Jumat, 12 Agustus 2022
14 Muharram 1444

10 Provinsi Alami Tren Kenaikan Kasus Positif COVID-19

Sabtu, 25 Des 2021 - 08:33 WIB
Penulis : Willi Nafie
10 Provinsi Alami Tren Kenaikan Kasus Positif COVID-19

Sebanyak 10 provinsi terpantau mengalami tren kenaikan kasus konfirmasi positif COVID-19 di  Hal itu berdasarkan data yang dimiliki Kementerian Kesehatan per tanggal 23 Desember 2021.

“Kami mencatatkan beberapa provinsi dengan sinyal peningkatan kasus dan kami berharap hal ini semua sudah tertangani dengan baik, terutama menjelang akhir Natal dan Tahun Baru,” kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi.

10 provinsi yang terpantau mengalami tren kenaikan kasus adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Jambi, Kalimantan Utara, Banten dan Sulawesi Selatan.

Baca juga
Marc Klok dan Rachmat Irianto Antar Indonesia Raih Kemenangan Bersejarah atas Kuwait

Menurut Nadia penyebab kenaikan kasus 10 provinsi itu disebabkan oleh mobilitas masyarakat yang meningkat karena adanya arus balik pada akhir tahun Jawa maupun Bali atau menjadi tempat transit dan tempat tujuan wisata.

Selanjutnya, mobilitas penduduk di Maluku, Nusa Tenggara dan Papua, juga terlihat meningkat melebihi kondisi pra-pandemi COVID-19.

Begitu pula dengan mobilitas penduduk di Jawa dan Bali. Meskipun masih di bawah kondisi pra-pandemi, tetapi sudah terlihat meningkat sejak awal Desember hingga saat ini.

“Kami menghimbau semua untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mobilitas penduduk tinggi merupakan faktor risiko terjadinya peningkatan transmisi COVID-19,” tegas dia.

Baca juga
AFF 2020: Konversi Peluang Gol, Indonesia Terbaik, Timor-Leste Terburuk

Nadia menyebutkan pemerintah akan mengambil kebijakan berupa pembatasan terkait dengan masyarakat yang melakukan perjalanan.

Tinggalkan Komentar