Senin, 26 September 2022
30 Safar 1444

4 Fakta Piala Dunia Qatar, dari Bola Tercepat sampai Stadion Megah

Rabu, 13 Apr 2022 - 12:59 WIB
4 Fakta Piala Dunia Qatar, dari Bola Tercepat sampai Stadion Megah
4 Fakta Piala Dunia Qatar, dari Bola Tercepat sampai Stadion Megah

Piala Dunia Qatar 2022 akan bergulir akhir tahun ini. Sudah 29 negara memastikan tempat untuk tampil di putaran final Piala Dunia Qatar. Tiga Slot tersisa masih jadi rebutan sejumlah negara hingga lengkap 32 peserta.

Sebagai negara yang jauh dari tradisi sepak bola, Qatar menggarap proyek Piala Dunia kali ini dengan prestisius. Hampir semua stadion yang akan digunakan untuk pertandingan, baru dibangun.

Namun gelaran agenda sepakbola 4 tahunan in tak melulu soal stadion dan pertandingan. Sejumlah elemen lain untuk melengkapi kesuksesan gelaran Piala Dunia Qatar, sudah diluncurkan.

Berikut 4 fakta Piala Dunia Qatar yang yang perlu anda baca sebelum menikmati pertandingan-pertandingan menarik khas piala dunia.

1. Bola Tercepat di Bumi

Produsen apparel olahraga asal Jerman, Adidas meluncurkan Al Rihla sebagai bola resmi di Piala Dunia 2022 Qatar. Al Rihla dalam bahasa Arab berarti perjalanan.

Fakta Al Rihla adalah dibuat secara eksklusif dengan tinta dan lem berbahan dasar air. Bola ini mengambil inspirasi dari budaya, arsitektur, kapal ikonik, dan bendera Qatar. Proses pembuatan bola Piala Dunia 2022 ini dilakukan dengan pengujian data yang ketat di lab Adidas dengan melibatkan para pesepakbola.

Baca juga
Amerika dan Meksiko Lolos, Sisa Tiga Slot untuk Tampil di Piala Dunia 2022

Warna-warna cerah dan berani pada latar belakang mutiara mewakili negara tuan rumah Piala Dunia 2022 dan kecepatan permainan yang meningkat. Bola ke-14 di Piala Dunia yang diproduksi Adidas ini dirancang untuk bertahan pada kecepatan maksimum pertandingan. Karena ia bergerak di udara lebih cepat daripada bola lainnya dalam sejarah turnamen.

2. Maskot Kain Putih

FIFA resmi meluncurkan maskot Piala Dunia Qatar 2022 dengan nama La’eeb. Maskot tersebut dirilis pada Jumat (1/4/2022) bersamaan dengan pengundian final Piala Dunia di Doha, Qatar.

La’eeb dalam bahasa arab artinya ‘pemain yang sangat terampil’. Menggunakan kain putih dan memakai Igal yang melingkar di kepalanya, maskot itu tampak sedang terbang jika diperhatikan.

Sambil mengolah bola, La’eeb digambarkan sedang tersenyum dalam pengambarannya.

3. Lagu Arab

Selain bola dan maskot, lagu bertema Piala Dunia Qatar jadi hal yang patut ditunggu. Ingat betapa berkesannya lagu Waka-Waka di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, We Are One (Ole Ola) di Piala Dunia 2014 Brasil, membuat lagu official piala dunia menjadi satu hal yang patut ditunggu.

Baca juga
Duka Italia Kembali Terjerembab ke Titik Nadir

Untuk Piala Dunia Qatar kali ini, “Hayya Hayya” (Better Together) dipilih jadi lagu resmi.

Dalam lagu ini, penyanyi Qatar Aisha berkolaborasi dengan dua penyanyi Amerika Serikat, Davido dan Trinidad Cardona. Pengumuman lagu resmi tersebut sudah ditampilkan pada saat drawing Piala Dunia di Doha, Jumat (1/4/2022).

Dikutip dari situs resmi FIFA, lagu resmi Piala Dunia 2022 tersebut melambangkan kegembiraan festival sepak bola yang akan menerangi dunia akhir tahun ini.

Chief Commercial Officer FIFA, Kay Madati mengatakan bahwa suara-suara dari Amerika, Afrika, dan Timur Tengah, lagu ini melambangkan bagaimana musik dan sepak bola dapat menyatukan dunia.

4. Stadion Super Megah

Sebagai negara kaya minyak dan uang bukanlah masalah, Qatar tak mau menyia-nyiakan sorotan dunia ke negaranya akhir tahun nanti.

Baca juga
Hadirkan Museum Olahraga Terbesar di Dunia, Qatar Bantah Pamer

Untuk menjaga kenyamanan dan pengalaman menonton yang tak bisa dilupakan, pemerintah Qatar membangun stadion-stadion megah dan ikonik untuk menggelar 64 pertandingan.

Stadion Lusail Iconic atau Iconic Lusail Stadium merupakan venue Piala Dunia 2022 Qatar dengan kapasitas terbesar yaitu 80.000 penonton.

Karena fakta Qatar berada di daerah yang panas, stadion ini akan dilengkapi sistem pendingin udara demi kenyamanan pemain dan penonton. Desainnya menjamin sirkulasi udara berjalan baik.

Stadion Lusail akan mempunyai pendingi menggunakan tenaga surya dan memiliki jejak karbon nol.

Stadion ini akan menjadi tuan rumah 10 pertandingan termasuk final Piala Dunia 2022.

Tinggalkan Komentar