Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

 5 Cara Lancarkan Haid Agar Teratur

cara lancarkan haid
istimewa

Periode seorang perempuan menstruasi atau haid adalah bagian alami dari siklus bulanannya. Jumlah hari yang dihabiskan untuk menstruasi dapat sangat bervariasi untuk setiap perempuan. Namun, tidak semua perempuan lancar mendapatkan siklus bulanan tersebut. Bagaimana cara lancarkan haid agar teratur?

Kebanyakan orang mengalami pendarahan selama dua sampai tujuh hari. Gejala pramenstruasi (PMS) biasanya mulai 5 hingga 11 hari sebelum menstruasi Anda dimulai. Fluktuasi sesekali dalam gejala, aliran menstruasi, dan durasi keseluruhan biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Cara lancarkan haid

Terdapat beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan siklus menstruasi menjadi normal kembali. Berikut adalah 5 cara yang bisa Anda simak, mengutip dari laman Bocah Indonesia, Jakarta, Selasa, (15/02/2022)

1. Durasi istirahat cukup 7 – 9 jam

Untuk mengatasi tekanan stres, ada baiknya melakukan istirahat yang cukup. Durasi istirahat yang cukup dan normal adalah sekitar 7 – 9 jam untuk orang dewasa. Mendapatkan kualitas tidur yang cukup adalah sebuah kunci untuk mengatasi stres Anda. Ini juga sangat membantu untuk mengatur siklus menstruasi.

Baca juga
Marvel Exhibition Terbesar Segera Hadir di Indonesia

2. Olahraga

Manfaat olahraga sangat banyak bagi kesehatan tubuh Anda. Ini juga termasuk untuk siklus menstruasi. Dengan menjalankan olahraga rutin, Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

Kelebihan berat badan dan juga berat badan di bawah normal akan menyebabkan siklus haid Anda menjadi tidak teratur.

Sebuah uji klinis tahun 2021 menunjukkan bahwa olahraga dapat secara efektif mengobati dismenore primer dengan mengurangi intensitas dan durasi nyeri yang terkait dengan siklus menstruasi. Namun, perlu penelitian lebih lanjut mengenai efek olahraga pada siklus yang tidak teratur.

Olahraga bisa menjadi salah satu cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, Anda cukup melakukan olahraga yang ringan namun Anda harus melakukan olahraga secara rutin dan teratur.

Baca juga
Marvel Studios Perkenalkan Pahlawan Super Muslim Pertama

3. Mengganti alat kontrasepsi

Salah satu penyebab siklus menstruasi tidak teratur adalah penggunaan alat kontrasepsi hormonal. Jika Anda merasakan siklus haid menjadi tidak normal maka Anda bisa mengganti alat kontrasepsi untuk mengatasinya.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Diperlukan beberapa kali percobaan hingga Anda menemukan alat kontrasepsi yang cocok dengan efek samping yang minim.

4. Konsumsi vitamin

Salah satu cara melancarkan haid secara alami dan cepat adalah dengan konsumsi vitamin. Salah satu asupan vitamin D yang perlu dikonsumsi adalah vitamin D. Sebuah studi yang diterbitkan Reproductive Biology and Endocrinology, mengungkapkan kadar vitamin D yang rendah dapat memengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan Journal of Research in Medical Science juga mengungkapkan jika vitamin D efektif untuk mengatasi ketidakteraturan menstruasi pada wanita yang menderita PCOS.

Baca juga
PUBG Mobile Kembali Gelar Jawara Cup Season 2

Anda dapat mengonsumsi vitamin D dari berbagai sumber makanan, seperti susu, salmon, tuna, dan sereal.

Anda juga bisa memenuhi asupan vitamin D dari sinar matahari langsung. Anda cukup berjemur di bawah sinar matahari pagi di bawah pukul 10.00 selama 5 – 10 menit.

5. Mengobati kondisi medis lainnya

Salah satu cara lancarkan haid yang telat 10 hari adalah mengobati kondisi medis yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Seperti yang diketahui, beberapa kondisi medis bisa menyebabkan siklus tidak normal. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan pengobatan terlebih dahulu.

Jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter, dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda akan melakukan sejumlah pemeriksaan seperti USG panggul untuk mendeteksi polip dan kista ovarium, pemeriksaan panggul, tes darah, hingga biopsi endometrium untuk mendeteksi endometriosis.

Tinggalkan Komentar