Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

5 Tips Liburan Murah Akhir Bulan, Hati Senang Dompet Aman

Senin, 25 Jul 2022 - 17:27 WIB
Penulis : Anton Hartono
camping inilah.com
Melalui Holiday Stays, Anda dapat memilih penginapan berupa villa, apartemen, penginapan, guest house atau homestay, glamping, dan resort

Liburan merupakan salah satu kata sakti yang dapat merubah suasana hati seseorang. Liburan dapat menjadi solusi bijak jika Anda merasa kurang produktif dalam menjalani aktivitas keseharian. Tidak perlu khawatir mengeluarkan banyak uang, karena Anda dapat liburan dengan hati yang senang dan dompet tetap aman menggunakan promo-promo di Holiday Stays.

Jika Anda memiliki rencana berlibur, Anda bisa melakukannya di akhir bulan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pikiran yang lebih fresh untuk mengawali kerja di bulan berikutnya. Namun yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan liburan, Anda tentunya harus mempersiapkan segala sesuatu sehingga liburan menjadi lancar dan menyenangkan.

Bagaimana caranya liburan murah di akhir bulan?

Berikut 5 tips yang bisa Anda terapkan. Simak ya!

1. Rencanakan ingin liburan seperti apa
Langkah pertama sebelum memutuskan berlibur adalah merencanakan ingin liburan seperti apa. Anda dapat membuat rencana mengenai destinasi yang ingin dituju, kapan waktunya, berapa lama ingin di sana, dan bersama siapa melakukannya.

Setelah mengetahui lokasinya, Anda dapat mencari tahu tempat wisata apa saja yang ada di sana. Jika sudah mendapatkan pilihan wisata, Anda dapat mencari informasi mengenai kuliner apa saja yang tersedia. Anda dapat melakukan survey melalui beberapa review yang ada di internet.

Selanjutnya, susun rencana perjalanan hari pertama hingga hari terakhir sesuai budget yang dimiliki. Usahakan untuk tidak memilih tujuan secara mendadak di hari H karena akan membuat waktu liburan terbuang sia-sia. Selain itu, hindari memilih terlalu banyak tujuan karena akan memakan lebih banyak energi dan biaya.

Baca juga
Prediksi Tren Travelling 2022

2. Hindari tanggal merah
Tips kedua yang dapat Anda lakukan adalah menghindari tanggal merah. Hal ini karena tempat wisata akan memberlakukan kenaikan tarif jika Anda datang pada masa-masa high season. Selain itu, tiket perjalanan dan tempat penginapan juga akan lebih mahal jika dibandingkan dengan hari biasa.

Tidak hanya soal pengeluaran yang lebih tinggi, pergi berlibur di tanggal merah juga dapat membuat Anda kurang menikmati masa-masa liburan. Hal ini karena terlalu banyak orang yang berada di tempat wisata dan bisa jadi Anda harus mengantre lama untuk sekadar masuk ke lokasi wisata.

3. Gunakan transportasi umum
Tips berikutnya adalah memanfaatkan transportasi umum. Anda dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta, bus, atau transportasi umum lainnya yang terdapat pada lokasi wisata tersebut. Jika lokasi antar wisata cukup dekat, Anda juga bisa berjalan kaki untuk lebih sehat.

Penggunaan transportasi umum juga dapat Anda masukkan dalam catatan rencana liburan. Anda dapat mencari tahu lebih dahulu rute dan jenis transportasi apa saja yang dapat digunakan selama melakukan liburan nantinya.

4. Pergi bersama teman
Tips liburan murah selanjutnya adalah pergi bersama teman untuk menghemat pengeluaran selama liburan. Ketika Anda pergi bersama teman, maka Anda dapat memangkas biaya travel, biaya tour guide, hingga biaya penginapan bersama partner liburan.

Baca juga
Kolaborasi Traveloka-ITF DEWG Dukung Transformasi Digital Inklusif

Namun yang perlu diperhatikan, Anda harus selektif dalam memilih teman liburan. Sebisa mungkin untuk memilih teman dengan pemikiran yang sejalan dan memiliki waktu fleksibel.

Hal ini karena selama pergi liburan, pasti akan ada kejadian tidak terduga yang terjadi, bahkan dapat mempengaruhi rencana yang selama ini sudah dibuat. Jangan sampai niat ingin hemat malah membuat liburan menjadi momen yang tak nikmat.

5. Cari promo penginapan
Tips liburan murah yang terakhir adalah mencari promo penginapan melalui aplikasi penyedia layanan perjalanan dan penginapan. Salah satu yang dapat Anda pilih adalah Holiday Stays dari Traveloka.

Holiday Stays merupakan produk terbaru dari Traveloka yang sebelumnya bernama Villa and Apartment. Produk ini menyediakan berbagai jenis atau tipe akomodasi yang lebih lengkap dari yang sebelumnya sehingga Anda bisa mendapatkan nuansa liburan yang lebih privat.

Melalui Holiday Stays, Anda dapat memilih penginapan berupa villa, apartemen, penginapan, guest house atau homestay, glamping, dan resort.

Cara menggunakan Holiday Stays di Traveloka

Tidak perlu bingung, cara booking Holiday Stays di Traveloka sangatlah mudah. Anda cukup mencari nama penginapan atau lokasi destinasi liburan dan jumlah tamu yang akan didaftarkan. Setelah itu akan muncul daftar penginapan yang dapat Anda pilih sesuai keinginan atau setelah membaca review dari pelanggan sebelumnya.

Baca juga
Liburan Nataru, Orang Tua Utamakan Keselamatan jangan Eksploitasi Anak

Anda juga bisa menggunakan filter berdasarkan preferensi bujet, jenis akomodasi, dan fasilitas yang ditawarkan oleh akomodasi, baik untuk perorangan atau dengan rombongan besar. Setelah menemukan akomodasi pilihan, Anda tinggal mengisi data tamu dan melakukan pembayaran dengan metode yang sudah dipilih.

Nikmati penghasilan tambahan dengan menjadi Traveloka Host

Jika Anda merasa nyaman dengan lokasi penginapan ketika liburan, Anda bisa memberikan informasi mengenai Traveloka Host kepada pemilik atau pihak terkait. Traveloka Host merupakan program partnership terbaru yang dibuat oleh Traveloka.

Melalui program ini, seseorang akan mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyewakan propertinya, seperti apartemen, villa, penginapan, homestay, atau resort. Selain dalam bentuk perusahaan, program ini juga membuka kerjasama dengan perorangan. Jadi, siapa saja boleh ikut mendaftar.

Nah, itulah informasi mengenai tips liburan murah akhir bulan yang dapat Anda gunakan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam merencanakan liburan yang menyenangkan. Jangan lupa untuk download aplikasi Traveloka dan nikmati promo-promo liburan menariknya sekarang juga!

Tinggalkan Komentar