Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

5 Fakta Kesehatan Tjahjo Kumolo Menurun hingga Komplikasi

Jumat, 01 Jul 2022 - 15:41 WIB
Kesehatan Tjahjo Kumolo
Dokumentasi Inilah.com

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (1/7/2022). Kesehatan Tjahjo Kumolo sempat menurun dan mengalami sejumlah penyakit atau komplikasi. Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS), penyebab Tjahjo Kumolo masuk Rumah Sakit Abdi Waluyo hingga menjalani perawatan intensif.

“Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat beliau masuk. Secara fundamental, infeksinya yang secara masif akhir-akhri ini. Pengobatan sudah diusahakan secara maksimal, tetapi tidak bisa mengatasi infeksi yang cukup masif dan menyerang organ-organ lainnya,” kata Menkes, Jakarta, Jumat, (1/7/2022).

Informasi yang dihimpun Inilah.com, Tjahjo Kumolo mengalami kondisi kesehatan yang menurun. Dia mengalami komplikasi dari beberapa penyakit. Berikut adalah beberapa fakta kesehatan Tjahjo Kumolo.

1. Infeksi Paru

Sebelum meninggal, pihak keluarga yaitu Rahajeng Widyaswari mengungkapkan bahwa ayahnya menderita sakit infeksi paru.

“Infeksi paru-paru terjadi ketika mikroba berbahaya, seperti bakteri atau virus, masuk ke paru-paru dan menyebabkan kerusakan. Tingkat keparahan infeksi paru-paru dapat berkisar dari ringan hingga mengancam jiwa,” seperti mengutip dari Medical News Today, Jumat, (1/7/2022).

Baca juga
Cegah Stunting, Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Sejak Dalam Kandungan

2. Infeksi Masif menyerang organ tubuh

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS), mengungkapkan penyebab Tjahjo Kumolo adanya infeksi yang masif di dalam tubuhnya dan menyerang organ-organ.

3. Kelelahan

Kegiatan yang begitu padat kemungkinan membuat kondisi tubuh Menpan RB kelelahan. Usia Menpan RB memang sudah menginjak 64 tahun.

Meski begitu, para menteri lainnya, yaitu Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa Tjahjo Kumolo adalah sosok menteri yang sehat dan kuat. Karena, saat orang-orang terdekat Tjahjo Kumolo mengalami positif COVID-19, Menpan RB tersebut lolos dari virus tersebut.

4. Mengalami diabetes

Tjahjo Kumolo juga memiliki penyakit diabetes. Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah.

Baca juga
Cakupan Vaksin Covid-19 Dosis Pertama Indonesia Capai 130,3 Juta Orang

Penyakit diabetes juga bisa memunculkan beberapa komplikasi yaitu penyakit jantung, stroke, gagal ginjal kronis, neuropati diabetik, gangguan penglihatan, katarak, depresi, demensia, gangguan pendengaran, dan masih banyak lagi.

5. Asam Urat

Tjahjo Kumolo juga kabarnya mengalami asam urat. Asam urat adalah bentuk umum dan kompleks dari radang sendi yang dapat menyerang siapa saja.

Mengutip dari Mayoclinic, asam urat ini ditandai dengan serangan nyeri yang tiba-tiba dan parah, bengkak, kemerahan dan nyeri tekan pada satu atau lebih sendi, paling sering di jempol kaki.

Serangan asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba, seringkali membangunkan Anda di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Sendi yang terkena terasa panas, bengkak dan begitu lembut sehingga bahkan berat seprai di atasnya mungkin tampak tidak tertahankan.

Baca juga
Tips Mencegah dan Mengobati Batu Ginjal

Gejala asam urat mungkin datang dan pergi, tetapi ada cara untuk mengelola gejala dan mencegah kambuh.

Tinggalkan Komentar