Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

4 Tips Hemat Perut Kenyang untuk Para Perantau

Tips Hemat
Foto unsplash

Hemat adalah kunci untuk menjalani hidup agar aman. Tidak ada ruginya dari berhemat. Lantas apa saja tips hemat dan perut tetap kenyang?

Memutuskan untuk merantau dan hidup jauh dari keluarga bukan hal yang mudah. Ada perubahan yang biasanya dirasakan. Salah satunya adalah gaya hidup yang baru. Para perantau yang sebelumnya terbiasa tinggal bersama keluarga, kini harus mandiri dan menjalani semuanya sendiri.

Mulai dari hal sederhana seperti urusan santapan harian, hingga tantangan untuk berhemat di tengah banyaknya pengeluaran. Tidak jarang, anak rantau kerap menyiasatinya dengan mengonsumsi produk makanan instan yang enteng di kantong dan mengenyangkan, terlebih ketika dana bulanan mulai menipis.

Baca juga
Mobile Legends Rambah Frozen Yogurt Bareng Sour Sally

Padahal, sebenarnya ada banyak cara, untuk mengisi perut tanpa harus menguras dompet. Berikut adalah tips hemat perut kenyang untuk para perantau, yang dikutip dari siaran pers Freshbox, Jumat, (18/02/2022).

1. Belajar masak menu sederhana

Memasak bisa menjadi salah satu solusi yang dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Selain Anda bisa menekan budget membeli makanan siap saji, Anda bisa secara langsung memilih kualitas dan kebersihan bahan makanan yang Anda masak.

Tidak perlu menu yang sulit, Anda bisa mulai memasak menu sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Carilah resep masakan sederhana dan tidak memerlukan banyak peralatan dapur.

Baca juga
Ternyata, Terapi Warna Penting untuk Kesehatan Mental dan Fisik

2. Buat rencana menu makan

Salah satu siasat untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu adalah dengan membuat rencana makan atau meal plan selama rentang waktu tertentu. Meal plan akan membantumu dalam menentukan bahan makanan yang dibutuhkan sesuai dengan takarannya.

Selain itu, dengan menyusun meal plan yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menghindari pembelian bahan-bahan dapur yang berlebihan. Meal plan yang disusun secara lengkap pun akan memudahkanmu dalam mengetahui nutrisi apa saja yang akan dikonsumsi selama kurun waktu tertentu.

3. Cari diskon

Cari diskon di berbagai platform e-commerce atau carilah pojok tertentu di supermarket yang khusus menjual produk-produk dengan harga yang sudah dipangkas. Dengan memanfaatkan promosi, Anda tetap bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga bersahabat.

Baca juga
3 Fakta Kasus Omicron di Dunia

4. Beli bahan masakan patungan dengan teman

Terkadang, membeli kebutuhan pokok atau bahan masakan dalam jumlah banyak akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga satuan. Ajaklah teman, sahabat, atau bahkan tetangga kost untuk berbelanja bahan masakan bersama.

Selain lebih murah, Anda juga bisa manfaatkan kesempatan ini untuk menjalin silaturahmi lebih dalam lagi melalui kegiatan memasak bersama sebagai ajang quality time. Cara ini pun akan menghindarkanmu dari kemungkinan membuang bahan masakan karena ada lebih banyak orang yang mengonsumsinya.

Tinggalkan Komentar