Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

3 Manfaat Menabung Usia Dini

Senin, 20 Sep 2021 - 23:23 WIB
Penulis : elsye prilian
3 Manfaat Menabung Usia Dini - inilah.com

Kegiatan menabung mungkin sudah tidak asing lagi ya tentunya. Menabung sendiri merupakan kegiatan untuk mengatur dan mengelola keuangan sebagai simpanan yang dapat digunakan sewaktu-waktu jika diperlukan. Namun Kegiatan menabung tidaklah semudah yang dibayangkan bila tidak ditanam sejak dini. Alangkah baiknya bila orang tua sudah menanamkan kebiasaan menabung sejak dini karena dengan berkegiatan menabung sejak usia dini, anak mendapatkan banyak manfaat bagi kehidupannya.

Kegiatan menabung bukan hanya soal menyisihkan uang jajan ataupun menyimpan uang yang tidak dipakai untuk jajan, namun kegiatan menabung ini dapat membantu membentuk kebiasaan dan sebagai investasi jangka panjang untuk anak usia dini. Kegiatan menabung tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan celengan saja, namun kegiatan menabung bagi anak usia dini juga dapat dilakukan dengan cara membuka rekening bank untuk anak usia dini. selain sebagia investasi jangka panjang, menabung juga mempunyai manfaat lainnya. Berikut akan dijelaskan 3 manfaat menabung bagi anak usia dini :

1. Mengelola keuangan sejak dini
Kegiatan menabung yang dilakukan anak usia dini dapat menjadi kebiasaan bagi anak tersebut untuk mengatur keuangannya. Anak tersebut akan terbiasa mengelola uangnya untuk hal-hal yang penting lebih dahulu dan akan menyisihkannya bila menurut dia hal itu tidak terlalu penting baginya. Sehingga kebiasaan ini akan terus terbawa sampai anak tersebut dewasa.

Baca juga
Hasil Riset: Ternyata 83 Persen Ibu Tahu Arti Toxic Parenting

2. Melatih anak dalam pola pikir bijaksana
Setelah anak dapat mengelola keuangannya sendiri, tentunya anak tersebut memiliki pola pikir yang bijaksana dalam mengambil keputusan untuk uang yang dimilikinya. Mengapa demikian? karena bila anak sudah terbiasa untuk mengelola uang untuk ditabung, tentunya anak tersebut sudah berpola pikir bijaksana. Pola pikir bijaksana yang dimaksud dalam hal ini yaitu anak tersebut sudah pasti dapat membedakan mana barang yang benar-benar dia perlukan dan butuh maupun barang yang sekedar hanya dia inginkan, sehingga pola pikirnya akan terbentuk menjadi bijaksana apakah uang yang dia punya akan ditabung atau akan dihabiskan untuk barang yang hanya diinginkannya saja.

3. Mempersiapkan Masa Depan
Setelah anak yang telah diajarkan sejak usia dini untuk menabung, memahami bagaimana cara mengelola keuangan dan berpola pikir bijaksana. Tentunya anak tersebut sudah mulai mempersiapkan masa depannya dengan baik. Karena saat anak tersebut sudah beranjak dewasa dan mendapatkan uang dari  hasil jerih payahnya sendiri anak tersebut sudah dapat mengelola keuangannya dan berpikir bijaksana dalam membeli keperluannya.

Baca juga
Peran Orangtua Tingkatkan Aspek Sosial Emosional Anak di Masa Transisi

Tentunya sebagai para orang tua yang mempunyai anak menginginkan anaknya dapat menjalani kehidupannya dengan baik, sehingga ingin membantu anaknya dalam tumbuh kembangnya. Mengajari anak menabung sejak usia dini merupakan salah satu cara orang tua untuk mendidik anaknya, sehingga peran orang tua dalam hal menabung sangat diperlukan. Tidak hanya 3 manfaat diatas saja yang akan didapat anak bila mulai menabung diusia dini, tentunya masih banyak lagi manfaat yang akan didapat bila anak tersebut dapat benar memahami konsep dari menabung.

Tinggalkan Komentar

×