Inilah.com - Yangmuda http://www.inilah.com/ ID Inilah.com - Telinga, Mata, dan Hati Rakyat Copyright 2007-2017 inilah.com. All rights reserved. Sun, 28 May 2017 09:48:08 +0700 http://www.inilah.com/rss/feed/yangmuda http://www.inilah.com/ Inilah.com - Yangmuda http://www.inilah.com/assets/image/inilah-logo-feed.png 120 120 RI Perjuangkan Cegah Pencurian Ikan di Forum PBB http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2381582/ri-perjuangkan-cegah-pencurian-ikan-di-forum-pbb INILAHCOM, London - Kekayaan laut Indonesia menjadi incaran praktik kejahatan transnasional. Pemerintah sedang berjuang untuk mencapai kesepakatan internasional dalam mencegah kejahatan pencurian ikan yang kian marak.

Wakil Tetap RI untuk PBB di Wina, Dubes Dr Darmansjah Djumala, menyatakan praktek kejahatan pencurian perikanan mengurangi stok ikan dunia sekitar 90,1 persen.

Koordinator Fungsi Politik KBRI/PTRI Wina, Zaim A. Nasution menyebutkan, Dubes Dr. Darmansjah Djumala terus menyuarakan upaya pencegahan kejahatan perikanan di dalam forum PBB.

Dikatakan, jika kejahatan pencurian perikanan dapat ditekan, maka tingkat ekploitasi ikan di Indonesia akan mengalami penurunan, yang pada akhirnya memungkinkan Indonesia meningkatkan stok ikan nasional dan pada gilirannya dapat meningkatkan ekspor.

"Hal ini merupakan bentuk pengejawantahan visi nasional untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia," ujarnya di London, Sabtu (27/5/2017).

Kejahatan perikanan berkembang menjadi kejahatan transnasional yang sangat serius dan terorganisir.

Banyak pihak yang melakukan kejahatan pencurian ikan terlibat juga dalam aktifitas kejahatan transnasional terorganisir lainnya seperti pencucian uang, suap, penyelundupan obat-obatan terlarang (narkoba), penyeludupan senjata, perdagangan orang, kerja paksa, kejahatan perpajakan, penyelundupan barang, dan sebagainya.

Memerangi kejahatan transnasional yang terorganisasir tentunya perlu dilaksanakan melalui kerja sama antar negara. Oleh karena itu Indonesia memandang perlu perjuangkan isu ini ke tingkat dunia, utamanya melalui PBB, lanjut Djumala.

"Kita memanfaatkan momentum Sidang CCPCJ ke-26 untuk menyerukan PBB dan masyarakat internasional perlu memberikan perhatian lebih serius terhadap fenomena global kejahatan perikanan," katanya.

Indonesia berhasil peroleh dukungan negara-negara friends of fisheries, yakni negara-negara yang memiliki laut yang luas dan legitimate rights untuk mengelola sumber daya lautnya, untuk sampaikan pernyataan bersama meminta PBB kedepankan pembahasan isu ini.

Friends of fisheries merupakan kelompok negara (lintas wilayah) yang menaruh keprihatinan terhadap maraknya kejahatan perikanan, seperti Indonesia, Norwegia, Kosta Rika, Ekuador.

Pada kesempatan tersebut Ketua Delegasi Indonesia Hakim Agung Dr. Salman Luthan, menyampaikan pernyataan bersama negara friends of fisheries menegaskan pentingnya masyarakat internasional memberikan perhatian terhadap kejahatan transnasional terorganisir di bidang perikanan.

Disampaikan disayangkan perhatian masyarakat internasional terhadap kejahatan itu masih terbilang rendah meskipun dampak negatif kejahatan perikanan merugikan banyak negara.

Keadaan tersebut diperburuk oleh rendahnya komitmen nyata negara untuk memerangi kejahatan tersebut. Namun demikian, proses yang ditempuh tentunya masih panjang dan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

"Tapi komitmen kuat dan teguh untuk terus mengawal dan memperjuangkan isu ini di PBB," tegas Djumala.

CCPCJ dibentuk tahun 1992 oleh the Economic and Social Council (ECOSOC) melalui Resolusi dan berfungsi sebagai policy-making body di bawah PBB bidang pencegahan kejahatan dan peradilan pidana.

CCPCJ memiliki mandat memperkuat langkah internasional dalam memerangi kejahatan nasional dan transnasional serta meningkatkan sistem administrasi peradilan pidana yang efektif dan berkeadilan.

Sidang CCPCJ dilaksanakan setahun sekali sejak tahun 1992, memberikan kontribusi dalam memperkuat kebijakan nasional dan internasional bidang pencegahan kejahatan dan peradilan pidana. [tar]

]]>
Yangmuda Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2381582/ri-perjuangkan-cegah-pencurian-ikan-di-forum-pbb Sun, 28 May 2017 09:17:00 +0700 RI Perjuangkan Cegah Pencurian Ikan di Forum PBB RI Perjuangkan Cegah Pencurian Ikan di Forum PBB RI Perjuangkan Cegah Pencurian Ikan di Forum PBB RI Perjuangkan Cegah Pencurian Ikan di Forum PBB
Tim Pertamia Arden Belum Beruntung di Sprint Race http://olahraga.inilah.com/read/detail/2381581/tim-pertamia-arden-belum-beruntung-di-sprint-race INILAHCOM, Monaco - Tim Pertamina Arden masih belum dinaungi keberuntungan pada balapan sprint di sirkuit Monte Carlo, Monaco, Sabtu (27/5). Meski sudah berupaya keras, dua pebalap andalan tim Pertamina Arden yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, Norman Nato dan Sean Gelael belum berhasil menyumbang poin.

Norman Nato bahkan sudah harus meninggalkan lintasan pada putaran keempat. Mobil Nato ditabrak pebalap tim Prema Racing, Charles Leclerc di tikungan ke-19.

Mobil Nato langsung mengalami kerusakan. Sementara Leclerc masih bisa melanjutkan balapan walau akhirnya mendapat hukuman penalti sepuluh detik.

Sean yang start dari posisi ke-13 sebenarnya tampil cukup konsisten. Sean punya peluang untuk melewati beberapa pebalap di depannya. Namun, saat separuh balapan sudah dilakoni, mobil Sean mengalami masalah.

Rear difuser-nya rusak sehingga kehilangan down force. "Seperti ada kerusakan di bagian belakang,” kata Sean dalam komunikasi radio.

Pada balapan, Sean memang sempat bersinggungan dengan pebalap tim Trident Racing, Nabil Jeffri. Sean pun kehilangan kecepatan mobilnya. Dia punya disusul Jeffri. Meski demikian, Sean masih bisa mempertahankan irama balapnya. Di akhir balapan, Sean akhirnya finis di posisi ke-12.

Gelar juara diambil pebalap tim Rapax, Nyck De Vries. Pebalap asal Belanda ini juga merupakan pebalap yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia. Bagi De Vries, ini merupakan podium pertamanya di musim pertamanya pada balapan F2.

“Tentu saya sangat senang. Gelar ini saya persembahkan untuk Jagonya Ayam,” kata De Vries yang memulai balapan dari posisi kedua.

Rekan setimnya Johnny Cecotto mengamankan posisi kedua. Cecotto yang start dari posisi pertama gagal mempertahankan posisi terdepan. Dia disusul De Vries sebelum tikungan pertama. Podium ketiga ditempati pebalap Swedia Gustav Malja.

Posisi klasemen pebalap belum berubah. Meski Leclerc gagal mendulang poin pada balapan Feature dan Sprint, posisinya belum tergeser dari puncak klasemen.

Pebalap asal Monaco ini masih memimpin dengan 77 poin. Adapun posisi kedua masih ditempati Oliver Rowland yang pada balapan sprint gagal meraih angka meski start dari posisi kedelapan.

Secara umum, performa mobil tim Pertamina Arden sebenarnya lebih kompetitif dibanding saat  tampil di sirkuit Barcelona. Namun demikian, balapan di Monaco jauh lebih sulit karena lintasan jalan raya yang sempit dan sedikit ruang yang tersedia untuk menyusul. Balapan di Monaco juga butuh sebuah keberuntungan untuk mendapatkan hasil positif.

]]>
Yangmuda Inilahcom http://olahraga.inilah.com/read/detail/2381581/tim-pertamia-arden-belum-beruntung-di-sprint-race Sun, 28 May 2017 09:15:00 +0700 Tim Pertamia Arden Belum Beruntung di Sprint Race Tim Pertamia Arden Belum Beruntung di Sprint Race Tim Pertamia Arden Belum Beruntung di Sprint Race Tim Pertamia Arden Belum Beruntung di Sprint Race
Mbappe: Buffon Pantas Raih Ballon d`Or http://bola.inilah.com/read/detail/2381545/mbappe-buffon-pantas-raih-ballon-dor INILAHCOM, Monako - Bintang muda AS Monaco, Kylian Mbappe, mendukung Gianluigi Buffon memenangkan penghargaan Ballon d`Or selanjutnya.

Dukungan Mbappe bukannya tanpa alasan. Pasalnya, Buffon tampil luar biasa menjaga gawang Juventus musim ini. Dari 29 penampilan di Serie A Italia, kiper 39 tahun catatkan 59 penyelamatan dan 11 clean sheets.

Bahkan, Buffon hanya kebobolan tiga kali di ajang Liga Champions Eropa musim ini, dimana Juve telah berhasil melenggang ke babak final.

Melihat catatan tersebut, Mbappe, yang berhasil mencetak satu gol ke gawang Buffon di babak semifinal Liga Champions, mengatakan jika kiper timnas Italia sangat pantas meraih penghargaan Ballon d`Or.

"Untuk semua kerja kerasnya, Buffon pantas memenangkan Ballon d`Or, namun saya rasa hal itu akan bergantung kepada hasil di final Liga Champions," tutur pemain 18 tahun kepada Eurosport.

"Apabila Madrid juara, saya rasa Cristiano Ronaldo yang akan meraihnya, namun, saya pikir sangat baik apabila Buffon yang memenangkan Ballon d`Or," tandasnya.

Hingga kini, hanya ada satu nama penjaga gawang yang berhasil memenangkan penghargaan Ballon d`Or, yakni Lev Yashin (Dynamo Moscow) pada 1965 silam.

Sumber: The Sun

]]>
Yangmuda Inilahcom http://bola.inilah.com/read/detail/2381545/mbappe-buffon-pantas-raih-ballon-dor Sun, 28 May 2017 09:01:00 +0700 Mbappe: Buffon Pantas Raih Ballon d`Or Mbappe: Buffon Pantas Raih Ballon d`Or Mbappe: Buffon Pantas Raih Ballon d`Or Mbappe: Buffon Pantas Raih Ballon d`Or
Istri Wajib Melindungi Suami dari Keburukan http://mozaik.inilah.com/read/detail/2381311/istri-wajib-melindungi-suami-dari-keburukan AYAT 187 surah Al-Baqarah yang merupakan ayat terakhir dari rangkaian lima ayat shiyam, mengemukakan secara jelas salah satu ketetapan bagi orang yang sedang puasa, yaitu tidak boleh melakukan hubungan suami isteri.

Tentu saja larangan ini berlaku hanya pada saat yang ditetapkan bagi aktivitas puasa yaitu antara shubuh dengan maghrib. Di luar itu, Allah berfirman pada ayat ini:  Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa, bercampur dengan isterimu.

Pernyataan ini kemudian dirangkai dengan kalimat yang sangat menarik: Mereka adalah pakaian bagimu (sekalian), dan kamu (sekaliannya) adalah pakaian bagi mereka.

Pakaian adalah sesuatu yang menutupi tubuh untuk menjaganya dari sengatan cuaca, melindungi dari sesuatu yang menggores menimbulkan luka, dan sekaligus memperindah pemakainya. Maka dengan ungkapan tadi Allah menandaskan kewajiban isteri untuk melindungi suaminya dari segala hal buruk yang mengganggu penampilannya di hadapan Allah maupun sesama manusia. Kewajiban yang sama juga meski diltunaikan oleh suami terhadap isterinya.

Ada dua gangguan yang berpotensi menerpa suami maupun isteri. Fitrah suami yang jujur dapat diganggu oleh nafsu serakah, sikap sederhana dapat disisihkan oleh keinginan bermegah mewah yang ditiupkan syaithan kepadanya.

Maka isteri harus memposisikan diri sebagai pengingat dan pelurus, dengan kata-kata maupun sikap yang ma’ruf – pantas menurut etika masyarakat. Begitu pula bila isteri cenderung kepada hal-hal yang tidak baik menurut Allah dan tidak pantas menurut lingkungan sosialnya, suami harus menjadi penjaganya dari bisikan-bisikan syaithan itu. Apa lagi suami ditetapkan Allah sebagai pemimpin rumah tangganya (QS 4:34).

Hakekat pemimpin adalah penanggung jawab; maka segala masalah yang terjadi dalam rumah tangga, suamilah yang pertama-tama akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah Swt.

Sungguh indah sekali Al-Quran ini. Ketika menyampaikan ketetapan hukum tentang puasa, diselipkan di dalamnya akhlak karimah dalam rumah tangga.

Sama halnya dengan ayat-ayat shiyam lainnya yang kita bicarakan beberapa hari terakhir ini. Dalam ayat 185 disampaikan fungsi Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan atas petunjuk itu, dan pemisah antara yang benar dengan yang salah.

Pada ayat 186 dikemukakan betapa dekat Allah Swt kepada orang-orang yang beriman, yang berarti dekat pula perlindungan-Nya, dan kebaikan-kebaikan-Nya yang tidak berbatas. Sungguh kami bersyukur kepada-Mu ya Allah, atas limpahan segala Kasih-Mu.[Sakib Machmud]
 

]]>
Yangmuda Inilahcom http://mozaik.inilah.com/read/detail/2381311/istri-wajib-melindungi-suami-dari-keburukan Sun, 28 May 2017 09:00:00 +0700 Istri Wajib Melindungi Suami dari Keburukan Istri Wajib Melindungi Suami dari Keburukan Istri Wajib Melindungi Suami dari Keburukan Istri Wajib Melindungi Suami dari Keburukan
Google Luncurkan Data GIF Maker http://teknologi.inilah.com/read/detail/2381509/google-luncurkan-data-gif-maker INILAHCOM, San Francisco - File format GIF memang sangat bagus untuk presentasi. Kini Google luncurkan produk baru untuk mendukung aktivitas tersebut. Seperti apa?

Google baru saja meluncurkan Data GIF Maker, sebuah layanan pembuat visualisasi data format GIF.

"Visualisasi data sangat penting sebagai alat untuk melakukan presentasi, baik itu jurnalisme maupun penelitian. Dengan semakin bertumbuhnya konsumsi berita pada perangkat mobile, maka visualisasi data dapat diformat secara simpel melalui layanan ini," papar pihak Google di blog mereka.

Layanan ini merupakan hasil dari Google News Lab, untuk mendukung jurnalisme. Lab ini juga yang membuat proyek Google Trends.

Simak situs Google Data GIF Maker melalui tautan berikut ini.

]]>
Yangmuda Inilahcom http://teknologi.inilah.com/read/detail/2381509/google-luncurkan-data-gif-maker Sun, 28 May 2017 08:08:00 +0700 Google Luncurkan Data GIF Maker Google Luncurkan Data GIF Maker Google Luncurkan Data GIF Maker Google Luncurkan Data GIF Maker
Winger Inter Setuju Gabung MU Musim Depan? http://bola.inilah.com/read/detail/2381544/winger-inter-setuju-gabung-mu-musim-depan INILAHCOM, Milan - Winger Inter Milan, Ivan Perisic, dikabarkan telah setuju bergabung dengan Manchester United musim depan.

Perisic datang ke Giuseppe Meazza pada 2015 lalu setelah manajemen La Beneamata menebusnya dari Wolfsburg dengan mahar 16 juta Poundsterling (setara 282 miliar Rupiah).

Dua musim di Inter, gelandang 28 tahun catatkan 19 gol dari 77 penampilan di semua ajang, dimana sepuluh gol terakhir dicetaknya musim ini.

Melihat menterengnya performa Perisic membela Nerazzurri, MU dikabarkan tertarik mendapatkan jasanya.

Dilansir Football Italia, winger timnas Kroasia telah memutuskan untuk datang ke Old Trafford musim depan meski ada tawaran lain yang datang dari Paris Saint-Germain kepadanya.

Lebih lanjut, pihak Inter kabarnya hanya akan melepas Perisic apabila nilai mahar dari tawaran yang datang tak kurang dari 39 juta Pounds (setara 663 miliar Rupiah).

]]>
Yangmuda Inilahcom http://bola.inilah.com/read/detail/2381544/winger-inter-setuju-gabung-mu-musim-depan Sun, 28 May 2017 08:06:00 +0700 Winger Inter Setuju Gabung MU Musim Depan? Winger Inter Setuju Gabung MU Musim Depan? Winger Inter Setuju Gabung MU Musim Depan? Winger Inter Setuju Gabung MU Musim Depan?
KPUPR: Perumahan Harus Jaga Kelestarian Lingkungan http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2381577/kpupr-perumahan-harus-jaga-kelestarian-lingkungan INILAHCOM, Jakarta - Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winayanti,mengatakan pembangunan perumahan harus tetap menjaga kelestarian lingkungan.

hal ini dikatakannya pada saat menghadiri acara launching Gerakan Jaga Bhumi (GJB) yang diselenggarakan oleh Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) di Ciganjur, Jakarta Selatan, Rabu (24/5/2017). Pembangunan perumahan memerlukan lahan yang harus digunakan secara efisien. Jangan sampai lahan untuk pembangunan perumahan diadakan dengan cara mengalihkan fungsi lahan pertanian atau hutan. Selain itu pembangunan perumahan perlu memperhatikan kebutuhan masyarakat akan ruang terbuka hijau publik.

"Di sisi lain, menjaga bumi dapat dimulai dari diri kita sendiri dengan menerapkan 3R, yaitu Reduce (mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, Reuse (menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun lainnya), dan Recycle (mengolah kembali /daur ulang sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat), serta memelihara pohon dan tanaman di lingkungan sekitar kita," ujar Lana Winayanti yang hadir bersama dengan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat, Baby S. Dipokusumo.

Acara yang bertemakan Kembalikan Kejayaan Alam Indonesia ini diprakarsai oleh Megawati Soekarno Putri selaku Ketua Umum YKRI dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, dan Soni Keraf. Dalam kesempatan tersebut, Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga bumi nusantara lewat gerakan bernama Jaga Bhumi. “Kelestarian lingkungan menjadi harga mati bagi keberlangsungan hidup umat manusia di seluruh dunia,” ujar Presiden kelima RI tersebut.

Jaga Bhumi merupakan gerakan yang bertujuan untuk mengembalikan kejayaan alam Indonesia. Di tahun ini, Gerakan Jaga Bhumi difokuskan untuk melakukan edukasi dalam rangka menumbuhkan kepedulian akan pentingnya peran tumbuhan dalam kehidupan dan mengenalkan kebun raya sebagai sarana yang ideal untuk penyelamatan plasma nutfah Indonesia dan perkembangan citra kebun raya di Indonesia. Plasma nuftah adalah substansi pembawa sifat keturunan yang dapat berupa organ utuh atau bagian dari tumbuhan atau hewan serta mikro-organisme yang  biasanya merupakan bibit unggul.

Selain itu, plasma nutfah merupakan kekayaan alam yang sangat berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional.

YKRI adalah sebuah yayasan yang diperuntukkan bagi Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya "Eka Karya" Bali, untuk mendukung pelestarian keanekaragaman tumbuhan tropis Indonesia, khususnya spesies tumbuh-tumbuhan yang dikategorikan langka.

Salah satu tujuan utama digelarnya Gerakan Jaga Bhumi ini adalah membangun pencitraan baru atas Kebun Raya yang ada di Indonesia serta menambah jumlah kebun raya di Indonesia. Di tahun 2017 ini, Gerakan Jaga Bhumi akan memberikan penekanan aksi terhadap edukasi dalam rangka menanamkan dan menumbuhkan kepedulian masyarakat Indonesia  terhadap konservasi tumbuhan dan mengenalkan Kebun Raya sebagai sarana yang sangat tepat untuk penyelamatan plasma nutfah Indonesia. [hid]

]]>
Yangmuda Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2381577/kpupr-perumahan-harus-jaga-kelestarian-lingkungan Sun, 28 May 2017 08:05:00 +0700 KPUPR: Perumahan Harus Jaga Kelestarian Lingkungan KPUPR: Perumahan Harus Jaga Kelestarian Lingkungan KPUPR: Perumahan Harus Jaga Kelestarian Lingkungan KPUPR: Perumahan Harus Jaga Kelestarian Lingkungan
Siang Ini Hujan Basahi Sejumlah Wilayah Jakarta http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381580/siang-ini-hujan-basahi-sejumlah-wilayah-jakarta INILAHCOM, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatogi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan awan tebal akan membungkus langit Jakarta pagi ini, Minggu (28/5/2017).

Sedangkan pada siang hari, hujan akan membasahi ‎sejumlah wilayah di Jakarta serta daerah penyangga seperti Bogor, Depok dan Tangerang. Di daerah ini hujan akan turun dengan intensitas ringan.

Pada malam hari, hampir seluruh wilayah Jakarta akan kembali berawan. Adapun suhu untuk Jakarta pada hari ini, berkisar 25 sampai 33 derajat celcius dengan tingkat kelembaban diantara 65%-95%.  [hpy]

]]>
Yangmuda Inilahcom http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2381580/siang-ini-hujan-basahi-sejumlah-wilayah-jakarta Sun, 28 May 2017 08:02:00 +0700 Siang Ini Hujan Basahi Sejumlah Wilayah Jakarta Siang Ini Hujan Basahi Sejumlah Wilayah Jakarta Siang Ini Hujan Basahi Sejumlah Wilayah Jakarta Siang Ini Hujan Basahi Sejumlah Wilayah Jakarta
Konflik Sosial Daerah Disusupi Agenda Terselubung? http://nasional.inilah.com/read/detail/2381559/konflik-sosial-daerah-disusupi-agenda-terselubung INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris PP Pemuda Muhammadiyah Pedri Kasman menilai konflik sosial beraroma SARA yang belangan memanas di daerah, telah disusupi agenda terselubung.

"Patut diduga ada kepentingan tertentu di balik pembiaraan kasus-kasus seperti ini (konflik SARA di Daerah). Bisa jadi ini ulah pihak tertentu untuk memuluskan rencana terselubung. Dan bukan tidak mungkin ini bagian dari settingan pemerintah sendiri, untuk menutupi isu-isu krusial. Seperti kenaikan tarif listrik 900 Watt misalnya," katanya kepada INILAHCOM, Sabtu (27/5/2017).

Menurutnya jika dugaannya itu benar tentu akan berimplikasi kepada masyarakat luas. Rakyat kecil dinilai akan jadi sasaran empuk. Untuk itu sekarang saatnya kembali ke cita-cita leluhur untuk menciptakan kejesahteran bagi rakyat.

"Jika dugaan ini benar, maka sangat disayangkan. Rakyat kecil selalu dimanfaatkan untuk misi-misi yang tidak sehat. Marilah kita kembali pada cita-cita luhur kita berbangsa dan bernegara. Yakni menghadirkan kesejahteraan dan kebahagiaan untuk seluruh rakyat Indonesia. Pemimpin negeri ini harus sadar betul dengan itu," harapnya.
 
Diketahui sebelumnya tensi sosial politik di sejumlah daerah mulai mendidih. Isu SARA jadi senjata utama untuk menciptakan konflik ini. Kondisi ini pun sontak dinilai banyak kalangan bisa menjadi bumbu-bumbu perpecahan bangsa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengajak seluruh elemen masyarakat, politisi dan pemuka agama untuk senantiasa mewujudkan kerukunan dan stabilitas nasional.

Hal itu guna menjaga kokohnya NKRI. Kemudian kembalinya bangsa Indonesia pada persaudaraan sebangsa dan setanah air, serta tak terbawa pihak-pihak yang ingin mengadudomba masyarakat agar terjadi perpecahan di NKRI. [hpy]

]]>
Yangmuda Inilahcom http://nasional.inilah.com/read/detail/2381559/konflik-sosial-daerah-disusupi-agenda-terselubung Sun, 28 May 2017 08:01:00 +0700 Konflik Sosial Daerah Disusupi Agenda Terselubung? Konflik Sosial Daerah Disusupi Agenda Terselubung? Konflik Sosial Daerah Disusupi Agenda Terselubung? Konflik Sosial Daerah Disusupi Agenda Terselubung?
Dalam Dekapan Ekonomi China, Berkah atau Musibah? http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2381578/dalam-dekapan-ekonomi-china-berkah-atau-musibah INILAHCOM, Jakarta - China (Tiongkok) menawarkan investasi dan pinjaman kepada Indonesia. Pemerintahan Jokowi-JK menyambut baik rencana tersebut. Tapi, perlu hati-hati.

Pengalaman di era SBY sudah jelas. Banyak sekali proyek China di tanah air yang mangkrak, sehingga tidak efisien. Proyek tersebut bukannya meninggalkan maslahat tapi justru masalah.

Meski begitu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan reaktif dalam mengundang investasi dari China.

Menurut Luhut, isu yang kencang seiring rencana masuknya investasi jumbo dari China, pasca Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) One Belt One Road (OBOR) di Beijing, beberapa waktu lalu, terkait tenaga kerja ilegal (illegal workers) di Indonesia. Alhasil, antisipasi atau preventif, jelas-jelas sangat diperlukan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumpulkan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Gatot Nurmayanto, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, dan Menkopolhukam Wiranto. Instruksinya jelas, jangan sampai  ideologi komunis masuk Indonesia.  Ya, kalau banyak investasi China masuk tentu membawa pekerjanya. Apakah kekhawatiran ini berlebihan?

Yang jelas, Indonesia harus waspada dan cermat atas motif China berinvestasi. Para analis mengingatkan, untuk menjajah ekonomi Indonesia, maka China menggunakan modus Turnkey Project Management. Turnkey Project Management adalah sebuah model investasi yang ditawarkan dan disyaratkan China kepada Indonesia dengan sistem satu paket. Mulai dari top management, pendanaan dengan sistem Preferential Buyer's Credit, materil dan mesin, tenaga ahli, bahkan metode dan jutaan tenaga (kuli), baik legal maupun ilegal didatangkan dari China.

Hubungan bilateral Turnkey Project Management ini menjadi ancaman serius bagi masa depan Indonesia. Sebab, sistem investasi satu paket ini, sudah sukses dijalankan China di Tibet (Dalai Lama) dan di Afrika, tepatnya Zimbabwe dan Angola.

Penjajahan China di Zimbabwe telah masuk ke sistem mata uang. Karena tidak mampu membayar utang ke China yang jatuh tempo akhir Desember 2015, pada 1 Januari 2016 Zimbabwe menggunakan mata uang Yuan China sebagai mata uang nasional mereka. Kesepakatan ini menjadi solusi penghapusan utang. Berbeda dengan Zimbabwe, di Angola, ekonominya saja yang dikuasai China. Namun, banyak pengamat ekonomi internasional memrediksikan, nasib Angola akan mengikuti Zimbabwe.

Saat ini, China sedang menerapkan sistem Investasi Turnkey Project Management di Indonesia melalalu 1.734 proyek. Ada dua aspek yang sangat rawan dari investasi Turnkey Project Management ini. Pertama soal tenaga kerja, kedua adalah utang-piutang.

Masalah tenaga kerja, pembangunan pembangkit tenaga listrik di Purwakarta, misalnya, hampir semua pekerja mulai direksi hingga kuli, didatangkan dari China.

Begitu pula yang akan terjadi di Medan, China membawa sedikitnya 50ribu tenaga kerja. Bila investasi di Medan saja mendatangkan 50ribua-an pekerja, lalu berapa banyak tenaga kerja China yang datang melalui 1.734 proyek yang direncanakan di Indonesia?.

Itu terlepas dari agenda bilateral yang menargetkan pertukaran sepuluh juta warga China dalam berbagai bidang pada dekade 2020.

Menurut Menko Luhut, seluruh elemen di pemerintahan juga telah diperintahkan untuk memantau agar tak ada pekerja ilegal dari Negeri Tirai Bambu. Meski begitu, Luhut menilai, jika jumlah tenaga kerja ilegal ribuan, masih dikategorikan wajar untuk negara sebesar Indonesia. Namun, jika sampai ratusan ribu, maka itu yang harus ditindaklanjuti.

Pemerintahan Jokowi harus antisipasi dan waspada bahwa tenaga kerja China tidak kembali ke negara mereka dan beranak pinak di Indonesia otomatis mereka menjadi warga negara Indonesia. Dengan demikian terjadi persaingan budaya antara warga China dengan Indonesia, terjadi pertarungan mempertahankan siapa lebih dominan, mengingat jumlah tersebut tidaklah sedikit. Tibet, Zimbabwe, dan Angola menjadi bukti penjajahan China. Masalah kedua adalah utang-piutang.

Sudah berapa jumlah utang China yang dipinjamkan ke Indonesia dengan batas waktu jatuh tempo? Saya khawatir NKRI yang kita cinta ini bernasib seperti Tibet, Zimbabwe, dan Angola. Atau lebih apes lagi, dijajah secara fisik. Lalu bagaimana dengan nasib anak-cuci bangsa Indonesia nanti?

Luhut menawarkan tiga proyek raksasa ke China saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) One Belt One Road (OBOR) di Beijing, China beberapa waktu lalu. China menyiapkan anggaran sekitar US$3 triliun untuk investasi di mancanegara.

Proyek yang ditawarkan ke China tersebut berada di Bitung, Kalimantan Utara (Kaltara), dan Sumatera Utara. Di Bitung, Luhut menawarkan proyek terintegrasi berupa jalan tol, kereta api, lapangan terbang, pelabuhan, listrik, dan properti.

Kata mantan menteri perindustrian dan perdagangan era Presiden Megawati ini, lapangan terbang Bitung diperlukan untuk jalur penerbangan internasional. Karena, Bandara Manado panjangnya terbatas sampai 2.800 meter lagi. Turis China naik 1.200% dan hotel serta restoran kewalahan. Kalau Bitung jadi, maka jalan KA bisa sampai ke Gorontalo.

"Jadi satu area akan jadi satu kawasan sendiri, dan dari sana hubungannya akan kita buat nanti turis ke tempat lain. Misalnya ke Bunaken dan ke selatan pulau Wakatobi, jadi banyak lagi. Dari situ bisa juga ke Bali dan Toraja, jadi ini hub kita," kata Luhut.

Kemudian, China juga ditawari proyek listrik di Kaltara. Mengingat, lokasi tersebut memiliki potensi listrik sebesar 7.200 megawatt (MW). Mantan Menkopolhukam ini juga berencana membangun kawasan industri yang terintegrasi antara listrik, smelter, dan industri lainnya di wilayah tersebut. "Di Kaltara, ada potensi listrik 7.200 MW. Kita mau bikin sekalian smelter dan industrial part di situ. Bisa sampai buat turunannya seperti aluminium dan nikel," kata Luhut.

Salah satu perusahaan kakap asal China yakni CITIC, tertarik untuk mengembangkan listrik berbasis hidropower di lokasi tersebut. Mengingat, China saat ini mengalami tingkat polusinya yang sangat tinggi. Lantaran banyaknya pembangkit listrik berbahan bakar batubara.

Adapula proyek infrastruktur yang ditawarkan ke China berada di Sumatera Utara. Yang terintegrasi dari Kuala Tanjung, Parapat, hingga Sibolga. Selain itu, pemerintah juga berencana membangun infrastruktur jalan yang terintegrasi ke Pekanbaru dan Duri Dumai. "Di samping itu semua, kami juga minta China Construction Company, perusahaan yang besar juga akan konsorsium yang ngatur itu," papar Luhut.

Luhut menekankan, polanya hampir sama seperti investasi China di Morowali dimana itu B to B. Sehingga tidak akan memengaruhi rasio utang kita.  ‘’ Dan kita akan pertahankan rasio utang di bawah 3% dari GDP," ujar dia.

Seperti diketahui, ada 3 bank milik negara RI mendapatkan pinjaman dari China Development Bank (CDB) senilai US$3 miliar, atau masing-masing US$1 miliar pada 2016. Indonesia seakan dalam pelukan ekonomi China.  Itu berarti, pengaruh ekonomi China ke Indonesia menguat sekali dan implikasi politiknya ke depan terkait relasi Jakarta dengan AS/Barat, harus diantisipasi. Jadi, waspadalah. [ipe]

]]>
Yangmuda Inilahcom http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2381578/dalam-dekapan-ekonomi-china-berkah-atau-musibah Sun, 28 May 2017 07:29:00 +0700 Dalam Dekapan Ekonomi China, Berkah atau Musibah? Dalam Dekapan Ekonomi China, Berkah atau Musibah? Dalam Dekapan Ekonomi China, Berkah atau Musibah? Dalam Dekapan Ekonomi China, Berkah atau Musibah?