Sabtu, 13 Agustus 2022
15 Muharram 1444

5 Tips Konsumsi Karbohidrat Tepat Saat Ramadan

Jumat, 08 Apr 2022 - 14:01 WIB
Konsumsi Karbohidrat
Unsplash

Konsumsi karbohidrat yang tepat saat Ramadan adalah cara terbaik agar puasa Anda lancar sampai waktu berbuka. Konsumsi karbohidrat harus diatur dengan baik agar gula darah dalam tubuh Anda tidak langsung meningkat dengan cepat sehingga bisa menyebabkan diabetes.

Berikut adalah lima tips yang bisa Anda simak untuk konsumsi karbohidrat tepat selama Ramadan.

1. Berbuka dengan pilihan karbohidrat sederhana

Anda bisa memilih menu berbuka puasa yang mengandung karbohidrat sederhana. Misalnya makanan manis namun dengan catatan tidak berlebihan.

“Untuk berbuka memang konsumsi air putih dulu, kemudian disarankan mengonsumsi karbohidrat sederhana untuk mencegah gula darah semakin nge-drop atau hipoglikemi,” ujar Dokter spesialis penyakit dalam dr. Syahidatul Wafa, Sp.PD pada temu media virtual #BeatDiabetes2022 Warrior, Jakarta, Jumat, (8/4/2022).

2. Kadar gula darah dalam tubuh menurun jelang buka puasa

Menurut Wafa, saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman yang berisiko menyebabkan gula darah menjadi turun. Apabila saat berbuka tubuh tidak segera mendapatkan gula sederhana, maka ini dapat menyebabkan gula darah menjadi semakin turun.

Baca juga
COVID-19 dan TBC Punya Gejala Sama

Mengenai jumlah, dia menyarankan Anda mengontrolnya agar tidak berlebihan. Anda bisa mengimbangi asupannya dengan hidangan tanpa gula.

3. Konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur

Ketika menjalankan sahur, Anda sebaiknya konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, yang dalam tubuh akan dipecah secara bertahap. Asupan karbohidrat kompleks memungkinkan Anda merasa kenyang lebih lama.

“Ini menurunkan risiko gula naik secara signifikan (cepat naik), gula jadi lebih stabil kalau kita konsumsi karbohidrat kompleks. Misalnya makanan yang banyak mengandung serat, sayuran, buah-buahan,” papar Wafa.

4. Konsumsi Cairan dalam jumlah cukup

Konsumsi caira dalam jumlah yang cukup artinya adalah memenuhi dengan asupan 8 gelas sehari.

Baca juga
Genjot Target Vaksin, Pemerintah Dorong Capaian Vaksin Lansia dan Remaja

Wafa menambahkan, konsumsi cairan dalam jumlah cukup agar tubuh tetap terhidrasi dan membatasi asupan lemak termasuk makanan yang digoreng dengan minyak.

5. Konsumsi makanan sehat

Anda bisa memilih makanan sehat saat berbuka dan sahur. Ini bisa pilih makanan dengan rasa yang enak.

Founder Komunitas Sobat Diabet dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD menambahkan, saat berbuka puasa maupun sahur, Anda sebenarnya bisa memilih jenis makanan sehat tanpa perlu mengorbankan rasa.

“Entah berbuka atau sahur pilih jenis makanan. Yang enak belum tentu sehat tetapi kita bisa pilih makanan enak dan tetap sehat,” papar Rudy. [IKH]

Tinggalkan Komentar