Inilah.com - Teknologi http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Mon, 20 Nov 2017 20:47:17 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/teknologi http://www.inilah.com/ Inilah.com - Teknologi http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 Drone Ini Terbang Mengikuti Gerakan Rollercoaster http://ini.la/2419242 INILAHCOM, London - Kelebihan drone adalah mampu terbang dan menghasilkan foto dan video yang menarik. Sebuah video terbaru dari drone ini bisa membuat kita merasa sedang terbang layaknya burung yang mengikuti laju kencang sebuah rollercoaster.

Mirror UK melansir, sebuah video drone yang diunggah oleh akun bernama RED-FPV di YouTube sedang menarik perhatian dan kini semakin viral antara para penggemar drone.

Video yang diunggah tersebut sangat menarik di kalangan pengemar drone karena menampilkan manuver drone di udara mengikuti rollercoaster di sebuah taman hiburan.

Terbang sangat dekat dengan rollercoaster yang meliuk-meliuk tentu saja sangat menantang. Bukan hanya sulit menghasilkan video yang bagus, tetapi juga bahaya ketika terbang.

Drone bisa dengan mudah menabrak rollercoaster ketika harus mengikuti sekaligus merekam saat wahana tersebut melaju cepat. Video yang direkam disajikan dalam sudut pandang first person view (FPV) sehingga video tersebut memacu adrenalin siapapun yang menyaksikannya.

Tidak diketahui drone merek apa yang digunakan dalam video tersebut. Namun, melihat cara terbangnya, kemungkinan besar drone tersebut tidak menggunakan teknologi mode otonom mengikuti penggunanya melainkan dikendalikan oleh seseorang yang berada di pinggir wahana tersebut dengan kacamata FPV, sehingga mampu bermanuver secara akurat.

Penasaran seperti apa? langsung saja tonton videonya di bawah ini:

]]>
Teknologi Inilahcom http://ini.la/2419242 Mon, 20 Nov 2017 20:20:00 +0700 Drone Ini Terbang Mengikuti Gerakan Rollercoaster Drone Ini Terbang Mengikuti Gerakan Rollercoaster Drone Ini Terbang Mengikuti Gerakan Rollercoaster Drone Ini Terbang Mengikuti Gerakan Rollercoaster
iOS 11.2 Dilengkapi Fitur 'Wireless Charging' http://ini.la/2419232 INILAHCOM, San Francisco - Fitur pengisian daya tanpa kabel alias wireless charging memang menjadi salah satu fitur yang hilang dari jajaran iPhone besutan Apple, jika dibandingkan dengan smartphone lain yang beredar di pasaran. Tetapi hal tersebut berubah setelah Apple meluncurkan iPhone 8, 8 Plus, dan X yang telah dibekali fitur wireless charging.

Seklias memang terlihat pengisian daya secara nirkabel memang lebih mudah, karena pengguna tak perlu repot-repot memasangkan charger ke perangkat. Tetapi sedikit kekurangan dari pengisian daya dengan cara ini adalah, pengisian nirkabel lebih lambat terisi dibanding dengan cara konvensional.

Kabar baik bagi pemilik iPhone adalah update iOS 11.2 akan mengubah stigma tersebut. Update ini akan membuat pengisian daya iPhone 8, 8 Plus, dan X secara nirkabel menjadi lebih cepat. Sebelumnya daya hanya bisa tersalurkan sebesar 5 watt, kini meningkat menjadi 7,5 watt.

Menurut laporan dari MacRumors, pembuat aksesoris smartphone, RAVpower telah melakukan pengujian. Dimana hasilnya memperlihatkan bahwa update iOS 11.2 benar-benar membuat proses pengisian daya nirkabel menjadi jauh lebih cepat.

Sayangnya, iOS 11.2 saat ini masih dalam versi beta dan belum ada kabar mengenai tanggal perilisannya.

Namun kabarnya tahap beta ini sudah berlangsung dengan baik, sehingga diharapkan tidak akan lama lagi menunggu Apple merilisnya secara resmi.

Semua orang di Beta Publik sudah, Anda cukup masuk di aplikasi Setelan, buka General> Software Update untuk memeriksa pembaruan tersebut.

 

]]>
Teknologi Inilahcom http://ini.la/2419232 Mon, 20 Nov 2017 19:19:00 +0700 iOS 11.2 Dilengkapi Fitur 'Wireless Charging' iOS 11.2 Dilengkapi Fitur 'Wireless Charging' iOS 11.2 Dilengkapi Fitur 'Wireless Charging' iOS 11.2 Dilengkapi Fitur 'Wireless Charging'
Fossil Luncurkan Jam Tangan Pintar Antiair http://ini.la/2419234 INILAHCOM, Texas - Produsen jam tangan Fossil baru saja meluncurkan smartwatch teranyarnya yang diberi nama Fossil Q Control.

Tidak seperti smartwatch Fossil lainnya, seri terbaru ini ditujukan untuk segmentasi tertentu. Fossil Q Control menjadi smartwatch sporty pertama yang dibuat oleh Fossil.

Mengutip Techradar, Fossil Q Control menjalankan Android Wear 2.0 dan mendukung penuh iPhone dan Android minimal versi 4.4. Fosil membenamkan GPS di dalamnya dan kompatibilitasnya dengan Strava dan juga Google Fit. Benar-benar ditujukan bagi para pecinta olahraga.

Mengintip dapur pacunya, Q Control ditenagai Snapdragon Wear 2100. Tersemat memori internal sebesar 4GB. Sedangkan sumber daya baterainya diklaim menawarkan masa pemakaian hingga 24 jam.

Beberapa fitur lain khas smartwatch tentunya tak ketinggalan untuk disematkan. Seperti heart rate sensor dan pengukur langkah.

Fossil mengumumkan bahwa Q Control akan mulai tersedia dan dapat dibeli secara online maupun retail mulai pekan ini dengan harga US$275 atau sekitar Rp3,7 juta.

]]>
Teknologi Inilahcom http://ini.la/2419234 Mon, 20 Nov 2017 18:18:00 +0700 Fossil Luncurkan Jam Tangan Pintar Antiair Fossil Luncurkan Jam Tangan Pintar Antiair Fossil Luncurkan Jam Tangan Pintar Antiair Fossil Luncurkan Jam Tangan Pintar Antiair
Kemenag Gelar Kompetisi Robotik Madrasah 2017 http://ini.la/2419223 INILAHCOM, Tangerang - Salah satu rangkaian kegiatan International Islamic Education Expo (IIEE) atau Expo Internasional Pendidikan Islam yang digelar 21-24 November 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang Selatan Banten adalah Kompetisi Robotik Madrasah 2017.

Kompetisi Robotik Madrasah merupakan kegiatan unggulan tahunan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Tahun ini adalah tahun yang ketiga. Kompetisi Robotik Madrasah pertama kali diselenggarakan di tahun 2015 di Cilandak Town Square Jakarta Selatan dan tahun 2016 di Mall of Indonesia Jakarta Utara. Sedangkan tahun ini, Kompetisi Robotik Madrasah 2017 diselenggarakan di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Banten, pada 23 November 2017.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin mengatakan bahwa Kompetisi Robotik Madrasah ini merupakan bagian tak terpisakan dari Ekspo Pendidikan Islam yang bertujuan mempromosikan bahwa pendidikan Islam di Indonesia, termasuk pendidikan  dasar madrasah, tidak anti pada teknologi.

“Siswa-siswi madrasah  yang memiliki bakat dan minat di bidang robotik dan bahkan sudah banyak siswa-siswi madrasah ada yang juara robotik di tingkat internasional menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Indonesia memiliki kualitas dunia,” ujar Kamaruddin Amin dalam siaran pers yang diterima INILAHCOM.



Kamaruddin Amin berharap Kompetisi Robotik Madrasah ini mampu menghasilkan siswa-siswi madrasah yang memiliki kemampuan di bidang robotik berkelas internasional.

Pendaftaran Kompetisi Robotik Madrasah 2017 yang telah dibuka sejak 8-13 November ini berhasil menjaring 152 tim yang mendaftar. Namun karena terbatasnya kuota, panitia disebut terpaksa melakukan seleksi bagi pendaftar.

Sehingga terpilihlah 83 tim (MI, MTs dan MA). Setiap tim terdiri dari dua siswa, dengan total peserta mencapai 166 siswa. Mereka akan memperebutkan total hadiah senilai Rp 250 juta yang telah disiapkan.

Adapun ke-83 tim yang terpilih mengikuti Kompetisi Robotik Madrasah 2017 ini adalah siswa-siswi madrasah yang berasal dari sejumlah provinsi di Indonesia, seperti Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Gorontalo, Bali, Bengkulu, Kepulauan Riau dan Riau.

]]>
Teknologi Inilahcom http://ini.la/2419223 Mon, 20 Nov 2017 17:17:00 +0700 Kemenag Gelar Kompetisi Robotik Madrasah 2017 Kemenag Gelar Kompetisi Robotik Madrasah 2017 Kemenag Gelar Kompetisi Robotik Madrasah 2017 Kemenag Gelar Kompetisi Robotik Madrasah 2017
Perbesar Video YouTube di Android dengan Cubit http://ini.la/2419231 INILAHCOM, San Francisco - Setelah tersedia untuk iOS, YouTube turut memboyong fitur pinch-to-zoom alias cubit untuk zoom pada aplikasi versi Android mereka.

Dengan gerakan mencubit (menyapukan jempol dan jari telunjuk) ke arah luar, pengguna YouTube di smartphone Android kini bisa memperbesar tampilan video yang sedang mereka tonton.

Sayangnya, fitur anyar ini baru bisa digunakan di perangkat smartphone dengan layar yang memiliki aspek rasio lebih besar dari 16:9.

Mengutip 9to5Google, fitur mencubit untuk memperbesar tampilan ini hadir di pembaruan atau update YouTube versi 12.44 yang dirilis pada 15 November lalu. Namun, perlu diketahui, ketika melakukan zooming atau memperbesar video yang sedang ditonton, maka sisi-sisi video tersebut bakal terpotong.

Untuk saat ini, fitur pinch-to-zoom sudah bisa dinikmati oleh pengguna YouTube di Google Pixel 2 XL, Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy S8+, Samsung Galaxy Note 8, Huawei Mate 10 Pro, dan LG V30.

Kabarnya, fitur ini juga bakal hadir di smartphone lain yang memiliki berbagai macam ukuran aspek rasio.

YouTube versi lawas di Android belum memiliki fitur ini, sehingga jika ingin menjajal bagaimana fitur ini bekerja, pengguna harus melakukan pembaruan aplikasi YouTube ke versi 12.44 di Google Play Store.

]]>
Teknologi Inilahcom http://ini.la/2419231 Mon, 20 Nov 2017 16:16:00 +0700 Perbesar Video YouTube di Android dengan Cubit Perbesar Video YouTube di Android dengan Cubit Perbesar Video YouTube di Android dengan Cubit Perbesar Video YouTube di Android dengan Cubit
iPhone X Masuk Daftar 25 Inovasi Terbaik 2017 http://ini.la/2419241 INILAHCOM, New York - iPhone X dinobatkan menjadi salah satu penemuan terbaik di tahun ini setelah masuk ke dalam daftar '25 Best Inventions of 2017' yang dirilis oleh majalah Time.

Flagship smartphone teranyar besutan Apple itu disejajarkan dengan penemuan menakjubkan lainnya, seperti wahana pendaratan di planet Mars buatan NASA, InSight.

Dalam sebuah artikel bertajuk A Smarter Smartphone, Time mendefinisikan iPhone X sebagai perangkat yang memadukan semua kualitas terbaik dari segi desain, fitur, dan spesifikasi.

"Kami melihat desain adalah sesuatu yang kami tanggapi secara serius sejak hari pertama," kata Dan Ricco, Senior Vice Presiden of Hardware Apple yang dijadikan pembuka artikel Time.

Artikel tersebut juga menonjolkan layar OLED yang untuk pertama kalinya dibenamkan Apple pada iPhone X, juga chipset A11 Bionic yang semakin mendukung implementasi augmented reality (AR), hingga kamera yang disematkan sistem Face ID.

Time juga menggarisbawahi bagaimana transformasi iPhone dari masa ke masa. Salah satu yang dianggap paling masif adalah peralihan antara Touch ID dan tombol Home, ke Face ID dan gestures.

Time menilai Apple memiliki sikap yang tegas dan konsisten soal jati dirinya sebagai vendor smartphone. Karenanya, iPhone X bisa lahir sebagai inovasi yang membawa industri smartphone ke level lebih tinggi.

Selain iPhone X, daftar '25 Best Inventions of 2017' versi majalah Time meliputi cangkir yang bisa menghangatkan isinya sendiri, lift yang bisa berubah arah, es krim sehat, fidget spinners, dan lain sebagainya.

Ini bukan pertama kalinya majalah Time mengapresiasi buah pemikiran Apple. Sebelumnya, pada daftar gadget paling berpengaruh sepanjang masa alias '50 Most Influential Gadgets of All Time' yang dipublikasikan pada 2016, majalah Time menempatkan iPhone pada urutan pertama.

iPhone dianggap berjasa memperkenalkan konsep aplikasi mobile yang hari ini tertera pada semua smartphone. Selain itu, produk Apple lainnya juga tercantum seperti Macintosh pada urutan ketiga, iPod pada urutan kesembilan, iPad di posisi 25, dan iBook di urutan 38.

]]>
Teknologi Inilahcom http://ini.la/2419241 Mon, 20 Nov 2017 15:15:00 +0700 iPhone X Masuk Daftar 25 Inovasi Terbaik 2017 iPhone X Masuk Daftar 25 Inovasi Terbaik 2017 iPhone X Masuk Daftar 25 Inovasi Terbaik 2017 iPhone X Masuk Daftar 25 Inovasi Terbaik 2017
Resmi Meluncur, OnePlus 5T Usung Spesifikasi Gahar http://ini.la/2419230 INILAHCOM, New York - Setelah bocorannya sempat ramai diperbincangkan, Oneplus 5T akhirnya resmi diperkenalkan dalam sebuah acara di kota New York, AS. Smartphone ini mengusung fitur premium dan membawa kecanggihan di sejumlah sektor yang dimiliki.

OnePlus 5T hadir dengan desain kekinian ala ponsel cerdas saat ini, yakni dengan layar bezel-less dalam aspek rasio 18:9. Layar tersebut mengusung panel AMOLED dengan bentang seluas 6 inci yang didukung resolusi Full HD+ sehingga siap menyuguhkan kualitas gambar super bening dengan ketajaman tinggi.

Bahkan perangkat buatan China ini siap menjadi pesaing smartphone FullView yang lebih dulu dirilis dari vendor OPPO, Huawei, Xiaomi, hingga Samsung.



Nyatanya lepas dari desain yang mempesona dan elegan nan trendi tersebut, perangkat OnePlus 5T bahkan memiliki tenaga monster di dalam bodinya. Bagaimana tidak, phablet anyar ini ditenagai oleh prosesor octa-core berkecepatan 2.45GHz dari chipset Qualcomm Snapdragon 835 yabg berpadu dengan kekuatan RAM dalam varian 6GB atau 8GB.

Sedangkan untuk kapasitas internal didukung varian 64GB atau 128GB. Semua pemrosesannya disokong baterai berdaya 3300mAh.

Sejumlah spesifikasi gahar tersebut membuat OnePlus cukup berani mengklaim bahwa produk terbarunya itu merupakan smartphone tercepat yang ada saat ini.



Klaim terkait OnePlus 5T sebagai smartphone Android tercepat saat ini memang dilakukan OnePlus melalui akun Twitter.  Bahkan vendor dari Negeri Tirai Bambu tersebut tidak menyebutkan bahwa klaim itu hanya berlaku untuk perangkat Android saja.

Dengan demikian, One Plus 5T diklaim sebagai ponsel Android paling cepat dibandingkan smartphone iPhone besutan Apple yang terbaru sekalipun.

“Setelah kamu terbiasa dengan kecepatan dan halusnya perangkat OnePlus, akan susah untuk kembali ke perangkat lain,” tulis OnePlus di akun Twitter resmi mereka saat klaim OnePlus 5T sebagai smartphone tercepat.

Tentunya OnePlus berhak memberikan klaim apapun pada perangkat besutannya seperti OnePlus 5T ini. Namun, perlu diingat standar kecepatan sebuah smartphone bermacam-macam. Seperti halnya hasil benchmark sintetis, kecepatan clock processor hingga pengalaman pengguna dalam menggunakan sebuah ponsel pintar.

Untuk diketahui, AnTuTu sendiri sempat merilis beberapa smartphone yang diklaim terkencang dari hasil benchmark yang dimiliki. menurut ANTuTu, smartphone paling cepat saat ini dipegang oleh iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang memiliki perfrma kencang dibanding smartphone lain dengan Snapdragon 835 layaknya OnePlus 5T.

Kendati demikian, tak menutup kemungkinan jika OnePlus 5T telah diuji dan masuk dalam daftar smartphone tercepat AnTuTu dapat masuk di jajaran teratas.

Tersedia hanya dalam warna hitam, OnePlus 5T mulai dijual di beberapa negara mulai 21 November 2017. Harga OnePlus 5T mulai US$499 (Rp6,7 juta) untuk versi RAM 6GB + penyimpanan internal 64GB dan US$599 (Rp8,1 juta) untuk versi RAM 8GB + penyimpanan internal 128GB.

]]>
Teknologi Inilahcom http://ini.la/2419230 Mon, 20 Nov 2017 14:00:00 +0700 Resmi Meluncur, OnePlus 5T Usung Spesifikasi Gahar Resmi Meluncur, OnePlus 5T Usung Spesifikasi Gahar Resmi Meluncur, OnePlus 5T Usung Spesifikasi Gahar Resmi Meluncur, OnePlus 5T Usung Spesifikasi Gahar
Polaroid Tuntut Fujifim Terkait Desain Kertas Foto http://ini.la/2419222 INILAHCOM, New York - Produsen kamera instan Polaroid baru saja menuntut pesaingnya, Fujifilm, ke pengadilan terkait desain kertas foto yang dipergunakan di kamera Fujifilm Instax.

Dilaporkan The Verge, Polaroid mengklaim bahwa kertas foto atau film instan dengan ciri khas bingkai berwarna putih yang biasa dipergunakan adalah hak paten mereka.

Dalam tuntutan yang diajukan ke Pengadilan Distrik New York, AS, beberapa hari lalu, pihak Polaroid meminta Fujifilm membayar royalti atas setiap pendapatan mereka dari bisnis Fujifilm Instax. Jika tidak, Polaroid meminta pihak Fujifilm untuk tak lagi menggunakan desain kertas foto tersebut.

Tuntutan itu langsung ditangapi oleh pihak Fujifilm. Perusahaan asal Jepang tersebut beranggapan bahwa Polaroid berusaha mencari uang setelah bertahun-tahun tidak menghasilkan bisnis yang cukup baik.

Fujifilm menyebut desain kertas foto milik mereka tersebut tidak sama dengan buatan Polaroid, hanya menyerupai. Jadi perdebatan yang dimulai sejak awal tahun ini menurut Fujifilm hanya akal-akalan Polaroid yang sudah sejak lama tertinggal dalam bisnis perangkat kamera.

]]>
Teknologi Inilahcom http://ini.la/2419222 Mon, 20 Nov 2017 12:50:00 +0700 Polaroid Tuntut Fujifim Terkait Desain Kertas Foto Polaroid Tuntut Fujifim Terkait Desain Kertas Foto Polaroid Tuntut Fujifim Terkait Desain Kertas Foto Polaroid Tuntut Fujifim Terkait Desain Kertas Foto
Ikut WhatsApp, LINE Siap Rilis Fitur Hapus Pesan http://ini.la/2419179 INILAHCOM, Tokyo - Mengikuti jejak WhastApp, kini LINE juga tengah bersiap merilis fitur untuk menghapus pesan yang telah terkirim.

Ini adalah kabar baik karena memungkinkan Anda menarik kembali pesan memalukan yang mungkin secara tidak sengaja Anda kirim.

Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat, LINE hanya membiarkan Anda menarik pesan dalam waktu 24 jam. Setelah satu hari berlalu sejak pesan Anda terkirim, maka pesan Anda akan tercatat di sistem selamanya, tidak bisa terhapus.

Meski demikian, mengingat aplikasi pengirim pesan ini memudahkan para penggunanya berkomunikasi, kemungkinan besar jika 24 jam telah berlalu, penerima pesan Anda memang sudah membaca pesan yang Anda kirimkan. Itu berarti, tidak ada artinya menghapus pesan tersebut.

Setidaknya, fitur ini memungkinkan Anda menghapus pesan memalukan yang secara tidak sengaja terkirim, misalnya ketika Anda mengirimkan pesan saat Anda mengantuk atau ketika Anda terlalu emosional.

Sebelumnya, WhatsApp juga telah menawarkan fitur serupa. Pada akhir Oktober, aplikasi milik Facebook ini merilis fitur bernama Delete for Everyone, yang memungkinkan penggunanya untuk menghapus pesan yang telah terkirim. Hanya saja, batas waktu penghapusan pesan dari WhatsApp jauh lebih singkat, yaitu 7 menit.

]]>
Teknologi Inilahcom http://ini.la/2419179 Mon, 20 Nov 2017 11:40:00 +0700 Ikut WhatsApp, LINE Siap Rilis Fitur Hapus Pesan Ikut WhatsApp, LINE Siap Rilis Fitur Hapus Pesan Ikut WhatsApp, LINE Siap Rilis Fitur Hapus Pesan Ikut WhatsApp, LINE Siap Rilis Fitur Hapus Pesan
Xiaomi Kembali Boyong Produk Baru ke Pasar AS http://ini.la/2419215 INILAHCOM, San Francisco - Xiaomi kembali memboyong beberapa produk non-smartphone terbaru mereka ke pasar AS.  Kali ini, raksasa teknologi asal China itu membawa dua headphone, sebuah power bank, kamera 360 derajat, dan alat untuk membuat robot.

Sebelumnya Xiaomi sudah menjual Mi TV di Walmart. Mereka pun telah meluncurkan berbagai produk di toko online mereka, termasuk fitness tracker, power bank, dan headphone.

Semua produk tersebut terjual habis dalam waktu singkat. Tidak heran, mengingat Xiaomi biasanya menawarkan produk-produk mereka dengan harga yang terjangkau.

Mengutip Neowin, untuk produk terbaru yang bakal hadir di pasar AS pekan ini ada Mi Headphones yang akan dibanderol US$130 (Rp1,7 juta) dan Mi In-Ear Headphones Pro akan ditawarkan seharga USD26 (Rp350 ribu).

Jika pesaing Xiaomi seperti Huawei berani untuk bekerja sama dengan berbagai toko online untuk menjual smartphone mereka di AS, Xiaomi tampaknya memutuskan untuk menguji pasar terlebih dulu. Belakangan, Xiaomi tampaknya memang tengah sibuk untuk memperluas jangkauannya.

Sekitar dua pekan lalu, Xiaomi resmi memasuki pasar Eropa dengan meluncurkan Mi Mix 2 dan Mi A1 di Spanyol. Alasan Xiaomi memasuki pasar Spanyol terlebih dulu adalah karena di negara tersebut, mereka telah memiliki penggemar setia.

Xiaomi menyebut bahwa ke depannya mereka tertarik untuk memperluas jangkauan ke negara-negara lain di Eropa, seperti Inggris, Jerman, dan Italia.

]]>
Teknologi Inilahcom http://ini.la/2419215 Mon, 20 Nov 2017 10:30:00 +0700 Xiaomi Kembali Boyong Produk Baru ke Pasar AS Xiaomi Kembali Boyong Produk Baru ke Pasar AS Xiaomi Kembali Boyong Produk Baru ke Pasar AS Xiaomi Kembali Boyong Produk Baru ke Pasar AS