450 Orang Ditelusur Sebagai Kontak Erat dari 29 Kasus Positif Covid-19 di PON Papua

450 Orang Ditelusur Sebagai Kontak Erat dari 29 Kasus Positif Covid-19 di PON Papua - inilah.com
istimewa

Tracing atau telusur kontak erat pada 29 kasus positif Covid-19 di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX harus dilakukan. Menurut Guru Besar FK UI, Prof. Tjandra Yoga Aditama, telusur untuk memeriksa semua yang pernah kontak dengan 29 orang yang dinyatakan positif.

“Kalau targetnya dari seorang diperiksa sedikitnya 15 kontak maka setidaknya harus diperiksa 450 orang, tentu termasuk sesama atlet, ofisial, petugas hotel, dan lain-lain,” kata Tjandra Yoga Aditama kepada INILAHCOM, Jakarta, Kamis, (07/10/2021).

Masih menurut Tjandra, jika ditargetkan lebih banyak diperiksa yaitu 30 kontak, berarti jumlah target telusur kontak erat pun totalnya lebih banyak.

Baca juga  KAI Tambah Daftar Profesi yang Bisa Naik Kereta Gratis

“Kalau dulu pernah ditargetkan periksa 30 kontak maka artinya yang harus diperiksa 900 orang, termasuk masyarakat setempat yang mungkin kontak juga,” tambahnya.

Ajang kompetisi yang digelar sejak 2-15 Oktober 2021 itu didapati 29 kasus terkonfirmasi positif, dan satu kasus di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Menurut data yang dihimpun dari laman papua.go.id, adapun kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut berasal dari atlet, ofisial, dan panitia pelaksana yang terdapat di Kabupaten Mimika 13 kasus, Kabupaten Jayapura tujuh kasus, Kota Jayapura enam kasus dan Kabupaten Merauke tiga kasus.

Selanjutnya untuk asal atlet, ofisial dan panpel yang dinyatakan positif Covid-19 berasal dari DKI Jakarta, Sumatera Utara, NTT, Kalimantan Timur, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Baca juga  Bermalam di Papua, Jokowi Siap Buka Arena PON XX

“28 kasus ini mereka masih dalam penanganan dimana kondisi kesemuanya tidak bergejala dan atau gejala ringan. Penanganan yang dilakukan adalah dengan isolasi terpusat yakni pada kapal-kapal yang sudah disiapkan Satgas Covid-19 dan PB PON Papua, lalu pada rumah sakit mitra yang bekerja sama dengan PB PON Papua,” papar Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, Silwanus Sumule di Jayapura.

Tinggalkan Komentar