Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

4 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi yang Harus Dibatasi

Senin, 02 Jan 2023 - 16:51 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Ilustrasi. Daging pemicu kolesterol tinggi (Foto: istock)
Ilustrasi. Daging pemicu kolesterol tinggi (Foto: istock)

Pakar kesehatan memperingatkan masyarakat bahwa kadar kolesterol penting karena mengindikasikan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Pendiri Protect Cardiology Consultants, Elizabeth Klodas, MD, membagikan empat makanan tinggi kolesterol yang harus ada batasannya.

Menurut laporan terbaru dari Medical Daily, salah satu makanan yang bermasalah adalah daging olahan.

Pakar kesehatan telah lama memperingatkan bahaya makan daging olahan seperti bacon dan hot dog yang meningkatkan kadar kolesterol. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa daging olahan mengandung sodium, asam lemak jenuh dan karsinogen.

Daging merah selanjutnya termasuk hamburger, iga, steak, dan daging babi, mengandung lemak jenuh dan meningkatkan kadar kolesterol, kata Klodas.

Baca juga
Meski Aktivitas Padat, Lakukan Cara 3P Ini Agar Kolesterol Tak Naik

Tetapi bagi banyak orang menghindarinya hampir tidak mungkin, jadi anjurannya makan daging merah setidaknya seminggu sekali. Makanan gorengan juga harus dihindari.

Klodas mengatakan makanan yang digoreng seringkali tinggi kalori karena lemak jenuh atau trans dan kolesterol ditambahkan ke dalam makanan. Selain itu, makanan yang dipanggang seperti kue kering, kue, dan kue kering seringkali mengandung kalori tinggi dan kurang nutrisi.

Makanan ini juga tinggi gula dan lemak jenuh, yang meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Klodas mengatakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah menjauhi makanan berkolesterol tinggi. Ini menunjukkan diet yang lebih baik. Pilih daging ikan tanpa lemak daripada daging merah, tinggalkan makanan yang berminyak dan pilih kol atau kol. Dalam hal makanan olahan, tidak ada cara yang lebih baik selain menghindarinya.

Baca juga
Harga Cabai Merah Tembus Rp125 Ribu Setara Sekilo Daging Sapi

Untuk makanan yang dipanggang, taruhan terbaik Anda adalah memanggang di rumah dan mengontrol minyak dan gula yang Anda gunakan.

Tinggalkan Komentar