Selasa, 16 Agustus 2022
18 Muharram 1444

3 Gunung Berapi Berstatus Siaga, Begini Cara Deteksi Erupsi Melalui Smartphone

Rabu, 08 Des 2021 - 12:17 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
- inilah.com

Masyarakat yang ingin melintasi gunung berapi di Indonesia kini tak perlu khawatir. Kondisi terkini Gunung berapi bisa dipantau melalui aplikasi ponsel.

Cukup dengan mengakses situs resmi https://magma.esdm.go.id melalui peramban pada smartphone untuk mengetahui lokasi rawan erupsi gunung berapi di Indonesia.

Menurut pantuan Inilah.com, berdasarkan informasi saat ini diketahui ada tiga Gunung di Indonesia yang statusnya sedang siaga yakni Merapi, Sinabung dan Ili Lewotolok.

Dalam peta tersebut, pengakses juga bisa mengidentifikasi keberadaan mereka masuk wilayah potensi erupsi gunung berapi seperti Gunung Semeru.

Peta ini merupakan hasil monitoring, pengalaman dan data di lapangan yang dihimpun oleh Badan Geologi. Jadi pihaknya memprediksi lewat mana kiranya aliran lahar atau awan panas guguran akan mengarah.

Baca juga
Alat Berat Bantu Penemuan Dua Jenazah Erupsi Semeru

Informasi ini cukup penting untuk direkomendasikan kepada masyarakat, peta wilayah ini juga secara berkala dilaporkan kepada pemerintah daerah setempat untuk kebutuhan informasi warga sekitar gunung berapi.

Tinggalkan Komentar