Rabu, 28 September 2022
02 Rabi'ul Awwal 1444

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Angka Trigliserida Naik

Senin, 21 Feb 2022 - 15:09 WIB
Trigliserida Naik - inilah.com
nodokter

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah. Jika angka trigliserida naik, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Trigliserida merupakan hasil konversi kalori yang tidak terpakai oleh tubuh. Karena tidak terpakai maka tubuh akan menyimpannya sebagai cadangan energi. Kelak jika diperlukan ia akan memasok energi.

Tingginya trigliserida juga bisa akibat penyakit seperti obesitas, sindrom nefrotik, resistensi insulin dan hipotiroidisme. Bahkan sangat mungkin akibat konsumsi obat seperti antipsikotik atipikal.

Pengaturan pola makan penting untuk mengendalikan kadar trigliserida. Porsi karbohidrat sebaiknya antara 50 hingga 60 persen. Kemudian lemak cukup 25 – 35 persen. Sedangkan protein sekitar 15 persen. Itu semua dari makanan yang Anda konsumsi. Kemudian dalam setiap hari sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat sebanyak 20 hingga 30 gram, seperti yang dikutip dari nodokter, Jakarta, Senin, (21/02/2022).

Baca juga
Rutin Olahraga Sangat Penting Selama Puasa Ramadan

Persoalannya timbunan trigliserida tidak bisa dirasakan tanpa melalui tes medis yang rutin. Tidak ada gejala apapun jika kadar trigliserida Anda tiba-tiba sudah berada di angka 200 gr/dL misalnya.

Jika Anda tidak melakukan pemerikasaan besar kemungkinan kadar akan terus meningkat. Hingga pada satu titik menimbulkan penyakit jantung, stroke atau sindrom metabolic lainnya.

Trigliserida yang menimbun umumnya membuat berat badan bertambah. Tidak terjadi keseimbangan antara tinggi dan berat.

Oleh sebab itu, begitu terjadi kenaikan berat badan, ada indikasi trigliserida naik, maka Anda memang sangat perlu melakukan program penurunan berat badan.

Jika hasil tes trigliserida naik menunjuk angka di atas 199 mg/dL maka Anda perlu melakukan 5 hal berikut ini:

1. Olahraga yang rutin dengan target membakar lemak. Jalan kaki sejauh 5 km dengan menguras keringat cukup baik.

Baca juga
Hirup Minyak Kayu Putih 20 Detik Bantu Atasi Anosmia pada Pasien COVID-19

Bersepeda dengan tempo sedang selama satu jam juga dapat membuang energi yang tersimpan.

2. Mengubah pola makan dan konsumsi makanan dengan karbo dan lemak rendah. Diet habis-habisan, mengurangi konsumsi nasi, jeroan, gorengan dan banyak makanan lezat yang justru menimbun trigliserida. Buah dan sayur adalah bahan makanan wajib dan harus tersedia setiap hari.

3. Stop merokok juga minum minuman berkandungan alkohol, mulai lebih banyak minum air putih. Air putih sangat membantu menggelontor trigliserida, paling tidak 1,5 liter per hari.

4. Pola hidup dan jadwal aktivitas yang sehat, tidak begadang dan tidur larut malam. Pola yang tidak wajar bagi tubuh bukannya malah menghancurkan lemak, tetapi memicu terjadinya kardio.

Baca juga
Minum Kopi Turunkan Peluang Kena Covid-19?

5. Lakukan setiap hari dalam waktu satu bulan, kemudian cek lagi berapa penurunan trigliserida yang terjadi?

Tinggalkan Komentar