Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

5 Tips Makan Nasi Padang Tanpa Takut Kolesterol Naik

Makan Nasi Padang
istockphoto

Nasi padang menjadi makanan favorit kebanyakan orang. Keseringan konsumsi nasi padang menjadi salah satu penyebab naiknya kolesterol. Ternyata, ada tips dari Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dr. Vito Anggarino Damay, Sp.JP tentang konsumsi nasi padang namun tidak akan menyebabkan kolesterol jahat naik.

1. Minta porsi sayuran lebih banyak

Anda bisa meminta porsi sayuran lebih banyak saat konsumsi nasi padang. Misalnya, timun, rebusan daun singkong. Hal ini menjadi salah satu sumber serat yang bermanfaat untuk Anda agar dapat mengurangi penyerapan kolesterol jahat.

“Kalau kita makan, sebenarnya sayurnya banyak, minta banyakin sayurnya, karena sayur itu bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat. Jadi dia (kolesterol jahat) tidak diserap semua dan dibuang ketika buang air besar. Jadi sangat membantu kalau sayurnya banyak,” kata Vito saat temu media virtual, Jakarta, Jumat, (8/4/2022).

Baca juga
Tak Lagi Bisa Mengajar, Founder Bule Mengajar Kini Terbaring Lemas

2. Jangan terlalu banyak kuah santan

Kontrol jumlah kuah dari berbagai laku yang akan Anda konsumsi. Ketika konsumsi nasi padang di restoran langsung, Anda bisa mengukur dan mengontrol diri jumlah kuah yang dikonsumsi. Namun, apabila Anda memilih nasi padang dibungkus untuk makan di rumah, biasanya banyak konsumsi kuah dalam jumlah besar. Hal ini bisa Anda hindari dan atur agar tidak berlebihan konsumsi kuah santan.

“Kuahnya, kalau aku suka minta disatuin tapi diawasin jangan banyak-banyak supaya kalau nanti dibawa pulang tidak terlalu sampai basah banget dan kalau kita makan di tempat lebih enak kan dipisah, jadi kita bisa atur kuahnya jangan sampai harus menggenangi nasinya,” tambah Vito.

Baca juga
Tak Hanya Lansia, 1 dari 5 Penderita Nyeri Kronis di Bawah Usia 30 Tahun

3. Konsumsi teh tawar

Ini adalah tips sehat ketika konsumsi nasi padang. Anda bisa meminta teh tawar yang biasa tersedia di restoran padang. Biasanya di restoran tersaji gratis bagi para penikmat kuliner asal Sumatera Barat itu.

Teh tawar dapat membantu Anda dalam penyerapan kolesterol jahat. Kemudian, juga membantu metabolisme kolesterol baik dan kolesterol jahat. Teh juga membantu agar tidak terlalu banyak kolesterol jahatnya yang terserap atau menempel di pembuluh darah Anda.

4. Kurangi porsi nasi

Anda bisa minta kurangi porsi nasi agar menjadi setengah agar tidak terlalu banyak konsumsi karbohidrat. Seperti kebanyakan restoran padang, biasanya porsi nasi yang untuk satu bungkus nasi padang yang bisa untuk pulang bisa dua kali lipat dari porsi nasi ketika Anda makan langsung di restoran.

Baca juga
Melihat Permukaan Terbaru Planet Mars dari Dekat

5. Imbangi konsumsi nasi padang dengan olahraga teratur

Jangan lupa imbangi konsumsi makanan Anda dengan berolahraga rutin minimal 30 menit per hari.

“Jadi (nasi padang) oke-oke saja tetapi tahu cara makannya, terutama sayurnya. Sayurannya itu banyak banget, ada timun, jadi kita mengenyangkan diri dengan sayur,” papar Vito.[INU]

Tinggalkan Komentar