk kondisi khusus.

Misalnya, saat sedang sariawan, sakit flu atau elesma dan kondisi dimana asupan vitamin C dari bahan pangan atau makanan sehari-hari tidak mencukupi. Perlu diketahui, kebutuhan vitamin C pada bayi dan anak-anak, sekitar 40 – 45 mg/hari, remaja putri, 50 – 75 mg/hari, remaja putra, 50 – 90 mg/hari, dan dewasa - Usila: 75 – 90 mg/hari.

"Pilihan terbaik untuk mencukupi kebutuhan Vitamin C, adalah dengan mengonsumsi aneka ragam makanan dengan mengikuti pola makan gizi seimbang, sebagai salah satu perilaku gaya hidup sehat," papar Dr. Yustina Anie, SpGK di acara Holisticare EsterC aman di Lambung, nyaman di hati resmi terima sertifikasi halal dari LPPOM MUI, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Kamis (18/05/2017).

Sedangkan menurut Monica Katrin, food supplement mempunyai fungsi penting untuk membantu memastikan tubuh memperoleh pasokan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan kondisi gaya hidup di kota besar yang serba instan dan penuh dengan kesibukan, kebutuhan nutrisi harus dipenuhi oleh food supplement yang tepat.

“Salah satu nutrisi mendasar yang dibutuhkan adalah vitamin C. Beberapa fungsi mendasar vitamin tersebut adalah menjaga daya tahan tubuh, sebagai pendukung, pengatur, dan penjaga keseimbangan metabolisme, serta mempercepat proses perbaikan sel-sel yang rusak," ujar Monica Katrin.

Jangan lupa, melakukan aktivitas fisik atau olah raga secara teratur dan menghindari tress berlebih. Dengan menerapkan Gaya Hidup Sehat sebagai bagian dari keseharian, akan meningkatkan kebugaran, tubuh menjadi sehat, pikiran jernih serta jauh dari penyakit. Konsultasikan ke dokter atau ke ahlinya bila hendak mengonsumsi food supplement untuk menjaga keamanan.  (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379564/intip-peran-vitamin-c-untuk-tubuh Thu, 18 May 2017 14:30:00 +0700 Intip Peran Vitamin C untuk Tubuh Intip Peran Vitamin C untuk Tubuh Intip Peran Vitamin C untuk Tubuh Intip Peran Vitamin C untuk Tubuh
Jangan Biarkan Tubuh Kaku karena Duduk Lama http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379550/jangan-biarkan-tubuh-kaku-karena-duduk-lama INILAHCOM, Jakarta - Gaya hidup kita yang duduk terus-menerus selama berjam-jam membuat tubuh tidak sehat. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Misalnya, Anda banyak menghabiskan waktu di kantor dengan duduk berjam - jam, kemudian selama perjalanan secara komuter melalui lalu lintas yang padat, berbelanja secara online dan bermain dengan perangkat elektronik, sering menjadikan otot kita tertekan.

Hal tersebut membuat otot menjadi lebih kencang atau seperti terikat berkali-kali, dan dari waktu ke waktu, menimbulkan rasa sakit serta nyeri. Anda juga kerap mengadakan latihan atau olahraga juga, dan pada akhirnya menyebabkan luka pada tubuh seperti keseleo dan ketegangan.

Butuh solusi bebas repot untuk rasa sakit dan kesakitan, ketika Anda sibuk di tengah hari-hari sibuk Anda? Biarkan Plaster Pengobatan Tiger Balm yang bereffek tahan lama - membantu menghilangkan rasa pegal otot Anda saat berada pada kondisi berbagai gerakan.

Dengan memanfaatkan teknologi hydrogel yang unik, plaster berkualitas tinggi yang terbuat dari bahan berventilasi non woven ini nyaman digunakan dengan aplikasi yang mudah, sehingga tidak meninggalkan bekas pada kulit, ideal untuk pemakaian sehari-hari.

"Tiger Balm Plaster dikembangkan untuk memberikan pertolongan secara berkelanjutan apabila nyeri otot dan nyeri. Bahannya dibuat dengan memanfaatkan formulasi herbal Balsam. Tiger Balm Plaster tidak hanya secara efektif mengurangi rasa sakit dan nyeri, tetapi juga mudah digunakan dan diterima secara sosial, karena pemakaiannya dilakukan secara merekat di bawah pakaian, tanpa menimbulkan bau. Ini semestinya menarik generasi muda konsumen di Indonesia," kata A.K Han selaku Direktur Eksekutif Haw Par Corporation Limited seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Kamis (18/05/2017).

Sementara itu Riena Tambunan atlet lari internasional selaku pengguna aktif produk tersebut merasakan manfaat dan kegunaanya, baik yang berbentuk balsam maupun plaster. Produk ini tepat digunakan, baik saat berlari marathon ataupun saat menjalankan latihan fisik sehari-hari.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379550/jangan-biarkan-tubuh-kaku-karena-duduk-lama Thu, 18 May 2017 12:50:00 +0700 Jangan Biarkan Tubuh Kaku karena Duduk Lama Jangan Biarkan Tubuh Kaku karena Duduk Lama Jangan Biarkan Tubuh Kaku karena Duduk Lama Jangan Biarkan Tubuh Kaku karena Duduk Lama
Faktor Genetik Jadi Penyebab Timbulnya Alergi http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379174/faktor-genetik-jadi-penyebab-timbulnya-alergi INILAHCOM, Jakarta - Banyak penyakit yang ditimbulkan dari faktor gentik. Hal tersebut antara lain asma, rinitis alergi, alergi makanan dan masih banyak lagi.

Menurut DR. Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) selaku Konsultan Alergi Imunologi Anak, menjelaskan penyakit alergi seperti asma, rinitis alergi, alergi makanan, dermatitis atopik serta alergi protein susu sapi  merupakan kasus alergi yang paling banyak diderita.

"Faktor risiko berkembangnya alergi dapat berasal dari faktor genetik yakni keluarga dengan riwayat positif alergi. Jika kedua orang tua tidak memiliki alergi maka risiko alergi yang diturunkan, hanya sebesar 5 persen sampai 15 persen," kata DR. Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) selaku Konsultan Alergi Imunologi Anak pada acara Morinaga Allergy Week 2017 persembahkan Platinum Kids Olympics, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurutnya, jika dalam keluarga memiliki satu saudara kandung yang positif alergi, maka risiko alergi yang diturunkan sekitar 25 persen sampai 30 persen. Sementara itu, jika salah satu orang tua memiliki alergi maka risiko alergi yang diturunkan sebesar 20 persen sampai 40 persen.

Kemudian, jika kedua orang tua memiliki riwayat alergi maka risiko alergi yang diturunkan sebesar 40 persen sampai 60 persen. Akan tetapi, risiko tersebut meningkat hingga 80 persen bila kedua orangtua menderita gejala alergi yang sama.

Kasus alergi pada anak yang sering terjadi adalah alergi protein susu sapi yang umumnya terjadi pada anak yang tidak mendapatkan Air Susu Ibu (ASI). Karena itu, alergi protein susu sapi dapat diatasi dengan cara memberikan ASI eksklusif bagi anak.

Jika ibu tidak dapat memberikan ASI, anak dapat diberikan susu yang telah diformulasikan secara khusus seperti susu dengan protein yang telah dihidrolisis atau susu soya atau susu asam amino.

Pentingnya isu mengenai alergi yang tidak diatasi dengan baik karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai alergi pada Si Kecil, merupakan salah satu motivasi Morinaga dalam menjalankan kampanye tahunan Semua Dari Ingin Tau. Tahun ini, kampanye Semua Dari Ingin Tau mempersembahkan program Platinum Kids Olympics yang terdiri dari 3 langkah TAU-CEGAH & ATASI-SEBAR. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379174/faktor-genetik-jadi-penyebab-timbulnya-alergi Wed, 17 May 2017 04:00:00 +0700 Faktor Genetik Jadi Penyebab Timbulnya Alergi Faktor Genetik Jadi Penyebab Timbulnya Alergi Faktor Genetik Jadi Penyebab Timbulnya Alergi Faktor Genetik Jadi Penyebab Timbulnya Alergi
Ini Tanda Berhasil Jalankan Puasa Ramadhan http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379081/ini-tanda-berhasil-jalankan-puasa-ramadhan INILAHCOM, Jakarta - Dalam segi kesehatan, berpuasa sangat memberikan banyak keuntungan untuk tubuh. Ada beberapa hal yang menjadi ukuran ketika Anda benar - benar berhasil menjalankan puasa sebulan penuh.

Menurut ahli gizi DR. (c). Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, berpuasa adalah saat tubuh menahan lapar dan haus selama sekitar 14 jam. Karena itu, organ dengan sendiri melakukan kerja untuk proses pengeluaran racun yang disebut detox. Ketika puasa Anda berhasil, maka ada beberapa tanda yang menjadi cirinya.

"Berat badan menjadi ideal ketika menjalankan puasa.Kemduian,  profil lipida darah menjadi lebih baik. Kadar gula dalam darah pun menjadi lebih stabil," kata  ahli gizi DR. (c). Rita Ramayulis, DCN, M. Kes saat ditemui di acara philips, Jakarta, Senin (15/05/2017).

Masih menurutnya, saat berpuasa, justru tubuh lebih mudah untuk melakukan gerakan dan lebih aktif serta produktif. Tidak hanya itu, pemikiran Anda menjadi lebih positif dan lebih fokus dalam bekerja.

"Pengaruh terhadap emosi juga sangat baik. Tingkat emosional Anda juga akan membaik," tambahnya.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379081/ini-tanda-berhasil-jalankan-puasa-ramadhan Tue, 16 May 2017 22:30:00 +0700 Ini Tanda Berhasil Jalankan Puasa Ramadhan Ini Tanda Berhasil Jalankan Puasa Ramadhan Ini Tanda Berhasil Jalankan Puasa Ramadhan Ini Tanda Berhasil Jalankan Puasa Ramadhan
Berbuka Puasa Tidak Cukup Hanya Air Mineral http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379079/berbuka-puasa-tidak-cukup-hanya-air-mineral INILAHCOM, Jakarta - Berbuka puasa ternyata tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi air mineral. Mengapa demikian?

Menurut ahli gizi DR. (c). Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, cairan di dalam tubuh manusia bukan sepertu air mineral. Karena itu, saat berpuasa selama 14 jam, tubuh  benar - benar membutuhkan pengganti cairan yang keluar saat berpuasa. Hal tersebut ternyata tidak hanya cukup dengan asupan air mineral dalam beberapa gelas.

"Berbuka puasa dengan air putih itu tidak terlalu bagus. Cairan tubuh kita itu adalah meliputi terdiri dari ion potasium, ion florida, dan masih banyak lagi. Itu ada di air semangka, air melon, dan air kelapa," papar Rita saat ditemui di acara Philips, Jakarta, Senin (15/05/2017).

Masih menurutnya, ketika berpuasa, setiap orang benar - benar membutuhkan air yang berisi elektrolit. Hal ini untuk menganti ion - ion tubuh yang hilang. Yang terpenting adalah ketika memang harus mengkonsumsi air mineral, hal ini menjadi salah satu pendamping yang dapat dikonsumsi setelah berbuka. Sebab ketika Anda konsumsi air mineral dalam jumlah banyak saat berbuka, ini akan mengakibatkan perut menjadi kembung dan tidak nyaman ketika mengkonsumsi makanan inti atau berat.

"Berbuka tidak dengan air putih. Kalau diselingi dengan air putih itu baru bisa. Tapi harus dengan air yang berisi elektrolit," tambahnya. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379079/berbuka-puasa-tidak-cukup-hanya-air-mineral Tue, 16 May 2017 18:30:00 +0700 Berbuka Puasa Tidak Cukup Hanya Air Mineral Berbuka Puasa Tidak Cukup Hanya Air Mineral Berbuka Puasa Tidak Cukup Hanya Air Mineral Berbuka Puasa Tidak Cukup Hanya Air Mineral
Jangan Lakukan Ini Saat Berbuka dan Sahur http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379077/jangan-lakukan-ini-saat-berbuka-dan-sahur INILAHCOM, Jakarta - Bulan Ramadhan akan tiba. Umat Muslim akan menjalankan puasa Ramadhan sebulan penuh. Namun harus diperhatikan, ada beberapa ketentuan yang dapat Anda lakukan ketika berbuka puasa.

Setelah sekitar 14 jam berpuasa, tidak makan dan minum, tubuh benar - benar menyesuaikan diri termasuk dalam proses pencernaan dan pengolahan makanan. Menurut DR. (c). Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan agar tidak dilakukan saat berbuka puasa. Salah satunya adalah berbuka puasa dan sahur dengan konsumsi minuman yang terlalu manis dan jenis gula hanya sukrosa.

"Hal itu akan mempercepat kadar glukosa dalam darah cepat  naik dengan sesaat dan kemudian drop. Ini sangat berbahaya untuk tubuh," papar DR. (c). Rita Ramayulis, DCN, M. Kes saat ditemui di acara Philips, Jakarta, Senin (15/05/2017).

Poin berikutnya yang perlu diperhatikan adalah jangan berbuka puasa dengan makanan yang digoreng dan banyak menggunakan tepung terigu. Hal ini tidak akan mengganti asupan makanan yang bergizi, dan nutrisi yang hilang saat berpuasa.

"Yang tidak kalah penting adalah jangan mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak saat sahur. Ini akan membuat tumbuh Anda sulit untuk bekerja karena terlalu lelah mengolah lemak. Ketika tubuh sudah lelah mengolah makanan yang mengandung banyak lemak, Anda akan cepat merasa lapar pada siang hari," tambahnya.

Poin penting berikutnya adalah jangan berbuka puasa dan sahur dengan makanan yang merangsang asam lambung. Seperti makanan yang memiliki rasa pedas, terlalu asam, terlalu manis, dan yang banyak mengandung kafein.

"Poin terakhir adalah jangan konsumsi makanan saat berbuka dan sahur dengan makanan yang mengandung gas. Seperti nangka, kol, duren, dan minuman berkarbonasi," ujarnya. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379077/jangan-lakukan-ini-saat-berbuka-dan-sahur Tue, 16 May 2017 16:20:00 +0700 Jangan Lakukan Ini Saat Berbuka dan Sahur Jangan Lakukan Ini Saat Berbuka dan Sahur Jangan Lakukan Ini Saat Berbuka dan Sahur Jangan Lakukan Ini Saat Berbuka dan Sahur
Kemenkes dan TNI Majukan Pembangunan Desa http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379084/kemenkes-dan-tni-majukan-pembangunan-desa INILAHCOM, Jakarta -  Kementerian Kesehatan RI bermitra dengan TNI melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan fokus utama pada kegiatan pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan akselerasi pembangunan kesehatan di daerah bermasalah kesehatan.

"Kesehatan adalah utama dan merupakan ujung tombak karena dengan kesehatan, kita bisa berpendidikan, kita bisa sejahtera", kata Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), pada pembukaan Rapat Koordinasi Teknis TNI Manunggal Membangun Desa ke-99 di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa pagi (16/05/2017).

Beberapa kegiatan TMMD yang dapat dilakukan antara lain berupa bakti fisik dan non fisik. Kegiatan bakti fisik, antara lain melalui pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal seperti sanitasi, kesehatan lingkungan, taman obat keluarga, pembangunan atau rehabilitasi sarana prasarana kesehatan dan unit kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) di Desa sasaran.

Kemudian untuk kegiatan bakti non fisik, antara lain berupa sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat dalam program kesehatan ibu dan anak, gizi, penyakit tidak menular, penyakit menular, kesehatan lingkungan, dan Keluarga Berencana.

Masih menurut Menkes, program Indonesia Sehat sebagai arah pembangunan kesehatan tahun 2015 -2019 memiliki tiga pilar utama utama yaitu:

1. Paradigma Sehat

2.  Penguatan Pelayanan Kesehatan

3. Jaminan Kesehatan Nasional. Secara khusus.

Penerapan paradigma sehat difokuskan pada upaya promotif dan preventif sebagai landasan pembangunan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan lintas sektor.

"Dibutuhkan perubahan mindset atau pola pikir masyarakat untuk berperilaku hidup yang sehat", tambah Menkes.

Kolaborasi melalui kegiatan TMMD ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Sebuah gerakan nasional dalam rangka penguatan paradigma pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif rehabilitatif, dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

GERMAS tidak hanya dilaksanakan oleh sektor kesehatan, namun perlu dukungan dan pelibatan seluruh komponen bangsa dari berbagai lintas sektor yang melaksanakan secara bersama-sama, terencana dan terus menerus.

Dalam sambutannya, Menkes juga menyoroti permasalahan sanitasi dan air, pentingnya gizi untuk generasi, serta banyaknya kasus penyakit tidak menular (PTM) yang menyebabkan beban pembiayaan kesehatan yang besar. Pada kesempatan tersebut, Menkes menekankan pentingnya kerja sama dalam menyehatkan masyarakat Indonesia.

"Kemenkes tidak akan mungkin mampu menghadapi banyaknya permasalahan kesehatan sendirian, perlu bantuan dan kerja sama banyak pihak untuk menyelesaikan permasalahan," papar Menkes. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379084/kemenkes-dan-tni-majukan-pembangunan-desa Tue, 16 May 2017 16:00:00 +0700 Kemenkes dan TNI Majukan Pembangunan Desa Kemenkes dan TNI Majukan Pembangunan Desa Kemenkes dan TNI Majukan Pembangunan Desa Kemenkes dan TNI Majukan Pembangunan Desa
Intip Rahasia Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379075/intip-rahasia-sehat-menjalankan-puasa-ramadhan INILAHCOM, Jakarta - Pola makan sehat saat berpuasa adalah memberikan kesempatan kepada organ pencernaan beristirahat selama lebih kurang 14 jam.

Menurut ahli gizi DR. (c). Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, saat berpuasa seharian, terjadi proses regenerasi pankreas, hati, ginjal, lambung, dan organ tubuh lainnya. Mereka akan menyesuaikan dengan tubuh dan bekerja lebih lamban dari biasanya karena asupan makanan yang sangat terbatas.

"Tidak ada perbedaan antara puasa dan tidak puasa. Kalau kita lihat perbedaan, saat kita berpuasa kita memiliki kesempatan makan lebih sedikit waktunya. Seperti saat sahur, buka, dan setelah tarawih. Kebutuhan energi kita sangat sedikit. Jadi saat kita berpuasa organ kita bekerja sangat pelan. Ini sangat cocok dengan jam makan kita yang sedikit," papar Rita saat ditemui di acara Philips, Jakarta, Senin (15/05/2017).

Masih menurutnya, dengan berpuasa justru tubuh dan organ - organ mengalami detoksifikasi secara alami. Ketika orang berpuasa dan tetap menjaga asupan makanan yang sehat, maka puasa akan berhasil dan tidak akan meningkatkan berat badan.

"Jika ada orang yang bilang, dengan berpuasa malah memiliki berat badan yang bertambah, berarti ada yang salah dalam pola makanan dan asupannya. Yang terpenting adalah perhatikan pengganggian cairan yang hilang dalam tubuh dengan konsumsi buah - buahan atau bisa dijuga dengan konsumsi kurma seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW," tambahhya. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2379075/intip-rahasia-sehat-menjalankan-puasa-ramadhan Tue, 16 May 2017 15:30:00 +0700 Intip Rahasia Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan Intip Rahasia Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan Intip Rahasia Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan Intip Rahasia Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan