Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

11 Oleh-Oleh Khas Tegal yang Lezat dan Ringan di Kantong

Selasa, 24 Jan 2023 - 10:26 WIB
oleh-oleh khas Tegal
Macam-macam oleh-oleh khas Tegal. (Dokumentasi: IstockPhoto).

Jika mendengar kota Tegal, yang terbesit dipikiran pasti warung Tegal atau warteg yang banyak bertebaran di banyak daerah, termasuk Jakarta. Selain terkenal karena warung makannya yang khas itu, Tegal juga terkenal dengan banyak jajanan dan makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk teman ataupun keluarga.

Rekomendasi Oleh-Oleh khas Tegal

Berikut ini adalah beberapa jajanan atau makanan khas Tegal yang bisa Anda bawa pulang untuk oleh-oleh:

1. Kacang bogares

oleh oleh khas tegal
Foto: Twitter/KBogares

Sesuai dengan namanya, kacang bagores berasal dari daerah Bogares, Kecamatan Pangkah. Oleh-oleh yang satu ini mudah ditemukan di banyak tempat perbelanjaan ataupun warung-warung di Tegal. 

Kacang bagores memiliki rasa yang kurang lebih sama seperti kacang pada umumnya. Hanya saja teknik dari pembuatan kacang serta campuran bumbu yang digunakan sebagai penyedap rasa agak berbeda, sehingga membuat kacang bogares memiliki cita rasa yang khas.

2. Pilus kletuk

Foto: Youtube/Phesi Esterju

Masih dengan makanan ringan, ada Pilus Kletuk yang juga tak kalah enak. Terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, daun kucai dan bawang putih sebagai rasa dominan dari pilus khas Tegal ini.

Makanan ringan ini cocok untuk dimakan langsung atau dihidangkan dengan mie goreng atau bakso sebagai lauk tambahan yang renyah dan gurih. 

3. Kerupuk antor

Foto: Youtube

Sekilas oleh-oleh khas Tegal ini sama seperti kerupuk upil, makanan khas Kediri. Padahal, keduanya merupakan makanan yang berbeda.

Dibanding kerupuk upil, kerupuk antor memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Cita rasa kerupuk antor juga dominan rasa bawang yang gurih. 

Kerupuk antor bisa didapatkan di banyak tempat di Tegal. Anda juga bisa datang langsung ke produsen kerupuk antor yang ada di daerah Harjosari Kidul, Pagedangan, dan Penarukan.

Baca juga
Tasya Kamila Beberkan Rahasia Agar Mendapatkan Anak Perempuan

4. Keripik tahu

Foto: Youtube/TheHasanVideo

Makanan satu ini dibuat dari bahan utama tahu kuning, yang dipotong tipis dan dilapis dengan garam dan tepung beras. Meski memiliki rasa yang gurih dan renyah, tapi tekstur asli dari tahu yang lembut masih bisa Anda rasakan ketika Anda memakannya.

Keripik tahu bisa Anda dapatkan di banyak toko oleh-oleh. Untuk harganya, keripik tahu biasanya dibandrol mulai dari Rp15 ribu untuk kemasan 250 gram.

5. Telur asin

oleh oleh khas tegal
Foto by iStock

Meski bukan hanya Tegal yang punya telur asin, tapi telur asin khas Tegal punya ciri khas tersendiri, yaitu cenderung lebih asin dibanding telur asin pada umumnya. Telur asin khas Tegal juga biasanya tersedia dalam banyak varian sajian, ada telur asin rebus, telur asin bumbu pindang, telur asin bakar dan telur asin panggang. 

Telur Asin Rasa Sari merupakan salah satu penjaja telur asin di Tegal yang cukup punya nama. Untuk harga, telur asin Rasa Sari dibandrol mulai Rp47.000 per paket (isi 10 telur asin).

Baca juga
Pengalaman Belanja Furnitur Aman dan Nyaman di Ruparupa, Ini Dia 7 Keunggulannya

6. Dodol tegal

Dodol Khas Tegal - inilah.com
Foto by iStock

Sekarang masuk ke makanan manis. Siapa bilang cuma Garut yang punya dodol? Tegal juga punya.

Bahan dasar dodol Tegal ini sama seperti dodol pada umumnya, menggunakan santan kelapa, gula merah, tepung ketan dan garam. Biasanya, dodol khas Tegal juga dikombinasikan dengan rasa buah, seperti sirsak. 

Harganya pun terbilang murah. Untuk dodol berat 500 gr, harganya mulai dari Rp20 ribu sampai Rp50 ribu.

7. Latopia

Foto: iStock

Sekilas, latopia atau latopnya sama seperti bakpia khas Jogja. Hanya saja, dari segi bentuk, ukuran latopia lebih besar dan teksturnya cukup padat.

Varian rasanya juga lebih banyak dibanding bakpia. Ada latopia gula aren, durian, bahkan bawang. Sedangkan untuk harganya, latopian dibandrol mulai dari Rp50 ribu untuk ukuran yang 500 gram.

8. Manisan cerme

Foto: iStock

Makanan yang berbahan dasar buah cermai ini banyak ditemukan di kawasan wisata Guci. Ini karena di kawasan wisata Guci, mayoritas warganya adalah petani cermai. 

Sesuai namanya, manisan cermai memiliki cita rasa manis yang kuat dan menyegarkan. Manisan ini umumnya dimakan langsung. Namun, jika Anda ingin merasakan pengalaman yang berbeda, Anda bisa mencampurkannya dengan roti.

9. Kue kamir

Kue Kamir - inilah.com
Foto: iStock

Kue kamir terbuat dari tepung terigu, gula, ragi, mentega dan singkong. Selain rasa original, kue kamir khas tegal juga tersedia dalam berbagai rasa, seperti pisang, cokelat, dan nangka.

Baca juga
Pemikat Wisata, Kusir Delman di Monas Perlu Dibina dan Dilestarikan

Salah satu penjaja kue kamir khas Tegal yang cukup populer adalah kue kamir Poniyem. Lokasinya berada di Jl Kh Wahid Hasyim, Kalijembangan, Pakembaran. Harganya dibandrol mulai dari Rp10 ribu per kue.

10. Olos

Foto: iStock

Olos merupakan makanan ringan berbentuk bulat yang terbuat dari tepung kanji dan terigu. Olos umumnya memiliki banyak varian isi, mulai dari irisan sayur, sosis, keju, ayam, hingga cabe rawit.

Olos memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang gurih dan sedikit pedas. Di banyak tempat, olos umumnya dijual sekitar Rp500 per butir.    

11. Teh khas Tegal

oleh oleh khas tegal
Foto: Youtube/Kang Handri

Anda mungkin sudah tidak asing dengan Teh Poci. Ternyata teh tubruk yang satu ini asli Tegal. Tegal memang dikenal sebagai salah satu daerah produsen teh terbaik di Indonesia. Memiliki cita rasa dan aroma khas yang spesial. 

Bagi Anda penikmat teh, tidak ada salahnya untuk mencoba teh khas Tegal dan menyeduhnya di rumah sebagai teman untuk mencicipi jajanan khas Tegal lainnya, seperti kue kamis.

Tinggalkan Komentar