Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

4 Manfaat Duduk di Lantai untuk Kesehatan

Manfaat Duduk Di Lantai - inilah.com
pexel

Banyak manfaat duduk di lantai untuk kesehatan. Selain untuk menjaga otot-otot di sekitar sendi, duduk di lantai juga dapat memperkuat kaki Anda.

Berikut adalah empat manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat dari duduk di lantai:

1. Keseimbangan, stabilitas, dan koordinasi yang lebih baik

Duduk dan berdiri dari lantai bisa melatih keseimbangan, stabilitas, dan koordinasi tubuh total. Jadi, semakin sering Anda melakukannya, semakin baik keseimbangan Anda.
Ini sangat penting seiring bertambahnya usia karena membantu mengurangi risiko jatuh yang dapat mengakibatkan patah tulang, seperti yang dikutip dari nodokter, Jakarta, Rabu, (09/03/2022).

2. Tingkatkan mobilitas

Pindah ke posisi duduk di lantai melibatkan otot-otot di sekitar beberapa sendi dan bagian tubuh seperti bahu, siku, pergelangan tangan, pinggul, lutut, dan kaki. Dengan demikian, latihan duduk di lantai setiap hari dapat membantu meningkatkan mobilitas Anda.

Baca juga
Cuan Kripto Sambil Main Game, Gimana Caranya?

Ini mengacu pada kemampuan Anda untuk bergerak melalui berbagai gerakan sendi, yang sangat penting untuk dapat bergerak melalui kehidupan seperti yang Anda inginkan. Duduk di lantai juga dapat membantu Anda bebas cedera dan rasa sakit seiring bertambahnya usia.

3. Inti dan kaki yang kuat

Duduk di lantai dapat membantu membangun inti perut dan kaki yang lebih kuat. Hal ini karena inti harus terlibat saat menarik tubuh dari tanah, jadi bangun dan duduk kembali beberapa kali dapat menghasilkan keterlibatan inti yang maksimal.

Bangkit dari lantai juga memaksa orang untuk melakukan gerakan yang mirip dengan jongkok. Jadi, ketika Anda secara teratur duduk di lantai, pada dasarnya Anda melakukan beberapa repetisi latihan tubuh bagian bawah sepanjang hari.

Baca juga
OJK Sebut Indonesia Punya 2.100 Startup

4. Postur lebih sehat

Duduk di lantai dapat membantu meningkatkan postur yang baik. Itu karena ketika Anda berpindah dari posisi berdiri ke duduk (dan kembali lagi) persendian Anda harus sejajar untuk menjaga keseimbangan.

Bahkan menurut National Osteoporosis Foundation, gerakan duduk dan berdiri bisa melatih penjajaran tubuh yang tepat. Hal ini berkaitan dengan bagaimana kepala, bahu, tulang belakang, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki Anda bertumpuk satu sama lain.

Terlebih lagi, duduk di lantai mendorong Anda untuk duduk lebih tegak daripada membungkuk, yang merupakan faktor lain untuk penuaan yang sehat. Banyak dari kita duduk terlalu sering dan di kursi yang kurang ideal, yang bukan pertanda baik untuk postur.

Tinggalkan Komentar