Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

2 Pemain Bintang Manchester City Diburu para Rival

Senin, 20 Jun 2022 - 15:52 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Manchester City
Gabriel Jesus dan Raheem Steerling (Foto Gettyimages)

Manchester City langsung cepat beraksi dalam bursa transfer musim panas ini dengan mendatangkan dua penyerang, Erling Haaland dan Julian Alvarez. Efek domino dari kedatangan itu, City akan melepas beberapa bintang mereka. Para bintang bernilai tinggi itu kini diburu oleh banyak klub, terutama dari Liga Inggris.

Raheem Sterling, penyerang tim nasional Inggris, menjadi salah satu pemain yang rumornya akan pergi. Sterling yang sudah mengabdi sejak 2015 hanya menyisakan satu tahun kontrak lagi di Manchester City . Kontrak itu habis musim panas 2023.

Chelsea, menurut Sky Sports, langsung memantau pemain 27 tahun tersebut. Mereka menjadikan Sterling sebagai target utama musim panas ini setelah kemungkinan akan melepas penyerang Romelu Lukaku ke Inter Milan dengan status pinjaman.

Sterling dikabarkan tidak akan memperpanjang kontrak bersama ”The Citizens”. Meskipun tampil reguler di Liga Inggris, dia bukan pilihan utama Manajer Josep Guardiola dalam setiap laga. Terbukti, pemain bertubuh mungil ini hanya tampil lima kali sebagai pemain inti dari 12 pertandingan di Liga Champions.

Jaminan untuk Piala Dunia Qatar

Reporter Sky Sports, Mark McAdam, menyampaikan, Sterling butuh jaminan bermain sebanyak mungkin karena sang pemain mengincar tempat di timnas Inggris jelang Piala Dunia Qatar 2022. Oleh karena itu, dia membuka peluang pindah dari City.

Baca juga
Persib Vs Bhayangkara FC, Menang Demi Buka Jalur Juara

Saat bersamaan, Manajer Chelsea Thomas Tuchel menyukai gaya main Sterling yang lincah dan berteknik. Dengan situasi kontrak terkini, Sterling sangat mungkin berpaling ke tim asal London tersebut.

”Sterling memulai karier di akademi Queens Park Rangers di London Barat. Dia menghabiskan banyak waktu di London sebelum pindah ke Liverpool. Dia pun punya hubungan dengan London. Itu bisa menjadi faktor besar dalam kepindahannya ke Chelsea,” kata McAdam.

Masalahnya, Chelsea tidak lagi dipegang oleh taipan Rusia, Roman Abramovich. Mereka tidak lagi punya dana tak terbatas di bursa transfer. Chelsea menawar Sterling dengan mahar sekitar 35 juta poundsterling. Padahal, Manchester City mematok harga sekitar 60 juta poundsterling.

Sterling butuh jaminan bermain sebanyak mungkin karena sang pemain mengincar tempat di timnas Inggris jelang Piala Dunia Qatar 2022. (Mark McAdam)

Manajemen Chelsea menawarkan uang transfer yang jauh dari harapan City karena berkaca dengan kasus penyerang Liverpool, Sadio Mane. Sang penyerang yang menyisakan setahun kontrak pindah ke Bayern Muenchen dengan harga sekitar 35 juta poundsterling.

Baca juga
Nabila Tulis Surat Perpisahan: Hai A Erill, Dulu Aku Sering Protes Kamu Baik ke Orang

Gabriel Jesus diburu Tim  London

Di sisi lain, City juga dikabarkan akan melepas penyerang utamanya musim lalu, Gabriel Jesus. Sama seperti Sterling, kontrak Jesus juga akan habis pada musim panas mendatang, Juni 2023. The Citizens pun membuka penawaran agar sang penyerang tidak pergi gratis pada musim depan.

Jesus, dengan kedatangan Haaland, hampir pasti tidak akan mendapatkan banyak menit bermain. Adapun musim lalu dia juga bukan pilihan utama Guardiola. Sang manajer lebih banyak memainkan formasi tanpa penyerang murni.

Arsenal tertarik mendatangkan Jesus ke Emirates Stadium. Mereka sangat butuh sosok penyerang setelah kepergian Alexandre Lacazette yang habis kontrak pada musim panas ini. Sebelumnya, mereka juga kehilangan Pierre-Emerick Aubameyang yang pindah ke Barcelona pada jendela transfer musim dingin lalu.

Arsenal punya peluang besar menghadirkan Jesus. Penyerang asal Brasil itu punya kedekatan dengan Manajer Arsenal Mikel Arteta. Mereka pernah bekerja sama saat Arteta masih jadi asisten manajer Guardiola di City. Adapun ”Si Meriam” punya beberapa pemain Brasil, Gabrial Magalhaes dan Gabriel Martineli, yang akan membantu adaptasi Jesus.

Namun, Arsenal mendapat tantangan dari sang rival Tottenham Hotspurs. Spurs juga mengincar Jesus untuk berduet dengan striker Harry Kane. Menurut jurnalis speliasis transfer Fabrizio Romano, semua akan bergantung pada harga yang ditawarkan untuk Jesus. ”City menginginkan sekitar 100 juta euro untuk kedua pemain itu (Jesus dan Sterling),” katanya.

Baca juga
PPKM Jabodetabek Kembali ke Level 2

Manajemen City percaya, Jesus dan Sterling adalah dua pemain yang berada di kasta tertinggi liga. Keduanya membawa City juara Liga Inggris dan ke final Liga Champions musim lalu. Mereka dilepas karena City punya pemain baru dan situasi kontrak yang dilematis.

Adapun City belum berhenti dalam bursa transfer ini. Mereka masih mengincar pemain baru, seperti gelandang Leeds United, Kalvin Phillips, serta bek sayap Brighton and Hove Albion, Mark Cucurella. Gerak cepat The Citizens memperlihatkan ambisi Guardiola untuk berprestasi musim depan, terutama meraih Liga Champions yang masih jadi tantangan utama.

Tinggalkan Komentar