21.268 TNI-Polri Kawal PON XX Papua

21.268 TNI-Polri Kawal PON XX Papua - inilah.com
istimewa

Sedikitnya 21.268 personel gabungan dari TNI dan Polri mengamankan jalannya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang digelar pada 2-15 Oktober 2021. Hal ini diungkapkan oleh Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

“Polri menggelar Operasi Deraku Cartenz 2021 bersama TNI,” ujarnya.

Menurutnya, PON XX digelar di beberapa kota di Papua di antaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Karena itu pengamanan dilakukan dengan cara menempatkan personel di semua titik venue.

Dengan adanya pengamanan yang bertugas selama 24 jam itu diharapkan bisa memberikan kenyamanan para atlet serta penonton yang hadir untuk menyaksikan setiap pertandingan. Karena ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan dan diikuti sekitar 10 ribu atlet beserta timnya masing-masing.

Baca juga  Lepas Atlet PON XX, Anies Ingin DKI Kembali Juara Umum

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) hingga saat ini masih terus berupaya memberikan kenyamanan kepada seluruh atlet selama penyelenggaraan PON XX di Papua. Caranya adalah dengan menyebar intelijen untuk memonitoring serta membaca pergerakan potensi ancaman.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengatakan semua itu dilakukan untuk memastikan keamanan PON XX dan juga saling bekerja sama dengan aparat keamanan. Sehingga sebelum terjadinya ancaman atau gangguan bisa segera diatasi.

“Melakukan monitoring dan pemantauan agar diupayakan segala potensi ancaman, gangguan terhambatnya proses pertandingan bisa dieliminasi dengan sebaik-baiknya,” kata Boy.

Menurutnya, semua atlet PON harus terhindar dari segala bentuk ancaman demi terwujudnya impian, yakni memenangkan setiap pertandingan. Karena itu aparat keamanan berkewajiban memberikan suasana yang kondusif.

Baca juga  Waspadai Serangan Terorisme di PON XX Papua

“Berprestasi tanpa harus terintimidasi,” tambah Boy.

Tinggalkan Komentar