Inilah.com - Sehat http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Tue, 26 Sep 2017 01:55:08 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/sehat http://www.inilah.com/ Inilah.com - Sehat http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Hati-hati Sering Mengkonsumsi Ikan Asin http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2405906/hati-hati-sering-mengkonsumsi-ikan-asin KANKER nasofaring adalah jenis kanker ganas yang paling sering didapati pada bagian Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT). Di Asia sendiri, kanker nasofaring menempati urutan ke 4 terbanyak pada laki-laki. Sedangkan di Indonesia 6 dari 100.000 penduduk menderita kanker nasofaring.

Menentukan diagnosa kanker nasofaring tidaklah mudah, gejalanya bervariasi, dari mimisan (epistaksis), telinga berdengung (tinnitus), pandangan ganda (diplopia), sulit menelan hingga turunnya berat badan secara drastis.

Ada beberapa hal yang sangat berperan dalam munculnya kanker nasofaring, seperti genetic dan paparan/radiasi lingkungan. Virus Epstein Barr juga telah terbukti sebagai salah satu penyebab utama penyakit ini. Selain itu konsumsi ikan asin diyakini juga memiliki faktor penting dalam terjadinya kanker nasofaring. N-nitrosamine yang terdapat pada ikan asin memiliki hubungan erat antara ikan asin dengan kejadian kanker nasofaring.

Produk-produk olahan ikan, termasuk ikan asin (salted fish) adalah sumber penting protein bagi manusia. Cara memproses ikan dengan pengeringan dan pengasinan hinga saat ini masih dianggap metode yang murah dan efektif untuk menyediakan kebutuhan konsumsi masyarakat terhadap protein dari ikan laut.

Penelitian Ren dan kawan-kawannya di Guangdong China, memberikan hasil yang cukup mengejutkan. Ren menyatakan bahwa risiko terjadinya kanker nasofaring meningkat saat konsumsi ikan asin minimal satu kali sebulan saja. Penelitian ini dikuatkan oleh penelitian Guo dan rekan di China Selatan, dimana Guo menemukan bahwa konsumsi ikan asin tiga kali sebulan meningkatkan risiko kanker nasofaring yang signifikan.

Meskipun masih diperdebatkan, tetap lebih baik mencegah dari pada mengobati. Kanker nasofaring cukup sulit pengobatannya. Sehingga mari kita beralih ke makanan yang lebih sehat.

* dr. Reza Aditya Digambiro, M.Kes, M.Ked (PA), Sp.PA, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti.

 

 

 

 

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2405906/hati-hati-sering-mengkonsumsi-ikan-asin Wed, 20 Sep 2017 19:53:00 +0700 Hati-hati Sering Mengkonsumsi Ikan Asin Hati-hati Sering Mengkonsumsi Ikan Asin Hati-hati Sering Mengkonsumsi Ikan Asin Hati-hati Sering Mengkonsumsi Ikan Asin
Tips Menangani Diare pada Anak di Rumah http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2405335/tips-menangani-diare-pada-anak-di-rumah SIAPA yang tidak sedih saat buah hatinya sakit. Penyakit tersering yang menyerangan adalah diare, karena selain sistem kekebalan tubuh anak yang belum sempurna, anak-anak gemar memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut mereka, mainan dan benda-benda asing yang tentunya tidak higienis.

Dalam penanganan diare dapat dilakukan beberapa langkah seperti di bawah.

Pemberian oralit

Oralit diberikan sebagai langkah pertama untuk mencegah dehidrasi. Sebagai cairan yang dikemas khusus, oralit mengandung air dan elektrolit. Pemberian oralit disesuaikan berdasarkan tingkat berat ringannya dehidrasi.

Untuk diare tanpa dehidrasi

- Pada Usia anak di bawah 1 tahun diberikan ¼ - ½ gelas setiap kali anak diare

- Pada usia anak 1 – 4 tahun diberikan ½ - 1 gelas setiap kali diare

- Dan pada usia di atas 5 tahun diberikan 1-1½  gelas setiap kali anak diare

Untuk Diare dengan dehidrasi ringan hingga sedang

Oralit dapat diberikan dalam 3 jam pertama sebanyak75 ml/kg berat badan anak dan selanjutnya dilanjutkan dengan pemberian oralit seperti diare tanpa dehidrasi.

Pada Diare dehidrasi berat harus segera di berikan pengobatan di Rumah Sakit.

Pemberian mineral Zinc

Zinc merupakan salah satu mineral mikronutrien yang penting dalam tubuh. Pemberian zinc selama diare terbukti mampu mengurangi lama dan tingkat keparahan diare, mengurangi frekuensi buang air besar, mengurangi volume tinja, menurunkan kekambuhan diare pada 3 bulanberikutnya.

Pada balita, pemberian Zinc dapat diberikan dengan takaran :

Umur kurang dari 6 bulan diberikan ½ tablet (10 mg) per hari selama 10 hari

Umur lebih dari 6 bulan diberikan1 tablet (20 mg) per hari selama 10 hari.

Terdapat cara khusus dalam memberikan tablet Zinc pada anak, yaitu larutkan tablet dalam 1 sendok makan air matang atau ASI, sesudah larut berikan pada anak diare. Zinc sebaiknya tetap diberikan selama 10 hari walaupun diare sudah berhenti.

Pemberian ASI/Makanan selama terjadinya diare sangat penting dan bertujuan untuk memberikan gizi pada anak agar anak tetap kuat dan tumbuh serta mencegah berkurangnya berat badan.

Pemberian antibiotika tidak boleh digunakan secara rutin karena kecilnya kejadian diare pada balita oleh bakteri, hanya bermanfaat pada penderita diare dengan darah (Disentri amoeba).

Diare yang lebih sering, disertai muntah berulang, kondisi anak yang sangat kehausan, makan atau minum sedikit, timbul demam, tinja berdarah, tidak membaikdalam 3 hari harus segera diperiksa oleh Dokter Spesialis Anak di RumahSakit.

 

* dr. Reza Aditya Digambiro, M.Kes, M.Ked (PA), Sp.PA, FakultasKedokteranUniversitasTrisakti

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2405335/tips-menangani-diare-pada-anak-di-rumah Mon, 18 Sep 2017 16:12:00 +0700 Tips Menangani Diare pada Anak di Rumah Tips Menangani Diare pada Anak di Rumah Tips Menangani Diare pada Anak di Rumah Tips Menangani Diare pada Anak di Rumah
Regulator Obat dan Makanan di Turki Dukung BPOM RI http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2405321/regulator-obat-dan-makanan-di-turki-dukung-bpom-ri INILAH.COM, Jakarta-Dilansir dari laman resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (Badan POM RI), Aksi Nasional Pemberantasan Penyalahgunaan Obat akan dicanangkan pada 4 Oktober 2017 bersama Kemenkes, Kemendagri, POLRI, BNN, dan Kejaksaan Agung. Selain itu, juga dilakukan Pembangunan Barcode 2D untuk penelusuran Track and Trace obat legal dan ilegal serta monitoring produksi industri farmasi, PBF, dan sarana pelayanan (Apotek, Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik). Terkait hal tersebut, Badan POM didukung oleh Regulator Obat dan Makanan di Turki, yaitu Turkey Agency for Medicine and Pharmaceutical Devices.

Badan POM RI berperan aktif dalam melakukan penelusuran, memberikan bantuan ahli, serta uji laboratorium dalam penanganan kasus tersebut. Tidak hanya di Kendari, Balai Besar/Balai POM (BB/BPOM) di seluruh Indonesia juga bergerak serentak mengawasi kemungkinan adanya peredaran tablet PCC atau obat ilegal lainnya di wilayah masing-masing. Badan POM RI bersama Kepolisian RI dan BNN akan terus menelusuri kasus ini sampai tuntas guna mengungkap pelaku peredaran obat ilegal tersebut beserta jaringannya.

Agar kasus penyalahgunaan obat tidak berulang, maka harus ada efek jera terkait sanksi pidana terhadap oknum pelaku kejahatan. Dan efek jera ini hanya bisa dilakukan apabila BPOM telah memiliki payung hukum seperti Perpres No. 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan, dimana Badan POM RI akan memiliki struktur baru yaitu Deputi Bidang Penindakan yang akan mempertajam aspek penindakan dan memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan kemanusiaan di bidang obat dan makanan. Mengingat semakin maraknya kasus penyalahgunaan obat bahkan menelan korban kiranya payung hukum berupa Undang-Undang Pengawasan Obat sangat dibutuhkan oleh Badan POM.

Selain itu, Kepala Badan POM RI mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati mendapatkan dan mengonsumsi obat. “Pastikan membeli obat hanya di sarana resmi seperti Apotek, Puskesmas, dan Rumah Sakit”, ujar Penny K. Lukito. Jangan mudah tergiur dengan obat murah yang ditawarkan seseorang atau pihak tertentu. “Pastikan obat tersebut memiliki izin edar Badan POM", tutupnya. [DOS]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2405321/regulator-obat-dan-makanan-di-turki-dukung-bpom-ri Mon, 18 Sep 2017 15:45:00 +0700 Regulator Obat dan Makanan di Turki Dukung BPOM RI Regulator Obat dan Makanan di Turki Dukung BPOM RI Regulator Obat dan Makanan di Turki Dukung BPOM RI Regulator Obat dan Makanan di Turki Dukung BPOM RI
Temuan Obat Ilegal Capai Puluhan Juta Butir http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2405315/temuan-obat-ilegal-capai-puluhan-juta-butir INILAH.COM, Jakarta-Dilansir dari laman resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (Badan POM RI), untuk menyikapi maraknya penyalahgunaan obat-obat tertentu maupun peredaran obat ilegal di Indonesia, Badan POM telah melakukan serangkaian kegiatan intensifikasi pengawasan dan penegakan hukum, antara lain:

a) Januari 2014 ditemukan bahan baku ilegal Carisoprodol sebanyak 195 tong @25 Kg (4.875 Kg) di Pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta Utara.

b) September 2016 ditemukan 42 juta tablet ilegal yaitu Carnophen, Trihexyphenidyl (THP), Tramadol, dan Dekstometorfan di Balaraja – Banten.  Tablet ilegal ini sudah dimusnahkan. Sebanyak 60 truk barang bukti yang dimusnahkan tersebut memiliki nilai keekonomian sekitar 30 miliar rupiah.

c) Operasi Terpadu Pemberantasan Obat-obat Tertentu (OOT) yang sering disahgunakan di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Mataram, Denpasar, Makassar, Serang, dan Palangkaraya pada tanggal 17-21 Juli 2017. Dari hasil operasi terpadu tersebut ditemukan masih adanya peredaran OOT di toko obat, toko kosmetik, dan toko kelontong sejumlah 13 item (925.919 pieces) dengan total dengan nilai keekonomian mencapai 3,1 miliar rupiah.

d) Operasi Gabungan Nasional 5-6 September 2017. Ditemukan 436 koli atau sekitar 12 juta butir obat ilegal yang sering disalahgunakan yaitu Carnophen, Trihexyphenidyl (THP), Tramadol, dan Seledryl dengan nilai keekonomian mencapai 43,6 miliar rupiah di Banjarmasin. Temuan ini hasil Operasi Gabungan Nasional Pemberantasan Obat dan Makanan Ilegal yang dilakukan oleh petugas BBPOM di Banjarmasin bekerja sama dengan Tim Khusus “Bekantan” Polda Kalimantan Selatan.

e) Balai Besar POM di Makassar juga menemukan "PCC" sebanyak 29.000 tablet. pelanggaran tersebut merupakan tindak pidana di bidang obat. Badan POM akan mengambil langkah tegas termasuk merekomendasikan pencabutan izin sarana ke Kemenkes.

f) Balai POM di Mamuju menemukan 179.000 tablet di sarana ilegal yang terdiri dari Trihexyphenidyl dan Tramadol.

Berdasarkan hasil tersebut, masih perlu dilakukan peningkatan pengawasan yang lebih komprehensif. "Masalah peredaran obat ilegal ini merupakan isu yang serius karena dampaknya bisa merusak generasi penerus bangsa. Seluruh komponen bangsa harus bergerak bersama dan berkomitmen untuk mengatasi permasalahan ini. Untuk itu, Badan POM RI bersama Kepolisian RI, BNN dan instansi terkait lainnya telah sepakat untuk berkomitmen membentuk Tim Aksi Nasional Pemberantasan Penyalahgunaan Obat, yang akan bekerja tidak hanya pada aspek penindakan, namun juga pencegahannya”, tegas Kepala Badan POM RI. [DOS]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2405315/temuan-obat-ilegal-capai-puluhan-juta-butir Mon, 18 Sep 2017 15:30:00 +0700 Temuan Obat Ilegal Capai Puluhan Juta Butir Temuan Obat Ilegal Capai Puluhan Juta Butir Temuan Obat Ilegal Capai Puluhan Juta Butir Temuan Obat Ilegal Capai Puluhan Juta Butir
Obat PCC Ilegal, Tak Boleh Dikonsumsi Siapapun http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2405313/obat-pcc-ilegal-tak-boleh-dikonsumsi-siapapun INILAH.COM, Jakarta-Tablet yang mencantumkan tulisan “PCC” dan menelan banyak korban di Kendari merupakan produk ilegal. Hal ini dinyatakan oleh Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito bahwa obat tersebut tidak pernah terdaftar di Badan POM sebagai obat. “Hal itu berarti tablet tersebut tidak boleh dikonsumsi oleh siapa pun”, tegasnya (18/09).

Berdasarkan hasil uji laboratorium Badan POM RI, terdapat 2 jenis tablet PCC yang berbeda kandungannya yang dikonsumsi korban. Pertama mengandung Parasetamol, Carisoprodol, dan Cafein. Kedua mengandung Parasetamol, Carisoprodol, Cafein, dan Tramadol.

Mungkin sebagian dari kita merasa tidak asing lagi dengan kandungan obat Paracetamol dan Cafein. Ya benar, kedua kandungan tersebut kerap ditemukan khususnya di obat-obatan demam, pereda gejala flu, batuk dan sakit kepala yang juga dikombinasikan dengan Propifenazon, Deksklorfeniramini maleate, dekstrometorfan-HBr, fenilpropanolamina, chlorpheniramine maleate dll. Kombinasi parasetamol-kafein dapat meningkatkan efikasi analgesik atau meredakan nyeri.

Paracetamol baik sebagai sediaan tunggal maupun kombinasi bersama Kafein saat ini masih diperbolehkan untuk penggunaan terapi. Jadi jangan khawatir bila menemukan obat yang mengandung paracetamol dan kafein. Namun yang harus diwaspadai adalah kandungan Carisoprodol. Zat ini merupakan bahan baku obat yang memberi efek relaksasi otot dengan efek samping sedatif dan euforia. Pada dosis yang lebih tinggi dari dosis terapi, Carisoprodol dapat menyebabkan kejang dan halusinasi, serta efek lainnya yang membahayakan kesehatan hingga kematian. Efek inilah yang ditemukan pada anak dan remaja di Kendari.

Sebelumnya, produk dengan kandungan Carisoprodol sempat resmi beredar di Indonesia, namun produk tersebut banyak disalahgunakan. Oleh karena itu, pada tahun 2013, semua obat yang mengandung Carisoprodol (Carnophen, Somadril, Rheumastop, New Skelan, Carsipain, Carminofein, Etacarphen, Cazerol, Bimacarphen, Karnomed) yang diberikan izin edar oleh Badan POM RI dicabut izin edarnya. Sehingga jika masih ditemukan obat seperti PCC di pasaran maka dapat disimpulkan bahwa obat tersebut ilegal dan tidak boleh lagi beredar di Indonesia. [DOS]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2405313/obat-pcc-ilegal-tak-boleh-dikonsumsi-siapapun Mon, 18 Sep 2017 15:15:00 +0700 Obat PCC Ilegal, Tak Boleh Dikonsumsi Siapapun Obat PCC Ilegal, Tak Boleh Dikonsumsi Siapapun Obat PCC Ilegal, Tak Boleh Dikonsumsi Siapapun Obat PCC Ilegal, Tak Boleh Dikonsumsi Siapapun
#GerakanBebasKatarak Gelar Operasi Katarak Gratis http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2405024/gerakanbebaskatarak-gelar-operasi-katarak-gratis INILAH.COM, Jakarta-Dalam rangka mendukung dan mewujudkan #GerakanBebasKatarak, Erha Clinic menggelar kegiatan sosial berupa operasi mata katarak gratis di Kabupaten Tangerang.

Dalam menggelar kegiatan sosial ini, Erha Clinic (salah satu Business Unit dari PT Arya Noble) berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, PMI Kabupaten Tangerang dan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Banten dan RSUD Balaraja Tangerang. Operasi Mata Katarak Gratis ini diberikan kepada masyarakat Kabupaten Tangerang, pada Sabtu (16/9/2017).

Kegiatan ini sekaligus untuk menyambut HUT PMI ke-72 dan HUT TNI ke-72 tahun. Operasi Mata Katarak Gratis ini bertujuan untuk membantu program Pemerintah Indonesia dalam pengentasan penyakit mata katarak yang ada  di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tangerang, Banten.

"Program #GerakanBebasKatarak ini merupakan kontribusi kami kepada masyarakat untuk membantu mengurangi tingkat penderita Katarak yang ada di Indonesia. Kami harap dengan adanya #GerakanBebasKatarak ini dapat memberikan manfaat untuk penderita Katarak. Untuk tahun ini kami kami menargetkan 1000 mata yang dapat di operasi, dan akan di tingkatkan di tiap tahunnya sehingga mampu mencapai 10.000 mata dalam 5 tahun kedepan," kata Andreas Bayu Aji, Chief Corporate Services Officer Arya Noble (Strategic Investment Holding dari Erha Clinic) dalam siaran persnya, Sabtu (16/9/2017).

Ketua PMI Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat khususnya yang kurang mampu agar bisa melakukan operasi tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

"Kami menggandeng beberapa mitra untuk bahu membahu kegiatan ini, mulai dari tahap persiapan, publikasi, pendaftaran sampai dilakukannya operasi nanti dilakukan atas azas kemanusiaan ungkapnya," ujar Soma.

#GerakanBebasKatarak telah dilakukan Erha Clinic bersama dengan Arya Noble untuk Indonesia, yaitu sebuah payung CSR dari Arya Noble sejak tahun 2012. Selain di wilayah Jabodetabek, #GerakanBebasKatarak telah dilakukan di beberapa daerah seperti Makasar, Jepara, Kudus, Kupang, Sukabumi dan beberapa daerah lainnya di Indonesia yang telah membebaskan ribuan masyarakat Indonesia dari penyakit katarak. [adc]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2405024/gerakanbebaskatarak-gelar-operasi-katarak-gratis Sun, 17 Sep 2017 00:47:00 +0700 #GerakanBebasKatarak Gelar Operasi Katarak Gratis #GerakanBebasKatarak Gelar Operasi Katarak Gratis #GerakanBebasKatarak Gelar Operasi Katarak Gratis #GerakanBebasKatarak Gelar Operasi Katarak Gratis
Mengenal Gejala Usus Buntu http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404847/mengenal-gejala-usus-buntu PENYAKIT radang usus buntu atau yang dikenal dengan appendicitis, adalah suatu kondisi gawat darurat medis yang memerlukan tindakan operasi segera untuk mengangkat appendix yang radang tersebut. Apabila kondisi peradangan ini dibiarkan berlarut-larut, appendix yang radang akan mengalami kebocoran dan isinya akan keluar ke rongga perut. Kondisi selanjutnya akan lebih buruk (dikenal dengan peritonitis) serta bisa berakibat fatal.

Appendicitis bisa menyerang segala usia, meskipun demikian jarang dijumpai pada usia di bawah dua tahun. Korban tersering terkena pada kelompok usia 10 hingga 30 tahun. Jenis kelamin tidak memiliki pengaruh terhadap angka kejadian appendicitis.

Apa saja yang dapat menyebabkan appendicitis? Kotoran, benda asing atau tumor yang menutup saluran appendix adalah faktor-faktor tersering yang mengakibatkan appendicitis. Selain itu bisa juga berasal dari proses infeksi, karena appendix bisa membengkak sebagai respons dari infeksi dalam tubuh.

Gejala-gejala klasik yang perlu dikenali pada appendicitis adalah :

- Nyeri tumpul pada perut yang terfokus pada perut kanan bawah, biasanya ini ditandai sebagai gejala awal.

- Berkurangnya nafsu makan

- Mual dan/atau muntah setelah mulainya nyeri perut

- Perut membengkak

- Demam

- Tidak bisa buang angin

 

Pada keadaan yang lebih berat, gejala-gejala lainnya akan muncul, seperti :

- Nyeri pada seluruh dinding perut

- Nyeri pada saat buang air kecil

- Muntah-muntah sebelum nyeri perut

- Kram perut

- Konstipasi atau diare disertai buang angin

Jika kita menemukan gejala-gejala di atas segeralah mencari pertolongan ke Rumah Sakit terdekat, karena waktu untuk penatalaksanaan sangat penting. Jangan makan atau minum apapun atau mengkonsumsi obat apapun karena bisa menyebabkan pecahnya usus buntu.

 

* dr. Reza Aditya Digambiro, M.Kes, M.Ked (PA), Sp.PA, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

 

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404847/mengenal-gejala-usus-buntu Sat, 16 Sep 2017 05:05:00 +0700 Mengenal Gejala Usus Buntu Mengenal Gejala Usus Buntu Mengenal Gejala Usus Buntu Mengenal Gejala Usus Buntu
Pentingnya Sarapan Dalam Menjaga Kesehatan http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404778/pentingnya-sarapan-dalam-menjaga-kesehatan SARAPAN pagi sangat vital. Kegiatan ini memicu metabolism tubuh di pagi hari, membantu membakar kalori sepanjang hari dan juga memberikan energi yang kita perlukan untuk beraktivitas.

Banyak penelitian yang telah menghubungkan kebiasaan makan pagi dan pengaruhnya terhadap kesehatan, termasuk peningkatan kemampuan memori yang lebih baik serta memperbaiki konsentrasi. Sarapan pagi juga disarankan karena menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), memperkecil resiko terkena diabetes, penyakit jantung dan obesitas.

Otot dan otak memerlukan energi yang berasal dari glukosa, pada saat bangun tidur kadar glukosa ini rendah. Melewatkan pola makan pada pagi hari biasanya akan mengakibatkan individu merasa kekurangan makanan dan akan dibalas dengan makan berlebihan di siang atau sore hari.

Sarapan juga membantu kita untuk memperoleh beberapa jenis vitamin dan mineral dari makanan sehat seperti gandum, dan buah. Jika kita memilih sarapan dari menu yang tidak sehat maka tubuh kita kehilangan kesempatan untuk mendapat nutrient yang baik ini.

Anak-anak yang melewatkan sarapan akan lebih cenderung untuk makan-makanan yang tidak sehat (junk food) sepanjang hari dan biasanya memiliki berat badan berlebih. Sebuah penelitian menunjukkan hasil yang signifikan di mana anak-anak yang sarapan secara rutin, body mass index-nya jauh lebih rendah dari pada anak-anak yang tidak sarapan secara rutin.

Bagi individu yang kurang menyukai sarapan dapat makan sedikit pada saat satu jam setelah bangun tidur. Namun hindarilah makanan berkarbohidrat tinggi seperti roti goreng atau donut. Sebaiknya sarapan terdiri dari karbohidrat kompleks, protein dan serat. Gandum oatmeal, susu rendah kalori, buah, yogurt atau kacang-kacangan merupakan pilihan sarapan yang baik.

* dr Reza Aditya Digambiro, M.Kes, M.Ked (PA), Sp.PA, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

 

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404778/pentingnya-sarapan-dalam-menjaga-kesehatan Fri, 15 Sep 2017 16:31:00 +0700 Pentingnya Sarapan Dalam Menjaga Kesehatan Pentingnya Sarapan Dalam Menjaga Kesehatan Pentingnya Sarapan Dalam Menjaga Kesehatan Pentingnya Sarapan Dalam Menjaga Kesehatan
Awas! Penyalahgunaan Obat PCC dari Anak hingga PSK http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404658/awas-penyalahgunaan-obat-pcc-dari-anak-hingga-psk MASYARAKAT Indonesia terutama para orangtua sedang dihebohkan dengan berita beredarnya obat bertuliskan PCC yang menyebabkan 42 orang anak dan remaja dirawat di beberapa Rumah Sakit di Kendari Sulawesi Tenggara hingga menyebabkan 1 (satu) orang meninggal dunia. Gejala penyalahgunaan obat ini diantaranya tidak sadarkan diri dan berhalusinasi. Informasi yang didapat dari pasien, mereka telah meminum obat yang disebut PCC dan obat tersebut mereka dapatkan secara gratis oleh oknum yang mereka tidak kenal.

PCC ini biasanya merupakan singkatan dari kandungan zat aktif di dalamnya yakni Paracetamol, Cafein dan Carisoprodol. Dari ketiga kandungan tersebut yang paling bertanggungjawab terhadap efek yang dialami para pasien tersebut ialah Karisoprodol. Berdasarkan hasil uji laboratorium terhadap tablet PCC yang dilakukan oleh Badan POM menunjukkan positif mengandung Karisoprodol.

Karisoprodol digolongkan sebagai obat keras yang memiliki efek farmakologis sebagai relaksan otot namun hanya berlangsung singkat, dan di dalam tubuh akan segera dimetabolisme menjadi metabolit berupa senyawa Meprobamat yang menimbulkan efek menenangkan (sedatif). Namun Karisoprodol kerap disalahgunakan untuk menambah rasa percaya diri, sebagai obat penambah stamina, bahkan juga digunakan oleh pekerja seks komersial sebagai “obat kuat”. Oleh karena itu, demi meminimalisir dampak penyalahgunaan yang lebih besar daripada efek terapinya, sejak tahun 2013 seluruh obat yang mengandung Karisoprodol telah dibatalkan izin edarnya. Sehingga bila masih ditemukan produk serupa mengandung karisoprodol dapat dinyatakan sebagai produk ilegal seperti Somadril dan Carnophen yang juga mengandung karisoprodol.

Dilansir dari laman resmi Badan POM RI dinyatakan bahwa Badan POM sedang dan terus mengefektifkan dan mengembangkan Operasi Terpadu Pemberantasan Obat-Obat Tertentu yang sering disalahgunakan dan memastikan tidak ada bahan baku dan produk jadi Karisoprodol di sarana produksi dan sarana distribusi di seluruh Indonesia. Untuk menghindari penyalahgunaan obat maupun peredaran obat ilegal, diperlukan peran aktif seluruh komponen bangsa baik instansi pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat. Badan POM RI bersama Kepolisian dan BNN serta instansi terkait lainnya telah sepakat untuk berkomitmen membentuk suatu tim Aksi Nasional Pemberantasan Penyalahgunaan Obat yang akan bekerja tidak hanya pada aspek penindakan, namun juga pada aspek pencegahan penyalahgunaan obat. Pencanangan aksi tersebut direncanakan pada tanggal 4 Oktober 2017.

Semoga orangtua dapat menjalankan fungsinya sebagai benteng pertama bagi anak-anaknya agar tidak terjerumus pada kesenangan sesaat akibat penyalahgunaan obat dalam dosis besar. Karena efek berbahaya yang ditimbulkan dikemudian hari dapat lebih fatal, berbahaya bahkan merenggut nyawa buah hati kita. Salam sehat! [DOS]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404658/awas-penyalahgunaan-obat-pcc-dari-anak-hingga-psk Fri, 15 Sep 2017 09:58:00 +0700 Awas! Penyalahgunaan Obat PCC dari Anak hingga PSK Awas! Penyalahgunaan Obat PCC dari Anak hingga PSK Awas! Penyalahgunaan Obat PCC dari Anak hingga PSK Awas! Penyalahgunaan Obat PCC dari Anak hingga PSK
Manfaat Bela Diri pada Kesehatan di Usia Muda http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404291/manfaat-bela-diri-pada-kesehatan-di-usia-muda OLAH RAGA bela diri semakin berkembang di Indonesia. Hal ini terutama dipicu banyaknya film laga yang mengedepankan figur-figur yang dianggap panutan khususnya bagi kaum muda.

Sebagai olahraga yang bersifat kompetitif, aktivitas bela diri selalu membuat olahragawan selalu aktif secara fisik dan juga memiliki kepekaan tersendiri dalam hal norma norma dan etika.

Dari sisi kesehatan, bela diri memberikan nilai tambah tersendiri di antaranya:

Latihan fisik yang lengkap

Setiap bela diri adalah latihan aerobik yang mengaktifkan semua otot di dalam tubuh. Bela diri membantu membangun stamina, kekuatan otot, fleksibilitas dan keseimbangan individu.

Gaya hidup sehat

Dalam latihan bela diri akan banyak sekali kalori yang terpakai. Beberapa penelitian menunjukkan perbaikan pola makan sehat seiring dengan seringnya latihan aerobik yang dilakukan.

Meningkatkan kepercayaan diri

Program bela diri akan meningkatkan keyakinan diri serta kemampuan untuk lebih menghargai nilai-nilai dan norma di dalam masyarakat. Seiring dengan hal itu, rasa nyaman akan timbul pada situasi dan kondisi apapun.

Perbaikan fungsi jantung

Karena olahraga bela diri sangat erat kaitannya dengan kardiovaskular, maka kemampuan otot jantung pun akan lebih baik setelah melalui latihan reguler dalam periode waktu tertentu.

Kemampuan refleks meningkat

Reaksi tubuh atau refleks akan meningkat pada latihan bela diri. Beberapa penelitian telah membuktikan hal ini. Tentu saja kondisi ini akan sangat berguna pada aktivitas sehari hari, seperti misalnya saat mengendarai kendaraan.

Kekuatan otot

Massa otot akan semakin membaik pada olahraga ini. Semakin tinggi massa otot, metabolisme tubuh akan semakin meningkat. Hal ini dapat mencegah obesitas dan memperlambat penuaan.

Perbaikan mood

Bela diri tidak hanya dapat melepaskan stress dan rasa frustasi, namun juga akan membuat kita lebih bahagia. ini disebabkan oleh pelepasan endorfin, zat yang dalam jumlah yang sangat sedikit dilepas oleh hipotalamus di otak ini merupakan mood booster yang terbaik.

Alangkah baiknya jika olahraga bela diri dilakukan sejak usia muda dan disertai penanaman nilai nilai luhur dalam jiwa jiwa muda yang tengah bertumbuh.

* dr Reza Aditya Digambiro, M.Kes, M.Ked (PA), Sp.PA, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404291/manfaat-bela-diri-pada-kesehatan-di-usia-muda Thu, 14 Sep 2017 05:07:00 +0700 Manfaat Bela Diri pada Kesehatan di Usia Muda Manfaat Bela Diri pada Kesehatan di Usia Muda Manfaat Bela Diri pada Kesehatan di Usia Muda Manfaat Bela Diri pada Kesehatan di Usia Muda
KGBio Siap Hasilkan Obat Paten Bioteknologi http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404287/kgbio-siap-hasilkan-obat-paten-bioteknologi INILAH.COM, Jakarta-PT Kalbe Farma Tbk mengadakan kerja sama dengan perusahaan penelitian dan pengembangan obat biologi inovatif asal Korea Selatan, Genexine Inc dengan mendirikan PT Kalbe Genexine Biologics (KGBio).

KGBio akan melakukan riset pengembangan obat biologi inovatif terbaru yang dipatenkan, yang nantinya diproduksi di Indonesia dan dipasarkan ke luar negeri, seperti ASEAN, Timur Tengah, Taiwan, dan Australia. Selain itu, melalui anak perusahaan, PT Kalbio Global Medika, PT Kalbe Farma Tbk membangun pabrik obat termasuk bahan baku obat biologi yang terletak di Delta Silikon 3, Cikarang senilai 300-400 miliar rupiah.

Kerja sama dengan Genexine Inc dan pembangunan pabrik obat biologi merupakan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat dan mendukung program pemerintah, kemandirian Industri Farmasi dan Alat Kesehatan 2025.

"Genexine asal Korea Selatan dipilih selain karena mereka telah menghasilkan produk obat biologi terbaru, yang terpenting mereka mau melakukan alih teknologi," kata Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius dalam keterangan tulisnya, Rabu (13/9/2017).

Pabrik yang dibangun PT Kalbio Global Medika, memiliki keunggulan fasilitas teknologi terkini dan berstandar International, sistem jaminan kualitas, serta ramah lingkungan. PT Kalbio Global Medika melakukan pelatihan selama satu tahun kepada karyawan bekerja sama dengan i3L (Indonesia International Institute for Life Science) sebelum mereka dapat bekerja di fasilitas produksi dan pengawasan kualitas.

Sedangkan PT Kalbe Genexine Biologics akan melakukan uji klinis dan komersialisasi next generation recombinant proteins.

"Pada tahap awal PT Kalbio Global Medika memiliki karyawan 130 orang sarjana strata 1 dan 2 dari jurusan farmasi, kimia dan biotek untuk dididik selama satu tahun atas biaya PT Kalbio  Global Medika, untuk berikutnya kita rekrut 30 orang lagi dan saat ini kami sudah memiliki program pelatihan untuk proses produksi obat biologi” ujar Sie Djohan, Direktur PT Kalbe Farma Tbk.

Melalui perusahaan ini juga, (KGBio) mendukung pemerintah dalam melakukan  penguasaan teknologi melalui alih teknologi dari pihak Genexine pada tahap clinical trial atau percobaan klinis pada pasien hingga proses produksi dimana produksi ini dilakukan pada PT Kalbio Global Medika.

Kyudon Kim PhD, Chief Operating Officer Genexine Inc, mengatakan telah melakukan uji klinis EPO fase 3 dengan Kalbe Farma, perusahaan farmasi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Kalbe Farma selama ini dikenal sebagai perusahaan yang selalu berinovasi, kuat dalam penelitian. Kerjasama ini akan terus ditingkatkan untuk mengembangkan bahan baku dan obat biologi yang sangat berguna bagi kesehatan.

Kalbe Genexine (KGBio) saat ini sedang mempersiapkan percobaan klinis pasien fase 3 di ASEAN, Australia dan Taiwan untuk Erythropoietin (EPO) dengan efek kerja yang panjang dibandingkan EPO yang ada sekarang. EPO adalah suatu hormone yang dihasilkan ginjal untuk pembentukan sel-sel darah merah dimana EPO ini akan berkurang diproduksi pada pasien ginjal kronik).

"Kehadiran PT Kalbio Global Medika dan PT Kalbe Genexine Biologics akan mendukung penelitian dan pengembangan serta produksi obat biologi dalam negeri yang hasilnya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kita dan sekaligus meningkatkan ekspor di ASEAN serta negara-negara lain seperti Australia dan Timur Tengah," Kata Sie Djohan. [adc]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404287/kgbio-siap-hasilkan-obat-paten-bioteknologi Wed, 13 Sep 2017 20:15:00 +0700 KGBio Siap Hasilkan Obat Paten Bioteknologi KGBio Siap Hasilkan Obat Paten Bioteknologi KGBio Siap Hasilkan Obat Paten Bioteknologi KGBio Siap Hasilkan Obat Paten Bioteknologi
Mungkinkah Jamu Sembuhkan Kanker tanpa Operasi? http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404209/mungkinkah-jamu-sembuhkan-kanker-tanpa-operasi TAK sedikit iklan/promosi obat tradisional/jamu yang menyatakan jaminan kesembuhan tanpa melalui proses operasi, diantaranya sebagai berikut:
- Obat Kanker Herbal Tanpa Operasi
- Kapsul Herbal, Sembuhkan Kanker, Tumor dan Kista Tanpa Operasi
- Jamu ini Cegah dan Sembuhkan Kanker Tanpa Operasi

Rata-rata klaim yang menonjol ialah sembuh tanpa perlu melalui proses operasi. Tentu hal ini sangat menggiurkan dan tidak menyeramkan sebagaimana operasi. Namun, melalui laman resminya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan bahwa hal tersebut adalah tidak benar. Klaim tersebut sangat berlebihan dan termasuk kategori klaim tinggi yang harus dibuktikan melalui serangkaian uji berupa uji pra klinik dan uji klinik.

Jamu adalah obat tradisional asli Indonesia yang merupakan salah satu warisan budaya. Jamu diketahui keamanan dan khasiatnya karena telah digunakan secara turun temurun sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Badan POM tidak pernah menyetujui klaim khasiat Obat Tradisional/Jamu untuk menyembuhkan kanker. Klaim yang disetujui untuk Obat Tradisional/Jamu adalah membantu memelihara kondisi kesehatan pada penderita kanker.

Selain itu, sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 386 Tahun 1994 tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas, Obat Tradisional, Alat Kesehatan, Kosmetik, dan PKRT lampiran 2, Obat Tradisional/Jamu untuk kanker tidak boleh diiklankan. Jadi sebagai masyarakat yang sadar dan cerdas disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker dalam penggunaan Obat Tradisional/Jamu pada penderita kanker karena pendeteksian dan penanganan dini secara tepat dapat meningkatkan kualitas hidup dan/atau kesembuhan bagi pasien. Salam sehat! [DOS]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404209/mungkinkah-jamu-sembuhkan-kanker-tanpa-operasi Wed, 13 Sep 2017 16:20:00 +0700 Mungkinkah Jamu Sembuhkan Kanker tanpa Operasi? Mungkinkah Jamu Sembuhkan Kanker tanpa Operasi? Mungkinkah Jamu Sembuhkan Kanker tanpa Operasi? Mungkinkah Jamu Sembuhkan Kanker tanpa Operasi?
Yuk Menjaga Kualitas Hidup di Usia 40 http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404161/yuk-menjaga-kualitas-hidup-di-usia-40 UMUR memang kita tiada yang tahu, semua itu rahasia Allah. Tapi apakah lantas kita tidak berusaha atau berupaya untuk menjaganya.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika memasuki usia 40-an. Di antaranya:

1. Makanan

Metabolisme tubuh pada saat usia 40-an semakin melambat, oleh sebab itu jumlah dan jenis makanan harus dimodifikasi sesuai dengan usia. Jumlah dikurangi separuh dari porsi yang biasa kita makan. Jenisnya diperbanyak  yang berserat tinggi, sayur-sayuran, buah-buahan dan makanan berprotein. Kecuali yang memiliki gangguan ginjal dapat mengurangi protein.

Hindari makanan berkarbohidrat sederhana, bedakan karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks. Karbo sederhana itu misalnya nasi, singkong, kentang dan sebagainya. Sedangkan karbo kompleks contohnya oatmeal, dan beberapa macam buah-buahan.

Kenapa karbo kompleks jauh lebih baik? karena saluran pencernaan butuh waktu lama untuk memproses karbo kompleks menjadi energi. Sehingga rasa kenyang bertahan lebih lama dibandingkan jika mengkonsumsi karbo sederhana.

2. Jangan stress

Kenapa kita harus menghindari stress? Stress memicu keluarnya zat-zat yang memediasi proses peradangan sehingga memperburuk kondisi tubuh. Apalagi saat di dalam tubuh sedang berusaha untuk meminimalisir stimulus dari luar, seperti radiasi, benda asing dan sebagainya.

Usaha tubuh dalam melakukan netralisir akan sangat terganggu dengan munculnya zat-zat mediator dalam proses radang yang ditimbulkan stress tadi. Beberapa penyakit akan diperburuk oleh stres, seperti hipertensi, penyakit jantung atau kanker.

Bagaimana cara menghindari stress? Bisa dengan pengendalian emosi, emosi yang terkendali tidak akan mudah menimbulkan stress. Bisa juga dengan refreshing dan lebih tekun beribadah.

3. Olahraga teratur

Olahraga tidak memperpanjang usia, tapi memperbaiki kualitas hidup. Dengan olahraga teratur, organ-organ tubuh akan lebih terlatih dan tidak mudah untuk rusak. Dengan catatan, olahraga yang dilakukan tidak berlebihan dan disesuaikan dengan kondisi fisik kita. Olahraga yang berlebihan justru akan berakibat negatif terutama pada jantung dan ginjal. Apalagi jika tidak dilakukan latihan bertahap sebelumnya.

4. Medical check up

Lakukanlah medical check up secara teratur. minimal setahun sekali. Yang rutin adalah pemeriksaan lab darah, urine, ektrokardiogram (EKG), pap smear , liver function test, kidney function test, lung respirometry dan sebagainya. Dengan medical check up rutin, kita bisa lebih mewaspadai hal-hal yang dapat memperburuk kondisi kita ke depannya.

Demikian beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam menjaga kondisi kesehatan di usia 40 tahun. Jauh lebih indah untuk bisa menjaga kualitas hidup hingga usia senja. [*]

* dr. Reza Aditya Digambiro, M.Kes, M.ked (PA), Sp.PA, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404161/yuk-menjaga-kualitas-hidup-di-usia-40 Wed, 13 Sep 2017 11:13:00 +0700 Yuk Menjaga Kualitas Hidup di Usia 40 Yuk Menjaga Kualitas Hidup di Usia 40 Yuk Menjaga Kualitas Hidup di Usia 40 Yuk Menjaga Kualitas Hidup di Usia 40
Awas! Katarak dapat Menyerang Mata Bayi http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2403941/awas-katarak-dapat-menyerang-mata-bayi KATARAK pada bayi? Seolah asing terdengar dan menjadi hal yang mengerikan untuk dibayangkan. Hal inilah yang baru saja menimpa salah seorang artis tanah air yakni Asri Welas. Putra keduanya yang diberi nama Rayyan Gibran Ridha Rahardja yang lahir pada 12 April 2017 lalu ini mengalami katarak pada kedua matanya.

Pada Senin 11/9 di akun instagramnya Asri mengungkapkan, "Waktu itu Terus terang rasanya seperti langit runtuh harus menerima Kenyataan waktu Prof Rita (dokter yang menangangi anak Asri) bilang Mas Ibran ada katarak di ke 2 matanya."

Penyakit tersebut diketahui pada saat usia putranya memasuki 3 bulan yang berakibat pada ketidakjelasan pengelihatan sang bayi. Meski selama ini katarak selalu identik sebagai penyakit degeneratif yang menimpa orang lanjut usia (lansia), ternyata katarak juga dapat menyerang seorang bayi. Penyebab katarak kongenital (bawaan) dapat bermacam-macam. Biasanya terjadi infeksi pada 3 bulan pertama kehamilan. Infeksi Rubella (dengan gejala seperti cacar), Toxoplasma, Cytomegalovirus sering menjadi penyebab katarak kongenital. Keturunan (genetik), masalah metabolisme, diabetes, trauma (benturan), inflamasi atau reaksi obat adalah beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan katarak kongenital.

Menurut laman resmi Jakarta Eye Center, gejala katarak pada anak dapat dideteksi sejak dini. Gejala yang mungkin terlihat adalah jika mata anak terlihat seperti ada keputihan di pupil, bola mata tampak tidak seimbang atau anak mudah silau saat terkena sinar matahari. Jika menemukan salah satu gejala diatas, segera konsultasi dengan dokter mata sedini mungkin untuk mencegah kerusakan mata lebih lanjut atau kebutaan. Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut maka katarak pada anak bisa dihilangkan dengan operasi.

Operasi ini sangat penting dilakukan untuk mencegah kebutaan permanen pada bayi kita. Gejala ini disebut dengan Ambliopia yakni meski nantinya menggunakan kacamata jenis apapun tetap tidak dapat mengembalikan fungsi penglihatan mata secara normal. Namun, pendeteksian dini di Indonesia masih sangat minim dilakukan. Semoga anak-anak kita terbebas dari hal serupa dengan kita yang turut aktif menjadi orangtua yang lebih peka terhadap tumbuh kembang mereka. Salam sehat! [DOS]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2403941/awas-katarak-dapat-menyerang-mata-bayi Tue, 12 Sep 2017 16:45:00 +0700 Awas! Katarak dapat Menyerang Mata Bayi Awas! Katarak dapat Menyerang Mata Bayi Awas! Katarak dapat Menyerang Mata Bayi Awas! Katarak dapat Menyerang Mata Bayi
Isu Obat Progesterex, Minum 1x Mandul Selamanya? http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2403932/isu-obat-progesterex-minum-1x-mandul-selamanya ISU penyalahgunaan obat dengan nama "Progesterex" bukanlah hal yang baru di Indonesia. Terkait hal itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) telah melakukan penelusuran terkait obat tersebut dan menyatakan bahwa pemberitaan tersebut adalah HOAX.

Berdasarkan data registrasi obat di Badan POM, Progesterex tidak terdaftar sebagai obat di Badan POM. Selain itu obat Progesterex tidak pernah terdapat di dunia nyata. Sementara Rohypnol, yang disebutkan dalam pemberitaan dikonsumsi bersamaan dengan Progesterex untuk mensterilisasi perempuan, pernah terdaftar di Badan POM sebagai obat impor pada tahun 1981 namun tidak pernah didaftarkan ulang. Dengan kata lain, jika saat ini terdapat produk Rohypnol di pasaran berarti produk ilegal.

Dari hasil pengawasan Badan POM selama tahun 2010-2016 juga tidak pernah ditemukan produk ilegal atas nama Progesterex dan Rohypnol, serta belum pernah ada laporan penyalahgunaan keduanya. Masyarakat dihimbau agar tidak perlu resah dengan informasi yang menyesatkan berupa pesan berantai yang dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jadilah masyarakat cerdas yang tidak mudah percaya dengan segala sesuatu yang beredar di dunia maya apalagi bukan dari situs resmi atau ahli kesehatan dan perobatan seperti dokter dan apoteker. Pernyataan terkait obat yang diminum secara oral dan berakibat pada kemandulan permanen juga merupakan pembodohan. Tidak ada pil sterilisasi apapun dengan nama apapun yang ada untuk memandulkan hewan apalagi manusia. Sterilisasi dilakukan secara fisik melalui operasi.

Sterilisasi bekerja dengan menghentikan pertemuan antara sel telur dan sperma. Pada sterilisasi wanita (oklusi tuba) dilakukan dengan cara memotong, mengunci atau menghalangi tuba falopi yang membawa telur dari ovarium ke rahim. Sedangkan pada sterilisasi pria dilakukan dengan cara memotong, mengunci atau mengikat vas deferens (tabung yang membawa sperma dari testis ke penis). Tindakan ini disebut dengan vasektomi.

Semoga masyarakat Indonesia dapat lebih teredukasi lagi dengan informasi yang valid serta tidak turut serta menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya bahkan menjadi penyebar berita hoax. Salam cerdas dan sehat! [DOS]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2403932/isu-obat-progesterex-minum-1x-mandul-selamanya Tue, 12 Sep 2017 16:15:00 +0700 Isu Obat Progesterex, Minum 1x Mandul Selamanya? Isu Obat Progesterex, Minum 1x Mandul Selamanya? Isu Obat Progesterex, Minum 1x Mandul Selamanya? Isu Obat Progesterex, Minum 1x Mandul Selamanya?
Watsons Buka Gerai Online untuk Manjakan Pasien http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2403480/watsons-buka-gerai-online-untuk-manjakan-pasien INILAH.COM, Jakarta-Jaringan ritel kesehatan internasional, Watsons resmi membuka gerai online untuk melengkapi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan obat dan perlengkapan kesehatan.

Pembukaan gerai online ini bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-11 Watsons Indonesia yang digelar di Atrium Mal Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (9/9/2017).

Radhiant Siregar, Head of Department E-Commerce Watsons Indonesia mengatakan, pembukaan gerai online ini merupakan salah satu upaya untuk memanjakan konsumen atau pasien. Mengingat era digital berkembang begitu pesat, Watsons Indonesia pun membuat gebrakan dengan melayani penjualan obat-obatan secara online.

"Kami resmi meluncurkan e-commerce Watsons Online untuk melayani kebutuhan dari kaum urban yang memang ingin serba cepat. Toko online kami bisa diakses di dua platform, yaitu website (www.watsons.co.id) dan mobile-app WatsonsID yang ada di Google Play & App Store," kata Radhiant kepada wartawan.

Menariknya, sambung Radhiant, keunggulan dari berbelanja online ini, konsumen dapat bertransaksi dalam beragam cara, mulai dari bank transfer, kartu kredit, hingga COD (Cash On Delivery), ketika barang sampai itu baru terjadi pembayaran.

Rangkaian perayaan ulang tahun Watsons ke-11 ini berlangsung dari tanggal 4-10 September 2017 yang turut dimeriahkan oleh para selebritas tanah air, seperti Cherrbelle, Wulan Guritno, Andien, Christine Hakim, dan Runner Up Miss Indonesia 2017 Astini Putri dan Rachel Goddard.

"Kami sangat senang karena saat ini Watsons mampu bertahan dalam persaingan industri retail di Indonesia selama 11 tahun. Dalam perayaan ulang tahun Watsons ini, kami berbagi kebahagiaan dengan memberikan beragam hadiah menarik kepada pelanggan setia kami. Kado spesial grand prize adalah sebuah vespa berwarna merah dan diskon hingga 72 persen selama September ini," ujar Lilis Mulyawati, Presiden Director Watsons Indonesia. [adc]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2403480/watsons-buka-gerai-online-untuk-manjakan-pasien Sun, 10 Sep 2017 18:02:00 +0700 Watsons Buka Gerai Online untuk Manjakan Pasien Watsons Buka Gerai Online untuk Manjakan Pasien Watsons Buka Gerai Online untuk Manjakan Pasien Watsons Buka Gerai Online untuk Manjakan Pasien
Apoteker Berkewajiban Mengedukasi Pasien http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2402993/apoteker-berkewajiban-mengedukasi-pasien INILAH.COM, Jakarta-Apoteker punya peran penting bagi perubahan di dunia kesehatan. Seorang apoteker mempunyai kewajiban untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai obat-obatan.

Seperti disampaikan oleh Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI Maura Linda Sitanggang. Maura memberi contoh perihal pemberian antibiotik kepada pasien yang tanpa menggunakan resep dokter.

"Apoteker dapat menjadi agen perubahan bagi masyarakat khususnya tentang antibiotik dimana seorang apoteker tidak boleh memberikan antibiotik tanpa resep dokter. Kalaupun mereka membeli dengan resep dokter, maka apoteker harus mengingatkan bahwa antibiotik harus dihabiskan," kata Maura di sela-sela Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) dan Rakernas Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (6/9/2017).

Tak berhenti sampai di situ, lanjut Maura, apoteker juga bertugas memberi pengertian mengenai manfaat antibiotik yang harus dihabiskan oleh sang pasien.

"Karena merasa kesehatannya sudah membaik, orang terkadang tidak menghabiskan antibiotik. Bahkan ada yang menyimpan antibiotik. Nanti ketika yang bersangkutan itu sakit, dia akan menggunakan antibiotik itu lagi. Padahal penggunaan antibiotik ada masa pakainya," papar Maura.

Sementara itu, Ketua Umum PB IAI Nurul Falah Eddy Pariang menambahkan, tidak hanya soal antibiotik, apoteker juga tidak boleh memberikan obat keras tanpa resep dokter.

Nurul menambahkan, saat ini jumlah apoteker yang teregistrasi di Kementerian Kesehatan hampir 70 ribu orang. Meski demikian, dia mengakui penyebaran apoteker belum merata. Masih sedikit apoteker yang bekerja di Puskesmas.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dalam kesempatan yang sama mengatakan, apoteker adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan pekerjaan kefarmasian pada unit pelayanan kesehatan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil dengan hak dan kewajiban yang diberikan secara penuh oleh pejabat yang berwenang.

"Artinya bahwa Jabatan Fungsional Apoteker merupakan jabatan karier bagi PNS dan tidak dapat diduduki oleh non-PNS atau PPPK," ujarnya.

Menteri Asman mengimbau apoteker untuk menjalankan kewajibannya sebagai apoteker yaitu dengan melakukan layanan kefarmasian dengan memberikan informasi seluas-luasnya mengenai obat kepada masyarakat.

"Tentunya saudara sekalian dituntut untuk membangun sistem dan prosedur kerja yang lebih berorientasi pada ciri-ciri organisasi modern, yakni pelayanan cepat, tepat, akurat, terbuka dengan tetap mempertahankan kualitas, efesiensi biaya, dan ketepatan waktu," katanya. [adc]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2402993/apoteker-berkewajiban-mengedukasi-pasien Thu, 07 Sep 2017 19:45:00 +0700 Apoteker Berkewajiban Mengedukasi Pasien Apoteker Berkewajiban Mengedukasi Pasien Apoteker Berkewajiban Mengedukasi Pasien Apoteker Berkewajiban Mengedukasi Pasien
Dumolid, Obat Resep atau Obat Terlarang? http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2402817/dumolid-obat-resep-atau-obat-terlarang NAMA dumolid mendadak populer di kalangan masyarakat sejak ditangkapnya seorang publik figur dengan tuduhan penyalahgunaan obat. Masyarakat awam mungkin berpikir bahwa dumolid termasuk ke dalam obat-obatan terlarang setara ganja, ekstasi, sabu dll. Benarkah demikian? Menurut penjelasan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM):

- Dumolid mengandung zat aktif Nitrazepam merupakan obat psikotropika yang biasa digunakan untuk pengobatan jangka pendek insomnia/ gangguan tidur dengan berbagai sebab.
- Di Indonesia, Dumolid pertama kali mendapatkan izin edar Badan POM sebagai obat insomnia pada tahun 1974.
- Penyerahan Dumolid sebagai golongan psikotropika dalam rangka peredaran hanya dapat dilakukan di apotek, rumah sakit, puskesmas, balai pengobatan, dan dokter. Masyarakat bisa memperoleh obat psikotropika, termasuk Dumolid, hanya di apotek dengan menggunakan resep dokter.
- Penjualan obat psikotropika melalui media online melanggar ketentuan UU No. 5 tahun 1997 tentang Psikotropika. Dan untuk mengantisipasinya, Badan POM telah membangun kerja sama dengan Asosiasi e-commerce. Jika menemukan pelanggaran, Badan POM membuat surat rekomendasi penutupan subsite kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Untuk menghindari penyalahgunaan obat maupun peredaran obat ilegal, diperlukan peran aktif seluruh komponen bangsa, baik instansi pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat. Dan salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pencanangan Aksi Nasional Pemberantasan Penyalahgunaan Obat yang melibatkan lintas sektor terkait.

Jadi, dumolid bukanlah obat ilegal yang dilarang oleh hukum. Namun cara peredarannya hingga ke tangan konsumen lah yang diatur sedemikian rupa agar tepat guna. Jika dilihat dari sisi harga pun, dumolid juga bukan obat yang terlalu mahal, obat ini satu paknya berisi 100 tablet hanya sekitar 280.000 atau 2.800 rupiah saja per tabletnya. Tentu berbeda jauh dengan harga obat-obatan terlarang seperti ganja, sabu dan lainnya.

Selain itu, jika kita mau melakukan introspeksi secara keseluruhan. Kesalahan tak dapat dilimpahkan 100% pada konsumen yang bisa jadi tak tahu mengenai peraturan peredaran obat golongan psikotropika. Karena memang obat ini termasuk mudah untuk didapatkan baik di apotek-apotek tertentu yang "nakal" atau dijual bebas secara online. Semoga dengan terkuaknya kasus ini dapat menjadi ajang perbaikan bagi seluruh elemen mulai dari hulu hingga ke hilir. Bukankah tak akan ada "konsumen nakal" jika tak ada "penjual yang nakal"? Atau jika keduanya tetap "nakal", semoga BPOM dan instansi lain yang terkait dapat melakukan fungsinya dengan lebih baik lagi. Salam sehat! [DOS]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2402817/dumolid-obat-resep-atau-obat-terlarang Thu, 07 Sep 2017 11:00:00 +0700 Dumolid, Obat Resep atau Obat Terlarang? Dumolid, Obat Resep atau Obat Terlarang? Dumolid, Obat Resep atau Obat Terlarang? Dumolid, Obat Resep atau Obat Terlarang?
Kopi Instan Berbahaya bagi Tubuh, Benarkah? http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2402811/kopi-instan-berbahaya-bagi-tubuh-benarkah SEMAKIN menjamurnya produk kopi dalam bentuk kemasan yang dinikmati baik dari kalangan anak muda hingga yang tua memicu kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat. Ramai diperbincangkan bahwa kopi tersebut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diabetes, kolesterol, jantung dan lainnya. Benarkah demikian?

Sebelum kita berbicara jauh tentang efek samping dari pengonsumsian kopi, ada baiknya kita menelaah terlebih dahulu pengertian dari kopi instan itu tersendiri. Menurut penjelasan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), istilah kopi instan di kalangan masyarakat sering kali disalahartikan sebagai minuman serbuk kopi yang dicampur dengan gula atau susu atau krimer. Padahal kedua jenis pangan tersebut merupakan jenis pangan yang berbeda.

Dalam Peraturan Kepala Badan POM No. 21 tahun 2016 tentang Kategori Pangan, diatur definisi dan karakteristik dasar beberapa jenis pangan olahan kopi serbuk antara lain kopi bubuk, kopi instan, kopi dekafein, kopi instan dekafein, minuman serbuk kopi gula susu, minuman serbuk kopi gula krimer, minuman serbuk kopi gula.

- Kopi bubuk merupakan biji kopi yang disangrai kemudian digiling, kandungan kafein anhidrat tidak lebih dari 2%.
- Kopi instan merupakan produk kering mudah larut dalam air, kandungan kafein tidak kurang dari 2% dan tidak lebih dari 8%, diperoleh seluruhnya dengan cara mengekstrak dengan air dari biji kopi (Coffea sp) yang telah disangrai.
- Kopi dekafein / Kopi instan dekafein merupakan kopi/ kopi instan yang sebagian besar kafeinnya telah dihilangkan.
- Minuman serbuk kopi gula/kopi gula susu/kopi gula krimer berbentuk bubuk, terdiri dari campuran kopi bubuk dan atau kopi instan, gula serta susu/krimer, dengan atau tanpa penambahan bahan pangan lain.

Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa kopi instan tak sekadar serbuk kopi yang dicampur dengan gula atau susu atau krimer. Bisa saja ia berbentuk kopi bubuk saja yang mudah larut dalam air. Selain itu, berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian RI nomor 03/M-IND/PER/1/2016, Kopi instan (murni tanpa dicampur bahan lain) termasuk kopi instan dekafein baik dalam kemasan ritel atau bentuk curah/bulk diwajibkan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) 2983 : 2014. Seluruh produk kopi instan yang beredar di pasaran dan memiliki nomor izin edar (MD/ML) telah melalui  proses penilaian terhadap keamanan, mutu, gizi dan label produk.

Oleh karena itu, bahaya terkait kopi instan bukanlah akibat dari kandungan kopi tersebut. Melainkan disebabkan oleh berapa gelas kopi yang dikonsumsi dalam sehari oleh para penikmatnya. Apakah masih dalam batas wajar atau berlebihan? Dan perlu diperhatikan pula respon tubuh yang muncul pasca meminum kopi seperti jantung berdebar, lambung perih, kepala sakit atau lainnya. Hal ini dapat menjadi barometer awal untuk mengatur frekuensi meminum kopi.

Jadi, silahkan menikmati kopi asal tetap mawas diri. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Cermatlah dalam kesehatan agar hidup semakin bermanfaat. Salam sehat! [DOS]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2402811/kopi-instan-berbahaya-bagi-tubuh-benarkah Thu, 07 Sep 2017 10:30:00 +0700 Kopi Instan Berbahaya bagi Tubuh, Benarkah? Kopi Instan Berbahaya bagi Tubuh, Benarkah? Kopi Instan Berbahaya bagi Tubuh, Benarkah? Kopi Instan Berbahaya bagi Tubuh, Benarkah?
Pengobatan Kanker Ini Diklaim Minim Efek Samping http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2401620/pengobatan-kanker-ini-diklaim-minim-efek-samping INILAH.COM, Jakarta-Rumah sakit di China, bernama St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou mengklaim punya metode pengobatan kanker yang minim efek samping dan efektif mengatasi kanker.

Seperti kita tahu, sampai saat ini kanker merupakan momok paling menakutkan karena penyakit ini bisa menyerang siapapun dan tak mengenal usia.

St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou merupakan rumah sakit kanker internasional hasil kerja sama antara Bo'ai Medical Group China dan Perennial Real Estate Singapura.

General Manager St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, Wu Jin Guo untuk wilayah Jakarta dalam keterangan tertulisnya mengatakan, selama ini pihaknya melakukan pengobatan bagi pengidap kanker dengan model terapi komprehensif.

"Terapi ini adalah metode gabungan pengobatan timur dan barat bertarget minimal invasif," kata Wu Jin Guo, Rabu (31/8/2017).

Metode pengobatan tersebut menurutnya punya beberapa keunggulan seperti, minim luka, efektif, pemulihan cepat, pengobatan akurat, dan minim efek samping lainnya.

"Metode ini juga dapat mengobati kanker stadium awal dan lanjut serta mendapatkan hasil yang baik," ujarnya.

Lebih lanjut Wu Jin Guo menjelaskan, sistem ini juga mengintegrasikan esensi pengobatan tradisional China. Pengobatan itu, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga keseimbangan tubuh dalam proses pengobatan kanker, membunuh sel tumor padat sekaligus membangun kembali sistem kekebalan tubuh yang kuat terhadap kanker, serta menghambat metastasis dan kekambuhan kanker secara menyeluruh.

Saat ini, lanjut Wu Jin Guo, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou telah berkembang menjadi basis pengobatan kanker internasional terbesar di China Selatan.

"Hingga kini telah menyembuhkan lebih dari 20.000 pasien kanker stadium awal dan lanjut dari 30 negara di Asia Tenggara dan Timur Tengah," demikian Wu Jin Guo. [adc]

]]>
Sehat Inilahcom http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2401620/pengobatan-kanker-ini-diklaim-minim-efek-samping Thu, 31 Aug 2017 22:20:00 +0700 Pengobatan Kanker Ini Diklaim Minim Efek Samping Pengobatan Kanker Ini Diklaim Minim Efek Samping Pengobatan Kanker Ini Diklaim Minim Efek Samping Pengobatan Kanker Ini Diklaim Minim Efek Samping