Jumat, 27 Mei 2022
26 Syawal 1443

5 Tips Mudah dan Efisien Mengelola Stok Barang dengan Aplikasi Gudang

Istockphoto 1341201693 612x612 - inilah.com
Istockphoto

Mengelola stok barang merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam perusahaan distribusi. Apalagi jika stock barangnya cukup banyak dan pastinya hal itu akan membuat Anda merasa bingung bukan? Aplikasi gudang bisa menjadi salah satu solusi Anda.

Jurnal tentunya akan mencari solusi bagaimana cara mengatasi stok barang secara efektif dan terstruktur. Ya walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa dalam mengelola stok barang bukanlah perkara yang mudah.

Apalagi seiring berjalannya waktu perkembangan bisnis distribusi dan permintaan pasar kian meningkat, tentunya Jurnal akan menghadapi berbagai banyak kesulitan yang kian besar.

Ketidakakuratan dan efisiensi dalam mengelola stok barang tidak hanya merugikan bisnis distribusi Jurnal lho, namun juga akan berpengaruh ke seluruh proses bisnis di dalam perusahaan dan akhirnya konsumen merasa tidak puas dengan pelayanan yang Jurnal lakukan.

Tapi Jurnal tidak perlu khawatir, setiap masalah pasti ada solusinya begitu juga dengan pengelolaan stok barang ini. Nah langsung saja kita ikuti tips sederhana mengelola Stok Barang Secara Efektif dengan aplikasi gudang, berikut penjelasannya:

Menyiapkan Data Secara Akurat

Dengan aplikasi gudang, buatlah manajemen stok barang dengan menentukan jumlah minimum yang harus dimiliki setiap saat. Misalnya saja ketika Jurnal memiliki stok barang yang telah mencapai atau mendekati batas minimum yang telah ditentukan sebelumnya, maka segeralah untuk memesan ulang ke principal.

Buat Perkiraan Stok Barang

Ketika Jurnal ingin mengetahui berapa jumlah stok barang setiap waktunya, maka Jurnal perlu mengurangi pengadaan barang yang belum dibutuhkan dan menghindari kelebihan atau kekurangan stok barang. Jadi cara ini dapat membantu Jurnal dalam memprediksi permintaan konsumen di kemudian hari.

Baca juga
Kamehameha, Ini Dia Ponsel realme GT Neo 2 Edisi Dragon Ball

Cek Kembali Barang Yang Akan Disimpan

Selalu perhatikan untuk mengecek ulang barang sebelum dimasukkan ke dalam rak. Step ini dapat dilakukan dengan cara pemberian kode barang dengan tujuan untuk dapat mengetahui ada atau tidaknya barang yang sebelumnya telah dicatat di dalam tumpukan stok barang tersebut. Dengan aplikasi gudang akan dapat mengetahui barang mana sajakah yang mengalami kecacatan atau salah produksi.

Beri Kode Pada Setiap Barang

Dengan memberikan kode pada setiap barang maka akan membantu Jurnal melakukan penjualan dengan cepat dan efektif. namun jika tidak dilakukannya pengkodean pada setiap barang, maka transaksi yang dilakukan akan terasa sangat sulit.

Pisahkan Antara Stok Lama Dan Stok Baru

Pernahkah Jurnal merasa bingung ketika melihat barang yang bercampur aduk antara stok lama dengan stok baru? apalagi jika saat melakukan pencatatan dan pengecekan barang. Wuihh.. bisa-bisa malah bikin stress diri sendiri. Nah, maka dari itu sebaiknya Anda harus pisahkan antar stok lama dan stok baru. tujuannya agar dapat mempermudah perhitungan antar yang sudah terjual dengan yang belum terjual.

Rekomendasi Aplikasi Gudang Terbaik untuk Para Pelaku Bisnis

Di era digital saat ini, para pelanggan dan masyarakat umumnya ingin serba cepat dan praktis. Tidak terkecuali, dalam hal berbelanja. Para pelaku bisnis perlu mempertimbangkan aplikasi gudang yang ideal untuk memenuhi tuntutan kemajuan teknologi. Mari simak artikel berikut.

Baca juga
Polda Banten Catat Puluhan Rumah Rusak Akibat Gempa

Kenapa sih aplikasi gudang itu penting bagi bisnis anda? Bayangkan, ketika toko atau tempat usaha anda masih mengandalkan pencatatan transaksi secara manual berbasis spreadsheet atau Excel. Tidak hanya membutuhkan banyak waktu dan tenaga, bisnis anda juga kemungkinan menghadapi risiko kesalahan manual yang berdampak fatal atau kerugian finansial. Maka itu, aplikasi gudang yang canggih mutlak dibutuhkan mengingat, beberapa permasalahan berikut:

Pengeluaran yang tidak terkontrol

Memakan banyak waktu untuk membuat laporan

Sulit dalam perhitungan keuntungan atau kerugian

Perhitungan data yang tidak akurat.

Kelebihan Fitur Accounting Jurnal, Solusi Pencatatan Transaksi & Keuangan

Kini Jurnal siap membantu permasalahan anda tersebut. Jurnal merupakan aplikasi gudang yang memiliki fitur lengkap yang mudah digunakan dengan harga yang terjangkau. Software akuntansi dan gudang ini berbasis cloud sehingga cocok digunakan oleh toko retail, café dan restoran.

Salah satu fitur Jurnal yang sudah banyak peminatnya adalah fitur akunting. Anda dapat mengontrol segala bentuk pencatatan transaksi atau laporan keuangan dengan lengkap, terjamin aman dan mudah dilihat secara real time. Mari simak keunggulan fitur akunting Jurnal berikut, yuk!

1. Dashboard Sederhana

Tanpa pencatatan yang berbelit dan rumit, fitur akunting Jurnal menawarkan antarmuka yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pemula. Catatan informasi usaha Anda tersimpan di dalam software Jurnal dengan periode waktu yang digunakan adalah hitungan hari, bulan, dan tahun tersedia dalam bentuk laporan keuangan yang mudah dibaca dan real-time. Sehingga, membuat laporan akhir keuangan dengan software akunting Jurnal akan semakin mudah hanya beberapa klik saja.

Baca juga
Royal Enfield Luncurkan All New Classic 350 di HUT ke-122, Harga Mulai Rp105 Juta

2. Real-time

Aplikasi gudang seperti Jurnal by Mekari mampu memberi Anda data real-time sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang cepat dan cerdas untuk membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan. Semua data transaksi yang ada akan tersimpan dan terus terupdate secara real-time setiap harinya.

3. Tanpa Instalasi terpisah atau tanpa memakai software pihak ketiga

Fitur akunting Jurnal terhubung langsung dengan Back Office. Sehingga tidak perlu install software secara terpisah. Bekerja dengan internal divisi finance, accounting maupun departemen lain di perusahaan menjadi lebih mudah dan praktis, karena sistem yang terintegrasi.

4. Keamanan setara bank

Dengan background perusahaan yang berfokus pada bisnis perbankan, Jurnal memilih menggunakan sistem penyimpanan Cloud dengan sistem keamanan yang setara dengan bank. Setiap pencatatan transaksi dan detail laporan dapat disajikan secara lebih aman dan kredibel.

Sederhananya, dapat dikatakan bahwa aplikasi gudang membuat bisnis Anda lebih berfokus pada biaya, memberi Anda wawasan yang lebih luas tentang pendapatan, membuat Anda menghemat waktu, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan menggunakan data yang direkam sebelumnya untuk menciptakan tujuan ekonomi.

Manajemen akuntansi dari Jurnal terintegrasi dengan aplikasi gudang secara langsung. Jadi tunggu apalagi, ayo berlangganan Jurnal sekarang juga! Coba GRATIS 14 hari Jurnal Apps.

 

Tinggalkan Komentar