Senin, 26 September 2022
30 Safar 1444

5 Aplikasi Pilihan untuk Membantu Ibadah Selama Ramadan

Selasa, 05 Apr 2022 - 13:36 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
5 Aplikasi Pilihan untuk Membantu Ibadah Selama Ramadan (Foto istock)- inilah.com
5 Aplikasi Pilihan untuk Membantu Ibadah Selama Ramadan (Foto istock)
Umat muslim di Indonesia tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan 1443 H.  Ada baiknya mempersiapkan diri memaksimalkan ibadah dengan bantuan aplikasi Ramadan. Selain untuk bekerja dan menikmati hiburan, kamu bisa memanfaatkan ponsel atau tablet untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadan ini. Alhasil kamu bisa menimba pahala lebih banyak lagi.

Inilah.com mengumpulkan 5 aplikasi yang bermanfaat untuk mengisi waktu di sela-sela bekerja atau saat senggang. Aplikasi tersebut bisa diunduh di Play Store atau App Store.

1.Muslim Pro: Alquran, Arah Kiblat, Adzan, dan Sholat

Meski sempat menjadi kontroversi usai adanya dugaan pihak developer menjual data ke militer AS, Muslim Pro masih merupakan aplikasi yang berisi paket lengkap fitur menunjang ibadah Muslim. Misal, fitur waktu sholat, pemberitahuan adzan, dan kiblat. Khusus selama Ramadan, aplikasi ini akan menghadirkan waktu berpuasa termasuk imsak dan iftar. Selain itu, Anda juga bisa membaca Alquran yang dilengkapi dengan terjemahan, audio mp3, dan tajwid berwarna.
Jika Anda berada di luar rumah dan tidak tahu arah kiblat, Muslim Pro menyediakan fitur animasi kompas kiblat dan pelacak masjid terdekat yang membantu Anda menemukan masjid di lokasi Anda. Anda bisa mengunduh Muslim Pro di Google Playstore dan Appstore.

2.Umma: Pro Muslim Community Indonesia

Aplikasi Umma Indonesia (Foto ist) - inilah.com
Aplikasi Umma Indonesia (Foto ist)
Jika Anda ingin mencari alternatif dari aplikasi Muslim Pro, Anda bisa mengunduh Umma. Umma hadir untuk untuk komunitas Muslim Indonesia yang menyediakan layanan kebutuhan Muslim. Beberapa fitur utamanya adalah Alquran yang dilengkapi terjemahan dan audio mp3, pelacak kiblat, dan waktu sholat yang ditandai dengan pemberitahuan adzan. Umma juga menghadirkan doa atau artikel Islami. Bagi Anda yang menyukai podcast, Umma juga menghadirkan podcast Islami bernama uVoice. Umma tersedia di Google Playstore dan Appstore.

3.Alquran Indonesia 

Jika Anda mencari aplikasi Alquran digital, Anda bisa mengunduh Alquran Indonesia. Aplikasi ini menghadirkan Alquran dengan terjemahan bahasa Indonesia dari Kementerian Agama, audio mp3, tajwid berwarna, dan bisa offline. Anda juga bisa menandai bacaan terakhir dan membagikan ayat Alquran. Aplikasi ini tersedia di Google Playstore dan Appstore.

4.KitaBisa 

Header Kitabisa Psipp - inilah.com
Kitabisa program x Inilah
Selain untuk berdonasi, aplikasi KitaBisa juga berguna untuk menghitung dan membayar zakat, seperti zakat profesi, maal, dan penghasilan ke mitra Lembaga Amil Zakat (LAZ). Anda juga dapat menghitung kewajiban zakat melalui fitur kalkulator zakat. Aplikasi KitaBisa tersedia di Google Playstore dan Appstore.

5.Himpunan Doa-doa Pilihan Lengkap

Aplikasi besutan Asad Studio menampilkan doa-doa yang ada dalam Alquran dan Al Hadist. Anda akan menemukan doa-doa berdasarkan kategori, misalnya, kumpulan doa harian. Ada juga kategori doa yang khusus untuk bulan Ramadan. Aplikasi ini hanya tersedia di Google Playstore.

Tinggalkan Komentar