Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

4 Manfaat Menggunakan Program Akuntansi untuk Perusahaan

Software Akuntansi (Foto istock) - inilah.com
Software Akuntansi (Foto istock)

Program akuntansi menjadi kebutuhan vital dalam bisnis. Pemilik bisnis mulai banyak yang menyadari bahwa mengelola finansial dengan cara manual tidak akan mencapai efisiensi seperti yang dia harapkan.

Manajemen keuangan yang semestinya ini akan mampu membantu perusahaan Anda untuk bisa mengelola anggaran dan juga finansial menjadi lebih efektif dan efisien selain itu mampu menyajikan data yang lebih real time. Jika data yang berhubungan dengan keuangan tersebut tidak real time akan membuat Anda sulit mengetahui seperti apa kondisi keuangan perusahaan Anda.

Apa itu Program Akuntansi?

Saat ini, program akuntansi telah menjadi kebutuhan vital dalam bisnis apapun. Pemilik bisnis sudah mulai menyadari bahwa mengelola keuangan secara manual tidak akan membantu mereka mencapai hasil yang diharapkan. Dalam banyak kasus, pengelolaan keuangan yang semestinya dapat membantu perusahaan mengelola anggaran dengan lebih efisien menjadi salah satu penyebab terjadinya kerugian finansial.

Jika Anda telah berpikir untuk mengotomatiskan operasi keuangan Anda, maka Anda membaca artikel yang tepat. Sebelum memutuskan untuk mengimplementasikan program akuntansi, Anda harus terlebih dahulu memahami cara kerjanya dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis Anda.

Sistem akuntansi (juga disebut aplikasi akuntansi) dirancang bagi profesional akuntansi untuk mengelola akun dan menyederhanakan operasi keuangan dalam organisasi.

Sistem akuntansi dapat berkisar dari program entri tunggal yang sederhana yang digunakan untuk menyimpan pencatatan individu, hingga sistem akuntansi yang lebih canggih yang dapat digunakan untuk mengelola hutang, piutang, buku besar, faktur, gaji, dan bahkan aset perusahaan.

Saat ini, banyak bisnis sudah mulai beralih ke sistem akuntansi. Perangkat lunak ini memungkinkan pemilik bisnis untuk melacak transaksi keuangan dan secara instan menghasilkan berbagai laporan keuangan.

Sebelum aplikasi akuntansi, tugas keuangan harus dilakukan secara manual, menggunakan jurnal transaksi besar. Pelaporan ad hoc pada dasarnya tidak praktis, karena manajer akuntansi harus mengkonsolidasikan entri secara manual. Sistem akuntansi mengotomatiskan tugas-tugas ini, mengurangi biaya akuntansi, dan memungkinkan pengambilan keputusan keuangan yang lebih baik melalui pelaporan waktu nyata.

Program Akuntansi untuk Manajemen Keuangan

Software khusus akuntansi ini tidak hanya bermanfaat untuk menghitung atau menampilkan laporan keuangan saja namun lebih dari itu. Aplikasi catatan keuangan tersebut juga bermanfaat untuk membuat manajemen keuangan perusahaan menjadi lebih baik lagi. Manajemen keuangan yang kurang bagus ini akan membuat perusahaan akan mengalami kerugian. Selain itu  manajemen keuangan in penting untuk mengetahui jika arus kas bisnis ini stabil.

Tujuan dari manajemen keuangan untuk memaksimalkan keuntungan, memastikan kelangsungan hidup dari sebuah bisnis, mempertahankan arus kas yang tepat, meminimalkan biaya modal, mengoptimalkan pangsa pasar, dan lain sebagainya. Tanpa manajemen yang baik ini bisnis akan kesulitan dalam mencapai objektifnya dan mengalami berbagai macam kerugian yang berujung pada kebangkrutan.

Baca juga
WADA Cabut Sanksi Awal Februari, Merah-Putih Bisa Kembali Berkibar

Keuntungan Menggunakan Program Akuntansi

Banyaknya perusahaan yang membutuhkannya membuat beberapa vendor menawarkan software satu ini.  Jika Anda memilih vendor yang tepat akan ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan seperti berikut ini:

  1. Memiliki financial control yang bagus

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan adalah perusahaan Anda akan memiliki financial control yang bagus. Anda sebagai pemilik bisnis bisa mengontrol keuangan secara otomatis, sekalipun Anda bukanlah orang yang ahli dalam hal akuntansi.

Dengan sedikit pelatihan Anda sebagai pemilik bisnis akan mampu membuat operasional akuntansi dengan menggunakan komputer atau melalui perangkat seluler tanpa harus menggunakan jasa eksternal untuk mengontrol anggaran bisnis Ada.

  1. Menghemat biaya

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan selanjutnya adalah menghemat biaya perusahaan. Dengan menggunakan sistem akuntansi ini Anda bisa menyusun anggaran keuangan menjadi lebih mudah. Anda juga tidak perlu menggunakan jasa outsourcing untuk menangani keuangan perusahaan Anda sehingga perusahaan bisa mengurangi biaya untuk penggajian karyawan outsourcing tersebut.

Tidak hanya itu saja bisnis Anda juga akan lebih hemat karena biaya yang berhubungan dengan percetakan dan juga dokumentasi ini bisa dipangkas karena disimpan secara digital. Data Anda juga lebih aman dibandingkan dengan menyimpannya secara manual.

  1. Akurasi data menjadi meningkat

Keuntungan lainnya adalah akurasi data menjadi meningkat. Jika dulunya keuangan perusahaan Anda memiliki kesalahan data yang diakibatkan oleh human error dengan menggunakan bantuan software ini kesalahan akan bisa diminimalisir bahkan di hindari. Dengan hal ini akurasi data akan meningkat.  Efisiensi pekerjaan juga akan meningkat karena Anda maupun karyawan tidak perlu memasukkan data secara berulang.

  1. Memudahkan dalam pengambilan keputusan

Data adalah hal yang penting dalam bisnis, bahkan data adalah asset bisnis. Oleh sebab itu jika data yang Anda dapatkan kurang berkualitas akan membuat bisnis Anda lamban dalam mengambil keputusan. Berkat menggunakan program akuntansi ini data yang didapatkan berkualitas sehingga akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan.

Dengan data yang akurat mudah bagi Anda untuk  mengetahui apa yang harus Anda lakukan untuk perusahan Anda selanjutnya, apakah pembelian asset dan investasi untuk perusahaan atau justru memotong beberapa anggaran yang dianggap tidak perlu.

Program akuntansi ini sangat penting untuk bisnis Anda, oleh sebab itu segeralah untuk mengimplementasikan software ini ke perusahaan Anda agar manajemen dan pengelolaan keuangan perusahaan Anda menjadi lebih maksimal.

  1. Meningkatkan Keamanan Data Keuangan
Baca juga
Polisi masih Hitung Cuan Dea dari Konten Porno di OnlyFans

Data keuangan merupakan informasi perusahaan yang paling rahasia dan harus sangat dilindungi agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Sistem akuntansi memastikan data keuangan Anda tetap aman dengan menyimpannya di sistem terpusat yang dilindungi oleh firewall. Dengan demikian, hanya mereka yang diberi hak akses yang dapat melihat data tersebut.

  1. Time Efficiency (Efisiensi Waktu)

Memang banyak instansi yang memilih pemakaian program akuntansi untuk efisiensi waktu pengerjaan pencatatan transaksi. Proses pencatatan data pada sistem akuntansi diharapkan bisa berjalan secepat mungkin dengan kesalahan yang bisa diminimalisir.

Jika terjadi kesalahan di tengah proses pencatatan pun Anda tidak harus mengulangi kembali dari awal, inilah yang disebut dengan penghematan waktu.

  1. Automatic Calculation (Kalkulasi Otomatis)

Dalam akuntansi tidak hanya berlangsung proses input data transaksi, namun juga penghitungan atas nominal jumlah laba rugi, piutang, hutang, dan lain sebagainya.

Data yang dijadikan rujukan oleh perusahaan biasanya dihitung kembali dengan menggunakan rumus tertentu untuk proses pengambilan keputusan. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan program akuntansi, pasti proses penghitungan berjalan secara otomatis.

  1. Real Time Data (Data Tepat Waktu)

Manfaat lain dari program akuntansi adalah penyuguhan real time data atau data secara tepat waktu. Penggunaan aplikasi atau perangkat lunak semacam ini bisa membuat atasan bisa memantau hasil input para akuntan dengan tepat waktu setelah transaksi dilaksanakan. Ini sangat berguna bagi atasan yang ingin memantau perkembangan kegiatan perusahaan dalam jarak jauh.

Tips Pilih Vendor Layanan Developer Program akuntansi

Agar kegiatan pembukuan atau akuntansi pada perusahaan berjalan dengan baik, Anda juga harus memperhatikan dalam pemilihan vendor softwafe akuntansi yang akan digunakan. Berikut ini beberpaa tipsnya.

  • Kemudahan dalam mengakses

Setiap layanan/vendor developer program akuntansi tentu saja memiliki berbagai tampilannya sendiri-sendiri. Sebagai pengguna software tersebut, Anda harus mampu memilih software yang memiliki kemudahan dalam akses agar dapat digunakan dengan lancar dengan baik dan mudah oleh seorang akuntan bahkan yang tidak memiliki basic akuntan.

  • Keamanan Data

Keamanan data menjadi pertimbangan utama Anda memilih produk berbasis software. Begitupula dengan pemilihan program akuntansi yang akan digunakan, tanyakan secara detail dan jelas pada developer mengenai keamanan data dari pembobolan online atau offline.

  • Terdapat Fitur Back Up Data

Tips selanjutnya dalam memilih vendor software akuntasi adalah adanya fitur back up data. Ini karena umunya seluruh laporan keuangan akan lebih sering diakses dengan Microsoft excel sehingga Anda sebaiknya memilih program akuntansi yang menyediakan layanan fitur ekspor impor data berupa excel.

  • Adanya Customer Support
Baca juga
Jorge Martin Amankan Pole Position MotoGP Qatar

Ketika pertama kali menggunakan program akuntansi, tentu saja tim dan Anda masih memerlukan beberapa bantuan terkait program akuntansi tersebut, nah saat akan memilih vendor pastikan Anda memilih vendor yang cukup melayani Anda dengan baik dan mampu memberikan layanan customer support.

Itulah pembahasan mengenai apa itu program akuntansi dan berbagai manfaat dan fitur yang wajib dimiliki. Tak hanya itu, sebelum memutuskan menggunakan program akuntansi dan memilih pihak ketiga sebagai penyedia layanan, ada baiknya untuk mempertimbangkan berbagai aspek agar mendapatkan vendor yang terbaik.

Rekomendasi Program Akuntansi Terbaik

Jurnal by Mekari merupakan program akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan program akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun.

Jurnal by Mekari dapat di akses di laman https://www.Jurnal.id dan tersedia di platform Android. Download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.

Tinggalkan Komentar