Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

4 Cara Optimasi Profil Bisnis di Laman Pencarian Google

Laman pencarian Google - inilah.com
Istockphoto

Bisnis apa pun saat ini membutuhkan visibilitas yang menjadi target dari laman pencarian Google. Sebagian besar bisnis tahu bahwa ini memerlukan pengoptimalan situs web dan Iklan Google.

Saat ini, banyak konsumen yang mengandalkan dunia maya untuk mencari informasi soal tempat belanja yang ingin mereka datangi.

Selama bulan Ramadan, tempat publik khususnya restoran biasanya perlu menyesuaikan jam buka, apalagi tahun ini Indonesia masih dilanda pandemi virus corona.

Google sejak beberapa tahun belakangan menyediakan fitur Profil Bisnis, berisi informasi dasar tentang sebuah tempat, termasuk toko, seperti alamat, jam buka dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Baca juga
10 Rekomendasi Aplikasi Catatan Penjualan Usaha Terbaik untuk Bisnis Anda

Google, melalui siaran pers, Rabu (06/04/2022), membagikan cara mengoptimalkan Profil Bisnis di Google Search dan Maps selama bulan Ramadan.

1. Sesuaikan jam kerja

Jika memiliki jam buka khusus selama bulan Ramadan, berikan informasi ini di Profil Bisnis supaya konsumen bisa mengatur waktu berkunjung.

Jika jam buka selama bulan puasa adalah sama seperti biasa, tetap informasikan jadwal selama Ramadan supaya konsumen tahu bahwa informasi ini merupakan yang terkini.

2. Promosi

Pemilik bisnis bisa menambahkan gambar soal promosi atau penawaran khusus selama bulan Ramadan.

3. Aktifkan fitur perpesanan

Google menyarankan pemilik bisnis mencantumkan nomor telepon terbaru pada Profil Bisnis. Selain itu, nyalakan fitur perpesanan (messaging) supaya konsumen bisa langsung menguhubungi melalui Profil Bisnis di Google Search atau Maps.

Baca juga
Keberatan Ongkos Produksi, Youtube Tinggalkan Program Seri Original

4. Cara berbelanja

Kolom atribut bisnis pada Profil Bisnis bisa diisi dengan informasi cara berbelanja, misalnya pilihan untuk pengiriman atau pengambilan produk.

Berikan juga informasi tentang protokol kesehatan selama pandemi, misalnya wajib menggunakan masker, agar konsumen yang ingin datang langsung yakin tentang keamanan dan kesehatan di lokasi.

Tinggalkan Komentar