Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

3 Bahan Alami Essential Oil yang Bermanfaat untuk Anak

Essential Oil
Unsplash

Essential oil semakin digemari masyarakat. Tidak hanya untuk orang dewasa, essential oil juga bisa diberikan untuk buah hati Anda.

Pentingnya menjaga kesehatan mental dan perawatan diri bagi para orangtua maupun anak-anak bisa dilakukan setiap saat.

Para orangtua mulai memilih penggunaan essential oil yang tepat sebagai pelengkap atau terapi yang dapat membantu meningkatkan imun dan kesehatan anak.

Dalam penggunaan minyak atsiri atau essential oil, para orangtua tetap harus teliti dan memastikan kembali apakah kandungannya aman untuk kulit bayi serta memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh anak atau bayi.

Lantas kandungan seperti apa yang sebenarnya aman digunakan untuk anak atau bayi? Berikut tiga bahan ekstrak alami dari minyak atsiri yang berkhasiat baik untuk kesehatan:

1. Peppermint Oil

Kandungan bahan alami peppermint bisa membantu melegakan saluran pernapasan karena mengandung mentol.

Baca juga
Tidak Semua Anak Tubuh Pendek itu Stunting

Peppermint juga dapat merangsang reseptor sensorik di hidung yang mendeteksi suhu dingin sehingga Anda merasa bernafas lebih lega.
Selain itu, manfaat peppermint untuk meredakan masalah hidung tersumbat, pilek, batuk-batuk, mengurangi mual, dan perut kembung.

“Ekstrak daun peppermint dan bahan-bahan alami lainnya memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan anak, terutama dalam meredakan gejala demam, perut kembung, gejala kolik pada bayi, melindungi anak dari gigitan nyamuk dan serangga, serta membantu meningkatkan imunitas bayi atau anak. Berbagai macam manfaat dari peppermint bisa dirasakan melalui produk Cessa CF (Cough & Flu) yang menenangkan dan hangat untuk bayi,” ujar Denis Yonathan, Direktur Utama Cessa Natural ditulis di Jakarta, Senin, (11/4/2022).

Baca juga
Atasi Masalah Sering Berkemih Saat Perjalanan Mudik, Hindari Kafein

2. Citronella Oil

Dikenal dengan sebutan sereh wangi atau citronella grass, tumbuhan ini memiliki manfaat yang baik untuk di dalam ruangan hingga dioleskan pada kulit.

Secara alami wangi citronella ini mampu mengusir nyamuk dan serangga lain. Tak hanya wangi, ekstrak citronella ini bisa menjadi minyak yang mengatasi masalah pernafasan, bakteri atau jamur di kulit, dan meredakan nyeri otot.

“Memberikan manfaat yang baik, mulai dari menstimulasi area sistem limbik untuk menenangkan emosi, memberikan efek rileks pada otot melalui indera penciuman, meningkatkan fungsi fisiologis yakni pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah. Kandungan citronella pada Cessa BA (Bugs Away) dan Cessa Iboost (Immune Booster) essential oil juga memiliki khasiat sebagai anti tantrum dan penenang saat bayi sedang gelisah atau rewel,” tambahnya.

Baca juga
Yus Yunus Meninggal, Waspada Ini 6 Tanda Serangan Jantung yang Harus Anda Ketahui

3. Lemon Oil

Buah yang kaya akan vitamin C, kandungan dari buah lemon ini bisa menjadi ekstrak minyak atsiri yang membantu stimulasi sistem imun, mencegah virus influenza, dan melindungi orang dalam tubuh.

Aroma segar dari lemon bisa menenangkan pikiran dan mengurangi rasa mual.

Melihat manfaat dan kandungan dari ketiga bahan alami ini, dapat menjadi pilihan yang tepat untuk para orangtua agar memakai minyak esensial yang sesuai dengan kebutuhan dan aman bagi bayi atau anak yang sedang sakit dan tidak ingin menggunakan obat-obatan kimia secara berlebihan.

Penggunaan essential oil pun bisa digabungkan, cukup dengan mencampurkan dua atau tiga pilihan minyak esensial sesuai kebutuhan Anda.

Tinggalkan Komentar