Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

5 Manfaat Menggunakan Attendance Management Software untuk Karyawan

Attendance Management Software (Foto istock)- inilah.com
Attendance Management Software (Foto istock)

Absensi sangat penting dilakukan untuk mengetahui kehadiran para karyawan ketika bekerja, hal ini juga menyangkut produktivitas mereka. Setiap perusahaan pasti memiliki cara tersendiri untuk mengabsen karyawannya, dan tentu saja dengan cara yang lebih modern, yaitu menggunakan attendance management software untuk karyawan. Aplikasi ini bukan hanya memberi kemudahan pada perusahaan, tetapi juga karyawan.

Munculnya attendance management software untuk karyawan, digadang-gadang muncul lantaran system absensi seperti mesin finger print tidak lagi optimal bagi perusahaan, apalagi perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan. Di zaman perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat segalanya mungkin dan menjadi lebih mudah, seperti kehadiran attendance management software ini. Aplikasi ini bisa diakses kapanpun dan dimana pun.

Manfaat Attendance management software Untuk Karyawan

Attendance management system merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk mengatur data kehadiran karyawan setiap perusahaan lebih mudah, cepat dan akurat. System ini berperan penting untuk mempengaruhi produktivitas karyawan lebih baik lagi. Adapun berikut ini merupakan manfaat attendance management software untuk karyawan, di antaranya yaitu:

  1. Hemat Biaya Perangkat

Dibandingkan dengan alternatif absensi finger print, attendance management software untuk karyawan dinilai lebih bagus dan menghemat biaya pengadaan perangkat. Selain itu, bagaimana dengan cadangan perangkat jika perangkat terjadi kerusakan? Belum lagi system finger print perlu teknis khusu saat perbaikan dan pemeliharaan yang baik.

Oleh sebab itu, sistem attendance management untuk karyawan dinilai lebih menghemat biaya. System ini hanya membutuhkan perangkat seperti laptop atau komputer kantor dan paket data internet dengan koneksi yang bagus. Karyawan juga bisa mengakses aplikasi ini melalui smartphone, hal tersebut tentu semakin mudah bukan?

  1. Perhitungan Jam Akurat

Dengan adanya aplikasi absen online untuk karyawan, maka perusahaan dapat memperhitungkan jam yang lebih akurat. Karena internet dapat menyinkronkan waktu setiap perangkat yang terhubung, artinya waktu tersebut sama dengan smartphone yang dimiliki karyawan dan komputer atau laptop kantor.

Begitu absensi karyawan online dimulai lebih akurat. Tingkat akurasi tersebut sangat penting, terlebih jika perusahaan memiliki kebijakan pemberian gaji yang berhubungan dengan waktu dan karyawan juga bisa lebih tepat waktu.

  1. Jujur dan Tanggung Jawab

Attendance management software atau penggunaan aplikasi absensi membuat karyawan lebih jujur dan bertanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaannya. Artinya mereka tidak bisa menitip absen dengan rekan kerja, datang bekerja tepat waktu dan meninggalkannya saat waktu tiba.

Baca juga
Angkasa Pura I Optimis Bisa Kasih Pelayanan Terbaik Selama G20

Aplikasi absen online untuk karyawan memudahkan proses absensi dan melatih kejujuran serta tanggung jawab karyawan

  1. Mudah dalam Penggunaan

Penggunaan attendance management software untuk karyawan juga dinilai mudah digunakan dan cepat dipelajari. Sistem ini memberikan report data secara real-time sehingga perusahaan bisa melakukan pengecekan dimana saja dan kapan saja untuk mengetahui data terkini, meskipun perusahaan mempunyai cabang serta karyawan yang lokasinya berbeda-beda.

Aplikasi ini juga mampu melakukan tracking terhadap karyawan yang bolos, sehingga perusahaan bisa menangani hal tersebut dengan cepat dan tepat.

  1. Aplikasi Lebih Mudah dan Cepat

Dari beragam manfaat yang diberikan attendance management software untuk karyawan, tentu memberikan kemudahan serta keefisienan pengelolaan absen karyawan untuk karyawan. Sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

Fitur Perangkat Lunak Manajemen Absensi

Perangkat lunak attendance management software memiliki sistem terintegrasi dalam modul attendance management software. Sistem ini memiliki banyak fungsi, sehingga lebih unggul dari sistem absensi lainnya. Fungsi yang ada juga memiliki fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan secara keseluruhan. Fungsi utama perangkat lunak attendance management software adalah sebagai berikut.

  • Kelompok waktu

Time group adalah fungsi yang digunakan untuk mengelompokkan karyawan dengan jam kerja yang sama. Dengan demikian, Anda dapat mengatur jadwal dan status kehadiran karyawan dengan lebih terorganisir. Melalui jadwal ini akan dibandingkan dengan data kehadiran karyawan untuk mengetahui status kehadirannya.

Menu ini juga memiliki komponen lain, seperti pengaturan jam kerja fleksibel, toleransi keterlambatan, cuti tahunan, lembur, lembur, dan lembur liburan fleksibel. Komponen-komponen tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

  • Kalender

Fungsi kalender akan menampilkan semua hari libur dan acara perusahaan. Dengan kalender ini, Anda dapat mengatur ketentuan bagi karyawan yang dapat mengambil cuti atau mengikuti acara perusahaan. Tampilan menunya sendiri sangat sederhana, sehingga mudah dipahami.

  • Jadwal tidak normal

Karyawan dapat mengubah jadwal karena beberapa alasan. Jika sebelumnya lisensi HRD harus ditangani melalui prosedur yang memakan waktu, semuanya dapat dilakukan dengan mudah dengan Menu Pengecualian Jadwal. Menu ini juga sangat memudahkan perusahaan yang menerapkan jam kerja shift kepada karyawan tertentu.

  • Libur atau cuti
Baca juga
Bea Cukai Jamin Ketersediaan Pita Cukai Desain Baru Tahun 2022

Menu liburan digunakan untuk mengkonfigurasi konfigurasi liburan perusahaan. Fungsi ini juga dapat digunakan untuk menentukan kuota cuti, masa kuota, dan daftar karyawan yang berhak cuti.

  • Permintaan izin

Kesalahan pencatatan saat pegawai perijinan datang terlambat karena hal tertentu dapat diselesaikan melalui menu permintaan izin. Menu ini memungkinkan karyawan untuk mengajukan izin datang terlambat atau pulang lebih awal, dan dapat langsung melakukan pengelolaan administrasi. Jika catatan kehadiran tidak sesuai dengan jam kerja, dapat dengan mudah dilacak.

  • Tinggalkan permintaan

Agar karyawan dapat dengan mudah mengatur liburan mereka, mereka dapat menggunakan fungsi permintaan liburan. Fungsi ini tidak hanya digunakan untuk mengajukan liburan, tetapi juga untuk mengecek kuota liburan mereka.

  • Permintaan lembur

Pengajuan lembur karyawan hanya dapat diselesaikan melalui fungsi permintaan lembur. Setelah itu, admin atau administrator HRD bisa langsung memberikan izin atau tidak dengan mudah, tanpa prosedur yang rumit.

  • Jadwal

Dalam fungsi tabel absensi, manajemen sumber daya manusia dapat dengan mudah mengelola catatan kehadiran karyawan. HRD dapat langsung menginput data absensi, kemudian menganalisis dan membandingkan dengan jadwal staf. Menu itu sendiri memiliki dua jenis, yaitu unanalyzed timetable dan menu analysis.

  • Definisi waktu

Salah satu fungsi kehadiran ditentukan saat menghitung upah atau kompensasi. Karena data absensi dapat diperoleh dengan mudah melalui software absensi, maka proses penghitungan gaji juga lebih efisien dan akurat.

Itulah 5 manfaat attendance management software untuk karyawan yang bisa anda ketahui. Talenta by Mekari merupakan attendance management software karyawan terbaik dan berkualitas untuk meningkatkan produktivitas kerja serta menghemat pengeluaran perusahaan. Aplikasi ini memiliki fitur pelacakan GPS sejak versi 2.0 sehingga perusahaan dapat mengelola kondisi karyawan yang sering keluar.

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Baca juga
Harga Minyak Meroket Setelah Rusia Siapkan Senjata Nuklir

Kelebihan Talenta by Mekari:

  1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.
  1. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

  1. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.com. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

Tinggalkan Komentar