Rabu, 25 Mei 2022
24 Syawal 1443

2 Menteri Bangun Koalisi Jangan Dikaitkan dengan Agenda Terselubung

0514 095135 8eb5 Inilah.com  - inilah.com
Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sepakat membentuk koalisi Indonesia Bersatu. Koalisi tersebut diminta untuk tidak dijadikan tudingan adanya agenda terselubung. Foto: Inilah.com

Pembentukan koalisi Indonesia Bersatu yang terdiri atas Golkar, PAN dan PPP disambut positif banyak pihak namun tidak sedikit yang mengeritisinya. Pasalnya, dua ketua umum (ketum) parpol koalisi merupakan anggota kabinet.

Wakil Ketum PAN Viva Yoga Mauladi menilai, pembentukan koalisi Indonesia Bersatu merupakan agenda politik yang transparan dan tidak memiliki agenda terselubung. Adanya unsur menteri dalam koalisi justru menandakan Indonesia Bersatu memperjuangkan agenda pemerintah.

“Tidak ada agenda politik tersembunyi atau terselubung. Semua serba transparan alias terang benderang,” kata Viva Yoga di Jakarta, Minggu (15/5/2022).

Wakil Ketua Fraksi PAN ini mengatakan bahwa koalisi ini adalah bagian dari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Oleh karena itu, dalam rencana kerja selanjutnya akan bertanggung jawab untuk dapat meningkatkan kinerja pemerintahan.

Baca juga
Enam Kecamatan di Kabupaten Bekasi Terendam Banjir

Adanya dua menteri yang tergabung dalam koalisi justru menandakan Indonesia Bersatu akan bekerja maksimal bekerja untuk rakyat.

Dia juga mengingatkan, Ketum PAN Zulkifli Hasan telah menegaskan bahwa PAN akan terus berkomitmen menjadi partai koalisi pemerintah sampai purnatugas pemerintah setelah Pemilu 2024.

Selain itu, kata Viva Yoga, saat ini masing-masing partai politik yang lolos ambang batas parlemen sedang melakukan komunikasi, lobi, dan pendekatan politik. Langkah penjajakan ini akan mengerucut pada pembentukan koalisi sebagai syarat parpol untuk mengikuti Pilpres 2024.

Parpol lain seperti PKB, PKS, dan Demokrat mengaku mengapresiasi koalisi tersebut. Namun masih menjalani proses untuk menyatakan bergabung atau membentuk koalisi lain.

Tinggalkan Komentar