Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

17 Orang di Iran Tewas Usai Aksi Demo Protes Kematian Amini

Kamis, 22 Sep 2022 - 22:37 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Unjuk Rasa Atas Kematian Amini Meluas, Presiden Iran Langsung Ultimatum Warganya
Demo Di Iran Atas Kematian Mahsa Amini/Foto:ist

Sebanyak 17 orang tewas dalam aksi demo yang terjadi selama enam hari berturut-turut di Iran. Televisi pemerintah melaporkan aksi demonstrasi ini terjadi terkait kematian seorang wanita muda dalam tahanan polisi moral.

“Tujuh belas orang, termasuk demonstran dan polisi, telah kehilangan nyawa mereka dalam peristiwa beberapa hari terakhir,” televisi Pemerintah Iran seperti dikutip Channel News Asia, Kamis (22/9/2022).

Meski begitu laporan itu tidak ikut menyertakan rincian indentitas para korban tersebut. Sebelumnya, media setempat melaporkan jumlah korban yang tewas sebanyak tujuh orang dari pengunjuk rasa dan empat dari anggota pasukan keamanan.

Kantor berita Iran melaporkan sebanyak tiga paramiliter yang dikerahkan untuk menghadapi perusuh ditembak mati atau ditikam di Kota Tabriz Provinsi Azerbaijan Timur, Kota Qazvin Provinsi Qazvin, dan Kota Mashhad Provinsi Razavi Khorasan.

Baca juga
Puluhan Napi Tewas Akibat Ledakan Granat Tangan dan Ditembak

Selain itu seorang anggota pasukan keamanan juga tewas pada Selasa (20/9) selama protes di Kota Shiraz Provinsi Fars. Namun, para pejabat Iran membantah pasukan keamanan terlibat dalam kematian para pengunjuk rasa.

Kematian Mahsa Amini, 22 tahun, pekan lalu yang ditangkap oleh polisi moral karena “pakaian yang tidak sesuai” memicu kemarahan yang membara atas berbagai masalah, termasuk hak, keamanan, dan ekonomi yang terguncang akibat sanksi internasional.

Tinggalkan Komentar