Minggu, 25 September 2022
29 Safar 1444

116 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 di Bengkulu Kedaluwarsa

Selasa, 01 Mar 2022 - 16:15 WIB
Penulis : Willi Nafie
116 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 di Bengkulu Kedaluwarsa

Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyampaikan sebanyak 116 ribu dosis vaksin COVID-19 jenis AstraZaneca telah kedaluwarsa pada 28 Februari 2022. Adapun total Provinsi Bengkulu menerima vaksin jenis AstraZaneca sebanyak 301 ribu lebih dosis.

​”Vaksin yang kedaluwarsa tertinggi berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Mukomuko,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni di Bengkulu.

Kemudian vaksin kedaluwarsa terendah berasal dari Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kepahiang. Data dalam aplikasi Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik (SMILE) ini masih terus diperbarui dari setiap kabupaten atau kota di Provinsi Bengkulu.

“Ini data sementara yang kami terima barusan pukul 11.00 siang ini dari aplikasi SMILE, jadi kami masih terus menunggu data real dari setiap kabupaten dan kota yang kemungkinan terus diperbarui,” ujarnya.

Baca juga
53 Juta Orang Sudah Divaksinasi Dosis Lengkap

Herwan menjelaskan bahwa pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin dalam pencapaian target capaian vaksinasi sebelum vaksin jenis AstraZeneca memasuki masa kedaluwarsa.

Dalam empat hari terakhir capaian vaksinasi dosis pertama telah mencapai 88 persen lebih, untuk dosis kedua mencapai 60 persen lebih dan dosis ketiga telah mencapai 30 persen.

Terhambatnya pencapaian target vaksinasi disebabkan karena vaksin jenis AstraZeneca hanya bisa dilakukan jika telah melakukan vaksinasi dosis pertama dan kedua dengan jarak waktu enam bulan serta batasan umur 18 ke atas hingga lansia.

Namun mendekati masa kedaluwarsa, pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yang memperbolehkan masyarakat umum bisa melakukan vaksinasi dosis ketiga tersebut.

Baca juga
Menkes Ungkap 100 Juta Lebih Masyarakat Indonesia Sudah Divaksin

Berikut jumlah dosis vaksin jenis AstraZeneca yang kadaluwarsa yaitu Kota Bengkulu yaitu 3,6 ribu dosis, Kabupaten Seluma sebanyak 17,5 ribu dosis, Kabupaten Bengkulu Tengah 4,8 ribu dosis.

Kabupaten Mukomuko sebanyak 16,1 ribu dosis, Kabupaten Rejang Lebong 23,3 ribu dosis, Kabupaten Lebong sekitar 9,2 ribu dosis.

Kabupaten Bengkulu Utara 10,3 ribu dosis, Kabupaten Bengkulu Selatan sekitar 1,5 ribu dosis, Kabupaten Kaur sebanyak 10,3 ribu dosis dan Kabupaten Kepahiang sekitar 2 ribu dosis.

Tinggalkan Komentar