Inilah.com - Sehat http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Tue, 25 Jul 2017 23:59:05 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/sehat http://www.inilah.com/ Inilah.com - Sehat http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Orangtua Jangan Lengah dari Kasus Gizi Buruk Anak http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392766/orangtua-jangan-lengah-dari-kasus-gizi-buruk-anak INILAHCOM,Jakarta - Meski Indonesia sudah dalam batas aman untuk kasus gizi buruk, para orangtua tidak boleh lengah untuk menghadapi gizi buruk yang terjadi pada anak.

Sekitar 15 – 20 tahun lalu, Indonesia jadi perhatian dunia karena banyaknya kasus gizi buruk. Masalah tersebut kini sudah teratasi; gizi buruk kini sudah dalam batas aman, kurang 15 persen. Boleh dibilang, cita-cita Indonesia bebas gizi buruk 2015 sudah tercapai.

Namun demikian, kita tidak boleh lengah. Hal ini harus dipertahankan. Bagaimana pun, masalah double burden nutrisi masih mengintai di Indonesia. Konsumsi gula yang berlebihan pada anak patut diwaspadai karena bisa mengganggu tumbuh kembang anak.

Status gizi kurang dan kelebihan itu sama buruknya,” ujar dr. Reni Wigati, Sp.A dari RS Kanker Dharmais, di acara forum ngobras, Jakarta, Jumat (21/07/2017).

Gizi buruk pada anak berhubungan dengan stunting atau tubuh yang pendek karena gagal tumbuh.

“Pendek tidak melulu masalah genetic,” tegas dr. Reni.

Bila anak pendek, harus dilihat apakah memang karena faktor genetic, ataukah akibat masalah nutrisi atau penyakit kronis. Pada tahap awal, terjadi gangguan berat badan (BB).

Makin lama, tinggi badan (TB) juga terkena sehingga anak stunting. Selain kurang nutrisi, juga harus diwaspadai masalah kelebihan nutrisi.

“Orangtua senang kalau anaknya gemuk. Dianggap sebagai keberhasilan meningkatkan status nutrisi anak,” tambah dr. Reni.

Padahal, Indonesia kini darurat obesitas. Pada 2013, angka overweight nasional lebih 10 persen, dan obesitas sekitar 8,8 persen. Negara kita peringkat 10 di dunia untuk obesitas secara umum (anak dan dewasa). Sebagian besar obesitas murni karena nutrisi, di mana asupan lebih besar daripada yang dikeluarkan.

“Hanya 10 persen yang disebabkan oleh penyakit, misalnya gangguan hormone atau masalah genetic,” ujarnya.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392766/orangtua-jangan-lengah-dari-kasus-gizi-buruk-anak Sat, 22 Jul 2017 16:00:00 +0700 Orangtua Jangan Lengah dari Kasus Gizi Buruk Anak Orangtua Jangan Lengah dari Kasus Gizi Buruk Anak Orangtua Jangan Lengah dari Kasus Gizi Buruk Anak Orangtua Jangan Lengah dari Kasus Gizi Buruk Anak
Ini Pola Makan yang Benar Usai Beri ASI Esklusif http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392764/ini-pola-makan-yang-benar-usai-beri-asi-esklusif INILAHCOM, Jakarta - Agar terhindar dari masalah kelebihan dan kekurangan nutrisi pada anak, orangtua harus menerapkan pola makan yang benar dan teratur.

Menurut dr. Reni Wigati, Sp.A dari RS Kanker Dharmais, Jakarta, hal tersebut sangat penting untuk anak yang telah menjalani proses mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) esklusif selama 6 bulan. Reni menegaskan bahwa pola makan yang benar harus diperkenalkan sejak fase pencegahan.

“Bukannya pas anak sudah kegemukan baru diperkenalkan. Memberikan ASI eksklusif 6 bulan lalu dilanjutkan sampai usia 2 tahun akan membantu mencegah obesitas," papar Reni, pada acara forum ngobras, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurutnya, lewat masa ASI eksklusif, buatlah pola makan yang terjadwal, yaitu tiga kali makan besar dan dua kali cemilan. Jadwalnya bisa disesuaikan dengan pola makan keluarga.

“Di luar itu, kalau anak lapar, utamakan air putih. Untuk camilan utamakan buah segar yang dikunyah, bukan jus,” tambah dr. Reni.

Kemudian Reni menjelaskan, orangtua harus menciptakan lingkungan makan yang netral, jangan memaksakan makanan pada anak. Biarkan anak menentukan jumlah dan jenis makanan.

Bila dia bilang kenyang, maka hentikan kegiatan makan. Hargai pendapat anak.
Yang terpenting, jangan pernah mem-bully anak. Bully, baik yang dilakukan oleh orangtua/keluarga atau teman, akan berefek psikologis.

Anak bisa memendamnya, lalu dilampiaskan ke makan. Begitu pula halnya bila anak dibiasakan makan sambil menonton TV. Anak akan mengasosiasikan makanan dengan kesenangan, dan kebiasaan ini terbawa hingga ia dewasa.

“Jadi kapan pun dia happy atau ingin merasa happy, dia akan mencari makanan," tambahnya.

Hindari pula memberi reward berupa makanan. Ini akan mengakibatkan anak memiliki kebiasaan buruk dan terlalu banyak makan.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392764/ini-pola-makan-yang-benar-usai-beri-asi-esklusif Sat, 22 Jul 2017 15:15:00 +0700 Ini Pola Makan yang Benar Usai Beri ASI Esklusif Ini Pola Makan yang Benar Usai Beri ASI Esklusif Ini Pola Makan yang Benar Usai Beri ASI Esklusif Ini Pola Makan yang Benar Usai Beri ASI Esklusif
Anak Fokus Belajar Torehkan Prestasi http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392760/anak-fokus-belajar-torehkan-prestasi INILAHCOM, Jakarta - Fokus dalam belajar adalah kunci utama pada anak untuk menorehkan prestasi.

Sebagai orangtua, dalam mendidik anak tidak sepenuhnya menyerahkan urusan pendidikan kepada sekolah. Hal ini harus tetap terpantau saat menjalani kegiatan belajar di rumah maupun disekolah. Dengan dukungan dari orangtua, anak tentu lebih bersemangat dalam menuntut ilmu. Hasilnya, tidak jarang anak - anak berprestasi bahkan menorehkan prestasi dalam pertandingan olimpiade pendidikan.

Seperti yang dilakukan oleh siswa siswi sekolah IPEKA. Sekolah IPEKA kembali menorehkan prestasi dalam ajang Olimpiade Sains Nasional yang digelar pada 2 - 8 Juli 2017 di Pekanbaru, Riau. Sebanyak 8 peserta yang diikutsertakan dalam OSN 2017 berhasil membawa pulang 1 medali emas, 2 medali perak dan 3 medali perunggu.



Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan IPEKA Theo Kurniadi mengatakan, bahwa IPEKA senantiasa bersyukur atas prestasi yang berhasil diraih oleh para siswa dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun ini.

"Pada dasarnya, sekolah IPEKA tidak pernah mematok target untuk memenangkan kompetisi. Namun pihaknya yakin dengan kerja keras dan fokus, maka apapun yang kita kerjakan akan berbuah positif," kata Theo Kurniadi seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Sabtu (22/07/2017).


 
Lebih lanjut Theo mengatakan bahwa IPEKA tidak memiliki metode belajar khusus, namun IPEKA mengembangkan pembelajaran yang terintegrasi dengan iman. Guru membimbing sesuai kemampuan siswa-siswi dan menyemangati serta mendoakan mereka.
 
Peraih medali emas, Ricky Linarto mengungkapkan kunci suksesnya memenangkan kompetisi ini adalah hanya dengan metode belajar latihan soal dan praktikum.

“Yang paling penting jangan pernah menyerah untuk meraih mimpi walaupun sebelumnya belum berhasil,” ujarnya.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392760/anak-fokus-belajar-torehkan-prestasi Sat, 22 Jul 2017 14:15:00 +0700 Anak Fokus Belajar Torehkan Prestasi Anak Fokus Belajar Torehkan Prestasi Anak Fokus Belajar Torehkan Prestasi Anak Fokus Belajar Torehkan Prestasi
BPJS Kesehatan Semakin Dibutuhkan Masyarakat http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392480/bpjs-kesehatan-semakin-dibutuhkan-masyarakat INILAHCOM, Bogor - Pelayanan BPJS Kesehatan semakin dibutuhkan di daerah Indonesia. Salah satunya di daerah Bogor.

Menurut Managing Direktur Siloam Group, Dr. dr. Andry MM., PT Siloam Internasional Hospitals Group Tbk, menyatakan siap melayani program layanan kesehatan masyarakat melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS.

"Seluruh berkas perizinan dan permohonan untuk pengadaan bagi Layanan BPJS di Siloam Bogor telah kami lakukan. Saat ini kami tinggal menunggu kunjungan pihak Pemda setempat dan wakil BPJS untuk melihat seluruh layanan dan fasilitas kesehatan  yang ada di rumah sakit siloam Bogor," papar Andry pada media, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jumat (21/07/2017).

Sementara itu, Direktur Utama RS Siloam Bogor dr. Finna E. Indriani MM., menjelaskan Siloam Bogor menjadi jawaban terhadap tuntutan dan kebutuhan masyarakat Bogor akan perlunya rumah sakit yang memadai dengan fasilitas lengkap.

"Data kami menunjukan bahwa banyak pasien ber KTP Bogor berobat ke Siloam Jakarta. Karena itu dengan kehadiran kami di Bogor, pasien semakin mudah dilayani tanpa ada batasan jarak dan waktu. Selain itu Siloam Hospitals Bogor pun melakukan kerjasama pelayanan kesehatan dengan JKN, Jamkesda, Korporasi dan asuransi. Jadi masyarakat yang akan berobat di Siloam Bogor tidak perlu khawatir," papar Finna Indriani.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392480/bpjs-kesehatan-semakin-dibutuhkan-masyarakat Fri, 21 Jul 2017 11:00:00 +0700 BPJS Kesehatan Semakin Dibutuhkan Masyarakat BPJS Kesehatan Semakin Dibutuhkan Masyarakat BPJS Kesehatan Semakin Dibutuhkan Masyarakat BPJS Kesehatan Semakin Dibutuhkan Masyarakat
Yuk, Bikin Tanaman Hidroponik di Rumah http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392478/yuk-bikin-tanaman-hidroponik-di-rumah INILAHCOM, Jakarta - Memiliki tanaman hidroponik ternyata tidak sulit. Ada beberapa cara untuk menanam hidroponik di halaman rumah Anda.Penasaran bagaimana caranya?

Selain untuk penghijauan, tanaman hidroponik menjadi salah satu andalan untuk menghalau debu, polusi, dan memberikan oksigen di lingkungan. Menurut Kepala Pusat Krisis Kesehatan dr. Achmad Yurianto, tidak ada salahnya mencoba tanaman hidroponik di rumah meski halaman rumah sangat kecil.

"Yang terpenting adalah pastikan tanaman terkena matahari. Untuk beberapa rumah, diterapkan di atas genteng. Kemudian, mudah di akses karena perlu dilihat dan dirawat. Tidak perlu cangkul, karena tidak menggunakan tanah," kata dr. Achmad Yurianto saat ditemui di halaman tanaman hijau kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat (21/07/2017).

Masih menurutnya, jika tidak memiliki lahan banyak di rumah, Anda bisa menggunakan lahan yang biasa untuk tempat krey, diganti dengan paralon - paralon yang berisi tanaman hidroponik. Ini bisa dirawat dengan menyiram air tiga kali sehari untuk tanaman tersebut.

"Saya menyarankan tanaman hidroponik untuk sayuran. Ini sangat bermanfaat untuk tubuh. Konsumsi sayur setiap hari sangat penting karena termasuk dalam gaya hidup sehat. Sayur ini lebih bermakna dari pada tanaman obat. Ini juga paling murah dan yang paling mudah diimplementasikan," tambahnya.

Selain itu, tanaman hidroponik ini termasuk organik. Dia menambahkan, tanaman sayuran yang ada untuk hidroponik tidak terpapar pestisida.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392478/yuk-bikin-tanaman-hidroponik-di-rumah Fri, 21 Jul 2017 10:00:00 +0700 Yuk, Bikin Tanaman Hidroponik di Rumah Yuk, Bikin Tanaman Hidroponik di Rumah Yuk, Bikin Tanaman Hidroponik di Rumah Yuk, Bikin Tanaman Hidroponik di Rumah
Konsumsi Antibiotik Saat Hamil Risiko Pada Janin http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392475/konsumsi-antibiotik-saat-hamil-risiko-pada-janin INILAHCOM, India - Para calon ibu harus memperhatikan ketika konsumsi antibiotik. Karena dapat berisiko cacat lahir pada bayi.

Mengutip dari zeenews, Jumat (21/07/2017), sebuah studi baru mengungkapkan bahwa perempuan tidak harus konsumsi antibiotik tertentu selama kehamilan karena akan dapat meningkatkan risiko cacat lahir utama pada bayi baru lahir.

Temuan ini menunjukkan bahwa amoxicillin, sefalosporin, nitrofurantoin yang tidak terkait dengan cacat lahir.

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa mengambil antidepresan selama kehamilan dapat menyebabkan risiko autisme pada anak. Meskipun risiko mutrak untuk cacat lahir kecil, dokter harus mempertimbangkan meresepkan antibiotik lainnya ketika merawat pasien dengan infeksi selama kehamilan.

Penulis senior Anick Berard mengatakan bahwa infeksi selama kehamilan sering terjadi. Berard menambahkan, bahwa penelitian menyoroti lebih aman pilihan untuk pengobatan infeksi, lebih khusus lagi infeksi saluran kemih atau infeksi paru, setidaknya selama trimester pertama kehamilan.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392475/konsumsi-antibiotik-saat-hamil-risiko-pada-janin Fri, 21 Jul 2017 09:00:00 +0700 Konsumsi Antibiotik Saat Hamil Risiko Pada Janin Konsumsi Antibiotik Saat Hamil Risiko Pada Janin Konsumsi Antibiotik Saat Hamil Risiko Pada Janin Konsumsi Antibiotik Saat Hamil Risiko Pada Janin
Yuk, Bawa Anak Imunisasi Measles Rubella http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392379/yuk-bawa-anak-imunisasi-measles-rubella INILAHCOM, Jakarta - Pada Agustus - September 2017, pemerintah melakukan program imununisasi Measles Rubella (MR) di fasilitas kesehatan dan sekolah untuk anak - anak.

Kampanye imunisasi MR adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella secara cepat, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Imunisasi MR diberikan pada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun selama masa kampanye. Imunisasi ini masuk ke dalam jadwal imunisasi rutin segera setelah masa kampanye berakhir, diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan, dan anak kelas 1 SD/Sederajat.

"Imunisasi ini gratis tidak dipungut biaya. Kampanye imunisasi MR dilaksanakan selama Agustus - September 2017 untuk seluruh wilayah di pulau Jawa. Selanjutnya Agustus - September 2018 untuk seluruh wilayah di luar pulau Jawa," kata  Dr.H. Mohammad Subuh, MPPM saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (19/07/2017).

Masih menurut Mohammad Subuh, Imunisasi MR diberikan pada anak usia sekolah di sekolah - sekolah SD/MI/Sederajat, SMP/MTS/sederajat. Kemudian, pada September diberikan di Posyandu, Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan lainnya untuk bayi dan anak yang belum bersekolah dan anak usia sekolah yang tidak bersekolah.

Pada tahun ini, sejumlah 6 provinsi, 119 kabupaten/kota dan 3.579 Puskesmas akan melaksanakan kampanye dengan total sasaran anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun yang akan diberikan imunisasi MR sejumlah 34.964.384 anak. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan, dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Tim Penggerak PKK Pusat, Ikatan Dokter Anak Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, dan juga lembaga terkait.

"Target yang ingin kami capai kurang lebih 95 persen. Untuk penyakit rubella, kami menargetkan eliminasi pada tahun 2020," paparnya.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392379/yuk-bawa-anak-imunisasi-measles-rubella Thu, 20 Jul 2017 19:15:00 +0700 Yuk, Bawa Anak Imunisasi Measles Rubella Yuk, Bawa Anak Imunisasi Measles Rubella Yuk, Bawa Anak Imunisasi Measles Rubella Yuk, Bawa Anak Imunisasi Measles Rubella
Perhatikan, Ini Tanda Anak Terkena Campak http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392224/perhatikan-ini-tanda-anak-terkena-campak INILAHCOM, Jakarta - Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diaere, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaaan hingga kematian. Lantas, apa tandanya ketika anak terkena campak?

Menurut Dr.H. Mohammad Subuh, MPPM, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menjelaskan, gejala penyakit campak terdiri dari demam, bercak kemerahan, batuk, pilek, konjungtivitis (mata merah), selanjutnya timbul ruam pada muka dan leher, kemudian menyebar ke tubuh, tangan serta kaki.

"Insidens tinggi pada anak umur 5 - 9 tahun. Tingkat penularan pada kelompok anak sangat tinggi," kata Dr.H. Mohammad Subuh, MPPM saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (19/07/2017).

Untuk mencegah penyakit tersebut, pemerintah menyediakan imunisasi di fasilitas kesehatan. Dengan imunisasi yang diberikan, anak akan mendapatkan kekebalan setelah imunisasi selama seumur hidup. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392224/perhatikan-ini-tanda-anak-terkena-campak Thu, 20 Jul 2017 11:45:00 +0700 Perhatikan, Ini Tanda Anak Terkena Campak Perhatikan, Ini Tanda Anak Terkena Campak Perhatikan, Ini Tanda Anak Terkena Campak Perhatikan, Ini Tanda Anak Terkena Campak
Penting, Vaksin Campak dan Rubella untuk Anak http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392028/penting-vaksin-campak-dan-rubella-untuk-anak INILAHCOM, Jakarta - Campak dan rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus.

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan bahkan sampai kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari iu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Kecatatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital diantaranya meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian, dan keterlambatan berkembang.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk kedua penyakit ini. Satu vaksin mencegah dua penyakit sekaligus.

Menurunkan angka kesakitan, kecatatan dan kematian akibat penyakit - penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Contohnya, polio, campak, hepatitis B, tetanus, pertusis, difteri, rubella, pneumonia, dan meningitis.

"Dengan imunisasi saat ini dapat mencegah 9 penyakit pada anak. Kita ingin mendapatkan eliminasi rubella pada 2020," ungkap Dr. H. Mohammad Subuh, MPPM, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (19/07/2017).

Masih menurutnya, pada usia 5 - 9 tahun insiden yang tertinggi dari penyakit campak. Ini bisa dilakukan pencegahannya sangat mudah dan murah. Karena imunisasi ini dapat  bertahan selama seumur hidup.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2392028/penting-vaksin-campak-dan-rubella-untuk-anak Thu, 20 Jul 2017 10:08:00 +0700 Penting, Vaksin Campak dan Rubella untuk Anak Penting, Vaksin Campak dan Rubella untuk Anak Penting, Vaksin Campak dan Rubella untuk Anak Penting, Vaksin Campak dan Rubella untuk Anak
Lari Setiap Hari Tingkatkan Kesehatan Tulang http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391934/lari-setiap-hari-tingkatkan-kesehatan-tulang INILAHCOM, London - Lari setiap hari selama satu menit dapat meningkatkan kesehatan tulang pada tubuh Anda.

Hal tersebut adalah sebuah temuan yang dikutip dari zeenews, Rabu (19/07/2017). Sebuah temuan menunjukkan bahwa perempuan yang pada rata - rata berlari sekitar 60 - 120 detik setiap hari memiliki empat persen kesehatan tulang lebih baik dari pada mereka yang melakukan kurang dari satu menit.

Sementara mereka yang berlari selama lebih dari dua menit sehari, memiliki enam persen lebih baik kesehatan tulangnya.

Ini adalah salah satu untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda. Menjalankan aktivitas fisik dengan intensitas tinggi dan beban yang sama hanya satu atau dua menit setiap hari dapat membantu kesehatan Anda.

"Kami belum tahu apakah itu lebih baik untuk mengumpulkan jumlah kecil latihan dalam sepanjang hari atau sekaligus, dan juga Apakah serangan sedikit lebih lama latihan di satu atau dua hari per minggu baik sebagai 1-2 menit setiap hari," kata pemimpin penulis Stiles Victoria dari University of Exeter.

Namun penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Epidemiology, menunjukkan hubungan antara jenis intensitas tinggi, beban latihan dan kesehatan tulang yang lebih baik pada wanita.

"Tampaknya mungkin bahwa hanya 1-2 menit untuk menjalankan sehari baik untuk kesehatan tulang," tambah Stiles.

Kesehatan tulang yang baik memiliki beberapa manfaat kesehatan, salah satunya adalah penurunan risiko penyakit tulang seperti osteoporosis dan patah tulang di usia tua.

Untuk penelitian ini, tim memandang data pada perempuan lebih dari 2.500, dan dibandingkan tingkat aktivitas (diukur oleh pergelangan tangan-dikenakan monitor) dengan kesehatan tulang (diukur dengan ultrasound scan tulang tumit).

Untuk orang yang tertarik dalam meningkatkan tingkat kegiatan mereka sehari-hari, Stiles merekomendasikan meningkatkan aktivitas berjalan dan lari.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391934/lari-setiap-hari-tingkatkan-kesehatan-tulang Wed, 19 Jul 2017 09:45:00 +0700 Lari Setiap Hari Tingkatkan Kesehatan Tulang Lari Setiap Hari Tingkatkan Kesehatan Tulang Lari Setiap Hari Tingkatkan Kesehatan Tulang Lari Setiap Hari Tingkatkan Kesehatan Tulang
Tips Memilih Kondom yang Tepat http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391933/tips-memilih-kondom-yang-tepat INILAHCOM, Jakarta - Menggunakan salah satu alat kontrasepsi yaitu kondom bukanlah sebuah penghalang untuk bercinta. Lantas, bagaimana memilih kondom yang tepat?

Menurut dr. Heru H. Oentoeng, SpAnd., Spesialis Andologi, menjelaskan, terdapat lima tips yang dapat Anda simak ketika menggunakan kondom sebelum bercinta. Seperti yang dikutip dari siaran pers yang diterima, Jakarta, Rabu (19/07/2017), berikut adalah poin pentingnya.

1. Gunakan kondom yang berbahan lateks

Saat ini ada dua jenis kondom yang dijual di pasaran, yaitu terbuat dari bahan lateks dan bahan sintetis. Keduanya baik dan memiliki kelebihan masing - masing. Namun, Anda sangat dianjurkan untuk memilih jenis kondom dari bahan lateks yang dirancang untuk kontrasepsi dan mampu mencegah penularan penyakit seksual. Kondom berbahan lateks juga elastis dan bisa fit sesuai bentuk penis sehingga nyaman digunakan seolah - olah tidak memakai kondom.

2. Cek tanggal kadaluwarsa kondom sebelum digunakan

Kondom yang telah lewat masa kadaluwarsa akan mudah sobek dan bocor ketika digunakan. Tanggal kadaluwarsa kondom bisa dilihat pada kotak atau kemasannya. Pastikan memakai kondom yang masih baru saat akan berhubungan intim. Jangan pernah menggunakan kondom yang bekas. Buka kondom dari kemasannya dengan hati - hati dan pastikan kondom tidak kering atau kaku dan berlubang.

3. Pasang kondom dengan benar

Pastikan ukurang kondom sesuai dengan ukuran penis Anda untuk mencegah tertinggalnya kondom di dalam vagina pasangan. Jangan menggunakan gigi untuk membuka pembungkus kondom. Hati - hati pula kuku atau cinin berpotensi menimulkan sobekan kecil pada kondom. Pasangkan kondom dengan membuka gulungan ke arah batang penis, sesuaikan hingga menutupi seluruh bagian penis.

Saat pemasangan, sisakan sedikit bagian ujung kondom untuk memberikan ruang bagi sperma ketika ejakulasi terjadi. Jika tidak, maka tekanan yang akan timbul dapat menyebabkan kondom bocor.

4. Gunakan pelumas

Berikan rangsangan yang cukup kepada pasangan Anda sebelum menggunakan kondom dan melakukan penetrasi. Gesekan yang terjadi ketika berhubungan intim dapat menyebabkan timbulnya tekanan berlebihan pada kondom. Jadi pastikan pasangan Anda telah terlumasi dengan sempurna. Anda sebaiknya menggunakan bahan atau gel pelumas yang bermutu baik, jangan menggunakan bahan pelumas seperti baby oil atau hand body yang dapat merusak kondom. Gunakan pelumas berbahan dasar air.

5. Lepaskan kondom dengan benar dan buang pada tempatnya

Selalu hati - hati saat akan melepaskan penis dari vagina pasangan. Masalah yang paling sering terjadi adalah ketika pria menarik penis dari dalam vagina adalah kemungkinan tertinggalnya kondom beserta cairan sperma dan terlanjur masuk ke dalam vagina. Ketika menarik penis, peganglah pangkal penis beserta kondomnya dan tariklah penis secara perlahan. Setelah itu lepaskan kondom dari penis dengan hati - hati supaya cairan sperma tidak tertumpah keluar, dan buang pada tempatnya.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391933/tips-memilih-kondom-yang-tepat Wed, 19 Jul 2017 08:45:00 +0700 Tips Memilih Kondom yang Tepat Tips Memilih Kondom yang Tepat Tips Memilih Kondom yang Tepat Tips Memilih Kondom yang Tepat
Ini Sebab Pria Jarang Menggunakan Kontrasepsi http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391932/ini-sebab-pria-jarang-menggunakan-kontrasepsi INILAHCOM, Jakarta - Fakta menunjukkan pengguna kondom masih rendah. Apa penyebabnya?

Karena terlihat sebuah data untuk penggunaan kontrasepsi para pria hanya 4,7 persen dan 99,3 persen tidak menggunakan kontrasepsi. Kemudian untuk wanita, sekitar 45,7 persen menggunakan kontrasepsi dan 54,3 persen tidak menggunakan kontrasepsi.

Menurut data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2012, hanya 4,7 persen pria menggunakan alat kontrasepsi dan hanya 2,5 persen dari angka tersebut yang menggunakan kondom. Kondom dianggap mengurangi kenikmatan dalam berhubungan intim.

"Memilih kondom yang tepat sangat penting, ukurannya harus pas dan memberikan rasa nyaman. Terlebih lagi, pasangan harus tahu cara menggunakan kondom dengan benar," kata dr. Heru H. Oentoeng, SpAnd, spesialis Andrologi seperti yang dikutip dari siaran pers yang diterima, Jakarta, Rabu (19/07/2017).

Ada banyak anggapan ketika menggunakan kondom. Menurut dorex global sex survey pada 2016, mengungkapkan bahwa 30 persen responden tidak menggunakan kondom karena kondom dianggap mengurangi kenikmatan, tidak alami, tebal, dan bau.

Padahal, kondom adalah pilihan terbaik kedua untuk melindungi diri dari penularan penyakit akibat hubungan seksual, HIV, dan risiko terjadinya kehamilan.

Selain itu, yang harus diingat adalah menggunakan kondom adalah pilihan terbaik agar terhindar dari PMS (Penyakit Menular Seksual) adalah dengan tidak bergonta - ganti pasangan seksual dan setia pada pasangan Anda.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391932/ini-sebab-pria-jarang-menggunakan-kontrasepsi Wed, 19 Jul 2017 07:40:00 +0700 Ini Sebab Pria Jarang Menggunakan Kontrasepsi Ini Sebab Pria Jarang Menggunakan Kontrasepsi Ini Sebab Pria Jarang Menggunakan Kontrasepsi Ini Sebab Pria Jarang Menggunakan Kontrasepsi
Sayuran Hijau Dapat Timbulkan Asam Urat? http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391830/sayuran-hijau-dapat-timbulkan-asam-urat INILAHCOM, Jakarta - Apakah Anda kerap mendengar bahwa konsumsi sayuran hijau seperti bayam dan daun singkong dapat menyebabkan asam urat?

Pada pemaparan materi yang disampaikan oleh dr. Lily S. Sulistyowati, MM, Direktur Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Jakarta, beberapa waktu lalu, ternyata anggapan konsumsi melinjo, bayam, dan daun singkong dapa menyebabkan asam urat adalah hal yang salah.

Faktanya, yang dapat memicu timbulnya penyakit asam urat di dalam tubuh adalah zat purin yang banyak terdapat pada jeroan seperti usus, ati ampela, dan babat.

Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan konsumsi sayuran dan buah - buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram per orang per hari, yang terdiri dari 250 gram sayur, setara dengan 2 1/2 prosi atau 2 1/2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan. Kemudian, 150 gram buah, setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 1 1/2 pepaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang.

Berbagai kajian juga menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah - buahan yang cukup turun berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah.

Secara umum konsumsi sayuran dan buah - buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah - buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391830/sayuran-hijau-dapat-timbulkan-asam-urat Tue, 18 Jul 2017 18:45:00 +0700 Sayuran Hijau Dapat Timbulkan Asam Urat? Sayuran Hijau Dapat Timbulkan Asam Urat? Sayuran Hijau Dapat Timbulkan Asam Urat? Sayuran Hijau Dapat Timbulkan Asam Urat?
Ini yang Dapat Menghambat Penyerapan Zat Besi http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391809/ini-yang-dapat-menghambat-penyerapan-zat-besi INILAHCOM, Jakarta - Zat besi sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Namun, terkadang ada hal - hal yang mengganggu dan menjadi penghambat menyerapan zat besi ke ibu hamil dan calon buah hati di dalam kandungan.

Menurut dr. Ulul Albab, SpOG di acara Kalbe, BKKBN, ada beberapa jenis minuman yang dapat menjadi penghalang penyerapan zat besi pada ibu hamil. Salah satunya adalah kopi.

"Teh dan kopi memang beberapa bahan alami yang bukan tidak boleh sama sekali, tetapi tidak diperkenankan bercampur dengan yang lain. Boleh diminum tapi tidak berdekatan dengan vitamin, hal ini dapat menghambat penyerapannya. Kalau kopi dapat menyebabkan pergerakan berkurang," kata dr. Ulul Albab, SpOG di acara Kalbe, BKKBN, baru - baru ini.  

Ketika seorang ibu hamil kekurangan zat besi, akan mempengaruhi pertumbuhan janin yang dikandungnya. Hal ini terkait dengan anemia yang terjadi pada ibu hamil. Ternyata, hampir sekitar 50 persen dialami para ibu di Indonesia.

Untuk di dunia, hampir 90 persen wanita kurang asupan zat besi. Padahal, asupan zat besi ini sangat dibutuhkan oleh wanita sebagai energi saat dia hamil.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391809/ini-yang-dapat-menghambat-penyerapan-zat-besi Tue, 18 Jul 2017 17:40:00 +0700 Ini yang Dapat Menghambat Penyerapan Zat Besi Ini yang Dapat Menghambat Penyerapan Zat Besi Ini yang Dapat Menghambat Penyerapan Zat Besi Ini yang Dapat Menghambat Penyerapan Zat Besi
Cara Ketahui Kandungan Zat Besi Cukup Pada Bumil http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391646/cara-ketahui-kandungan-zat-besi-cukup-pada-bumil INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa cara untuk mengetahui kandungan zat besi cukup atau tidak pada ibu hamil. Penasaran seperti apa?

Menurut M. Adya Dilmy Sp.OG pada cara PT. Kalbe Farma di BKKBN, Jakarta, baru - baru ini, untuk menjaga kandungan zat besi dalam tubuh tetap terpenuhi, para ibu hamil benar - benar harus rutin melakukan pemeriksaan kehamilan. Mulai dari pemeriksaan darah maupun melalui ultrasanografi (USG).

"Yang paling penting itu adalah USG dan antenatal care pada trimester pertama. Kemudian, pemeriksaan darah rutin sangat dibutuhkan karena untuk mengetahui tingkat HB (hemoglobin) pada tubuh ibu," papar M. Adya Dilmy Sp.OG.

Tidak hanya itu, asupan lainnya yang tidak kalah penting adalah konsumsi makanan yang menjadi sumber zat besi. Para ibu hamil bisa mengkonsumsi daging merah, sayuran, dan ikan.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391646/cara-ketahui-kandungan-zat-besi-cukup-pada-bumil Tue, 18 Jul 2017 08:45:00 +0700 Cara Ketahui Kandungan Zat Besi Cukup Pada Bumil Cara Ketahui Kandungan Zat Besi Cukup Pada Bumil Cara Ketahui Kandungan Zat Besi Cukup Pada Bumil Cara Ketahui Kandungan Zat Besi Cukup Pada Bumil
Bahaya Kurang Zat Besi untuk Ibu Hamil http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391645/bahaya-kurang-zat-besi-untuk-ibu-hamil INILAHCOM, Jakarta - Zat besi menjadi salah satu sumber energi yang paling penting bagi ibu dan calon bayi di dalam kandungan. Lantas, apa bahayanya ketika seorang ibu hamil kekurangan zat besi? 

Ketika seorang ibu hamil kekurangan zat besi, akan mempengaruhi pertumbuhan janin yang dikandungnya. Hal ini terkait dengan anemia yang terjadi pada ibu hamil. Ternyata, hampir sekitar 50 persen dialami para ibu di Indonesia.

Untuk di dunia, hampir 90 persen wanita kurang asupan zat besi. Padahal, asupan zat besi ini sangat dibutuhkan oleh wanita sebagai energi saat dia hamil.

"Kurangnya zat besi menyebabkan anak menjadi lambat berpikir, berisiko menjadikan berat bayi rendah serta meningkatkan angka prematur," papar M. Adya Dilmy Sp.OG pada cara PT. Kalbe Farma di BKKBN, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurutnya, dua komponen penting asupan yang dikonsumsi ibu hamil adalah asam folat dan zat besi. Jika dua komponen tersebut kurang, maka akan menyebabkan diabetes saat hamil, preeklamsia, hingga keguguran.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391645/bahaya-kurang-zat-besi-untuk-ibu-hamil Tue, 18 Jul 2017 07:45:00 +0700 Bahaya Kurang Zat Besi untuk Ibu Hamil Bahaya Kurang Zat Besi untuk Ibu Hamil Bahaya Kurang Zat Besi untuk Ibu Hamil Bahaya Kurang Zat Besi untuk Ibu Hamil
Diet yang Baik Hasilkan Jantung Sehat http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391409/diet-yang-baik-hasilkan-jantung-sehat INILAHCOM, New Delhi - Sebuah penelitian menjelaskan, konsumsi makanan sehat dapat dikaitkan dengan meningkatnya kualitas diet selama setahun. Ini akan berakibat baik untuk kesehatan jantung Anda.

Mengutip dari zeenews, Senin (17/07/2017), dalam laporan New England Journal of Medicine, para penilit di Harvard University melacak perubahan diet pada populasi hampir sekitar 74.000 tenaga kesehatan yang memiliki kebiasaan maka mereka setiap empat tahun.  

Para peneliti menggunakan sistem skor kualitas diet untuk menilai berapa banyak diet yang telah ditingkatkan.

Sebagai contoh, peningkatan 20 persen dapat dicapai dengan menukar hanya satu porsi daging merah atau diproses untuk satu porsi harian kacang atau kacang-kacangan.

Selama kurun waktu 12 tahun, orang-orang yang makan sedikit lebih baik daripada yang mereka lakukan di awal-terutama dengan mengkonsumsi lebih bijian, buah-buahan, sayuran dan ikan berlemak, melihat delapan sampai 17 persen lebih rendah resiko kematian prematur dalam 12 tahun berikutnya.

Orang-orang yang melakukan diet buruk dari waktu ke waktu melihat risiko mati yang lebih tinggi dalam 12 tahun berikutnya.

"Hasil kami menyoroti manfaat kesehatan jangka panjang meningkatkan kualitas diet dengan penekanan pada pola keseluruhan diet bukan pada individu makanan atau nutrisi," kata penulis senior Frank Hu, profesor dan Ketua Departemen sekolah Chan Harvard gizi.

"Pola makan sehat dapat mengadopsi menurut individu makanan dan budaya preferensi dan kondisi kesehatan," tambahnya.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391409/diet-yang-baik-hasilkan-jantung-sehat Mon, 17 Jul 2017 14:37:00 +0700 Diet yang Baik Hasilkan Jantung Sehat Diet yang Baik Hasilkan Jantung Sehat Diet yang Baik Hasilkan Jantung Sehat Diet yang Baik Hasilkan Jantung Sehat
Ini Cara Turunkan Risiko Multiple Sclerosis http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391398/ini-cara-turunkan-risiko-multiple-sclerosis INILAHCOM, New York - Ibu yang menyusui selama setidaknya 15 bulan selama kehamilan satu atau lebih, kemungkinan 53 persen lebih kecil kemungkinana terkena multiple sclerosis (MS).

Mengutip dari zeenews, Senin (17/07/2017), hal tersebut lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak menyusui sama sekali atau hanya menyusui hingga empat bulan.

MS adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh memakan pelindung saraf. Temuan menunjukkan bahwa wanita dengan MS memiliki secara signifikan sedikit kambuh, atau serangan, selama kehamilan atau saat mereka sedang menyusui secara eksklusif.

"Antara banyak manfaat lain bagi ibu dan bayi, menyusui dapat mengurangi risiko masa depan ibu mengembangkan MS," kata Annette Langer-Gould dari Kaiser Permanente Southern California.

Selain itu, wanita yang usia 15 atau lebih tua pada saat siklus menstruasi mereka pertama adalah 44 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan MS kemudian daripada wanita yang 11 tahun atau lebih muda pada saat mereka pertama menstruasi.

Jumlah tahun wanita ovulasi dan faktor lainnya, seperti jumlah kehamilan, menggunakan kontrasepsi hormon dan usia pada kelahiran pertama tidak dikaitkan dengan risiko MS, para peneliti mengatakan, dalam karya yang diterbitkan dalam jurnal Neurology.

"Manfaat kesehatan lainnya termasuk penurunan risiko kanker payudara, kanker ovarium, diabetes tipe 2 dan serangan jantung," kata Langer-Gould.

Untuk penelitian ini, tim melibatkan 397 wanita dengan usia rata-rata 37 yang baru didiagnosis dengan MS atau prekursor, sindrom klinis terisolasi, yang dibandingkan dengan 433 wanita-wanita lain. (tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391398/ini-cara-turunkan-risiko-multiple-sclerosis Mon, 17 Jul 2017 13:10:00 +0700 Ini Cara Turunkan Risiko Multiple Sclerosis Ini Cara Turunkan Risiko Multiple Sclerosis Ini Cara Turunkan Risiko Multiple Sclerosis Ini Cara Turunkan Risiko Multiple Sclerosis
Akibat Ibu Hamil Konsumsi Minuman Manis Bersoda http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391386/akibat-ibu-hamil-konsumsi-minuman-manis-bersoda INILAHCOM, New Delhi - Calon ibu harus waspada ketika konsumsi minuman bersoda saat masa kehamilan. Hal ini akan berpengaruh pada perkembangan janin Anda.

Mengutip dari zeenews, Senin (17/07/2017), konsumsi minuman bersoda akan membuat calon buah hati Anda yang ada di dalam kandungan gemuk. Temuan tersebut menjelaskan bahwa wanita hamil yang konsumsi dua minuman dingin bersoda sehari sebelum persalinan bisa meningkatkan risiko anak - anak mereka menjadi gemuk.

Sesuai laporan di Deccan menahun, studi menyatakan bahwa konsumsi dua kali minuman manis dalam sehari selama trimester kedua akan meningkatkan anak berat badan pada anak.

Penelitian lebih lanjut menyatakan bahwa setiap gula yang dikonsumsi wanita saat hamil akan menambahkan massa lemak 0.15 kg/m2 untuk anaknya.

Jus buah, minuman diet dan air tidak memiliki efek yang sama pada anak, kata para peneliti.

Sheryl dariamidori-ukir, penulis studi dari Harvard University mengatakan, obesitas luas dan sulit untuk mengobati dan sehingga sangat penting untuk menyadari yang dimodifikasi faktor-faktor yang terjadi sebelum kelahiran anak dan selama masa kanak-kanak sehingga ibu bisa mulai langkah - langkah untuk pencegahan awal.

Lebih dari seribu ibu dan anak telah dianalisis oleh para peneliti dari Harvard University.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391386/akibat-ibu-hamil-konsumsi-minuman-manis-bersoda Mon, 17 Jul 2017 12:24:00 +0700 Akibat Ibu Hamil Konsumsi Minuman Manis Bersoda Akibat Ibu Hamil Konsumsi Minuman Manis Bersoda Akibat Ibu Hamil Konsumsi Minuman Manis Bersoda Akibat Ibu Hamil Konsumsi Minuman Manis Bersoda
Ibu Hamil Konsumsi Nanas Berisiko Keguguran? http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391381/ibu-hamil-konsumsi-nanas-berisiko-keguguran INILAHCOM, Jakarta - Terdapat mitos yang beredar ketika para ibu hamil konsumsi nanas dapat berisiko keguguran. Apa hal tersebut benar?

Menurut dr. Lily S. Sulistyowati, MM, Direktur Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Jakarta, baru - baru, mitos tersebut salah. Tidak ada bukti ilmiah mengenai hal tersebut.

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang dapat mencerna protein dalam makanan agar lebih mudah terserah tubuh. Kemudian, dari konsumsi tesebut otomatis janin dapat berkembang secara maksimal karena mendapat asupan makanan.

Konsumsi nanas juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ketika Anda konsumsi nanas, dapat mengurangi risiko kolesterol dalam darah, kemudian penyakit diabetes, dan penyakit jantung.

Perlu diketahui, setiap orang tentu membutuhkan asupan sayur dan buah setiap hari. Namun, ternyata menurut data Riset Kesehatan Dasar 2013, menyatakan sebanyak 93,5 persen penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun masuk dalam kategori kurang makan buah dan sayur.(tka)

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2391381/ibu-hamil-konsumsi-nanas-berisiko-keguguran Mon, 17 Jul 2017 11:00:00 +0700 Ibu Hamil Konsumsi Nanas Berisiko Keguguran? Ibu Hamil Konsumsi Nanas Berisiko Keguguran? Ibu Hamil Konsumsi Nanas Berisiko Keguguran? Ibu Hamil Konsumsi Nanas Berisiko Keguguran?