Senin, 03 Oktober 2022
07 Rabi'ul Awwal 1444

102 Bus Gandeng TransJakarta Siap Beroperasi

Rabu, 23 Jan 2013 - 00:40 WIB
Penulis : Karel S Ratulangi
Bus Transjakarta

INILAH.COM, Jakarta - Untuk meningkatkan pelayanan di bidang transportasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan revitalisasi terhadap102 unit bus TransJakarta, yang akan beroperasi di Koridor I jurusan Blok M - Kota dan Koridor 12 jurusan Pluit - Tanjung Priok.  

Revitalisasi yang dilakukan adalah dengan menganti bus tunggal yang sudah beroperasi hampir  7 tahun, dengan bus gandeng baru (articulated). Nantinya sebanyak 66 unit bus gandeng akan beroperasi di Koridor 1, dan 36 unit bus lainnya akan beroperasi di Koridor 12.

Selain itu, operator bus TransJakarta di dua koridor tersebut juga akan diganti dari PT Jakarta Express Trans, beralih  ke Damri.  

"Koridor I ini kita revitalisasi, dengan menggantikan bus-bus yang lama dengan bus baru sebanyak 66 unit. Juga operator diganti dari JET ke Damri," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, di Jakarta, Selasa (22/1/2013).  

Pada tahun 2013, Pemprov DKI  Jakarta memang berencana untuk melakukan penambahan sebanyak 450 unit  bus TransJakarta, yang terdiri atas 150 bus gandeng dan 300 bus tunggal. Dengan penambahan tersebut, jumlah armada busway bertambah banyak menjadi  974 unit dari jumlah sekarang hanya 524 unit  

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan pergantian operator bus TransJakarta di dua  koridor  tersebut, karena kontrak operator busway yang sebelumnya (PT JET) sudah berakhir pada tahun 2012.  

Kemudian  setelah mengadakan lelang umum, Dishub menetapkan pemenang lelang operator Koridor I adalah Damri.  

"Saat ini Damri telah menyiapkan 66 bus buatan Cina. Sekarang bus articulated itu sudah siap digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di koridor 1," ujarnya.  

Namun demikian, rencana untuk mengoperasikan bus gandeng di Koridor 12  terpaksa  ditunda, mengingat banjir masih merendam sebagian rute koridor tersebut.

"Rencana awal pada hari ini Koridor 12 dengan rute Pluit ke Tanjung Priok. Namun dengan kondisi cuaca dan lingkungan yang tidak memungkinkan, maka peresmian koridor ini terpaksa diundur menunggu kondisi dan cuaca yang lebih baik," tandasnya.