Selasa, 04 Oktober 2022
08 Rabi'ul Awwal 1444

3 Pasien Hepatitis yang Meninggal di RSCM Negatif COVID-19

Kamis, 05 Mei 2022 - 14:21 WIB
Hepatitis misterius - inilah.com
ilustrasi - ist

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, tiga pasien anak yang meninggal dunia karena menderita sakit hepatitis di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) negatif COVID-19.

“Ketiganya COVID negatif. Kita sudah melakukan investigasi bersama Dinkes DKI Jakarta mengenai faktor risiko, kalau kita lihat data yang ada, satu kasus pernah memiliki penyakit lain,” kata Nadia dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan, Kamis (5/5/2022).

Spesialis anak dari RSCM, Dr dr Hanifah Oswari, SpA(K), menjelaskan kondisi ketiga anak tersebut saat tiba di RSCM sudah dalam kondisi berat.

“Kita mencoba merawatnya di ICU dan tidak tertolong. Karena kondisi pada saat datangnya sangat-sangat berat,” kata dr Hanifah Oswari dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan.

Baca juga
Omicron Terdeteksi Masuk RI, BIN DKI Genjot Vaksinasi Anak dan Masyarakat

Sebelumnya pada Ahad (1/5/2022) Kementerian Kesehatan mengumumkan terdapat 3 pasien anak yang dirawat di RSCM meninggal karena hepatitis. Diduga hal ini berkaitan dengan fenomena kasus hepatitis misterius yang tengah marak dilaporkan dunia. Belum diketahui asal dan penyebab penyakit tersebut, termasuk munculnya spekulasi dari adenovirus COVID-19.

Tinggalkan Komentar