Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

187 Kali Gempa Guncang Manggarai-Flores NTT

Gempa Ntt - inilah.com
dok BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi sebanyak 187 kali gempa bumi susulan (aftershocks) pasca gempa magnitudo 5,8 yang mengguncang wilayah Manggarai-Flores NTT pada Senin (21/2) pukul 19.35 WIB.

“Gempa susulan terbesar magnitudo 5,4 dan yang terkecil magnitudo 2,0,” kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, Rabu (23/2/2022).

Ia menjelaskan, rentetan gempa yang membentuk kluster seismisitas di utara Manggarai-Flores ini masih murni gempa susulan (aftershocks) dan bukan aktivitas swarm.

“Untuk menentukan aktivitas ini swarm atau bukan masih sedang kita analisis lebih lanjut,” katanya.

Swarm adalah serangkaian aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil, dengan frekuensi kejadiannya sangat tinggi. Gempa jenis ini berlangsung dalam waktu yang relatif lama di wilayah sangat lokal.

Baca juga
Prakiraan Daerah di Jabar Potensi Banjir Bandang Hari Ini dan Besok

“Yang pasti kluster ini berada di jalur Sesar Naik Flores (flores Back Arc Thrust) pada segmen yang dalam kondisi seismic gap,” katanya.

“Wilayah Manggarai-Flores adalah kawasan kekosongan gempa besar dalam catatan sejarah gempa besar pemicu tsunami di NTT sejak tahun 1800-an,” tandas Daryono.

Tinggalkan Komentar