Selasa, 09 Agustus 2022
11 Muharram 1444

3 Tips Cegah Kolesterol pada Anak Sebelum Injak Usia 18 Tahun

Senin, 20 Des 2021 - 17:47 WIB
Tips Cegah Kolesterol
istimewa

Kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Dokter menyarankan tips cegah kolesterol. Hal ini untuk mengambil langkah-langkah lebih awal dalam hidup untuk mencegah kadar kolesterol tinggi yang berbahaya berkembang seiring bertambahnya usia seseorang. Kolesterol yang tidak terkelola selama bertahun-tahun bisa jauh lebih sulit untuk diobati.

Anak-anak paling kecil kemungkinannya memiliki kadar kolesterol tinggi dan hanya perlu diperiksa kadarnya sekali atau dua kali sebelum mereka berusia 18 tahun.

Namun, jika anak memiliki faktor risiko kadar kolesterol yang lebih tinggi, mereka harus lebih sering dipantau. Biasanya, pria cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi sepanjang hidup daripada wanita. Kadar kolesterol pria umumnya meningkat seiring bertambahnya usia.

Baca juga
Percepatan Penurunan Stunting Harus jadi Prioritas

Wanita tidak kebal terhadap penyakit kolesterol tinggi. Kolesterol seorang wanita sering meningkat ketika dia mengalami menopause, seperti yang dikutip dari medicalnewstoday, Senin, (20/12/2021).

Lantas apa saja tips cegah kolesterol? Berikut adalah rinciannya.

1. Tips cegah kolesterol jalani gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat

Rekomendasi terbaik tips cegah kolesterol untuk anak-anak dan remaja untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkendali adalah menjalani gaya hidup sehat dan aktif. Ini termasuk makan makanan yang sehat dan banyak berolahraga.

2. Anak-anak bisa mulai bergerak aktif olahraga sejak dini

Salah satu tips cegah kolesterol adalah anak-anak yang tidak banyak bergerak dan kelebihan berat badan yang makan makanan tinggi makanan olahan kemungkinan besar memiliki kolesterol tinggi. Anak-anak yang memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi juga mungkin berisiko.

Baca juga
Suara Hati Dorce Gamalama Minta Bantuan Megawati untuk Berobat

Umumnya, semakin dini orang dewasa mulai menjalani gaya hidup sehat, semakin baik kadar kolesterol mereka. Tingkat kolesterol membangun dari waktu ke waktu. Perubahan gaya hidup yang tiba-tiba pada akhirnya akan membantu, tetapi semakin tua seseorang, semakin sedikit dampak yang akan mereka lihat pada kadar kolesterol.

3. Rutin olahraga buat pria maupun wanita

Semua orang dewasa harus tetap aktif dan mempertahankan rutinitas olahraga yang teratur. Wanita yang mengalami menopause dan orang dewasa dengan kadar kolesterol tinggi mungkin ingin mempertimbangkan pengobatan yang akan membantu mengurangi kadar kolesterol lebih cepat daripada diet saja.

Baca juga
Mengapa Merokok Dapat Meningkatkan Risiko Bila Terkena Covid-19?

Kolesterol tinggi pada usia berapa pun menempatkan seseorang pada risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Risiko ini hanya meningkat dari waktu ke waktu, terutama bagi orang dewasa yang tidak mengambil tindakan untuk mengurangi penumpukan kolesterol mereka.

Tinggalkan Komentar