Jumat, 12 Agustus 2022
14 Muharram 1444

49 Anak Usaha BUMN Berkinerja Kinclong Pilihan The Iconomics

Sabtu, 18 Des 2021 - 22:38 WIB
49 Anak Usaha BUMN Berkinerja Kinclong Pilihan The Iconomics

The Iconomics mengapresiasi kinerja sejumlah anak usaha BUMN dalam Indonesia State-Owned Companies–Leading Brand Awards 2021.

Penerima Award harus memenuhi kriteria, pertama, mendapatkan skor Average Brand Awareness >30%. Kedua, mendapatkan skor Average Brand Image >3,7. “Apresiasi kepada anak perusahaan BUMN ini diharapkan dapat menjadi stimulant kepada anak-anak BUMN lainnya untuk memacu dan meningkatkan kinerja perusahaan dan brand image perusahaan. Apalagi BUMN, termasuk anak perusahaan BUMN memiliki peran penting dalam perekonomian nasional,” kata Founder & CEO The Iconomics, Bram S Putro, Jakarta, dikutip Antara, Sabtu (18/12/2021).

Selain Indonesia State-Owned Companies–Leading Brand Awards 2021, kata Bram, dalam kesempatan sama juga digelar Indonesia Top GCG Awards 2021. Di mana, apresiasi tersebut diberikan kepada perusahaan-perusahaan terbaik yang mengimplementasi good corporate governance (GCG) yang baik. “GCG akan berkorelasi positif dengan citra perusahaan, maka sudah semestinya perusahaan harus memiliki concern pada adopsi GCG yang komprehensif,” kata Bram.

Baca juga
Akhir April 2022, Bank Mandiri Kantongi Laba Bersih Rp12,1 Triliun

Informasi saja, BUMN bersama anak cucuknya terus melakukan adaptasi dengan berbagai efisiensi dan efektivitas. Tidak hanya perusahaan induknya yang harus melakukan langkah-langkah tersebut, tapi juga anak-cucunya. Pasalnya, anak perusahaan akan mempengaruhi kinerja induk perusahaan. Kontribusi anak perusahaan BUMN dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap performa dan reputasi induknya.

“Itulah landasan awal pentingnya memberikan apresiasi kepada anak perusahaan. Indonesia State-Owned Companies–Leading Brand Awards diberikan berdasarkan popularitas dan reputasi anak-anak perusahaan BUMN dari riset yang digelar pada Oktober-November 2021 dengan melibatkan lebih dari 12.000 responden dari berbagai usia di 8 kota besar di Indonesia,” paparnya.

Baca juga
Bikin Festival Diskon 2021, Jurus Menteri Erick Dongkrak Ekonomi Cepat

Setelah melakukan survei online kuantitatif di 8 kota besar kepada lebih dari 12.000 responden, The Iconomics juga menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan beberapa kalangan untuk memilih 120 anak perusahaan BUMN. Yang diikutsertakan dalam survei, yaitu anak-anak perusahaan yang memiliki eksposur terbesar. Pembatasan ini dilakukan untuk mengakomodir teknis riset yang memiliki batasan entitas untuk dikaji.

Terpilih 49 penerima Penghargaan Indonesia State-Owned Companies-Leading Brand Awards 2021, diantaranya adalah PT Waskita Toll Road (Highly Reputable SOE Subsidiary In Toll Roads Development Category), PT Wijaya Karya Beton Tbk (Highly Reputable SOE Subsidiary In Building Materials Category), PT Pupuk Indonesia Logistik (Highly Reputable SOE Subsidiary In Transportation Category), dan PT Kereta Commuter Indonesia/KCI (Highly Reputable SOE Subsidiary In Transportation Category).

Tinggalkan Komentar