Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

130 Koleksi Lakon Indonesia Dipamerkan di Candi Prambanan

Sabtu, 09 Okt 2021 - 11:30 WIB
130 Koleksi Lakon Indonesia Dipamerkan di Candi Prambanan - inilah.com
istimewa

Lakon Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Jakarta Fashion and Food Festival (JF3) akan menggelar pagelaran fesyen yang bertajuk GANTARI, di komplek Candi Prambanan, Jawa Tengah, pada Sabtu, (09/10/2021), malam. 

GANTARI adalah sebuah perjalanan untuk mendalami dan  menyempurnakan cerita, sebagai kelanjutan dari Pakaiankoe yang telah digelar pada tanggal 15 November tahun lalu di area SCBD, Jakarta.

Perjalanan ini adalah cerita yang menggambarkan metamorfosa Lakon Indonesia. Melakoni peranannya dalam menggali budaya dan tradisi serta mempertahankan prinsip dasar yang telah diwariskan secara turun temurun.

Gelaran fesyen ini menggabungkan kreativitas dan keterampilan yang mengangkat budaya Indonesia dengan menggunakan kain nusantara hasil karya tangan para pengrajin tradisional yaitu batik, jumputan, dan kain tenun lurik. 

Fesyen show nanti akan mempresentasikan koleksi yang lebih matang dan lebih dalam berupa 130 koleksi pakaian siap pakai yang akan diperagakan oleh 100 orang model. 

Mengangkat kekayaan kain hasil karya tangan pengrajin tradisional berupa batik, jumputan, dan tenun lurik, dengan bahan serat natural yang memang sangat cocok dengan iklim tropis Indonesia. 

“Dengan pagelaran ini diharapkan dapat mendorong industri fesyen, terutama yang berbasis kain tradisional serta industri kreatif pendukung lainnya,” kata pendiri Lakon Indonesia Theresia Mareta, saat temu media virtual, Jakarta, Sabtu, (09/10/2021). 

Melalui pagelaran kali ini, masih menurut Theresia, ingin memberikan penghormatan bagi kaum perempuan yang memiliki peran penting dalam pewarisan nilai budaya dan etika. Serta para seniman tradisional yang telah setia mengabdikan diri bagi dunia seni yang dicintainya.

Baca juga
Menparekraf Sandi: Potensi Metaverse Mengubah Dunia, Indonesia Harus Ambil Peluang

“Jadi karya ini akan diwarnai dengan rincian yang halus, sebagai penanda bahwa banyak sekali mahakarya di dunia yang bersumber dari perempuan. Batik dihasilkan oleh perempuan atau terinspirasi dari perempuan,” tambahnya.

Pemilihan lokasi di Candi Prambanan sebagai tempat pagelaran fesyen bertujuan untuk mengembangkan kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur. 

Pagelaran fesyen ini dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, acara tersebut degelar secara hybrid dengan penonton terbatas. 

Acara ini juga akan ditayangkan secara daring di kanal instagram dan YouTube Lakon Indonesia, JF3, Kemenparekraf, dan lainnya. 

Tinggalkan Komentar

×