Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

50 Tahun Hubungan China-Inggris, Xi Jinping Ucapkan Selamat ke Raja Charles III

Senin, 12 Sep 2022 - 19:56 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Xi Jinping Charles iii - inilah.com
Presiden China Xi Jinping dengan Pangeran Charles yang kini resmi menjadi Raja Charles III - (Foto: ist)

Presiden China Xi Jinping menyampaikan ucapan selamat atas penobatan Raja Charles III sebagai penguasa Inggris menggantikan Ratu Elizabeth II yang mangkat pada Kamis (8/9/2022).

Dikutip pada Senin (12/9/2022), dalam pesan ucapan selamat itu, Xi mengingatkan bahwa tahun ini menandai 50 tahun hubungan diplomatik China dengan Inggris.

Xi pun menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan Raja Charles III dalam upaya meningkatkan persahabatan kedua negara.

Xi juga menyampaikan keinginan pemerintah China untuk bekerja sama dengan Kerajaan Inggris dalam memperkuat jalinan komunikasi terkait isu-isu global dan berkontribusi terhadap perdamaian dan pembangunan dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir hubungan China dan Inggris di berbagai bidang memburuk seiring dengan perang dagang China dengan Amerika Serikat.

Baca juga
Gandeng Pemerintah Daerah, Bea Cukai Gresik Berhasil Lepas Ekspor Rumput Laut Kering ke China

Sebelumnya, Raja Charles III secara resmi diproklamasikan sebagai raja pada upacara agung pada Sabtu (10/9/2022) di tengah keluarga kerajaan yang berduka pasca kematian Elizabeth II.

Menurut pihak kerajaan, upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II akan digelar di Westminster Abbey, London, pada 19 September 2022 pukul 11.00 waktu setempat.

Istana Buckingham mengonfirmasi bahwa peti mati ratu dibawa ke Kapel St George di Kastil Windsor di wilayah barat London, untuk upacara pemakaman.

Tinggalkan Komentar