Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

1 Tahun Inilah Reborn: Bertambahnya Kebaikan

Jumat, 19 Agu 2022 - 20:13 WIB
Tasyakuran 1 tahun inilah reborn (Foto: inilah.com)
Tasyakuran 1 tahun inilah reborn (Foto: inilah.com)

Hari ini suasana kantor inilah.com agak berbeda. Seluruh karyawan mengenakan pakaian yang unik. Anak zaman sekarang menyebutnya cosplay alias costume play. Ada yang berpakaian polisi, dokter, ustadz, pejabat, sampai anak sekolah. Tapi yang agak mencolok adalah yang berompi tahanan KPK, dilengkapi ‘wig’ atau rambut palsu. Saya tanya pada tim promosi inilahcom yang mengenakan pakaian itu, “Kenapa ada tahanan KPK segala?”

Ternyata tema cosplay dalam rangka perayaan 1 tahun inilah.com reborn hari ini adalah tokoh-tokoh yang jadi bahan pemberitaan portal media kami. Tak heran ada yang cosplay jadi maling, preman, koruptor, sampai dukun. “Emang kita ada berita tentang dukun?” Tanya saya. “Ada. Yang dibongkar sama Pesulap Merah!” Jawab Lukman. Disambut tawa teman-teman yang lain. Ternyata ia cosplay sebagai Gus Samsudin. Lengkap dengan rambut panjang tergerai dari tali rafia.

Whatsapp Image 2022 08 19 At 20.18.08 - inilah.com

Memang syukuran kami tahun ini dikemas semenyenangkan mungkin. Orientasinya lebih untuk penguatan internal. Kami membuat lomba-lomba 17 Agustusan juga, dari lomba makan kerupuk sampai memasukkan pensil ke dalam botol. Semua haha-hihi penuh sukacita. Tak terasa 1 tahun berlalu sejak kami ‘menghidupkan kembali’ portal berita ini. Tahun lalu kami memulainya dengan sangat sederhana, hanya 15 orang, tak terasa kini sudah lebih dari 70 orang. Setiap hari kantor terasa hidup, riuh-rendah.

Whatsapp Image 2022 08 19 At 20.39.43 - inilah.com

Saya ingat tahun lalu saat memulai semuanya. Kami renovasi kantor lama agar terlihat lebih ‘anak muda’, kemudian membeli sejumlah furniture dan peralatan kantor baru. Dari bulan ke bulan, tim baru terus bertambah. inilah.com kembali ke gelanggang dan mencoba bersaing dengan media-media mainstream lainnya. Impian kami sama seperti pertama kali portal ini dibangun 14 tahun yang lalu: Kami ingin menjadi media non-konglomerasi terbesar di Indonesia.

Baca juga
Kubur Bayern Muenchen, Arnaut Danjuma Langsung Bikin Kesengsem Jurgen Klopp

Apakah mimpi ini terlalu muluk? Tergantung siapa yang menilainya. Tapi bagi pemimpi seperti saya, kerja besar selalu harus dibangun dari mimpi setinggi langit. Harus cukup jauh untuk digapai, cukup besar untuk direngkuh, sehingga kita selalu tertantang untuk punya etos kerja dan daya juang melebihi rata-rata. “Kalau hanya sanggup bermimpi biasa-biasa saja, jangan berharap kita akan mencapai hal-hal luar biasa dalam hidup ini.” Ujar saya kepada teman-teman inilah.com. “Bermimpi yang tinggi itu gratis. Kalau jatuh, kita mimpi lagi lebih tinggi.”

Saya pun meminta teman-teman menuliskan impiannya masing-masing. “Saya beri dua kertas.” Ujar saya kepada mereka. “Kertas pertama, isi dengan mimpi-mimpi pribadimu, hal-hal yang ingin kamu capai. Kertas kedua, isi dengan mimpi-mimpimu untuk inilah.com. Tuliskan apa saja. Jangan ragu-ragu dan malu-malu. Nanti kertas kedua kita tempel di dinding kantor.” Perintah saya.

Kemudian semua orang menuliskan impiannya masing-masing. Setelah selesai, mereka menempelnya di area dinding kaca. Saya membacanya satu per satu sambil tersenyum. Ada orang-orang yang cukup gila dan berani bermimpi, ada yang cari aman, ada pula yang bermimpi pun masih malu-malu. “Nanti kantor pusat inilahcom minimal 20 lantai. Cabangnya ada di seluruh Indonesia.” Tulis salah satu dari mereka. “Nanti mobil inventaris kantor adalah mobil listrik.” Tulis yang lain. Tapi ada pula yang menulis, “Mudah-mudahan naik gaji dalam waktu dekat.” Hehehe.

Whatsapp Image 2022 08 19 At 20.44.50 (1) - inilah.com

Semua impian saya baca dan saya simpan di kepala. Minimal saya tahu bahwa semua orang punya harapannya sendiri tentang inilah.com. Dengan harapan itulah kami bergerak dan bekerja ke arah yang kami sepakati bersama: inilah.com akan menjadi media besar. Bahkan mungkin yang terbesar. Soal kapan waktunya, tergantung bagaimana dan sekeras apa kita memperjuangkannya.

Baca juga
Pengadilan Militer Myanmar Jatuhkan Vonis 11 Tahun Penjara kepada Wartawan AS

Saya percaya media ini akan besar. Dalam satu tahun kami terus tumbuh. Karyawan bertambah, aset bertambah, audiens bertumbuh, penghasilan perusahaan mencapai dua digit hanya dalam hitungan bulan. Kami bukan hanya punya impian dan semangat. Kami tahu juga cara mengerjakan semua ini. Sisanya, semoga takdir baik berpihak. Mengapa kami berani bermimpi adalah cara kami berprasangka baik kepada takdir baik itu.

Di penghujung hari, acara perayaan dan syukuran 1 tahun inilah.com dilengkapi dengan pemberian penghargaan-penghargaan. Ada penghargaan serius, tapi juga ada penghargaan yang for fun. Karyawan paling fashionable, paling role model, paling suka telat, paling ngantukan, paling tukang nyemil, paling produktif. Semua dapat hadiah. Kami membangun kultur untuk saling mendukung dan mengapresiasi. Itu yang terpenting.

Whatsapp Image 2022 08 19 At 20.18.14 - inilah.com

“Kalau inilah.com nanti besar, saya ingin kita semua sebagai individu juga sukses, saling mendorong untuk berhasil satu sama lain.” Ujar saya dalam sambutan sore ini. Saya tahu pidato saya sangat sederhana. Tapi bagi kami yang mengerjakan inilah.com selama 1 tahun terakhir, semua tahu bahwa kalimat itu bukan lip service belaka. “Saya dan teman-teman manajemen Insya Allah selalu memegang komitmen. Apa yang pernah diucapkan, akan selalu kami upayakan untuk terwujud.” Sambung saya. Teman-teman terdiam, tapi kemudian tepuk tangan. Mudah-mudahan itu pertanda yang baik.

Acara hari ini ditutup dengan potong tumpeng dan doa bersama. Dipimpin oleh founder dan mentor kita semua di inilah.com, Bang Muchlis Hasyim atau MHJ. Dalam sambutannya beliau berpesan, “Kalau niat kita baik, ikhtiar kita baik, dan kita terus berpegang pada prinsip dan nilai-nilai yang baik, Insya Allah kesuksesan dan rezeki akan datang untuk kita. Bahkan dari tempat yang tidak disangka-sangka.” Benar saja. Menjelang acara usai, Bang MHJ memberikan hadiah tambahan untuk para pemenang ‘inilah award’. “Jangan lupa, sedekahkan 10% dan bagikan kepada yang nggak dapat.” Pesannya.

Baca juga
Juarai GP Portugal, Quartararo Rebut Puncak Klasemen Pebalap MotoGP

Whatsapp Image 2022 08 19 At 20.18.15 (1) - inilah.com

Inilah kami. Inilah.com. Kantor berita, perusahaan media, yang memulai kembali semuanya secara sederhana, tapi dengan mimpi yang luar biasa. Tak terasa 1 tahun sudah inilah.com hadir kembali, semoga memberikan kebaikan bukan hanya untuk orang-orang yang bekerja di sini, tetapi untuk para pembaca kami, klien kami, masyarakat, umat dan bangsa. Kami ingin inilah.com menjadi wasilah bertambahnya kebaikan-kebaikan itu.

Akhirnya, yang paling patut kita syukuri adalah jika keberkahan hadir di tengah-tengah apapun saja yang kita upayakan. Kata Imam Al-Ghazali, keberkahan itu adalah bertambahnya kebaikan, ziyadatul khair. Bekerja di inilah.com, bukan hanya kami bisa mendapatkan kebaikan berupa rezeki dan penghasilan, tetapi juga pertemanan, persahabatan, kebahagiaan, ilmu, dan rasa bahwa kami bekerja untuk sesuatu yang lebih besar dari diri kami masing-masing.

Selamat ulang tahun inilah.com reborn. Selamat memasuki tahun kedua. Saya izin masih cosplay jadi CEO di sini, memimpin teman-teman semua. Semoga lebih banyak lagi kebaikan bertambah di tengah-tengah kita semua.

Salam baik. 

FAHD PAHDEPIECEO inilah.com

Tinggalkan Komentar