5 Tempat Bersejarah Lahirnya Proklamasi

5 Tempat Bersejarah Lahirnya Proklamasi - inilah.com

Proklamasi telah dibacakan oleh Presiden dan Wakil Presiden RI pertama Soekarno-Moh. Hatta tepat pada Jumat, 17 Agustus 1945 yang berlokasi di Jl Pegangsaan Timur No.56, Jakarta Pusat. Hingga kini teks Proklamasi terus dibacakan setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Namun tahukah kamu dalam pembuatan teks Proklamasi memiliki perjalanan sejarah dari satu daerah ke daerah lainnya hingga akhirnya dibacakan Sang Proklamator Bung Karno dan Bung Hatta di Jl Pegangsaan No.56 dan sekarang diganti menjadi Jl Proklamasi No.5, Menteng, Jakarta Pusat.

Berikut lima tempat yang menjadi saksi sejarah lahirnya naskah Proklamasi:

1. Rumah Rengasdengklok di Jl Perintis kemerdekaan No.33, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat
Tempat ini merupakan saksi perjuangan Proklamasi karena dijadikan sebagai tempat persembunyian Soekarno-Hatta dibantu oleh golongan muda yang mendesak untuk segera diumumkan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga  Foto: Ceria Anak Muara Angke Merajut Asa Menggapai World Cup

Rumah Rengasdengklok dianggap aman karena masih wilayah kekuasaan tentara Pembela Tanah Air (Peta) dan jauh dari kekuasaan Jepang.

Rumah ini milik penduduk lokal bernama Djiaw Kie Siong yang setiap harinya bekerja sebagai petani. Bahkan tempat tidur atau dipan yang biasa digunakan Bung Hatta beristirahat masih ada, sedangkan dipan milik Soekarno sudah dibawa ke Bandung, Jawa Barat.

2. Monumen Kebulatan Tekad di Jl Raya Tugu Proklamasi, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat
Monumen ini dibangun pada tahun 1950 untuk memperingati peristiwa Rengasdengklok saat golongan muda dan tua sepakat memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Baca juga  Creta, Mobil Canggih Teranyar Milik Hyundai

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jl Imam Bonjol No.1 Menteng, Jakarta Pusat
Achmad Soebardjo menjemput Soekarno dan Hatta dari Rengasdengklok langsung menuju kediaman perwira tinggi Angkatan Laut Jepang di Indonesia Laksamana Tadashi Maeda di Jl Meiji Dori yang sekarang menjadi Jl Imam Bonjol No.1 Menteng. Di rumah itulah mereka Achmad Soebardjo, Soekarno dan Moh. Hatta merancang perumusan naskah teks Proklamasi.

Rumah ini dianggap aman karena Laksamana Maeda adalah sahabat dekat Soebardjo, kedekatan ini membuat Maeda lebih lunak terhadap keinginan Indonesia untuk merdeka. Rumah ini juga diyakini tidak dalam pengawasan Angkatan Darat Jepang.

Baca juga  Tampilan Wujud Asli Hyundai Creta Terungkap, Bakal Rilis di GIIAS 2021?

4. Tugu Proklamasi di Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat
Area ini adalah bekas rumah Presiden Soekarno yang menjadi lokasi para proklamator membacakan naskah Proklamasi.

5. Radio Republik Indonesia (RRI) di Jl Medan Merdeka Barat N0.4-5 Gambir, Jakarta Pusat
Radio Hoso Kanri Kyoku yang sekarang menjadi RRI memiliki peranan penting menyebarkan peristiwa Proklamasi. Hingga saat ini RRI masih mengudara menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Tinggalkan Komentar