Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

5 Masjid Paling Indah dan Unik di Nusantara

5 Masjid Paling Indah dan Unik di Nusantara - inilah.com
Masjid 99 Kubah (Foto ist)

Sebagai negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki sejumlah masjid indah dan unik di seantero nusantara.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla pada 2020 menyebutkan, jumlah masjid dan musala di negeri ini mencapai 800 ribu unit.

Masjid dengan tampilan yang menarik perhatian itu tersebar di Tanah Air.

Masjid-masjid tersebut juga kerap menjadi magnet warga untuk berfoto dan menguploadnya ke media sosial.

Berikut sebagian kecil yang dapat menjadi rujukan untuk beribadah pada Ramadan ini:

1. Masjid 99 Kubah

Masjid 99 Kubah - inilah.com
Masjid 99 Kubah (foto ist)

Pada tepian Pantai Losari di Kota Makassar, berdiri masjid unik nan cantik, Masjid 99 Kubah. Sesuai namanya, masjid ini terlihat cantik dengan puluhan kubah.

Kubah-kubah berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar, semua menghiasi bagian atas masjid.

Warna masjid ini dominan dengan warna cerah seperti, merah, oranye, dan kuning. Dari kejauhan bangunan ini sudah tampak mencolok.

Penampilan masjid rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini terlihat sakral, monumental, megah dan berkarakter. 99 berasal dari Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah.

Baca juga
Cegah Lonjakan COVID-19, Kemenag Minta Seluruh Masjid Bentuk Satgas Prokes Ramadan

Daya tampung masjid berukuran 72 x 45 meter ini bisa mencapai lebih dari 10.000 anggota jemaah. Ini jika bagian dalam dan luar, termasuk pelataran suci, ikut digunakan. Lantai satu untuk jemaah laki-laki, sedangkan lantai dua untuk jemaah perempuan.

Ada pula semi-basement yang kelak dijadikan kantor dan tempat berkegiatan.

2.Masjid Kapal

Masjid Kapal (Foto ist)
Masjid Kapal (Foto ist)

Masjid bernama lengkap Masjid Safinatun Najah ini terletak di Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Masjid yang dibangun pada 2015 itu mengambil bentuk yang sangat unik, yakni kapal. Karena itu, selain menjadi tempat ibadah, masjid juga kerap dikunjungi wisawatan.

Berdiri di lahan seluas 2.500 meter persegi, bangunan masjid memiliki panjang 50 meter, lebar 17 meter, dan tinggi 14 meter.

Masjid itu memiliki empat lantai. Lantai teratas berfungsi untuk tempat foto atau melihat pemandangan hamparan sawah dan  pohon jati di sekeliling.

Baca juga
Mentan SYL Buka Pasar Tani Jamin Ketersediaan Pangan hingga Idul Fitri di Sulsel

3.Masjid Ar Rahman

Masjid Ar Rahman - inilah.com
Masjid Ar Rahman (Foto ist)

Masjid Ar-rahman ini unik karena ini berbentuk trapezium menjadikan masjid ini terlihat unik.

Lokasi dari Masjid ini berada di wilayah Desa Sumbersuko, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Masjid dengan warna dominan krem itu baru beroperasi selama satu tahun lebih.Arsitekturnya terbuka sehingga sinar matahari bisa masuk dari segala arah. Tanpa lampu penerangan pun, kala siang, ruang dalam masjid terlihat terang.

4.Masjid Raya Sumatra Barat

Tampak Depanmasjid Raya Sumatera Barat - inilah.com
Masjid Raya Sumatera Barat (Foto Kaltengtoday)

Masjid Raya Sumatera Barat atau Masjid Mahligai Minang ini ada sejak tahun 2007, Gubernur Sumatera Barat saat itu, Gamawan Fauzi melakukan peletakan batu pertamanya. Alih-alih memiliki kubah, Masjid ini justru memiliki atap yang mirip rumah Gadang, rumah khas Sumatera Barat.

Pada tahun 2021 kemarin Masjid Raya Sumatera Barat bahkan menyabet penghargaan Abdullatif Al-Fozan Award, sebuah ajang penghargaan yang menampilkan karya dan desain Masjid dari berbagai negara berpenduduk muslim di dunia.

Salah satu masjid terbesar di tanah air ini berdiri di atas lahan seluas sekitar 4.000 meterpersegei, dengan bangunan utama sekitar 18.000 meter. Bangunananya memiliki tiga lantai yang bisa menampung sekitar 20 ribu jamaah. Masjid Raya Sumatera Barat memiliki halaman yang sangat luas, yang biasa untuk parkir kendaraan, taman, hingga terdapat tempat evakuasi bila terjadi bencana alam seperti tsunami (shelter).

Baca juga
DMI Ingatkan Kegiatan Sosial melalui Masjid

5.Masjid Al-Majid

Masjid Al-Majid (Foto Ayo bandung) - inilah.com
Masjid Al-Majid (Foto Ayo bandung)

Masjid yang berada di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, ini menyerupai bentuk Kabah. Dengan ornamen hajar aswad di salahsatu sudut masjid, membuat bangunan ini menyita perhatian banyak orang.

Masjid berdiri dengan nama Masjid Al-Majid yang berada di tengah pemukiman padat penduduk di Kampung Kawung Sari, Kelurahan Warga Mekar, Kecamatan Baleendah.

Tidak hanya ukuran dan bentuknya, bangunan masjid juga menyerupai dengan Kabah melalui cat warna hitam dengan ukiran kaligrafi.

Di salah satu sudut masjid pun terdapat replika Hajar Aswad dan di sisi utara masjid terdapat talang emas persis seperti di Kabah.

Tinggalkan Komentar