Kamis, 06 Oktober 2022
10 Rabi'ul Awwal 1444

55 WNI Korban Penyekapan di Kamboja Dievakuasi

Sabtu, 30 Jul 2022 - 20:35 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Whatsapp Image 2022 07 30 At 6.55.23 Pm - inilah.com
Puluhan WNI korban penyekapan oleh perusahaan online scam di Sihanoukville, Kamboja, berhasil diselamatkan pada Sabtu (30/7/2022). Foto: Antara//HO-KBRI Phnom Penh

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi memastikan 55 dari 60 WNI korban penyekapan perusahaan penipuan berbasis daring di Sihanoukville, Kamboja, telah diselamatkan. Menurut Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, ke-55 WNI dalam kondisi sehat dan dievakuasi.

“Alhamdulillah tim khusus Kepolisian Kamboja telah berhasil menyelamatkan para WNI dan membawa 55 orang WNI ke tempat aman. Lima orang lainnya dalam proses,” kata Retno dalam pernyataan pers secara daring, Sabtu (30/7/2022).

Retno menjelaskan, lima WNI tersebut juga sedang diupayakan untuk dievakuasi ke tempat aman.

Lebih jauh, ujar Retno, Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan para WNI. Hal ini dilakukan sejak menerima laporan tentang para WNI yang disekap di Kamboja. Upaya ini meliputi komunikasi Retno Marsudi dengan Menlu Kamboja Prak Sokhonn. Menlu Prak langsung merespons laporan tersebut dengan koordinasi bersama Kepolisian Kamboja.

Baca juga
Di Beranda Istana Alhambra (11 – Toledo Simbol Harmoni Umat Beragama)

Retno menyebut, puluhan WNI yang sudah dipindahkan ke lokasi aman dalam proses Berita Acara Pemeriksaan (BAP) untuk bahan penyelidikan lebih lanjut. Selanjutnya, para WNI akan diserahterimakan kepada KBRI Phnom Penh dan akan dipindahkan dari Sihanoukville ke Phnom Penh.

“Tim KBRI sudah berada di Sihanoukville guna membantu evakuasi,” kata Retno.

Sesuai prosedur, staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) akan melakukan wawancara berdasarkan screening form indikasi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Langkah ini berlangsung sebelum membantu merepatriasi puluhan WNI tersebut ke Indonesia.

 

 

Tinggalkan Komentar