Senin, 26 September 2022
30 Safar 1444

10 Cara Sederhana untuk Hindari Sakit Punggung

Jumat, 23 Sep 2022 - 16:20 WIB
Sakit Punggung
Istockphoto

Nyeri punggung jadi salah satu penyakit yang paling sering terjadi tidak hanya bagi lansia, namun kini juga menghantui generasi muda. Banyak penyebab yang sekiranya sepele namun bisa menimbulkan nyeri punggung yang justru berkepanjangan.

Berikut adalah 10 strategi sederhana yang bisa sangat efektif dalam mencegah sakit punggung, yuk disimak:

1. Berolahraga lebih sering

Dilansir dari laman WebMD,  Jumat, (23/09/2022), menyebutkan bahwa jika Anda mengalami sakit punggung, para ahli menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur yang dapat membantu meredakan peradangan dan ketegangan otot.

Selain itu, olahraga ringan seperti yoga dan tai chi dapat membantu Anda mempelajari postur tubuh yang benar dan meningkatkan kekuatan, keseimbangan, serta fleksibilitas.

2. Perhatikan berat badan

Berat badan yang berlebih terutama di bagian tengah tubuh dapat memperburuk sakit punggung karena akan menggeser pusat gravitasimu dan membuat punggung bagian bawah menjadi tegang. Oleh karena itu, tetap perhatikan berat badan agar tidak menyebabkan nyeri punggung. Usahakan berat Anda hanya berlebih 4,5 kg dari berat ideal yah.

3. Jika Anda merokok, berhentilah

Merokok dapat membatasi aliran darah yang mengandung nutrisi ke cakram tulang belakang, sehingga perokok sangat rentan terhadap sakit punggung.

Baca juga
5 Tips Cegah Omicron untuk Orang Tua jaga Anak-Anak

4. Tidur nyenyak

Jika Anda rentan mengalami sakit punggung, Anda bisa mencoba posisi tidur miring dengan lutut ditarik sedikit ke arah dada yang terkadang disarankan oleh dokter. Jika ingin tidur dengan posisi telentang, Anda bisa meletakkan satu bantal di bawah lutut dan satu lagi di bawah punggung bagian bawah.

Jika Anda tidak bisa tidur dengan cara lain, coba letakkan bantal di bawah pinggul Anda. Pada takaran keempukan kasur, kasur yang terlalu keras ataupun lunak dapat menyebabkan sakit punggung. Oleh karena itu, banyak ahli yang merekomendasikan kasur berukuran sedang untuk mereka yang menderita sakit punggung kronis.

5. Perhatikan postur Anda

Yuk coba periksa postur Anda dengan cara berdiri dengan tumit menempel ke dinding, kemudian betis, bokong, bahu, dan bagian belakang kepalamu harus menyentuh dinding. Anda harus bisa menyelipkan tangan di belakang punggung. Sekarang, melangkah maju dan berdiri dengan normal. Jika postur tubuh Anda berubah, perbaiki segera.

6. Mulailah dengan tempat duduk Anda

Kursi terbaik untuk mencegah sakit punggung adalah kursi dengan punggung lurus atau penyangga punggung bawah. Jaga agar posisi lututmu sedikit lebih tinggi dari pinggul saat duduk. Punggung kursi juga harus diatur pada sudut sekitar 110 derajat dan harus menopang punggungmu yang kecil dengan nyaman.

Baca juga
Tips Merawat dan Mencuci Sajadah

Jika perlu, gunakan bantalan berbentuk baji atau bantalan pinggang. Letakkan kaki Anda di atas bangku jika perlu. Jika harus berdiri untuk waktu yang lama, jaga agar kepala tetap tegak dan perutmu ditarik ke dalam. Jika memungkinkan, istirahatkan satu kaki di atas bangku atau kotak setinggi sekitar 15 cm dan ganti kaki setiap 5 hingga 15 menit.

7. Hati-hati dengan cara mengangkat barang

Jangan membungkuk dari pinggang untuk mengangkat benda berat. Anda bisa coba dengan menekuk lutut dan jongkok, tarik otot perut dan pegang objek dekat dengan tubuh saat Anda berdiri.

Biarkan kaki Anda yang mengangkat, bukan punggung Anda. Jangan memutar tubuh saat mengangkat, bahkan jika bisa, coba dorong daripada menarik benda berat. Mendorong lebih mudah di bagian belakang.

8. Simpan skinny jeans Anda

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat sehingga membuat Anda terganggu saat membungkuk, duduk, atau berjalan. Hal ini dapat semakin memperparah nyeri punggung. Gunakanlah celana dengan ukuran yang tidak terlalu ketat dan santai agar dapat mencegah terjadinya nyeri punggung.

9. Jangan letakkan dompet di saku celana belakang

Duduk dengan posisi dompet yang penuh dan disimpan pada kantung belakang celana dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan sakit punggung. Biasanya hal ini banyak dan sering terjadi pada pria. Jika Anda akan duduk dalam waktu lama seperti saat mengemudi, misalnya, cobalah untuk mengeluarkan dompet dari saku belakang.

Baca juga
Tips Mengisi Daya Baterai Smartphone Lebih Cepat

10. Banyak istirahat

Setiap 10 menit, luangkan setidaknya 20 detik untuk berhenti mengetik dan berdiri sambil meregangkan tubuh. Kemudian setiap 20 menit, bahkan jika Anda sedang beristirahat di antaranya, berdirilah dan habiskan setidaknya 2 menit untuk tidak berada di depan komputer Anda.

Jika Anda melakukan hal ini, dapat membuat darah Anda terpompa dan mengendurkan otot-otot yang kaku serta persendian yang kaku. Ini juga memberi kesempatan kepada mata Anda untuk menyesuaikan kembali, yang dapat mencegah masalah penglihatan terkait komputer.

Tinggalkan Komentar