Jumat, 19 Agustus 2022
21 Muharram 1444

500 Juta Kopi Terjual, Manga One Piece Pecahkan Guinness World Record

Kamis, 04 Agu 2022 - 16:25 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
One Piece Guinness World Record (foto Miahatake)
One Piece masuk dalam Guinness World Record (Foto Deviantart/Miahatake)

Penerbit Shueisha mengumumkan pada Kamis (04/08/2022) bahwa manga One Piece karya Eiichiro Oda telah melampaui 500 juta kopi yang diterbitkan di seluruh dunia setelah perilisan volume  ke-103 manga pada hari yang sama.

416 ribu lebih eksemplar tersebut berada di Jepang, dan 100 juta eksemplar berada di 60 negara dan wilayah di luar Jepang.

Guiness World Record menobatkan manga One Piece sebagai seri yang paling banyak dicetak oleh satu author, yang kini sudah melebihi 416 juta eksemplar di Jepang dan lebih dari 100 Juta eksemplar di luar Jepang.

Fzsrgjuucaexceo - inilah.com
Volume ke-103 One Piece

Pada 2014 lalu One Piece juga mendapatkan sertifikat dari Guiness World Record sebagai buku komik yang paling banyak dicetak oleh satu author.

Sang kreator Eiichiro Oda sebelumnya mengambil istirahat satu bulan pada 27 Juni untuk mempersiapkan “saga terakhir” manga, dan dia kembali pada 25 Juli.

Baca juga
Eiichiro Oda: Manga One Piece Seharusnya Tamat pada 2012

Pada Juli 2021, manga memiliki 490 juta kopi yang beredar di seluruh dunia.

Weekly Shonen Jump telah merilis teaser pada Agustus 2020 bahwa One Piece sedang “menuju saga terakhir yang akan datang.” Manga saat ini mendekati akhir dari arc Wano Country.

Dalam sebuah Oda menuturkan manga One Piece dipastikan selesai dalam waktu 3 tahun lagi. Hal tersebut diucapkan ketika diwawancarai oleh mangaka Gosho Aoyama yang dikenal sebagai kreator manga Detective Conan.

“Karena jawabannya akan membuat para pembaca terkejut, tapi sekarang dengan pasti saya bisa menjawab manga One Piece akan berakhir 3 tahun lagi,” tegas Oda.

Baca juga
One Piece Film: Red Tayang di Bioskop Indonesia 16 September 2022

Gosho Aoyama kembali menggoda Eiichiro Oda. “Tapi kan kamu tidak pernah tahu,” katanya.

“Karakter bertumbuh dan berkembang sangat banyak,” ungkap Gosho Aoyama.

Oda mulai membuat serial manga di Weekly Shonen Jump pada tahun 1997. Viz Media menerbitkan manga di Amerika Utara.

Tahun ini, One Piece juga merayakan 25 tahun terbitnya manga. Eiichiro Oda mengunggah video emosional perjalanan One Piece yang penuh makna ke channel YouTube pribadinya.

Tahun ini juga telah disiapkan One Piece Film Red yang akan tayang perdana di Jepang pada hari Sabtu (06/08/2022). Sebulan berikutnya baru di Indonesia.

Tinggalkan Komentar